[News] Wawancara Taeyang Big Bang dengan 10Asia

Published 18/05/2012 by kikawaiii

Sampai jumpa 2 tahun lagi,” kata Taeyang setelah ia menyelesaikan wawancaranya dengan 10Asia. Majalah ini telah mewawancarai artis ini dalam jarak setiap 2 tahun: tahun 2006, 2008, 2010, dan 2012. Pertemuan dengan Taeyang telah merekam proses perkembangannya dan perubahan dalam hidupnya.

Idola ini melakukan penampilan pertamanya melalui acara ‘reality’ pada tahun 2006, yang mengungkapkan proses debutnya kepada para penonton, dan telah menjadi bintang dalam musik RnB di negara ini dengan solo album pertamanya yang rilis pada tahun 2008. Pada tahun 2010, ia menunjukkan bakatnya yang memberikan gelar komposer, produser dan performer pada dirinya sendiri dengan albumnya “Solar”. Akhirnya pada tahun 2012, Big Bang mulai mengambil alih tangga lagu dalam dan luar negeri dengan “Alive”, bahkan mendapatkan penghargaan “Worldwide Act” dalam MTV Europe Music Awards.

Saat ini, mereka sedang menunggu untuk memulai tur dunia. Selama 6 tahun terakhir, anak berumur 18 tahun telah tumbuh menjadi pria berumur 24 tahun dan grupnya, Big Bang, hanya berjarak satu langkah dari dunia baru yang akan mereka temui.

Setelah mengalami kesuksesan dan kejatuhan sebagai artis selama beberapa tahun ini, akhirnya Taeyang tiba di pertengahan umur 20-nya. Popularitas grupnya telah mencapai puncak dan mereka siap untuk memulai hal yang baru. Bahkan bila dimungkinkan, Big Bang dapat menjadi bintang yang lebih besar daripada keadaan mereka saat ini, mengembalikan getaran dan ketampanan yang mereka miliki saat ini akan menjadi hal yang tidak mungkin. Oleh karena itu, 10Asia akan merekam setiap peristiwa dari semua anggota selama 5 hari ke depan. Yang pertama tentu saja, Taeyang. Kami tidak sabar untuk bertemu lagi dengannya setelah 2 tahun.

“Saya menyadari bahwa saya hanya ingin bebas.”

Q: Kalian telah menyelesaikan masa promosi kalian di Korea. Sepertinya, semua yang biasanya kalian lakukan dalam 1 tahun telah terselesaikan hanya dalam 3 bulan. Bagaimana perasaanmu?

Taeyang: Sangat sibuk, namun secara pribadi, saya merasa senang dengan adanya pikiran bahwa ini adalah awal mula yang baru. Bila kami melakukan aktivitas musik kami seperti ini di masa lalu akan terasa sangat berat. Namun kali ini hasilnya lumayan sukses dan merilis album sewaktu kami sedang mengalami hal yang berat ternyata sangat menolong kami. Dan kami sangat percaya diri dengan album yang baru dirilis ini.

Q: Sepertinya ini adalah awal yang baru untuk Big Bang. Kalian menerima respon yang positif bukan hanya di Asia namun juga di Amerika dan Eropa. Kalian bahkan mendapatkan penghargaan dari MTV EMA dan masuk dalam tangga lagu Billboard tanpa melakukan promosi apa pun.

Taeyang: Saya sangat menghargai semua yang telah kami terima untuk “Alive”, hal itu terasa seperti sebuah penghargaan dan seperti sesuatu yang sudah sepantasnya kami terima pada saat yang bersamaan. Saya telah memimpikan hari seperti ini di masa lalu.

Q: Kamu membayangkan hal ini akan terjadi?

Taeyang: Bukan berarti saya memimpikan kesuksesan yang saya terima. Saya berbicara mengenai kelakuan saya. Sewaktu kami mengalami berbagai macam hal dan juga mempersiapkan album, saya merasakan banyak hal. Saya mulai semakin menghargai anggota lainnya dan merasakan bahwa kami dapat melakukan apa pun dengan pikiran dan kepercayaan diri seperti ini. Selama waktu promosi Big Bang, saya selalu menggambarkan hal-hal yang ingin saya capai dalam pikiran saya.

Q: Apakah bertemu dengan musisi global dan berkolaborasi dengan mereka juga menjadi bagian dari gambaranmu? Saat ini, Big Bang dapat bekerja sama dengan artis seperti Under Dogs dan Diplo.

Taeyang: Saya sangat senang karena sekarang kami bekerja sama dengan produser yang telah saya amati selama bertahun-tahun. Ini adalah hal yang ada dalam pikiran kami setiap hari. Kami ingin hal itu menjadi kenyataan namun kami tahu bahwa hal itu akan benar-benar terjadi, hanya masalah waktu. Namun bertemu dengan gitaris dari band Queen, Brian May, sangat memberikan inspirasi bagi kami. Saya bukanlah fans Queen ketika saya bertemu dengannya namun setelah hari itu, saya mulai mendengarkan lagu-lagu Queen. Saya sangat terpengaruh oleh Freddy Mercury. Bukankah kami terlihat cocok bila bersama? (tertawa).

Q: Sejujurnya, tidak (tertawa).

Taeyang: Saya tidak berbicara mengenai teknik vokal namun mengenai perasaan menjadi bebas. Di masa lalu, saya memiliki banyak pikiran yang tidak berhubungan dengan musik. Saya juga memiliki hal dalam hidup saya yang tidak ingin saya ungkapkan. Namun saya sudah berubah.

Q: Saya merasa, fans kamu dan orang lain juga melihat perubahan itu. Tiba-tiba menari di acara ‘variety’ dan memeluk IU tidak seperti dirimu sendiri.

Taeyang: Orang-orang mungkin tidak kenal dengan diri saya yang baru. Namun ini adalah saya yang sebenarnya. Jika saya mengatakan bahwa selebriti harus sempurna, saya tidak akan bertingkah seperti ini. Namun saya menyadari bahwa saya hanya ingin menjadi bebas.

Q: Hal itu menjelaskan mengapa akhir-akhir ini kamu menjadi sangat bersemangat di atas panggung. Kamu selalu membatasi gerakan-gerakanmu di masa lalu namun ketika menampilkan “Fantastic Baby”, kamu terlihat sangat menikmati menjadi dirimu sendiri.

Taeyang: Sebelumnya, saya selalu memperhitungkan semua gerakan saya untuk menjaga pernafasan agar dapat menyanyi lebih baik. Saya harus melakukan hal itu untuk dapat merasakan kepuasan. Namun yang saya pikirkan sekarang hanyalah bagaimana memberikan energi di atas panggung. Saya biasanya bermeditasi di toilet selama 10 menit untuk mengorganisasi pikiran saya. Namun saat ini, saya selalu membawa pengeras suara kemana pun saya pergi dan mendengarkan lagu yang saya suka. Hal itu membuat saya selalu berada dalam kenyataan dan menyingkirkan pikiran lain dalam benak saya.

“Setelah semuanya, tidak peduli genrenya, inspirasi dalam musik saya hanyalah energi yang baik.”

Q: Ketika kamu melakukan aktivitas sendirian dengan solo albummu 2 tahun lalu, kamu sangat fokus dengan semua detail dalam lagumu dan juga penampilanmu di atas panggung. Namun kali ini, semuanya terlihat lebih spontan.

Taeyang: Itu adalah bakat saya yang sebenarnya. Pada suatu titik, saya mencocokkan diri saya dengan gambaran yang saya pikir harus saya lakukan. Saya mengontrol diri saya sendiri dan menjadi seorang perfeksionis dalam mempersiapkan penampilan saya. Namun saya mulai berpikir mengenai seberapa luas ‘musik’ itu. Sangat bodoh, saya mencoba untuk mencari jawabannya dalam hal itu. Saya menyadari bahwa saya masih terlalu muda untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan itu. Tentu saja dalam pencarian tersebut membuat saya semakin mengetahui mengenai musik. Saya rasa saya akan mendapatkan jawabannya selagi waktu berlalu.

Q: Apakah ada kejadian spesial yang membuatmu berpikir seperti itu?

Taeyang: Tidak ada kejadian spesial, tapi perjalanan yang saya lakukan tahun lalu memberikan pengaruh besar dalam pikiran saya. Tahun lalu, saya berkunjung ke Los Angeles tanpa merencanakan apa pun dan saya mengunjungi studio Chris Brown bersama Teddy. Melihat caranya membuat musik sangat menginspirasi saya. Maksud saya, artis Korea juga memproduksi musik yang luar biasa namun mereka terlalu memikirkan mengenai popularitas lagu yang mereka buat. Tapi Chris Brown tidak peduli dengan hal itu dan hanya membuat musik yang ia sukai. Saya melihat bahwa mereka merekam sekitar 100 lagu untuk 1 album. Di sini, kita tidak memulai apa pun jika sejak pertama kali mendengar kita tidak menyukai lagunya namun ia mencoba semuanya. Tidak peduli kalian suka atau tidak, kalian harus merekamnya terlebih dahulu. Saya mempelajari cara yang baru mengenai musik. Saya sangat menyukai musik namun saya menyadari bahwa saya memiliki lebih banyak kekhawatiran daripada kesenangan ketika membuat musik.

Q: Apakah itu yang terlihat dalam album solo terakhirmu? Saya mendengar bahwa kamu membuat musik setelah melihat salju yang turun di luar dari jendela. Ketika mendengarkan lagu itu, saya merasakan bahwa kamu memiliki banyak pikiran ketika membuatnya.

Taeyang: Saya tidak tahu alasannya namun sesuatu menghalangi pandangan saya. Saya memiliki banyak hal yang ingin saya capai tapi saya tidak memiliki tenaga untuk meraihnya. Mereka mengatakan bahwa sudah menjadi ritual grup idol untuk mengalami percekcokan di antara mereka sendiri pada tahun kelima mereka dan kami juga mengalami hal itu dengan adanya masalah lain dan kecelakaan. Tidak ada masalah di dalam grup kami dan itu membuat saya merasa sedikit bosan. Sewaktu bekerja non-stop, saya juga berhenti melihat dan mempelajari hal lain dan tetap dicintai oleh fans saya. Biasanya, saya akan menggambarkan hal-hal apa yang ingin saya lakukan dan capai pada setiap awal promosi album baru namun saya tidak memiliki gambaran apa pun sebelum merilis “Alive”.

Q: Terdengar seperti kekhawatiranmu kepada orang lain lebih menekanmu.

Taeyang: Iya, saya merasa bahwa ini adalah periode transisi. Sangat sulit untuk dijelaskan dengan kata-kata, namun saya merasa bahwa saya membuat diri saya sendiri berpikiran seperti itu. Saat ini, saya tidak terlalu memikirkan bagaimana orang lain menilai diri saya. Sebenarnya, saya ingin mengeluarkan solo album baru tahun lalu namun saya tidak dapat melakukannya. Saya merasa tidak baik melakukan aktivitas solo sementara anggota yang lain sedang mengalami kejadian yang berat. Karena itu saya mulai berpergian dan mencari inspirasi. Saya mulai menjadi jujur dengan perasaan saya dan juga menari dalam acara ‘variety’ (tertawa).

Q: Pada awal karir menyanyimu, kamu menunjukkan gerakan yang natural ketika menari. Apakah saat ini kamu mendapatkan energi itu lagi?

Taeyang: Ya, saya baru saja mengetahui bahwa menjadi natural dan bebas adalah bakat saya. Semuanya, apa pun genrenya, yang menginspirasi musik saya adalah energi yang baik. Energi yang saya punyai sewaktu menjadi artis baru dapat dirasakan melalui musik yang saya buat pada waktu itu. Meskipun itu R&B atau apa pun juga, energi yang dimiliki oleh seorang artis adalah segalanya yang dinyanyikan oleh artis tersebut. Hal ini mungkin merupakan penjelasan dari mengapa rekaman pertama adalah yang terbaik ketika merekam sebuah lagu. Kalian dapat menyanyikan lagu tersebut dengan versi yang lebih baik dalam hal teknik namun keputusan final selalu merupakan lagu pertama yang kalian rekam. Hampir semua lagu di “Alive” merupakan lagu pertama yang kami rekam di studio.

Q: Vokalmu dalam “Fantastic Baby” sangat mengejutkan dengan berpikiran bahwa itu adalah rekaman pertama dari lagu tersebut. Lagu itu dibuat berdasarkan suara elektronik yang bertempo cepat namun kamu tidak kehilangan suara yang kamu tunjukkan dalam musik R&B. Semuanya menjadi harmoni dalam suara yang dinamis.

Taeyang: Bagaimana caramu menyanyikan lagu itu tidak terlalu penting. Meskipun itu adalah lagu R&B ataupun genre lainnya, saat ini saya memiliki energi untuk menyanyikan lagu dengan warna saya sendiri.

Q: Kalau begitu, kamu semestinya memiliki banyak genre musik yang ingin kamu nyanyikan di masa depan.

Taeyang: Misalnya, saat ini saya memiliki gambaran yang lebih besar untuk album solo saya yang akan datang. Sebelumnya, saya terobsesi untuk memberikan genre R&B untuk album solo saya karena banyak orang yang menyukai saya karena genre tersebut. Saya tidak dapat menemukan lagu yang benar-benar saya sukai. Hal itu dapat memberhentikan saya dari penyerapan genre musik lainnya yang saya miliki di masa lalu. Saya biasanya hanya mendengarkan musik R&B namun saat ini saya juga mendengarkan genre lainnya.

“Saya ingin membuat tim ini menjadi tim yang terbaik di dunia.”

Q: Jadi, saat ini kamu tidak membedakan antara Taeyang sebagai anggota Big Bang dan Taeyang sebagai musisi solo?

Taeyang: Benar sekali. Di masa lalu, saya biasanya menghindari pertanyaan ini namun saya rasa saya masih dalam perasaan dilema. Ada saat ketika saya merasa saya harus membagi-bagi pekerjaan saya di Big Bang dan untuk album saya sendiri saya harus bekerja 100%. Namun ternyata yang paling penting adalah dimanapun saya berada, lagu yang saya nyanyikan haruslah yang terbaik. Sewaktu memproduksi “Alive”, saya merasa bahwa saya ingin membuat tim ini menjadi yang terbaik di dunia. Dilema yang saya alami di masa lalu sekarang menjadi tiada arti.

Q: Yang terbaik di dunia? Maksudmu bukan menjadi peringkat pertama di Billboard, kan?

Taeyang: Tentu saja bukan. ‘Yang terbaik’ adalah menjadi orang yang lebih bebas daripada orang lainnya ketika sedang membuat musik.

Q: Tur duniamu akan dimulai sebentar lagi, mungkin dapat menjembatanimu dalam mencapai impian itu.

Taeyang: Saya sangat menunggu-nunggu hari itu. Saya menyadari bahwa banyak orang yang sedang mengamati kami. Secara teknis, kami sedang berada di titik awal dan kami memiliki banyak hal yang ingin kami rasakan. Kami ingin menunjukkan kepada dunia apa yang bisa dilakukan oleh musisi Korea.

Q: Kamu benar-benar harus mengeluarkan semua tenagamu (tertawa).

Taeyang: Rencana saya tahun ini adalah tidak beristirahat (tertawa). Ini bukan lelucon, saya tidak pernah peduli dengan umur saya namun saat ini umur menjadi lebih penting. Berumur 24 tahun, dapat menjadi tahun terbaik dalam hidup saya dalam hal kesuksesan. Saya sebenarnya ingin keluar dan bermain tapi saya tidak bisa. Ada energi dan bakat yang tidak dapat saya kontrol dalam diri saya. Jika saya menyia-nyiakan energi ini dengan bermain dan berkumpul bersama teman-teman, maka tidak ada lagi yang dapat saya tampilkan di atas panggung. Jadi, saya selalu menyimpan tenaga ini. Itulah salah satu alasan mengapa waktu kosong menjadi sesuatu hal yang paling sulit saya lalui. Saya tidak dapat berbuat apa-apa (tertawa).

Q: Kamu terlihat sangat senang dengan semua hal yang akan kamu lakukan di masa depan (tertawa).

Taeyang: Saya menyukainya! Mengerjakan album ini adalah waktu yang paling menyenangkan dalam hidup saya sesudah debut. Saya melakukan hal yang ingin saya lakukan dan kami sedang berjalan ke arah yang benar. Misalnya, band di dalam konser kami, mereka sangat sempurna. Semua pemain musik dalam band, yang datang dari luar negeri, melatih lagu kami lalu memperdengarkannya kepada kami. Hal itu seperti berjalan ke dalam dunia yang baru. Lagu mereka bahkan membuat saya menyukai lagu yang telah bosan saya dengarkan.

Q: Jadi, lagu “Look Only At Me” akan menjadi berbeda jika dinyanyikan dengan band?

Taeyang: Sangat memalukan untuk mengatakan ini, namun “Look Only At Me” adalah lagu yang luar biasa. Saya tidak percaya bahwa itu adalah lagu saya  (tertawa). Saya merasa bahwa saya masih terlalu muda ketika saya merekam lagu itu beberapa tahun yang lalu. Lagu itu juga susah dicerna sehingga saya kurang bisa mendalami ketika menyanyikannya. Saya rasa saya dapat melakukan yang lebih baik jika saya mendapatkan kesempatan saat ini.

Q: Bagaimana pendapatmu mengenai dirimu sendiri 6 tahun yang lalu?

Taeyang: Setiap kali saya memikirkan masa lalu saya, saya merasa bahwa saya sangat bodoh (tertawa). Saya tidak tahu apakah saya harus mengatakan hal ini mengenai diri saya sendiri (tertawa) namun saya dulu masih sangat polos dan lugu.

Q: Pertanyaan terakhir. Apa arti Big Bang untuk Taeyang?

Taeyang: Setiap kali saya mendapatkan pertanyaan mengenai Big Bang, saya mengatakan bahwa ‘Big Bang adalah Big Bang’. Saya rasa itu adalah jawaban yang benar dari pertanyaan ini. Metafora apa pun yang saya gunakan tetap tidak sesuai dengan grup kami. Bagaimana orang lain melihat kami tidak mempengaruhi siapa kami dan sangat mungkin popularitas kami bisa turun di masa depan. Namun saya tidak takut. Tidak menjadi masalah jika kami mengalami suatu kecelakaan dan tidak dapat naik ke atas panggung. Alasan mengapa kami dapat terus melanjutkan musik kami adalah karena kami berlima menikmati waktu kami bersama sebagai tim. Kami semua menyukai musik dan kemana pun kami pergi serta apa pun yang kami lakukan, saya berterima kasih karena kami selalu bersama-sama. Saya tidak takut dan beginilah kami akan terus berjalan.

Source: 10ASIA

English to Bahasa: FinCh @ BigBangIndonesia

38 comments on “[News] Wawancara Taeyang Big Bang dengan 10Asia

  • Q: “Saya merasa, fans kamu dan orang lain juga melihat perubahan itu. Tiba-tiba menari di acara ‘variety’ dan memeluk IU tidak seperti dirimu sendiri.”
    Taeyang : Bla bla bla..

    Ehemm.. Ehemm… nie org ngeles y luar biasa y…
    dah bbrapa x dy kepergok gila gk nentu d depan IU wktu d inkigayo.. ckckk
    Tembakk… tembakk.. tembakk… whahahha XDD
    #brsiap kbur sblm bini2 y dtg

  • Setiap kali saya mendapatkan pertanyaan mengenai Big Bang, saya mengatakan bahwa ‘Big Bang adalah Big Bang’. Saya rasa itu adalah jawaban yang benar dari pertanyaan ini. Metafora apa pun yang saya gunakan tetap tidak sesuai dengan grup kami. Bagaimana orang lain melihat kami tidak mempengaruhi siapa kami dan sangat mungkin popularitas kami bisa turun di masa depan. Namun saya tidak takut. Tidak menjadi masalah jika kami mengalami suatu kecelakaan dan tidak dapat naik ke atas panggung. Alasan mengapa kami dapat terus melanjutkan musik kami adalah karena kami berlima menikmati waktu kami bersama sebagai tim. Kami semua menyukai musik dan kemana pun kami pergi serta apa pun yang kami lakukan, saya berterima kasih karena kami selalu bersama-sama. Saya tidak takut dan beginilah kami akan terus berjalan. . .

    ஜ۩۞۩ஜ FINAL ANSWER ஜ۩۞۩ஜ
    # yo mamen, like this# ♥

  • bang asli’a situ Bad Boy kan kekekekekeekekekekekekeee ntu lah charm kamu bang diem tapi belingsatan (?) heheheheheheehehee

  • Taeyang: Orang-orang mungkin tidak kenal dengan diri saya yang baru. Namun ini adalah saya yang sebenarnya. Jika saya mengatakan bahwa selebriti harus sempurna, saya tidak akan bertingkah seperti ini. Namun saya menyadari bahwa saya hanya ingin menjadi bebas…

    kibarkan lah sayapmu YongBae dan terbanglah ke Hatikuuuu :* #digetokDae

    BIG BANG IS BIG BANG!! Like This Yo!! Don’t Think To much 🙂

  • hosh,,,hosh,,,,hosh,,,, #ngos2an bacanya hemmmm….
    intinya metamorfosis bang bae dari dulu mpe sekarang mantapps deh 😀

    dari tadi energi mulu yg dibahas bang bae kkekkek
    daku jg mo menyimpan energi bang…. masih ada 4 lagi noh artikel yg hrs dibaca 😛

  • waw.. You’re fantastic oppa . ^^
    keren deh jawabannya .. sepertinya kau akan tetap lucu & polos oppa. Kekeke
    Kapan nih album solonya keluar lagi?
    Daebak BIGBANG ! Daebak Taeyang oppa !
    God Bless U . ♥

  • kirain ga akan dipost… panjang banget soalnya,… thanks kikawaiii **cipokbasah 😡

    maen ke studio dan ketemu chris brown… gannn… ada proyek bareng?? 😀 😀 #ngarep bgt

    “mengembalikan getaran dan ketampanan” <<< emg mereka tampan??? (tandatanya) 😀
    "Jika saya mengatakan bahwa selebriti harus sempurna, saya tidak akan bertingkah seperti ini. Namun saya menyadari bahwa saya hanya ingin menjadi bebas" << suka banget sama yg ini 😉
    "‘Yang terbaik’ adalah menjadi orang yang lebih bebas daripada orang lainnya ketika sedang membuat musik." << yuppp yuppp bear… bebas berkreasi…
    tapi yg paling kusuka "BIGBANG ADALAH BIGBANG" jlebbb

    pokoknya suka sama jawabannya bear disini… geuhhh… orng yg bener2 ngerti musikk ajibb bener jawabannya…
    ditunggu album solonya bear…. **liat celengan**

    • huahaha dee.. tanda tanya buat ketampanan mereka bikin ngakak… yah,,mereka charminglah setidaknya…

    • kalo ga salah taeyang ma teddy pernah nongol seperkian detik di MV nya chris brown..

      gw suka klo taeyang sekarang lebih nikmatin apa yg dia lakuin..tpi gw jg kangen dia yg dulu yg malu2, polos, serius, pendiem, cool… # lupa klo umur ituh terus berubah..klakuan org jg bisa berubah..hehe… tpi yg penting taeyang bs seneng ajah deh..udah cukup..hehe

    • heee??? beneran bae sm teddy nongol di mvnya chris brown??? judulnya apaan??? saia kq ga tau yakkk…
      #istrigagal

  • “Saya biasanya bermeditasi di toilet selama 10 menit untuk mengorganisasi pikiran saya”

    HUAHAHAHAHAHA jd inget parodi MV FB XD XD

    yg gw suka dari bigbang ,BIGBANG bnar2 menujukan diri mreka ke MUSIK..ga peduli hasilnya, mreka mau jatuh di kmudian hari ato ga eksis lagi,yang penting mreka senang dgn musik mreka, terus membuat sesuatu yg baru agar diri mreka puas..kyk 5 anak yg gak peduli dgn apa yg terjadi dan terus melakukan apa yg ingin mreka lakukan tanpa paksaan dan itu semua tentang MUSIK…klo di pikir2 dan kta flashback dr dulu GD kecil dan member2 lain wktu masih kecil dan muda mreka emng terlahir untul MUSIK
    GD = Rapper sejak 13 tahun
    Taeyang =pnyanyi + rapper sjak 13 tahun
    SR = dancer +pnyanyi sjak 17 th
    TOP = rapper underground sjak SMA
    Dae = bakatnya nyanyi udh sejak dia msh sekolah
    di tambah cobaan2 mreka lalui dan mreka bangkit dr cobaan tu krn hasrat MUSIK mreka yg gak mau mati

    jadi BIG BANG & MUSIK tu adl TAKDIR yg ga bsa di pisahkan
    *knp jadi pidato*
    miaaannn

  • “Saya ingin membuat tim ini menjadi tim yang terbaik di dunia.”
    BEBAS,NATURAL,DAN ENERGI kata2 yg sering di ucapkan yb.I like your style 🙂

    Nangis dan sedih pas baca di bagian ini :”Tidak menjadi masalah jika kami mengalami suatu kecelakaan dan tidak dapat naik ke atas panggung. Alasan mengapa kami dapat terus melanjutkan musik kami adalah karena kami berlima menikmati waktu kami bersama sebagai tim. Kami semua menyukai musik dan kemana pun kami pergi serta apa pun yang kami lakukan, saya berterima kasih karena kami selalu bersama-sama. Saya tidak takut dan beginilah kami akan terus berjalan.”

    Benar.BIG BANG ADALAH BIG BANG..dan selamanya tetap BIGBANG !!! #nangisdipelukanGD

  • YES AMIN !!
    BIG BANG 2014 !! AMIN !!

    YUPS BIGBANG ADALAH BIGBANG !!
    5 cowo lelaki dengan mimpi mereka yg luar biasa d sertai musik dan jiwa mereka yg kuat dalam musik (?) Mereka yg tdk mengikuti trens tetapi justru trend yg mengikuti mereka , mereka dgn gaya unik mereka yg sangat unik .. Kkekeke ~

    ah apakah 2 tahun lagi saat mereka d wawancara mereka telah mempunyai KEKASIH HATI ?? ><

    kkekeke ~ setuju sm jawaban @lydia XD punya jidi bakal ribeet XD

  • setiap kata2 yang dia lontarkan, bikin aku meleleh kayak chocolate. belajar dari mana ya tuh anak ? pinter banget merangkai kata2. LoL….
    good job Young Bae ^^

  • tae oppa makin dewasa aja ya. jawaban-jawabannya bagus banget ya enak gitu, aku suka..
    taeyang daebak, big bang daebak.. ga sabar nunggu album solonya 🙂

  • terharu…kecintaan kalian pada yang kalian lakukan yang membuatku jatuh cinta ke kalian berlima…. teruslah jadi dirimu yang bebas taeyang… 😥

  • Author harus siap nih translete ke 4 member yg lain,, aplg klo bag GD bahasa nya tinggi banget 😀
    panjang2 banget lagi wawancaranya ^_________^

  • gk pernah sesuka ini sama artis manapun… but bigbang, you turned my world. 😛
    ikutin perkembangan mrk sejak 2thn lalu. ngliat perjuangan mrka, bener2 ngsih inspirasi ternyata apa yg lo cita2in itu ya harus berdasarkan atas kesenangan lo.. gak boleh ada paksaan.
    ngliat mrka menikmati dunia musik mrka, ngajarin gw bwat nikmatin dunia yang sedang gw jalanin. Thx Bigbang… you are one who can gives inspiration. :))

  • nah, BigBang yaaa emang deh walaupun somplak, kalo udah ngomongin musik tuh serius banget, ckckckck!!!

    satu hal yang bisa diambil dari wawancara panjang ini,

    KEJADIAN TAHUN LALU MEMBUAT MEMBER BIGBANG BERUBAH, JADI LEBIH DEWASA, LEBIH MATANG, SERIUS DAN TENTU SAJA SEMAKIN ERAT DAN SOLID SEBAGAI GROUP.

    keliatan dari semua wawancara mereka, hikmah di balik semua ujian yang datang 🙂 🙂 sukses buat kalian, love you ^____^

  • saya juga berterima kasih karena kalian masih bersama,,, 🙂
    Sejujurnya aku jg ngerasa ngeliat kalian tanpa masalah dan kontroversi itu membosankan hehe maaf ya tae, gd, dae, top, ri, tapi ya gitu deh aku suka ngeliat perubahan kalian,,
    masalah terus jd dewasa seperti ngeliat diri aku sendiri tumbuh dewasa secara umur kita cm beda setahun hehe
    Ayo kita menua bersama dan mencari arti diri kita masing2 #eeaaa lebay hihihi 😀

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: