[Artikel] Penyelidikan Terhadap Superstar Hip Hop Korea Daniel Lee / Tablo (Part 1)

Published 11/05/2012 by kikawaiii

Note : sebelumnya maaf popoders.. artikelnya baru sempet ditranslate. Karena panjang, aku bagi jadi 2 part,, part 2 menyusul ya 🙂

===========================================

Penyelidikan Terhadap Superstar Hip Hop Korea

Daniel Lee

By : Joshua Davis

Saat itu Jumat malam, 22 Mei 2009, dan salah satu venue musik paling terkenal di New York City, Fillmore di Irving Plaza, terjual habis. Barisan antrean memanjang hingga ke Irving Place, membelok ke sudut East 16th, dan terus memanjang. Orang2 datang dari tempat2 yang jauh seperti Michigan, Toronto, dan Ohio, tapi mereka di sana bukan untuk mengantre mendapatkan album2 indie terbaru kesayangan mereka atau untuk sensasi house music. Mereka datang untuk melihat trio Korea yang sangat sukses bernama Epik High, yang sejauh ini bisa dikatakan sebagai artis hip hop pertama Korea yang menarik sebagian besar audience Amerika.

Grup tersebut dipimpin oleh seorang pria kurus berusia 28 tahun bernama Dan Lee, dan saat dia ngedance di atas panggung malam itu, audience mulai ikut ngedance bersamanya. Lee — yang menggunakan nama panggung Tablo — memiliki sebuah pesona nakal, seringai licik, dan reputasi sebagai seorang jenius. Di Korea Selatan, Lee sudah menjadi seorang superstar. Dia telah merilis 4 album no.1 bersama Epik High dan menerbitkan kumpulan cerita pendek best-seller dalam dua bahasa, Korea dan Inggris. Pembawa2 acara talkshow hampir selalu menemukan cara untuk menyebutkan bahwa dia lulus dari Stanford dalam 3,5 tahun dengan gelar sarjana dan master English. Meskipun itu mungkin terhitung bertentangan dengan rapper di US, tapi kembali ke Korea dia diperlakukan sebagai simbol kesuksesan.

Sekarang grup ini membangun sebuah fanbase di Amerika. Sebagai tambahan untuk show New York mereka, Epik High telah menjual habis venue2 utama di San Francisco dan Los Angeles. Kesuksesan lintas negara itu bisa dilihat di iTunes, dimana ketiganya merajai chart2 hip hop dan segera menjadi no.1 di US, mengalahkan Kanye West dan Jay-Z.

Tapi lalu, di puncak popularitas mereka, kolom komentar di artikel2 tentang Epik High mulai dipenuhi pesan2 anonim yang menuduh Lee berbohong tentang ijazah Stanford-nya. Pada Mei 2010, sebuah klub antifan dibentuk dan segera menarik puluhan ribu anggota yang menuduhnya mencuri identitas seseorang, merekayasa surat2, serta memalsukan passport, ijazah2, dan transkrip2. Tuduhan2 itu disertai dengan bukti2 pendukung yang disediakan oleh massa online, yang juga membuat video2 penyerangan yang licik di Youtube. Semua itu adalah serangan balasan penuh.

Hingga musim panas tahun itu, tuduhan penipuan yang dilakukan Lee menjadi salah satu berita utama Korea. Ancaman2 kematian terus berlanjut, dan Lee menemukan dirinya ditegur oleh orang2 yang marah di jalan2. Karena wajahnya sangat mudah dikenali, dia berubah dari salah satu figur yang sangat dicintai di negara itu menjadi figur yang paling dicaci.

Tapi dalam kenyataannya, Lee tidak berbohong tentang catatan akademiknya. Dia benar2 lulus dari Stanford dalam 3,5 tahun dengan 2 gelar. GPA (IPK) nya termasuk dalam 15% teratas di antara mahasiswa2 di kelasnya. Bukti2 yang dikerahkan untuk menuduhnya adalah palsu. Kasus itu adalah pencemaran nama baik secara online, dan pada musim semi lalu saya memutuskan untuk mencari tahu mengapa kasus itu terjadi.

Saya pertama kali mendengar tentang Lee saat editor2 di Stanford Magazine, sebuah penerbitan di Asosiasi Alumni Stanford, menghubungi saya untuk memberi tahu saya kemalangan yang menimpa rapper itu. Administrasi dan asosiasi alumni universitas telah berusaha semampu mereka untuk membelanya, tapi tampaknya hanya sedikit berhasil. Para editor meminta apakah saya bisa menulis sebuah artikel tentang kontroversi itu, dan saya menyetujuinya (Saya pernah menjadi mahasiswa Stanford).

Saya mulai melacak teman2 sekelas Lee dan berbincang2 dengan empat dari mereka yang tinggal di San Francisco Bay Area. Mereka merasa ngeri dengan apa yang terjadi pada teman mereka. Dia cerdas, mereka semua setuju, tapi yang membuatnya terpisah adalah dedikasinya untuk musik. Dia bisa saja mengambil langkah yang lebih biasa setelah lulus –sekolah hukum atau konsultan– tapi dia justru memilih untuk kembali ke Korea dan memulai sebuah grup hip hop. “Itu adalah pilihan karir yang berisiko,” kata Conrad Lo, teman seasrama Lee yang sekarang menjadi manajer produk di Google. “Warga Korea bahkan tidak suka hip hop saat itu.”

Tentu saja, Lee berjuang saat pertama kali kembali ke Korea. Epik High merilis dua album dengan sambutan kecil. Lee memberi judul album ketiganya Swan Songs, dengan asumsi bahwa dia harus mendapat pekerjaan sungguhan setelah album itu gagal. Namun sebaliknya, album yang dirilis pada 2005 itu menjadi hit dan membantu memperkenalkan pendengar2 musik Korea pada hip hop. itu pula lah yang mengubah Lee menjadi seorang selebriti, dan kekuatan bintangnya semakin meningkat dalam 5 tahun ke depan.

Kampanye melawannya dimulai pada 11 Mei 2010, saat seseorang membentuk sebuah forum online dengan nama TaJinYo, singkatan dalam bahasa Korea untuk frase “Katakan yang Sejujurnya, Tablo“. Pemimpin forum ini mengidentifikasi dirinya sendiri sebagai Whatbecomes, menandakan bahwa dia tinggal di US dan menjelaskan bahwa dia menghubungi organisasi2 pemberitaan di Korea dan Amerika untuk memberitahu mereka bahwa Lee adalah seorang pembohong. Hal utama di antara tuduhan2 mereka adalah bahwa Lee telah memalsukan kredensial Stanford-nya.

Pemalsuan ijazah menjadi topik sensitif di Korea sejak beberapa lama. Pada tahun 2007, kepala kurator sebuah museum modern di Seoul diketahui telah memalsukan gelar PhD dari Universitas Yale dan dipenjara selama 18 bulan atas dakwaan pemalsuan. Skandal ini mendorong jaksa2 penuntut untuk menginvestigasi sedikitnya 120 kasus pemalsuan ijazah, menjerat selebriti, dan bahkan seorang biksu. “Pasti ada lebih banyak orang di luar sana,” salah seorang jaksa penuntut mengatakan pada Bloomberg News. “Kami hanya tidak bisa menemukan mereka.”

Dalam lingkungan seperti itu, tuduhan terhadap Lee tampak masuk akal. Selain itu, biasanya dibutuhkan 4 tahun untuk menyelesaikan level sarjana. Level master umumnya memerlukan tambahan 1-2 tahun. Lee telah menyelesaikan keduanya sekaligus hanya dalam waktu kurang dari 4 tahun. Mahasiswa2 juga secara khusus menulis sebuah tesis untuk memperoleh gelar master, tapi Lee mengakui bahwa dia tidak pernah menulisnya. (Programnya tidak mensyaratkan tesis).

Setelah situs2 gosip entertainment menulis tentang situs anti-Lee, keanggotaan TaJinYo membengkak hingga lebih dari 10.000. Tak perlu menunggu dugaan2 lain muncul, banyak anggota forum melakukan investigasi mereka sendiri terhadap masa lalu Lee. Segera, seperti serangan gencar, profesor2 dan administrator2 Stanford dibanjiri email2 dari orang2 yang menanyakan latar belakang pendidikan Tablo. Thomas Black, registrar Stanford, menerima 133 subjek email. Semua orang ingin mengetahui satu hal : Apakah Lee Berkata Jujur?

Anggota2 forum tampaknya menyukai keingintahuan digital itu. “Kami menamakan permainan ini <Tablo Online>,” tulis seorang penganggu, yang menyebut dirinya sebagai seorang pemain Tablo Online, seolah itu adalah hiburan iseng yang dinikmatinya selama jam istirahat kerja. Whatbecomes dengan lihai memperbesar kobaran api, mengancam akan mengungkapkan rahasia2 kelam tentang Lee dan berjanji untuk membongkarnya perlahan2 untuk memberikan efek dramatis yang maksimal. Katanya, “lebih seru seperti itu.”

Whatbecomes mulai mengisyaratkan konspirasi yang lebih luas : Media bersekongkol untuk melindungi Lee, karena dia adalah bagian dari masyarakat kelas atas Korea. Tapi warga Korea biasa bisa balik melawan. “Dengan membuktikan kecurangan Tablo kali ini, hubungan simbiosis yang berakar kuat [antara media dan orang2 kaya] bisa diputus,” tulisnya.

Saat Epik High di puncak popularitas, sekelompok pengacau online mulai menyerang leader mereka, Dan Lee, dengan menuduh -selain hal2 lain- bahwa dia berbohong tentang gelar Stanford-nya. Photo: Miko Lim

Dalam hitungan minggu, anggota2 forum mulai menyatukan potongan2 teori rumit mereka. Seorang pria bernama Dan Lee mungkin memang lulus dari Stanford, tapi banyak yang bertanya apakah Tablo adalah Dan Lee yang dimaksud. Mereka berpendapat bahwa mungkin saja Tablo mencuri identitas Dan Lee untuk mendapatkan kredensial Stanford agar meraih popularitas dan keberuntungan. “Orang2 membayar mahal untuk kuliah di luar negeri, dan mereka belajar sepanjang waktu,” salah satu anggota forum berkata pada kru sebuah TV Korea, yang memblur wajahnya selama tayangan. “Tablo tidak belajar : Dia cukup melakukan hip hop dan menjadi terkenal di Korea.”

Hampir sebulan setelah Whatbecomes membuat forum itu, para anggota melakukan perburuan internasional untuk menemukan Dan Lee ‘yang sebenarnya’. Dan Lee di AS dihubungi dan diinterogasi. “Kami pikir kamu telah diancam oleh penyanyi Korea bernama Tablo dan menyelesaikan kuliah untuknya,” seorang anggota menulis untuk seorang Dan Lee di facebook. “Tolong ungkapkan yang sebenarnya. Saya mohon padamu.”

Apa? Kalian menemukan orang yang salah,” Lee yang lain membalas, menjelaskan bahwa namanya memang cukup umum. Selain itu, dia tidak pernah kuliah di Stanford. Dan Lee yang lain, yang seperti sang rapper, lulus Stanford pada tahun 2002, segera dikepung. “Suatu hari saya mulai mendapat pesan2 tidak jelas dari orang2 di Korea yang secara kasar marah pada saya karena mengizinkan seorang rapper mencuri identitas saya,” kata Dan Lee ini, yang bekerja di sebuah perusahaan desain produk di Wisconsin. “Saya tak mengerti apa yang mereka katakan.”

Tanpa takut, Whatbecomes mulai menghasut anggota2nya untuk melakukan kekerasan. Dia mengatakan tujuannya adalah untuk “membuat Tablo dan keluarganya menjadi gila,” dan mengancam akan membunuh mereka semua. “Kita harus memukul anjing2 pembohong ini agar tahu rasanya kebenaran,” tulisnya, memberikan dorongan kepada anggota2 lain untuk menyerang keluarga Lee. Ibu Lee mulai menerima telepon teror. Pada sebuah acara makan malam keluarga, dia mengangkat telepon dan terdengar suara seorang pria. “Kau seorang pelacur,” kata pria itu. “Kau dan keluargamu harus meninggalkan Korea.” Sebuah tulisan baru meragukan kakak Lee, David, yang mengambil program sarjana di Columbia University tapi keluar tanpa gelar. Seorang penyelidik menemukan sebuah halaman web yang menyatakan (dengan keliru) bahwa David telah menyelesaikan sarjananya, dan telepon2 membanjiri channel siaran publik di Seoul tempat dia bekerja. David dipecat. Alamat rumah dan nomor telepon David dipublikasikan, dan dia mulai menerima telepon2 teror juga. Seseorang mengancam akan menusuknya hingga mati atas dugaan pelanggaran yang dilakukannya.

Seorang penyerang mendekati John Shenk, seorang pengacara Beverly Hills yang website-nya menyebutkan bahwa dia lulusan Stanford jurusan Inggris seperti Lee, tapi pada tahun 2001, setahun di atas sang rapper. Mereka menawarkan pada Shenk $10,000 USD untuk menandatangani sebuah pernyataan sumpah bahwa dia tidak pernah melihat Lee di kampus. Meski begitu, Shenk menerima uang dan menandatangani pernyataan itu, yang lalu digembar-gemborkan sebagai bukti kebohongan Lee. Para pemfitnah itu tidak menyebutkan bahwa mereka membayar untuk pernyataan itu.

Beberapa penyerang bahkan turun ke jalan2, memasang papan2 yang menyatakan bahwa Tablo memalsukan ijazahnya dan menghindari wajib militer. Photo: Newscom

Krisis semakin berlanjut, tapi Woollim Entertainment, label rekaman Lee, tidak mengeluarkan pernyataan untuk membelanya sampai bulan Juni, dimana mereka berjanji untuk membantu. Lee mengatakan Woollim tidak pernah mendukung, dan dia pun meninggalkan label itu pada bulan yang sama.

Lee berpikir bahwa cara terbaik untuk melawan serangan2 itu adalah dengan menyediakan fakta2, jadi dia merilis transkrip universitasnya kepada pers. Stanford mengeluarkan pernyataan mengonfirmasi catatan akademiknya. Fakta2 itu, dia yakin, akan membuktikan sendiri dan mengakhiri kampanye aneh itu. Tapi sebaliknya, sekelompok antifans mulai memenuhi laporan ke Polisi Nasional Korea, menuduh Lee memalsukan ijazah dan catatan mahasiswanya. Pihak2 berwajib Korea membantu investigasi, dan kasus itu menjadi berita utama di Korea, mengalihkan usaha Tablo untuk membela diri.

Whatbecomes berhasil mengubah dendamnya menjadi pertunjukan nasional. Puluhan ribu anggota TaJinYo menjadikan alasan2nya menjadi milik mereka dan selama proses, menghancurkan kehidupan salah satu bintang Korea yang paling bersinar. Lee menghilang dari pandangan publik.

— to be continued–

credit : wired.com

indo trans : kikawaiii @yeppopo

DON’T TAKE OUT!

60 comments on “[Artikel] Penyelidikan Terhadap Superstar Hip Hop Korea Daniel Lee / Tablo (Part 1)

  • Kasiah bang tablo.. ⌒̈
    Pdhl otak nya kn bnr an pnter..
    Cipta in lagu nya pd bgs2..
    Jht bgt yg nuduh in bg tablo bhng..
    Slh ych klo dy tmt kuliah d stanford..

  • astagfirullah ya Allah ..
    Ini kok bs ada org tega begini ??

    *baca aja sampe ga percaya*
    makasih thor walaupun panjang bgt sumpah T.T
    aku tunggu part ke 2 🙂

  • Gak begitu ngerti maksudnya +_+
    kenapa gitu mereka benci sma tablo? lagian juga kan udah dikasih bukti2 tapi tetep aja lebih parah. apa mungkin orang yang menghasut itu punya dendam pribadi sama tablo dan keluarganya?
    kayaknya udah pernah dengar berita ini lama banget, sampe tablo bener2 ilang dari perkpopan sampe dia nemu YG
    kasian juga, kirain dulu waktu denger beritax karna kasus hukum seperti pemerkosaan tapi ternyata untuk pemalsuan ijazah y gak ada buktinya.
    warga korea kayakx terlalu sensitif untuk hal2 kecil, seandaix tablo emang malsuin ijazah harusx berhubungan sama hukum ini malah warga yang mengadili 😦
    padahal aku suka banget sama tablo kekeke~ yah dan sebenarx gak ada orang yang sempurna, bahkan artis juga cuman manusia biasa. tapi sepertinya orang korea sana nganggep artis2 tersebut sebagai dewa mereka…
    sukses deh oppa, ditunggu karya lainx. yang bareng taeyang lagunya keren loh ^_~

  • Naudubilahmindalik, aku memang udah tau tablo ada masalah dg keaslian ijasahnya tp ga kuduga,klo masalahnya ampe mengerikan ky gtu,
    antifans sampe segitunya ya kelakuannya,ampe ngancem keluarganya segala amit2 dah,apa mereka merasa puas dan bangga krna tlh menghancurkan karir tablo(dulu),apa hidup antis hnya didedikasikan untuk menghancurkan hidup seseorang?.
    Tp ya sudah lah,toh juga kebenaran akan keliatan nanti & menurut q ne sprt kasusnya bigbang waktu itu,masalah akan membuat seseorang menjadi kuat & kreatif ,jadi tunggu saja karya menggebrak tablo stlh ksus ini dan untuk antis puas puasin dlu kebanggaan klian sebelum kalian menyesal dg perbuatan kalian. “ga kerasa panjang juga komen q”

  • omooo…ada ya orang iri sampe kaya gitunya ? salah bang Tablo apa coba…ckckck…
    sedih banget tau ada berita kaya gini…
    parah bgt si tanjiyo…berita ini sampe pas deh kayaknya buat jadi drakor…
    sabar ya bang ! kebenaran pasti terungkap !
    *ga tega bgt kalo inget muka bang Tablo yg innocent digituin >,<*

  • so complicated. ni orang2 sungguh terlalu, menghancurkan hidup seseorang dianggap sbg permainan. ok author ditunggu yg part 2

  • ASTAGHFIRULLAH HAL’ADZIM….
    Bukakanlah pintu taubat utk mereka2 para pendendam yg hanya bisa memfitnah dan menyebarkan kebencian… #ngelusdada
    Susah jadi orang pinter… terkenal… dan sukses…. banyak yg iri dengki…. **gelengpala**
    Bahkan sampe keluarganya juga jadi korbannya…. gemetaran waktu baca IBUnya dikatai PELACUR!!! Itu kata2 paling KOTOR… gimana kalo ibu mereka diposisikan seperti ibunya bang tablo… dikatai PELACUR…… aku yg baca aja…gemeteran… pengen nangis rasanya… SAKIT BANGET banget … ga kebayang gimana sakitnya hati ibunya bang tablo…. ada2nya org dengan sebegitu mudahnya mengeluarkan kata KOTOR itu… utk seorang IBU.. T____T
    Sumpah ini orang2 otaknya ditaruh dimana sey… lebih parah dari ORANG GILA…
    Utk bang TABLO dan KELUARGA… semoga diberi kekuatan dan kesabaran dalam menghadapi masalah ini… semoga masalahnya cepet berlalu dan terselesaikan… dan bang tablo sekeluarga bisa beraktifitas normal lagi seperti keluarga2 lainnya…. AMIEN…
    Sumpehhh masih sakitttt bangetttt rasanya baca yg pelacur ituuuu…. >___<

    Ps : thanks thor artikelnya… ditunggu part berikutnya 😉

    • RT!
      Kalo saya yang dikatain gitu, saya bakal nuntut balik, dan ngatain balik ntu kumpulan-kumpulan TaJinYo!
      Walaupun saya masih kecil, (secara, saya maknaee) saya bisa ngerasain, gimana sakitnya bang Tablo, yang udah dihujat, dipitnah sana-sini, dan hampir dibunuh.
      Dan kalo ampe bang Tablo menang di pengadilan, saya sumpahin, ntu TaJinYo bakal ngerasan hal yg sama kayak Bang Tablo!
      #Amin *ngaminin doa @deevip unni.

  • WOW FANTASTIC jadi kalian pikir tablo itu cuma orang dengan PACK OF LIES? gini ya, buat apa coba dia ngemalsuin tuh ijazah kalo ujung-ujungnya dia jadi Rapper dan musisi? gaperlu S3 buat jadi Rapper. ga tamat SMA aja asal punya bakat bisa.

    Dia kan pinter kenapa gak jadi pekerja yang lebih normal aja? jawabannya karena dia punya sense dan ketertarikan yang lebih besar untuk musik.

    orang iri sama dia kenapa bisa pinter dan memiliki talent dalam musik sekaligus. itu sih bukan salah Tablo.

    cukup jangan nuding kalo gaada bukti autenthik

  • kenapa sih, si Tajinyo Tajinyo ini ? kasihan kan Tablo, padahal Tablo itu bener-bener jenius menurutku, semua lyrics lagunya nyentuh banget di hati
    rasanya pengen banget deh ngirim kutukan ato apaa gitu buat Tajinyo itu, dia itu punya mata sama telinga ga sih ? Tablo yang udah segitu jelasnya emang jenius masih aja dicerca
    Untungnya, Tablo itu orangnya, sabaarnya luar biasa ya, Tablo mungkin marah+sedih, tapi dia tetep kuat sampe sekarang
    Keep Fighting, Tablo Oppa !! 🙂

  • orang indo mmg plg baik2 dslrh dunia, g kya org luar kalo sdh dendam g tau lg dh. Kalo org indo g rmh tamah, g sk jg g sgtux. Dndm ma org aja g bw2 kluarga ky gtu. Netizen korea ekrstrim y

  • orang indo mmg plg baik2 dslrh dunia, g kya org luar kalo sdh dendam g tau lg dh. Kalo org indo g rmh tamah, g sk jg g sgtux. Dndm ma org aja g bw2 kluarga ky gtu. Netizen korea ekstrim y

  • Lagi konflik banget.. hati deg deg deg bacanya..
    Ga sangka budaya mereka kalo benci orang sampe kaya gitu.. seram. kasihan Tablo. 😦

    admin lanjuutttttt.. daku tunggu >.<

  • pertama2 mo tepok tangan dulu buat author kikawaiii yang udh bener2 meluangkan waktu tuk mentranslate artikel panjang ini dan menggunakan bahasa yg bs gw ngerti… *tepok tangan berdiri*

    “Dia mengatakan tujuannya adalah untuk “membuat Tablo dan keluarganya menjadi gila,”
    SAKITTTTT TUH ORANG…
    inget pembalasan itu ada, baik dibalas didunia maupun nantinya setelah kematian…. ampun deh org2 itu ga takut apa yg menerima pembalasan adlh keluarganya ndiri… GET A LIFE PEOPLE *tepok jidat Zico*

  • gak bisa berkata2…
    Kumpulan orang sakit jiwa itu udah sangat keterlaluan..
    Mereka pikir hidup orang itu sebuah mainan??! ya tuhan mereka pikir mereka itu siapa..
    grrr…
    gak termaafkaann…!!

  • aigoo, nangis gw baca artikel ini, TT___TT
    gabisa komen apa2 lagi, sakit banget rasanya,..
    astaghfirullahaladzim,.. istigfar ya Allah,….

    nggak ngerti lagi gw si tajinyo itu, mau buang2 waktu,uang,dan tenaga utk hal yg ga ada benefitnya bagi mereka,sama sekali. mungkin di korea susah ya,kalau bener2 pinter? bisa banyak fitnah. astaghfirullahaladzim,… OMG, ya ampuunnn,….

    setan semua tu tajinyo,mati lu semua di kerak api neraka ga keluar2,kekal abadi selama2nya, dan semoga tablo dimudahkan Tuhan urusannya,karena dia termasuk orang yang terdzalimi dengan amat sadis. -____-”

    kl gw jadi dia, gw gangerti lagi dah, tenang saja bang, Tuhan nggak ngasih cobaan lebih dari yang hamba-Nya sanggup (gw udah kyk apa ngomong begini) >,,<

  • setelah d baca, trnyta tablo terkenal bget ya,, dasar woollim nya, malah ga bnt artis nya kesusahan,.. utg uda pndah k YG ..

    semoga cpt sls ini mslh uda berlarut dari tablo ngidem smp comeback msi aja d usut, dan semoga secepetnya Tajinyo di buka kan matanya sma tuhan..

  • Sadis beratt nih kasus…
    Kenapa harus sampai sebegitunya sih sama Tablo oppa???
    Mungkin orang yg memfitnah Tablo oppa itu punya dendam pribadi, sirik tingkat dewa, apa kelebihan waktu luang, atau mungkin bener-bener kurang kerjaan. ga ngerti deh..

    Tablo oppa fighting!!!

  • paling sedih pas lihat videonya bang tablo waktu berkunjung ke US setelah ada kasus itu
    lihat dia keliling kampusnya
    ekspresinya hopless banget 😦 kyk orang bingung
    nangis gue lihatnya T.T
    apasih tujuan sebenarnya si TaJinYo?
    gue nggak terlalu ngikutin beritanya sih, terlalu ngeri
    suka miris sendiri
    kok bisa ya……….. #sigh

  • kasian banget tablo dan keluarga nya 😦
    parah banget itu tajinyo sampe neror keluarganya tablo..
    mamanya kena, kakaknya sampe dikeluarin dari tempat kerjanya..
    dasar itu orang gilaa!!

  • PENASARAN sama Part 2 nya thor u.u ….
    akan ku tunggu sampai author siap mentraslatenya ^^

    rasanya pengen lari ke pelukan bang Tablo T.T ..(*hye jung unnieee….. kau mmg Istri yang tepat buat bang Tablo,, )

    yang PALING MENJENGKELKAN adalah aku tak melihat usaha Woolim Ent. u/ membela Tablo T.T
    semoga Tahun ini Kasusnya bisa dirampungkan dan yg berId Whatbecomes di jebolkan ke Liang Buaya!

    p.s: Bang Tablo,, semester 2 2012,, album baru lagi yah…

  • Astgfrallah .. ya allah kejem bgd ssi org.org it .. sadis bgd .. mn kata.katanya seronok gt , kasar ..
    Ngancurin ibu dan keluarga nya .. kasian ..super duper jahat bgd mereka .. T.T

  • mestinya,tajinyo itu dijadiin intel aj,dmanfaatkan negara,pinter bgt mrk,mli dr interogasi mpe nekan org spy stuju dgn keinginan mrk,ckckk..kalo kyk gtu kan intel Korea g bsa dikalahin,ad mrk yg luar biasa hebat -_-

  • woahhh lengkap banget, aq mang lg nyari2 ini niyh, makasih ya kikawaiii unni *sini sini aq peluk XDD* ditunggu lanjutannya y unn :*

  • naudzubillah min dzalik..
    mereka tuh parah ya..
    lebaynya bener2 keterlaluan..
    segitunya benci sama orang, padahal bukan siapa2nya juga..
    dan parahnya kok bisa banyak pengikutnya ya tuh orang??
    apa orang2 itu ga mikir apa ngelakuin ini semua..
    ga ada untungnya juga buat mereka kan..

  • Dan чänğ sempet bikin ɑ̈кũ nangis Ğåĸ tega itu saat Tablo menyampaikn ketakutannya kalo ♏αů bawa bayiny ke dokter dia khawatir dg obat apa чänğ disuntikkn ke anak’ny.. Krn kebencian Ğåĸ jelas itu tryt sdh mewabah ke seluruh korea.. Otak ϑαη nurani macam apa чänğ dipunya puluhan ribu antifans ΐπΐ Ϋªª?!!
    **peluk Tablo oppa

  • Bang Tablo… (Ehh, mestinya manggilnya om, yak?) kuatkan diri, hati, dan pikiranmu! TaJinYo itu cuma kumpulan orang-orang yang seenaknya nuduh, dan TUKANG FITNAH!
    Saya percaya 100 persen sama abang. Fight! Semoga abang segera memperoleh keadilan, dan kumpulan TaJinYo-TaJinYo itu bakal malu besar, begitu tau SEMUA bukti kelulusanmu itu benar!
    #AMIN YA ROBBAL ALAMIN!

  • Waw…antis itu powernya sayang banget ya cuma buat kejahatan doang…
    ckckckck
    Untung aja mentalnya bukan mental tempe, kalo saya udah pindah kewarganegaraan deh kayaknya, bawa kelaurga ketempat jauh ato sewa pengacara sebanyaknya buat ngelawanin tu orang…ckckckc
    Tapi berhubung disana itu keras jadi ya gitu…hehe

  • mau tanyaa ini hhwhwhhhehheheh masalah TaJinYo SARAP ini udah kelar belom seh? terus apa yang papa YG lakukan? apa papa YG sudah mengeluarkan pembelaan? *sok2 reporter* wkwkkwk beruntung lah bang tablo punya ent kayak YG, pasti aman, dan YG walopun udah tau bang tablo masih kelibet masalah merekamau nerima dan nge backup bAng tabloo~ pukuknya hwaitiing kakkakkkk

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: