(INFO) Yang Aneh & Unik dari Korea Utara!

Published 21/11/2010 by yeppopo

Ok, Chingu sementara kita beralih dulu dari negara Korea Selatan ke negara Korea ^^

Mungkin terlalu sedikit yang bisa diketahui oleh dunia luar tentang kehidupan masyarakat di negara Republik Rakyat Demokratik Korea. Seperti negara penganut ideologi komunis lainnya, negara yang lebih dikenal dengan sebutan Korea Utara ini pun cenderung menutup diri terhadap sorotan pers internasional. Sikap ini jelas jauh berbeda dengan negeri saudaranya yang ada di selatan, Korea Selatan. Kedua negara ini secara teknis bisa dikatakan masih dalam keadaan perang. Perjanjian damai diantara keduanya belum pernah ditanda-tangani.

Meskipun cenderung terisolir dari publikasi, tapi selalu saja ada orang yang berhasil mendapatkan informasi secara langsung tentang kehidupan masyarakat di Korea Utara. Misalnya seperti yang sudah dilakukan oleh Ian Scot. Blogger asal negeri Inggris ini mencoba mengunjungi 100 negara di berbagai belahan dunia. Diantara negara-negara yang dikunjunginya, Ian merencanakan tinggal atau menetap lama di 20 negara. Dan salah satunya adalah Korea Utara. Jurnal perjalanannya dalam mengelilingi dunia itu tertuang pada blog yang dikelolanya, ian-englishmanabroad.blogspot.com. Dan untuk tulisan tentang Korea Utara ini saya ambilkan dari salah satu tulisan di blognya itu yang dimuat di situs darkroastedblend.com.

Ada beberapa hal-hal unik dan aneh tentang kehidupan masyarakat di Korea Utara yang mungkin jarang diketahui oleh dunia luar. Bagi Ian Scot sendiri, fakta-fakta itu cukup membuatnya terkejut. Adalah wajar jika kemudian ia mempublikasikannya pada personal weblog yang dikelolanya. Hal-hal unik dan aneh di Korea Utara itu dapat kita baca dibawah ini.

Di Korea Utara tidak ada orang yang bersiul
Bahkan dikabarkan banyak orang Korea Utara yang memang tidak bisa bersiul. Ketika Ian Scot menanyakan hal itu kepada para siswa sekolah disana, mereka menjawab bahwa bersiul adalah hal yang dianggap tabu di negara itu.

Tidak boleh menulis menggunakan tinta berwarna merah
Di Indonesia sering juga kita menjumpai kebiasaan untuk melarang menggunakan tinta berwarna merah saat menulis. Umumnya karena dianggap tidak sopan. Tapi tinta merah di Korea Utara hanya boleh digunakan untuk menulis nama-nama orang yang sudah meninggal dunia.

Ada chanel TV yang khusus menayangkan permainan Video Game
Ada sebuah saluran televisi yang khusus menyiarkan sebuah permainan yang disebut dengan nama Paduk. Ini sebuah permainan yang mirip seperti permainan catur. Selain itu ada saluran TV lainnya yang hanya menayangkan kegiatan para remaja bermain video game.

Tayangan iklan di TV lebih lama
Di Indonesia maupun di banyak Negara lainnya, tayangan iklan di TV bisa dipastikan durasinya lebih sedikit dibandingkan dengan durasi acara utama. Tapi di Korea Utara justru sebaliknya, tayangan komersial (iklan) justru yang memiliki durasi lebih banyak. Hingga acara utamanya terasa hanya sebagai selingan.

Negara dengan banyak loudspeaker
Ian Scot mengatakan, di negara-negara lain ia belum pernah melihat begitu banyak loudspeaker yang dioperasikan di jalan-jalan seperti di Korea Utara. Hampir di sepanjang jalan yang dilaluinya ia menjumpai banyak pengeras suara dengan volume maksimum yang mengiklankan berbagai produk dagangan. Dari bawang hingga produk komputer. Loudspeaker-loudspeaker di sekolah-sekolah bahkan lebih nyaring lagi. Mengumandangkan lagu anak-anak, instruksi-instruksi tentang peraturan sekolah dengan suara yang menggelegar.

Negara dengan istana-istana besar
Kabarnya Korea Utara memiliki beberapa istana dengan ukuran yang sangat besar. Ada lima istana kerajaan di negeri itu. “Aku membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk mengelilingi setiap istana itu”, kata Ian Scot.

Negara dengan bangunan hotel tertinggi
Pernah mendengar nama Ryugyong Hotel? Konon bangunan ini sering diolok-olok dengan sebutan The Pyongyang Ghost Tower. Sebuah bangunan setinggi 330 meter yang direncanakan sebagai hotel dan terletak di kota Pyongyang. Pembangunannya dimulai pada tahun 1987 dan karena pemerintah mengalami kesulitan keuangan, proyek ini terhenti pada tahun 1992. Dan baru pada bulan April 2008 yang lalu pembangunannya dilanjutkan lagi. Bayangkan, selama 16 tahun bangunan raksasa ini terbengkalai. Dikabarkan hotel dengan kapasitas 3.000 kamar ini direncanakan akan rampung pada tahun 2012.

Tidak menggunakan pisau
Di Korea Utara, orang tidak menggunakan pisau untuk memotong bahan-bahan makanan seperti mie, sayuran, daging, dan sebagainya. Mereka menggunakan gunting panjang. Anda dapat melihat pemakaian gunting itu saat bersantap pada semua restoran di negeri itu. Ian Scot sendiri berpendapat bahwa pemakaian gunting itu terasa lucu tapi masuk akal. Memang lebih mudah memotong bahan-bahan makanan tertentu dengan menggunakan gunting dibanding dengan menggunakan pisau.

Tidak ada mobil-mobil buatan Jepang
Korea menjadi satu-satunya negara yang tidak memiliki mobil-mobil buatan Jepang yang berkeliaran di jalan-jalan di negara itu. Mobil-mobil buatan Negara lain pun tidak akan kita jumpai. Semua mobil harus buatan Korea Utara.

Nomor-nomor rumah yang membingungkan
Di banyak negara, termasuk Indonesia, penomoran rumah sebagai alamat biasanya dilakukan dengan urut. Jika rumah Anda bernomor 27 maka rumah di sebelah akan bernomor 28, contohnya seperti itu. Tapi penomoran rumah secara urut seperti itu tidak berlaku di Korea Utara. Bisa saja terjadi di sebelah rumah bernomor 1 adalah rumah dengan nomor 88, sementara rumah dengan nomor 2 justru berada di ujung jalan. Setelah diperhatikan, ternyata penomoran rumah disesuaikan dengan usia rumah tersebut. Sebuah rumah yang berusia paling tua yang terletak di sebuah jalan maka rumah itu akan diberi nomor 1. Rumah dengan nomor 2 adalah rumah yang dibangun setelah rumah yang bernomor 1 tadi. Begitulah seterusnya.

North Korean Trafic Lady
Istilah Trafic Lady hanya ada di Korea Utara, khususnya di kota Pyongyang. Konon tidak ada lampu lalu-lintas di jalanan kota itu sehingga di setiap persimpangan jalan yang strategis selalu di tempatkan petugas polisi yang biasanya seorang wanita untuk mengganti tugas lampu lalu-lintas di jalanan tersebut.

Sebenarnya masih ada beberapa fakta lain yang unik dan aneh dari Korea Utara ini. Tapi saya hanya menuliskan seperti yang sudah disebutkan diatas saja karena terbatasnya ruang dan waktu penulisan posting ini. Sebuah info yang menarik dan cukup menggelitik.

credit: darkroastedblend.com, ian-englishmanabroad.blogspot.com, bunyu-online.com
About these ads

11 comments on “(INFO) Yang Aneh & Unik dari Korea Utara!

  • yg jadi traffic lady kasian tu pasti pegel kakinya bediri trus. klo di indo pasti udh jadi ikan asin krn berjemur hahahahah

  • wewww..pernah baca artikel ini buat tugas kuliah chingu..
    tapii sbg org indo aku salut loo ma korut..krn walaupun rakyatnya kekuarangan gizi tp mereka bs pny nuklir, dan tentara mereka lnh canggih dr kita bhkn AS aja takut ma korut ..mslh informasi mang tertutup bgett AS yg dceritkn dlm film pnya agen hebat serta pralatan canggih g prnh taug scr pazti di korut tu sperti apa..
    begara boleh kecil,org2na pendek2 tapii masalah militer beeeuhh

  • Iyah udda penah baca artikel ky ini sblumnya. Udda lama bgt. Tp jd ngingetin lg. Salut itu ma hotel.nya. Keren bgttt !!
    Salut jg ma Korut bnr”gag mau telalu terkontaminasi ma ngra luar. Boil”kudu made in korut.*mantap..

  • Hotel dgn kapasitas 3000 kamar emang’a ada yang bakaln booking????kan Korut bener2 t’tutup ama dunia luar,ad yang mau visit Korut????siaran TV mereka aja cuma siaran tentang Pemimpin mereka sian’a orang Korut
    b’untunglah org Korsel Dae Ha Min Guk prok prok prok^^

  • waduh negara apaan t………kalau kata aku tu negara kayak kandang ayam
    tapi masih enak kandang ayam kalau pagi masih bisa keluar
    tapi aku salut negara itu merupakan negara denga tentara terbanyak di dunia

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 38.411 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: