(News) Berapa Lama Idola2 Bisa Mendapatkan Posisi Pertama Di Program2 Musik???

Published 04/02/2012 by kimtae

Baru2 ini, grup idola TEEN TOP memenangkan posisi ke #1 untuk pertama kalianya pada program musik dengan single terbaru mereka, “Going Crazy”. Untuk TEEN TOP , yang memulai debutnya pada bulan Juli 2010 dengan single pertama ‘Clap‘ , prestasi yang mereka dapat ini membawa mereka persis ke 564 hari setelah debut mereka. Ini menimbulkan pertanyaan, berapa lama waktu yang diperlukan idola untuk mencapai posisi 1?

Pada tanggal 4 Februari, sebuah komunitas online memposting topik yang berjudul, ‘kapan Waktu yang diperlukan idola untuk mencapai posisi pertama setelah debut mereka …? ”

Menurut postingan tersebut , idola yang hanya memerlukan waktu singkat untuk mencapai posisi 1 adalah:

CN Blue: 15 hari setelah debut mereka dengan “I Am Loner “
miss A: 22 hari setelah debut mereka dengan “Bad Girl Good Girl“
2NE1: 40 hari setelah debut mereka dengan “Fire”
F.T. Island: 55 hari setelah debut mereka dengan “Lovesick”

Di sisi lain, idola / penyanyi yang mengambil waktu terlama untuk mencapai # 1 adalah:

K.Will: 1.490 hari setelah debutnya dengan “My heart is Beating“
Jewelry : 1.494 hari setelah debut mereka dengan “Superstar”
IU: 818 hari setelah debutnya dengan “Good Day”

Netizens menanggapi posting ini dengan komentar seperti,

“Ini benar2 sulit untuk mencapai posisis 1”, “saya ingat K.Will menangis keras ketika dia memenangkan posisi 1”, “Lihatlah perbedaan antara 15 hari dan 1.490 hari!” Dan “Sayang sekali ada penyanyi yang hebat begitu banyak dan lagu2 nya yang tidak pernah mencapai posisi 1.”

Dengan banyak idola baru yang  memulai debutnya setiap bulan, Siapa yang menurut kalian  pantas untuk posisi pertama?

Source & Image: Star Today via Daum

Credit : allkpop

Indo trans : Kimtae@yeppopo

102 comments on “(News) Berapa Lama Idola2 Bisa Mendapatkan Posisi Pertama Di Program2 Musik???

  • Gw stju am klmat ini “Sayang sekali ada penyanyi yang hebat begitu banyak dan lagu2nya yang tidak pernah mencapai posisi 1”

  • CN Blue! daebak! haha.. jadi inget kwanghee ZEA yg pertamanya ngiri sama cn blue gara2 debut di hari yg sama tp 2 minggu kemudian cn blue langsung nomor 1. :))

    • jangan bawa2 nama “BIGBANG/TABI” klo mau ngajak ribut…

    • HEH!! JAGA TUH!! JGN SAMPE MENJATUHKAN NAMA A+ YEE!!

      KENAPA EMG TEENTOP YG MENANG??? SAH2 AJA KAN???

      MBLAQ JG UDAH MENANG, MASIH MAU APALAGI SIH???

      *SORI GW GAK BISA SANTE

    • Jangan ngomong begitu,…. A+ dikenal sebagai fandom yang damai dan sopan, dan kami selalu begitu, jadi jangan ngomong begitu ya, ribut2 bukan A+’s way
      Seperti kata Seungho ” 1st is manner, 2nd is manner, 3rd is manner,..”

      Mereka membuat lagu yg sangat bagus, dan lagian, mblaq sudah menang MCD 2 kali in a row, bukankah itu hebat? ^^ MCD skala global, MuBank skala korea, nggak terlalu masalah mereka belum pernah menang MuBank.

      Aku bangga banget sama MBLAQ dan A+
      ^^
      Jangan ngomong gitu ya

      >,<

  • yup setuju dgn arba, yg penting trus berkarya n menghasilkan musik yg berkualitas serta tentunya mengahasilkan karya yg bisa dinikmati, disukai n dicintai tidak hanya untuk fanbasenya saja tp jg pecinta musik pd umumnya.
    sebenarnya kurang setuju dgn program musik yg ngasih award2 gini tiap minggunya spt musik adl kompetisi, tp berhubung aku bukan publik korsel jd hanya bisa menikmati saja. *salam damai^^

    • RT ya chingu, menghasikan musik yg berkualitas, aku ingat JYJ pernah blg kl yg mereka inginkan adalah lagu2 mrk d dengar sampe 50 thn kemudian. bahkan lebih lama stlh itu.

      Saya juga tdk terlalu peduli dgn tampil atau tdknya mrk d program musik, tp krn sesama warga negara tentunya mrk mempunyai hak yg sama dgn idola lainnya u tampil. dan itu juga untuk penggemar mereka d korea sana. mereka hanya menuntut hak mrk setelah menjalankan kewajiban.

      Aku juga hanya sebagai penikmat. yang terbaik saja u semua.

    • Kalau menurut aku, JYJ, meskipun diboikit, mereka sudah superkaya, fansnya banyak diseluruh dunia,lagu2 mereka memang berkualitas dan dinikmati orang, itu kebahagian besar musisi, mendapat recognition. Meski mereka diboikot, penggemar mereka nggak akan pernah berkurang.
      Yang kasian itu mereka yang sangat berkualitas, tapi mendapat pengakuan yang kurang. Menurut aku sih.

    • Tapi setuju ma komentar netizen yg ni “Sayang sekali ada penyanyi yang hebat begitu banyak dan lagu2 nya yang tidak pernah mencapai posisi 1.” seharusnya gak cuma karena populer aja yg bisa di peringkat satu tapi mang lagunya harus berkualitas… ^_^v

    • masuk chart mang bukan tolak ukur kesuksesan tapi buat apresiasi aja dari buat kerja keras idolanya. jadi pasti idolanya juga seneng pas masuk chart… tapi walaupun gak masuk bukan berarti gak bagus. cuma belum didengar aja ma orang2… #keinget lagu K.will ma CNBLUE yg q puter berulang2 ampe dimarahi orang2 eh akhirnya malah nanya lagunya sapa#

    • Like it very much…. banyak penyanyi n grup yang berkualitas yang belum bisa dapet posisi 1. kayak 8Eight, Lee Hyun, dll. yang isinya trio Vokal yang punya kualitas diatas rata-rata….
      tapi yang menang posisi 1 juga bagus kok…….

  • wow cn.blue keren banget, hanya 15 hari,,miss a utk girl band juga terhitung super cepat utk menang..
    yg kyk gini emang harus ada faktor lucky juga..ga hanya siapa saingan saat itu…
    utk grup atau penyanyi yg dr agensi terkenal, biasanya sangat membantu…krn masyarakat akan lebih penasaran utk grup yg di debut kan…
    intinya tetep aja kualitas yg akan menentukan di kedepannya…krn itu yg membuat grup atau penyanyi bertahan..

  • Menjadi yg pertama di chart musik bukan berarti dia yg terbaik —>tabi

    kasian abang kiwil,tp aq pas pertama dnger lagunya malah lngsung jatuh cinta sm suaranya.
    IU juga

    tp yg cpet dpt posisi 1 juga emang lagunya keren2.
    Intinya adalah bekerja keras ga putus asa.

    • BIGBANG cukup lama koq klo ga salah…
      krn awal dia debut tuh berat banget, dimana gaya dia yg jauuuuuuuuh berbeda dr grup ato penyanyi lain…saat itu YG juga ga sebesar sekarang kan…(mian klo salah)..

    • Big Bang termasuknya lama chingu,baru dapet pas Lalala apa Lies gtu,aq lupa.tapi nyatanya,skarang lagu mreka everlasting to,trutama Lies,surveypun membuktikan.

      Mutizen gni emang g sberapa penting’a,yang membuktikan itu lagu berkualitas apa g adalah stelah beberapa taun,apakah lagu it masi diinget ato g?n Big Bang dh mbuktiin itu.2NE1 fire juga,bukti’a,taun 2011 aja masi ni lagu cukup sering disuru dinyanyiin lagi diacara musik:-D

    • wkt d 2ne1 tv Jiyong oppa prnh blg gini
      tu klo g slh pas 2ne1 ptama kali mnang d Mutizen
      “BIGBANG ja bth 1 thn unt bs mraih no 1 d chart”
      tp mnrtq cpt nggakx bisa jd no 1 bkn b’arti sglax
      yg pnting adlh trus bkarya mnghslkn yg tbaik tdk smata2 hny demi chart ato no 1
      toh BIGBANG mmproduksi sndr musik2x
      n mreka g tkkang pd 1 genre musik alias mreka bs mnyanyikn lagu dr genre apapun yg mreka mau
      malah mngkn mnrt orang2 mustahil unt dbwakn dng citarasa BIGBANG ygt spt itu *ngomong ap sih gua
      lgan idola yg bs produksi musik ndiri msh lum tlalu bny (BIGBANG, BEAST, CNBlue contohx)
      kecuali yg udh senior bgt sih (ada yg tau slain idol2 yg slalu d sbutin?

  • 2AM juga lebih dari 1 tahun untuk menag pertama kali di INKIGAYO…… Justru yang membutukan waktu inilah yang membuat segalanya menjadi lebih berarti….. Selamat Buat TeenTop……

  • menang diprogram musik jd salahsatu tolak ukur buat semua penyanyi/grub idola menurut gw,allkill juga salah satu tolak ukur 🙂 contohnya ukiss pernah ngemis ditwitter biar bisa menang kchart tp?gk menang jugakn?mreka berarti juga pengen menang artinya!

  • Menurut aku, ya K-Chart, apalagi mubank, itu batu loncatan popularitas di korea.
    Mau sebagus apapun lagunya, mau seberkualitas apapun musiknya, kalo nggak menang kchart, biasanya nggak terlalu dipandang.
    mblaq, meskipun menang mcd, belum pernah menang mubank maupun inki selama 2,5 tahun debut mereka.
    mblaq memang lebih diapresiasi di Internasional daripada di korea.
    waktu minggu kemaren aja, global vote mereka 71,1% all kill di seluruh dunia (Amerika,Afrika,Eropa,Asia)
    IA+ aja heran banget,gapercaya mblaq underrated di korea, di Eropa, di kereta2 jalur uni eropa,kedai2, jalanan2, lagu-nya mblaq semua (ga heran mblaq #1 di jerman 4 bulan, dan 68 hari di bulgaria tanpa promosi).
    Tapi, semua kembali ke selera. Mungkin, nggak semua orang korea menikmati musik mblaq, aku juga nggak ngerti. u kiss juga begitu.

    Yang jelas, bakat dan kualitas saja nggak cukup untuk memenangkan K-Chart yang misterius. Harus ada strategi yg apik dan rapi dari agensi, sebab kchart bukan ajang pertunjukan dan kompetisi bakat/kualitas

    Nama2 diatas, 2NE1, Miss A, CN Blue, mereka memang hebat banget.^^ Berkualitas dan diakui (apalagi dalam waktu cepat), itulah kebahagiaan terbesar musisi.

  • ouh aq pkr 2ne1 lebih cpat..
    wkt introduction d win win mrk dperkenalkan dg sensansi krn hanya plu 1 mgu stlah dbut lgsg juara d mubank..dan kl g slah 2 mgu bt FT Island..jadi mn yg bnr??
    ywdlh mrk ttp hbt 🙂

  • cnblue daebak 🙂 ft island jga…
    tpi qok komen”ny (maaf) kya yg mandang sbelah mata grup” yg cpet dpt posisi prtama sih…
    smua grup yg dpet posisi prtama pasti ngalami masa prjuanganny trsendiri cma msalah waktu aj kpan mreka dpt posisi prtama…

  • Kalo diliat2 c emang idol skarang lebih gampang dapet mutizen2 gtu.g kayak idol jaman dulu,BIG BANG aja dapet mutizen btuh 1taun dlu kalo g salah diawal dbut.mungkin karena skarang peran fans juga sangat berpengaruh kali y,liat aja komen2 di youtube,rata2 pada ngajakin sesama’a buat banyak2n donlod ato streaming biar idol’a menang.aq c ga nuduh kalo fans2 Korean smua maen gtu,tapi nyatanya banyak tu yang gtu,n itu kn merugikan penyanyi yang bener2 berkualitas,
    wajar aja penyanyi skelas Leessang ama Yoon Mirae g pernah promo diacara musik

    • Tapi gb/bb baru kn biasanya kalahnya ama gb/bb senior yang fans’a jauh lebih besar,kalo ama solois trutama yang baru2,udah kmungkinan besar banget tuh menangnya.kalo kalahnya ama solois,kemungkinan’a ama solois yang dah punya nama.

      Kalo dulu,solois maupun grup vokal masih punya peluang yang sama besar untuk menang chingu.

      Jadi intinya menurutku sesusah2’a grup bru skarang dapet award,susah’a lebih karena lawan’a lagi berat,n fans’a juga pada rajin2.kalo dulu susah’a lebih ke gmana buat musik yang bgus.tapi bukan berarti gb/bb yang baru musik’a g bgus,cuman aja kadang2 aq suka kasian ama solois,ato grup yg musik’a lebih bagus,tapi g bgtu byk fans jadinya kalah cuman gara2 kalah di banyak2n donlod.

    • apink pnh menang d mnet bbrp minggu yg lalu..
      kebetulan ak nntn..
      kl nilai polling sih yg lbh tinggi davichi ft t-ara(we were in love) >9000, apink 8500an,tp krn davichi gak dtg jd gak perform,akhr’n apink yg dinyatain menang..
      nangis deh mrk..

  • aku agk2 gmn gt ma beberapa komen..
    mungkin ga maksud, tp jdnya bikin aku tergelitik untuk komen..
    sbnernya CNBLUE bs menang selama 15 hari, itu cuma rentang waktu dari debut korea..
    sebelumnya CNBLUE udah punya base yg kuat, karena mereka udah debut jepang duluan, dan emang bikin fans korea jd penasaran karena mereka keluar dengan format band dan diperkenalkan sebagai band yg ditraining langsung menghadapi musik di jalanan hingga dianggap benar2 matang..
    selama mereka di jepang, banyak fans yang bertanya2 kapan didebutin di korea..
    bahkan video klip pertamanya (I’m a Loner), isinya kan fans semua..
    trus, faktor yg ga kalah penting ya timing and luck!!

    aku juga setuju, banyak penyanyi2 yg suaranya keren2 tp belum punya kesempatan menang d program musik..
    mungkin karena fansnya kurang fanatik..
    tapi, menurutku justru lagu2 mereka yg akan bertahan lebig lama..
    karena kualitas ga akan bisa bohong..

  • Sebenernya gak berapa penting sih meraih posisi 1 di music show. asal lagu mereka dihargai aja. aku rada kasian penyanyi2 udah berapa kali comeback belum pernah menang. kayak rania, nine muses, block b. mereka udah berjuang supaya dapat penghargaan tapi belum dapat2. padahal lagu orang itu enak2. tapi yasudahlah asal lagunya dinikmati banyak orang pastinya itu lagu bagus kok. ada waktunya nanti mereka menang. t-ara juga lumayan lama sih semenjak lies belum ada menang. pas bo peep bo peep (kurang lebih 4 bulan) baru menang di mubank

    Yang belum dapat semangat yaa !!! 😀

    • masalahnya men, kalau nggak dapet award biasanya belom dihargai, belom dilirik, belom begitu dianggap, jadnya ya, less job buat yg lain2 kayak cf, wawancara,interview,dll,dsb,makin terpuruk deh karena nggak ada publikasi
      sejauh yang aku lihat begitu di korea, aneh banget emang, kenapa orang korea gitu banget ama chart2.

  • wow~
    CN Blue cepet juga ya ternyata.
    mungkin karena mereka emang udah terkenal duluan sejak mereka debut duluan di Jepang sebelum di Korea.
    Miss A juga cepet banget, mungkin juga karena pengaruh nama senior-senior mereka seperti Wonder Girls, 2PM & 2AM.

    sebenernya kalo urusan posisi #1 di program musik itu sih tergantung ya.
    banyak sih boyband, girlband, solo, atau band yang punya kualitas bagus, SAYANGNYA, mungkin lagu mereka kurang catchy.
    udah gitu, kadang yang baru debut terus bisa duluan naik ke peringkat #1, juga mempunyai banyak kemungkinan kenapa mereka bisa naik ke peringkat #1 dengan begitu cepat.
    misalnya aja karena sebelumnya mereka begitu diantisipasi karena satu manajemen dgn artis yang namanya udah besar duluan.
    dan SAYANGNYA juga, fans jaman skrg sih lebih nyari penyanyi yg good-looking drpd yang suaranya bagus.

    (no offense)

  • @ISTRI SAH TABI 2-2nya bgs kok, siapapun yg menang itu krn mereka pantas mendapatkannya.
    Wah, ngebashingnya bs ngerusak image 2 fandom nih, apa emg sengaja tu bawa” nama bigbang =_=

  • Iya T_T
    tp di luar korea U-KISS malah sukses kok, fansnya jg lbh byk yg dr luar. Sesuai namanya, mereka kan international super star^^ grup” yg lain jg byk yg gt, yg penting mereka ttp menghasilkan karya yg berkualitas.

  • CNBLUE !!!!!!!! keren bgt. 2 minggu stelah debut langsung dapet thropy ya.. waktu intuition juga kan saingan sama tvxq yg secara udah senior bgt. tapi mereka menang. mereka debut awal tahun 2010 tapi prestasinya udah bejibun dan memimpin band hallyu u,u keren bgt

  • Mnurut gua sih jadi posisi #1 itu pnting.. Dngn jadi #1, semua krja kras dan pngorbanan yg d’lakuin BB/GB/Solois gak sia-sia dan terbayar dngn kmenangan.. Selain itu, #1 juga bisa memotivasi untk bsa ngehasilin krya yg lbh bgus lagi dr yg sblmnya..

    BTW setau gua skrng yg menangnya paling cpt itu Hug Gak deh, kalo gak slh Huh Gak cuma bth 7 or 14 hari buat bisa menang d’acara musik..

    • apa ia HuhGak secepat itu????
      wajar juga sih, dia kan menang Reality Show gitu…. jadi sudah punya banyak fans sebelum debut…

  • uwaaaah….CN BLUE, MISS A, 2NE1, FT ISLAND DAEBBAK!!!!!

    IU lama juga ya, padahal lagunya bagus-bagus, bang Kiwil juga lama banget…berapa tahun itu…baru num 1. padahal suaranya TOP banget…

  • kadang gw jg heran loh,, padahal pas di awal debut lagunya yg paling bagus gak pernah menang justru pas comeback malah lagunya biasa2 aja tapi menang,, itu beberapa penyanyi yg gw perhatiin. tapi balk ke masalah selera jg sih.

  • Untuk menggapai kesuksesan (dalam hal ni #1), ada banyak jalan yang ditempuh idola. Ada yang melalui jalan yang mulus, cepat, dan melaju dengan bebas hambatan seperti contoh2 diatas, yaitu 2NE1,Miss A, CN Blue, dll. Ada juga yang harus melalui jalanan panjang berliku dan berbatu2 seperti Jewelry, K.Will. Jalan mana pu n yang harus ditempuh, pada akhirnya mereka menuai sukses kan?
    ^^
    Kita di kehidupan nyata juga begitu. Jalan manapun yang akan kita tempuh,panjang atau pendek, selama kita tak berhenti berusaha dan berdoa, suatu saat, cita2 kita akan tercapai.

    #apa sih komen gue,..

    Kembali ke topik:
    Setelah aku pikir2, lagi ada beberapa faktor yang mempengaruhi cepat atau tidaknya suatu grup dapet #1
    1. Karakter. Baik 2NE1,Miss A, CN Blue, mempunyai karakteristik yang sangat kuat dalam musiknya. Selain penuh talenta, skill, dan unik, dan karakter, untungnya, karakter mereka juga langsung disukai masyarakat. Makanya mereka cepet dapet #1.
    2. Strategi agensi dalam promosi. Kalau agensi mempunyai strategi yang apik (ngatur waktu debut agar ga bentrok sama grup gede), pinter membuat penasaran masyarakat (seperti strategi SM), pinter membangun persepsi masyarakat terhadap si grup baru dan konsisten jaga image, publikasi yang gencar dimana-mana (seperti SM lagi), akan sangat menguntungkan. Makanya, agensi besar lebih gampang sukses grup didikannya, walaupun yang dari perusahaan kecil nggak kalah bagus/berbakat, apalagi yang punya trek record bagus (udah debutin grup bagus duluan), soalnya masyarakat udah punya persepsi bagus duluan terhadap si agensi, oh, perusahaan X, pasti bagus gitu, kalau perusahaan yg kecil, hah, ini siapa,

  • Waaaww CN Blue daebak!!!!
    Miss A juga, pertama kali denger lagu yg Bad girl good girl langsung suka, dance nya juga keren.. Siapa dulu yang nyiptain, Park Jin Young Ahjussi!! Mueheheee…
    Anyway buat yg dpt posisi 1 nya lama, it’s okay gapapa, malah lebih berasa bahagia pas menangnya, bersakit2 dahulu lah 😀

  • CN Blue daebakiyaaaaaa emg lagu i’m a loner itu raja bgt , ga salah ngefans ama cn blueeee :* , jgn dianggap remeh ye mentang* grupband , tp lagu*nya mereka keren , dan suara yonghwa tu bgus bgt ^^b , buat teen top semangat ! lagunya bagus bgt pantes aja bisa menang ^^b buat yg diatas yg ada ngina teentop ,, sini gw jejelin bibirnya niel , mulut lo ga bisa dijaga elahh

  • no offense.menurut daku lagu2 korea skrg ga bisa bertahan cukup lama untuk selalu didengar,, terakhir yg bener2 bisa tahan lama cuma dari idol yg debut sekitaran sampai tahun 2010 ( kecuali untuk bias masing2), kalo yg sekarang2 palingan dari non idol yg lagunya bener2 bagus. Mungkin ini faktor pesaingan yg ketat + terlalu banyak yg debut..,,dan kalo boleh sedikit “ngeluh” chart music skrg memang sgt berpengaruh dari kuat atau tdknya fanbase dari artis yg bersangkutan…,belum lagi faktor fans skrg yg sepertinya lebih suka liat wajahnya dulu baru musiknya ,,, semoga kedepannya lagu2 yg berkualitas lebih byk bermunculan…jgn hanya lagu2 yg cuma enak didenagr sementara!

  • kalo mo bela snsd jangan ngejatuhin artis lain dong…
    heran gw…2ne1 salah apa sih sama lo???
    snsd juga belom tentu kenal sama lo….
    gw bj,.tapi juga suka lagu2nya SNSD,…huhhhh….

  • knapa yg loe sasar dr kemaren cuma 2ne1doang, di artikel park bom jg gitu. pdhal sone lain yg di sini pd anteng2 ,,,
    di situ jg gak ada suju, dbsk, big bang atau WG fans nya gak ada tuh yg heboh ,,

  • CN to the BLUE, yeah~~~….

    Mw gimana lagi, single I’m Loner itu emang easy listen bgt.. Ditambah vokal Yong oppa yg powerful n Hyun oppa yg ng-bass..

    CNBLUE jg udah merasakan pahit asemny dunia hiburan. Mereka sering perform dijalanan, yg hanya ditonton beberapa org… Karena itu jg, para member CNBLUE sgt menghargai setiap fans mereka… So, mungkin dg pencapaian posisi 1 di Korea hanya dalam 15 hari adalah hadiah atas kerja keras mereka selama di Jepang…

    And now, CNBLUE jg diposisi teratas chart Oricon…. Yeah~~~
    CNBLUE, FIGHTING!!!!

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: