(News) Fenomena bunuh diri artis korea

Published 27/07/2012 by askarein

Di balik hingar-bingar dunia KPop yang gemerlap, ada sisi hitam yang mencuri perhatian. Yaitu, selebriti yang bunuh diri jumlahnya sangat banyak dan selalu ada tiap tahunnya.

Menurut BBC, kasus bunuh diri menimpa orang di Korea berusia sekitar 20 sampai 30 tahun. Percaya tak percaya, dari daftar yang dirilis World Health Organization, Korea Selatan ada di posisi nomor dua untuk negara yang paling banyak kasus bunuh diri. Jepang ‘hanya’ berada di posisi tujuh.

Sepanjang tahun 2010 dan 2011, selebriti yang bunuh diri di antaranya aktor Choi Jin Shil, bintang ‘Winter Sonata’ Park Yong Ha, mantan personel girlband SSEN Lee Hye Rin, aktris Park Hye Sang, sampai mantan personel SG Wannabe Chae Dong Ha. Daftar itu tak berhenti sampai di situ, masih ada beberapa nama yang menghiasi layar kaca di Korea memutuskan mengakhiri hidup.

Alasan mereka beragam. Namun, rata-rata depresi karena pekerjaan sebagai selebriti yang tak sesuai seperti yang diharapkan sampai honor yang tak kunjung dibayar.

Dalam tesis berjudul ‘Studies on Depression and Suicidal Urges Among Actors’ karya aktris Park Jin Hee dari Universitas Yonsei, Korea dijelaskan bahwa dari 260 aktor yang ia wawancara, sekitar 40% di antaranya menderita depresi berat dan pernah punya pikiran untuk bunuh diri.

Meski kebanyakan terjadi pada selebriti yang kurang populer, keinginan bunuh diri juga ternyata datang dari selebriti papan atas seperti leader Wonder Girls Sunye dan bahkan bintang kelas dunia Rain.

credit: detik.hot

repost: askarein@yeppopo

50 comments on “(News) Fenomena bunuh diri artis korea

  • Rain oppa.. Jgn bunuh diri ya.. Kitakan belum nikah. ❤

    Dunia entertainer Korea emg menakutkan, sangat mahal harga yg harus dibayar hanya utk kesalahan kecil.

  • ya Tuhan..
    baca artikel kek gini jadi khawatir sama achun lagi..

    chun..
    kamu jangan berpikiran yg aneh” ya..
    kamu gak sendirian..
    masih ada JJ, duckbutt, sama istri kamu..
    *poke @hand unn*

    • yaa ampun unn,, ko pikiran qta sama y??
      q juga kpikiran gt loh, scara yoochun oppa emg orangnya ‘rada” gmanaa gt.
      palagi dgn ap yg terjdi sama dy 3 tahun trakhir ini,,pisah m homin, klakuan sasaeng, masalah m SM, di cekal sana-sinia. sampe berpulangnya ayah tercinta.
      stau aq sie y chunnie emg member yg paling labil, bhkan diantara ember waktu zaman db5k.
      walopun kalo ad lomba nangis di antara member JYJ, msih menang Jeje oppa sie.
      di tambah lg skrang chunnie di tinggal nikah ma @hand unnie,, (klo ini sie ngawur yaah,, kekekekekeeekke
      tpi smoga chunnie oppa ga kepikiran gt yah,, moga2 ini cuma kekhawatiran qta z

    • @azka

      iya..
      mudah”an engga..
      kan JJ juga yupport dy secara langsung maupun engga (lewat twittah)..

      kemaren rada lega waktu liat poto mereka bertiga yg di posting JJ d twitt..
      mudah” an ajj si achun udah gak kenapa”..
      dy stres mungkin, ini kan belom staun ayah nha meninggal, terus rumah nha dipasangin kamera sama sasaeng, belum lagi gak bisa maen sama JJ n Junsu karena mereka lagi sibuk, ditambah lagi dy habis (atau masih?) kena bintitan..

      tapi syukur deh..
      bis ini kan dy ngadain fanmeet keliling asia..

      #bestrongyoochun

  • Dan orang korea percaya bgt sama yg namanya kehidupan selanjutnya atau reinkarnasi, ngebuat orang berpikir setelah mati mereka akan menjalani hidup yg lebih baik dikehidupan selanjutnya .
    Menyangkut masalah keyakinan sih, gg terlalu ngerti juga 😦

  • jujur, fenomena bunuh diri ini bukan cuma di korsel aja… di negara kita sendiri jg ada… tapi yg bunuh diri itu kbanyakan org2 yg depresi karena masalah ekonomi… bahkan sampe ngajak anaknya…
    kalo dijadiin bahan skripsi buat yg kuliah, ini pasti… #gataumaungomongapaselanjutnya

    • tapi negara kita masih mending, negara kita rata2 warganya masih punya keyakinan tentang agama dan tau kalo bunuh diri bakal dapet sanksi berat dari yg di atas, beda sama warga2 korea/jepang/china yg atheis banyak bgt, malah korea lebih dari 50% warganya atheis, katanya sampe 80%.___.
      Makaoya banyak yg percaya reinkarnasi u.u

    • Iya juga sih…
      Saya pernah ngobrol ama temen saya, katanya,orang yg ga punya agama, mereka
      Beranggapan, jika mereka mati, mereka bakal ngilang begitu aja, mereka nggak percaya ama kehidupan di alam sana.
      Dibalik dunia KPop yang begitu gemerlap, tersimpan juga kenyataan yang gelap dibaliknya…
      😥
      Moga2 tuhan masih bisa ngasih petunjuk ama orang yg mau bunuh diri, kalo sebenernya cara itu SALAH BESAR.. Karena masih ada kehidupan kedua setelah kehidupan yang sedang kita jalan
      😦

  • bisa d’bilang ini adalah black hole d’industri musik Kpop yg mendunia ,,,, susah d’ubah krn semua ntu b’asal dari diri warga negara sana dan sekali lagi yg terpenting adalah kalo kita punya pegangan yaitu AGAMA tapi ada juga yg b’agama tapi masih ngga kuat ama tekanan idup ,,, yg penting stay positif aja jgn b’pikiran yg aneh2 d’dunia masih bnyk hal yg bisa kita lakukan yg masih nunggu kita semua masalah pasti ada jalan’a kalo buntu jebol aja dinding’a pasti ada jalan !!!!!!! kaia’a pemerintah sana mesti adain konselor buat Depresi Jiwa Tingkat Dewa nih biar warga’a lebih POSITIVE !!!!!!!!!!!!!!!!! 😀

  • mendadak ingat yg main BBF, kayanya yg paling tragis di jadiin ******* sama management, kalo nolak di denda dan di bocorkan…. Astagfirullah jadi Public figure mmg berat

  • iyah…. pemikiran melahirkan sikap. pemikiran mereka yah, mati itu masih ada reinkarnasi, mengulang hidup dari awal dan mungkin lebih baik. jadi lebih baik reinkarnasi daripada hidup dengan kesusahan *Apaseh?*
    tapi gak gitu juga kali… semoga mereka bisa berpikir dengan jernih, kenapa gak ke psikolog aja yah? kasian banget… huhuhuhu T.T
    Jangan nambah lagi dong…..>.<

  • malah kadang kasian ma idol kpop… kenapa???
    1. sesaeng fans yg kelakuannya kaya orang psikopat
    2. netizen sono sebagian cenderung lebay minta ampun, ex dalam kasus daesung dulu, trz skrg kasus nikhun… terkadang sampe ada yg bikin petisi bunuh diri *ini bener2 gila*
    3. idol dituntut sempurna, baik dari penampilan sampe kelakuan, salah sedikit jadi bahan olok2
    dst.

    siapa yg ga stres coba??mereka kan manusia juga gt,, hadeee

  • Kadang aku juga berfikir buat bunuh diri. Aku ngerti perasaan mereka. Karena aku juga pernah pengen bunuh diri. Malah sampek sekarang msh pengen.
    Tertekan itu emang ga enak, apalagi kalo ga ada jalan keluar.

    • pasti ada jalan keluar kok, asal kita mencari dan terus berusaha, dan jangan lupa berdo’a pada Tuhan, karena Tuhan tidak akan pernah meninggalkan kita
      @idayutari fighting !! 😀

    • @classievip21 Sakit sih.. tapi lebih sakit kalo kita punya banyak masalah chingu 😦
      @hand lah Ini nih, masalahnya aku bingung sama agama aku. Ribet kalo dijelasin chingu.

    • @idayutari
      Maaf chingu, bukan maksud classie buat menggurui atau nyeramahin,
      Tapi, sepengetahuan saya, agama apapun tuh melarang pengikutnya untuk melakukan bunuh diri.. Karena itu berarti tidak mensyukuri nikmat kehidupan yang diberikan tuhan buat hambanya.
      Saya yakin, semua masalah pasti ada jalan keluarnya. Karena seperti yang dibilang ama @iyoustjiyoungie, kalo
      Tuhan nggak bakal pernah ngasih cobaan lebih dari kemampuan ummatnya.
      Jika masalah yang menimpa chingu terlalu berat dirasakan, coba chingu beribadah, konsultasi ama orang tua, atau pemuka agama, atau ama orang yang chingu rasa bisa membantu memberi solusi…
      Semua manusia pasti pernah merasa down. Tapi, seiring dengan berjalannya siklus kehidupan, pasti manusia itu juga pernah merasa up lagi…
      @idayutari stay strong ya…. 😀

    • @classievip21 Iya, makasih banget udah support aku. Makasi udah care sama aku 🙂
      Berhubung ini cuma dunia maya dan ga ada yang kenal aku. Okay aku bakal ngomong. Aku gak bisa berdoa atau apa pun. Karena aku bingung siapa juga Tuhanku. Aku gak punya agama. Tapi aku pengen bunuh diri bukan karena aku gak ada tempat buat mengadu ke Tuhan. Jujur aku percaya Tuhan itu ada. Tapi aku gak bisa yakin siapa Tuhan sebenarnya.
      Lagipula kadang aku berfikir bunuh diri itu gak salah. Karena tiap individu punya alasan tertentu untuk melakukannya. Buat apa hidup kalau cuma dilalui dengan masalah. Seneng bentar masalah udah dateng. Apalagi yg percaya sama reinkarnasi malah terdorong bgt kayaknya buat bunuh diri.
      Selama ini aku selalu memendam unek-unekku tentang Tuhan, pendapatku tentang Tuhan. Paling aku share juga sama temenku yang pengertian dan bisa lapang dada nerima pendapat. Kalau aku share sama temenku yang religius bgt, aku males tuh soalnya mereka ngotot dan gak bisa nerima pendapat.
      Btw, thx ya supportnya…

    • *nimbrung
      @idayutari
      Yang penting, kamu udah percaya kalau Tuhan itu ada.^^. Tuhan itu adalah yang kita percaya menciptakan kita,alam semesta dan seluruh isinya, bukan?
      Pekerjaan yang Maha Besar.
      Kita ini kecil banget kalau dibandingkan dengan Dia.
      Karena itu, apalah banget kita ini kalau dibandingkan pengetahuan kita ama Dia. Nggak ada bandingannya, meski seujung kuman-pun.
      Dia yang Maha Besar, tentu tidak menciptakan manusia (kita) atau alam, tanpa makna. Semuanya telah terususun secara sistematis yang otak kita, manusia ini, nggak akan bisa pernah mencernanya, karena keterbatasan pengetahuan kita.
      Jadi, jangan pernah berpikir kalau masalah yang kita hadapi tidak pernah ada jalan keluar. Pelangi akan timbul setelah hujan. God knows better, jadi tinggal meminta kepada-Nya agar diberikan pencerahan dan ditunjukkan jalan yang lurus. Mengenai cara berdoa, masing2 agama memang berbeda, tp kalau kamu tidak beragama secara spesifik, saat ini lakukan saja sesuai dengan yg kamu yakini, dengan bahasa kamu sendiri, yang penting niat dan tulus untuk berdoa agar diberi kemudahan.

      Masalah permasalahan dan kesenangan, dunia itu selalu diciptakan berpasang2an kan? ada langit dan bumi, ada wanita, ada lelaki, ada tua ada muda, jadi selama ada suka, juga ada duka.

      Banyak orang yang punya persepsi yang salah tentang masalah. Masalah itu sebenarnya seharusnya bukan alasan untuk bunuh diri, atau sesuatu mengerikan yg harus dihindari. Masalah itu bahkan sebenarnya ajang pembelajaran agar menjadi lebih baik. Malah biasanya, petunjuk atau rejeki datang memakai topeng yang disebut masalah. Jadi, kalau kita cerdik, seharusnya kita bersemangat kalau ada masalah yang datang, karena itu bisa berbalik menjadi input yang berguna bagi kita, apabila kita bisa menyelesaikannya dengan bijaksana, Cobalah memandang masalah dari segi itu.

      Fighting !! Semua orang sukses pasti pernah menghadapi masalah berlipat2 yang mengerikan, Jadi, masalah ini, hanya bahagian dari proses menuju kesuksesan.

      **eaaaa,komen macam apa ini. aku ( dan aku yakin semua orang juga) masing2 mempunyai masalah dan pernah berbuat salah atau sesuatu yg kita sesali. Lumrah, apalagi kalau kita hidup dilingkungan yang percaya kalau “kesalahan” itu adalah aib seumur hidup. Padahal kesalahan/masalah itu sebenarnya merupakan media pembelajaran. Yang paling penting adalah tidak berlarut2 dalam kesalahan/masalah yang kita hadapi, cepat2 mengakui kalau kita melakukan kesalahan, langsung memperbaikinya dan berhati2 untuk tak lagi mengulanginya.

      Aigooo, menulis dan berbicara seperti ini lebih mudah dari[ada mempraktekkannya. Tapi, itu bukannya mustahil. Akupun adalah tipe orang yg benci kalau berbuat salah dan gampang setress kl ada masalah, jadi aku juga sedang dalam tahap belajar dan berjuang untuk mempraktekkan apa yang aku tulis disini. Jadi, kita sama2 belajar.^^ Fighting!!!

    • oh ya, , aku ingin merekomendasikan sebuah buku kepada siapa saja dimana saja,
      judulnya “Seven Habits of Highly Effec tive People”. Buku ini karya Stephen Covey, terbitan 1989, telah menjadi rujukan berjuta2 orang didunia.

      aku kadang2 suku hunting buku2 motivasi dan psikologi. Dan ini adalah buku terbaik yang pernah aku baca. Buku ini selamanya telah merubah cara pandang-ku terhadap “masalah”, dan melatihku untuk selalu memandang apapun dari berbagai macam jenis kacamata atau sudut pandang, aku juga baru menemukannya beberapa bulan ini, jadi aku juga masih belajar.
      Salah satu quote yang aku suka dari buku ini adalah
      “cara kita memandang masalah itu adalah masalah itu sendiri”.
      kemudian
      “tak ada yang bisa menyakiti kita, selama kita tidak memberikan izin untuk itu”
      ini buku self-development, pengembangan keterampilan intrapersonal dan interpersonal yang paling mengakar, kalau aku bandingkan dengan yang lainnya.
      Semangat!!!

    • @idayutari
      Saya bisa care sama chingu, karena saya juga pernah ngalamin hal yg sama ama yg chingu alamin…
      Ketika ngadepin masalah itu, saya ngerasa kalo dunia ini begitu luas (?), sehingga saya merasa, ga ada satupun orang yg nolongin kita…
      Ada kalanya, orang itu bakal muncul dengan sendirinya, tapi, ada kalanya orang yang bakal nolongin kita itu adalah DIRI KITA SENDIRI…
      Jika chingu selalu berpikiran positif, mulai dari nyingkirin pikiran tentang bunuh diri itu, nyingkirin semua alat bunuh diri, dan mulai nyoba menyelesaikan masalah itu…
      Semoga bisa membantu……. 😀

    • @tiffanymireu Iya makasih bener-bener makasih. Makasih juga buat buku yg direkomandasikan, Ntar aku cari di perpus deh. Kalo ga ada ya beli. Akhir-akhir ini aku juga lagi hunting buku soal Ketuhanan.

      Okay, kenapa aku mikir sampek ngelakuin bunuh diri. Soalnya dari dalam diriku sendiri, aku berpikir bunuh diri itu gak salah.
      Iya, ada benernya juga. Kadang bertubi-tubi masalah yang datang akan membuat kita terbiasa. Tapi kenapa aku masih ngerasa masalahku berat terus ya? Apa mungkin masalahku naik level.
      But thanks supportnya. Mayan bisa bikin aku lebih bersemangat buat hidup 🙂

      Aiisshh sumpah nih speechless aku. Mau ngomong apa yaa..

      Mau ngumbar pikiran liarku kayaknya ga mungkin. Takut dibash. Hahahahaha 😀

    • @classievip21 Dengan kamu care sama aku aja itu udah membantu. Aku jadi ngerasa lebih dicintai. Makasih 🙂

    • @ida
      kenapa kamu bisa mikir bunuh diri itu nggak salah?
      mungkin kamu pikir bakal bagus, karena nggak bakal ada derita lagi.
      Tapi, benarkah begitu? Siapa tahu kan, hanya Tuhan yang tahu. Aku jujur, percaya sama kehidupan setelah mati, dan semua perbuatan akan dopertanggung jawabkan
      Dan, kalau kamu percaya sama reinkarnasi, apa kamu yakin nanti akan benar2 menjalani kehidupan yang lebih baik? Bagaimana kalau direnkarnasi jadi semut? Jadi cacing? Jadi ayam. Kalaupun direnkarnasi jadi manusia, bagaimana kl direnkarnasi jadi pengemis atau orang cacat seumur hidup, buta, tuli, dan bisu. Jadi, ketimbang mengharapkan kehidupan selanjutnya akan lebih baik, mending bersyukur saja sama kehidupan sekarang dan berusaha untuk memperbaiki keadaan untuk menjadi lebih baik.
      percaya sama aku, yang punya masalah diatas dunia bukan kamu aja kok, 😀

    • @tiffanymireu Iya yah, ada benernya juga. Ga ada yang tahu reinkarnasi bener atau gak. Gak ada yang tahu kehidupan setelah mati bener atau gak. Jalan terbaik kayaknya jalanin hidup, ngalir gitu aja. Anggap aja angin lewat. Tapi sumpah susah menghilangkan niat bunuh diri dari diriku. Soalnya aku pengen banget mereka semua menyesali perbuatan mereka sama aku setelah aku gak ada.
      Tapi aku akan coba menikmati hidupku yang sekarang, bersyukur seperti kata kamu.

  • ckckckckckckckckckck *geleng2 kepala*
    cuma bisa bilang, semoga untuk tahun2 selanjutnya tidak ada lagi artis2 korsel yang melakukan bunuh diri. karna kata pak ustadz itu DOSA BESAR !!! *nah loh*
    jika punya masalah ato sedang depresi, sebaiknya jangan dipendam, berbagi cerita kepada orang yg kita percayai, sapa tau bisa meringankan masalah dan mengurangi stres.
    jika punya masalah ato ketakutan akan sesuatu apa lah, hadapilah masalah itu. jangan takut. karna sesungguhnya apa yg kita takuti, tidak akan terjadi seburuk itu.
    Lalu ingatlah, jika kamu bunuh diri, dapat membuat orang2 yang kamu cintai akan sedih minta ampun.
    *HAAAALLLLAAAAHHHH……………. MULAI NGAWUR*
    *ABAIKAN*
    Terakhir, Ya Tuhan, Lindungilah artis2 yang aku sayangi dari godaan syetan yang terkutuk untuk melakukan bunuh diri !!!!!
    *TAMBAH NGAWUR**ANEH*
    😦

  • ya ALLAH , lindungilah unnie 2 SNSD dari segala pikiran 2 buruk (trmasuk bunuh diri) dan berilah mereka kekuatan dan kesabaran serta rejeki yg banyak agar mereka bisa trus ada smpe kapan pun , dan semoga SNSD bisa konser di indonesia suatu hari nanti ….

    amin amin amin

    #doa SONE bwt SNSD

  • bentar, kok di email judulnya “Fans FT Island Tersebar dari Jakarta, Gowa sampai Papua”
    pas baca artikelnya malah ini?
    *bingung

    • Ho-oh… Pas saya cek juga gitu…
      Begitu saya buka, lho, kok nggak sama antara judul ama artikelnya?
      Sekitar saya liat artikelnya + comment, sekitar 20 menit kemudian, saya buka yeppopo lagi, eh, udah diubah judulnya…
      Alhamdulillah kalo begitu… 😀

  • serem banget dunia entertain disana ….
    semoga gak ada lagi yang bunuh diri segala …
    dan semoga para idol sekarang ini gak berfikiran buat bunuh diri …
    amin …

  • cm bs istighfar “astaghfirullah”
    repot jg krn kpcayaan jg pny pngaruh
    spt chingu d atas jlsin “stlah mati bkl hdup lg n bs jd lbh baik dr khdupan saat nie”
    mari smw fandom slalu bdoa agr idola kita slalu djauhkn dr pemikiran spt itu
    AMIN

  • @idayutari
    Sekarang tahap awal kamu percaya sama diri kamu sendir i(dulu) bahwa kamu bisa menyelesaikan masalh itu sendiri, setidaknya mampu melewati..karena ketika kamu percaya pada diri sendiri secara langsung dan tidak langsung alam bawah sadar kamu juga akan membantu untuk menyelesaikan masalah yang sedang kamu hadapi..karena kerja alam bawah sadar kita juga sangat signifikan..

    @tifmir
    Kyaaaa.. Buku itu,,ngubek2 gram*d,to**mas,dan lainnya juga blm nemu,nyari di loakan pada gak tau,,akhirnya ngeprint,,
    ughhhh…keren banget tuh buku,,
    sayang pengarangnyaaaaaaa…..???
    #popomir

    • @hand unnie
      emang rada susah nyari2 buku itu unn,.. T_T, aku aja udah dua tahun nyari nggak nemu2, bolak balik toko buku, aku akhirnya suatu saat nemu di toko buku yang aku biasa samperin LMAO, mungkin entah bagaimana masuk lagi barangnya xD, tinggal tiga biji, meski nggak asli yaudah sih bodo amat xD. Tapi, ada gambarnya nggak unn? sama diagram2 gitu?
      T_T
      solusi lainnya ya, ke amazon(dot)com T_T

      iyaaaa,…. appa aku si S Covey baru aja meninggal kemaren, sedih banget T_T, karya dia benar2 suswanto. ini aku lagi baca buku terbaru dia, “eighth habit”, ini itu habit ke-delapan yang melengkapi seven habit. Tapi, satu buku cuma jelasin satu habit aja, ini juga bagus banget unn, di gramed masih ada kayaknya.

      Bulan depan kalo aku udah tamatin ini buku, aku mau beli yang “3rd alternative”, kyknya juga keren banget,… *intip dompet T_T

    • kekeke,, 😀
      harus semangat yah..hidup ini indah kok..dan seperti roda yang berputar. pasti akan ada kebahagian yang menghampiri kita dan kita bisa menikmati masa2 bahagia tersebut.
      sekarang kamu sedang ada masalah dan pasti ada penyelesaiannya..bener kata tifmir,,di dunia ini selalu berpasangan,tinggal cari apsangannya ..

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: