[Artikel] Kehidupan Seorang Selebriti : Keringat & Air Mata Menjadi Seorang Idola

Published 10/01/2012 by kikawaiii

Kapanpun kita melihat seorang idola tampil di berbagai event publik di hari yang sama, atau syuting sebuah video dan iklan, menghadiri event2 tanda tangan dan lalu pemotretan, mengadakan konser di negara2 lain atau bahkan berlatih selama 10 jam per hari, apakah mereka punya waktu untuk tidur? Atau setidaknya, apakah makan mereka teratur agar metabolisme mereka tetap terjaga? Dalam artikel ini, akan dibahas tentang kerja keras yang para idola lalui agar berhasil (karena tidak semuanya murni kebahagiaan), dan selanjutknya akan dibahas tentang bagian2 manis dan kemewahan menjadi seorang selebriti.

Saat kalian ingin menjadi bagian dari suatu agensi, tahap pertama adalah audisi. Sekarang ini, hampir semua agensi memiliki panflet kecil di dalam CD2 yang kalian beli, dengan informasi2 tentang audisi, bagaimana cara mendaftar atau bagaimana cara memperoleh informasi lebih banyak tentang audisi yang akan datang di Korea, juga di negara2 asing. Beberapa idola potensial cukup beruntung karena dipilih dari jalan, dan para pencari bakat, menyadari potensi yang seseorang itu miliki, menawarkan mereka kesempatan untuk tampil di agensi dan mengikuti audisi.

Lalu, kalian pergi ke agensi, mendapatkan evaluasi tentang seberapa bagus dance, kemampuan menyanyi, atau bahkan seberapa tampan/cantik penampilan fisik kalian. Berdasarkan poin2 evaluasi ini, kalian akan diterima atau ditolak. Beberapa di antara mereka ditolak di kesempatan pertama tapi mereka tetap berusaha dan kegigihan mereka kadang berhasil karena menjadi bagian dari sebuah agensi adalah impian mereka. Sekali kalian berhasil lulus proses evaluasi, masuk ke proses training yang mungkin akan memakan waktu bertahun2 tergantung pada usaha2 mereka yang terpilih.

Beberapa agensi entertainment terkenal

Kebanyakan idola yang kita lihat saat ini mulai training sejak mereka kecil, saat mereka berumur 11 atau 12 tahun. Saat agensi memutuskan untuk membentuk grup baru, mereka2 yang terpilih mulai ditraining saat itu juga. Training mereka terdiri dari latihan2 vokal, dance, dan bahasa yang mungkin akan diperbanyak setelah mereka debut. Kalian mungkin bertanya2 berapa biaya yang dikeluarkan untuk membentuk suatu grup idola? Well, sekali mereka mulai diterima dan mulai training, bisa jadi menghabiskan biaya sekian juta dolar (beberapa puluh miliar rupiah) untuk masing2 member. Jasi, dapatkah kalian bayangkan jumlah uang yang diinvestasikan dalam suatu grup idola beranggotakan sembilan, tiga belas, atau lima member? Suatu jumlah yang sangat besar (yang, mari kita katakan, harus idola2 itu lunasi setelah debut mereka dengan semua penjualan album, penampilan2, dan aktivitas2 yang mereka lakukan).

Infinite berlatih Be Mine

Training BEAST 

Setelah training mereka selesai, moment yang telah lama dinanti akhirnya tiba : Debut mereka. Tentu saja bagian dari kesuksesan mereka bergantung pada bagaimana baiknya mereka mengaplikasikan semua yang telah mereka pelajari selama tahun2 training. Bagian lain datang dari penonton, karena kesuksesan dari suatu grup idola tergantung pada publik. Bagian ini sangat sulit sehingga seringkali mereka ingin menyerah, bahkan beberapa di antara mereka memutuskan bunuh diri.

Saat kalian ditraining, kalian melakukan semuanya selama 10 jam per hari atau kadang bahkan lebih, dan kalian ditraining di area2 berbeda, tapi setelah debut, tugas kalian adalah mempromosikan diri kalian sebanyak yang kalian mampu. Penampilan2 publik, acara2 radio, variety2 show, konser2, iklan2, musikal2, fan meeting, pemotretan… begitu banyak aktivitas dalam waktu terbatas sehingga kalian akan heran — bagaimana mereka mengatur waktu untuk melakukan semua aktivitas itu?

Bae Yong Joon di Jepang

Kim Hyun Joong mempromosikan TheFaceShop

Super Junior di Korea Food Expo 2011

Rain di Family Outing

Won Bin mempromosikan Hite Beer

Well, selamat datang di kehidupan seorang idola. Saat mereka debut, mereka jarang tidur atau makan dan itu terjadi karena jadwal mereka yang sangat melelahkan sehingga kehilangan waktu tidur adalah suatu keharusan. Bisa jadi dari 24 jam hingga 33 jam tanpa tidur, karena mereka harus menyelesaikan jadwal2 yang sudah diatur. Kebanyakan dari mereka mencuri2 waktu tidur saat rambut mereka ditata, saat makan di restoran atau bahkan dalam perjalanan di mobil menuju lokasi jadwal selanjutnya.

Eunjung T-ara, yang dikenal sebagai “putri tidur”

Lee Min Ho tidur saat syuting Boys Before Flowers

Yunho DBSK


Park Yoochun JYJ tidur di sebuah kursi


Kim Jaejoong tidur di lantai bandara

Tapi apa yang terjadi saat kalian mengurangi jam tidur kalian? Kalian akan capek. Kalian akan sakit. Dan dengan begitu banyak stress dan tekanan di bahu kalian, hal2 seperti salah satu yang terjadi dalam video ini terjadi. Krystal f(x) pingsan saat tampil di “Lotte Duty Free Shop Family Concert 2010“, karena kondisi anemia yang dia derita sejak kecil. Tapi itu tak hanya satu2nya insiden pingsan yang dialaminya. Dia juga menunjukkan kondisi terlalu lelah setelah tampil di SBS‘ “Kiss and Cry“, saat dia kolaps dan jatuh di atas es, bernapas dengan berat, semua itu karena kondisinya yang sedang sakit dan tekanan selama performance.

Krystal di SBS’ Kiss and Cry

Menjadi seorang idola tidak hanya tentang kehilangan waktu2 tidur, stress, kelelahan, latihan terus-menerus 24/7 dan diet agar karir sempurna. Menjadi idola juga tentang kecelakaan2 yang mungkin terjadi saat kalian tampil live. Kecelakaan yang terjadi mulai dari kecelakaan kecil seperti terpeleset di lantai atau sepatu terlepas di panggung, tapi juga kecelakaan2 semacam ini yang berakhir buruk dan memerlukan penanganan rumah sakit yang tak diharapkan. Kadang beberapa di antara mereka harus menghadapi isu2 depresi serius atau pikiran2 untuk bunuh diri atau bahkan keduanya.

Pertama2, mari lihat beberapa ekcelakaan yang terjadi saat tampil live :

Onew pingsan saat lampu panggung jatuh di KBSMusic Bank

Kecelakaan yang menimpa Seohyun SNSD di Pattaya Music Festival 2009

Taeyeon SNSD ditarik keluar panggung oleh pria tak dikenal di Angel Price Music Festival

Kecelakaan yang menimpa Bora SISTAR saat tampil di panggung

Beberapa kecelakaan dan insiden di atas mungkin tidak seserius kecelakaan2 di bawah ini tapi sejujurnya, pasti, ketika seorang idola terluka saat tampil live dan akibatnya tampak sangat buruk sehingga mereka perlu penanganan medis sesegera mungkin, mereka harus menghentikan semua jenis aktivitas sampai mereka sepenuhnya pulih. Berikut ini kecelakaan2 yang melibatkan kembang api. Seungri Big Bang terluka karena kembang api karena dia berdiri terlalu dekat di panggung. Untung saja tidak ada hal yang perlu dikhawatirkan, tapi saat itu dia perlu pemeriksaan medis.

Semua orang pasti ingat kecelakaan yang menimpa member2 Super Junior. Sebenarnya, sebagai opini pribadi, saya (penulis artikel) yakin bahwa Super Junior adalah grup yang mengalami kecelakaan terbanyak selama karir musik mereka.

Hanya menyebutkan sedikit : pertamakecelakaan yang menimpa Kyuhyun, Leeteuk, Shindong dan Eunhyuk saat mereka kembali dari rekaman di Sukira (Super Junior’s Kiss the Radio), lalu kecelakaan yang menimpa Heechul sepulang dari pemakaman ayah Donghae. Lalu, kecelakaan mobil ringan yang mereka alami saat di Singapura dan di Shanghai setelah “Super Show 3″, dimana wajah Heechul terkena lemparan seorang penggemar yang ingin memberinya sebuah papan LED sebagai “hadiah”. Lalu kecelakaan mobil Kyuhyun sekali lagi pada bulan April 2011, yang tidak cukup serius.

Kemudian, kecelakaan kecil dan luka yang menimpa Yesung, Eunhyuk, Donghae, Sungmin dan Leeteuk saat mereka syuting KBS‘ “Dream Team Season 2.” Semua terjadi di tahun 2011, sekitar 5 atau 6 kali saat leader SuJu, Leeteuk harus dirawat di rumah sakit karena : 1) sebuah luka kecil di jarinya sat rekaman MBC Every1’s “Super Junior’s Foresight” dan 2) kelelahan karena kerja terlalu keras. Dan bagaimana dia tidak menderita kelelahan luar biasa dengan semua acara dan jadwal yang dia miliki? Super Junior’s Foresight, “Hello Baby,” “Star King,” “Strong Heart,” “Dream Team” dan yang terbaru, “We Got Married.” Bagimana bisa dia melakukan semua itu?

Selain kecelakaan2 yang menimpa Super Junior, tampaknya terluka hanyalah bagian dari bisnis.

Ada banyak kecelakaan dalam sejarah K-Pop, begitu banyak untuk menaruhnya dalam satu artikel, jadi di sini hanya akan dibahas beberapa di antaranya. Pertama, kebanyakan kecelakaan2 di atas panggung seperti yang dialami SISTAR, terjadi karena para gadis tampil dengan heels super tinggi di atas lantai yang licin. Juga, karena latihan dance terus-menerus dan kurang tidur, otot2 mereka jadi lemah. Lalu karena itu, saat situasi di luar kendali, mereka terluka hanya karena dance, berjalan, atau bahkan berusaha untuk kabur dari serbuan fans di bandara atau fan meeting.

Kembali di bulan Oktober 2010, pergelangan kaki Jonghyun SHINee terluka saat kembali ke bandara di Indonesia. Luka itu perlu dioperasi pada Januari 2011.

Rekan sesama member Jonghyun, Minho juga terluka saat syuting variety show dan otot betisnya putus yang menyebabkan dia harus tampil dengan duduk di kursi untuk single “Lucifer.” Rekan satu label mereka, BoA, yang mengalami banyak luka selama karirnya, mengalami luka yang paling serius saat kakinya patah di tahun 2006 dan lalu lengannya selama promosi Jepang di tahun 2008.

Luka2 yang umum dialami para idola selalu di kaki, lengan, dan pita suara mereka. Beberapa kasus idola dengan cedera lutut termasuk 2PM‘s Junsu, BEAST‘s Doo Joon, f(x)‘s Amber, dan ZE:A’s HyungShik, yang mengalami cedera pergelangan kaki (HyungShik jatuh dari kapal pesiar). Dan baru2 ini Hyosung SECRET, yang tulang lutut kirinya terluka dan kaki kanannya patah setelah terjatuh dari tangga. Pembengkakan pita suara dialami oleh CN Blue‘s Jung Yong Hwa, KARA‘s Park Gyuri, SISTAR’s Hyorin, U-KissSoohyun, Big Bang’s Daesung, dll.

Tidak seperti kasus2 di atas, MBLAQ‘s Lee JoonMir dan leader mereka, Seungho mengalami sakit parah di karir mereka. Pertama, Lee Joon mengalami gejala2 muntah sebelum Inkigayo di bulan Februari 2011. Dia didiagnosis mengalami cochlea disorder (yang merupakan suatu gangguan penyakit kronis yang mengenai telinga bagian dalam).

Rekan satu grup, Mir, mengalami cedera di punggung bawahnya, sehingga perlu dioperasi juga di bulan Februari dan menghabiskan banyak waktu untuk pemulihan sampai dia benar2 sembuh. Lalu, dia mengalami cedera mata saat di Peru. Seungho, berbeda dari kasus Mir yang tidak bisa tampil sama sekali, melakukan styuting Idol Army di tahun 2010 dengan tulang rusuk yang patah. Insiden itu terjadi saat syuting Idol Maknae Rebellion.

Beberapa insiden tidak terhindarkan seperti sakit, kecelakaan, rumor2 diet aneh (yang memang hanya rumor) dan beberapa insiden lain yang dapat dicegah seperti depresi ekstrem, pikiran2 karena kelelahan dari kerja terlalu berat sebagaimana yang menimpa aktor Jang Geun Suk, atau terakhir, insiden2 bunuh diri, contohnya pada kasus terakhir yang menimpa aktor Park Yong Ha, yang memutuskan mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri setelah berjuang dengan masalah2 pribadi dan profesionalnya.

Beberapa orang di luar bisnis entertainment yang tidak tahu tentang permintaan terus-menerus dan harga yang harus mereka bayar untuk menjadi terkenal, berpikir mereka hanyalah mesin dengan sebuah kehidupa terbuka untuk publi dan tidak punya kehidupan pribadi. Sedih untuk dikatakan, tapi sampai hari ini, masih ada “fans” yang tidak tahu betapa kosongnya apa yang mereka rasakan kadang. Ya, menjadi seorang selebriti mungkin menyenangkan dan menakjubkan, tapi juga, saat kalian jadi terkenal, kalian harus mengorbankan banyak hal termasuk teman2, pacar (setidaknya sebelum dan setelah debut), serta kehidupan pribadi yang normal.

Meskipun mereka telah melalui semua selama hari2 trainee, ada saat2 dimana mereka tidak bisa menahan semua itu lagi dan ingin keluar. Tapi kehausan mereka untuk menjadi penyanyi/aktor2 dan menjadi terkenal jauh lebih besar dari rintangan apapun. Tapi pada akhirnya, cukup berhargakah sehingga kalian harus mengorbankan kesehatan, kedamaian mental, dan kebebasan demi popularitas?

credit : soompi

indo trans : kikawaiii @yeppopo

DON’T TAKE OUT

99 comments on “[Artikel] Kehidupan Seorang Selebriti : Keringat & Air Mata Menjadi Seorang Idola

  • haduh … serem juga ya jadi artis di korea …
    tekanan / tuntuntan banyak bgt …

    berarti klo training itu juga harus bayar gitu ?
    jadi pikir2 deh nglamar di YG … padahal baru buka pendaftaran tuh ..

    • Klo gk salah…. Utk Agensi yg benar gk terima bayaran malahan anak trainingnya di bayar tetapi utk agensi abal2… ya.. gitu dehhh….. seperti yg dituturkan IU.

    • Jgn men-judge agensi juga. Gak semuanya kyk gitu. Kita gak tahu apa yang ada di dalam. Kadang yg kita pikirkan malah bisa berbeda dari kenyataan. 🙂

    • biasanya “gaji ga setimpal” itu buat bayar saat masa training, jadi istilahnya artis nyicil bayar ke agensi dengan cara debut & dapat honor.. kalo udah balik modal ke agensi biasanya honor buat sang artis juga otomatis bertambah.. itu yang aku baca artikel ttng honor artis korea pas ada masalah TVXQ.. 🙂

  • Doa gw semoga BIGBANG ga mengalami kelelahan seperti yg disebutkan diatas dan dikasoih keselamatan tiap kali mreka tampil..*_____*..

  • jadi artis mang ga gampang yah,, perjuangan mereka mang keras banget,,,
    selama trinee kerja keras,, palagi setelah debut lebih kerja keras lagi,,,
    hemm keknya ga tidur itu uda jadi hal yg biasa,,,

    tapi materi , popularitas , perhatian dan cinta dari fans yg mereka dapetin mang seimbang kok ma kerja keras mereka,,,

    yeahhh FIGHTING~~~ semuanyaaaaaaaaaaaaaaa,,,
    I LOVE KPOP…

  • NANGIS (˘̩̩̩⌣˘̩ƪ) !!

    awalnya gue bacanya biasa aja , tapii ga tau napa ..
    Gue download tu video dulu .. Truss guee baca bagian2 pertengahan mndekati akhir !!

    Ya Tuhan , begitu ya namanya org kalo mau meraih impiannya ?? cita-citanya ??
    Mestii relaiin smuanya , bahkan dianya aja memaksakan badannya untuk berlatih !!

    sumpah , kalo mmg kalian sukses skrg gue ga kaget !!
    Karna gue tau , sblm kalian sukses kalian udh melewatii banyak hal !!
    Bahkan setelah kalian sukses pun kalian masihh tetep haruss bekerja keras !!

    Esp : buat BIGBANG yg gue ikuti perkembangannya krn gue adlh VIP , dan gw nonton documentary mereka !! Jadii gue tau bgmn mereka latihan sampee udh cape2 gitu , tapii tetep aja maksa biar perfect !! awal debut juga d katain positif dn negativ .. dan pada akhirnya juga mereka skrg sukses !! Punya fans loyal yg d sebut VIP !! Yg bakal dukung mereka selamanya !!
    *ceiileee gue aja ga tau guee ngomong apaan , asal ketik doang nii dari hati*

  • wah wah, , , benar2 membutuhkan mental dan fisik baja kalo mau jadi artis di korea sana ya!!!
    banyak tekanannya, , ,
    apa ini yang menyebabkan artis korea banyak yg bunuh diri #karena tekanan tinggi# ???

    • jadwal padat, kecelakaan saat tamppil, ditambah lagi ulah fans dan anti fans yang kadang diluar akal sehat, , , ,gak sanggup lah kalo aku.

      #jadi mikirin Big Bang, semoga mereka baik2 aja sekarang, amien#

  • hikhikzhikz……
    jdi terharu mendengar penjelasanya
    memang jdi artis itu mmang berat perjuangnya…
    dan profesi artis tidak tahu sampai kapan berlakunya tidak seperti profesi yg lainya
    seperti dokter misalnya seseorang bza terus menjadi dokter sampe dia gak mampu berjalan
    banyak kok dokter2 yg udh tua2 pii terus menjalankan profesinya *seperti dokter langanan aku*
    #Plakkk apa sich kok malah Curhat# Abaikan

    tidak seperti profesi Artis di mana semua itu tergantung minat masyarakat, pasar, kemampuan artis itu sendiri, sekaligus fansnya….

    klo artis itu sudah kehilangan kepopularitasnya di masyarakat maka detik itu juga tamatlah sudah karirnya….

    Tapi sekali lagi itu semua merupakan keputusan mereka untuk menapaki karir di dunia keartisan?
    jadi mereka harus menaggung baik buruknya profesi itu
    karena semua profesi memiliki sisi positif dan negatif nya sendiri2

    piii seperti kata pepatah yg mengatakan *ceiileh pepatah*
    Setiap Kerja Keras Pasti Berbuhkan Hasil Yg Manis…..

    FIGHTING TUK SEMUA ORANG YG INGIN JDI ARTIS…..

  • kalo gw sh gpp krna gw bkn org yg mampu.. tapi seandinya gw siwon ato sooyoung fw mah mndg jadi anak manis di rumah nagbisi duet ortu n trusi usaha bapak hoho tp sayangnya gw ini apalah. . sedrhana doank orgnyaa 😥 tapi kalopun ada pluang gw pasti mauu bgt 😀
    yaampun uri blaqies 😥 stay strong yaah └(^o^)┘ tp mnrt gw yg parah it pas yunho it dehh ampe diracuni gt.. yaampuun seugho jga ampe tlang rusuk patah π_π

  • Kerennnn… mental yg uda ditempa sedemikian rupa jd klo masih ada antis emg KEBANGETAN TUH ANTIS. Antis ==> GO To Hell.

    • iyaa, yang nodule pita suara kan?
      >,<

      soo juga serem tuh, tulang panggul,…
      ckckckckck

    • tiffany pernah cidera lutut juga sampai absen, dia tahun lalu sering jatuh di panggung
      waktu pergi ke jepang juga pernah sambil pakai alas besar untuk melindungi kakinya dan ga pakai sepatu, dia ada masalah dengan engel kakinya

  • Mir yeoboku sayaaang,…
    padahal hernia tulang belakang itu kalau nggak hati2 bisa lumpuh beneran. Dan, surprise-nya, dia masih bisa tampil promosi again meski pas part dia aja. Miris banget ngeliat mir lemes.. >,,<

    senangnya aku, pas gayo daeju, nggak begitu keliatan lagi punggungnya itu..

    Yang leader kasian banget, tulang rusuk patah, tapi tetep akrobat2 pas jaman2 Idol Army.
    Joon juga pernah pingsan karena kebanyakan jadwal, kemaren sempat kena flu babi. dia juga pernah bilang kalau waktu tidurnya sehari cuma 40 menit.
    Januari ni aja jadwal mereka bikin ckckckck, tanggal 12, 13, 14, 15 comeback, itu belum termasuk Hello Baby dan WGM untuk Ijun. Semangat ya, oppadeul!! Jangan sampai sakit,..

    Kl GO, aku selalu kagum sama stamina dia.

    makanya

    • wkwkwkwk, aneh komenku ada yg kepotong

      aku kadang2 rada sebel sama hyung2nya. Mereka masih suka becandaan manjat2 ke punggungnya Mir, naroh kaki disitu-lah, si Hajin juga masih suka gelayutan disana, terakhir si Woohyun INFINITE yang lari2, loncat dan bruk dipelukannya si Mir waktu Gayo Daejun kemaren. Oh, Potoshoot yang kemaren juga. Apa2n sih, posenya, si thunder (meski dia paling kurus), berdiri diatas punggung mir sama ijun. Emang nggak ada ya, yang tolong ingetin. Kasian, dance -nya MBLAQ kan susah2, aku nggak pernah liat Mir BBoyz lagi sekarang.
      #posesif

      SNSD juga, tapi mereka ngga pernah mngeluh dan aku bangga sama mereka. Support SM sama mereka juga luar biasa, yang ngurusin soshi siapa sih? pengen kenalan deh, daebak bgt ngatur waktunya.

      Belakangan, aku juga kasihan banget ama t-ara, khususnya Jiyeon. MVnya pada lama2 banget, dibuat beberapa versi, harus comeback, syuting musikal, syuting DH2, nggak heran aku kalo twitternya pada ngegalau. >,<

  • Yuph ga mudah buat jadi idol..
    Be strong,keep healthy..buat para idolku.
    My bigbang
    Uri syupe junioo
    2ne1
    jyk,snsd..
    Pokoknya buat semuanya jaga kesehatan.

  • ngelakuin sesutu buat mimpi kita ntu pasti beresiko begitu juga artis2 Kpop tinggal d’ambil hikmah’a aja trus sebagai fans kita support mereka sekuat tenaga supaya ngga t’lalu capek u/ nunjujin karya2 mereka k’kita

  • Yonghwa CN Blue n Daesung pernah bengkak pita suaranyaa?
    alhamdulillah ya mpe sekarang baik2 ja,

    oppadeul Bigbang n member 2NE1 jaga kesehatan ..

    YG appa beri mereka istirahat jg, q percaya padamuuu ,, heheheee

  • Rintangan terbesar untuk jadi seorang Idola itu bukanlah saat di training selama bertahun-tahun, tapi beban mental dan fisik yang diterima setelah debut dan terkenal!!

  • emank brt jd idol..
    prh’a bnyk agensi yg gmw tau en mksa artis’a dgn schedule gila”n gx merhatiin keadaan mental en fsk sang artis ampe bnyk kjdian bnh dri..
    bysa’a agensi kecil yg abal” kan sk gttu .
    untung YG gx bgtu .
    ❤ u appa YG ..

  • Jaga kesehatan ya semua~ fans sedih jg kalo kalian knp2.. ^^
    fans rela nunggu kalian hiatus, rela nunggu lama buat liat kalian tampil perfect wkt konser~ ^^

    Ngerti bgt knp YG ga byk reality show. Liat mrk promo, cf, konser, itu aja uda capek.. *tp puass bgt liatnya* kalo ada wkt kosong mending istirahat deh unnie oppa..
    pokoknya sayang sama papa YG~ YGFam JJANG~ ^^!

  • Intinya adlh idola2 ini jg manusia biasa.. FIGHTING!!! Sgala ksusahan/pnderitaan/musibah baik sblm or ssudh debut akan terbayar berkat kerja keras klian krn sdh melakukan yg tbaik bwt fans2 klian.. *prok prok prok*

    Lnjutkan!!!!

    *duh,,liat video di atas jd inget lg deh yg pas panda luka itu huhu*

    BIGBANG fighting!!
    K-star lainnya fighting!!

    • Tiba2 lgsg keinget muka bang tabiku tercinta yg lg pake masker stlh pulang dr jpg kmrn… Jaga kesehatan yaaa bang.. Bwt member bigbang lainny jg yaaa..

  • SALLLUUT LUT LUT 🙂
    Gue jd tmbh semangat stelah bc artikel ini, gue pengen punya semangat sebesar mrka, kerjakeras dgn pengorbanan tak trhingga, mental yg luar biasa ._.
    mereka mlakukan itu dgn IKHLAS & TERSENYUM

    FIGHTING FIGHTING

  • kata” terakhir.a itu lo… ” Tapi pada akhirnya, cukup berhargakah sehingga kalian harus mengorbankan kesehatan, kedamaian mental, dan kebebasan demi popularitas? ” dalem bgt T.T
    pas trainee mereka udh susah payah banting tulang pas jadi artis apalagi :(( FIGHTING KPOP STAR WE ALWAYS SUPPORT YOU !!!

  • sedih bgt baca ini jadi makin inget kejadian yang nimpa snsd
    dari mulai BO, pernah di katain b*tch talentless ugly, di lempar kamera, di lempar lightstick wkt perform untuk promo iklan, semua antis yang lakuin TT__TT
    untung mereka seperti angels yang bermental baja yang ga pernah ngeluh dan marah sampai nangis atas kejadian itu aja mereka tutupin TT__TT
    mereka juga pernah nolongin dan baik sama antisnya TT___TT
    kejadian taeyeon itu juga ngebuat dia takut keramaian sampai dia suka megang membernya kalo di airport banyak orang yang ngejar mereka & sampai pernah nangis di deketin sama banyak orang yang nunggu dia di airport TT__TT
    semoga ga ada lagi sesuatu yang bakal nyakitin mereka.

    • kan jarinya patah gara2 itu……jatuhnya mak gedebuk,,,duh suakit bgt liatnya….

  • Eunjung nampak bgt capek itu, liat kemaren poto jiyeon yg ngantuk kayak gak tidur 😦
    T-ara rela gak abis-abis promosinya dari roly poly, cry-cry, lovey dovey. yang jiyeon masuk rumah sakit kemarin, eunjung kakinya sakit. hyomin stress sampe rambutnya rontok, boram yang depresilah sampe ngetwit gajelas. haduuuh tapi bagus perjuangan mereka gak sia-sia.

    T-ara jaga kesehatannya yah, kasian liat gak berhenti-berhenti promosi lagunya T_T

  • Gue aja pribadi kalo sekolah dari pagi sampe sore tuh udah cape banget rasanya pengen cepet2 pulang gitu apalagi mereka yang jam kerjanya udah ga usah ditanya gimna sibuknya mereka huhu jujur gua paling khawatir sama leeteuk jadwalnya gakira2 sibuknya 😦 tapi hasil kerja keras mereka terbayar dengan kesuksesan mereka sekarang 🙂

    • iya cingu, dia bolak balik masuk rumah sakit 3 kali lebih mgkin dia pingsan gara2 capeknya .. :”(
      donghae juga pernah kakinya cidera, tp di mubank dia bener2 demi ELF, dia tetep tampil meskipun hanya duduk di kursi sambil nyanyi.. Luar biasa proffesional……..
      Untuk kyuhyun.. ampe nangis liat videonya… kecelakaan yg bner2 sangat parah.. tulang paha patah, paru-paru kegencet tulang rusuk, paru-paru berdarah, lambung berdarah, tulang rusuk patah. dan yg plg menyedihkan dokter memfonis kesempatan hidupnya hanya 20%.. T.T .
      buat uri leader teuk, dia mengalami luka sngat serius juga, bagian wajah harus dijahit sampai 157 jahitan kalo gag salah, belom kaca mobil menembus bagian pinggangnya, tp sang leader malah merambat2 ke arah kyuhyun untuk memastikan keadaannya… benar2 dlm keadaan sperti itupun dy masih berpikir ttg dongsaengnya,,, nangis darah liat videonya…..
      buat heechul n kangin jg pernah mengalami kecelakaan yg parah smpai harus dioperasi.. super junior hampir semua mengalami kecelakaan. Kasihan oppadeul, cobaan dari SM aja udah buat frustasi, belom lagi ditimpa cobaan ujian kecelakaan seperti itu… T.T

    • hangeng juga pernah patah lengan pas trainning n harus perawatan selama beberapa bulan untuk penyembuhannya, dulu pas awal debut dia selama 10 kali perform di stage harus pake topeng.. hanya karena dia bukan orang korea. T.T poor gege ku..

  • Udah pernah liat tuh yg Onew hampir ketimpa lampu sama yg Krystal pingsan. Kasian bet 😦
    yg pd kecelakaan jg, Kyu paling parah deh kayaknya menurut gw.
    Sebegitu ya pengorbanannya.

  • sumpah …
    Merinding saya …
    Kisah hidup mereka itu patut d contoh
    *sisi positif’y ..

    Mrk pnya tekad.
    Btw,dr smua idol sya paling kagum dgn kisah hdup seorang KIM jaejoong…
    Bocah desa yg merantau nasib d usia 14thn demi merubah nasib.
    Dan skg.
    SUKSES BESAR

    • Tiffany juga jauh2 dr Amrik hanya utk merantau ke Korea tanpa sanak-saudara dan yg paling ironis adalah (klo gk salah) pd saat itu dia baru kehilangan Ibunda tercinta

    • nasib tiffany jg ngga jauh” dr yoochun..merantau kluar negri tnpa sodara.. d tmbah tulang punggung kluarga dan ngga ada ayah..

  • itu sdh jd resiko mereka krn hdp ini pilihan gk cuma artis korea yg sprti ini saya rasa semua artis memiliki pekerjaan yg luar biasa sibukny, keuntungan yg mereka dpt selain uang tentu saja popularitas
    tetap semangat yah para idola ku ESP 2PM lw gk ad kalian dunia ini hampa rasanya sarangeo for all artis ^_^

  • dari semua idol yang hampir tewas yunho dbsk ama bigbang daesung yang gw tau..

    yunho hampir mati gara” muntah darah di campur lem super jus dia

    daesung hampir mati waktu kecelakaan di 2008.. semoga kejadian di atas ga terulang lagi hwaiting hallyu idol ^_^

  • Tapi pada akhirnya, cukup berhargakah sehingga kalian harus mengorbankan kesehatan, kedamaian mental, dan kebebasan demi popularitas?
    Kalo mendapat materi setimpal sich mungkin tidak masalah, tp kl dah berjuang keras wkt traineer (terbukti dgn lebih dulu debut pdhl banyak traineer yg lebih dulu join d bwh manajemen yg sama), truz gajinya d korupsi , siapa yang tdk sakit hati???. Harusnya SM nyadar dan ngelepasin JYJ, JYJ bersama TVXQ sdh menghasilkan 60 Miliar Won sejak mereka debut unuk SM. Blum cukupkah??? (out of topic.kekekeke).

  • sedih beneran pas liat f(x) krystal performance keliatan dia itu kecapean 😦
    Yunho,Jaejoong,Yoochun oppa juga keliata pules banget tidur nya
    Onew katanya dia sakit Get well Son 😦
    Tiffany oenie juga pernah cedera sampe absen
    terus dulu Amber dia cedera
    Jiyeon T-ara masuk RS karena kecapena

    aku harap kalian baik-baik saja Oenie dan oppa ku

  • apakah ini alasan rumor “kontrak budak” yang diterima SJ?
    karna masa training mereka yang lama & beranggota banyak?
    jadi mereka harus benar2 “banting tuang” dan bekerja keras untuk membayar gantinya?

  • merinding bacanya >_<
    utk jd artis aja udh susah, hrs kerja keras & sabar, pas udh jd artis hrs lbh kerja keras & lbh sabar. Salut bgt sm para k-artist d^^b mereka bnr" DAEBAK!!!
    para antis yg punya hati hrsnya insaf hbs bc artikel kyk gini!

  • ”Selain kecelakaan2 yang menimpa Super Junior, tampaknya terluka hanyalah bagian dari bisnis.” nangis bacanya T_T
    Salut sama artis2 korea, mereka para manusia luar biasa 🙂
    Kalo gak salah Park YongHa menginggal karena insomnia akut & depresi kan?
    gak bisa bayangin bertahun2 insomnia akut & depresi akut 😦

  • entah kenapa klo liat SJ itu selalu kasian. mereka gak ada istirahatnya. wktu kyu kecelakaan jg gak nyangka bgt. SM kok jahat ya._. masa SJ di kontrak budak gituu 😦
    seungri, skrng dia trauma ga ama kembang api? kasian 😦
    hwaitingg oppaa, eonnii. kami disni mendukung muuuuu.

  • Huwaaaa nganga trnyta jdi idola tuh susah y pantes bnyk bgt yg ngrasa depresi Qharap mrka yang sdh brada di jalur yg mrka pilih bsa kuat trutama buat uri oppadeul suju yg mnrma bnyk bgt kecelakaan2 krja take care oppadeul and buat smw idola FIGHTING!!

  • pas masa training aja banyak yg tereliminasi kok,,udah ngluarin banyak tenaga,,uang,,waktu n terlebih lagi harapan bt debut….tiba2 gak jd n harus mengulang dr nol lg,,n itu menyedihkan bgt liatnya…(misal: hyorin+soyou (SISTAR),jieun (SECRET) dll)

    menurut.q pada masa menunggu kepastian debut + awal debut itulah masa terberat artis,,pas nunggu debut gak tau kapan rasanya kyk ngambang,,gak kliatan jelas masa depannya,,sedangkan saat awal debut,,masa2 penting bagi idola bt mulai meraih perhatian publik,,kl ad yg salah dikit aja dibilang cari sensasilah,,aplg omongan netizen sana kejem bgt,,banyak tuh idol debut trus g kedengaran namanya,,bukan berarti mereka g bertalenta,,tp mungkin krn faktor seleksi alam yg gak mampu dilalui sm idol baru tsb…

    ,udah mental+fisik ditekan,,weleh

  • nyesek bacanya.
    idola yang selama ini kita kenal udah banyak banget berkorban buat meraih impiannya, untuk mencapai posisinya saat ini. dan itu semua ga mudah.
    mulai dari audisi, harus bersaing dengan ribuan orang yg juga ingin mengikuti audisi itu.
    lalu trainee mulai dari usia yg sangat belia, yaitu 11 ato 12 tahun. kalo di negara kita, usia segitu kan jaman2nya masih SD, jaman2nya lagi suka maen menikmati masa kecil. tapi idola kita? mereka menjalani latihan dance, vokal dan semacamnya.
    pas debut, banyak yg masih melirik sebelah mata, itu pasti udah bikin down, nyerah duluan, brasa ga diakui.
    pas udah mulai tampil di banyak acara, kelelahan ampe sakit, memerlukan perawatan bahkan kecelakaan yang mengancam nyawa mereka.

    huweeee… nyesek banget, aslinya. 😦
    memerlukan begitu banyak pengorbanan utk mengejar sebuah mimpi dan cita2.
    aku salut sama mereka. tetap bertahan di kondisi terburuk dan mencoba melewatinya meskipun mereka tau kondisi mereka kurang memadai utk tampil maksimal, tapi mereka tetap memberikan yang terbaik. bener-bener salut.

    semua keringat, perngorbanan, tenaga, air mata bahkan darah mereka pasti akan terbayar dengan pencapaian mereka. aku yakin itu.

    hwaiting!!!!

  • Tuhan lindungi Haeppa N oppadeul SUJU 😥
    Jg buat pr pelaku Entertaiment korea yg lain…
    Sabar eonni, oppa, semuanya aku dukung..
    >.<

  • klo udh bicara tentang kecelakaan n kasus yg bikin stress di Super Junior emnak slalu bikin sedih… tp semua hikmahnya udh di terima ama mereka.. kesuksesan besar sekarang buah dr kerja keras n kesabaran mereka slama ini.. Saranghae Suju

  • kasian3x mreka kyk udh jdi budak smua agensi ama ajah (maap) kasian itu para artis mreka cpek cari duit mulu iyaiyalah mreka mah ggak ush diet udh kurus gra2 kecapean

  • suka ma kalimat ini.. -Tapi pada akhirnya, cukup berhargakah sehingga kalian harus mengorbankan kesehatan, kedamaian mental, dan kebebasan demi popularitas?-

    meskipun pada akhirnya terbayar dg popularitas yg mreka peroleh, apa gunanya jika mreka pd akhirnya ad yg bunuh diri (mati), kecelakaan yg nyaris merenggut nywa mreka dll..
    justru dg popularitas, kemewahan tsb bs mmbuat kesehatan bahkan nyawa mereka melayang…

    benar2 menyayangkan artis korea…

    n.b.: liat videonya seungri jd pngn nangis!!! poor panda.. T_T

  • semoga Appa YG selalu perhatian ma anak2nya, semoga BigBang selalu sehat..bentar lg mw comeback, Papi TOP, GD, YB, DAE, VI jaga kesehatan, bnyak istirahat n makan yg teratur.. GBU

  • makanya sebagai fans yg baik jangan suka nge bash artis korea sana yg perjuangannya berat bgt, kita harus saling menghargai dan mendukung idola kita.

  • Tapi menurutku itu uda resiko dan konsekuensi yg memang harus mereka alami. Mereka sendiri yg memilih untuk menjadi seorang idol.
    Sama halnya seperti kita, katakan saja saya, saya memilih menjadi seorang mahasiswi teknik arsitektur di universitas negeri yg terkenal, otomatis saya harus siap menerima resiko hampir tiap malam tidak tidur untuk mengerjakan semua proyek n tugas2. Sama seperti mereka, mereka merasa harus memenuhi tanggung jawab mereka sebagai Idol, ya dengan cara begitu..

  • apalgi oppa q suju…..
    mnderita dari nol tu..
    hikss…hikss..

    sbar ya bwt GB-BB tu mank dh resiko mnjd seorg idola,,,
    mdh2an usaha kalian tdak akan sia-sia

  • wah… gak nyangka ternya mank g mudah lc jd artis d korea sana
    klihatannya enak bgt jd mrk bergelimang materi,dikenal banyak orang, punya fans yg loyal

    g nyngka trnyata bhkn dlm shari ada yg tdur cuma 40 MENIT?? g heran klo mreka bisa ampe mengalami kecelakaan saking kecapekannya. Klo utk para GB/BB setidaknya mereka bisa berbagi gimana ama mrk yg artis solo ya??
    buat all artist HWAITING! q salut bgt ma perjuangan kalian yg penuh dgn tekad kuat seperti halnya JJ oppa and Yoochun oppa…

  • baca artikel ini aku jadi sadar. mereka memang hebat, kalau aku jadi mereka pasti bakal ngeluh. tapi apa biisa mereka ngeluh? tidak, mereka tidak bisa dan tidak pernah mengeluh. mereka selalu tampil ceria agar fans tidak kecewa dengan penampilan mereka.

    YOU ARE THE BEST OPPA & EONNI ! WE LOVE YOU ! PLEASE, KEEP YOUR HEALTH!

  • sedih bgt deh bacanya T^T
    semoga opp akim hyun joong aku gak bakl ngalamin hal hal seperti itu, tabi’s oppa juga
    teramat sayang kalian untuk jadi cedera seperti itu T.T

  • hwaiting,,,,,,wlupun seberat pa prjalanan tuk jd kyk mreka ,,,q kan slalu berusaha,berseamangat,dan berdo’a………wlau orhg blg q ni hnya bermimipi,,,tp q kan ttp brusha,,,,mmbuat smua yn tlh menghinaku ,,,,dpt menghargaiku sdikit ,,,wlau tu hnya sdkt……….. HWAITING DELLA…,,,,, GO GO GO SMANGAT ^o^

  • Tinggalkan komentar