[News] Para Reporter Mengungkap Kenyataan Kelam di Balik Aktivitas2 Sasaeng Fans

Published 16/03/2012 by kikawaiii

Sasaeng fans selalu menjadi pusat kontroversi dalam budaya K-Pop, khususnya dengan skandal2 terbaru yang melibatkan JYJ. Para reporter merencanakan untuk mencari tahu lebih dalam mengenai kemunculan sasaeng fans dan apa yang mendorong mereka melakukan hal2 yang mereka lakukan.

Pada 14 Maret, para reporter tiba di depan salon kecantikan di Cheongdamdong, Seoul, suatu tempat yang biasanya dipenuhi oleh sasaeng fans ekstrem yang berharap menemukan bintang2 favorit mereka setelah keluar untuk bekerja. Tempat itu hampir kosong, setelah kontroversi2 terbaru yang melibatkan JYJ menyebar di media.

Seorang sasaeng fan bernama ‘Kim‘ (18) yang menunggu di depan salon mengekspresikan,

“Sejak kontroversi itu, semua orang berusaha untuk menahan diri. Meski begitu, kami tak akan pernah berhenti.”

Para reporter juga bertemu dengan 4 sasaeng fans setelah mengelilingi salon2 di 4 area populer yang sering dikunjungi para selebriti. Reporter2 itu duduk dan berbincang dengan sasaeng fans untuk menggali lebih dalam.

Mereka mengungkapkan,

“Bintang2 populer memiliki 500-1000 sasaeng fans. Nama2 kami harus dijaga tetap anonim karena jika sasaeng lain tahu bahwa kami bertemu dengan media, kami akan diusir.”

Seorang sasaeng terlihat di luar sebuah agensi entertainment, melihat ke dalam sebuah van untuk mengecek apakah seorang manajer ada di sana. Tiba2, dia mengeluarkan ponselnya dan berbincang via KakaoTalk dengan teman2 sasaeng fans lain, memberitahu mereka apa yang dia temukan.

Kim (18) mengungkapkan bahwa sampai sekolah dasar, dia hanya menonton performance2 TV bintang2 favoritnya. Dia membeli album2 dan bergabung dalam fanclubs mereka, tapi sayangnya dia diasingkan di sekolahnya sendiri, yang memicunya untuk menggali lebih jauh dan lebih jauh lagi ke dalam fanclubs.

Dia lalu mulai menulis fanfiction tentang sasaeng yang jatuh cinta pada idola2nya, seringkali bahkan percaya bahwa cerita2 itu menjadi delusi nyata. Saat SMP, dia mengejar idolanya dengan sebuah taksi untuk pertama kalinya, yang menjadi awal aktivitas2 sasaengnya.

Dia menyatakan,

“Kami bersenang2 hanya dengan diri kami sendiri. Selama ada oppa, kami yakin kami adalah satu.”

Jung (16) telah menjadi seorang sasaeng selama 5 tahun. Area2 yang sering dia kunjungi adalah asrama2 para idolanya, ruang2 latihan, dan salon. Karena dia sudah mengikuti budaya ini dalam waktu lama, dia sudah mempunyai sebuah grup yang diajak jalan2 dan berbagi informasi melalui KakaoTalk. Teman2 sasaeng-nya akan segera berkumpul begitu mendengar sinyal2 darinya.

Meskipun bergerak dalam sebuah grup, ada persaingan ketat di dalam grup untuk foto2 spesial dan eksklusif yang mereka berhasil dapatkan dari oppa2 mereka.

“Kami mengecek blog masing2 dan melihat foto2 dan entry2 blog. Semakin eksklusif isinya, semakin banyak pengunjung yang kalian dapat, jadi ada banyak persaingan.”

Lee (15) menghabiskan sekitar $1,000 USD (sekitar 9 juta rupiah ) sebulan untuk aktivitas2 sasaengnya sendiri, yang kebanyakan digunakan untuk membayar taksi2 yang membuntuti oppa2nya.

Menyewa sebuah sasaeng taksi selama sehari menghabiskan $300 USD (sekitar 2,7 juta rupiah). Dia mengumpulkan uang dengan bekerja paruh waktu di sebuah toko dan penyewaan buku2 komik, juga menabung sekitar $500 USD (4,5 juta rupiah) yang biasanya akan dipakai untuk kelas2 setelah sekolahnya.

Dia mengungkapkan,

“Saya mendengar bahwa ada juga seorang gadis yang menjual dirinya (menjadi pelacur) agar mendapat uang untuk aktivitas2 sasaengnya.”

Sasaeng fans biasanya tidur atau menghabiskan malam di ruang2 PC. Beberapa dari mereka bahkan akan menggelandang selama musim panas dan membolos sekolah. Sasaeng fans ekstrem bahkan sampai benar2 keluar dari sekolah.

Kenyataan menyedihkan adalah ada jasa2 taksi, sebagaimana yang disebutkan di atas, yang khusus melayani sasaeng fans. Taksi2 khusus ini akan ngebut sampai kecepatan 200km/jam untuk mengejar van2 yang ditumpangi para idola.

Taksi2 sasaeng bisa ditemukan sedang menunggu di sekitar luar asrama2 selebriti atau gedung2 siaran untuk mendapatkan fans baru dan putus asa.

Kim (37), seorang supir taksi sasaeng selama 4 tahun, mengungkapkan,

“Saya dibayar $30 USD (sekitar 270.000 rupiah) per jam. Sulit untuk berhenti karena kalian bisa mendapat banyak uang karena itu. Saya mengantarkan sasaeng sekitar 2 hari dalam seminggu.”

Supir2 taksi lain dibayar $500 USD (sekitar 4,5 juta rupiah) untuk jasa 9 jam.

Kim menjadi seorang favorit di kalangan beberapa fans dan sudah banyak yang menggunakan jasanya selama bertahun2. Beberapa supir taksi akan benar2 mengirim pesan ke sasaeng2 baru tentang keberadaan idola2 mereka untuk membujuk mereka agar menggunakan jasa2 mereka.

Fans kemudian ditanya tentang kebencian dan kritikan yang mereka terima setelah skandal dengan JYJ menyebar di media.

Park (18) menjawab,

“Ada aturan2 di antara kami sendiri bahwa kami harus menahan diri. Fans yang mencoba mencium oppa melanggar aturan kami. Saya dengar fans2 tertentu itu diserang oleh sasaeng fans lain karena melanggar aturan.”

Park juga mengungkapkan bahwa dia merasa sedih atas pandangan negatif yang orang2 miliki terhadap orang2 sepertinya.

“Tidak mungkin para oppa bisa berada di tempat dimana dia berada sekarang (maksudnya menjadi sepopuler sekarang) hanya dengan menyanyi dan ngedance. Kami memberikan mereka dukungan yang mereka butuhkan agar menjadi populer. Para penyanyi adalah selebriti. Inilah cara bagaimana mereka menghasilkan uang.”

Setelah semuanya yang masih sulit untuk dipercaya, ada perusahaan2 nyata yang bisa fans sewa untuk memata2i dan mengawasi aktivitas2 para oppa mereka sepanjang hari.

Salah satu official perusahaan semacam itu mengungkapkan,

“Sasaeng fans adalah penguntit. Mereka tidak normal, mereka menyebut2 tentang membunuh seseorang, dan bahkan diri mereka sendiri. Beberapa dari mereka bahkan meminta kami untuk mencari tahu apa warna pakaian yang idola2 mereka pakai saat tidur.”

Seorang sasaeng bahkan menawarkan $100,000 USD (sekitar 900 juta rupiah) jika perusahaan bisa mencuri pakaian dalam idola mereka.

cuma satu kata buat sasaeng fans & taxis : PSYCHO! >< #murka

bener kata Jaejoong, mereka nyanyi bukan untuk sasaeng fans, tapi untuk fans yang tulus n normal mendukung mereka. fanatik berlebihan emang jatuhnya ngeri ><

teenagers,, akan lebih baik klo energinya disalurkan untuk hal2 yg positif : mencetak prestasi n bikin orangtua bangga gtu 🙂

Source + Photos: Joongang + Oh My News via Naver

credit : allkpop

indo trans : kikawaiii @yeppopo

DON’T TAKE OUT!

137 comments on “[News] Para Reporter Mengungkap Kenyataan Kelam di Balik Aktivitas2 Sasaeng Fans

    • 1 word PSYCHO
      ortu2’a emang pada ngga tau apa aktifas ank2’a d’luar ????????? adohhhhhhhhhhhhhhhhhhhh ngeri gw ato napa ngga sekalian buat badan konsultasi u/ saseaeng2 yg posesif ama artis’a biar bisa lebih wajar gitu mana tau bisa membantu

  • sasaeng sakit jiwa kali ya.
    buang-buang duit sebanyak itu cuma buat ngelakuin hal-hal ga berguna kaya gitu.
    mending itu duit disumbangin ke org yg lebih membutuhkan, kaya yg dilakuin fans-fans normal yg lain.

    • iya.. aku juga mikirnya gitu,, uang sebanyak itu cm d gunain buat hal hhal yg g bgt deh,,,
      bagi pmikiran qt yg masih waras,, prbuatan mrka emg bikin kita ngrasa “ni orang dah gila kali ya?” tapi bagi mrka klakuan2 mrka tuh d anggap suatu cara untuk menyenagkan dan memuaskan diri sndiri…

      psyco bgt deh,,,
      dasar pemikirannya itu lhoh gmn yah,,,
      90 jt melayang sia sia…

    • seSuju..
      kayak fans lain gitu nyumbang apa kek buat yang membutuhkan dengan atas nama artis kesukaan mereka gtu kan lebih baik dan berguna dan bikin si artis bangga apalagi ortunya…
      *huehehehe… sotoy..

    • Sasaeng fans di KOREA pd gk tw arti dn cr mghmt uang…*mang q sndr bisa?…*
      Lo’ q punya uang brpuluh” juta ky’ mrka mgkn q bkln ksh itu uang ke tmpt sumbgn” bnjir yg da di IND*so’ peduli* drpd dibuat ngjr pr idola…ya lo’ ktmu msh bs sdkt trobati itu uang…Tp lo’ gk ktemu..khan syg uang sgtu banyak terbuang sia”…
      Lgpla dgn cr Sasaeng fans yg ky’ gt idola mrka bukan jd suka mlh jd PYCHOS ma mrekA……
      Aku brdoa moga Sasaeng fans KOREA akn brkurg trutama buat Sasaeng fansnya JYJ..AMIEEEEEEMMMMMMMMMMM………………..

  • GILA SUMPAH!!
    GUA NGABISIN UANG SEBANYAK ITU DITABOK MAMA>< YATUHAN, UNTUNG GUA TINGGAL DI INDO JADI GA JADI SASAENG JUGA T-T *drop*

    Fanatic yah ia, tapi kalo sampe mencelakakan juga kan namanya menyakiti. sewajarnya aja lah-_- kalo sampe segitunya juga LEBAY!

  • yg aq hran disini adlah orangtua.apa ortu mrka tdk tahu atau emang g mau tahu.gla umur 18 tgn n jd sasaeng 5 thn.n mulai sd.busyet ank kecl i2 mamen.

    • aku stuju bgt chingu…emang ya mrka tu “berbeda” dengan kita..tapi ga bnr juga sih…aku aja yg suka (tapi cm skdr suka,kl masalah beli ato ngluarin uang masih bisa ngerem) gitu aja udah agak sering dimarahin mamaku..apalagi ssaeng..wah gila..ckck

    • Buat bli posternya aj hrs ngmpulin uang jajan…
      Ap lg lo’ q jd Sasaeng n hrs ngluarin uang sbanyak itu…
      Bs” q di gantung di pohon mangga ma ibuq….

  • Ngabisin duit segitu banyaknya…
    Itu bisa buat nonton konser k-pop idol gw berapa tahun???
    EDAN EUY~~~

    Tp tetep, mending buat naikin haji ortu… u,u

    • stuju chingu
      mnding ntu duit bwt brngktin ortu n klo bs sklwrga naik haji
      lbh barokah n g mubadzir

  • wah kayak’y temen gue juga ada yang mau jadi sasaeng tuh untung’y tinggal di indo jadi msh bisa nahan diri walaupun suka kejer juga
    hiiiiii

  • setelah uda mly gede baru dh mereka nyadar,
    tp psti terlambat…mrka tlnjur menghabiskan masa muda buat hal2 yg gk penting -.-

  • mereka itu terlalu gila..
    Idola mereka kan juga butuh privasi
    kalau mereka ikutin apa gak kasian sama idolanya yah..
    tapi rugi juga 900jeti cuman buat celana dalam,

  • wahhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh bener2 gila kelewat ekstrim ihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh gw jadi ngeri !!!!!!!!!!!!!!!!!!! emang ortu’a pda ngga tau gitu aktifitas ank2’a d’luar ckckckckckckckckckckckckckckkckckckcckkk

  • #ngurut dada
    Ampun deh adek adek ==
    Kecil2 udah pada jd psycho . . .

    Org tuanya apa pada tutup mata, tutup telinga, ama tutup mulu yah?
    Anak2 nya kaya gini qo ga ada kontrol sama sekali. . . *geleng2

  • oot dulu jadi rindu dream concerto yg penuh lautan merah T____________T

    Alhamdulillah krn kontroversi JYJ berhasil buat sasaeng nahan diri walau belum bisa d hentikan.
    Sasaeng blg mreka memberikan dukungan yg idolanya butuhkan agar menjadi populer. LOL
    Bukan dukungan tp rasa stress dan frustasi buat idolanya. Menjadi populer??? LOL tanpa kalian idola2 sdh populer, kalian hanya buat citra mrk jelek dan d jauhi fans yg tdk tau arti sasaeng sbnrnya.

    • setuju mereka bukan fans, klo fans tu buat nyaman idolanya… aigoo psycho tu sasaeng…

  • Anjirr MENGERIKAN!
    ya ampun yg d wawancara pada berumur belasan taon,astagadragon mau jadi apa kalian ini adek2 labil??
    idola tetep manusia biasa yg juga butuh “ME TIME” ah please ngeri banget neh fans fanatik gila macam di korea ini, kasian idola2 disono, pengen tak OSPEK satu2 tuh fans2 gila..
    *save our BIGBANG*
    *TOPGDYBDAEVI kalian harus terbebas dr fans gila macam ni*

  • gila……sampe’ segitunya kah..??
    uang yang dihabiskan tu lho…..aq ja buat beli album BIGBANG mengkis2..
    itu malah buat sewa taxi dan buntutin idola…

    #hadang sasaeng
    #todong pakek pisau
    *SERAHKAN UANG KALIAN*
    😀 😀 😀 😀 😀

    • sampe rela puasa berbulan2 gue mah..
      sampe ngorbanin demi nilai 100 di kertas ulangan.. .__.

  • GILA……….!!!!!!

    #kasian para idol hrs diiikuti trs ama sasaeng nya, hrs hdp dibwh tekanan dan rasa tidak aman#

  • Seperti yang ku bilang sebelumnya…..sasaeng itu berisi anak2 ABG belasan tahun yang super labil…..tapi di atas semua itu,sangat heran sama ortunya….kenapa bisa membiarkan anak mereka jadi orang psycopat kayak gitu….bukankah anak usia belasan tahun masih dalam pengawasan ortunya ya?kesimpulannya cuma 1 menurutku…mereka gak ada landasan agama yang kuat…..jadi gitu deh….beruntung aku tinggal di Indonesia yang Alhamdulliah agamis…jadi gak ada kejadian kayak gitu di sini…..amit2 deh sasaeng itu…..

    • walopun di korea banyak yang gak beragama tapi norma di sana kuat banget unn,, norma disana kayak agama di sini. jadi kembali ke orangnya menurut saya gak ada hubungannya ma agama..

    • like this comment unn,.
      bayangin msh belasan tahun klakuanya dah kea gt,. ortu mrk emg dah ga ngurusin lg gt ??
      aq kalo telat pulang sekolah aj dah di telpon sana-sini ma ortu. nah ini mpe sgitu parahnya…

    • iye,,jadi inget jaman dulu(baca:SMA), ngabur pulang sekolah,sampe rumah di hadang depan pintu trus suruh cerita detail ngapain aja selama ngabur,,itu aja udah bikin kapok, udag gede padalah,,lah itu,,anak bau kencur tingkahnya dah kayak gitu..

    • 90 jt?? .__. itu kan harga rumah eke.. .__.
      lumayan tuh buat bayar kos guru MTK gue yang nunggak…

  • orang tuanya pada kemanaa……..
    masa jadi sasaeng fans dari SD.. sejak umur 11 taun……..-_______________-
    gak bisa bener” nyalahin tuu para fans juga.. faktornya bsa macem” sih,,

    • Ato mungkin kbiasaan sasaeng itu mrka dptkn dr kbiasaan ortu mrka dulu…
      Moga aja nggak…
      Amit” dech q n kluargaq jd sasaeng mcm itu….

  • ortu n keluarga meraka kemana ya pe dibiarkan jd gt..ckckckck..
    semoga smpe saat ini BiGBANG ga punya sasaeng fans….cukup VIPS aja de…

  • Sakit Jiwa!!!! Gak Waras!!! Mereka (artis) populer memang salah satunya karena fans, tapi bukan hanya fans yg membuat mereka populer. Tapi dari diri mereka sendiri, bakat yang mereka punya, kerja keras, dan semangat mereka. Salah besar banget nih sasaeng fans mengartikan mereka lah yang membuat suatu idola terkenal, tanpa adanya mereka (sasaeng fans) kalau mereka emang berbakat pasti bakal populer.

    Ngebayangin jadi artis yang gak punya privacy, stess banget pasti 😦

  • itu sih namanya bukan fans tapi orang sarap.. yg namanya fans itu bikin idolanya nyaman bukan malah bikin idolanya illfeel..
    gila.. gila..ckck

  • Apa gue kata… mereka tu emg psyco…!! D<
    Pantes aja bnyak Internasional fans yg walaupun tau n bisa bahasa Korea (hangul) ogah msuk ke komunitas yg di Daum(?) soalnya kbanyakan isinya blog2 sasaeng gila2!

  • sayang banget ya itu sesaeng kehidupannya hanya kyak gt gk ada tujuan yg pasti. Sementara harusnya mereka bisa jd fans yg baik tanpa harus jd seperti FISIKOPAT…… semakin tau sesaeng jd semakin benci. Jujur aja artis2 itu pasti depresi tingkat dewa karena dah dianggap kyak kriminal gt kemana2 diikutin terus menerus….

  • 900 jeti buat ngambil celana dalem idola????
    mending tu sesang ngabisin 900 jeti buat beliiin celana dalem baru , ngapain ngabil yg udh pernah dipake, yg dy beliin jg nanti pasti dipake, udh tau lagi warnanya.

    pabo banget tu sesang, pantes aja jadi BEGO, wong jd sesang sejak SD, jadi pas SD kg belajar yg bener.

  • sarap!! orang gila yang sampe segitunya suka sm sesama manusia!! suka boleh tp yang wajar…. istighfar aja sm yang gituan.. mendingan sekolah yang bener, jadi wanita kalem kali aja tu idola kepincut!!!

  • nanti dulu tuh ssaeng ga mikir yah…
    klo gw punya duit sebanyak itu drpd gw capek n buang2 waktu ngikutin idola gw… mending tuh duit gw kumpulin buat gw pake ngundang mereka nyanyi di pesta gw… kan enak tuh malah ngedengrin langsung mereka nyanyi…. hadeeuhhhh…. *tepok jidat*

    emak bapaknya juga…. ga pernah ngajarin mreka berbagi n memanfaatkan waktu tuk hal yg lebih berguna…. hadeeuhhh… *tepok jidat*
    mo lo ngabisin duit sebanyak apa pun buat ngikutin idola toh blum tentu mreka juga ga bakal ngurus hidup lo klo suatu saat lo kesusahan…. hadeeuhhh *tepok jidat*

    ngomong2 soal FF, gw sering banget baca FF yg rating NC-17 ttg gimana fans menjadikannya dirinya tokoh utama dan menjadi “u know lah” si idola dan sering melakukan “u know lah” dgn sang idola…. maaph2 sblumnya tp bagi gw juga fans seperti itu juga menyeramkan… *no offense*

    • bantuin tepok jidat..# pake palu

      kalangan sasaeng banyak yang dari kalangan keluarga kaya,,mungkin kayak di Indonesia tercinta ini, orang kaya (sebagian) sibuk ma bisnisnya,,anak di serahkan ke ahlinya.
      bagi sasaeng uang sebanyak itu sudah termasuk berbagi (sama sopir taksinya) dan bermanfaat (kesenangan pribadi).
      ngajarin sasaeng untuk hidup sebagai fans normal mungkin sama susahnya bagi sasaeng ngajarin kita jadi sasaeng…

    • iya yah…. ngajarin hidup normal ke sasaeng sesusah mreka ngajarin kesenangan sbg sasaeng ke kita2 yg normal… brarti intinya mank mreka ga normal… 😀

      hadeeuuhhh *tepok jidat lagi*

    • sepakat soal FF.. aku juga mikir ‘budaya’ ini rada ‘mengkhawatirkan’ -__-
      terus terang rada khawatir aja, apalagi ada contoh dr kasus di atas,, walau itu contoh yg sangat ekstrem. berawal dari delusi2 fiktif takutnya ntar lama2 mempengaruhi psikis @__@

      intinya kembali lagi, ngefans sewajarnya aja. yang berlebihan justru ngeri. #IMO ^_^

    • setuju sama onni soal FF itu….kadang yang ngk habis pikir, mereka bikin rating NC-17 tapi authornya sendiri masih di bawah 17 tahun…ditambah mereka bisa banget gitu menggambarkan cerita NCnya itu dengan mendelusionalkan dirinya dengan si idol +______+ *tepok jidat pake duit kkkkkkkkk

    • LOL.. cieeee… oppa mw diajak dangdutan di pesta nya un lia. wkwkwkwk …

      klo aku punya uang sebanyak ntu,, sudah sy jadikan MAHAR (?) buat ngelamar Daesung .. 🙂 *ini bukan tindakan sasaengkn??

    • @Big_dae segitu gue sih jadiin mahar buat nikahin Youngbae.. .__.,btw,kapan nikah ama Dae unn?

    • sama unn,.. aku sih belum berani baca FF yang ada cast cewek, apalagi yg 17+, aigoo, mau itu si penulis atau bukan, nggak rela,.. Kalaupun harus baca yg 17+, yg homo aja deh, biarin,…. biar hati ini nggak mecak2 dan nggak delusional kemana2, soalnya udah jelas2 mereka kan nggak homo, jadi nggak mungkin delusional,….

      btw, emang bahaya ya, kalau bikin FF diri sendiri ama idola, naudzubillah. Ngebayangin sendiri aja udah serem, apalagi kalau ditulisin, dipost lagi, apalagi kl banyak yg suka. >>,<<<

  • Ya Allah, ini sasaeng fans nekat. Mau-mau aja bolos sekolah bahkan keluar dr sekolah demi ngikutin idola”nya. Ya wajar lah, rata” kan umur sasaeng fans belasan tahun yg umumnya masih labil kyak saya :p tapi klo masalah idol, ga bakalan lah gw kayak gitu, ngorbanin sekolah gw. Ortu nya itu ga merhatiin anaknya gitu? kalo ortu gw mah pasti marah” kalo kyk gitu. Ortu gw aja kadang kadang nentang bgt gw suka korea T~T

  • Gimana ga dipandang negatif =.=
    situ aje serem bener nguntit nya o,O
    jadi sasaeng ekstrem tp masih bisa kerja? bagi waktu nya gmn? *plak
    sasaeng fans saling saingan jga? hati2, salah2 jd korban dibunuh saking iri nya .____.

  • gembel banget tuh ssaeng, bener2 psycho..!! gue cukup dgn mendonlot dan nonton di lepi aja udah dikatain stress akut sama yg non kpopers, eh, gimana itu yg nguntit kmana2..

  • aish, sasaeng fan itu ada ada aja. lebih labil daripada alay jaman sekarang. 😮

    kalo emg punya duit segitu mah, kenapa gg buat latihan vokal ama nari, terus ikut trainee di agensi yg sama kayak idola mereka.
    meskipun frekuensi ketemu bakalan jarang, tp ttp ada ikatan. satu agensi gitu. terus berusaha untuk bs debut. biar bisa sepanggung sama idolanya.

    gile bener, itumah psikopat namanya kalo ampe pengen tau daleman idolanya. kasian kali itu idola idola yg gg bisa tidur nyenyak gara” kebebasannya gg terjamin.

    ish, aku sendiri gg bisa bayangin. kerja paruh waktu, duitnya cuma buat nyewa taci terus nguntit idola? oh kemoonnn -,-
    mending disimpen, buat nntn konser, beli tiket yg paling deket ama idola ama beli albumnya.

    emg, segala yg berlebihan itu emg gg baik. antis atopun sasaeng itu termasuk contohnya.
    berlebihan sebelnya jg jelek, berlebihan sukanya jg gg baik.

    untuk oppadeul dan unniedeul yg ada di sana. jg diri baik” yak :’)

  • ya ampun mereka ‘sakit’ kali ya?
    nggak habis pikir deh. toh idola mereka malah jadi takut sendiri distalk sampe kayak gitu.
    mending uangnya buat sekolah.

  • sadis2 banget dah para sasaeng fans ini coba adem ayem aja pasti oppadeulnya pada seneng liat fansnya akur..masa sesama fans slg saingan sih hrsnya kan saling ngedukung…90 juta perbulan BUSSYEEttttttt dah 90 jutee bo perbulan mending dkumpulin aja uangnya lalu belidah perusahhan yg ada artis idolanya#plakk ajaran sesattt hooo#..

  • heran deh sama sasaeng fans, kenapa uang sebanyak itu cuma dipake buat bayar taksi utk ngikutin idola mereka ? itu mah sia-sia.. gak akan dapet apa-apa..
    mening uangnya ditabung utk hal2 yang lebih berguna..
    sasaeng juga ada yang sampe bolos sekolah sama keluar dari sekolah ya ? ya ampun… walaupun ngefans banget sama idola mereka, seenggaknya mereka juga peduli lah sama pendidikan mereka.. nanti pasti nyesel banget deh =.=
    semoga aja sasaeng fans pada nyadar deh apa yang udh dilakuin mereka selama ini.. ckckck

  • bahkan ada sasaeng yg rela jd PELAC*R ???
    MIRIS !!!

    hidup kalian ngga bakala d hormati kalo kalian ngga menghormati hidup org lain !!!
    terlalu terbawa fantasi…

    btw,,
    itu foto jeje lagi tidur trnyta hasil jepretan sasaeng..
    dan clana dalem changmin pernah d colong sasaeng..
    ampuuuuuuuuuuunn deh !!

    • poor celana dalem changmin T.T
      pasti yg ngambil menderita fetishisme paraphilia.
      gmn skrg nasibnya itu celana dalem? pasti suram. sering dipake buat……… aaaaaaahhh andwae ga mau bayangin.

  • mereka sakit jiwakk tau gak (alay) ..
    ngapain jual diri cmn bwt nguntit fans?? ortu mereka gmna? trus klo yg msh 15 th gedenya mau jd apa coba klo gk skolah? astagfirullah.. *sabar*

  • cman bsa bilang OMG O.o bca ni kalimat “Saya mendengar bahwa ada juga
    seorang gadis yang menjual dirinya
    (menjadi pelacur) agar mendapat
    uang untuk aktivitas2 sasaengnya.”….itu gmna perasaan org tuanya coba -___-…anak udh dbsrin susah2 mlh pas udh bsr mlh jdi kyk gtu cman buat jadi sasaeng

  • ya ampuuuun klo punya duit ratusan juta kyak begitu, mending gewe beliin mobil dah atau shoping klo buat hal yang gk berguna, walaupun ngabisin duit cuma buat shoping doank, tapi bisa nikmatinnya gitu, dan itu nyata hasilnya, walaupun juga hambur2in duit buat shoping itu gak baik, tapi klo buat byar taksi cuma sekedar nguntit ambil foto nyuri barang org, itu bener2 gila, bukan cuma gak baik tapi buruk banget -____-

    Akal sehatnya udah ketutup sama obsesi semu aja yang dateng cuma sesaat. Coba ntar gimana klo idol2 udah pada kawin?? masih mau nguntit juga?? mpe kapan?? atau mau berenti?? lah rugi banget, jadi selama ini??? jadi AYAMKU?? hahaha
    hadeeeeh -____- aku malah kasian ma orangtuanya, ckckck

  • Wah wah, udah kelainan jiwa nih.
    Buru – buru ke psikiater deh sebelum terlambat ._.v.
    Tapi ada typo min, $1.000 kan cuman 9 juta -.-“.
    Baca fakta2 tentang sasaeng ini bener2 mengejutkan loh, mereka kayak gak punya orang tua.
    Bahkan rela jadi gelandangan, bolos sekolah, dan tidurnya di ruang2 PC.
    Yang jadi pertanyaan, Dimana ortu mereka?? Persis kayak di drama2nya ya, parah.
    Tapi masih ada juga yang melegakan.
    “Ada aturan2 di antara
    kami sendiri bahwa
    kami harus menahan
    diri. Fans yang mencoba
    mencium oppa
    melanggar aturan kami. Saya dengar fans2
    tertentu itu diserang
    oleh sasaeng fans lain
    karena melanggar aturan.”
    Tapi yang gak habis pikir itu, untuk celana dalem ada yang berani bayar 900 juta?
    Jeongmal micheosseo!!.

  • kasihan… mereka sakit dan butuh pertolongan.. kekurangan kasih sayang dan perhatian…
    aku sama sekali tidak membenarkan apa yang mereka lakukan.. tapi,,aku benar2 kasihan pada mereka..

  • wahai KBS n para antek2x yg mngtkn “sasaeng itu shrsx jg d anggap sbg fans”
    baca nih brita n fakta *hah plg jg g d bc n b’usaha nyari pmbnrn sndri
    haduh duit sgtu bny bwt nguntit artis
    mnding ksh k gue ja bwt biayain pnlitian biar cpt klar, lu2s n dpt krja

  • ngerti kalo tanpa fans si artis gabakalan bisa terkenal.
    tapi bukan gitu juga caranya aduuuuh mbaaaak !!
    si artis lebih suka sama fans yg tulus ngedukung mereka tanpa ngerusak privasi mereka.
    trus 90 juta ?!?!?!?!>

    daripada digunain untuk hal2 GJ macam itu , MENDING KASIH KE AKU AJAA!! Itung2 sedekah kan?
    ahahah

  • sesaeng = PSYCO :-/
    aku jadi kasian sama artis yg d untit sama sesaeng fans. kaya jyj.mereka jadi serba salah. mereka uda pasti ga nyaman diuntit kmana2 ma para sesaeng (psyco #sorry).siapa sih yg nyaman di ikutin kmna2 ?,bahkan ampe ada yg mau nyuri clna dlm segala. tp kalo mreka marahin tu si sesaeng,ya jdina scandal kya jyj sekarang ini dan yg d rugiin ya lagi2 si artisnya. oke mungkin karena fans artis it jadi lebih trkenal. tapi sesaeng (psyco #sorry) it malah ngerugiin si artis. artis juga manusia biasa yg perlu personal life. kalo mereka blng mreka nglakuin semua ini demi si artis, krna mereka cinta sama si artis ini. maka ini salah besar. kalo emang mereka bener2 cinta dan tulus,ya kita cuma perlu ngedukung apapun pilihan yg diambil sama idola kita. meskipun kita ga suka. tapi kan yg ngejalanin mereka bukan kita. kia cuma perlu ngelindungin mereka dr antis yg benci nya kelewat. dan ngedukung apapun keputusan yg di ambil idola kita.

    mian aku malah coment panjang lebar.^^
    abis ak a abis pikir sama para sesaeng itu. :-/

  • 90 juta per bulan???????? WOW mantabhh…

    aku bisa nilai sisi2 positif dari sasaeng ini..

    Positifnya : Tekadnya besar banget bisa ngehasilin uang segitu dengan kerja keras (jujur salut dibagian yang ini) tapi tidaaakkkk pas bagian ngebuntutin artiss n bagian psyco2 yg laen… mending uangnya buat MAKAN..

  • emang keterlaluan tapi sebenernya sasaeng fans, skandal, kehilangan kebebasan itu semua resiko artis sih, jadi itu merupakan hal yang ga bisa ditolak, makanya jadi idol itu ada enaknya ada engga nya tergantung idol nya sendiri yang kudu bijak menyikapi.

  • Ngeri banget…
    RT lah sama autor satu kata untuk mereka “PSYCO”

    Beruntung banget kita tinggal d Indonesia yang punya akar budaya dan agama yang kuat…karna menrurut ku Sasaeng Fans adalah orang2 yang tidak punya pegangan Hidup…#just my opinion

  • Bca ni artikel ampe abis cm bs nganga lbar. . . . . 9 jeti cm bwt ongks taksi bwt nguntit omigot. . . . .
    Psikopat ==”
    krja paruh wkt brnti skolah #what???
    Mnding t duit untk investasi d’bursa sham noh =3=

  • ya ampunn.. ada gitu ya persatuan para fans fans yang fanatik. ah.. gila banget. nguntit idola mereka sampai melalaikan kewajiban??? whow..
    ngeri juga..
    kasian tuh para idolanya kalo punya banyak sasaeng. bisa sampe terancam jiwanya n ga bisa idup tenang..

  • hm~~~ oh jadi gitu yah cara pemikiran para sasaeng *mikir bareng gaho….

    mungkin bagi mereka apa yang mereka lakukan saat ini adalah sah2 aja….sedangkan kita yang mempunyai sisi berlawanan dari mereka, menganggap apa yang mereka lakukan itu hampir mirip orang yang mengalamin gangguan jiwa ( psikopat )

    MENURUT gw main set yang PALING BERBAHAYA ADL menganggap bahwa idola mereka bisa terkenal seperti saat ini karena adanya mereka ( bc: sasaeng fans ) shg membuat apa yg mereka lakukan seakan benar2 saja..padahal tanpa mereka sadari justru itu amat sangat menggangu si idol..padahal selama si Idol mempunyai kualitas pasti dia akan bisa terkenal dan mempertahankan kepopulerannya itu.

    sepertinya kurangnya perhatian dari lingkungan *dikucilkan di sekolah dan keluarga* dan tingkat obsesi yg tinggi *sampe rela jual diri * serta pemikiran yg blm matang membuat mereka mnjd sasaeng fans..disaat mereka merasa lingkungan tidak membutuhkan mereka dan muncul sosok idola yg bisa menjadi “pelampiasan emosi” kemudian bertemu komunitas sasaeng yg py obesesi sama, membuat mereka lebih merasa dihargai dan melakukan pembenaran atas apa yg dilakukan.

    tapi ngk bisa dipungkiri, KADANG tanpa kita sadari kita jg butuh info dr sasaeng itu…..sadar ngk kalian, bagaimana kalian bisa tau info ttg idola kalian sampai up to date gitu berasal dr mana?? mungkin saja itu berasal dari para sasaeng itu

    mo nyoba tanya nih..” seandainya kalian juga mempunyai materi yg cukup untuk menjadi sasaeng, apakah kalian mau mjd sasaeng ????? ” hehehehehe 😀 😀 😀
    kalo gw sih mau aj bisa jadi sasaeng tp paling seharian trs selanjutnya kembali lagi ke kehidupan nyata buat melakukan hal yg lbh berguna kkkkkkkk

  • ckckck, bnr2 udah g waras tu sesaeng fans. klo tiap hari diikutin ma ratusan orng kyk gini bisa2 ikut gila tu idolanya.. #amit2 jabang bayi
    sesaeng ini klakuannya udah masuk plchan seksual juga, ada yg brani pegang2 “barang pribadi” idoanya padahal umur si sesaeng ini br belasan thn.. aigoo..

  • iih buseet serem amat
    lbh serem kyk fans fanatik yg dulu prnh gue temuin pas jd fansclub sbuah BB indo
    pdhal wktu itu gue udh mkir, gila nih fans lebay bgt
    skrg mlh ada yg lbh mngerikan!
    -_-”
    hmm kyknya saya hrs bisnis yg bs membantu sasaeng fans
    lumayan tuuh duitnya :p

  • mereka lebih pantas dibilang psicho drpd fans
    ampe jual diri sndiri, malah ada yg masih diwaha umur ckckck
    sasaeng itu egois, lebih mementingkan kesenangan pribadi drpd perasaan si artis

  • yang jadi sasaeng fans keliatanya orang yang ahem pshyco ya?? merinding gw bacanya.

    OMG 900 juta cuman buat celana dalem?? mending juga beli mobil daripada cmn celana dalem emang mau diaopain tuh celana dalem?? dimakan?? dipake?? atau cuman dipandangn??

    Mereka kayaknya kurang kasih sayang deh dan keliatanya yang jadi sasaeng fans itu orang yang boken home semua deh

  • wah begoo ya,.. mending duitnya buat oplas aja deh,(secara budaya korea gitu loh)..
    misal nih cewe yang di idolain cewe juga oplas aja yang mirip,..
    kl yg di idolain cowo, pacarnya aja yg dioplasin,..
    beres deh, punya KW annya kan?
    kekekeke…
    kidding.
    hems,.. sengefans2 nya kita, kita harus sadarlah kl artis2 it nyari uang. emang bener jika semua hal yang berkaitan dengan seleb itu sangat menarik, dan seru buat di ikuti atau di lihat,
    but harus disadari, mereka manusia juga yang btuh wktu untuk dirinya sendiri.
    jka di layar kaca, dia adalah sosok yang tampan rupawan dan penuh dengan bakat yang entah apa kita menyebutnya, maka biarkanlah mereka menjadi dirinya sendiri saat kamera mati dan tidak menyorotnya.
    kehilangan privasi itu bukan hal yang menyenangkan.
    jadi bagaimana dengan mendukung dan menyukai mereka sewajarnya?
    siapa fans itu sehingga ingin memiliki idola?
    seberapa banyak yang seorang fans berikan sehingga dia pantas bersama idolanya?
    #just my idea. bisa ngerasain gmana keselnya yuchun saat tau da cctv yg fans pasang buat mata2in dy. so pasti gak aman n risih,..

    JYJ FIGHTING!!!!

  • sasaeng sasaeng -_-
    keterlaluan banget. buat apa buang” duit kayak gitu. smpai nial kluar dari skolah lg -_-
    sekolah itu tempat menimba ilmu. percuma disekolahkan tapi disia-siakan. lebih baik tu duit buat menolong orng” yang krng mampu/ditabung buat keperluan mendatang. sasaeng tu krng krjaan ngabisin masa muda buat hal” ngk berguna. apa gunanya coba? kan malu juga diomongin orang. ngk cuma sndiri yang malu. kluarga juga malu. mau dikemanakan tu muka? ke kolong meja? -_-”
    aku harap sasaeng bisa nyadar. krna itu bener” ngak ada gunanya. lebih baik slama kita masih hidup tu kita melakukan hal” positif dan membanggakan keluarga. kan lumayan biar dapat pahala dan ngk masuk neraka juga. sia” dikasi otak yg bagus maupun yg agk krng tapi dibiarin. klu mw ketemu oppadeul pake cara yg bgus dikit. kan bs cntohnya sekolah rajin”,ntar dapat beasiswa/ikt lomba yg mndtangkan uang. kan klu kt pnya prestasi kyk gtu kt bakal dikenal baik oleh orng” luar. dan klu untung” kan bs aja opaadeul tau. bukankah itu lebih baik daripada melakukan hal” ngak berguna kayak gitu?
    bbrp orng bilang berprestasi itu sulit. mmg itu sulit. tapi kenapa kt ngk mncoba ja dlu? kan bs dimulai dr hal” kcil. kyk juara kls,UN trtinggi,dll

    jjur gue sasaeng. tp skrng ak dah brubah jd pribadi yg baru. dan itu ngk ssh kok. bhkan UN ak bs dpt nem 2.9 dgn rata” 9.8. bukankah itu lbh membanggakan?
    akal sehat sesaeng kyk udh ngk ada aja. –”

    sesaeng = PSYCO

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: