[WAWANCARA+PHOTOS]SHINee for CECI Magazine

Published 18/03/2012 by souldrina

Taemin yang telah di anggap sebagai perwakilan dari garis maknae (anggota termuda) akan menyambut ultah ke 20 nya tahun ini.Sekarang kita tidak bisa menyebut mereka remaja lagi,tetapi sebaliknya sekarang mereka sudah menjadi “Pemuda”SHINee.Meskipun sebagai fans yang hidup untuk melihat perkembangan idola,tetapi anda tidak dapat membantu ketika mereka berada di sisi fans yang gila dari kumpulan noona-noona.

Kami bertemu dengan SHINee setelah beristirahat 1 tahun 6 bulan dan akhirnya mereka kembali dengan “SHERLOCK”.Mereka bukan lagi cowok muda cantik yang bersinar dibawah sinar matahari tetapi mereka sekarang sudah menjadi lelaki yang membuat hatimu berdebar.Pada set pemotretan, mereka energik, estetika, seperti orang-orang muda biasanya di usia mereka yang sama.

ONEW

-Lagu-Lagu yang Membuat SHINee Berkembang

Diantara JULIETTE, NOONA IS SO PRETTY_REPLAY dan LOVE LIKE OXYGEN ,SHINee telah mulai menunjukkan warna khas mereka di dalam JULIETTE.

Kami tampak juga perlahan-lahan berubah, menuju generasi 20-an. (tertawa) Dengan lagu ini sebagai titik balik kita, kita tampaknya telah menemukan penampilan yang cocok dengan umur kami. Sebagai SHINee yang terus-menerus bekerja keras dengan semua kekuatan kita, kita hanya berharap bahwa orang-orang tidak memandang kami dengan pikiran yang bingung.

-SHINee Generasi umur 20-an

(karena dia lakukan make-up kemudian, ia mengoceh) Alisku semakin lebih tebal dan lebih gelap ~! Karena kita telah berdiri pada berbagai panggung yang berbeda di masa lalu 1 tahun dan 6 bulan, kami telah mengumpulkan pengalaman sambil melakukan konser kita, sehingga promosi ini akan lebih menarik. Ada perbedaan jelas daripada ketika kami berada masih di umur 10-an kami.
-Paris dan London
Jujur aku sangat suka musik mereka dan tidak pernah berpikir bahwa mereka juga suka musik kita.Kamu dapat mengartikan itu seperti kebalikan,yang sesungguhnya kpop juga bisa disukai ditempat yang begitu jauh dan kami bisa tampil di tempat seperti itu.Saya tampaknya telah memperoleh tanggung jawab tersebut. Tetapi pada kenyataannya, tidak memiliki kepribadian yang baik. (tertawa) Saya jenis yang suka ketenangan. Saya jenis yang akan marah ketika seseorang di samping saya sangat bising ketika saya mencoba untuk berkonsentrasi. Di lain waktu, aku tidak peduli bahwa banyak, tapi aku paling sensitif ketika aku bernyanyi.
-Panggung Impian
The Circus Maximus(sebuah arena balap kereta kuno Roma).Aku bertanya-tanya bagaimana rasanya untuk menyanyi di sebuah tempat di mana perjuangan kompetisi yang diadakan?
JONGHYUN
Panggung SHERLOCK
Saya pikir respon seperti “Daebak” yang akan muncul pertama. Karena selain lagu, tarian juga mengisi seluruh panggung, dan akan benar-benar menarik.
-Debut di Jepang
Kami merilis album kamidi Jepang tidak lama yang lalu. Itu sangat menyenangkan rekaman ulang lagu-lagu kami 4 tahun yang lalu di Jepang. Saya harap semua orang dapat mendengarkan lagu, START dan TO YOUR HEART yang hanya dirilis di AlbumJepang. Musik itu sendiri sangat optimis dan Anda akan merasa sangat segar.
-Berita dari SHINee di 2011
Kami memiliki banyak jadwal di luar negeri. Kami pergi ke Eropa, Asia, Amerika, dan Rusia. Yang paling berkesan bagi saya adalah penampilan yang diadakan di Inggris Abbey Studios. Aku senang bahwa kami bisa menyanyi di sebuah tempat bergengsi untuk musik budaya populer , dan fakta yang kami menggunakan panggung ini untuk mempromosikan debut kami di Jepang adalah benar-benar luar biasa. Meskipun sangat disayangkan sekali bahwa aku kemudian jatuh sakit.
-Halangan menjadi lebih tua
Setiap kali melakukan dance untuk album baru kami, selama praktek penampilan kami, aku akan selalu memiliki perasaan ini, ‘ saya bisa melakukan ini? benrkah?’ Itu seperti ini bagi saya selama LUCIFER dan juga selama JULIETTE juga. Kita perlahan-lahan berkembang dan tumbuh dengan mendorong maju dengan hal-hal yang mungkin tampak mustahil. Kali ini juga, kita membawa keyakinan seperti ketika kita mulai praktek untuk lagu ini, seperti lagu itu sendiri mengharuskan kita untuk seperti itu juga.
KEY
-Perubahan yang Mengejutkan
Untuk membuat antisipasi lebih untuk album kami selanjtnya,kita masih memiliki hal-hal yang kita tidak tahan untuk menggunakannya kali ini ~!SHERLOCK ini sepertinya mempunyai rasa”satu keberanian mencoba”.
-Tentang Budaya yang Populer
(T/N: ‘Populer’ di sini tidak merujuk kepada ketenaran tapi kemiripan yang luas dan penerimaan oleh masyarakat dari subjek disebutkan.)
Saya percaya bahwa lagu-lagu yang dibuat oleh atris populer adalah musik yang populer. Jadi ucapan-ucapan seperti ‘Mengapa penyanyi itu tidak populer?’ tidak masuk akal. Sebaliknya, ucapan-ucapan seperti ‘ cukup populer’ akan kemudian membuat orang berpikir bahwa mereka ‘cukup populer’ lagu/penyanyi sangat mirip pada dasarnya. Industri Gayo (musik) saat ini tampaknya menjadi medan pertempuran besar di mana semua orang berjuang untuk penjualan yang lebih tinggi sementara mempromosikan produk yang sama. Semua orang mengacak untuk menemukan komposer terbaik, penata terbaik untuk berkolaborasi dengan dan salon terbaik untuk gaya . Dibandingkan dengan tanpa tujuan mendapatkan popularitas tanpa kepribadian Anda sendiri, aku ingin lebih untuk menunjukkan bakat kami khusus dan pendekatan sukses satu langkah pada satu waktu.
-Taemin menuju umur 20
Ia tidak melepaskan perasaan akrab lagi. Kami menggunakan berpegang pada citra kita dia dari pertemuan pertama kami, tapi orang-orang di sekitar kita terus menekankan bahwa ia sudah berusia 20 tahun. Kita semua bertemu ketika Jonghyun di 6 SD, dan ketika saya masih di 2 SMA. itu tidak mudah melihatsatu sama lain tumbuh.
-SHINee menuju umur 20-an
Kalau saja kita bisa mendapatkan waktu ini seperti Peter Pan. Saya ingin hidup rajin di saat ini, karena kita harus belajar di 10-an kami tapi pesanan kami tampaknya telah diaktifkan. Kita mulai bekerja di masyarakat dalam 10-an kami, jadi sekarang kita kira-kira akan memiliki gagasan tentang apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak harus dilakukan. Apa yang tersisa selanjutnya harus kenikmatan!
-COMEBACK
Saya berharap untuk bertemu teman-teman saya, seperti KARA atauB2ST, tapi sekarang ketika kita pergi ke stasiun penyiaran televisi, sepertinya hanya hoobaes yang tersisa. Apa yang harus dilakukan? Aku tidak cukup nyaman dengan hoobaesmenyapa saya (tertawa).
-Saya Saat Ini
Yang saya lakukan baik. Hidup bahagia, dan bekerja keras. Aku tidak berbicara tentang pengalaman saya berbeda dengan orang lain, tapi aku benar-benar bersyukur untuk bisa mencapai apa yang ingin saya lakukan. Aku tidak pernah menyesal pilihan saya sendiri.
MINHO
-SHERLOCK
Judul lagu kami SHERLOCK remix hibrida yang dibuat oleh amalgamating 2 lagu yang berbeda, ini adalah pendekatan yang sangat modern. Tentu saja dua lagu asli akan dimasukkan ke dalam album. Album ini akan menjadi album yang sangat istimewa yang mencakup gaya ini sangat unik dan menari.
Tingkat praktek

Ke titik di mana saya akan mengalami ekstrem kelelahan setelah melakukan dua kali. Sebenarnya kita memiliki syutingMV besok, yang sangat membuat saya khawatir. Karena kita menari terus-menerus selama beberapa jam. Bahkan jika itu sangat melelahkan, kita harus melakukannya dengan baik.
-Salamander Guru and the Shadows
Oh Da-su, Lee Bing-jun sunbaenim, sebagai hidupku dalam drama sepanjang hidup, saya telah menghabiskan, saya dapat belajar banyak dengan berkolaborasi dengan mereka. Mereka akan membimbing saya bersama. Setelah membuat film dengan Oh Da-su sunbaenim, jika saya terasa sedikit kasihan terhadap adegan, ia akan meminta penampilan kedua segera dari direktur. Aku benar-benar bersyukur terhadap mereka!
4 Tahun
kesan saya, saya adalah masih agak takut terhadap pidato saya dan perilaku saya. Tapi sekarang saya menjadi lebih akrab dengan tahap melalui penampilan dan program. Hal ini menjadi lebih alami untuk saya baru-baru ini, dan saya merasa bahwa saya menunjukkan lebih banyak tentang karakter asli saya sekarang.
TAEMIN
-20 Tahun~~~
Aku berpikir bahwa aku harus mulai menjaga baik-baik diri dari sekarang dan seterusnya. Jumlah Hoobaes juga meningkat, jadi saya perlu untuk menjadi teladan. Saya merasa sangat menyegarkan ketika saya bertemu hoobaes di stasiun penyiaran.
-Untuk Penyanyi Umur 10-an
Ketika saya masih muda, saya juga punya pikiran bahwa ‘Aku tidak dapat mempersiapkan untuk debut sendiri?’ Tidak tetap dalam bahwa status saat ini dari diri Anda sendiri, Anda perlu untuk menonjol dan menampilkan diri. Saya berharap bahwa setiap orang dapat dengan sungguh-sungguh merenungkan.

-Immortal Songs 2

Itu sangat membebani dan sangat gugup.Karena sudah begitu banyak penyanyi yang melakukan dengan sangat hebat.Tapi karena ini adalah kesempatan yang baik bagi saya untuk menyajikan sisi baru dari saya untuk masyarakat, saya gembira bergabung dengan itu meskipun mengetahui hal itu akan menjadi sulit. Jika saya harus memilih penampilan saya yang terbaik, itu adalah penampilan saya Kim Gun Mo -Wrongful Meeting.

-SHINee umur 20-an

Mencapai umur 20 tahun dan saya merasa bahwa saya telah menjadi lebih dekat dengan hyung”saya . Meskipun hanya mungkin 3 tahun perbedaan, tetapi ada generasi kesenjangan antara 10 d dan 20-an. Jadi karena aku di 20-an sekarang, kita sekarang berada dapat bertukar ide lebih nyaman dan bebas.

-Bayangan berada di Umur 20

Saya ingin melakukan hal-hal yang saya tidak bisa lakukan ketika saya masih di bawah umur. Meskipun aku sudah merencanakan untuk mempelajari minum-minum bersama hyungs, tapi kami belum memulai.

Dalam Perspekrif Taemin

Key hyung selalu memiliki rencana ke depan. Dia selalu memiliki jadwal sepenuhnya dikemas hari berikutnya. Onew hyung selalu tidur sepanjang hari. Minho hyung selalu latihan dan sangat energik. Jonghyun hyung terobsesi dengan gym baru-baru ini / Jonghyun hyung selalu di gym akhir-akhir ini. Untuk diriku sendiri???, aku masih sangat hilang. (tertawa) *ngedate sama Kai yaa taeminnn hahahaa 😀

*emang yaaa alis onew tebel banget kkkkkkkk

kor-chi: yoyoyuan

chi-eng :vanessa chun
credit:weareshining

pic: winestara.blog.me

indotrans:souldrina@yeppopo

pic reshared:souldrina@yeppopo

DONT TAKE OUT,RESHARED,OR REPOST!!!

67 comments on “[WAWANCARA+PHOTOS]SHINee for CECI Magazine

  • 1 tahun 6 bulan?! Trnyata lama juga ea aQ nunggu’a *baruSadar*
    SHINee,. Udah banyak perubahan’a d liat dari photo2 d atas, hadh0ch Gag Kuat Lead j0nghyun oppa *gagkuatgagliat mksud’a*, tp? Yg paling banyak perubahan’a TAEMIN oppa,. *cieCieYgMauUmur20*,.

  • wkwkwk alisnya itu lho baaaaang, ngambil dari mana tuh alisnya?? dari bulu domba trs dicelup tinta cumi ya?? hahaha #mirisbangetPerasaan
    apa dari bulu ayam?? jangan babeh, jangaaaaaaan #histeris jangan siksa sodaramu sendiri TT_TT

    haha bener itu lah bulumatanya Onew tebel banget, kayaaaaa #oops #tutupmulut (sbelum diamuk MVP)
    ayang babeh, kan banyak tuh alisnya, boleh donk aku cabut dikit wkwkwk #langsungrontok pan ntar juga tumbuh lagi klo makin dewasa n banyak pengalaman kekeke #bawagunting

  • kyaaaaaaaaaaaaaaaaa….!!!
    cakep2 bgt sih,,,,
    jjong aku mimisan “plakkk”
    betul bgt perkataan minnie yg terakhir,,,key memang penuh rencana,,,kekkeke
    shinee fihgting!!!

  • Mereka keliatan dewasa ya..

    Liat Taemin, badannya udah mulai kekar,,hehehehehe
    Ops,,,Taemin mau belajar minum-minum bareng hyung-deul nya,,gak minum banana milk lagi, dek???

    Eh iya, aku curcol dikit ya??lagi empet banget soalnya, gak tau mau cerita ke siapa…
    Berita album SHINee kan ada juga tuh di yahoo, jadi pas aku baca..eh buset!! Komennya bikin emosi, bener-bener BIKIN EMOSI,,sampe cape aku rempong sana sini buat ngebalasin komen laknat itu..
    Biar lebih jelasnya coba aja kalian baca sendiri, aku gak sanggup ngomonginnya..BENER-BENER BIKIN EMOSI…

    • aku udah baca eonn itu kmaren2 (yg komennya baru nympe 100 lebih lah -___-
      ak gk mau baca komen dari anti K-Pop -__- mereka bahasanya lebih kasar dan kyak orang gk brpendidikan smua, yg cuma bisa berkoar di dunia maya doank, tapi klo dikeyataan pasti mreka bukan apa2
      ak udah benci baca2 yahoo yg isinya ttg K-pop, pasti ujung2nya ada yg ngehina lagi tanpa kata2nya disaring dulu
      aku gk bisa kyak disini ngejelasin dengan tenang dan pikiran terbuka ke mereka, mereka sikologisnya mesti dibenerin dulu dan budaya sopan santunnya mesti di didik dari nol lagi baru ak bakal ikut nimbrung
      klo nimbrung disana ak malah sakit hati sendiri eonn, walaupun pasti kbanyakan dri mreka juga ngedukung kita, tapi satu orang yg nghina dan ngomong kasara itu bener2 bikin sakit hati, dan gk bisa tenang walaupun udah dikasih dukungan dari banyak org

    • Di Ya***,,, ya?? Aku juga pernah tuh nemu yg koment ttg kpop-nya aneh2,,, tapi bukan shinee,, justru suju,, awalnya sih mau ikut nanggepin,, tp mls lah,,, cuma liatin ajj,,,,

      Klo aku justru sekalian liat ampe habis,,, paling ntar-nya cengar-cengir,,, dlm hati bilang gini,, Lu mau ngomong apapun,, emang gue pikirin,,

      yang sabar ya oen,,, tuh Key udd lambai-lambai tangan,,,hehe

      @park eunhye,, belum pernah makan bangku sekolah tuh mulut mrk,,,haha

  • Bener kamu, saeng….
    Aku baru baca sekali, udah kapok,,gak lagi-lagi deh baca berita K-pop disana…
    Memang bener-bener gak punya sopan santun mereka,,
    Mulutnya bener-bener pedes, aku sakit hati sendiri bacanya,,,,

    • ak gk nyangka aja eonn, knp mereka itu gk bisa jaga mulut sendiri, padahal mereka diajarin tatak rama dari kecil, aku gk tau gmana perasaan orangtuanya klo tau anaknya gk beradab, dg gmpangnya ngomong kasar walaupun cuma di dunia maya doank, rasanya miris banget gitu eonn, di dunia maya aja udah kyak gitu apalagi aslinya(?)

      yang ak harepin, moga2 aja tu orang gk bakal nemuin ni blog, ni blog udah adem banget soalnya, yaaa walaupun ada segelntir org yg coba2 buat bkin krusuhan, tapi masih bsa diatasi ma eonni ppopo ^,^

  • Wow……….taemin menginjak 20 an!!!! kok gak terasa ya dia udh dewasa #waktu berlalu sangat cepat# (memutar kembali “REPLAY”)
    tapi nih anak tetep keliatan imut, kayak anak SMP. aw aw aw >_<
    dari tahun ke tahun shinee emng selalu membuat kemajuan yg luar biasa, untuk sherlock jelas banyak perubahan yg terlihat. Kedewasaan dlm bersikap dan berkata (menjawab pertanyaan).
    Aiiiihhhhh………..SHINEE…………DAEBAK………..FIGHTING !!!!!@_@

    • SHERLOCK……………………CAN’T WAITTTTTTTTTTT !!!!!!!!!!!

  • “aku sudah merencanakan untuk mempelajari minum-minum bersama hyungs, tapi kami memulai.”
    aaaa , tidaaakkk . knp taemin pngn minum2 ?
    hiks , dia bner2 udh jdi lelaki dewasa rupanya , nggak ada skrg yg namany taemin dgn rmbut jamur dan sifat polos -_-

    • kekeke salahkan 2 hyung-nya yg kurang kerjaan #lirikJjongKey
      Taemin gk bakal ngotot pengen coba minum2, kalo tiap SHINee buat pesta n Minie gk diajak, Minie gk diledekin ma tu couple jail, Minie selalu diledekin ma tu 2 org klo SHINee mau pesta minum, makanya skarang tu anak melampiaskan apa yg ia inginkan selama ini wkwkwk

    • Kenapa selalu JongKey yang dijadiin biang kerok?? Kenapa??#guncang2 tubuh @park eunhye

      tapi emang sih,, mrk berdua itu trouble maker,,,kkkkkkk

    • hahaha dramatisnya kurang eonn
      mau gimana lagi, mulut mereka bakal gatel klo gk ada yg mau jadiin tumbal, yg bisa diledekin yaaa si dedek #eh?? (bukan dedek lagi sekarang)

  • alis onew dan dahi key mengalihkan dunia ku… wkwkwkwkwk
    kenapa leat foto mereka bukannya kesengsem malah ketawa mulu ya???? *efek stress gara2 tugas*

    • Oennniiiiii,,,, akhirnya kau muncul jugaaa,,, Boghosippo,,#hugeva oen,,,ditendang

      RT,,,,Aku sampe nggak ngenalin lohhh KEY Yg mana,,#istriapakah

      Rambutnya itulohhh,, klimis bangets,, hehe

    • lol nm unn di post pertama beda noh :p

      lucu abis dia kyk gt saeng, kyk om2 gt *plak*
      tp di pict yg “kejar2an” dia cakep yaaaaa *mimisan*

    • Kok bisa oen?? Itu yg atas bikin un barukah?? Tapi potonya samaan,,,hha

      Bening sihh,,, tp nih mata lg terkontaminasi Minho kayaknya,,, ngeliat dia lebih charming akhr2 ini,,,#lockets labil,,

      tp disini jrg flamers nongol ya,,,

    • ga saeng, yg lama. cm td ada problem lol

      unn mah sebening apapun si minong, hati unn cm buat yeobbo key *kedipinkey* *dipoppokey* lol

    • Ooohhh,,, begituuu,,, syukurlah,, akhirnya bisa ngeksis lagii,,hehehe

      Hati sih tetep buat Key,, cuma sekali lirik sana lirik sini GPP dong oen,,#ditampol Key,,

      Tuhh kan,, mulai bikin envy didepan mata,,#tarik Key bawa lari,,,

  • Kyaaaa,, Paling gemes sama Jawaban Taemin,,

    saya ingin melakukan hal-hal yg tidak bisa saya lakukan ketika masih dibawah umur”

    Cie,, cie,, yang sekarang udd ngerasa dewasa,,, gx perlu dikucilkan klo mau nonton film, gx perlu cuma minum cola atau jus do’ang klo hyung ngajakin minum2,,,

    Key ngerasa risih ketemu hoobae?? Kenapa Key???

    Alis Onew tebal?? Masa sih?? Coba lihat sini??#tarik wajah bang Nyu-nyu,,,

    Sebenarnya pengen koment-nya masih banyak lagi,,, tapi bingung ngungkapinnya,,, terlalu banyak hal yg diterima dr artikel diatas,,,

    Tranformasi mereka total,, tak ada lagi kesan imut N freshly ala remaja gitu,,, #udah 20 woy,, 20,,,

    • yeaaaaah sekarang taemin bebaaaaaaas
      tapi jangan mpe kesenengan maboknya kayak si Key #tabokKey wkwkwk

      iya sih, si Key keliatan banget klo ada hobae sekitarnya, jadi rada kayak jutek aku ngeliat dianya, aku pikir si Key itu canggung (bingung mau lakuin apa lebih tepatnya), dia gk biasa ngomong sopan ke yang lebih muda, kyaknya dia lebih enakan ngomong blak2an ma hobae, tapi si Key pasti bingung juga orang dia gk kenal sama hobae2nya yg sekarang (secara SHINee diluar Korea trs, jadi gk bisa kenal satu persatu, skrang sekalinya balik udah bejibun aja hobae)

      Key itu sifatnya orang yg gk suka basa-basi, jadi mau ngomong sekenanya (se enak jidat dia) takut disangka sombong (inget Key selalu narsis kemana-mana) songong mentang sunbae (inget Key yang ngebossy, klo yg udah kenal biasa lah yah liat Key yg ngamuk dan pengen macem2 dan semua orang mesti nurut wkwkwk, apalagi kalo udah ceramahin minie haha) daaaan lain lain

      klo Key gk mau risih lagi, mesti ada orang ketiga yang nemenin dia deketin hobae, dia jadi pendengar dulu aja, ntar juga lama2 jadi ikut nimbrung

      semangat mamiiiiih ^_^ aku temenin mau?? #dilirik@vikeykyulovEonni kekeke

  • alis tebalnya onew, gimana gituuu..

    rambut klimisnya key ngalihin dunia banget,,
    ampe nggak ngenalin suami sendiri #eh

    absnya jong ngalahin minho, OH GOD..

    rambutnya minho lurus banget, kya jarum-jarum gitu dah #plak

    uri tetem udah dewasa, 20tahun..
    ayoo lakukan hal-hal yang tidak bisa kamu lakukan ketika masih dibawah umur :p

  • Tnang Onew syang, alissmu ttp indah di mataku..
    Psti Onew sring mrah sm Key, soalnya Key kan emang brsikkk!!!

    Jjong bener lagu to your heart keren bgt!!!

    Key ngga nyaman waktu hoobaes menyapa, dasar rempong!
    Sapa balik aja ihhh..

    Onew tidurr mulu?? Ga papa deh, ayo bobo breng #plak

  • Uri taeminnie bakal mempelajari minum-minum brsama hyungnya !
    jangan yeobo bentar ta tidurin kamu diluar rumah hhaha #kissuetaem

  • ituuuuuuu kumis pindah di jidad ??!!!! bhuakakakakakakakaka astajim bang UNYU !!!!
    kagak bisa brenti ngakak hadeh lier euy…. alismu merontokkan gigiku bhuakakakakakaka tapi tetep cinta kok bang tenang aja….

    Yah !!!! taemin !!! sini-sini kita minum soju bareng hayoooo*gubrak

    absnya bang Jonghyun ya oloh…. *glek napsu eike !!!!!*PERVERT !!!

    bang Minho , bibirmu bang sekseh komsumseh……

    Emaakkkk Key itu minyak gorengnya jangan diabisin buat nglimisin rambut !!! tahu tempenya mau digoreng pake apa ????

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: