[News] Menjelang Penampilan Mereka di Newark, Apakah Big Bang Siap Membawa K-Pop ke U.S?

Published 13/11/2012 by _kadzuki_

Big Bang, grup K-Pop dari Korea Selatan yang kepopulerannya berhasil menembus keluar Asia, sedang berusaha melebarkan sayap mereka ke pesisir pantai Amerika.

Diliuhat dari penjualan tiket debut U.S mereka, boyband yang mencampourkan rasa hip-hop, fashion, dan gerakan-gerakan memukau dalam satu tampilan sudah merupakan sebuah awal yang baik. Tiket untuk Alive Tour—di Prudential Center dan Honda Center di Anaheim—sold out dalam waktu beberapa jam di bulan September, membuat manajemen mereka harus mengadakan konser tambahan.

Tentu saja mereka bisa menjual habis tiket di kota-kota dengan populasi Asia-Amerika yang besar, tapi apakah sensai ini merupakan pertanda bahwa trend K-Pop yang lebih besar di U.S akan muncul?

Belum tentu. “ ujar Amy He, kepala editor situs budaya pop Korea, Seoul Beats, yang bebasis di Manhattan. “ Ini tidak seperti tidak ada artis Asis-Amerika di luar sana. Banyak media massa Barat mengatakan bahwa hal yang sedang trend sekarang adalah K-Pop. Aku tidak berpikir itu benar. “ ujarnya.

Pertama, fans Amerika harus terlebih dulu mengakui lebih banyak artis Asia-Amerika, sesuatu yang belum selesai dilakukan. “ ujar He.

Ada pengecualian terhadap artis Korea Psy, yang namanya mendunia bulan lalu dimana dari Britney Spears hingga U.S Navy yang menirukan tarian ‘Gangnam Style’-nya. “ Tapi Psy hanya pengecualian. “ ujar He. “ Dia buka representator dari pasar K-Pop. Dia bukanlah boy group atau girl group. Dia lebih subversif, jahil, dan sarkastis.

Singkatnya, K-Pop adalah genre musik pop yang dihasilkan oleh tiga agensi terbesar di Korea, yang telah menjadi trend-setter kebudayaan di Asia. Para remaja dari Filipina hingga Taiwan telah terpukau oleh boy group dan girl group terkenal.

Mendobrak pasar Amerika tidaklah mudah. Rain memang berhasil masuk dalam daftar ‘Most Beautiful People 2007’ di People Magazine dan melanjutkan dengan tur di sana. Girl group 2NE1 bekerjasama dengan produser Will.I.Am dan telah tampil di Prudential Center pada bulan Agustus lalu.

Banyak grup yang mencoba memasuki pasar di sini, tapi pasar ini benar-benar mahal. Tidak ada jaminan mereka bisa memenuhi satu arena. “ ujar He. Di Asia, hal ini sangtlah mudah karena pertukaran kebudayaan yang lebih terbuka. “ Banyak boy group dan girl group merepresentasikan aspirasi mereka. Mereka merepresentasikan sebuah gaya hidup, keglamoran, dan trend.

He, yang menghadiri konser 2NE1 bulan Agustus lalu, kerumunan yang ada sebagian besar adalah peranakan Korea-Amerika. “ Benar-benar kerumunan yang sangat dispersif. Para remaja mengenal mereka melalui media sosial dan YouTube. Tapi kupikir hal ini tidak mirip dengan kerumunan (di konser) Justin Bieber.

Diantara meledaknya kepopuleran K-Pop, Big Bang–lah yang memiliki warna paling kebarat-baratan. Kelima member, yang masing-masing memiliki karir solo, mencampurkan hip-hop, R&B, rock, dan electronic style serta dipengaruhi oleh Wu Tang Clan dan Michael Jackson.

Bagi Stella Kim, yang membeli tiket VIP seharga 325 dollar untuk menghadiri konser Big Bang di Newark pada hari Jumat, kecintaannya pada K-Pop belum ada hingga ia memasuki kuliah dan mulai membuka jalan untuk kembali terhubung dengan rasnya. “ Aku tumbuh di sebuah kota Kaukasian di Rockland County, Tappan, New York. Bahasa Korea-ku sangat jelek hingga aku SMA. Aku selalu ingin menjadi bagian dari budaya Korea dan tidak tahu harus memulai dari mana. “ ujar gadis beumur 24 tahun ini, yang kini tinggal di Manhattan dan bekerja sebagai marketing manager untuk para selebritis.

Kim, yang juga merupakan fans Lady Gaga, Jay-Z, dan Eminem, mengatakan bahwa ia menyukai fashion Big Bang, genre musik mereka yang berwarna-warni, dan fakta bahwa mereka sendirilah yang menulis sebagian besar lagu mereka. “ Masing-masing dari mereka memiliki karakter unik tersendiri. Mereka bekerjasama dengan baik, dan mereka bersinar dengan sinarnya sendiri. “ ujarnya.

Dia bertaruh bahwa Big Bang akan membawa pengaruh yang besar di sini. “ Kupikir banyak grup Korea yang mencoba masuk ke pasar Amerika. “ ujarnya. “ Aku tidak mengatakan ini sebagai seorang fans, tapi musik dan style Big Bang memiliki potensi yang besar di sini.

 

Source : northjersey.com

Via : bigbangupdates

Indotrans : fatearam@yeppopo

 

WARNING : Artikel ini menilai dengan objektif. Amy He yang diwawancarai awam dengan Big Bang. Saya yakin VIP popoders di sini gak akan bikin rusuh. No bash, no war, apalagi mendadak bawa yang lain-lain. Kedamaian sebagian dari iman. Salam Tabi.

Iklan

26 comments on “[News] Menjelang Penampilan Mereka di Newark, Apakah Big Bang Siap Membawa K-Pop ke U.S?

  • “ Aku tidak mengatakan ini sebagai seorang fans, tapi musik dan style Big Bang memiliki potensi yang besar di sini. “ suka kali aku sama komen ini cewe hehehehheee

  • Emang kelihatan kalo dia ga tau apa apa soal Bigbang, Yahh dimaklumin aja lah kata katanya… Dari semua artikel ini, paling suka komentarnya mimin,
    jadi inget kemaren ada VIP sama ELF korea yg berantem di Twitter, jadi bertanya-tanya sendiri mereka itu Real VIP/ELF atau bukan sih?? Siapapun idolanya seharusnya kita bisa saling menghargai dan menghormati idola masing2.
    Seperti di situs Yepopo ini.
    #pround ^_^

    • like this yo………………..
      biasax yg berantem ntu yg ababil

  • stuju PSY adalah pengecualian ,,
    kemaren2, ada beberapa orang yg ngebash kesuksesan PSY.
    mereka bilang PSY ngekorin juniornya kyk nya big bang, suju, snsd 2ne1 dll
    kasarnya gangnam style sukses karena hallyu wave yg di bawa oleh GB/BB ,,,

    dan kenyataannya gangnam style lebih relevan di pasar musik no. 1 di dunia ketimbang kpop secara general ,,, 😀

    tp gw tetap bangga ama big bang yg sukses menggelar 4 konser dengan 40k lebih penonton di US ,,,
    jd wajar sih artikelnya mempertanyakan ”apakah big bang siap membawa kpop ke US”

    butuh proses panjang dan berliku untuk membawa kpop/hallyu wave ke US ,,,,,
    sebelumnya kita sendiri sdh melihat bagaimana boa,se7en, wg dll mencoba peruntungan menaklukan US dan membawa kpop kesana, dan sangat sulit ,,

  • setuju pasar amerika memang mahal dan sulit untuk ditembus PSY ADALAH pengecualian butuh kerja keras dan waktu yg panjang untuk menembus pasar amerika jadi gue rasa ini sih penilaian yg objektif

  • salam tabi author !!!
    Yess.. Saya jga dlu awam sama musik Asia kcuali Jepang.. Dan bgitu nemu Bigbang !! Cetarr… Unik skali, 5 karakter jdi 1 Dan wowww !!! Lngsung ngoprek2 tntang mreka.. Dan emang mntab ini group hehehe..^^
    Bigbang emang wokeh & mnjanjikan… Smoga sukses trus uri Bigbang !! Aminn..

  • Setuju… PSY adalah pengecualian…. Tapi bagi bigbang menurut ku dia bisa menembus pasar amerika….. Secara mereka musiknya lain dan berbeda dari kpop lainnya……
    Bigbang adalah bigbang yang fareatif dari mulai musik,gaya.fashion…danlain2
    Bigbang fightng….

  • GW YAKIN BIGBANG BISA MENEMBUS PASAR AMERIKA DAN DUNIA….MEREKA NGAK KALAH KREATIFNYA DENGAN MUSISI DUNIA….LIAT AJA TICKET KONSERNYA SOLD OUT DIMANAPUN MEREKA KONSER…LAGU 2 BIGBANG DAN SOLO MEREKA KEREEN….APALAGI TAEYANG……AWESOME…GW TADINYA JUGA NGAK NGEH AMA BIGBANG TAPI SETELAH MELIHAT PERFORM DAN NGEDENGERIN LAGU MEREKA …”CETAAARRRRR” BANGET…GW JADI ADDICT

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: