(News) KARA dan Super Junior Siwon menerima kritik terkait dengan sengketa Dokdo antara Korea dan Jepang

Published 27/08/2012 by askarein

Baru-baru ini, ketegangan antara Korea dan Jepang meningkat karena kontroversi seputar kedaulatan Dokdo, sekelompok pulau yang terletak di Laut Jepang. Dengan kedua negara mengklaim kepemilikan pulau, komentar yang dibuat oleh tokoh masyarakat dalam masalah ini telah banyak dilaporkan oleh media dan dikritik oleh masyarakat umum. Karena itu, banyak selebriti telah berada di bawah api untuk komentar mereka dalam kaitannya dengan masalah ini.

Pada awal bulan ini, Super Junior Siwon dikritik karena dia Re-tweeted pesan yang diposting oleh Presiden Korea Selatan Lee Myungbak, yang mengatakan bahwa Dokdo milik Korea Selatan dan dengan demikian mereka harus berjuang untuk melindunginya. Selain itu, ayah Siwon juga telah mengkritik Jepang di twitter pribadinya, menambahkan minyak ke api dengan merugikan citra anaknya.

Sebagai tanggapan, penggemar Jepang Super Junior mengungkapkan kekecewaannya terhadap Siwon, bahkan akan  mengancam akan melempar telur ke Siwon selama kunjungan grup ke Jepang untuk fans meeting. Para fans menyatakan, “Kami tahu bahwa pemerintah di Jepang dan Korea tidak berpikir sama, dan itu bukan sesuatu yang dapat dikontrol, tapi tidak perlu membahasnya di Twitter.”

KARA juga mengalami nasib yang sama, tetapi untuk alasan yang berlawanan. Selama konferensi pers untuk album baru grup ini, “Pandora,” para anggota ditanya tentang pandangan mereka tentang masalah Dokdo, Park Gyuri menjawab, “Kami belum promosi di Korea untuk waktu yang lama, tapi kami telah menerima banyak cinta dari penggemar Jepang, jadi kami sangat berterima kasih. “

Meskipun Park Gyuri berhasil menghindari pertanyaan itu, netizens Korea mengkritik KARA hanya peduli tentang menghasilkan uang dan tidak bersedia untuk mendukung negara asal mereka.

Mengingat dua insiden, tampak bahwa selebriti kemungkinan menghadapi kritik terlepas dari respon yang mereka berikan. Di mana kalian pikir masalahnya berada?

Source: Chinatimes, Ming Pao News, and @siwon407

Credit: Koreaboo

Indotrans: askarein@yeppopo

24 comments on “(News) KARA dan Super Junior Siwon menerima kritik terkait dengan sengketa Dokdo antara Korea dan Jepang

  • udah , tarik aja semua artis korea di jepang (snsd , suju , tvxq dll) smpe masalah ini selesai , dari pada ntar ada apa 2 …

  • ow ow ow ..
    Si leader kara .. Good comment ..

    Shiwon mo d lempar telor ??
    Sayang telor .. Mahal sekilo’y .. xD

    perdebatan 2 negara , bwa” artis 2 negara ..
    Bnar” topik sensitif.

  • Pada kenyataannya Siwon aman2 saja, dia bebas dr lemparan telur, Fanmeeting dg 30000 fans sukses, A-Nation jg sukses…

    Ini bukti bahwa sebagian besar fans/masyarakat Japan menyikapi “Re-tweet” nya Siwon dg cara yg bijaksana, berfikir dr beberapa sudut pandang.

    Tapi memang, permasalahan status pulau itu terlalu sensitif.

  • Bang siwon masih warga negara Republic of Korea kan? wajarrrr donggg dia nge-RT-in tweet Lee Myungbak, rasa nasionalisme seseorang ga bs dihalang-halangi..
    itu sih beberapa fans jepangnya aja yg rempong & super sensitif.

    kalo park gyuri sih ambigu pernyataannya, ga usah ditanggepin. intinya dia ga tau masalahnya apa dan ga tau musti ngomong apa.

  • gw rasa untuk masalah ini para artis kayanya jangan terlalu banyak ikut campur.ini masalah sensitif dan lagi panas-panasnya.salah ngomong dikit bisa jadi masalah.
    walaupun emang rasa nasionalisme itu ga bisa ditutup-tutupin
    dan gw ga suka pernyataannya park gyuri.kayanya kok dia lebih mentingin karir sih.bilang no comment aja kek

  • Duh, habis baca soal sengketa PD di blog lain jadi merinding… 😦
    sengketa pulau ini imbasnya nyampe kemana2 loh… jepang ngeboikot korea, ampe2 semua konten2 berbau korea pun DIHARAMKAN… 😦
    semoga orang korea yg lagi di jepang maupun orang jepang yg lagi di korea gak kena imbasnya… kayak SARA, bullying, ampe penyiksaan fisik… bahaya loh…
    padahal kan Jepang-Korea negara serumpun, sama2 asia timur dan wilayahnya juga deketan…
    kasusnya sama ama Indo-(M)alay yang berebutan pulau (lupa namanya), ama kebudayaan, padahal mereka negara serumpun… ckckck… 😦
    saya suka ama Hallyu wave, tapi saya nggak memihak siapapun dalam kasus ini… politik nggak ada hubungannya ama hiburan dan dunia entertainment…

    @Lie
    kamu mau nyulut api ke jerami basah, hah?
    siap2 aja nih komen diapus…
    bini siwon banyak loh disini… 😉

    • indonesia – malaysia rebutan pulau sipadan & lingitan chingu …

  • @SONE
    iya, yang itu! XD

    kasus sipadan-lingitan agak mirip ama kasus pulau dokdo…
    kadang2, saya agak panas juga kalo ada kasus perebutan wilayah macem gini…
    kasus sipadan-lingitan udah bikin nyesek, karena malah pihak malay yg menang, padahal jelas2 itu pulau b’ada di wilayah indo… 😦
    tapi karena pemerintah kurang merawat tu pulau, jadilah ntu pulau dua milik malay… 😦

    terus, kasus hilangnya pulau di daerah riau (kalo gak salah di daerah sini). selidik punya selidik, itu dilakukan oleh orang2 singapura, mereka ngeruk semua pasir di pulau itu, dan pasirnya dibawa ke singapura, dan digunakan buat memperluas negara mereka…

    saya gedeg ama pemerintah indo, yang kurang menghargai pulau2 yg ada. mereka kurang menghargai pulau2 terpencil di indo. sehingga pulau2 itu DENGAN MUDAHNYA dikuasai oleh negara lain tanpa sepengetahuan kita… 😦

    sekarang, nggak usah nyalahin pihak manapun, yg diperlukan adalah aksi kita untuk melindungi pulau2 terpencil di indo, dan merawatnya… 😉

    #unnpoppomaafsayaoot

  • Yup betul chingu, ini menjadi PR besar buat kita n Pemrintah RI.
    Tdk hanya pulau, kesenian daerah macam tari, wayang, dan yg paling terakhir ini Tari Tor-Tor jd bahan saling klaim.
    Anehnya bangsa ini, baru unjuk gigi, kalo mulai diklaim sm negara tetangga, klo ngga ya ngga tdk begitu peduli. Kesadaran berbudaya memang musti ditingkatkan.

  • Hmm siapa yg berani lempar telor ke Siwon coba, yg mau lempar telor sebelum beraksi pasti uda gagal duluan, Pastor Choi Siwon pasti akan mengeluarkan ceramah2 rohani nya.

  • @classievip21 wahh.. seneng deh klo ada ppopoders yg cerdas, gaul, & concern jg sm masalah negaranya.
    apa yg classie bilang itu bener kok, indonesia itu negara kepulauan jd pulau2 wajibnya dilindungi jgn sampe lepas krn berarti indonesia udh tercabik kedaulatannya.

    kita hrs belajar dr kasus P.Dokdo, dmn jepang & korsel yg bukan negara kepulauan aja segitu panasnya mempertahakan 1 pulau kecil. smua WN jpng & korsel mati2 belain negaranya, bhkn smpe merembet ke dunia entertaiment.
    pelajaran utk diri kita, cintai dan kenali negeri sendiri, sblm kita menyesal krn kehilangan 1 aja bagian (apapun) dr indonesia. ga ush slalu menyalahkan pemerintah krn mrk jg udh tau hrs berbuat apa. kita jg hrs melakukan tindakan nyata.

    #mian oot

  • jangan lupa tapal batas kita di kalimantan yg tiap tahun slalu brgerser puluhan meter dari wilayah indonesia masuk ke wilayah malaysia , padahal kita slalu dengar klo wilayah NKRI itu harga mati …
    tapi dengan gampang nya wilayah indonesia tapal batasnya di pindah 2 , ckckckck
    intinya kita harus belajar sama korsel yg mw brjuang mati2an bela wilayah negara nya (menurut dia) padahal klo di pikir 2 dgn masalah ini musuh korsel jadi brtambah banyak (korut + jepang) tapi mereka tetep maju demi bela wilayah mereka …

    #maaf oot

    • @SONE + SNSD ALWAYS DAEBAK !!! sekedar pengetahuan, tapal batas kita ga pindah2 kok, sudah dipasang sesuai dengan perjanjian Belanda-Inggris (penetapan batas paling awal) dan RI – Malaysia (penetapan batas pasca kemerdekaan). hanya saja ada beberapa masalah titik2 batas negara yg belum sepakat antara Indonesia – malay, & sekarang dlm perundingan. Yg paling bahaya menurutku adalah rakyat kita yg pindah jd WN Malay krn kecewa sm indonesia.. (kebetulan ini topik skripsi & bidang kerjaku , makanya aku semangat bgt ngobrolin ini hehehe maaf ya authors)

      makanya, secinta apapun sm Kebudayaan Korea tp jangan pernah melupakan jati diri bangsa kita.. bangsa Indonesia.
      aku yakin @Dear , @classievip21, @SONE + SNSD ALWAYS DAEBAK !!!, dan teman2 Ppopoders adalah pemuda-pemudi yg mampu memajukan bangsa indonesia..

    • sebenernya RI bisa loh berpegang teguh pada sejarah alias dokumen Belanda itu, Soekarno terkenal hebat krn ia selalu berpegang teguh pada pendiriannya dengan sejarah sebagai alatnya… sayangnya skrg engga. Dan Indonesia belum mampu melakukan pembangunan merata dan masyarakat di daerah pinggiran tersebut justru dilupakan padahal harusnya diperhatikan krn masy di daerah trsebut justru yg rawan. Dan banyak masy Indonesia gampang dipengaruhin.

      Salah satu solusinya adalah ngeliat lagi ke belakang, sejarah bukanlah hal yg hanya sekedar hal yg sudah terjadi jd dilupakan gitu ajah, padahal dengan sejarah kita bisa belajar banyak.

  • @SONE, @Dear, @MissSvetlana unnie (IDnya keribetan #plak)
    wah, makasih udah mau agree ama comment saya… saya diceritain ama pak guru pas kelas 5 SD, 2 tahun lalu… dan saya kesel sama berbagai hal, mulai dari pemerintah indo yg diam aja, anggota parlemen yg nggak terlalu ngebahas masalah ini, pihak malay yg seenaknya ngambil wilayah indo, polisi laut (gatau namanya bener apa kagak) sampe diri saya sendiri yg ga mampu berbuat apapun… 😦
    sekarang, kita pindah ke topik ‘PENGEKSPLOITASIAN KEKAYAAN LAUT INDONESIA’ #applause
    Unnie2 sekalian pasti tau deklarasi juanda, kan?
    dulu, sebelom deklarasi itu dikeluarkan, BLD menetapkan batas laut teritorial indo hanya 3 mil, Juanda Harabeoji nggak setuju, selain takut kekayaan laut indo bakal bebas dieksploitasi, juga karena takut persatuan dan kesatuan warga2 indo.
    akhirnya, dia membuat sebuah deklarasi
    di dlm isi deklarasi tsb, disebutkan kalo batas wilayah indonesia diukur sejauh 12 mil dari pantai terluar.

  • @SONE, @Dear, @MissSvetlana Unnie
    saya lanjutin lagi nih… komennya kepotong… -_-v
    Juanda Harabeoji meminta persetujuan dari pihak UNCLOS PBB , dan mereka menyetujui, dan menetapkan batas wilayah laut indo.
    tapi, saya sebenernya nggak mau ngebahas itu sih… #gubrak

    saya mau ngebahas tentang ‘Pengeksploitasian kekayaan laut indo oleh orang luar’
    coba unnie2 liat peta, liat laut aru, di dekat papua.
    wilayah itu KAYA BANGET ama ikan2an besar macem ikan tuna. dan semuanya dicuri ama orang Aus dan orang Jpg.
    tapi, apa yg dilakukan polisi laut?
    mereka ngejar pencuri2 itu dengan setengah hati, walhasil, pencuri itu bisa kabur dgn mudah.
    indonesia itu kaya, laut2nya banyak mengandung kekayaan hayati, jadi, kalo ikan dari laut deket kep. seribu terkontaminasi, kita bisa mengandalkan ikan2 dari laut2 lain. indonesia itu lautnya luas banget loh…
    ayo kita sama2 membantu melestarikan laut, pulau, dan kekayaan budaya Indonesia… ^0^
    Fighting!

  • @Dear, @SONE, @MissSvetlana unnie
    dan jgn lupa dgn kasus freeport…
    padahal itu tambang punya indonesia, malah dieksploitasi seenaknya ama amrik. warga papua nggak terima, sampe ada kerusuhan di papua sana…
    terus, ada lagi… unnie2 yg punya mobil pernah isi bensin di *hell atau di ***ronas ga?
    nah, saya juga kesel sama 2 perusahaan itu. mereka jual BBM lebih murah dari **rtamina karena mereka nggak perlu keluar duit banyak2 buat beli BBMnya.
    BBM yg mereka jual diambil dari indo, setelah laris, uangnya mereka ambil…
    saya kadang suka sedih jadi orang indonesia…
    padahal banyak org pinter, berbakat, dan banyak SDA-SDM yg dapat dimanfaatkan.
    tapi malah disia2kan… 😦
    coba liat Habibie Harabeoji, beliau seorang pakar sayap pesawat terbang yang sukses.
    tapi, Harabeoji nggak sukses di negaranya sendiri, malah sukses di negeri panser…
    #unnpoppomaafsayaoot

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: