(News) Para Girl Grup memanipulasi penjualanan album demi chart??

Published 23/04/2011 by yeppopo

Banyaknya girl group2 tahun ini mungkin sebenarnya melakukan beberapa kerusakan ke dalam industri musik . Netizens curiga atas masipulasi statistik dari penjualanan album dari ketiga girl group dan akibatnya,  Hanteo – sebuah situs analisis penjualanan album menjadi pusat perhatian panas ini.

Rupanya netizens melihat lonjakan yang tiba2 dalam penjualanan album dari Brave Girls, Rainbow, and 4minute, yang menyebabkan diskusi2 di berbagai papan komunitas karena apakah perusahaan2 sebenarnya membeli kembali album mereka untuk menciptakan efek ‘all-kill’. Karena pasar musik Korea itu tidaklah sekuat ini, ini hanya mengambil beberapa ratusan penjualanan untuk mencapai title  ‘all-kill’ itu.

Efeknya ini akan mengambil untuk sebuah agensi membengkakan pendatang baru mereka untuk menjadi level berikutnya dnegan menghabiskan uang tambahan untuk membantu mendorong laporan2 palsu tentang title “all kill”, dan berharap mendapatkan tropy dari sebuah program musik.

Tapi ini semua dimulai darimana?

Ini semua bermula dengan Brave Girls yang tiba2 mendominasi chart2 sepanjang malam dngan 4000 dalam penjualanan album. Ini bertentangan  mereka baru memasuki seminggu debut mereka, sedangkan girl group2 senior dengan fanbases yang telah terbangun seperti  SISTAR and SECRET membutuhkan banyak waktu untuk mencapai jumlah yang sama itu.

Netizens juga melihat Rainbow tiba2 melonjak dalam penjualanan. Segera seteahnya  4minute mencatat penjualanan 5,000 hanya dibawah 2 hari untuk mengikuti dengan yang lainnya di chart2.

Di Hanteo, seorang netizens menyatakan, “karena Brave Girls membeli kembali album2 mereka sendiri, Rainbow sekarang dipaksa untuk mengikuti dan membeli kembali album2 mereka sendiri dalam waktu minggu keda promosi2 mereka. 4Minute juga berkompetisi untuk 1 jdul juga, mereka mulai membelinya kembali juga. Bahkan jika artis2 menang di posisi 1 di chart, kami perlu menjaga ini cuku untuk menghindari ini. ”

Netisens lain mengatakan,  “Apa yang sebenarnya mereka akan lakukan dengan semua album2 yang mereka beli kembali itu? Disampin ini menjadi sebuah kasus yng menyolok dari membeli album mereka kembali, mereka mengklaim ini tidak. Seoang orang2 menuduh  f(x) memberli kembali album mereka karena mereka adalah girl grup yang comeback selanjutnya.”

Seorang perwakilan yang dirahasiakan dari industri berkoentar, “Akhir2 ini, penjualanan album adalah sebuah indikasi dari kekeuatan fandom. Untuk pendatang baru yang belum membangunkan sebuah nama fanbase untuk diri mereka sendiri, ini hanyalah tuduhan2 yang biasa membeli kembali album2 yang akan mengikuti mereka saat mereka tiba2 mendominasi chart2 album. Ini kenyataan.”

Waduh… kesian juga sih!!! Kalo bener kenyataan mereka emank beli album mereka sendiri, sama aja boong dong?!


Source + Photos: OSEN via Naver, Hanteo

credit: allkpop

Indo Trans; yeppopo

33 comments on “(News) Para Girl Grup memanipulasi penjualanan album demi chart??

  • agak janggal ama yang brave girls,,klo yg lain emang udah punya nama dan lagunya juga bagus,, jgn sampe deh pengen dapet nomer satu dan pengen dapet trophy pake cara-cara yang aneh2!

  • Sebenernya yg agk aneh tu brave girls,, soalnya mrk kan baru debut,, haduuh mana mungkin sih sampe ngalahin bigbang… ya gk sih?!

  • kyknya klo F(x) ga mungkin dech…!!
    krn mna mau SM ngeluarin duit lagi buat beli album kembali…
    SM kn jrang mau rugi…!!

  • KL mNrtQ f(x) 4minute It mNgkiN pNjuaLaN asLi deH mrKa kaN udH ckup pNya naMa diiNdustri K-pop tp kL brave giRL QagK ragu deH…sori just my opini..

  • kyaknya f(x) g mngkn, scara SM tuw pelitt bnget,
    lgian d album F(X) da lollipop yg duet ma Shinee,
    para shawol psti jg pgen bli dong, scara Shinee udh lma g kdengeran, jd nya g mngkn deh…
    tp cm opini q ajah sih^^

  • agak aneh brave girls bisa dpt begitu banyak penjualan,klo 4minute sama f(x) mah msh wajar dpt begitu banyak penjualan soalnya fansbase mereka udh nyampe puluhan ribu

  • Iya ya… Agak janggal… Jujur aja, aku malah belum pernah samasekali denger girl grup yg namany brave girls… Tp kayakny kalo f (x) sama 4 minute enggak kyk gt deh… Soalny kalo f(x) kan emang dr kemaren di antisipasi.. 4 minute jg kykny g mungkin melakukan hal se “ngoyo” it deh…

  • ehhhm…. yang jelas c penjualan album itu berpengaruh lumayan besar buat selanjutnya, singkatnya jika penjualan album besar mereka dapet tropi maka kemungkinan mereka untuk dapat membintangi CF itu lebih besar karena yang meminati mereka itu banyak,, karena bayaran dari CF itu lebih besar dari pendapatan album…. dan kalo mereka membintangi beberapa CF kerugian dari memberi album mereka sendiri kemungkinan tertutupi.

  • bulk buying udh biasa di industri musik korea. tapi sayangnya brave girls kerasa janggal karna mereka rookie.
    buat artis2 yang udh punya nama pasti ga dicurigain karna fanbase bs dijadiin alasan banyaknya penjualan musik mereka.
    kayak ginian udh jadi rahasia umum. liat aja tuh kasusnya 2pm yg ketauan bulk buying. boleh aja sih bulk buying, tp jgn sampe ketauan. bisa bikin malu klo ketaun.

  • insyaallah netizen benar., karena emg kelhtn bgt.. apalagi f(x).. maaf q bkn antis, tp dri sekian artis sm ent. f(x) lah yg blm menunjukkan perkembangan.. padahal suara krystal+luna keren bgt..

  • brave girls juga kelhtn bgt… wah tapi kalo dipikir2, jika smwnya melakukan hal yg sama, kan pd akhrnya tetep ada perbedaan jumlah pembelian…

  • iiihh sampe segitux yaaa….tp bagus juga strategix…kan kalo no.1 di chart music orng2 pada penasaran trus download/beli albumx buat didengerin…kkkk

  • xixixi…br mampir di Blog sebelah..artikel yg sama…ngakak bcx…koment nyangkut kemana…trus ada fans dr fandom sebelah bilang Bigbang nggak populer…huahahhaaa….ngakak guling2…dpt info dr mana tuh…

  • emang sangat mencurigakan mengingat dr jaman jebot pasar penjualan album di korea sama ga bagusnya dg disini. Apalagi Brave Girls ga bagus2 amat dan menonjol juga nggak. Menurutku msh menonjol Miss A waktu debut. Itupun penjualan album miss A ga bgs2 amat.

  • Tinggalkan komentar