[NEWS] EKSPOR TERBAIK DARI KOREA SELATAN : BAGAIMANA K-POP MENGGUNCANG DUNIA

Published 08/03/2012 by yeppopo

Fans Kuwait sepertinya sedang merasa sedih. Puisi yang tertulis dalam menara beras mereka untuk konser Big Bang di Seoul terlihat tidak begitu menarik untuk sebuah acara pop. Sebaliknya, menara beras yang diberikan oleh sebuah klub di Indonesia terasa sangat bersemangat, dihiasi dengan pesan yang ditujukan kepada grup tersebut yang bahkan dapat digunakan sebagai slogan pariwisata: “DON’T THINK TOO MUCH. JUST COME TO INDONESIA” (Jangan berpikir terlalu banyak. Datang sajalah ke Indonesia).

Apa itu menara beras? Apa itu Big Bang? Saya juga menanyakan hal yang sama ketika saya tiba di Korea Selatan seminggu yang lalu dan menghadiri konser K-pop pertama saya di Seoul Olympic Park Gymnastics Stadium. Menara beras adalah beras yang berasal dari fans. Untuk menunjukkan cinta mereka, fans dari musik pop fans – atau K-pop – membeli berkarung-karung beras dan menyumbangkannya kepada grup favorit mereka yang kemudian akan menyumbangkan beras tersebut sebagai amal.

Di lorong di dalam stadium, berkarung-karung beras yang didekorasi dengan pita dan papan tanda berapa banyak kilogram yang disumbangkan oleh sebuah grup (100kg, 500kg 1000kg) berjejer dengan rapi seperti tempat pemujaan untuk dewa K-pop yang akan naik ke atas panggung: T.O.P, G-Dragon, Taeyang, Daesung, dan Seungri. Big Bang adalah salah satu grup terbesar dalam industri K-pop. Untuk acara konser mereka ini, 12,7 ton beras telah disumbangkan oleh 50 klub di seluruh dunia.

Bagaimana saya tahu mengenai hal ini? Karena ada sebuah bisnis khusus yang meyakinkan para fans bahwa beras mereka akan berada di tempat konser. Seung-gu Roh, staff yang telah bekerja selama 2 hari untuk menumpuk semua beras dalam konser Big Bang ini, terjun dalam bisnis ini ketika fans membeli buket bunga untuk grup yang mereka sukai. Saat ini, ia mempunyai 24 kantor cabang di seluruh Korea untuk membantunya mendapatkan beras dan mengirimkan beras tersebut dari petani ke tempat konser. Selama lima tahun ini, penjualannya meningkat sebanyak 100% setiap tahunnya namun ia mengatakan bahwa ini bukanlah bisnis yang mendapatkan keuntungan. “Saya tidak mendapatkan keuntungan dari bisnis ini,” kata Roh, “Saya hanya melakukannya karena ini adalah hal yang baik.”

Ia adalah salah satu pengecualian. Di Seoul, semua orang sepertinya mendapatkan keuntungan karena adanya K-pop. Fans dari melodi yang riang yang ditampilkan dengan tarian grup, band, dan juga solois ini semakin berkembang, dan industri yang berada di sekitar mereka juga semakin berkembang. Tur pariwisata dari Jepang dan Cina membawa satu bus penuh oleh wanita muda dan tua yang datang ke Korea untuk menonton konser K-pop dan sekaligus berbelanja. Rumah fashion membuat imitasi dari barang-barang bermerk yang dipakai oleh bintang K-pop. Reality show yang mencari bakat juga mulai bermunculan di setiap saluran televisi, sementara itu, puluhan sekolah di Seoul mengajarkan kepada muridnya bagaimana cara untuk menghadapi audisi ketat yang diadakan oleh perusahaan entertainment. Kim Hyung Seok, komposer dan produser yang menjalankan sekolah musik dimana calon bintang datang untuk berlatih, mengakui bahwa ia merasa tidak baik jika memungut uang sekolah dari murid yang mungkin tidak akan berhasil di bisnis tersebut. “Saya bertanya kepada diri saya sendiri, apakah ini hal yang benar secara moral?” Pada akhirnya, ia memutuskan bahwa edukasi bukan hanya untuk kesuksesan secara komersil. “Kami tidak dapat menghalangi orang dari apa yang ingin mereka lakukan.”

Bahkan untuk perusahaan yang mengatur mengenai hak paten K-pop, bisnis tambahan mendapatkan lebih banyak penghasilan daripada musik itu sendiri. Korea Selatan hanya dipopulasi oleh 48 juta orang, pasar yang sangat kecil bila dibandingkan dengan Jepang, yang menyumbang sebagian besar dari penjualan luar negeri album K-pop. Itulah alasan mengapa grup K-pop belajar dan bernyanyi dalam bahasa Jepang dibandingkan dengan negara lainnya. Menurut CJ&Em, salah satu perusahaan media terbesar di Seoul yang memproduksi acara Superstar K, penjualan album merupakan 40% dari penghasilan yang didapatkan dari perusahaan entertainment. 60% dari penghasilan didapatkan dari iklan, drama, dll.

Adanya batasan dari penghasilan yang didapat dari penjualan album merupakan salah satu alasan mengapa tiga perusahaan entertainment terbesar di Seoul – JYP, YG dan SM – telah membuat langkah mereka ke Amerika Latin, Eropa, dan Amerika Utara. Jika menara beras dalam konser Big Bang menunjukkan sebuah indikasi, maka mereka berada di jalur yang benar. Fans dari lebih dari 60 negara menyumbangkan beras untuk acara tersebut pada minggu lalu. Perkembangan sumbangan dari internasional, kata Roh, sangat dramatis. Pertanyaan yang tidak dapat ia jawab adalah anak-anak seperti apa yang menyukai K-pop di Kuwait. “Saya tidak tahu,” katanya sambil tertawa. “Saya ingin menanyakan pertanyaan yang sama kepada anda.”

Source: TimeWorld Global Spin

English to Bahasa: FinCh @ BigBangIndonesia

85 comments on “[NEWS] EKSPOR TERBAIK DARI KOREA SELATAN : BAGAIMANA K-POP MENGGUNCANG DUNIA

  • Design nya keren,2 jempol buat staff bbi yg udh bikin itu. dan 4 jempol buat VIP INDONESIA yg sudah menyisihkan uangnya buat patungan (?) gtuin rice wreath nya! bangga jd VIP INDONESIA

  • “DON’T THINK TOO MUCH. JUST COME TO INDONESIA”
    haha iya kata2nya kayak slogan pariwisata, kayak lg promosiin Indonesia..
    ditambah kata “happiness is being a vip” + peta Indonesia

  • Kurang ngeh sbenernya ama artikel yang bahasan’a tingkat dewa gni.tapi kalo aq g salah nangkep mungkin inti’a gara2 hallyuwave ,ekonomi Korea banyak diuntungkan gtu? sampe k petani2’a?

    Agak miris sbenernya aq dngernya,orang nyumbang biar kdengeran idola’a (meskipun tjuan akhr’a tetep nyumbang),sampe rela beli beras langsung di Korea,padahal negara kita termasuk byk dalam memproduksi beras,ptani juga byk,knapa malah menguntungkan negara lain?padahal negara sendiri butuh,dan kalo bner2 mau nyumbang,tanpa lewat idolapun bisa kan T_T

    maaf,aku kyak g suka ama Big Bang dsini,padahal aku VIP.kbtulan aja brita’a ngbwa Big Bang,dan Indonesia yg mana kalo aq suruh milih,aku tetep milih cinta Indonesia,jadi’a aku kurang gimana gtu dgn kjadian ini.

    (maaf kalo ada yg ngrasa komenku ngbash ato lebay)

    • well krn kamu bicara soal beras di Indonesia…
      this is my thought:
      apakah kamu tahu? tnyata Indonesia juga ng-import beras loh… dan mgkn malah beras yg kamu makan itu hasil import.. sapa yg tau…
      negara kita skrg bukan negara agraris lagi… coba liat sawah udah ga banyak skrg… kota2 di berbagai pelosok jawa yg biasanya dipenuhi dengan pemandangan sawah, beberapa diantaranya udah berubah menjadi jalan besar, rumah makan, bahkan pusat perbelanjaan… dll

      dan pasti denger donk soal berbagai macam menu alternatif makanan pokok tuk menggantikan beras agar kita menghindari import beras dan makan produksi dalam negeri kayak singkong, ubi dll..

      so in my opinion kayaknya alasan kamu klo mereka (BIGBANG INDONESIA) menguntungkan negara lain ntu agak2 ga masuk akal… soalnya yah mereka itu mgkn punya alasan tersendiri…. setdaknya kita musti ngehargain usaha mereka tuk mengenalkan Indonesia ke bigbang pada khususnya n publik korea pada umumnya 😀

    • awalnya aku sepikiran sm chingu,,,
      gini, buat apa kita jauh2 nyumbang ke korea sdgkan msh bnyak rakyat/tetangga kita yg mmbtuhkan… <—- tp kemudian aku berpikir statement ini adalh statement pribadi, jadi TIDAK bisa dijadikan suatu standar untuk menilai perhatian VIPindo kpd negaranya apalagi untuk menilai untung rugi sebuah negara. karena aku yakin VIP yang ikut nyumbang juga punya pendapat dan pemikiran masing2),..

      tapi kenapa chingu jadi tiba-tiba ga suka Bigbang? Bigbang salah apa?? Bigbang juga tidak pernah meminta VIP melakukan hal ini bukan? lagian bukan cuma bigbang yg kyk gini, ini sdh semacam kultur dari fandom K-Pop,,,

      yang terakhir,,, berasnya diberikan juga ke yang membutuhkan ^^ so what's the Deal chingu?? 🙂

    • @jiyongja

      aku juga sedang dalam tahap pencernaan dalam artikel ini. Dari yang sejauh ini aku baca, memang salah satu inti pokok dari artikel ini adalah bagaimana banyak bisnis2 lain mendapatkan keuntungan dari adanya Hallyuwave, seperti sektor pariwisata dan butik2 korea. Dan, bagaimana kalau penjualan album saja tidak cukup untuk mendapatkan keuntungan. 40% keuntungan perusahaan didapat dari album sales, sementara 60% lainnya adalah dari drama, iklan, dsb.
      Dalam hal ini,secara tidak langsung, aku setuju kalau petani2 di korea diuntungkan dengan adanya budaya “memberikan beras” yg dilakukan fandom2 korea setiap konser, yang, menurutku, bukan termasuk hal yang salah.

      Nggak ada salahnya mendukung idola dengan berbuat amal, ikhlas atau tidak, semua tergantung niat. Mungkin ada yang tadinya nggak pernah tergerak untuk melakukan amal, namun dengan adanya budaya ‘amal’ sebagi langkah mendukung idola, siapa tahu tergerak hatinya, dan mendapatkan esensi dari kegiatan tersebut. Dan, siapa tahu, setelah itu, berbuat amal merupakan sebuah kebiasaan bagi mereka dan mereka jadi lebih mudah untuk tergerak dan peka untuk berbuat amal seterusnya, entah itu atas nama idola lagi atau tidak. Bukankah itu hal yg baik? Menurutku, itu brlilian, sebab selain membantu orang yg membutuhkan, juga membantu fans mengasah kepekaan sosial.. (Jauh lebih bermanfaat daripada tingkah2 sasaeng fans )

      Dari komentarmu, aku tangkap hal yang membuat kamu keberatan adalah entah bagaimana kamu menganggap bahwa tindakan ini tidak mencerminkan cinta tanah air, bahkan mungkin mengkhianati tanah air, karna membeli beras ber ton2 di Korea (sehingga menguntungkan perekonomian Korea), sementara negeri sendiri merupakan negeri agraris.

      Oke, pertama, aku memang bukan VIP, jadi, aku tidak tahu dimana persisnya BigBang Indonesia membeli beras,di Indonesia atau Korea. Nggak ada apapun di artikel yg menyatakan itu. Kalau si beras dibeli di Indonesia, jelas menguntungkan petani Indonesia kan?Dan, Bahkan, meskipun beras itu dibeli di Korea, bukan hal yg sengaja merugikan Indonesia, tergantung beras2nya mau dikonsumsi siapa. Maksudku, orang Korea mungkin terbiasa makan beras Korea, sama seperti kita terbiasa makan beras Indonesia (kita mungkin ama impor juga kebanyakan nggak masalah). Siapa tahu, si beras dibeli indonesia dan pada akhirnya disumbangkan untuk orang Indonesia juga (karena yg ngasih kan BigBang Indonesia), yah, siapa tahu kan? Tergantung kesepakatan orang sana nya.

      Bahkan, pengusaha supply beras korea, meski dia bilang klau penjualannya meningkat 100%, dia nggak mendapatkan laba bukan? Jadi, bagaimana kamu yakin kalau ini merugikan Indonesia?

      Selama kita menikmati produk impor dan berbuat konsumtif, sudah pasti kita menguntungkan negara produsennya. Dalam hal ini, kita sebagai kpopers, -nyumbang beras atau nggak-, adalah penikmat produk impor yang dinamakan kpop. Bukannya album2 asli yg kita beli untuk mendukung idola itu produk impor? memang menguntungkan korea kan,bukan Indonesia? Kita konsumen dalam hal in. Lalu, kalau kamu nggak keberatan dengan kita membeli atribut2 asli kpop yg impor, kenapa kamu mempermasalahkan beras2 itu?

      Nggak cuma kpop, alat elektronik, bahkan beras sekalipun, kita memang masih ada yg diimpor (meski ga semua). Kita impor beras bukan karena beras dalam negeri nggak bagus,status sosial, nggak selalu karena itu, karena cuaca buruk, misalnya, sehingga gagal panen disuatu daerah. Dan, seperti kata @Lia unn, sawah udah bertambah sedikit. Kalau kita nggak impor, bisa mati kelaparan berjamaah kan? . Kita beli beras impor karena ya, kadang2 karena cuaca buruk beras lokal malah lebih mahal daripada impor, makanya kita beli yg impor, biar bisa beli keperluan hidup lain sisa duitnya.

      Yang jelas, dalam pengaturan ekspor impor, supply demand beras, beserta pengaturan harganya, hmm,.. bukan wewenang kita deh.Itu Pemerintah.

      Kalau ingin menggalakkan gerakan cinta tanah air,yang bisa kita lakukan sekarang, ya, menunjukkan cinta tanah air dengan cara lain, well, ya, mungkin dengan meningkatkan kesadaran dan memakai barang produksi dalam negeri, untuk hal2 lain. Mungkin nanti, kalau BigBang ke Indonesia chingu @jiyongja bisa mengusulkan ke fandomnya atau memfasilitasi untuk membeli beras lokal saja untuk support konser dan diberikan ke orang indonesia yg membutuhkan.
      Jadi, nggak harus merasa uneasy karena mensupport sesuatu yg bukan bikinan dalam negeri (baca:kpop), karena ya, kpop kan memang bukan produk kita, kita perannya konsumen disini.
      Menjadi kpopers, secara nggak langsung kita meng”impor” musik kan? So,..

      P.S
      Aku minta maaf ada salah kata, hanya ingin berdiskusi sedikit. Kalau ada persepsiku yg salah, mohon diluruskan
      P.P,S
      Maaf kalau panjang banget, T_T

    • OMG, panjang bgt,,..
      mian,… mian,…..
      nggak bermaksud sotoy juga, maklum udah teler,

      #kabur ah

    • aku malah bayangin ribetnya kalo bawa beras dari indonesia… beratnya.. belum birokrasi yang berbelit… belum resiko yang terjadi di perjalanan… membeli beras di korea atau di indonesia bukan menjadi tolak ukur seberapa besar nasionalisme.. nasionalisme tak pernah diartikan sesempit itu.. aku rasa meski menyumbang beras hanya untuk konser idola mereka karena itu tradisi disana, takkan pernah mengurangi kecintaan mereka terhadap negara dan empati mereka terhadap saudaranya di indonesia…
      aku malah melihat hal positif karena aku melihat mereka punya niatan memperkenalkan negaranya di korea…. membuka peluang pariwisata dan menyumbang devisa yang besar buat negara dan bisa memberi keuntungan bagi masyarakat karena pariwisata tersebut

    • apa kamu gak mikir kalau beli beras dari Indonesia terus dibawa kesana lagi biayanya terlalu besar dan beresiko?

      kalau bicara fangirling, gak akan ada kata untung rugi, gak akan bawa negara mana yang diuntungkan, negara mana yang dirugikan.
      kamu bisa liat sendiri artikel diatas itu malah membuat Indonesia jadi sorotan. bisa saja dari sedikit beras yang disumbangkan VIP Indonesia bisa memberikan keuntungan pariwisata yang besar untuk Indonesia nantinya *kalau emang mau itungan untung rugi*

      tapi sekali lagi aku tekankan untuk fangirling ataupun fanboying gak akan ada yang namanya untung rugi dan perbedaan negara dan bahasa bisa dilaumpaui dengan cinta dan kebersamaan. Tx.

    • ambil hikamah ya ja..
      dGn gini nama INDONESIA makin berkibar diluar sana..!!!
      Liat tuxch.. nama INDONESIA ya JELAS BANGET gak tuxchh.. haha 😀

      NB: bkan cuma VIP yang MELAKUKAN INI…!!!!!!!!!!! *stuju m big_Dae*

    • @deevip onni
      amal dan nasionalis disini mungkin maksudnya kenapa kita lebih perhatian ke bigbang daripada ngasih perhatian ke negara sendiri.sedangkan di negara kita sendiri masih banyak yang kelaparan dan membutuhkan jika dibandingkan negara korea yg walaupun juga ada warganya yg masih di bawah garis kemiskinan tapi tingkat kesejahteraannya lebih bagus daripada indonesia. jadi kesannya seakan2 kita ngk peduli dengan keadaan negara sendiri sehingga timbul kesan tidak nasionalis * walaupun menurutku jiwa dan sikap nasionalis tidak bisa di ukur dengan itu saja dan yang namanya beramal bisa dilakukan di mana saja,kapan saja ^___^

      @jingyoja
      hohohohoho ngk apa2 kok chingu kamu mengutarakan pendapatmu seperti itu…banyak kok yang berpendapat sepertimu ^____^
      tapi perlu kamu ketahui juga,,,sebenarnya BBI itu juga sering loh ngadain acara amal. mereka sering bikin donasi pas event2 tertentu seperti waktu perayaan ultah para member..selain gathering mereka juga bikin acara amal ke orang- orang yang kurang beruntung seperti ke panti asuhan. waktu ultah tabi mereka ngumpulin mainan bekas yg masih layak untuk di sumbangin ke anak2 panti * ide itu didapat karena tabi yang suka banget sama mainan..
      mungkin karena acara2 tersebut ngk di update ke media makanya banyak yg ngk tau ^___^

    • klo mw yg lbh miris lg y
      tu koruptor yg enak bebas bkliaran mkn duit rakyat
      dpt jatah hsl suap miliaran ngakux “g tau, g prnh, g ingat, lupa”*efek nonton brita
      d dpn media psng wjh sok suci
      tkait mslh sumbang-menyumbang kn ada bny cara
      jgn dsmkn dng mslh nasionalisme
      toh yg bgini bkn cm mreka ja koq

  • yeah baby DONT THINK TOO MUCH JUST COME TO INDONESIA!!! pake peta segala biar YG tau dmana itu indonesia XD kalo perlu skalian peta arah angin peta pusat gempa peta jalur colombus peta perdagangan dunia zaman masehi ato globe yg segede2 nya terus pulau indonesia di bold deh setebel2nya pulau lain di blur aja XD daebaaaaakkk B.I.G.B.A.N.G J.J.A.N.G!!!!! =]

    • ahahhahahhaha SETUJU..KALO PERLU SE DETAIIL DETIL PEK CUIL CUIL KAmpung nya JUgaaa di JILiD seKaLian Bwt PegangaN abang JiDong CS..ahahhhha

  • kirim nie foto ke PAPA YG…

    BIGBANG

    DON’T THINK TO MUCH JUST COME TO INDONESIA

    ga nyangka VIP dari INDONESIA gila juga seperti negara lain bisa ikut kirim beras hahaha…

    palagi hubungan INDO KOREA lagi HOT gara2 pesawat tempur sama kapel selam hahaha

  • DONT THINK TO MUCH. JUST COME TO INDONESIA!!!
    IT’S FANTASTIC COUNTRY!!

    Ps. keren banget BBI bisa nyumbang beras dan bikin slogan yang super kreatif seperti itu.. Coba aku tau ada acara ginian.. pengen ikut nyumbang juga..
    Salut ma BBI!!

  • waktu buka web BBi, ada vote kata kata apa yg bagus buat di menara beras itu, langsung milih Don’t think too much just come to indonesia, gara” keinget jidi pas di tonight…

  • WaWWWW BBI FAnTaStiC…
    KeReeeN euy….KayaKnya gara2 di Indonesia kebiasaaN bwt NULis diKaRton wakTu Demo Jd kemamPuaN bwt SLoGaN MakIn TerAsaH…Gak Basa basi lanGsUng ManDat bwt CoMe to Indonesiaaaa..
    so Cool BruR…

    • wuih,jgn salah.. VIP fanboy di skolah ane lumayan banyak.. .__.v

    • Itu maskot BBI chingu, bukan maksudnya VIP Indo cuma buat fangirl aja.. ^^
      Nama maskotnya “Na Bang Seok” yg artinya “kepunyaan Bigbang” yg dikutip dari kata2 GD disalah satu show. ^^
      Dan fanboy di sekolah q dulu lebih banyak 90% dibanding cewek. 😀

  • wahh.. SALUT GUE AMA BBi!! SALUTT!! SALUTT!!! (prikitiw ala sule)
    itu salah satu staff BBi ada yg aktivis ya?? kok bisaan bikin slogannya..

    “DONT THINK TOO MUCH,JUST COME TO INDONESIA!” walahh pepatah yang SUUPERR!! (ala mario teguh)

  • makin ciintaa deh ama Big Bang….Makin cintaaa jugaa ama IVIPs…….huuaaaa…T__T terharuu…!!

    Salut Sama BBI…..”DON’T THINK TO MUCH,,JUST COME TO INDONESIA’…

  • BBI DAEBAK!! *\(^O^)/*
    padahal aq ngvote nya buat slogan yg laen lho, haha, untung yg menang dipake yg slogan pariwisata wkwkwk XD
    DON’T THINK TOO MUCH JUST COME TO INDONESIAAAAAA ~
    ALIVE TOUR INA! AMIIIIIIIIINN ~

  • ada slogan DON’T THINK TOO MUCH JUST COME TO INDONESIA
    ada peta
    ada bendera
    ada tulisan happiness is being a vip
    hahaha. ngebayangin kalo member2 bigbang baca~~~~~~~

  • wow VIP Indonesia..
    beramal dimanapun sama aja, mreka nyumbang beras kekorea bukan brarti ngelupain orng kekurangan di dlm negri donk klo dipikir2 keluar negri aja mreka nyumbang sebnyk itu apalagi di indo sndri? bedanya yg kekorea kepublish n di indo enggak..
    envy ma VIP, klo ELF ada project lg mau ikutan ahh….

  • seneng banget waktu liat wreath rice dari indonesia di pajang di pas pintu keluar masuk para staf dan member bigbang lewat..
    waktu para fanbase K-VIP update ni foto…wreath rice dari indonesia keliatan banget dan terlihat beda sendiri dengan maskot “Na bang Seok”nya 😀 😀 😀

    salut deh sama para VIP indonesia…bener keren banget deh…!!!
    setau gw bigbang indonesia ( @bigbang_indo ) itu fanbase terlama yg pernah gw tau..mereka berdiri dari tahun 2007 *jadi inget jaman dulu suka banget main di forum hehehehe
    para adminnya aja ngk mau di panggil admin….tapi namanya staf hehehehe

    ayo dunk appa YG kirimlah bigbang ke indonesia…masa ke negara tetangga mulu…itu udah di kasih peta sama VIP indonesia..awas aja kalo masih belum tau yang mana namanya indonesia *maksa hahahah

    • haha ia suka banget tiap liat senyum na bang seok semangat gmna,,

      staff bigbang indonesia pinter ya ngasih peta,, soalnya appa YG tau jepang ma korea doang 😀

  • suka banget liat maskot bigbang indonesia bkin tambah semangat ><

    oia lupa namanya siapa teh? hihihy yg punya maskot kayana indonesia doang yak hahay

  • I-VIP keren bener daaahhh.. terharuuuu..
    Moga2 Bigbang tergugah bwt konser di Indo.. “Don’t think too much,just come to INDONESIA”
    I-VIP sebenernya buanyak loh di Indo.. bukti sumbangan mereka di BIG SHOW nya Bigbang..

    Bigbang n VIP jjang!!

  • “Don’t Think Too Much, Just Come To Indonesia” ——————- Kementerian Pariwisata Indonesia harusnya juga pakai slogan ini XD loooollll~~~~

    #AliveWorldTour2012 #BIGBANGJKT

  • itu ada gambar indonesianya ya?.
    berharap saja big bang datang.tapi kalo tiketnya mahal gimana ini -_-.
    itu kaya lirik gd di tonight yang ini “don’t think too much it’s simple”.betul tidak?

  • Hahaha.. Desainnya keren bgt… Bbi the best… Walau cuma dikit ngebantu nyumbangnya tapi sesuatu banget yaaaa…
    Kalau bigbang konser disini nyumbang beras lagi ga ya… ^^

  • “DON’T THINK TOO MUCH. JUST COME TO INDONESIA”
    BIGBANG dateng ke INDONESIA dong konser”LOVE TOUR” dong………………………..please
    walu pun INDONESIA cuma ngimpor yg kecil kecilan,tapi ya……………………………………………………mudah mudahan beras kita di makan BIGBANG
    AMIN AMIN AMIN AMINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN

  • nice artikel gan…
    ane baru tau tuh ada menara beras…Klo kalian suka Korea, coba aja ikutan event di FBnya Korea Tourism Organization Indonesia…hadiahnya gratis kekorea bareng 2PM/Miss A

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: