[Editorial Allkpop] Ulasan Terhadap Masalah yang Menimpa Leessang Company *runners wajib baca*!!

Published 24/09/2012 by kikawaiii

[Editorial Allkpop]

Saya jarang mendiskusikan topik2 serius di allkpop TV Guide. Tapi minggu lalu, sesuatu yang benar2 besar terjadi, sesuatu yang layak untuk dibahas – dan itu, sayangnya, sama sekali tidak diinginkan untuk terjadi.

Yang saya bicarakan tentu saja, pernyataan yang disampaikan oleh duo hip-hop Leessang bahwa mereka akan mengakhiri semua keterlibatan mereka di program2 variety, dengan Gil di ‘Infinity Challenge‘ dan Gary di ‘Running Man’. Ini merupakan reaksi atas hujatan2 yang mereka terima terkait sebuah konser (‘Super 7‘), menampilkan member2 ‘Infinity Challenge’, yang diproduseri oleh Leessang Company.

Pertama2, inilah gambaran singkat semua yang terjadi :

Leessang Company (sebuah perusahaan yang terpisah dari duo hip-hop Leessang, meskipun dikelola oleh mereka) mengumumkan konser ‘Super 7′ beberapa bulan lalu, menampilkan member2 Infinity Challenge, sebagai sebuah project untuk fans loyal yang telah setia menantikan mereka selama MBC mengalami pemogokan.

Masalah dimulai beberapa hari lalu, saat Leessang Company mengumumkan struktur harga tiket konser. Tiket termahal – VIP – dihargai 130,000 won (sekitar 115 USD), dan VIP seats mencakup hampir setengah dari seluruh seating area.

Reaksi yang segera muncul keras dan berlebihan; bahkan tiket untuk konser2 termahal di Korea tak sampai lebih dari 100,000 won, dan di luar itu – khususnya untuk menonton sekumpulan komedian yang bukan artis2 profesional – tampaknya terlalu mahal. Seating map juga aneh, dengan semua area2 termahal mencakup setengah dari keseluruhan seat yang dijual. Banyak penonton mengkritik aturan harga ini sebagai maksud dari Leessang Company untuk mematikan konser tersebut, dengan menggunakan member2 ‘Infinity Challenge’ di dalam prosesnya.

Menanggapi respons negatif yang berlebihan ini, Leessang Company pun mengumumkan penurunan harga, dari 130,000 won menjadi sekitar 90,000 won dan menghapus tiket2 VIP.

Berikut seating chart setelah direvisi, dengan VIP seat2 dihilangkan :

Meski begitu, bagi beberapa orang, ini justru membuktikan tuduhan awal mereka : bahwa Leessang Company telah menaikkan harga awal untuk meraup keuntungan.

Alasannya seperti ini : karena ‘Super 7′ berkaitan dengan ‘Infinity Challenge’, dan karena selama ini sebagian besar konser2 mereka gratis (contohnya West Coast Highway Music Festival 2011), maka konser ‘Super 7′ seharusnya juga gratis, atau setidaknya, berharga sedang. 130,000 won terlalu jauh dari harga sedang.

Dengan hujatan2 yang menyebar melalui internet (sebagian besar ditujukan pada Leessang, tapi juga pada member2 Infinity Challenge lainnya – termasuk, Yoo Jae Suk), hal yang tak disangka terjadi : Leessang Company mengumumkan pembatalan penuh dan segera konser ‘Super 7’, Gil mengumumkan bahwa dia akan keluar dari ‘Infinity Challenge’, dan Gary akan keluar dari ‘Running Man’.

[Contoh komentar2 hujatan lain *dikutip dari enewsworld]

Gary pernah membalas tweet netizen yang menggunakan ID soul*****, sebagai berikut , “Kami sudah menyerah. Kalian semua benar2 tidak sopan, kalian tahu,” memberikan mention langsung kepada netizen itu melalui twitternya.

User itu mengirimkan Gary komentar2 jahat seperti, “Kenapa Leessang Company yang memproduseri ‘Super 7’? Apa kalian berusaha untuk melunasi gedung kalian dengan uang itu? Aku akan memahami jika kalian mendonasikan keuntungan2nya. SEMUA keuntungannya…” dan “Kenapa Leessang Company memproduseri sebuah konser yang berarti untuk fans yang menantikan Infinity Challenge (setelah lama mogok)? Itu cuma membuat Gil tampak seperti seorang pria yang gila uang.”

Setelah Gil dan Gary mengumumkan kepergian mereka dari acara masing2, netizen dan fans lain mencari netizen ini dan mencari tahu orang di balik ID ini. Setelah itu, soul***** meminta maaf melalui twitter, “Saya benar2 minta maaf. Saya minta maaf telah bertindak tidak dewasa.”

Meski begitu, netizen masih khawatir apakah Leessang benar2 akan meninggalkan karir variety mereka.

Jika ini terlihat seperti reaksi yang berlebihan bagi orang lain, karena memang itulah yang terjadi.

Pertama, kritik2 untuk harga tiket tidak mempertimbangkan dua hal penting : 1) konser ini tidak didanai oleh MBC atau ‘Infinity Challenge’, dan merupakan proyek yang berdiri sendiri, yang didanai oleh para member sendiri, dan 2) konser tersebut akan menampilkan beberapa artis paling terkenal di Korea, termasuk Psy, Sweet Sorrow, Bada, dan Kim Jang Hoon.

Kedua, orang2 di balik hujatan2 itu adalah minoritas yang sangat kecil, dan tentu saja tidak mewakili pendapat mayoritas fans dan penonton ‘Infinity Challenge’.

Sederhananya, tindak kasar oleh minoritas disangka menjadi reaksi mayoritas. Cukup besar bagi Leessang Company untuk mulai mendengarkan, dan menyimpulkan bahwa ini adalah apa yang fanbase percaya dan inginkan.

Istilah ‘silent majority’ akan sangat tepat dalam kasus ini; sebagian besar fans ‘Infinity Challenge’ telah puas dengan penurunan harga tiket sebelumnya, dan siap untuk mengeluarkan uang mereka demi menonton show menakjubkan tersebut. Mereka menepis para minoritas sebagai penjahat2 yang tidak rasional – dan karena itu, memberi mereka ruang yang jelas untuk meneriakkan semua yang mereka inginkan tanpa gangguan. Dan di suatu tempat, suara2 mereka (minoritas yang mengkritik) mencapai Gary dan Gil – yang tidak memberikan respons bagus.

Maka, yang terjadi adalah, minoritas mengalahkan mayoritas, menguasai semua diskusi logis yang berlangsung. Ini benar2 trend yang sangat bermasalah, dan sesuatu yang tak asing lagi : contohnya bisa kita lihat pada kasus Tablo dan T-ara, dan sekarang terjadi pada Leessang (dan Leessang Company).

Dan ini tak hanya terjadi di Korea Selatan. Meskipun banyak fans internasional menganggap diri mereka lepas dari fans domestik jika membahas tentang rasionalitas, berapa banyak dari kita yang dengan segera menyalahkan T-ara saat berita2 yang belum jelas kebenarannya menyebar? Saya ingat membaca sebuah komentar, di sini di allkpop, bahwa artinya hampir sama dengan “Jadi seperti ini rasanya menjadi seorang antifan.”

Hal yang paling membuat depresi adalah komentar itu menjadi salah satu top-rated comments di artikel itu.

Bahkan saat seorang rekan saya (TheProphetBlog) menulis sebuah editorial allkpop yang meminta netralitas dan kesabaran, komentar2nya dipenuhi dengan – coba tebak? – komentar2 yang memancing amarah dan argumen2 tak rasional. News flash : kami sedikit lebih baik daripada mereka.

Sulit untuk mengetahui kepergian Leessang akan memberikan efek seperti apa terhadap program2 variety mereka (dan menurut selentingan, kepergian Gary dari ‘Running Man’ masih menjadi bahasan seru, dengan banyak orang berusaha meyakinkannya untuk tetap bertahan) – tapi jika saya harus menerka dengan agak berani, ‘Infinity Challenge’ akan sedikit terpengaruh daripada saingannya di SBS itu, jika hanya karena Gil (jika harus dikatakan terus terang) keluar dengan airtime sedikit. Namun, menyakitkan melihatnya keluar dengan cara seperti ini.

Bukan berarti ‘Infinity Challenge’ tidak memiliki masalah mereka sendiri; masalah mereka sangat banyak, dengan ‘skandal konser’ yang membebani pikiran para member. Tampaknya kita akan melihat perubahan besar dalam hubungan para member dan dinamika karakter di kedua program, jika Leessang benar2 keluar dari dunia pertelevisian.

Karena semua sudah terlanjur dikatakan dan dilakukan, hal yang paling penting untuk dilakukan sekarang adalah melihat ke depan. Kita bisa menantikan bagaimana acara2 itu akan menyesuaikan perubahan tiba2 ini terhadap para cast dan suasananya. Tapi yang lebih penting, kita bisa memetik sebuah pelajaran berharga melalui insiden ini : tahan amarahmu sampai bukti2 yang masuk akal disajikan, atau lebih baik lagi, sama sekali jangan tersulut amarah. Ada begitu banyak event, acara, dan bakat yang terbuang sia2, hanya karena seseorang di internet berteriak “serang!” dan pikiran2 yang tersulut mendengarkan.

pelajaran juga buat kita,, think first (even twice or trice if needed) before act rudely and harm the others. ><

credit : allkpop & enewsworld

indo trans : kikawaiii @yeppopo

TAKE OUT OR RESHARE WITH FULL CREDITS!

37 comments on “[Editorial Allkpop] Ulasan Terhadap Masalah yang Menimpa Leessang Company *runners wajib baca*!!

  • dan karena reaksi kelewat cepat*yang gk pake mikir inilah* mengancam keharmonisan (?) RM dan Infinity Challenge.
    sebenernya kalo udah ngadain konser gratis sekali, netizens gk bisa terus”an nuntut konser gratis mulu dong ><"

    apa yang kita lakukan semua harus pikirkan, pikirkan untuk jangka panjangnya dan pikirkan untuk banyak orangnya ..

    sedih banget wkt RM kembali kehilangan anggota .. grrrrrr TT.TTT😦

  • yah…skrng orng kl komen kdng seenaknya aja…kadang2 sakit bacanya,bayangkan kita yg cuma baca aja sakit apalgi orng yg bersangkutan….fighting untuk gary and gil……….!!!!

  • Comment kepotong muluuu TT,TT
    dan karena reaksi kelewat cepat*yang gk pake mikir inilah* mengancam keharmonisan (?) RM dan Infinity Challenge.
    sebenernya kalo udah ngadain konser gratis sekali, netizens gk bisa terus”an nuntut konser gratis mulu dong😦 terus pendapatan mereka dari mana. Kalo mereka berani menawarkan harga tinggi untuk konsernya artinya mereka juga siap dengan hal-hal berkualitas tinggi dalam konser itu, apalagi ada pasukannya(?) Infinity Challenge di dalamnya. dan soal fans yang mudah kebawa minoritas ini, ini kayanya dimanapun sering terjadi ya. tinggal kita berpikir se-rasional mungkin secara individu bukannya cepet terpancing dan akhirnya melakukan bash” gk penting yang menyebabkan kepentingan bersama jadi terganggu. So setuju banget “pelajaran juga buat kita,, think first (even twice or trice if needed) before act rudely and harm the others.”

    apa yang kita lakukan semua harus pikirkan, pikirkan untuk jangka panjangnya dan pikirkan untuk banyak orangnya .. jangan asal comment doang! sedih banget wkt RM kembali kehilangan anggota .. grrrrrr TT.TTT😦

  • Lagi2 karena netizen saya yang komentar terlalu kasar sampai menyakiti artisnya jadinya artis itu tersinggung dan langsung mau menghentikan aktifitas mereka. aaaaah GALIGALI jangan pergi dari RM….pleaseeee!!

  • ‘tahan amarahmu sampai bukti2 yang masuk akal disajikan, atau lebih baik lagi, sama sekali jangan tersulut amarah”

    jadi inget kasus GD dan Dae juga begitu.. untung akhirnya minoritas ga bs mengalahkan mayoritas🙂

  • wow spechless..
    cm gara2 komentar kasar dr 2org mrk lgsg mo kluar dr variety show? o.O
    sayang bgt sumpah..
    smoga ad jalan yg lbh baik,mereka berubah pikiran..

    yep pelajaran berharga tuh,think first..

  • *sigh* i already miss them.
    bener kata pepatah, bahwa kata2 lebih tajam dari sebilah pedang.
    mdh2an ini jadi pelajaran bg kita semua.

  • ++Sederhananya, tindak kasar oleh minoritas disangka menjadi reaksi mayoritas.++

    RT deh ama ini komen, kebanyakan dr kita terlalu kwatir ama berita2 tertentu trutama berita jelek yg di suarakan netizen, pdhal netizen itu sendiri tidak mewakili suara publik korea yg merupakan mayoritas …

  • mulutmu harimaumu ckckckckckckckckckkckckckckkkk kata2 yg keluar lebih mengerikan daripada d’keroyok 50 org aaiiggoooooooo netizen sono emang suka picik ababil plus hoby bener sudhon kaia’a hal ntu udah mendarah daging d’sono ckckckckckckckkckckckckk

  • ah ga seru bgt klo Gary mpe keluar dr RM *STRESS

    tapi gw yakin sih…. dgn kasus ini pasti fans kedua variety show ini akan muncul dan memberikan dukungan agr mereka ga kluar…

  • sayang banget deh klo Gary sama Gil kluar dari variety show…

    dan fans harusx tahu,Leessang sangat layak untuk dipertimbangkan,makanya pikir2 klo mau ngebash…aku rasa Leessang g terlalu buruk kok…

  • yg bikin berita juga memegang peran besar…kadang komentar bbrapa oknum yg jelek2/bgs aj yg diambil n dtulis sbgai “netizen” mayoritas..biar beritanya makin panas..jadi makin heboh…dilebay2in..kyk berita T-ara kmren..etc..

    yah..jd pembaca msti kritis..jgn cpt mngmbil ksmpulan n jgn cpt trpngruh…

  • dulu Tablo, terus kasus T-ara, sekarang Leessang..
    kenapa semua selalu memandang dari satu aspek?
    kenapa gak nyoba melihat dari sisi mereka?
    kalo sampe ada pihak yang sangat dirugikan, dalam hal ini Gary keluar dari RM dan daku sebagai runners ga rela, juga Gil keluar dari IC hanya karena suara minoritas, rasanya nggak adil..

    apalagi Leessang bukan grup ecek-ecek d korea sana, sayang kalo nama mereka rusak hanya karena hal sepele yang melibatkan minoritas..

  • firstly aku mau komentarin tentang ini maksudku berita yg ditulis allkapop..🙂
    I dunno to say, but aku sdikit jengkel juga kepada para netizen korea..
    Kenapa mereka hobi banget nge bash? Apakah dengan nge bash mereka akan terkenal sbg artis dumay dan tetap eksis gt di dunia per.netizen.an??

    Hei, dunia itu gak lebar bgt! Dunia itu seumprit,, apalagi dunia maya, km bisa ngomong sesukamu, ngebash di blog mu dan bilang “ini blog saya jadi sesuka saya mau ngom apa,gak suka pergi aja jangan baca!” hello??
    Guys think again, km nge blog buat apa? Buat di baca kan? Gak cuma buat pajangan kan? Kalau memang niat pajangan ya tulis saja di diari mu atau protect blogmu!!
    Karena setiap perkataan mu nanti akan di baca khalayak umum, dan tidak bagus membuat fanwar.
    Ini juga introspeksi juga buat masing2, hargai mereka!

    Mereka berkarya,untuk fans mereka,, bukan untuk antis.
    Ok, maaf kalo OOT.

    Kedua tentang mahalnya konser. Mungkin mereka memang tidak diseponsori pihak lain, jadi dana memang pribadi shg mereka pasti mengharapkan modal untuk konser kembali bukan?

    Ketiga, aku masi rancu tentang berita gary atau gil yg membicarakan netizen itu dmana? Kapan? Krna aku tdk menemukan atau melihat kata-kata itu.

    Keempat, aku menyayangkan kalau gary pergi dari RM, aku runners! 2 tahun bersama mereka! Aku sedih ketika jongki pergi, aku kecewa ketika jihyo punya kekasih, dan skrg gary.. Aku harap ini belum final..

    Kelima, mungkin komenku kependekan,tapi tanganku capek.. Karena aku menulis ini di hanphone..
    Duh intinya aku gak suka netizen sotoy.. Dan aku lebi suka sider..
    Aku juga tidak ikut komentar ttg t.ara kemarin krna aku memang tidak melihat apa yg terjadi dgan mereka scra real, apa lagi tablo? Dan trbukti netizen salah. Akan tetapi kali ini aku ikut komen karena bahasanya leesang.. Aku menyukai semua lagu mereka dan mendownload mv mereka, walaupun aku blm membeli album mereka ._.v hehe

    Okay akhir kata sekian dan thankyu..

  • cukup ngenes dgn klimat “konser ini tidak
    didanai oleh MBC atau ‘Infinity
    Challenge’, dan merupakan proyek yang berdiri sendiri,
    yang didanai oleh para
    member sendiri”
    sumpah jhat bgt pkiran netizen sono !!!
    Gary oppa n others fighting !

  • tetep aja netizen sono tanpa sungkan maki+hujat selebnya, beneran kurang kerjaan banget pasti tar ujung2nya minta maaf tuh! Leesang mending pindah ke Indo aja lebih ramah orang2nya🙂

  • Udah terbiasa nonton RM tanpa Jong Ki, trus sekarang harus tanpa. Gary?? Gak bisaa!!!

    gak cukup kalau nonton RM cuman “mencaci” Gwang Soo, aye harus “mencaci” Gary jugaaaa…kasian Gwang Soo menerima cacian sendirian,, *ditabok

  • Geliiiiiii oppa T^T
    baca ini dan komen2nya sambil denger I’ll protect you – Jaejoong
    dan berhasil mewek T^T

    KEPO+LABIL+ALAY+DRAMAQUEEN=NETIZEN

    netizen cuma ngomong aja tp efeknya gede kea gini
    berasa makin penting banget mereka
    coba ya semua artis mogok menghibur!
    totally ga ngapa2in, bareng semingguuuuuuu aja
    no konser, no variety show, no news, NOTHING!
    mau apa kira2 netizen itu?

    mungkin kalau semua orang bisa memposisikan diri mereka sebelum menghujat
    atau sebelum berbicara dan berpikir dua kali apa efek yang muncul dari kata2
    mereka, mungkin semuanya akan jauh lebih baik

    ga heran di korea2 byk tema film horror atau thriller yang berkaitan tentang
    komentar2 kejam terhadap sesuatu hal yang kebenarannya belum terungkap

    Gary oppa, please be strong!
    Gil oppa! hwaiting!

    I miss you guys already~
    gajimaaaaaaa T^T

  • Parah beut dah nitizen di korea, sadis banget ampe segitunya…. Gary please jangan tinggalin RM…. Ayo dong gary, mentalnya harus lebih kuat lg palagi klo ngedengan antis kayak gitu…. Semua artis di korea punya antis kok, so think again Gary, Gw ga mau loe ninggalin RM..

  • memang kemahalan untuk ukuran artis yang bukan papan atas
    tapi karena didanai leesang company, sudah pasti mereka mau untung kan. Bisnis itu profit oriented,bukan non profit oriented
    Fans disana merasa Tuhan. Nyuruh2 orang seenaknya

  • sayanggggg bangetttttt ama editorial allkpop ini.. banyak kata2 bijak nya..
    sangatt amatt setujuu saya.. dari kasus2 t-ara+tablo (msh byk lain jg) nitizen korea maupun indo berkomentar (lbh mengarah judge) spt mereka tau jelas kasus nya gimana.. setiap hal yg dilakukan setidak nya itu adalah “voice” mereka.. nitizen serasa mengambil hak mereka deh..
    ntar kalo udah kebenaran terungkap.. pada diem, lupa kalo pernah membenci/judge mereka.. kasus tablo tuh contohnya.. harusnya tu kasus jadi pembelajaran.. akhirnya antis sendiri yang kena hukumannya..

  • makasih author, artikelnya bagus bgt buat kita mikir masalah dari sisi yg brbeda. di kasus ini, minoritas nitizen yg g suka acara ini emng lebih eksis koar2 di media, jd pihak leessang pikir itu suara mayoritas nitizen smpe mreka batalin acara.
    aisshh gil dan gary jgn brenti di variety dong, g kebayang nonton running man klo g ada gewyy oppa..

  • akhirnya nemu jg artikel yg menjelaskan dgn lgkp penyebab bbrp epi runningman tnp kehadiran gary oppa..dan yg plg sy suka adlh penulisan dr authornya..bnr2 mengajak readers bwt berpikir dhl sblm berkomentar hal yg buruk ttg sesuatu,yg pdhl kita jg ga tau mslh yg sebenarnya.. bbrp komentar jg sangat masuk akal dan bijak..kita bth readers yg smart ga asal komen atau nge~bash..ikut2an netizen di negeri ginseng sn yg kl ada mslh lsg menghujat kanan kiri..~~prnh di kasus t~ara dl ..komentar netizen indo jg ga jauh beda dgn netizen korea..haduhh..pdhl bukti di inet jg blm tentu benar..

    ga jarang kl akhirnya justru sesama readers mlh saling hujat..–” bnr setiap org pny hak menyampaikan pndpt,tp ingat semua sifatnya tdk mutlak,ada org lain yg akan tersakiti kl komen kita ga rasio..gary,leesang,t~ara jg..mrk jg manusia yg melakukan kesalahan,sbg fans kpop/hallyu yg sy lakukan adalah bljr utk tdk smbrgn komentar terlebih kitq tdk tau mslh sbnrnya..be smart, think twice..

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: