[News] Majalah SPIN Edisi April 2012 Membahas Tentang Big Bang

Published 27/04/2012 by kikawaiii

Selama 10 tahun terakhir, Korea telah menyempurnakan sistem mereka untuk memproduksi bintang pop kelas atas. Saat ini, K-pop memfokuskan target mereka ke pasar Amerika dengan menggunakan formula yang sangat matang untuk ekspor.

Kalian tidak akan pernah menebak bahwa di sinilah mereka tinggal. Lisa Jo menunjuk sebuah gedung dari kantornya yang berada tepat di seberangnya: gedung apartemen pendek yang menggunakan bata merah dan hanya bisa dibedakan lewat toko mie kotor yang berada di lantai dasarnya. Beribu-ribu rumah yang sama seperti gedung ini tersebar di separuh dari perbukitan di utara Seoul, kebanyakan dari mereka dikelilingi oleh gedung residensial tinggi yang berjejer di Sungai Han dan di sepanjang jalan besar di Seoul seperti gigi. Namun gedung yang satu ini, berfungsi sebagai tempat tinggal utama untuk 30 trainee muda yang berada di bawah perusahaan YG Entertainment, salah satu dari 3 perusahaan manajemen terbesar yang bermarkas di ibukota Korea Selatan. Dan disinilah mereka tidur, menggunakan beberapa jam dari waktu mereka di malam hari untuk beristirahat dari pelajaran mereka. “Mereka belum pulang saat ini,” kata Jo, sesaat sebelum makan siang. “Mereka masih di sekolah.”

Jo, yang merupakan penduduk Seoul dan perwakilan YG untuk bisnis luar negeri, mungkin sedang berbicara mengenai kurikulum SMA yang harus diselesaikan oleh semua remaja di Korea sebelum memasuki bangku kuliah (YG mengatakan bahwa mereka mengatur pendidikan untuk para remaja yang mereka latih). Namun, sambil kami berjalan turun ke kafetaria di lantai basement, Jo membuka pintu ke arah dua studio tari: yang pertama sangat gelap, cocok untuk seseorang yang sedang tidur sebentar. Dan yang kedua, seorang gadis dengan kaos GAP dan celana hitam ketat sedang berjongkok, melepaskan contact lens-nya dan bersiap untuk masuk ke kelas siang, kelas membuat lagu. Ia tersenyum dan membungkuk, dan ketika saya bertanya kenapa gadis itu berada di sini bukannya di sekolah, Jo salah menangkap pertanyaan itu dan menjawab dengan tertawa: “Mudah-mudahan, ia semakin populer.” Itu adalah rencananya.

Dari tingkat atas sampai dengan bawah, kantor YG Entertainment sebuah gedung modern yang tersusun dari kaca dan beton, di desain untuk memproduksi dan memelihara kalibrasi dengan hati-hati, mengontrol arus produksi pop. Di lantai paling atas, kalian dapat menemukan kantor pendiri YGE, Yang Hyun Suk, anggota dari grup R&B legendaris tahun 90-an, ‘Seo Taiji & Boys’. Satu lantai dibawahnya, kalian akan menemukan kantor yang bekerja untuk melebarkan jaringan audisi perusahaan ke internasional. Beberapa lantai dibawahnya, kalian akan menemukan studio rekaman, yang dapat dipakai oleh produser YGE maupun bukan dibawah YGE. Terdapat juga tempat gym yang dikelola oleh seorang guru fitnes untuk selebriti. Kafetaria mereka menyediakan makanan rumahan Korea dan cafe sampai dengan tengah malam. Dan tentu saja, terdapat beberapa tempat latihan untuk murid yang direkrut dari seluruh dunia (termasuk Amerika), dimana mereka mengambil kurikulum spesialis untuk tari, nyanyi, membuat lagu, dan bahasa internasional, yang akan mempersiapkan karir mereka bukan hanya di Korea tapi juga di luar negeri.

Di tempat pelatihan ini bintang K-pop terlihat lebih jelas daripada di atas panggung. Saat ini adalah siang hari di hari Sabtu dan sekumpulan murid sedang melawan dinginnya udara di luar Olympic Gymnastic Arena, salah satu bagian dari kompleks Olympic Park yang dibangun pada tahun 1988 untuk Summer Games. Malam ini, YG mengadakan perayaan untuk ulang tahun mereka yang ke-15. Mereka telah menciptakan suasana festival dalam Park Stone Plaza dengan mendirikan tenda-tenda kecil dan tempat penjualan barang-barang official (jangan tertukar dengan orang-orang yang menjual teropong warna-warni, gelang menyala, lampu-lampu, berbagai macam tongkat lampu yang dijual dari tempat ini hingga ke stasiun kereta). Aroma saus tomat dan binatang yang sedang di goreng sangat kuat di udara, asap keluar dari kios yang menjual sosis Korea dan daging yang dibentuk seperti lolipop.

Di sebelah kiri, terdapat tempat pengecekan kamera dan alat perekam – yang tidak diperbolehkan untuk dibawa ke dalam arena. Di sebelahnya, terdapat tenda yang mempromosikan SOUL, headphone yang dibuat oleh Ludacris. Dan di seberangnya, terdapat tenda informasi yang dibuat khusus untuk fans Jepang yang datang untuk menonton acara ini; antrian di tempat ini adalah yang paling panjang. Pada tahun 2011, tidak ada fans luar negeri yang lebih antusias daripada fans Jepang. Jika acara ini tidak dilangsungkan pada minggu ini, mereka mungkin akan membuat tur pendek yang strategis di Jepang, dimana pasar mereka berkali-kali lipat lebih besar dari di Korea. Untuk dua negara dengan sejarah yang begitu rumit dan susah, pertukaran antara fans lebih terlihat natural: anak-anak membungkuk dan tersenyum, melihat dengan gugup ke papan tulisan yang mereka buat dan bawa dari Jepang yang didedikasikan untuk idol kesukaan mereka. Ketika acara ini ditampilkan di Saitama Super Arena di luar Tokyo sebulan kemudian, lebih dari 200.000 fans hadir.

Para trainee melewati latihan selama dua tahun. Saya tidak begitu jelas mengenai negara atau label lain memiliki kesabaran seperti itu atau tidak. Setiap kali mereka menyanyikan sebuah lagu, hasilnya harus sempurna. — Yvonne Yuen, VP of international marketing for Universal Music

Malam ini adalah malam untuk Big Bang. Semenjak ketua mereka, G-Dragon, bersembunyi pada tahun 2011 setelah adanya skandal (ia mendapatkan hasil positif dalam tes mariyuana namun tidak terkena tuntutan apa pun), penampilan malam ini merupakan reuni grup tersebut di atas panggung. Mereka sepertinya sangat bersemangat; kalian dapat merasakannya dalam penampilan mereka. Mereka bergerak seperti harimau atau atlet profesional dibandingkan seorang bintang pop. Ketika teman masa kecil G-Dragon dan sesama penyanyi rappernya, T.O.P, muncul, suasana terasa seperti sebuah kota sedang diputarbalikkan selama 30 detik.

Orang-orang yang berada di sebelahmu mulai mendorong-dorong ke satu sisi seperti sekumpulan ikan mas disepanjang panggung, mulut terbuka, mata menjadi liar dan jantung berdetak dengan kencang. T.O.P berputar dan tersenyum seperti sedang menyadari adanya getaran di kakinya. Ia mungkin belajar di kelas untuk melakukan hal ini. Musik dimulai, mata kalian mulai berair. Pertunjukkan dimulai, kalian tertawa untuk bernafas. Anak-anak berlarian di tempat, memegang muka mereka, berteriak dalam berbegai frekuensi suara yang bila digabungkan terdengar seperti seseorang bisa memecahkan kaca pesawat 737 yang sedang terbang.

Satu jam kemudian, beberapa dari mereka mulai berjatuhan karena capai, teman mereka menangkap dan membawa mereka keluar dengan tenang seperti sebuah bagian dari ritual yang biasa dilakukan. Tidak lama setelah Big Bang memulai encore mereka, seorang wanita Amerika berumur 30an dan berambut keriting memegang tangan saya. “Bagaimana cara keluar dari sini?” serunya. “Bagaimana cara saya keluar dari sini?!”

Berita ini akan ditampilkan dalam edisi Maret/April 2012 majalah SPIN.

Read the FULL Article, HERE.

Source: SPIN.com, bigbangupdates

English to Bahasa: FinCh @ BigBangIndonesia

39 comments on “[News] Majalah SPIN Edisi April 2012 Membahas Tentang Big Bang

    • RT
      semakin d’depan apalagi pas dapet EMA kemaren makin d’lirik noh uri BigBang ama western people 😀

    • sama chingu.. saya cuma bisa ber-‘oooooh’, ngedip-ngedip liat potonya, dan terus scroll kebawah.

  • Laporan buat BigBang dan VIP: baru saja ada seorang laki2 yg terkena bigbang effect gara2 mendengarkan lagu blue, dan sekarang dy sedang membajak semua lagu bigbang yang ada di laptop saya. Sepertinya dia sebentar lagi akan jadi fanboy baru bigbang. Laporan selesai ^^

  • Laporan untuk bigbang dan VIP:
    Baru saja ada seorang laki2 yg terkena bigbang effect setelah mendengarkan lagu blue. Dan sekarang dy sedang membajak semua lagu bigbang yang ada di laptop saya. Laporan selesai ^^

    • Junior-mu di kampus msh mendingan. Msh muda.
      Nah ini udah nikah, dah punya baby pula kkkkkkkkk~~ dy emang suka musik, katanya lagunya keren, musik dan melodinya mantap.
      Entah ini udh org ke berapa yg kena bigbang effect, adekku skrg bhkn resmi jd vip, bhkn dah ikutan nabung buat okt, pdhl dy cwok. Hehehe
      Mereka memang membanggakan

    • HORRAY……
      saya juga berhasil menyebarkan virus BIGBANG hehe
      udah tiga teman yang ikutan klepek-klepek karena terserang BIGBANG EFFECT 🙂

    • hwaaa, chingu-chingu beruntung, saya? G to the A to the G to the A to the L! *ala bigbang
      Tapi, beberapa anak ada yg suka sama lagunya, jadi, G to the A to the G to the A to the L nya nggak G to the A to the G to the A to the L banget deeh..

  • kayak baca cerpen.kekekeke

    jdi ngebayangin suasana d gdung YG …
    YG appa d ruangan nya mkirin memperluas bisnis,
    artis2 nya ada yg d ruang recording, atau yg lgi santai ngmngin music, atau yg lgi isi perut d cafetaria,
    puluhan traineer lagi latihan tari & nyanyi
    huhuhu….kapan bisa ngeliat jeroan gedung YG plus aktivitas d dalamnya~

    • ntar kalo chingu bisa ke YG Office, ajak yah.. pengen ketemu Teddy, 2NE1, Bigbang, se7en, gummy, tablo, psy, sama pengen dapet bocoran gb barunya..

  • appa YG bikin audisi cari istri buat member2 big bang dong.. pasti banyak yg daftar
    aku salah satunya.. #OoT
    ngomong2 Big bang effect, anak2 cowok di kelas ku udah pd kena virus big bang..
    jujur sempet speechless. soalnya anak2 cowok dikelas ku itu anti bgt ama kpop apalagi ama Boyband. kalo GB mereka suka ngeliat MV. jadi suaranya di mute tp MVnya diputer
    dan biasanya kalo udah ada yg muter lagu BoyBand Kpop mereka pasti langsung pd kabur keluar kelas kalo ngga anak2 ceweknya diusir2in suruh keluar kalo mau denger lagu Kpop kenceng2.
    eh tapi pas aku iseng muter lagu BigBang yg Somebody To love, Oh My Friend ama Tonight mereka malah langsung penasaraan trus ngubek2 lagu Big Bang di hape ku. eh malah semua koleksi lagu big bang ku dirampok ama mereka terus langsung dipindahin ke komputer kelas.. jd lagu big bang itu udah kaya lagu wajib soalnya pas jaman2 SMK kemaren tiap hari diputeeeer terus ngga ada bosen2nya

    trus ada temen aku yg ngait2in kisah cintanya kaya lagu tell me goodbye.
    rata2 temenku yg cowo pd jadi FanBoy Taeyang ama GD
    kalo yg cewe pada jd FanGirl TiOuPi ama Seungri

    FYI mereka jg udah nabung buat alive tour looooohhhhh trus pas album alive keluar mereka jg beli. malahan ada yg langsung nguber ke korea.
    ngga sabar nunggu alive tour pasti jd kaya sekalian reuni kelas..
    #curcol #nostalgia

  • *sambil mijitin bahu thor kikawaii yg capek m’translate*

    ce ka ce ka ce ka … Big Bang emang FANTASTIS ^^

    *sekarang gantian thor kikawaii mijitin aku yang capek mmbaca* #mintadijitak

  • ini itu kantor YG & dorm yang jepang ya?! baca sambil merem melek haha..

    Keren pake banget lah kalo udah menyangkut BB <3.. cinta cinta cinta!!!

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: