(NEWS) Top Star News Berbagi Pemikiran Mereka Tentang Fans Sasaeng & Kontroversi JYJ

Published 07/03/2012 by askarein

Editor Note: ini adalah OP-ED dari Top Star News

Tidak lama setelah video Yoochun JYJ menggunakan kekerasan terhadap seorang fans yang bocor di online, media internet beberapa dengan beberapa sumber melaporkan artikel dan memberi sumber audio dari mereka menggunakan kata2 makian serta kekerasan fisik ketika berhadapan dengan penggemar ‘Sasaeng’. Menanggapi laporan tersebut, netizens dan fans mulai menyuarakan pendapat mereka yang mengatakan, “Tidak peduli seberapa parah situasi,  salah untuk memaki dan memukul penggemar,” sementara yang lain berpendapat, “Seberapa banyak mereka bertahan untuk bereaksi seperti yang mereka lakukan? “

Para anggota JYJ selalu berterima kasih kepada fans mereka selama dalam wawancara dan melalui halaman  Twitter mereka masing-masing, jadi mengapa anggota JYJ menggunakan kekerasan fisik dan makian pada gadis2 yang mengaku menjadi fans mereka?

Bagi kalian yang membaca artikel ini, bayangkan bahwa kalian adalah seorang anggota dari salah satu grup idolaK-pop, tidak hanya di Korea, tetapi kalian juga menerima popularitas ekstrim di luar negeri. Sejak debut kalian, kalian telah secara konsisten mempertahankan status elit kalian sebagai bintang idola atas, dan menjadi lebih terkenal, semakin banyak laporan media tentang rumor dalam upaya untuk memfitnah kalian. Saat kalian melangkah keluar dari rumah kalian, ada taksi yang mengikuti setiap langkah kalian. Mereka mengikuti kalian 24 jam sehari saat ke salon rambut kalian juga, cara kalian bekerja, dan mengikuti dekat di belakang kalian, ketika kalian berada di rumah setelah hari yang panjang dan melelahkan. Kegiatan di luar negeri kalian belum pernah secara terbuka dilaporkan, namun kerumunan fans menunggu kalian  di bandara, yang melanda kalian dengan kamera dan kilatan, tetapi bagian itu tidak begitu buruk.

Bayangkan kalian menerima pesan teks tanpa henti  dan panggilan telepon dari nomor tak dikenal larut malam, menghalangi kalian dari mendapatkan jam yang berharga untuk durasi tidur yang dibutuhkan karena jadwal sibuk kalian. kalian memutuskan untuk mengubah nomor kalian, tetapi ketika kalian melakukannya, kalian segera mendapatkan pesan teks: “Mengapa kamu mengubah nomormu? Apakah kamu tidak berpikir saya akan mencari tahu? “

Jika ini yang terjadi pada kalian, berapa lama kalian akan mampu menempatkan sesuatu dengan baik sebelum meledak? Beberapa dari orang bertindak sejauh kemungkinan besar membayar denda dan melanggar kontrak dengan label mereka, tidak peduli berapa banyak yang diminta agensi .

Situasi di atas mungkin tampak dibuat-buat, tetapi untuk JYJ, itu sebenarnya kenyataan. Setelah JYJ debutnya sebagai bagian dari TVXQ pada tahun 2003, mereka segera mulai terkenal tidak hanya di Korea tapi juga di seluruh Asia. Fitur anggota pada beberapa program televisi dan berbicara tentang  fans Sasaeng di masa lalu. Tapi saat itu, tidak ada yang benar-benar mengerti apa yang mereka hadapi, juga tidak ada yang benar-benar peduli. Meskipun mereka meminta para penggemar untuk menghormati kehidupan pribadi mereka, permintaan mereka hanya bergema kembali kepada mereka tanpa banyak respon.

Para penggemar Sasaeng yang selalu mengikuti JYJ adalah penggemar yang ingin menjadi terkenal di antara para selebriti. Mereka ingin bintang-bintang untuk secara khusus mengingat mereka, dan mereka ingin untuk menjadi sedikit lebih dekat dengan mereka daripada penggemar lainnya. Di blog mereka, mereka melaporkan setiap hari apa bintang-bintang kenakan, di mana mereka akan pergi, dan apa yang mereka kemudikan. Ini kemudian menjadi item yang paling-dicari di situs portal Korea saat larut malam.

Rangkaian peristiwa yang baru-baru mengelilingi JYJ menunjukkan berapa banyak penggemar Sasaeng telah dilecehkan oleh anggota JYJ, dan berapa banyak anggota JYJ dipaksa untuk terbiasa dengan fans. Jumlah jenis fans tidak menyusut jumlahnya tetapi malah bertambah seiring berjalannya waktu, termasuk tidak hanya penggemar dari Korea tetapi juga dari Jepang, Cina, dan seterusnya. Untuk identitas jejak mereka, para penggemar telah melakukan hal-hal seperti sengaja menyebabkan kecelakaan mobil, dan mengirim mereka  pakaian dalam berlumuran darah menstruasi sebagai ‘hadiah’ untuk JYJ. Terlebih lagi, para fans juga membobol asrama para anggota untuk mengambil gambar diri mereka dan mengirimkan gambar tersebut ke anggota JYJ.

Seiring waktu, berbagai macam situasi muncul, sikap agresif anggota JYJ harus terjadi untuk mempertahankan ruang mereka. Mereka menggunakan kata kotor terhadap fans tidak karena mereka memiliki niat buruk, tetapi untuk melindungi diri dari mereka. JYJ telah melakukan segala daya mereka untuk mencoba dan menjaga para fans pada jarak yang aman, tetapi karena mereka tidak bisa, anggota sekarang telah tumbuh menjadi benar-benar takut pada  Sasaengs.

Telah terjadi beberapa kali di mana berita itu melaporkan kisah selebriti dikuntit oleh fans. Tapi ketika datang ke selebriti idola, situasinya sama sekali berbeda. Karena fans dari grup idola umumnya anak-anak muda, tidak ada tindakan hukum diambil terhadap mereka, dan hanya melepaskan dengan peringatan. Tapi tampaknya seolah-olah tindakan ini hanya semangat penggemar Sasaeng mengejar para selebriti bahkan untuk lebih dekat.

Pada program lama tentang masalah saat ini, seorang wartawan pernah mengatakan, “Ini melegakan bahwa anggota TVXQ belum menjadi gila.”

Memang benar, itu melegakan bahwa selebriti mampu menjaga stabilitas mental dan masih berdiri dan perform sebelum publik.

Dari sinilah keluar nya, masyarakat perlu memahami aktivitas penggemar Sasaeng sebagai jenis kejahatan di masyarakat. Semua wartawan dan media yang menerima tips dan informasi dari penggemar Sasaeng dan menulis artikel dengan ill-intent untuk memfitnah image dari selebriti yang bekerja non stop untuk mempromosikan K-pop global, perlu mengingat tugas mereka yang sebenarnya dan tanggung jawab mereka.

Source & Image: TopStarNews

credit: allkpop

indotrans: askarein@yeppopo

DONT TAKE OUT/ JANGAN AMBIL ARTIKEL INI ATAU REBLOG

TERIMA KASIH

99 comments on “(NEWS) Top Star News Berbagi Pemikiran Mereka Tentang Fans Sasaeng & Kontroversi JYJ

  • Ga tw mw nulis komen apa?
    Udah ga bs brkata2 lg. Pristiwa ky gini dah sering bgt sejak msh zman DB5K,
    Be strong JJ,Chunie, SU.
    I love u what ever you are!!

  • JYJ tetap sabar and kuattt ya!!!
    tetep support jyj dengan love and respect!!! ❤
    ugh,, jd sediih liadt masalah2 kek gni lagi T__T
    "gw pgen liadt JYJ bahagiaaaaaa… *treak pake toa"

  • author askaerin pasti cape banget yah transletenya.. *kasi teh madu* gomawo unn skrg smw clear walo yah gabisa ngebayangi kalo ak jad artis..tp aku tau bgmn rasanya #plak alhamdulillah yah TVXQ egak gila bayangi yunho lari2 keliling lapangan kaya org gila omoo~~ *tutup mata*

    • Berhubung @me? A+ of course dah nyediain teh madu, ni aku bawain dorayaki buat author Askarein,,, Perlu dipijitin gak thor? *nyodorin Sungmin ^0^*

    • wah, baru pulang nih, tadi beli gorengan. silahkan ambil thor, gak usah malu2.
      biasanya ntar jam sebelasan ada mi tek tek (?) semacam bakmi jowo lewat, kalo yang jam segitu rasanya top markotop gud marsogud..kalo mau ntar tak pesenin sekalian thor,,,# reader paling kurang ajar, ngajak oot sama authornya langsung..

    • @aya: widihhh mau dong klo yg mijitin abang sungmin ckck sekalian klo bisa all members SJ aj ya wkwkwk

      @hand: oh mie tek2 aku juga sering beli tapi udah lama juga gak nyobain lagi silakan dikirim ke alamat JL. yeppopo yg bu rt nya popo onnie hahahaha

  • cuman mau bilang mereka itu fans yang dah gila, mungkin terobsesi berat,
    tapi itulah resiko jdi org terkenal, ganteng, dll meskipun hal tersebut dpt disebut kejahatan,,,

    semoga aja, masalah ini gak ampe masuk pengadilah, coz byk kasus jyj yg masuk pengadilan pada akhirnya gak jelas juntrungannya….

  • Wah bnr2 ya ad jg yg ngefans smpe sgtunya bkn ngeri, mrk ga brfkr kelakuan ke’ gni bkn cmn merugikan artisnya tpi fans it sndri slain mrka membwt idolanya ga nyaman mrka jg buang2 wktu uang dan tnaga mrka scr percma… brharap yg dtduhkan ke jyj it ga bnr tpipun kl bnr aq blg it wajar ajah lah ini trjadi sdh lma mgkn ini puncknya bayangn ajah tuh kl qt ad dposisi mrka ga ad privasi sdktpun, mrka mmg artis tpi ap iy mrka ga blh dksi privasi jg, emang iy artis ga ad apa2x tnp fans tpi sbgai fans jg hrs nyadr qt hx fans bkn brarti qt memilki hdp mrka jd fans sewajarx lah…

  • wajar kali JYJ kyk gitu,, manusia kan juga punya batas kesabaran, nah kalo dikuntit bertahun” ampe bobol asrama kyk gitu mana ada sich org yg diem aja ? kalo ngaku fans ya jadi fans yg sewajarnya aja, fans itu harusnya jadi penyemngat idolnya,dan seneng kalo idolnya seneng juga, bukannya malah nakut-nakutin dan jdi ancaman buat idolanya,,

  • aku suka nih sama artikel2 yg “meng-clear-kan” suasana . bukan cuma mandang dari satu sudut pandang aja .

    mungkin JYJ emang salah karena “membentak+main fisik” sama “fans” mereka . tapi kita juga harus mengerti dari sudut pandang JYJ . jgn cuma langsung menyalahkan mereka .
    selama ini JYJ selalu baik bgt sama orang yg benar2 fans mereka . gak ada yg ngraguin ini .

    klo JYJ udah begini karena emang mereka udah gak tahan . bayangin aja klo hidup gak ada privacy gitu gimana rasanya .

    Sasaeng gak pantes disebut fans . klo mereka bener2 fans gak mungkin bakal memperlakukan idola mereka kayak gini . menurutku mereka cuma orang2 psycho yg terlalu terobsesi sama idola mereka .

    well , buat JYJ .. i still love you . keep strong boys .
    buat Sasaeng .. go to hell !

  • mungkin karena mereka lagi cape jadinya marah and kesel,namanya juga lagi cape pasti kesel lah klo di ganggu, tapi sungguh disayangkan klo yg dipukul itu adalah perempuan.sedikit mengecewakan, klo cwo sih maklum y dipukul tapi klo cwe..duh kasian kan..!!!

    • maaf, tapi anggota jyj telah dipukul terlebih dahulu oleh sasaeng. Sasaeng telah melakukan kriminalitas, mereka bukan termasuk fans lagi, tapi ANTI-FANS.

    • sorry yah .. JYJ yg lebih dahulu yg d pukul,,dikirimin Darah Menstruasi ama si sasaeng,,d teror 24 jam..
      dan aksi yg idola itu lakukan adalah aksi pembelaan diri..

      perempuan yg KATANYA d pukul ,,pasti dy udh kelewat batas..
      Ngga semua perempuan itu bersikap baik.

    • Kl cewek psikopat emang pantas. Krn ada org yg berpikiran kayak kamu makanya ada cewek yg bebas berbuat kejahatan apa pun dan menjadikan alasan dirinya kaum lemah sehingga tidak pantas d pukul. Rasa kasihan adalah dengan memukul sehingga mereka sadar dan jera. kl d caci maki mah tdk mempan.

    • hehh.. enak sekali jadi perempuan, , trus perempuan boleh mukul laki??

      mukul dan dipukul adalah pelaku dan korban,,gak pandang bulu mo laki pa perempuan.

      ini pesen ortu saya : kalo gak mau di pukul ya jangan mukul arti kasarnya jadi kalo nggak mau di sakiti ya jangan nyakiti.

    • wow, ko hr gini msh aj bawa2 masalh gender, ,,
      mending baca dulu artikelnya baik2 dan pahami dulu permasalahanya,
      mrk sudah mengalami hal yg key gini sjak mrka debut 8 tahun yg lalu.
      yg namanya manusia pasti ad batasnya kan??, kalo menurutq perlakuan sasaeng fans tuh sudah ga manusiawi, bahkan spertinya mrk sudah bukan fans tapi antifans.

      bener katanya @han,
      kalo ga mw dikasarin y jgn kasar, ga peduli dy ce atw co. bukanya mentang2 dy Ce trus bisa sesukamya berbuat hal yg menjurus kriminal truz di maklumin karna dy perempuan,
      really ?????? negara mana yg punya peraturan ky gt ???????
      mungkin karna idola qm ga pernah dapat perlakuan ky gini kali yah…….

    • wiiiih rame…
      aduuh kalau mnurutku bkn msalh gender ato gimna..
      bner kta @han unnie kalau gk mau dipukul jgn mukul..
      fans insane ini bner2 nyeremin..jadi kalau pmbenaranya atas nama cewek kyknya kurang tepat gt…
      nggak ada undang2 yang bilang cewek bole sembarangan. dan cewek kudu diprioritasin…ini fans uda nggak masuk kategori cewek yang bisa dihormati dan diprioritaskan..
      mereka juga brtindak nggak selayaknya cewek yang bernorma..msak ngirim daram menstruasi yang notabene itu hal pribadi..trus dengan kasarnya berusaha meluk dan nyium artisnya..
      ini bukan kelakuan cewek yang patut dimaklumi..
      kalau nggak bisa ngehormatin dri sndiri jgn brhrap org mnghormati qt walaupun itu cewek..
      klo artisnta marah dan sedikit kehilangan kesabaran wajar..nah fansnya macem begini..
      😮

    • @eunhyuklover

      errrrrrrrrr…. kalo cewek kasian kan? WAAAAH, aku juga cewek tapi jalan pikiranku beda men.
      Kalo ceweknya psikopat? gak waras? gimana?
      Lagian itu psikopat (aku lebih suka manggil mereka gitu) alias sasaeng yang mukul JYJ duluan. Gila kan? fans tapi mukul artisnya.

      coba kamu jadi cowok, dipukulin sama cewek, dikirimin darah, diketawain waktu dapet masalah, kamu mau apa? diem aja? nunggu sampe ceweknya kepikiran mau mbunuh kita?

      *maaf sedikit emosi*

  • Gomawoo author askarein ~ :*
    Yg masih nyalahin artis n blg “ga seharusnya artis memaki dan melakukan kekerasan fisik” bayangkan tuh BAYANGKAN lo di posisi mereka! “melegakan bahwa DB5K belum menjadi gila” #pelukJYJ+HoMin TT^TT
    SASAENG “FANS”?? menjatuhkan martabat dr arti fans yg sebenarnya!
    FIGHTING!!!!

  • gila yang nulis artikel benar2 tahu situasi dan berpikiran sangat terbuka… 10 jempol dah.. kalo masih ada yang bilang JYJ keterlaluan.. hm,,gak tahu deh cara berpikirnya kayak apa.. para orang tua harusnya menjadikan ini wacana dan mendesak yang lebih berwenang melakukan tindakan hukum nyata dengan memberikan masa percobaan.. kalo masih dilanggar maka masukan ke tempat rehabilitasi..

  • JYJ juga manusia mereka butuh ketenangan dan kesendirian…seharusnya mereka mengerti itu..
    yg sabar oppadeul JYJ ..kalian tidak salah kok..!!fighting!!!!!

  • Saya bingung mau nulis apa karena saya sangat sedih ada fans yang seperti itu walaupun masalah ini sudah sangat sering terjadi tapi tidak seheboh ini. Cukup mengagumi mereka apakah itu belum cukup? 😥

  • Oppadeul hwaiting !!
    sedih bacanya, serasa nggak ada ruang sembunyi buat mereka para idola.. huwft pasti tertekan banget 😦

  • yang paling membuat aku tercenang ad gtu fans yang kirimin darah haid mereka ke idola nya. astaga itu si parahhhhhh bgt lebih2 dari pesikopat kya nya..
    mungkin aku klo jadi mereka udah stress kali ya kya diteror gtu..

    JYJ FIGHTING YA KITA PERCAYA SAMA KALIAN KOK.. 🙂

    • yup.. setuju chingu ^^
      kasihan JYJ.. selalu saja beredar berita2 buruk yg menjelek2an mereka… 😦

  • ini ketiga kalinya saya baca artikel ini di 3 blog berbeda..
    huph,… sedih+sebel campur aduk.. sampe nangis…
    hmmm, mslh sprt ini kayaknya sudah sering terjadi..
    bukan hanya JYJ, tp yg lainnya jg kan??
    selebritis kan jg manusia biasa, tentu sj mereka butuh ruang privasi mereka sendiri..
    JYJ Fighting!!! Apapun yg terjadi saya tetap mendukungmu 🙂
    bang Jeje, bang Uchun, bang Junchan…. ^^ u’re THE BEST

  • Seharusnya sebagai fans,, mereka menghargai privasi idolanya.. bukannya mengikuti hawa napsu demi jadi terkenal lantas bikin idolanya menderita… bener2 egois..
    menurutku mereka (sasaeng fans) layak mendapat makian itu.

  • “Mengapa kamu mengubah nomormu? Apakah kamu tidak berpikir saya akan mencari tahu? “
    changmin pernah kasih tau kalo ada sasaeng fans yg berkata sperti itu ke dy stelah changmin ganti nomer..
    #changmin ampe ketakutan

    DB5K udh pnya sasaeng fans dr 9 thn yg lalu dan bahkan sasaeng fans itu MAKIN BERTAMBAH DAN MAKIN GILA..

    Hanya org yg bodoh yg malah membela Sasaeng..
    kalau kalian idol,kalian jg blm tentu bisa tahan mental..

    FIGHTING trz bt DB5K dmn pun klian berada..
    dan GET A LIVE bt Sasaeng fans..

    terima kasih
    #cailah

  • jaejoong sendiri sampe bilang dia enggak bisa dpt girlfriend karena sasaeng criminality ini. Be patient oppa, the true/real fans always trust and love you. JYJ fighting!

  • HEY Sassaeng ! inikah yg kalian mau?? membuat oppadeul kita kena getah atas perilaku kalian yg diluar batas normal??

    gimana SASSAENG??

    seneng?
    puas?
    bahagia?

    selamat ya , kalian udah membuat hidup oppadeul kita menjadi lebih sulit !

    i just wanna say : GO TO FUCKING HELL !!! –>special word to SASSAENG!!!

    • sudahlah, gak usah emosi gitu,,percuma.
      ibarat tu sasaeng di ranjam sekalipun gak bakalan kapok.
      # simpan energi kita untuk mensupport JYJ #

    • IYA ONNIE ! to juga suka ma F(X) . aku udah suka JYJ pas jaman2nya PTB nya Jae2 Oppa sampai sekarang ! 😀
      aku udah mulai nyari2 video2 lucu + picu2 lucu nya jae2 dkk. hehehe

      jadi bisa dibilang saya sudah terkena JYJ/DB5K Syondrome hee~

    • @ddd21
      wah,,f(x) baru tau vic sama suli, korban khuntoria, vic jago banget masaknya, saya aja kalah # yang doyan masakan saya ya saya sendiri wkwkwk.
      kalo suli tu kulitnya,hesss bikin sakit hati. kok bisa kulitnya kayak bayi gitu..

    • @hand
      haha , gpp onnie . ntar lama2 juga onnie jadi lebih kenal ma member f(x) lainnya . tp sayangnya f(x) jarang diberitakan akhir2 ini .

      tp sekarang JYJ oppadeul jauh lebih membutuhkan prrioritas dukungan kita , jadi untuk saat ini UTAMAKAN JYJ OPPA !!!!

  • gini kan enak bacanya,, ga kyk kemarin 🙂 .. (*lirik d******)

    J-Y-J.. sy siap kok jd bodyguard (hatimu) .. 😆 #hassseeekkkk (*dismackdownBigbang -____-”

  • ihhh ngeri yah fans kaya gitu,,
    bener juga selain stamina yg harus bagus, idol di sana harus punya mental kuat juga, ngadepin berbagai jenis fans, ckckckck

    fighting JYJ !! aq selalu mendukung kalian 😀

  • huwwaa…
    cape mau koment menggebu2 lagi..hihihi..
    fans insane kyk gini emang bkin gerah artis..
    selain kasian artisnya kasian kluarga si fans juga..duitnya cuman dpke bwt ngisruh kehidupan org..
    addicted k artis uda kyk org kena narkoba..
    JYJ fighting ^^
    8thun dpet mslah kyk gni kalian pasti kuat dan bakal tmbah kuat…
    fans kalian yang bner2 syang ma klian pasti dkung kalian gmnapun keadaannya..
    kalau fans insane bin gak mature kyk gt mah harus direhabilitasi..
    klo prlu korea bkin pnti reahbilitasi nggak cuman bwt pcndu narkoba tp pcandu artis biar gk kyk gni..
    😀

    @author askarein
    gumawo,,
    #bow

    JYJ fighting ^^
    JJ oppa fighting ^^
    yochun oppa fighting ^^
    junsu oppa fighting ^^

    • @ji_hyun^^
      kalo di china loh panti rehab buat pecandu facebook kenapa di korea gak ada rehab buat pecandu artis haha

  • suka sama komentar wartawan yg blg ” ini melegakan bahwa anggota TVXQ belum menjadi gila “..
    Be strong yaaa oppadeul, kalian harus inget hidup dan karir kalian itu terlalu berharga, kalau kalian menjadi gila hanya karena ini….
    Kalo aku mlah seneng(?) kalian mukul mereka, toh udah ada buktinya juga mereka itu mau dipukul kek, diteriakin kek, ditendang kek hari ini, besok mereka ngulangin lagi hal yg sama, jdnya yah serba salah….
    Tapi yaa, sepanjang bca artikel ini aku tuh mikir knpa JYJ oppa ga mau nyewa bodyguard aja, biar klo mrka macam” lngsung dihajar sma bodyguardnya aja, truskan klo ada bodyguardnya kemana-mana bisa lebih aman gituu…

    • heh, sini kamu! sini! # bawa sapu lidi

      saya ini bukan istri tua ! tapi istri pertama!! – – -> sodorin nih sapu buat bersih2, bantuin admin. karena kita selalu nyampah di artikel BB maupun JYJ

  • suka sebel sama “sasaeng”… apalagi “sasaeng” yang suka ngikutin HoMin & JYJ.. dari jaman DBSK berlima juga udh banyak kabar sasaeng kayak begini.. ckckckck
    harusnya sebagai fans, para “sasaeng” itu nyadar kalo JYJ itu juga MANUSIA. Mereka juga punya rasa lelah, capek, dan ketakutan (atas sikap sasaeng2 yang udh diluar batas). Bukannya malah bikin JYJ inget sama mereka, tapi malah bikin kesan buruk… ckckckck
    JYJ hwaiting oppadeul :* aku slalu mendukungmu oppa~~~~

  • “Ini melegakan bahwa anggota TVXQ belum menjadi gila.” Harusnya ‘belum’ diganti ‘tidak’,,, jangan sampai deh!

    Sasaeng=Sangat Mengerikan!!

    JYJ-TVXQ Be Strong!

  • OMG, SEREM BANGET, SUMPAH,.. T_T

    kalau aku, udah parno banget kali ya, masalah sendiri aja banyak, ditambah banyak yg gikutin diaman setiap gerak gerik yg salah akan jadi berita dan bisa berujung pada interpretasi berbeda alias fitnah. Seharusnya, fans bisa ditertibkan seperti itu, misalnya pihak perusahaan dan fanbase berdiskusi dan bertemu membicarakan rules dan kode etik dalam mendukung si artis, misalnya memberitahu mana yg boleh dikerjain, dan batas2 mana yg nggak boleh dilanggar, serta sanksi yang mugkin didapat kalau kesepakatan dilanggar. Trus, harus disepakati juga bagaimana kalau ada anggota atau orang diluar fanbase yg berniat sasaeng, bagaimana menindaklanjutinya, seperti, fans yg nggak sasaeng juga harus ngingetin yg sasaeng dan memikirkan kepentingan dan privasi idola mereka juga. Jadi, perusahaan dan fandom harus kerjasama gitu. Walaubagaimanapun kan ya, Idola tanpa Fans itu nggak ada artinya, tapi, sasaeng juga berbahaya dan mengganggu seperti ini juga jengelin dan mengganggu.
    Jadi, sasaeng harus dibina dan diterttibkan dengan baik.

  • jujur aja , 1 hal yang paling ga saya suka dari korsel adlh kenekatan+keegoisannya mereka .
    mereka kira JYJ oppadeul tu milik mereka seutuhnya?? emang mereka kira mereka siapa ?? adek??kakak??sepupu?? . Mereka bilang ingin JYJ bahagia , tp buktinya mereka tetep bersikap egois dan hanya mementingkan diri sendiri.

    itu yang disebut fans??

    • hai istri jae no sekian..

      aduuuh nih artikel ditinggal brpa jam uda rame banget….
      ><
      terlalu totalitas mlah mnjurus psyco…
      😮

    • yg paling bikin aku banjir nangis tu part: changmin dilempar tas yg isinya batu semua, dia udah nahan ga nangis, tp begitu member laen datengin dia tangisnya langsung tumpah. Huaaaaaaa bahkan changmin yg tegar bgt bs gt.. TT_________TT
      Aq pernah nonton cut video yg yoochun ngambek krn pas dia msk RS tp junchan ga bs nengok, apa itu krn dia ditabrak sasaeng? Hiksss T^T
      paling kaget baca statement >> “FT Island, Bigbang, dan DB5K adalah yg paling byk punya sasaeng fans” dan lega bgt wkt inget twit JJ yg blg GD bahkan ga tw apa itu sasaeng. Tp bayangin JJ nya… Huaa mereka tahan banget digituin sm sasaeng.. SALUT!! TT____TT

    • iya,, yang bagian dipukul tas pake batu itu udah bener2 keterlaluan… yang kaget adalah fans jepang ada yang kayak gitu juga.. karena kata sepupuku yang pernah tinggal di jepang penyanyi jepang ada yang live street gitu.. dan kata dia fansnya gak ribut dan gak ada bodyguard.. mereka biasa menikmati lagunya sampai selesai trus kasih applause jadi ahak kaget mereka bisa jadi sesaeng juga

    • tuammbaahh merinding… kelakuan makhluk yg napak tanah bs lebih menyeramkan drpd klakuan makhluk melayang…. *liat jam* *tambah merinding* -____-‘

    • @Lia unnie! Hyaa! Jangan nakut2in! Saya dirumah sendiri ~ #tarik selimut+dae

      RT! Kelakuan mereka udah bener2 di luar nalar! Gila! tp saya ttp mending ketemu(ketemu doang ga di kuntit) sasaeng ga berharap ketemu makhluk yg melayang itu *merinding disko* #timpukin Lia Unnie!!!

    • @VieVIP @Lia

      dah, lumayan lega, walopun belum plong..
      jengkel ma sasaeng bener2 menyita energi dan perhatian. mending tidur tidur (tapi download tetep jalan)
      besok kerja kerja kerja
      Vie juga, besok kul kul kul
      Lia jangan ngomongin kek gituan, di kamar saya ada mahluk yang melayang soalnya – – -> lirik pojokan

    • @Vie
      iya… iya… daku ga ngomongin makhluk melayang… *lagi ndirian juga soalnya* *clingak clinguk*

      @Hand
      gw tau ntu makhluk apa yg ada di pojokan, nyamuk kan? kekeke 😀

      btw… emank bener2 tuh klakukan sasaeng lebih menyeramkan… ibarat kata mereka seperti nyiksa org pake gunting kuku…. pelan2… di awal ga bgitu terasa… pas bebrapa lama kmudian baru deh kerasa sakitnya… *ini perumpamaan apa sih??*

      bayangin aja… lama klamaan nomer telpon, kunci rumah di duplikat… bahkan nomer telepon mereka dijual… ckckck… ngikutin kmana artisnya… dikasih tau tetep ngeyel, dimarahin malah mukul balik pake batu pula (poor changmin)… apa itu sama menyeramkannya ma makhluk me—– upss maaf…

      dan akhirnya gw sadar knapa JYJ punya mobil cepat smua…. mgkn salah satu alesannya adalah menghidari para sasaeng yg ngikutin mpe nyebayar taksi sgala… hehe 😀

    • ini apa pula @Han unnie! aq jadi lirik2 pojokan jg kan! Aaaaa! Jangan gitu laaahhh.. x_x
      “knp saya belom tidur? Karena besok saya ga ada jadwal! Ha-ack! Kekeke ~” #ngikutin twit junchan, yg ternyata pas banget sama situasi ku, ah kami memang jodoh LOL 😆 #ditarik Dae

      udah ga usah mikirin sasaeng lg.. Aq jd pingen ngs lg ntar.. 😦

    • @Lia unnie
      Unn itu perumpamaan apa sih? Gunting kuku? Aq ga ngerti beneran wkwkwk 😆 angguk2 sajalah 😆
      uwaaa bener juga tuh analisa mobil nya! *angguk2 lagi* ga heran yah mereka beli mobil sport paling cepet.. yg ngikutin parah bgt sih! Taxi 100km/jm?? and how many r they? MANY! -___-

  • baru baca artikel ini aja berasa lelah, gmn mereka yg menghadapi kenyataan seperti itu, pasti amat sangat lelah.
    psycho bgt sih itu sasaeng, mau deket sm idol, tp pake cara yg salah. demi untuk dpt prhatian bahkan cederung mencelakakan diri sendiri demi diliat oleh sang idol. emg seberapa ga keliatannya sih mereka dimata JYJ? kasian. aku aja yg lebih ga keliatan biasa aja, hehehee 😀

    “Ini melegakan bahwa anggota TVXQ belum menjadi gila.” aduh ga bs bayangin mereka jadi gila, bingung ntr mau ngefans sm siapa lagi.

  • INI YANG SEBENARNYA TERJADI SOAL BERITA ”TINDAK KEKERASAN” yang menimpa JYJ
    Tindakan (membuntuti) SASAENG FANS dilakukan sejak JYJ masih di dorm TVXQ :
    1. mengumpulkan darah menstruasi n dikirimkan kepada junsu
    2. menyelinap masuk kedalam dorm TVXQ dan mincium bibir jaejoong saat tdur
    3. mengikuti junsu n mengakibatkan kecelakaan mobil
    … 4. menybabkan insiden kamera oleh yoochun
    5. menggunakan Social Security Number milik yoochun untuk registrasi
    6.menduplikat kunci dorm TVXQ
    7.mengikuti changmin n menyebabkan jari kelingking changmin retak
    8. sasaeng fans menyerang changmin dengan tas yg berisi batu
    9. mengumpulkan darah n diberikan kepada member TVXQ
    10. menemukan Social Security Number family TVXQ dan digunakan untuk regristrasi
    11. mencari tau tentang no telp keluarga TVXQ dan menghubungi nya
    12. mengecek history hp member TVXQ apakah ada wanita yg mereka hubungi atau tidak
    13. mencari stempel milik member dan digunakan untuk mendaftar pernikahan dengan mereka
    14. menyelinap masuk kedalam dorm dan mencium member TVXQ
    15. mengambil pakaian dalam member TVXQ
    16.mengambil barang milik member
    17. registrasi menggunakan Social Security Number member TVXQ
    18. menghacker komputer TVXQ n mencari tau lagu yg sering mereka dengarkan dan situs mana yg sering mereka kunjungi
    19. menyentuh bagian tubuh TVXQ
    20. mengikuti oppadeul ke airport n memesan tiket pesawat dg menggunakan Social Security Number oppadeul
    21. mengikuti mobil TVXQ dg taksi
    22. menunggu di luar dorm
    23. mengikuti TVXQ saat liburan (lbran itu hnya 10 hari stiap tahun) dan mencari tau TVXQ berlibur dg siapa saja
    24. saat member mengganti no. telpnya, sasaeng fans akan mencari tau n akan mengiriminya sms
    25. meskipun hanya memiliki sedikit wktu untuk tdr, mereka tetep membuat keributan dg menelpon,mengimi sms, dan membuat keributan didepan dorm

    CR: kpop class

    SEE ??? masih mau bilang kalo tindakan yg d lakukan idol utk Marah itu Salah ???!!

    • ITU BUKAN FANS! ITU ORANG GILA!!!

      *Sumpah! Ngeri sengeri-ngerinya baca list itu ching*

      Naudzubillah banget!!!!!

    • OMG, SADIS!!!

      YAKIN ITU FANS?? ANTIFANS KALIIIII!!!!!!!

      Kalau begini, mereka wajib punya bodyguard atau sekuriti nih.
      parah, men

    • wawww….. kaget banget aq bac list ini!
      sasaeng itu mah menurutku bukan fans buat idolnya tapi jauh lebih para dari antis ckckck

      wajarlah klo JYJ oppadeul marah…. ini mah dah keterlaluan namanya. Sebagai seorang individu mereka tentunya perlu waktu untuk menyenangkan diri mereka sendiri setelah menghibur yang lainnya. dan ini dah terjadi sejak mereka di DB5K dan hal ini juga terjadi pada para selebritis lainnya. Meski dah banyak kejadian kayak gini animo jadi bintang idola di sana gak ada surut2nya ya…

      salut aku ma artis2 di sana terutama para bintang idola Korea sana. Mereka memang harus benar-benar BERMENTAL BAJA

      buat jyj sewa bodyguard aja supaya lebih aman.
      buat para sasaeng GET UR LIFE urus bener2 sono hidup kalian, kalo pengen dekat dengan para idola kalian dekati dengan penuh cinta dan dukungan positif bukan teror membawa bahaya

    • KAGET BACA LIST INI!! BENERAN INI, CHIIIIIIING?!!!!
      OMG! ITU BUKAN FANS TAPI ORANG GILA YANG AKUT, UDAH TEROBSESI PARAH SAMA IDOLNYA. DUUUUH, AMIT2 BGT ADA ORANG KYAK GITU. SEREM, NGERI BACANYA

      ARTIS KAN JUGA MANUSIA YANG PUNYA BATAS KESABARAN, DAN MENTAL YANG MUNGKIN BISA DROP KALO DIHADAPKAN SITUASI KYAK GITU TERUS2AN…
      BERDOA YANG TERBAIK AJA DEH BUAT PARA ARTIS YG DIGITUIN, SEMOGA DIBERI KEKUATAN.

      GA HERAN YA, BANYAK ARTIS KOREA YG BUNUH DIRI. MUNGKIN SASENG BISA JADI PENYEBABNYA. *SEMOGA GA KEJADIAN SAMA MEREKA

  • yang saya bingungin ini fans emg ga ada kegiatan lain apa? sekolah gtu? atau keluarga nya ga ngingetin apa? klo menurut saya, artis2 korea ini trlalu memanjakan “fantasi” si fans sehingga fans ini lupa akan kehidupan yang nyata/realita nya. ini mgkn udh jadi adat turun menurun di dunia fandom2 sana.

    • chingu nulisnya

      artis2 korea ini trlalu memanjakan “fantasi” si fans sehingga fans ini lupa akan kehidupan yang nyata/realita nya. ini mgkn udh jadi adat turun menurun di dunia fandom2 sana.

      Nggak ngerti sama sekali. fantasi itu mksdnya apa ya??? bkn salah artisnya donk kl ada fans yg lupa ama realita. buktinya jauh lebih banyak fans yg sadar akan adanya kehidupan mrk sendiri, oleh krn itu fans yg kamu mksd menderita kejiwaan dan perlu nyadar diri. Aku dah lama jd fans dan TIDAK PERNAH lupa akan realita.
      fandom2 sana mksdnya apa ya??? Terakhir Jaejoong ngetweet mrh sama fans yg nguntit (sasaeng), fansnya bls kl itu yg nguntit itu BUKAN fans. dan berusaha menenangkan JJ.

      Akunya yg telmi atau kamunya yg salah narik kesimpulan?

  • Sasaeng itu spt..umm..pre-psycho,,ngakunya fans tp lbh brbahaya dr antis..

    makanya kt nenek cinta yg berlebihan itu ga boleh,bs ngancurin diri sndiri&org lain.. ^^

    • Bukan hanya cinta chingu tp apa yg kupelajari dr agamaku kl sgala yg berlebihan itu tdk baik.
      Tdk boleh berlebih2an dlm sgla hal.
      Dan aku tdk sependapat kl kamu blg sasaeng itu memncintai idolanya. yg benernya tuh sasaeng MENEROR idolanya.

  • sesaeng fans itu ga ada gunanya buat idolanya, malah justru merugikan!
    hancurkan para sesaeng!
    mereka itu sakit jiwa shg ga boleh dibiarkan terus berlanjut!

  • Guluku sampek pegel goro2 moco komen kakehan…..lagi moco rong blog sirahku wis ngelu……piye iki??*di tendang tekan omahe JJ karo anak2 sing komen ning kene*matur nuwun….

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: