[News] Live Review: Big Bang ‘Galaxy Alive Tour 2012’

Published 16/10/2012 by Aiden탑

Live Review: Big Bang ‘Galaxy Alive Tour 2012’

Mata Elang International Stadium, Ancol, Jakarta Jumat, 12 Oktober 2012.

One of the best or maybe the best K-Pop concert ever held in Indonesia.

Oleh: Hwangteja
 Akhirnya setelah berbulan-bulan lalu, saat promotor Big Daddy Indonesia mengumumkan Jakarta, Indonesia sebagai kota yang akan dikunjungi oleh Big Bang dalam rangkaian tur dunianya yang bertajuk Big Bang Galaxy Alive Tour 2012, konser Big Bang sukses besar diselenggarakan di Indonesia.Penonton yang sebelumnya sudah antri sejak pagi hari pun sudah berada dalam venue konser sejak pukul 18.00 WIB saat pintu masuk MEIS dibuka, dan akhirnya konser dimulai pada pukul 20.00 WIB dengan ditandai lampu dipadamkan dan jeritan serta teriakan penonton mulai menggaung di MEIS.

Konser diawali dengan video pembuka yang dilanjutkan tirai putih penutup terbuka, dan konser pun dimulai. Pada saat kain putih terbuka, lagu “Still Alive” dimainkan dan terlihat seluruh personil Big Bang yaitu T.O.P, G-Dragon, Taeyang, Daesung, Seungri muncul dan berada di dalam sebuah kapsul tabung yang yang berjejer di lantai pertama panggung konser.

Dengan menggunakan kostum ala marching band, Big Bang keluar dari tabung tersebut dan mulai menggebrak panggung dengan dua hits mereka, “Tonight” dan “Hands Up.” Setelah itu, Taeyang dan G-Dragon mulai menyapa penonton sebelum akhirnya menggebrak dengan lagu hit tahun ini, “Fantastic Baby” yang disambut dengan teriakan penonton “Boom Shakalaka Boom Skalakaka” yang merupakan salah satu bagian dari lirik lagu tersebut.

Baru tiga lagu dimainkan namun Big Bang sudah memberikan kejutan dengan confetti yang bertaburan saat tampil menyanyikan “Fantastic Baby.” Aksi Big Bang dilanjutkan dengan menyanyikan lagu “How Gee” dan “Stupid Liar”. Setelah itu, mulailah seluruh anggota Big Bang memperkenalkan diri mereka dengan menggunakan bahasa Indonesia.

Pada sesi perkenalan tersebut, salah satu personil Big Bang, Taeyang memberikan sebuah fan service yang sukses bikin teriakan penonton lebih keras lagi. Taeyang mengatakan, “Aku cinta sama kamu. Aku cinta padamu,” tapi Taeyang mengucapkan kalimat tersebut sambil melakukan human beatbox.

Konser Big Bang bukan hanya menampilkan lagu-lagu Big Bang semuanya, proyek� solo dan duet dari anggotanya juga ditampilkan. Yang pertama tampil adalah duo GD & TOP yang tampil menyanyikan dua lagu hits dari album mereka yang rilis pada akhir 2010 lalu. GD&TOP menyanyikan lagu “Knock Out” dan “High High”. Bukan YG Entertainment kalo tidak ajaib, pada lagu “Knock Out”, GD&TOP masuk ke dalam panggung dengan menggunakan mobil Boombox. Properti ajaib itu sukses bikin penonton kaget dan terpukau.

Selesai GD&TOP, giliran si bungsu Seungri yang tampil. Dengan berbekal tembakan laser hijau ditangannya, Seungri menggebrak panggung dengan dua lagu yang bertajuk “Strong Baby” dan “What Can I Do.”

Tidak hanya menyanyikan lagu Korea, Big Bang juga menyanyikan lagu berbahasa Jepang seperti “Gara Gara Go”. Dan setelah itu dilanjutkan dengan lagu “Number 1” dan “Caf�”. Selain itu, G-Dragon sempat menyanyikan sedikit dari lagu solo terbarunya seperti “Crayon” dan “One Of A Kind.”

Turun panggung, Big Bang muncul kembali dengan kostum putih-putih dan menyanyikan lagu “Bad Boy”, “Love Song”, “Monster”, “Blue” dan “Feeling.” Bahkan saat lagu “Blue”, penonton sudah mempersiapkan gelang dan lightstick berwarna biru dan sukses membuat venue menjadi bernuansa biru.

Setelah GD&TOP dan Seungri, Taeyang tampil menyanyikan dua lagu hitsnya “Look At Only Me” dan “Wedding Dress”. Bahkan, Taeyang memberikan sedikit service berlebih saat dia merobek kaos yang dipakainya dan melemparnya ke arah penonton. Penampilan solo anggota Big Bang ditutup dengan penampilan Daesung yang menyanyikan lagu “Wings”.

“Wings” merupakan sebuah lagu curhat Daesung setelah dirinya mengalami masalah berat pada 2011 lalu. Daesung menyanyikan lagu tersebut dengan kemampuan vokal yang stabil bahkan muncul dengan sayap malaikat di punggungnya dan terbang mengelilingi panggung.

Setelah diajak menari terus-terusan, Big Bang akhirnya mengajak untuk cooling down dengan menyanyikan lagu “Haru Haru (acoustic version)”. Sambil duduk, Big Bang menyanyikan lagu dengan lirik yang sedih tersebut tapi disambut dengan paduan suara penonton yang rata-raya hafal dengan lagu tersebut yang menjadi hits di akhir 2008 lalu.

Ternyata konser sudah akan selesai. Taeyang mengatakan, “We have a fantastic night. I love you, Indonesia! Thank you so much. We’re so happy to be here. I hope you guys having fun.” Akhirnya, Big Bang menyanyikan lagu “Lies” dan “Last Farewell” yang juga dihafal oleh banyak penonton. Bukan itu saja, penonton juga hafal dengan koreografi lagu tersebut. Setelah menyanyikan dua lagu tersebut, Big Bang melambaikan tangan ke penonton dan turun panggung.

Bukan meneriakan kata “Encore” atau “We Want More”, para penonton justru meneriakan kata “Saranghae” secara terus-menerus. Akhirnya, Big Bang muncul kembali diatas Panggung dan menyanyikan lagu “Heaven” yang diikuti dengan lagu “Bad Boy” dan “Fantastic Baby” yang dinyanyikan untuk kedua kalinya pada malam tersebut.

Akhirnya konser benar-benar berakhir dengan turunnya Big Bang dari panggung dan lampu venue mulai menyala kembali. Total lebih dari 23 lagu dinyanyikan oleh Big Bang dan penampilan solo dari anggota-anggotanya.

Konser ini merupakan salah satu atau mungkin konser K-Pop terbaik yang pernah diselenggarakan di Indonesia. Sistem tata suara yang bagus, produksi panggung yang menarik, interaksi Big Bang dan penonton juga sangat intim.

Satu hal yang membuat konser ini menjadi lebih baik adalah konser ini menampilkan musikalitas Big Bang yang tinggi. Tampil dengan iringan live band tidak mengurangi kualitas penampilan Big Bang. Bahkan penampilan seperti menjadikan pengalaman yang berbeda untuk penonton karena melihat dan mendengar lagu yang dinyanyikan dengan cara berbeda seperti yang ada dalam CD album yang dirilis oleh Big Bang sebelumnya.

Walaupun banyak lagu hits Big Bang dan hits dari karir solo anggota Big Bang yang tidak dinyanyikan, tapi pengalaman menonton konser Big Bang yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut bisa menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi para penggemar berat Big Bang, para VIP dan tentu saja untuk penonton yang penasaran seperti apa konser Big Bang dan mungkin akan membandingkannya dengan konser-konser K-Pop yang pernah dilihat sebelumnya.

One of the best or maybe the best K-Pop concert ever held in Indonesia.

Credit : Rolling Stone Indonesia

27 comments on “[News] Live Review: Big Bang ‘Galaxy Alive Tour 2012’

  • the best kpop concert ever held in indonesia,,,,,,,,,,,,,,gw bangga sama bigbang n gw bangga jd VIP,,,,,,,,full 2,5 jam ajeb2 loncat2an nyanyi2 gila2an bareng vip n bigbang,,,smga janji GDYB buat dtg lg ke indo itu bener,,,n feeling gw sih buat YG family concert

  • gak sia2 bner kata YB “love is waiting” gw nunggu slama 4 tahun..sblumnya gak berani berharap bigbang disini tapi Tuhan berkehendak lain..

    mulai dr ngumpulin duit, perjuangan tiket, sampe akhirnya denger kata2 “WHAT’S UP INDONESIA” dari mulut seorang GD

    cukup gw yang tau gimana rasanya..yang udh liat dan denger bigbang nyanyi langsunglah yang tau bgmn mreka..semua org bilang BIGBANG BEDA dan itu bener

    • banyak cyynn fanboy disamping ku malah melongo pz taeyang dance sambil topless gilaa seksi bgt

  • aq sneng dnger tnggapan positif tTg konser bigbang wlw gag liat tp aq kut m’rasakn btpa fantasticx konser bigbang
    #smoga next time aq bs liat konserx

  • satojoh,
    saya ntn dan sampai hr ni rasa histeria dr konserny blm ilang.
    ga peduli gw di blg lebay or whatever, yg penting gw ga nyesel ntn konser Big bang yg super SWAG.. *GDsays

  • hahaha..
    kemaren pas konser malah gak inget urutan lagu nha apa aja..
    udah liat satu-satu dari deket, terus mundur deh ke belakang barisan B1 biar gak jadi korban pepesan ikan asin untuk kedua kali nha..
    pokok nha sepanjang konser udah sibuk ikut nyanyi sambil joget, tereak-tereak..
    pokoknya mantap lah..
    taun depan pasti nonton lagi kok (dan semoga bukan bigdaddy, kapok jadi pepesan ikan asin pas ngantri)

    • iya..
      tapi saya popoders lama di sini sebelum hiatus ngomen bareng @dee, @hand, @daeppalover, dan seabreg popoders geng salah gaul lainnya..
      makanya saya gak pake konpers, karena sebagian besar popoders udah kenal ma saya..

  • Emang BIGBANG BEST banget!!!!
    Keren banget!!!!
    Ga sia2 duit gw!!!
    Skrg gw kere abizz tpi gapapa, itu smua setimpal dengan bs ntn konser sekeren itu!!!

    Musikalitas dan suara mereka kerennn gilakkk! Level dewa!

  • *Terharu*

    Seneng bisa nonton, bisa liat mereka berlima ‘idup’ di depan mata, seneng bisa denger suami teriak WHAT’S UPM INDONESIA’, seneng bisa teriak-teriak sama VIP lain…

    Kang GD, awas lho janji tuh hutang, ditungguin taun depan buat dateng lagi….

  • dan yang tadinya banyak yg memandang sebelah mata sama boyband… tp setelah melihat bigbang.. pandangan mereka terhadap boyband langsung berubah.. karena melihat bigbang itu beda,,, beberapa cowok yg awalnya hanya nganterin ceweknya nonton.. setelah liat konsernya mereka langsung amaze sama bigbang.. terpesona… ahahahaha.. nambah dah fanboynya bigbang.. kkkkkkk

  • walaupun gak nonton, tp seneng sekaligus bangga big bang mendapatkan byk respon positif ,,, apalagi yg ini rolling stones 😀

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: