[News] MTV Iggy : Inilah 10 Idola K-Pop yang Paling Signifikan di Era Tahun 2000-an!

Published 08/12/2011 by kikawaiii

Melihat ke Dalam Terobosan2 Baru dari Korean Wave!

Warga Korea dulu sering bercanda tentang menjadi “udang di antara paus” — terjebak di antara budaya raksasa China dan Jepang.

Meskipun begitu selama dekade terakhir, sebuah gelombang ekspor musik pop Hallyu besar2an muncul di antara para paus.

Pemenang terbaru MTV Iggy “2011 Best New Band”, 2NE1, mewakili fenomena musik global ini, walaupun faktanya Hallyu wave relatif belum dikenal luas di Barat. Suatu istilah payung untuk hanya beberapa style musik, keunggulan2 K-Pop termasuk dance presisi, nilai2 produksi tinggi, beraneka ragam rangkaian akronim untuk nama2 grup, dan semua boy/girlgrup yang melengking jernih yang rasanya seperti terlempar ke akhir tahun 90-an pada masa Disney dengan produksi NSync/Backstreet Boy. Hanya, bagaimanapun juga.. lebih baik.

Gelombang K-Pop menjadi sebuah tsunami global, jadi mari mengingat kembali sebuah kronologis singkat pada dekade yang membawa kita pada titik ini. Terutama melalui langkah2 yang menunjukkan grafik perjalanan ini. Langkah2 yang tidak hanya menjual jutaan rekaman, mereka mencetak tonggak, menghamparkan jalan tiap tahun untuk gelombang yang lebih besar selanjutnya.

Tolong dicatat : Band2 ini diurutkan secara kronologis dari yang paling lama hingga terbaru. Tidak diranking dari yang kurang sampai paling penting.

====================================================================

10. G..O.D. (1999)

Groove Over Dose (disingkat dengan huruf2 kecil g.o.d. untuk menghindari kebingungan dengan Tuhan) secara teknis debut pada tahun 1999, namun beberapa diskusi dekade lalu dimulai di sini. Single pertama grup idola beranggotakan 5 pria, sebuah ballad yang sangat manis, “To Mother“, menghubungkan gadis2 kecil, pemuda2 remaja, DAN ibu mereka dalam sebuah ‘aww’ besar.

Merilis ablum dengan sangat cepat tiap tahun sampai 2005, g.o.d. menawarkan substansi kilat, kemampuan menyanyi seperti malaikat, dan lirik yang menyentuh hati tentang memilih jalanmu sendiri, masa2 kecil yang manis, dan cobaan serta kebahagiaan dalam kehidupan sehari2. Semua ini dirangkai dengan sebuah pesona konyol yang menawan (terbaik tampak pada “Observation” tahun 2000) dan sebuah kemampuan elastis untuk memutar pada beberapa genre yang dilemparkan pada mereka, memberikan penjualan multi platinum untuk grup. Gelombang Hallyu telah tiba.

9. BOA (2000 Debut Korea, 2001 Debut Jepang, 2009 Debut bahasa Inggris)
Queen of K-popBoA (alias Beat of Angel), adalah artis K-pop pertama yang mendobrak pasar Jepang dan telah menjual lebih dari 60 juta album di seluruh dunia. Dia juga merupakan salah satu, jika bukan, yang pertama, artis K-pop yang secara khusus didesain untuk popularitas pan-Asia –dilatih untuk belajar bahasa Jepang dalam persiapan untuk kesuksesan debut Jepang, dia merupakan bentukan awal dari grup “Gateway to Stardom of Asia” (Pintu Gerbang menuju Dunia Bintang Asia) seperti Super Junior.

Walaupun seringkali dibanding2kan dengan Britney Spears selama masa kejayaannya (hari2 Britney, bukan hari2 BoA) untuk karisma mereka yang sama2 ‘tidak bisa berhenti untuk dilihat’, BoA sebenarnya seorang dancer yang jauh lebih baik. Tontonlah single berbahasa Inggris nya yang pertama, “Eat You Up” 2008 untuk sebuah kilasan tentang mewahnya K-pop.

8. RAIN (2002)
100 Tokoh Paling Berpengaruh 2006″ versi Time Magazine. “100 Tokoh Paling Berpengaruh 2007” versi Time Magazine. Sebuah persaingan buatan dengan Stephen Colbert memuncak dalam sebuah komik bernada bersaing dan menyindir di sebuah homepage K-pop, “I’m Singing in Korean“. Dikasting oleh Wachowski Brothers untuk membintangi Speed Racer dan Ninja Assassin. Memenangkan sebuah penghargaan ‘MTV Movie award‘ untuk Ninja Assassin. Rain mencetak sebuah tonggak baru dalam paparan Barat untuk seorang bintang K-pop, memasukkan K-pop ke dalam kesadaran mainstream pop US seolah tidak ada yang lain sebelum dia.

Menariknya, pria dengan abs yang mampu melumatkan anggur ini sebelumnya dinilai terlalu terlihat aneh sebagai idola K-pop. “Mata harimau”-nya yang berkelopak berat seolah mengantuk membuka jalan untuk bintang2 K-pop berpenampilan istimewa selanjutnya seperti 2NE1.

Pada titik ini prestasi2nya yang lain mengancam menutupi karir musiknya, tapi bagi yang belum tahu, sekali melihat “It’s Raining” cukup untuk membuktikan musiknya. Sayangnya, Rain masuk dalam tugas wajib militer di Korea bulan lalu.

(Tahukah kalian bahwa MTV World, divisi induk MTV Iggy, menampilkan Rain untuk audience US pada 3 Februari 2006 dengan sebuah rekaman langsung di studio MTV Times Square? Itu adalah penampilan pertama Rain di US.)

7. EPIK HIGH (2003)
Bukti positif bahwa ada K-pop yang lebih dari sekedar wajah memikat dan dance seksi. Trio hip hop ini (Tablo, Mithra, DJ Tukutz) menulis, merekam, dan memproduksi lagu2 mereka sendiri — melangkah sejauh itu melepaskan jaminan sebuah perusahaan manajemen dalam upaya menciptakan label rekaman independen. Album keempat mereka, “Remapping The Human Soul” menyinggung isu2 agama, kejahatan seksual, dan peperangan… dan dengan segera mendapat blacklist band (jika bukan pelarangan sekaligus) dari hampir semua channel Korea.

Melakukan rap dalam bahasa Inggris dan Korea, Epik High memperdengarkan kembali masa2 keemasan backpacker hip hop era 90-an — produksi elegan yang tidak bertele2, lirik2 cerdas, permainan kata, alunan halus, dan pandangan2 sadar sosial. Album solo terbaru Tablo, “Fever’s End” meraih hit no.1 dalam chart iTunes di US dan Kanada segera setelah dirilis tanggal 1 November 2011. Ini barulah permulaan. Sebagaimana yang kami temukan pada tahun 2009, rapper yang penuh perasaan, mengesankan, original, dan memukau tanpa henti ini selalu memiliki banyak hal lebih untuk dikatakan tentang dunia di sekitarnya.

6. TVXQ/DBSK (2003)
Melalui semua waktu dan mengatasi semua rintangan wilayah, bintang2 pria ini memiliki kemampuan luar biasa untuk menimbulkan jeritan, isakan, dan histeria massa dari gadis2 usia prepubertas. Seperti Justin Bieber yang membangkitkan kesetiaan di kalangan remaja2 pengunyah permen karet dari Long Island hingga Nebraska dan sekitarnya, kelima member TVXQ (dikenal sebagai Dongbangshinki di Korea) dipuja2 oleh Cassiopeia — fanclub yang mencetak ‘Guinness record‘ sebagai fanclub resmi terbesar di dunia.

Dijuluki “Kings of the Hallyu Wave” oleh media, TVXQ melonjak dari satu puncak chart ke chart selanjutnya setelah banyak negara menyerah pada pesona mereka. Lalu, tragedi terjadi. pada tahun 2009, 3 member (Jaejoong, Yoochun, dan Junsu) mengajukan keputusan melawan agensi Korea mereka, SM Entertainment, menggugat validitas kontrak mereka. Saham agensi turun 10% saat pengadilan mengabulkan gugatan mereka. Sementara perjuangan hukum masih bergejolak (12.000 anggota fanclub sendiri mengajukan gugatan pada agensi!), ketiga member penggugat membentuk JYJ dan dua member bertahan, Yunho dan Changmin, mengembalikan grup menjadi suo dan merilis lagu pop yang menghentak kaki, “Keep Your Head Down“, awal tahun ini.

5. BIG BANG (2006, COMEBACK 2011)
Seorang remaja kurus, berambut pendek dikuncir, berlari dengan panik menelusuri gang2 sempit diiringi tabuhan irama perkusi drum Korea dan mungkin bahkan tabla Korea Selatan. Dia berhenti merapat ke sebuah tembok untuk menarik napas. Dia menolehkan kepalanya. Sepucuk pistol terarah pada layar. “Big Bang” — kata2 membeku pada layar bersamaan dengan bunyi tembakan.

(Itu hanyalah adegan pembuka 20 detik MV “Lies” dari EP debut Always grup Big Bang.)

Tidak perlu banyak hal untuk melihat mengapa Big Bang sangat populer di kalangan fans K-pop. Kombinasi dari leader dengan style bad boy pemberontak, G-Dragon dengan vokalis utama Taeyang dan rapper underground T.O.P. Ditambah dua dancer selentur karet, Daesung dan Seungri. Kalian bahkan tidak perlu menggoncangnya. Sejak 2006 Big Bang mencetak trend mulai dari gerakan2 dance sampai model rambut, dengan mempopulerkan style hip hop cornrows untuk preppy-punk hawk buatan tanpa kehilangan sedikitpun daya tarik yang terkesan acuh.

Kelima member ini mengambil waktu 2 tahun untuk mengejar proyek2 akting dan musik solo mereka, dan kembali pada tahun 2011 dengan EP Tonight, yang dengan segera meraih lebih dari $6 juta USD penjualan kurang dari seminggu. Mereka membawakan tahun comeback mereka hingga penutup dengan meraih penghargaan “2011 MTV Europe Music Award untuk “Best Worldwide Act”. Ya, mereka kembali dengan sebutir peluru.

4. WONDER GIRLS (2007)
Menampilkan kostum2 retro yang chic, menyanyi dengan harmonis, dan sebuah konsep ringan dan riang yang menyenangkan, girlgrup beranggotakan 5 gadis ini adalah sebuah girlgrup yang membawa kita kembali pada era keemasan Motown girlgroup di tahun 60-an seperti The Ronettes atau the Crystals. Dalam asuhan produser/manajer/penyanyi-penulis lagu Jin-Young Park (alias JYP dari JYP Entertainment).

Pada tahun 2009, Wonder Girls memecahkan harapan besar menjadi grup kpop pertama yang beralih dengan benar pada mainstream di atas bahu mereka yang ramping. Melalui chorus gagap “Tell Me” dan tepukan tangan “Nobody” yang menular dengan cepat, mereka membuka taraf Jonas Brothers di US untuk sebuah tur dunia dan bahkan mendapat penerimaan berstempel penuh keringat dari blogger gosip Perez Hilton.

Sayangnya, semuanya sedikit terlalu cepat. Mainstream Amerika mengabaikan mereka, dan reaksi dunia K-pop saat mereka tidak berhasil adalah tekanan dan tidak banyak berarti.

Pada akhir 2011, Wonder Girls kembali dengan sebuah deretan perubahan dan sebuah video teaser untuk album Wonder Girls menunjukkan suatu penampilan baru yang berani dan alunan bass berat dengan suara sintetis terdistorsi. Untungnya, teaser itu sedikit mengecoh. Lagu2 seperti “Be My Baby” bisa jadi menampilkan para gadis dalam kostum hitam dan putih dan semuanya menjadi dewasa, tapi melodi2 yang menarik perhatian tetap ada.

3. GIRLS GENERATION/SNSD (2007)
Tampaknya 2007 adalah sebuah tahun gemilang untuk girlgrup2 karena di tahun itu Wonder Girls dan Girls’ Generation melejit. Sementara para pendahulu penting untuk memimpin barisan perintis Hallyu, barisan selanjutnya (dikenal sebagai So Nyeo Shi Dae di Korea, disingkat SNSD) menciptakan sebuah contoh bisnis baru untuk grup2 K-pop dengan menjenuhkan semua media.

Menampilkan 9 member yang bersih tajam dalam berbagai nuansa yang memikat, Girl’s Generation diperkenalkan ke dunia K-pop dalam sebuah rangkaian gerakan yang dirancang dengan hati2 dan terencana : sebuah pembuatan dokumenter pre-debut para gadis, putaran proyek2, reality shows, ranah akting, kedermawanan…grup idola multi talenta ini tak terelakkan, setidaknya pada chart2 musik dimana mereka meraih posisi #1 dengan tiap2 lagu baru.

Seberapa besar SNSD? Mereka baru saja melakukan kontrak dengan Interscope Records, dan produser legendaris Teddy Riley menulis, menggubah, dan mengaransemen single terbaru mereka, “The Boys“. Pada tahapan ini, berharap untuk melihat kerlipan wajah2 mereka di kotak sereal di tahun 2012.

dan tidak ada untuk kalian di tahun 2008!

2. 2NE1 (2009)
Tampil menghentak dengan wig2 aneh dan sikap2 pemberontak dalam lagu2 seperti “I Am the Best” dan “Ugly“, 2NE1 merevolusi image idola2 wanita, dan pada tahun 2011 memuncaki gelombang Hallyu seluruhnya dengan meraih penghargaan “MTV Iggy’s Best New Band in World“. CL, Minzy, Bom, dan Dara dikenal sebagai gadis2 paling garang di dunia K-pop untuk satu alasan. Dan kami telah menghitung alasan2 itu cukup lama, penjelasannya tampak berlebihan pada titik ini. Lihatlah pada sebuah artikel tentang 2NE1, lihatlah MV2 mereka yang menggemparkan, dan jumpai superfans mereka.

Tak peduli apa yang kalian lakukan, satu fakta yang tak terbantahkan : 2NE1 adalah sebuah janji dari pemberontakan K-pop, tsunami yang menghancurkan bentang budaya pop sebagaimana yang kita tahu.

1. MISS A (2010)
Sementara fans 2NE1 akan dengan bahagia menutup dekade 2009, satu grup terakhir menyelip masuk ke dalam daftar ini. Miss A, girlgrup beranggotakan empat orang yang menakutkan (selain 2NE1) menghantam fans K-pop di atas kepala mereka dengan kekuatan yang agresif (dan menggairahkan, jika kita boleh jujur) lewat lagu debut “Bad Girl Good Girl“. Mereka bisa jadi tidak sekreatif 2NE1 dengan suara2 mereka yang lebih lembut dan merdu, tapi Miss A menang perbandingan pada lebih tua dan sekaligus lebih berpengalaman. Dengan sebagian member China (Fei dan Jia) dan sebagian Korea (Min dan Suzy), Miss A mengukuhkan tempat berpijak dalam pasar China, dan dengan lagu2 seperti “Breathe” dan “Baby Good Bye” memamerkan jangkauan para gadis, mereka telah mendapat potensi untuk mengikuti daya tarik global 2NE1.

 

Source: MTV IGGY (via omonatheydidnt)

indo trans : kikawaiii @yeppopo

DON’T TAKE OUT

307 comments on “[News] MTV Iggy : Inilah 10 Idola K-Pop yang Paling Signifikan di Era Tahun 2000-an!

  • wahh,,smua yg diatas mmg g bisa terkalahkan ama band2 terkini yg menggunung byk abiezz…
    (saking byknya ampe gatau)
    oh,,trnyata miss a jgak msuk ya??
    mmg miss a daebak!!!tariannya itulooohhh!!!!

  • lucu sama statement ini ” ..Ditambah dua dancer selentur karet, Daesung dan Seungri..”

    dae + panda , kalian emang selentur karet kekeke … dan tabi sekaku besi , kekekeke 😛

    #digetok tabi

    • RT RT.. Hahahaa,,, biarpun sekaku besi tp dy udh bbalet ria di knser kmrn.. *hahahaaa,,,inget gmn somplaknya mreka lg deh*

    • Masiiiiihhhhh,,,,hahahaaaaa… Skrg bawaannya tiap dgr IATB ori version,,psti yg keinget malah bigbang yg kocak itu.. LOL

      Unforgettable performance lah itu.. Keren tuh klo bigbang jdiin IATB versi mreka single di album baru.. Perlu dirilis jg MV nya.. Hahahaha

    • IATB -bigbang … bakalan diingat sm VIP di seluruh muka bumi .. #eeaaa ..

      no no no nanana nya GD
      badan selentur karetnya Dae
      pose cutenya Panda
      daaaaaaaaaannnn jreng jreng jreng
      goyang dombret, goyang jaipongan, goyang ngeborr,goyang gergaji nya Tabi …hwakakakakakakakakakkak

    • bener tuh kayak gimana gtu sampai aku relain download beberapa jam demi IATB BB #inetlemot

    • masihhhhh!!!
      tiap dger lagu IATB suara 2ne1 malah samar2 jd suara bigbang.lol

    • Rituit… wkwk… lucu ching… pandae selentur karet… tabi sekaku besi… ke.ke.ke~
      motto Tabi: walaupun kaku, yang penting PEDE..
      wkwk ni orang emang pede abiz sama butt nya.. itu aset berharganya Tabi… *IATB moment

    • butt nya Tabi oppa kn kyk pny Kim Khardashian gto*hahahahahaha ngaco tngkt tinggi

  • 2008 gak ada? SHINee? padahal menurutku mereka juga sukses besar sebagai trendsetter pas awal debut. Gaya yang fresh dan muka polos mereka jadi daya tarik tersendiri waktu itu dan sampe sekarang

    • Kalo menurut saya mah Shinee kurang menggebrak. Gimana ya jelasinnya. Yg masuk list di atas itu punya gebrakan tersendiri pas mereka debut (aliran musik, gaya, sikon pasar musik pd saat itu) istilahnya mereka jd lbh ‘terlihat’ dibanding yg lain.
      Kalo Shinee msh biasa *no offense*

    • ahhh setuju banget, bukan berati shinee nggak bagus tapi bener kata lulu masih agak biasa, kalo yang sepuluh ini emang luarrrr biasa, salah satu biasku juga nggak masuk, tapi aku juga nggak kenapa-napa, jadi kalau shinee nggak masuk ya udah…harus bisa terima

    • setuju.
      menurutku malah SHINee lebih dikenal secara asia dan dunia sejak ngisi soundtrack BBF stand by me. jujur kalo aku ga liat BBF mungkin aku gabakalan tau ada SHINee meski aku udah tau korea koreaan sejak 2008 pas jaman kissing you nya snsd.

    • Maaf bkn maksud ngebash.Aku jg lumayan suka shinee n mereka emg bb yg cukup bagus.Tp kalo dibandingin ma yg lain di atas, shinee emg agak kurang. Semua yg dicantumkan di atas pny ciri khas khusus yg bikin mereka sangat menonjol, sedangkan shinee stylenya kyk rata2 bb korea.
      Misal nih:
      2NE1>>cool
      TVXQ>>perfectly talented
      SNSD>>Pas awal2 energik*liat into the new world*, trus cute*sampe jd imej cewek2 asia*
      Miss A>>classy+sharp
      Kalo shinee emg kurang ‘bertanda’…

    • 2NE1 adalah sebuah janji dari pemberontakan K-pop, tsunami yang menghancurkan bentang budaya pop sebagaimana yang kita tahu ^^

    • valen siiBlackJack-VIP yang tahuN depan pengen teriakk EMAKKK BAPAKK AKU LULUS SMA dan berharap dikasih kado bisa nonton BIG SHOW ato NolzaConcert xD

      RT

  • “Seorang remaja kurus, berambut pendek dikuncir, berlari dengan panik menelusuri gang2 sempit diiringi tabuhan irama perkusi drum Korea dan mungkin bahkan tabla Korea Selatan.”

    “Ditambah dua dancer selentur karet, Daesung dan Seungri”

    GD kasihan bt sih diblg remaja kurus
    hahahahahha,,lucu amat yak !! selentur karet..

    YEAH,,We are BIG BANG !!
    Who’s the VIP ?? BIGBANG is VIP !!

  • Koc gk ada super junior sich. . . 😦
    mrka kan udh menggantikan posisi tvxq sbg KINGS OF THE HALLYU WAVE..

    • RT cingu. .. Ko bs kelewatan ya ? Bisa dibilang suju skrg jd pembawa hallyu wave d seluruh dunia saat ini.. Ini dilihat berdasar apa ??

    • ini berdasarkan perubahan atau karakter yang dibawa tiap group.
      selain popularitas tentunya.
      tapi kan musikalitas yang paling penting.
      miss A aja yg ga gitu besar masuk peringkat kok.

    • itu diatas bukan dilihat dari popularitas, tapi dr sejak debut sudah meledak dan mencuri perhatian.
      coba deh dibaca semuanya sudah terkenal sejak debutnya.
      Suju baru meledak tahun 2009 padahal mrk sudah debut sejak tahun 2005.

    • lindsa: snsd juga debut thun 2007 tapi baru meledak tahun 2009 dgn lagu gee .. malah mreka trkenal krena lagunya di nyanyikan org lain.

      klo mau di blng sejak debut sudah meledak dan mencuri perhatian itu speri TVXQ, bigbang,WG, 2ne1. Miss A.

    • Tampaknya 2007 adalah sebuah tahun gemilang untuk girlgrup2 karena di tahun itu Wonder Girls dan Girls’ Generation melejit…..”

      dari artikel diatas SNSD dianggap sudah melejit tahun 2007 sudah booming chingu.
      waktu itu SNSD juga membawa imej yg berbeda seperti WG.

    • SNSD itu memang udah mencuri perhatian dari awal debut walau mereka di benci, mereka punya bidang sendiri yang membuat mereka juga di lihat oleh orang lain, misalnya yoona di YAMD drama dan sebelum debut juga mereka udah jadi model CF yang membuat namanya juga di kenal serta menjadi radio DJ dst
      mereka juga udah booming walaupun banyak segelintir antis yang menekan mereka dan mereka juga membawa image dan konsep yang bisa di bilang fresh untuk seumuran mereka kala itu
      lagu ITNW jaman debut juga pernah menang di MNet untuk pertama kalinya(tanda debutnya juga sukses)

      mungkin lo harus banyak cari tau lagi tentang siapa saja grup yang sudah booming di era 2007

    • SNSD juga udah booming kok chingu makanya mereka sering di sandingkan dengan WG, pernah kan battle WG bawain lagu kissing you dan SNSD bawain lagu Tell me

    • @ocha hehe chingu kayanya kamu musti banyak cari tau lagi deh kayanya kamu ga tau ya lagu Into The New World itu pertama kali menang di Mnet tanggal 11 oktober 2007 itu aja udah bukti debut mereka lumayan sukses dan juga mereka juga pernah membawakan Girls On Top & My Name ( BoA ). dari awal debut mereka itu bukan hanya mempunyai konsep yang fresh sesuai dengan umurnya pada saat mereka remaja tapi mereka juga menunjukan performance yang hebat saat menjadi rookie. coba kamu nonton performance girls on top dan my name & into the new world kamu bakal tau kualitas mereka juga saat jadi rookie, aku juga setuju dengan @well kalau mereka dari awal udah mencuri perhatian dengan image yang fresh muka cute tapi memiliki koreo yang strong dan susah serta vokal yang cukup baik. mereka itu termasuk berbeda dan punya gebrakan yang signifikan juga dari tahun ke tahun

    • Tiap MTV atau apa pun punya versi beda2 chingu..
      KARA jg ga ada..
      Klo dipikir2 KARA kan jg Girl Band yg sukses bgt, baik di domestik maupun manca.

    • dibandingkan dg WG dan SNSD yg juga debut tahun 2007 maka wajar kalo KARA ga masuk chingu..
      setahuku KARA memang “mian” ga semelejit WG dan SnSD waktu itu.

    • kara kan waktu debuty lebih prioritas di jepang ,jadi yg megang Korea sebagai GG ya SNSD sama WG

    • Kalo Super Junior ditulis, ntr SM dikira maruk hahah… Tu uda ada BoA, TVXQ, SNSD..
      Dipenjelasan bagian BoA uda menyinggung Super Junior juga koq.
      Tiap2 MTV punya versi masing2..

    • Wkwkwkw… BETUL!
      Kalo didominasi artis SM, ntr dikira SM nyuap kek, udang dibalik batu kek.. Haha

    • gak cuma SM aja kali, YG tuh ada 2NE1 sama Big Bang, terus Epic High dari mana tuh? Tablo dari YG kan?
      malah yg dari JYP ada 4: g.o.d, Rain, Wonder Girl & Miss A

      menurutku yg diatas udah bener kok
      ini kan bukan Idola dgn fanbase besar

    • ga setuju ah kamu bilang suju gantikan TVXQ jadi the king of hallyu wave!

      TVXQ tetep THE KING dan THE LEGEND!

    • bner tuh….emng ada apa statement dri media korea klu suju dah gntiin Psisi TVXQ ???’
      hahaha….ngrang deh tuh org

    • yoi, buktinya banyak generasi muda alias bb/gb baru di korea yg menjadikan DBSK sbg tolok ukur dan panutan,, hahahaha..
      yg namanya The King dan The legend ya harus bisa membawa pengaruh pihak lain untuk bisa mengikuti jejak mereka ya g?

    • siapa bilang Suju dah menggantikan posisi TVXQ? pliz deh kl ngomong jangan gitu kali.. kasih sumbernya dulu dong,

    • RT banget chingu!
      Suju kan fanbase nya banyak
      Mana world tour lagi
      Setau aku yg sukses konser2 itu suju. Lagian korea juga udah mengakui
      Di nama suju pasti dibilang “A hallyu star+world star Superjunior”

    • jangan cuma dilihat dari “gede” krn fans banyak, populer, album laris dunk.. hehe..^^
      list diatas yg dilihat bukan cuman itu aja lho chingu.

    • TVXQ juga prnah msuk guinness of record dngan fanbase trbnyak di dunia……emnk suju prnah ??

    • Member dbsk juga kuat mental tuh…kalau nggak kuat mental yg namanya JYJ ga bklan ngajuin lawsuit, blm lagi dampak2nya, dan buat HOMIN juga msh kuat2 aja tuh di SM

    • mental dari hal apa dulu?
      kalau mereka ga kuat mental pastinya HoMin ga akan pertahanin TVXQ, HoMin malah mau ngelindungin TVXQ pula =,=
      kamu harusnya jangan komen kayak gitu karena masalah mereka itu kejadian nya hampir serupa sama yang terjadi sama hangeng oppa =,=
      berarti suju oppadeul juga ga kuat dong mentalnya ga bisa pertahanin hangeng oppa? =,=
      komenmu itu ambigu

    • suju itu pas awal debut belom bisa ‘menggebrak’ . inget kan statement member suju kalo awalnya super junior 05 adalah sebuah proyek yg bisa bubar?
      nahh.. di tahun mereka debut, suju itu yaaa bisa dikatakan belum bisa menggebrak kayak yg lainnya… meski kalo sekarang popularitas suju itu tinggi banget.,
      eeeeeeeeeeeeeh…. kamu sbg fans jgn menutup mata dong mentang2 cinta jadi segitunya. king of hallyu wave itu DBSK karena dbsk lah semua artis kpop bisa bebas keluar masuk jepang, ke thailand dll~
      hadeeeeeh~ perasaan suju itu president of teenagers deh ~~

    • setujuuu
      soal TVXQ ga perlu diragukan lagi
      banyak artis yang menjadikan mereka ROLE MODEL
      kayak X5, the boss, t-ara, big bang dl jg awal debut pingin jd kayak dbsk, dll..
      ini bukti bahwa mereka benar2 THE KING sejati.
      ga cuma popularitas tapi diakui kemampuannya.

    • iya, kaya mblaq aja itu secara terang terangan ingin jadi seperti dbsk. dan setahuku juga gitu, sampe sekarang role modelnya grup cowok itu kebanyakan masih dbsk.
      yap, khususnya di indonesia, popularitasnya suju ga perlu dipertanyakan lagi

    • iya bb indonesia pada menjadikan suju panutan. tapi bb korea ada ga yg menjadikan suju jadi panutan?

    • saya setuju sama komen lietha “suju itu pas awal debut belom bisa ‘menggebrak’ . inget kan statement member suju kalo awalnya super junior 05 adalah sebuah proyek yg bisa bubar?
      nahh.. di tahun mereka debut, suju itu yaaa bisa dikatakan belum bisa menggebrak kayak yg lainnya… meski kalo sekarang popularitas suju itu tinggi banget.,”
      itu member sujunya bilang sendiri

    • iya setuju chingu, mungkin orang banyak bilang gitu gara” sekarang popularitas SUJU lagi meningkat …

      sekarang itu banyak fans” yg hanya melihat POPULARITAS bukan KREATIVITAS -_-v

    • ga setuju dengan kata-kata chingu.
      boleh aja suju sekarang terkenal banget dan mengalahkan TVXQ diacara awards
      tapi TVXQ yg dikalahkan suju itu cuma 2 orang doang dan bukan TVXQ ber5
      sebelum TVXQ pecah, sejak dulu Suju ga pernah bisa menyaingi mereka
      jadi gw tanya TVXQ yg mana dulu ni??

    • iya Suju baru bisa menang awards vs Homin doang di tahun 2011 ini. dulu pas masih ada DBS5K dg member lengkap nggak bisa tuh.. album DB5K yg dulu juga blum bisa terlampaui,, kalo album KYHD Homin memang dah kalah dari Mr. simple sih gw akui,,

    • Haduh, hari gini masih ada aja yang nganggep Suju melebihi DBSK. Sori mungkin untuk Indonesia serta negara Asia Tenggara n Cina iya tapi ga untuk Korea apalagi Jepang dan dunia (sampe sekarang gw ga menemukan bukti bahwa Suju sangat terkenal di dunia selain negara Asia Tenggara dan Cina & Taiwan). Suju ga membuat gebrakan besar layaknya DBSK dan Big Bang. DBSK menggebrak karena status idol boyband yang lama hiatus semenjak hilangnya HOT, Sech Kies n Shinwa. Big Bang menggebrak dengan genre dan fashion baru dengan hadirnya lagu Lies.

      Suju debut tahun 2005 dan baru terkenal semenjak Sorry Sorry tahun 2009 dan ingat salah satu faktor Suju terkenal saat itu adalah status hiatus DBSK dan Big Bang. Suju terkenal di luar Korea karna kbijakan SM yang memutuskan tuk promosiin Suju ke tempat yang belum “terjamah” seperti wilayah Cina dan Asia Tenggara. Tapi itu ga mengubah kenyataan bahwa Suju masih tidak sepopuler DBSK dan Big Bang di Korea dan Jepang dan tidak dianggap membuat gebrakan yang signifikan seperti dua boyband itu. Tolong terimalah kenyataan bahwa Suju tidak sepopuler yang anda bayangkan apalagi menggantikan DBSK.

    • saya ga santai dg komen anda, ga mikir perasaan cassie yg sudah terpecah.
      ibaratnya menginjak kaki orang lain yg luka.

    • kalo udah baca sih jadi ngerti, semuanya adalah BB dan GB yang langsung melejit begitu melakukan debut. dan Suju…mereka debut november 2005, tapi menang untuk pertama kalinya di tahun 2006 pas bawain U kan kalo gak salah. pokoknya waktu menang pertama kali itu pas Kyuhyun >>suamiku udah gabung di suju, jadi wajar aja kalo gak masuk., sedangkan SNSD langsung melejit dengan lagu ITNW, Wonder girl juga, 2ne1 apalagi, Miss a juga langsung melejit dengan Bad girl good girl.

  • Semua yg disebutkan diatas memang bagian penting dari perkembangan kpop dan hallyu wave..kualitasnya udah ga diragukan lg,walaupun skrg byk yg baru tp te2p ga bisa tergantikan.

    Orang berbakat kyk RAIN,penyanyi suara emas kyk BoA,.BB dgn suara dewa kyk DBSK,BB dgn musikalitas menawan kyk bigbang+2ne1,.GB yg cantik2 kyk SNSD +WG,.dan GB baru berbakat kyk MISS A

    pokoknya semuanya T.O.P (kyk suamiku hehe)

    btw,tapi kok kagak ada suju?aq kenal kpop pertama kali gara2 suju lho..

    • itu diatas bukan dilihat dari popularitas, tapi dr sejak debut sudah meledak dan mencuri perhatian.
      Suju baru meledak tahun 2009 padahal mrk sudah debut sejak tahun 2005.

    • Owh..kalo gtu ngerti deh alasannya,emang suju meledaknya pas lagu sorry sorry thn09.

      Yaph,yg penting ada uri namja BIGBANG tercintaa
      #peluk tabi

  • yippiiieeeee YG Family,,,,,,,Big Bang n 2NE1 emg paling the besttttttttttttt,,,,,,”seorang remaja kurus” hahahahahaha bang GD biar kurus tetep cuakeeeppp,,,,,,,,senyuman nya itu huaaaaaahhh bikin melelehhhhhhh

    • SUJU emang booming, tapi boomingnya baru tahun 2009 … yg di lihat itu bukan hanya sekedar popularitas sekarang.
      beda sama yg di atas mereka boomingnya dari awal” muncul … ga kaya suju

  • seandainya indonesia juga bisa menjadi trendsetter dunia musik..
    jgn cma niru2 aje..

    • itu diatas bukan dilihat dari popularitas, tapi dr sejak debut sudah meledak dan mencuri perhatian tersendiri.
      Suju baru meledak tahun 2009 padahal mrk sudah debut sejak tahun 2005.

  • Yeah !!! so pasti BIGBANG masuk……sebagai VIP gimana coba kita nggk bangga ama mereka ??? wwkwkw PROUD BE VIP ~~^^

  • Pas baca yg bagian bigbang, liat kata ‘kurus’ udah ketauan bgt syapa 😀 hehe..
    Eh selentur karet?? *ngebayangin dae+panda dilipet-lipet masuk koper*

    Daebakk all 😀

  • Yihaaaaa,,,,, ada bang tablo *mskipun dsini sm epik high nya tp epik high jg keren kok*,,ada bigbang,,ada 2NE1 jg..

    DAEBAKKKK!!!!

    • itu bukan berdasarkan rangking tapi tahun debutnya miss A yg terkahir jadi no.1 chingu.

  • Ditambah dua dancer selentur karet, Daesung dan Seungri XD lucu bacany gmn gitu wkwkwkw

  • BIG BANG , BIG BANG HWAITING , BIG BANG IS BACK !!!
    2NE1 BLACKJACK :)) 2NE1 IS BACK :))

  • valen siiBlackJack-VIP yang tahuN depan pengen teriakk EMAKKK BAPAKK AKU LULUS SMA dan berharap dikasih kado bisa nonton BIG SHOW ato NolzaConcert xD

    kyaaa unnideulku 2NE1 emang T.O.P abiss sampe2 temen2q yang nonkpoper jatuh cintaa ama 2ne1 ❤
    noljjaaaaaaaaaa

  • ya gag gt cingu , kalau memang pd kenyataannya artis SM sangat berpengaruh dg penyebaran kpop d seluruh dunia mau dibilang apa lagi?? Toh mereka bs membuktikan prestasi yg membanggakan… KECUALI kalw memang si artis gag pny prestasi ap2 tiba2 msug 10 bsar.. Br dh bs dpertanykn.. Overall aku gag se7 dg polling d atas.

    • ya itu sih menurut kamu. kamu elf dan kamu ga setuju gara gara suju ga ada di list.
      but its okay. semua orang bebas menerima menolak setuju atau tidak setuju,
      tapi menurut aku, list diatas itu cocok kok

    • mereka dilihatnya bukan dari penyebaran Kpop diseluruh dunia
      apakah missA mendunia seperti suju, epikhigh juga?
      yang dilihat itu “sesuatu” bukan cuma terkenal atau nggaknya chingu.

  • hahaha.. dari panjangnya artikel diatas yang nyangkut di otak cuma kata KURUS’ dan SELENTUR KARET … wkwkwkwkwk ..

    btw………. i like this artikel ^^

  • Yg hiphop emang pling bombastis n fantastis epik high bigbang 2ne1 !!!
    Klo di liht2 2ne1 grup bintng kpop yg pling berhsil mencuri perhatian dunia. Bukn skedar membwa hallyu wave mreka lebh dri it.

  • Judl artikelny bukn “grup popular di era 2000” tp, “grup yg pling SIGNIFIKAN di era 2000” otomatis yg msuk list it grup/singer yg berkarakter kuat bs membwa trend musik ato style pd jamanya. Bukn skedar good looking ato popular tp, konsepny mengekor ato cm ikut2n. N ini bukn poling!

  • Hahaha,,ngakak pas baca Si kurus GD sm Daesung dan Seungri yg bisa dance selentur karet.. Mantaplah bt smua yg msuk…

  • 2008 gk ada?bknnya ada 2pm ma shinee y :O ,tpi saya stuju kok list di atas,chukae smua! ,hehe…

  • Daftar2 di atas emang tdk perlu drgukan lg dah.
    Dskripsi ttg bigbang rda aneh, hahaha 2 dance lentur karet.. Pdhl suara dae bikin aq meleleh.
    Bigbang 2ne1 klian tdk brhenti mbwtku bngga nak. #berasa yg ngelahirin n besarin

    • MTV lagi jodoh ama gue kali ya..
      kan gue dah sumpah jerapah 21Bang bakal masuk ni list.. eh bener!! 😀

      21Bang.. Im Yours… (Nyanyi Jason Mraz-Im Yours)

  • iyaaa mana Suju
    Aq kenal Boy band Tuh yg Pertama SUJU lwt Lagu Sorry-Sorry
    klo Yg Girl Bandnya yg Pertama X aku knl Tuh Wonder Girl Lwt Lagu Nobodynya…

    haruznya keduanya Seiringan dongkszzz……///////. .//////////////

  • Chukkae bagi smua yg udh msk list. Yg g msk list?jgn bkecil hati, yg pntg klian msk list d hati fandomny masing2

  • gw suka kpop gara2 mirotic dbsk&haru harunya bigbang..,mknya jd cinta 2grup ne,2 genre yg beda gaya ^^

    • samaa~ kalo grup cowok aku pas awal awalnya suka Bigbang + DBSK. doalnya waktu itu aku ga ngeliat tampang, tp ngedenger lagunya. dan lagunya mereka bener bener gbs dianggap remeh! daebak. terutama Lies & Balloon

    • RT bgt
      tapi aku jadi cassie dari lagu Hi Ya Ya
      jadi VIP dari lagu sunset glow *,*

    • RT RW RS*?*. Menurut aku bb yg pny kualitas n musikalitas tinggi itu cuma DBSK n BigBang. Kenal DB5K pas jaman Mirotic*bikin meleleh*, kalo Big Bang gara2 Sunset Glow*lagunya asyik*.
      Trus waktu liat daum fancafe mereka langsung “yah, ga heran”.lol

  • awal 2007an yang bikin kenal ma suka kpop itu rain ma suju, tapi jatuh cintanya ke DBSK5, bias awal JJ tapi ga lama, setelah mendalami, biasku jadi Junsu ampe sekarang.. *curcol 😀

  • wuohooo BIGBANG MASUKKKKKKKKKKKKKKKK chukkae,,,,,,,,,,,,,,
    keren2 ,,,,

    hemm padahal 2008 ada SHINee yah.. tapi kenapa ga masuk yah?
    pa kurang heboh banget REPLAY nyah???

  • hehh gak ad Super Junior??? –a
    pdahal oppadeul kan udah mendunia banget,, gak ngerti ni cra penentuan list.a gmn masa SuJu sampe bsa gak msuk sihh??? tp, ya udah lahh gak perlu dibesar”in..
    btw, buat yg kepilih diatas chukkae ya.. ^^

  • pemikiran MTV sama persis ama aku. mnurut aku 10 idola diatas emang paling MEGANG..

    aku salut ama org korea, mreka ga nilai idola dari fisik, idola yang besar di korea emang yang talentanya bener2 nge-WAW..
    kayak EPIKHIGH (jarang kedengeran di indo/dunia internasional kan..) pdhl musik epikhigh aje gile keren banget. dan mreka emang BIGSTAR di korea..
    Kpop idol yg terkenal di indo blom tentu MEGANG di korea.. walopun albumnya laku, blom tentu lagu2nya masuk chart korea..

  • LOVE THIS –> “Tak peduli apa yang kalian lakukan, satu fakta yang tak terbantahkan : 2NE1 adalah sebuah janji dari pemberontakan K-pop, tsunami yang menghancurkan bentang budaya pop sebagaimana yang kita tahu.”

  • soal TVXQ ga perlu diragukan lagi
    banyak artis yang menjadikan mereka ROLE MODEL
    kayak X5, the boss, t-ara, big bang dl jg awal debut pingin jd kayak dbsk, dll..
    ini bukti bahwa mereka benar2 THE KING sejati.
    ga cuma popularitas tapi diakui kemampuannya.

    • setuju beudzz chingu…
      TVXQ5 itu ROLE MODEL buat bnyak idola sekarang.. udah bnyak BB rookie yang ngaku kalau panutannya adalah TVXQ…
      bahkan member dari BB yang ada di atas juga ada yang amat sangat cinta sama TVXQ..
      contohnya si Seungri BigBang.. dia menjadi artis karena ngefans bnget sama Junsu.. sampai diacara radio si seungri sempet nangis pas ngomongin tentang Junsu.. *like a big fan boy* XD..

      yang pengen liat ini linknya..

    • mian,,,BIGBANG pingin jdi kaya DBSK dri segi apa chingu?
      dari aliran musik ajj beda,,,
      mereka punya kelebihan dan ciri khas masing2, gak ada yg ngikutin satu sama lain ^^

    • dulu big bang pingin sukses seperti TVXQ.
      bukan dari aliran musiknya kok.
      tapi “kesuksesan” dan talenta dbsk dah diakui oleh para junior2 yg waktu itu debut.

    • nah kalau ngomongnya gtu kan jelas chingu, tdi ga jelas dri segi apanya makanya sya nanya ^^
      kalau masalah itu sya juga mengakui kok, DBSK emang legenda.
      walaupun udah ga berlima tpi fan cafe nya masih no.1 ^^

    • buka videonya dan liat translate kata2nya seungri ya chingu..

      aku gak bilang BigBang ingin imitate TVXQ… baca lagi komenku.. OK ^^

    • kata-kata seungri yg d acara radio itu bukan?
      kalau ga salah itu tentang seungri yg pengen deket ma salah stu member dbsk, krena taeyang deket ma salah stu member tersebut. #kalau salah tolong koreksi
      mian, soalnya komen di atas kurang jelas nyebutin BIGBANG pengen jdi DBSK nya seperti apa ^^

    • nambahin Boyfriend juga pingin jadi seperti TVXQ dan big bang, tapi segi kesuksesan dan bukan meniru dari sisi gaya atau cirikhasnya.

  • Keren
    Semuanya bagus. DBSK,bigbang, 2NE1, epik high.
    Itu kasian bgt deskripsi awal bigbang, GD digambarin cowok kurus pendek. .

    • bukan cowok kurus pendek,,
      cowok kurus, berambut pendek dikuncir

      jadi rambutnya yg pendek, bukan orangnya #belainsuami 😛

  • Salut banget ama 2NE1 dan Miss A!
    Entah kenapa dari awal debut gw udah ngerasa mereka punya sesuatu yg berbeda.
    Gue yakin hampir semua grup terbentuk karena talent yg mereka punya, tapi buat jadi ‘sesuatu’ yg beda itu ga semuanya bisa hehe
    Rain, TVXQ, BigBang, SNSD, 2NE1, Miss A DAEBAK!

  • well~
    setuju bgt sama hasilnya. soalnya, para nominasi *ceileh* yg disebutn diatas itu emang sejak debut sudah mencuri perhatian.
    kaya bigbang itu kan awalnya dipertanyakan gara gara mukanya yg pas-pasan.
    trus dbsk yg bergitu debut lgsg bikin para cewek meleleh.
    snsd+wg juga, mereka debut di waktu yg hampir sama dan selalu dianggap bersaing.
    2ne1 jg, debut lgsg mendapat respon positif karena alirannya beda sama GB lainnya.
    sisanya… tdk perlu dipertanyakan karena emang hebat!
    yg merasa idolanya ga masuk di list…. yah………

    • Hahaha,iya…dulu kan big bang sempet dipertanyakan kyk gt. Sedih bgt=_=’
      DBSK, Rain sama BoA jg bagus menurutku. Rain kan dulu bekas penari jalanan sedangkan BoA debut pas umurnya 12 tahun>.<
      Tp kalo g.o.d ga tau.Blm kenal kpop kali ya….

  • idola gue masuk semua…
    TVXQ5, BIGBANG dan 2NE1… chukkae^^)

    buat yg idolanya gak masuk.. jangan seenaknya ngatain atau banding2in gitu dunk.. kalau gak trima buat polling sndiri aja…
    yang masuk list berarti yang dianggap emank punya CIRI KHAS yang KUAT sampai mengakar dipikiran para Hallyu fans…
    popular sekarang belum tentu punya sesuatu yang spesial.. dan emank merekalah yang dianggap sebagai pelopor Hallyu..

    • benar sekali…fans banyak ga jadi jaminan bakal dikenang dan berkesan buat publik korea..

    • Pokoknya mereka yang masuk di list 10 besar adalah mereka yg punya “SESUATU” =ala syahrini. X3333

  • MTV blom liat i’m the best versi BIGBANG,
    kalau udah liat pasti artikel berubah yg selentur karet itu jdi GD.kekekeke
    BIGBANG & 2NE1 sama2 pemberontak k-pop.yeahhh,,,,,

    iya kenapa suju gak ada y, pdahal mereka termasuk yg hits jga.

    tpi overall setuju bgt ma artikel d atas , 10 nama2 d atas emang yg paling ‘nendang’ d era tahun 2000-an!!!!

    • jangan lupakan JYJ chingu… ketiga orang ini justru pemberontak besar..
      malah membuat perombakan di sistem musik korea… XD

      orang2 yang pemberontak itu selalu special ya… hehehe XD

    • iya chingu saya jga salut dengan JYJ yang berani memperjuangkan hak-hak mereka walaupun resikonya luang lingkup mereka skr jdi terbatas.
      membuat perbedaan tetapi tetap melakukan yg terbaik.
      memberontak dalam artian yg positif ^^

    • hahahaha VIP menggila ya liat dance BIGBANG d IATB kmren.
      BIGBANG lgi kumat gilanya, VIP nya jga pda sarap.wkwwkwkwk
      like idol like fans ^^

  • kpopers penggemar vip merangkap blackjack merangkap sone merangkap ? (apa ya nama fansnya iu) klo ada yang tau beritau ya. PECINTA KEDAMAIAN

    Pokoknya big bang , 2ne1 , snsd emang paling hebat ,tapi yang lainya juga hebat,dan tunggu saja ledakan besar ditahun 2012 dari kpop #siap siap tiarap takut kena bom kpop#

  • teteeep yaah JYP Ent!!!
    g.o.d Rain Wonder Girls and Miss A (ada 4 dari 10 besar)
    yeaaah JYP Ahjushi Daebaaaakkk!! 😀

    g.o.d. n Rain meraih kesuksesan wkt msh di JYP Ent dan skrg msh pny fans loyal (keluar dr JYPE tanpa masalah bahkan masih di undang di JYP Nation TeamPlay Concert di Korea)
    JYP Nation Hwaiting!!
    Wonder Girls Hwaiting!!!
    Mimi Unnie Bogoshippo ^^

  • Saran:
    Buat para kpopers yg ga terima dengan hasil diatas mending tanya deh ma MTV nya, apa sih kriteria penilaiannya.. jangan cuma mendasarkan pada asumsi bikin pihak lain jadi merasa tersinggung.. tanya gih yg dinilai popularitas dan kredibilitas atau popularitas doang? krn penilaian itu ga cuma secara kuantitatif tapi juga kualitatif pula.

  • aku juga kenal kpop dari suju,…
    hehe
    tapi, setelah membaca alasannya sampai bawah, beserta semua comment, aku mengerti sekarang kenapa nggak ada suju di list,… semua grup yang masuk list, adalah grup yang membuat gebrakan dan ledakan BANG !!!!!!!!!! pas mereka debut, sehingga menyilaukan mata dan memekakkan gendang telinga orang2 karena pesona-nya!!

    sedangkan suju, terancam bubar dan berdarah2 dulu, waktu mereka debut. ingat kapan pertama kali menang? pertamakalinya mereka menang dan dapat penghargaan di acara musik adalah tahun 2007 O(atau 2006 ya? maaf, amnesia. pas lagu U kapan sih?), padahal mereka debut tahun 2005. sekarang, popularitas dan prestasi suju nggak usah ditanya. nggak cukup halamn komen ini untuk membahasnya, ya kan?

    yup, aku setuju banget dengan semua list diatas, termasuk miss A yang BEDA dan UNIQ banget!!!! sumpah, suka banget ama miss A.

    meski aku sone, aku cukup terharu dan surprise soshi bisa masuk list. Sebab, setahuku, mereka juga berdarah2 pas debutnya. pas 2007, 2008, (2009 juga kayaknya) masa2 anti-soshi paling eksis dan ganas sedunia.. sekarang, sebagian besar antis balik kanan jadi sone. aduh, senangnyaaaaaa

    btw, benarkah my precious blaqies pernah bilang kalo mereka pengen sesukses dbsk??
    kapan? aku mau liaaaaaaaatttttt,…. amiiin deh!!!!! semoga my blaqies bisa sesukses dbsk even more. amiiin!!!!1

  • suka bgt ma kalimat ini

    “rapper yang penuh perasaan, mengesankan, original, dan memukau tanpa henti ini selalu memiliki banyak hal lebih untuk dikatakan tentang dunia di sekitarnya.”

    abang tabloo emank hebaatttt….

    heran… smua yg gw suka masuk… dr epik high, dbsk, bigbang, wondergirls, n 2ne1 masuk euy… klo tambah mba gummy n davichi… brarti yg bikin tuh list merujuk pada rekomendasi gw *sapa elo??*

  • kenapa malah jadi panas gini soal begituan.. mau tvxq maupun SJ yang jadi rajanya,, yg penting kan sekarang makin banyak yg suka kpop makin gampang sharing.. maaf,, tp gitu aja kok jd ributan.. chukae buat fans2 dr idol yg masuk daftar diatas. kpop jjang !!

  • waktu yang akan membuktikan, liatlah 10-20 tahun lagi siapakah yg akan terus jadi panutan bagi generasi selanjutnya..
    setahuku TVXQ adalah The King of Kpop Generasi ke-2.
    kalo yg generasi pertama itu HOT.
    nah siapa tau aja muncul idola lain yang menyandang ikon The King of Kpop generasi ke-3, ke -4, dstt…
    so lets wait and see..^^.

  • mungkin itu cuma pendapat dia aja,
    gua ELF dan gua akuin TVXQ emang bagus, tapi kok kesannya SJ disini dianggap jelek banget sih –“gua tau kenapa SJ ga masuk dan gua ngerti~
    tapi kalau misalnya ada orang yang salah ngomong gitu, jangan SJ PLEASE YANG DIKATA KATAIN
    semua fans memang menganggap Idola nya hebat, tapi jangan mengganggap rendah yang lain
    agak sedih ngeliat coment comentnyaa, bukan karena SJ ga masuknya 😦

    • aku sbg cassie sedih ada elf yg bilang Suju sudah menggantikan posisi TVXQ. Siapa sih fans yg bisa terima dg pernyataan yg kayak gitu coba. Mau ga dibilang Suju dibawah TVXQ? pasti elf juga ga mau kan? yah ..

    • RT.. kl bisa ngomong hrs ada sumber yg jelas,, krn penyandangan sebuah julukan itu datang dr pihak yang berkompeten. setiap fans bisa aja bilang idolanya no.1. kl memang Suju telah menggeser posisi TVXQ hrslah bisa dipertanggungjwbkan. jangan bikin fandom lain merasa diremehkan.

    • tks sudah bilang TVXQ bagus.. TVXQ memang andalannya SM dari yg telah terpilih dari para kandidat trainee2 SM waktu itu, makanya mereka bagus.. 😀

    • kalo gitu tolong ingetkan temen anda agar ngomongnya hati2 soalnya beginilah kpop fandom, kalo dianggap ngomong ga sesuai kenyataan yang ada maka yang lain yang sakit hati buntut2nya malah ngejelek2in Suju.

    • para newbie yg ga tau sejarah per kpopan biasanya suka mengagungkan biasnya tanpa melihat atau flash back kebelakang..
      jadinya gitu deh ga menghargai idola lain..

  • CHUKAHAE buat yang masuk dftr..

    yg gak msuk Chukahae jga krn udh mndptkn hati fandom masing2.. krn klo bkn fansnya yg dukung..siapa lagi..

    BIG BANG my first love korean wave… chukahae opadeul ..^^ penghargaan,award, urutan poling cuma bonus,, yg penting tetap naikan kualitas.. seperti yg biasa BIGBANG lakukan..

    • RT RT RT.. Slalu inget kata2 bang tabi.. Awards bknlah no1.. Yg pnting bs bkin musik yg baik yg dihargai sm pnggemar..

    • yg diatas cuma diambil 10 besar, siapa tahu suju, dll.. kyk shinee, 2pm, ss501 bakal masuk kl diambil 15 besar.

    • semua ada tempatnya, jangan memaksakan diri.
      mungkin kl kategori idola mana yg banyak fans internas nya suju pasti masuk peringkat.

  • YAUDAH LAH YAAAHHH…GA USAH DIKRITIK !!! EMANG BNER KOK … 2NE1 ,BIGBANG .SNSD..N YANG LAINNYA
    GUE SH CMA MO BILANG AJA TVXQ MAH GA BAKAL BISA ADA YNG GANTIIN ,,,, EMANG THE KING OF KPOP N HALLYU WAVE..,,,SECARA ITU TERCANTUM DI WIKIPEDIA ,,BKAN SITUS LOKAL YAH YNG BILANG ,,TPI INTERNASIONAL…
    JDI..JUST BE MATURE,,,,DUKUNG AJA IDOL N BIAS MASING2,,, GA USAH NGURUSN IDOL LAIN
    JDILAH KPOPERS YNG DAMAI ,,,

  • rame banget ya..^^

    tolong diperhatikan bahwa daftar ini dibuat oleh MTV Iggy, salah satu divisi cabang MTV (channel spesialis musik) yang berbasis di Amerika. jadi ada kemungkinan penilaian, standar, dan selera mereka berbeda dengan kita. tidak bisa digeneralisir bahwa apa yang kita suka, tentu Amerika atau dunia juga akan suka.

    MTV juga pasti udah survey, nganalisis, dan punya standar sendiri yang mendasari mereka membuat daftar ini. klo aku yg bikin daftarnya si,, semua kpop idols aku masukin deh.. Semuanya keren, semua oke, terutama bagi fans masing2 ^^

    klo soal perjuangan awal2 debut sampai meraih prestasi seperti sekarang, aku yakin semua artis/idol grup ngalamin yg namanya berdarah2 di awal..ga semua mendadak sukses dan melejit seperti membalikkan telapak tangan.
    image, karakter, keunikan, dan kesan yg mereka timbulkan itu yg bikin mereka berbeda dan signifikan.

    be calm down buat yg idola2nya ga masuk daftar,, peringkat itu relatif ^^
    bias aku jg ada yang ga masuk list, dan jujur aku akui ada poin2 yg mereka (bias aku) ga miliki yg bikin mereka ga masuk dalam daftar ini.

    Tapi mungkin dalam banyak kategori lain mereka yg ga tercantum dalam daftar ini malah lebih unggul..^^

  • TVXQ itu saringan dari traine-traine SM yang sudah terpilih… 5 orang pilihan Soo Man… Jadi wajarlah kl mrk sangat diperhitungkan… SM hebat dalam segi penjaringan bibit unggul.. 😀

  • Kalo menurut gw Suju sebenernya membawa sesuatu yang signifikan tapi bukan di bidang musik tapi di bidang entertaiment. Soalnya justru anak2 Suju pada awalnya lebih terkenal di variety show. Mereka termasuk hebat karna bisa merambah dunia yang ga pernah tersentuh oleh idol grup lainnya. Big Bang mungkin, dengan Daesung menjadi member family outing tapi Suju udah terlebih dulu “megang” di acara2 lain. Leetuk dan Eunhyuk serta Shindong terkenal lebih dahulu di radio kemudian beberapa member suka wara wiri di acara variety show jauh sebelum Daesung masuk FO.

    Jadi paa elf jgn pada berkecil hati, memang Suju ga masuk list sebagai penyanyi yg membawa gebrakan signifikan, itu kenyataan. Tapi setidaknya mereka walau bagaimana pun juga memiliki kelebihan yang ga dimiliki boyband lain.

  • yang nanyain suju,suju ada di hati gue…
    ada masalah??
    suju emang ga langsung melejit sejak debut,tapi justru itu yang bikin gue cinta mati sama mereka.
    suju pernah mengenal yg namanya “ngga di anggap”,mereka pernah ngerasain yg namanya “ngga diterima”,tapi justru sekarang mereka membuktikan pada dunia kalo mereka itu ada.mungkin sakit yang pernah mereka rasain itu ga sebanding sama sakit yg dirasai grup2 lain yg sejak debut udah melejit.
    suju emang bukan pengganti dbsk sebagai king of hallyu,mungkin lebih pantas disebut penerus..
    dan saya rasa suju juga sangat pantas disebut sebagai king of hallyu..

    • maaf dari komen2 para elf diatas kebanyakan hanya menonjolkan segi popularitas suju yg diperoleh baru-baru ini..
      ga ngerti deh krn semua idola yg masuk di list juga populer, tp mungkin untuk skrng ga sepopuler suju di dunia internasional..
      tapi bukan itu aja kan yg seharusnya jadi pertimbangan untuk menentukan sebuah julukan?
      krn popularitas itu bisa naik dan turun.
      tapi sebuah pengakuan akan sesuatu yg dimiliki oleh idola itu yg jadi ukuran.

    • oke,dalam segi vokal mungkin suju emang ga begitu menonjol..tapi mereka punya banyak kelebihan di sisi yg lain,dan menurutku popularitas itu juga di dapat dari sesuatu yg dimilik idola itu sendiri..

    • tahun 2009 kan dg lagu sorry2 mereka. makanya kau bilang baru2 ini. kalo salah ya maaf.
      pengakuan apa dulu nih? kalo diatas suju memang ga memasuki kriteria pengakuan akan sesuatunya.
      kalo sesuatu yg lain suju pasti punyalah, multitalented, akting, kocak, dll.
      maksud aku tuh yg jd penilian diatas yg diakui itu ga masuk buat sujunya.
      aku kan juga mengakui kalo suju itu populer sangat, tapi bukan itu aja ukurannya.
      makanya suju ga masuk di daftar 10 besar.
      yah mungkin komenku ambigu ya.

  • @Tasya_ELF bilang Suju sudah menggantikan posisi TVXQ sebagai King of Hallyu
    itulah yg tidak saya setuju, TVXQ pelopor dan pioneer, kalo dikatakan digantikan maka tidak tepat.

  • Omg, aku udah bsa nebak, wonder girls, bigbang pasti masuk, Yeahhh,aq stju bgt sm list d atas, mereka udh jd legend, wlau bgaimanapun mrka emg dah menarik perhatian sejak dr awal debut… Aq knal kpop dr nobody nya wg…. Eh ampe skarang dman kpop, chukkae bwt semuanya… *semoga indonesia bisa ky gt jg, xixi

  • overall saya setuju sama semuanya yang masuk di atas
    chukkae

    TVXQ memang sudah di anggap Legend di Koreanya

  • hmm…… mau komentar apayah?
    kok pada ribut gini sih? ada yang geterima gitu.
    kalo menurut saya list ini benar-benar cocok kok ^^b
    bukan karena ada idola saya di list ini, tapi emang list ini memang cocok! 🙂

  • overall, lady gaga yg jauh lbh bkualitas dr bias sy sja tdk bkn sy goyah, krna bg a msik it taste, tp jgn merendahkn slera org yg gx sk cake hny krna dy lbh sk puding.. Jk anggap bias xan classy mka btindaklah spti it dgn tdk mhraukn kmen abal aplg smpai kryokn. SAYA SUKA BACA KMEN VIP SEJATI yg fokus ngmentri tlisan bgbang. Wlau tdk bs atw tdk mau mnengahi stdkny tdk nimbrung mnykiti orla. Such a beutiful nite,ck! #imelf

    • tidak semua elf seperti anda.
      maaf kl salah satu temen elf diatas dikeroyok krn memang telah merendahkan idola cassie.
      elf diatas ga menyinggung vip, makanya vip ga bls komen bbrp elf diatas

    • tak ada asap kalo tak ada api, jangan memulai menyakiti kalo tidak mau disakiti.
      dan jangan memaksakan sesuatu yg tidak ada menjadi ada.
      terimalah hasil yg ada.

    • intinya; hargai hasil dari MTV diatas, jangan bertanya knp idola si A, si B ga masuk? krn akan dijawab oleh pihak lain yg merasa tidak senang dg pernyataan anda yg tidak puas atau tidak terima itu.
      (kaburr)

  • Pada ribut yah=_=
    Kalo menurut aku, emang wajar suju gak masuk. Chart ini kan bukan chart popularitas, tp chart KESIGNIFIKANAN MUSIKALITAS. Maksudnya yah mereka yg punya musikalitas tinggi dan ciri khas khusus yg bikin mereka jd artis papan atas di dunia hiburan. Mereka yg masuk chart ini adalah yg punya karakter n musikalitas tinggi.Misalnya 2NE1 dgn konsep sangarnya, TVXQ dgn kemampuan vokal n dancenya yg super stabil, atau SNSD yg menggagas konsep Cute sampe jd imej cewek Asia.

    Sedangkan suju kan terkenal gara2 Sorry Sorry. Kalo dilihat dari musikalitas, mereka emang kurang bgt.Andalan mereka cuma lagu yg adiktif. Apalagi karakter. Yah, walopun harus gw akui kalo mereka pny fanbase terbesar di Indo sih…

    • suju punya cirikhas dg lawakan mereka, kocak, dan punya banyak keahlian menghibur.
      emang sih kl musikalitas maaf secara jujur kurang ya.
      semua lagu suju sejak debut ya adiktif terus. kan sesuai kehendak SM.
      kalo mo ballad ya cuma KRY jagoannya.
      dan sorry2lah yg bikin nama suju makin terkenal. ini fakta demam sorry2.

  • chingu kalau kamu penggemar k-pop dari dulu pasti kamu tau deh girl group yang booming di tahun itu siapa aja
    BEG debut 2006 tapi tidak terlalu menonjol
    Kara debut 2007 pun tapi tidak terlalu menonjol
    hanya WG dan SNSD yang debut di tahun 2007 mampu melejit
    publik lebih menyukai mereka karena mungkin menurut publik tersebut mereka punya “sesuatu” yang menonjol di bandingkan yang lain

  • bukannya gak terima sama hasil diatas.DBSK,bigbang,2NE1 itu bener-bener sangat pantas masuk list itu..
    cuma ga terima sama komen2 yg terkesan merendahkan suju aja..

  • “Kings of the Hallyu Wave” milik TVXQ
    kalo memang sudah bukan The king harusnya media yg menyatakannya dan bukan fans fandom tertentu
    kan julukan The King itu dari media.
    jadi mana ya media yg menyatakan TVXQ sudah bukan the King of Hallyu Wave?
    minta bukti”

    • Iy iy ga ad yg ngebnthkan kl mmg TVXQ it kings of the hallyu wave, biarlah SUJU jd king dihatiku sj…

  • itulah yang dimaksud dengan kekurangan suju dalam musikalitas.
    suju menang di “paket” tapi ya itu karna suju fokusnya bukan dengan musikalitasnya dibandingkan dengan DBSK yg semuanya memiliki vokal dan dance yg sama kuatnya dan Big Bang dengan genre musik yg baru.

    seperti yg gw bilang, suju menggebrak dalam bidang entertainmet bukan musik itulah kenapa ga ada di list

    • Suju dan SNSD itu bentukannya sama-sama lebih ke bidang entertainment tapi menurut gw sebagian anggota suju itu lebih nyaman hanya di dunia yang mereka senangi seperti leeteuk Shindong lebih fokus jadi MC di banding menyanyi, Siwon fokus menjadi aktor
      menurut gw mereka itu belum bisa mengimbangi mana yang paling di utamakan, memang mereka fokus ga hanya fokus di bidang nyanyi saja tapi seperti leeteuk shindong dan siwon itu lebih dominan di bidang MC dan aktor..

      ini pandangan gw saja yah selama ini..

    • emang list di atas cuma berdasarkan musikalitas ya?
      sepertinya snsd dan wonder girls juga ga menggebrak dalam bidang musikalitas deh..
      ah…ya sudahlah terserah…
      saya iklas suju ga masuk list ini,yg penting jangan ngerendahin suju dengan bilang suju cuma menang dr segi popularitaslah,tampanglah..
      dan buat cassie yg sakit hati gara2 ada yg bilang suju ngegantiin dbsk sbg king of hallyu,saya minta maaf..
      saya akui dbsk memang the legend of kpop.tapi tolong pembelaannya ga usah sambil ngerendahin suju lah..

    • maksud gw dalam bidang musik… otomatis mengarah ke musikalitas
      klo snsd gw ga tw deh, ya mungkin dr segi musikalitas seblum gee mereka kurang dikenal tp setau gw sudah menjadi kesayangan masyarakat Korea saat itu. Kalo wondergirls jangan ditanya, lagu Tell Me ada dimana2 dan saat itu mereka menjadi kesayangan masyarakat Korea juga, dari yang muda sampe yang tua, yang remaja cowo pengen mereka jadi pacarnya dan ibu2 pengen mereka jd menantunya. wondergirls dan snsd saat itu telah menjadi trend tersendiri karna saat itu korea lagi cinta2nya ma Boa dan Rain serta DBSK.

      Soal popularitas, jgn mandang rendah popularitas krn gw rasa semua grup mau kok menang dr segi popularitas, siapa sih yg ga pengen populer? Suju menang popularitas itu benar, dan akuilah jgn malu. Semua juga memiliki popularitas walau pencapaian popularitas yg berbeda2.

    • saat itu SNSD belum menjadi kesayangan tapi memang sudah booming coba baca komen di atas

      ‘SNSD itu memang udah mencuri perhatian dari awal debut walau mereka di benci, mereka punya bidang sendiri yang membuat mereka juga di lihat oleh orang lain, misalnya yoona di YAMD drama dan sebelum debut juga mereka udah jadi model CF yang membuat namanya juga di kenal serta menjadi radio DJ dst
      mereka juga udah booming walaupun banyak segelintir antis yang menekan mereka dan mereka juga membawa image dan konsep yang bisa di bilang fresh untuk seumuran mereka kala itu
      lagu ITNW jaman debut juga pernah menang di MNet untuk pertama kalinya(tanda debutnya juga sukses)’

      ‘SNSD juga udah booming kok chingu makanya mereka sering di sandingkan dengan WG, pernah kan battle WG bawain lagu kissing you dan SNSD bawain lagu Tell me’

      sampai akhirnya 2008 mereka di pandang lebih banyak oleh orang sana walaupun antis terus mendorong mereka agar bubar tapi mereka berjuang dan membuktikannya
      lihat dari survey Leespiar http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs412.snc3/24881_388701328566_205806848566_3885492_4826002_n.jpg

      mereka menjadi kesayangan orang Korea itu setelah mempunyai status national girl group dan sampai sekarang

    • @kimi
      gw jelasin

      lu salah, justru saat itu SNSD itu di benci sama masyarakat di sana karena perbuatan antis juga dan media memblow-up itu sampai akhirnya banyak yang membenci tapi tetap ada yang menyukai pastinya dan mereka ga pernah berhenti di tempat walaupun antis melukai mereka
      di samping masyarakat membenci mereka saat itu mereka berusaha lewat bidang lain dan mereka di kenal juga lewat CF, tampil di variety show, DJ radio, MC di suatu tv korea, main drama dan sitkom, isi soundtrack drama dan lain-lain
      kalau bicara antis dari 2007-2010 banyak peristiwa menyakitkan yang mereka dapatkan, ada saja ulah dari fandom suatu idola k-pop yang melukai fisik dan batin mereka tapi mereka ga pernah perbesar itu dan hanya diam

      makanya KARMA itu berlaku dan gw selalu percaya Tuhan itu Maha Adil juga mengasihi umatnya yang terzalimi

      sorry kalau gw jelasin panjang lebar

    • chingu jgn pduliin comentx k…
      q rd bingung tu orng ikt fandom siapa?
      koq y hmp smw idol d ksh coment yg krng enak
      yg sabar y

    • No bukan publik yg benci snsd… tpi kbykan dri antis hingga fandom2 besar saat itu. publik gag ada alsan utk benci snsd wktu itu justru mreka mendapat perhatian publik bhkan sblum debut wlo mreka klah tenar dgn wg.. sbgian besar dri netizen dri fandom besar yg termakan omongan yg dibuat2 antis yg membuat kesan snsd seakan akan dibenci di seluruh korea pdhal kenyataanya tidak.. Contoh thun 2008 snsd pling dibenci (krjadian DC 08), tpi lihat survey lesspiar 2008 mreka gag klah jauh populer dgn wg. Dan stelah DC 08 thun 2009 snsd akhirnya menjadi natinal group. yap karma emang berlaku dan publik jg gag buta. Karma buat antis, smkin snsd dibenci smkin snsd sukses.

    • maksud dia publik itu antis kali bro, dia ngomongin antis yang di korea
      publik dan antis yang dia omongin juga kan termasuk bagian dari masyarakat korea
      menurut gua juga gitu sih kalau gua lihat dari survey popularitas mereka ga jelek-jelek amat cuma media dan antis yang terlalu membesar-besarkan(karena terhasut omongan antis)

      gua juga setuju dari awal debut sampai 2010 masih ada kejadian parah yang seharusnya mereka ga perlu dapatkan, itu juga yang membuat gua selalu support mereka di samping talenta mereka karena gua juga salut sama mereka yang mempunyai hati kayak angels(nine angels)

      antis mereka dimana-mana sama aja, gua juga sangat percaya yang namanya Karma. Suatu saat nanti menimpa mereka sendiri antis-antis yang pernah sakiti SNSD atau bisa aja menimpa idol si Antis( udah ada yang terbukti ga perlu gua jelaskan mungkin nanti lama-lama karena kesadaran sendiri akan tau)

    • saya ga malu kok suju menang popularitas,sangat bangga malah..
      yg saya ga suka itu kalo mereka bilang suju CUMA menang dari segi popularitas,ada cuma nya ya..
      ya udah ga usah di omongin lagi ya..daripada semakin memanas…
      gue terima suju ga masuk list,gimana bisa masuk kalo mereka ga mau keluar dr hati gue <===mencoba menyenangkan diri sendiri
      ok,maafkan kalo komen2 saya ada yg menyinggung perasaan fandom lain..
      chukkae buat yg masuk list 😀

  • komen subjektif dariku; TVXQ perfect!
    tampang, suara, musikalitas, dance, akting, popularitas, paket komplit dah!
    so TVXQ harus dan wajib masuk! 😀 .

  • menurut gw listnya ok kok dan gw setuju..

    deskripsi girls generation gw suka terutama di bagian ‘grup idola multi talenta ini’

  • ELFq sayang jgn mrh2 ya kl mmg suju ga msk, tuh kan cman gara2 1 komen yg nyinggung idola lain eh fandom lainkan yg ikt ngejelk2kin suju aplag smpe ngatain oppadeul ga berkualits… List di atas dah cocok ma jdl ko’, ga bs disangkl suju mang ga bgt diperhtikn awal debutkan tpi hrs bersyukr krna suju dah blajr dr pngalmn itkan dan lht hslnya skrg walopun suju bkn boyband yg jd panutn boyband bru dikorea tp mrk bs bgt dkt dng mrkkan… Jd skrg pliss Qt bs bersork gembr ko’ kl suju msk pas ad polling2 tp pas ga msk ya trima dgn hti lpng, msuk ga msuk toh suju ttp dhtikan….

    • yup betul chingu
      suka deh da ELF yg kyk gini
      q pun sbg VIP sklgus mrangkap BJ n cassie klopun BIGBANG g msuk dftr jg g ambil pusing* udah kodrat VIP pd cuek kyk idolax
      toh yg pnting idola no 1 d hati qt
      pnilaian orng kn bda2

  • HASSEKK!! ADA BIGBANG+EPIK HIGH+RAIN+BoA+2NE1+DB5K!!
    ehh.. kaga ada om se7en ye? ._.
    gpp lah.. penting ada BIGBANG,2NE1,ama DB5K

  • seneng banget favoritku mendapat pengakuan grup idola multi talenta hehe.

    selamat ya semuanya yang masuk menurut aku sih memang pas dan layak kok 🙂

  • waduh koq commentx bny yg btnd tny y?
    kykx tnggal nunggu admin nutup comment nih
    drpd rbut2
    mnding main tbak2an ja siapa yg bkl mledak d 2012

  • GD… kamu dibilang kurus tuh
    makan dong yang banyak
    sebenernya sih lebih setuju, suara : daesung
    terus yang dibilang lentur kayak karet itu taeyang
    tapi member bigbang emang suaranya bagus semua dan lentur semua
    dulu sih tabi kurang lentur, tapi pas perform IATB aku ga mempertanyakan lagi kelenturannya
    tapi mempertanyakan kewarasannya hehe

  • aku setuju sama listnya ^^b
    aku aja yg SHAWOL biasa” aja tuh idola ku ga masuk … karena menurutku SHINee emang masih kurang.
    SUJU itu ga masuk karena mungkin kriterianya ga sesuai sama yg di tentuin sama MTV iggy … menurut aku sekarang emang popularitasnya SUJU emang meningkat banget terutama di indonesia.tapi,dalam kualitas masih kurang.
    lihat aja tuh EPIK HIGH,mereka ga terkenal” banget kok di luar.tapi,karena mereka punya kualitas ya mereka masuk

  • No 10 versi gue itu Beast ,, liat jumlah fansnya melonjak cepat ,penjualan album , dan trofi mingguan udah kayak idol kelas senior juga..

  • HEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEEH!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! INI KOQ BANYAK FANS ABABIL SIH????????? KENAPA MALAH BAHAS SUJU VS DBSK?? KENAPA MALAH BANDING-BANDINGIN MEREKA BERDUA?? JANGAN FANWAR DOONK!! KAYA GINI NIH…SELALU AJA FANWAR ANTARA CASSIE DAN ELF, ATAU GAK ELF SAMA SONE, KALO GAK CASSIE SAMA SONE. APA GAK PADA CAPEK YA????

    Mungkin bagi ELF, suju is the best dan the king of hallyu
    tapi bagi cassie, DBSK lah yang begitu…namanya juga fans kan,
    tapi aku sebagai elf juga mengakui kalau memang dbsk itu besar banget..dan suju baru meledak pas jaman sorry sorry, jadi gak dari awal debut mereka udah meledak…makannya gak masuk ke list ini

    jadi udah donk..jangan fanwar lagi, capek tau nggak..jangan jadi fans ababil donk..

  • duh..kangen kpop jaman dulu (awal 2009-ke belakang)..feelnya kpop sekarang ma kpop dulu beda.. *mian ga nyambung 😀

  • BIG BANG –> CHECK!
    2NE1 –> CHECK!
    EPIK HIGH –> CHECK!

    2011? –> BIG BANG and 2NE1 lah 😀
    2012? –> GB baru YGEnt (Gak tau namanya)

    Well, it’s just based on my own opinion,
    Feel free to speak up ur imagination
    But do not impose on others when they have different opinions 🙂

    Be wise then 😀

  • kayaknya baca artikelnya aja pasti langsung ngertilah…
    ini dftar list yg sukses di tahun debutnya sih kayaknya…

    dr tahun 1999-2005 saya gk tahu deh.

    2006 BigBang debut – Sukses
    2007 WonSoKa debut – WGSNSD sukses
    2008 – – – – (disini shinee fx debut bukan?)
    2009 2NE1 debut – sukses
    2010 miss A debut – sukses

    mungkin ini list yg bner2 menarik perhatian mata seluruh Korea pd tahun2 trsebut…

    btw, pendeskripsian 2NE1 keren bgt yak 🙂

  • saya setuju dengan berita di atas,, dan buat Shawol dan ELF yang idolanya tidak ada di list, sabar aja diperbanyak, hehehh
    kalo menurutku suju terkenalnya tidak pada saat debut,, tetapi pas tahun 2009 waktu sorry sorry booming,,

  • Kpn hari GB/BB Indo bs kyk gni? Brkualitas, berdedikasi, n brkreasi #halahbahasanya

  • TVXQ!!!!!
    KINGS OF KPOP!!
    “…kemampuan luar biasa untuk menimbulkan jeritan, isakan, dan histeria massa dari gadis2 usia prepubertas…”
    meskipun aq udah lewat pubertas,, tapiiii tetep jerit2 n histeris!!!
    TVXQ daebakkk!!!
    ALWAYS KEEP THE FAITH!!!

  • 2NE1 memang pantas masuk.”2NE1 adalah sebuah janji dari pemberontakan K-pop, tsunami yang menghancurkan bentang budaya pop sebagaimana yang kita tahu.”.merinding bacanya

    itu bang tablo yang pake topi ya.entah mengapa lebih gantengan dia yang sekarang.haha

  • wh dibanding baca artikel tyt bc komen jauh lebih sru 😀
    santai santai jgn pada ribut..
    artisnya ja g pada ribut..
    PEACE 🙂

  • gilak -_______- kenapa ada yang seenaknya bilang kalo DBSK udah lengser? ckckck Ada sebuah kalimat terkenal tentang TVXQ, “There will never be a 3rd generation of Korean idol group because there will never be a group who can surpass 2nd generation idol group TVXQ.”. Haha kalo dibilang diliat dari segi entertainment juga mereka iya kok… bukan cuma musikalitas. Drama? Variety show? Theater musical? Masuk guiness world book record? idol korea pertama yang konser solo di Tokyo Dome? Artis pertama yang ngalahin penjualan album Bon Jovi di Jepang? JYJ jadi artis korea pertama yng konser solo di Eropa. Perlu di sebut lagi? Oke… emang newbie2 sekarang nggak mau flashback ke belakang liat kenyataan sebenernya. Padahal “untung” aja mereka tau Kpop pas DBSK sama Big Bang vaccum -____- Emang kalo Big Bang Shin Ki yang sering jadi patokan BB lain…

  • …. wahhh, unnideul masuk list..!!
    . gimana gak bangga coba jadi sone klo setiap ada polling/list kayak gini,, unnie soshi masuk terus!!!
    . I Always Proud to be a SONE 🙂 🙂 🙂
    . Soshi DAEBAKKKKK!!!!!!!
    . SoShi JJANGGGG…….!!!!!!

    .aku setuju banget ma list diatas…

  • ngotot amat ini orang 121.143 copy itu termasuk besar oy kalau di korea
    itu di hanteo apa di gaon?

    “tpi mnurutku mreka mulai booming tahun 2009 stelah WG pergi ke amerika ..”
    nih survey leespiar 2008 saja mereka sudah mulai di akui masy. korea walaupun masih banyak antis dan masih di benci juga dengan masy. di sana http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-snc3/hs412.snc3/24881_388701328566_205806848566_3885492_4826002_n.jpg

    2007 ITNW itu dapat penghargaan juga di acara musik lo bilang debutnya ga meledak atau mencuri perhatian
    lo tau kenapa Boa ingin banget juga jadi member SNSD? karena dia juga melihat bakat SNSD dari awal debut waktu mengcover lagu dan dance dia yang sulit tapi mereka mampu sampai hyoyeon juga pernah menjadi dancer di acara Boa dan selain karena faktor SNSD itu 9 member yang solid tidak akan kesepian karena menjadi penyanyi solo hanya pergi kemana-mana sendiri

    mereka memang lebih sukses lewat gee tapi bukan berarti debutnya 2007 ga meledak atau mencuri perhatian seperti yang lo bilang, mestinya lo baca semua komen sone yang lain yang lebih tau dari atas sampai bawah dari pada “menurutku menurutku”

    “ya elah. mreka jdi trkenal krena ada Yoona kale ., -__-”
    sebelumnya yuri sudah tampil di CF choco pie tahun 2006 dengan Jang Dong-Gun
    dan sooyoung pun pernah tampil di acara Mnet music drama tahun 2006
    semua juga punya peran untuk membesarkan nama SNSD bukan hanya yoona

    lo bukan sone kan? makanya jangan sok tau

  • @ocha
    gue kasih saran aja sih kalo mau debat sama sone yang hardcore gitu lo musti perbanyak pengetahuan tentang snsd dari pada lo mati kutu dan beku di jawab sama mereka.. beneran deh bukan apa2 tapi watir aja gue ngeliatnya.. gue aja banyak tau tentang snsd selain nonton varshow interview mereka juga tapi lebih banyak ngobrol dan bergaul sama sone2 yang hardcore..

  • MTV Iggy mungkin punya penilaian yang berbeda, tiap pihak emang punya cara pikir yang berbeda kan.
    Sebagai ELF saya yakin DBSK memang sangatlah KEREN, dan saya akuin itu.
    Saya juga setuju kalo Bih Bang itu emang salah satu big thing di K-Pop
    tpi emang gak bisa dipungkiri, kalo SuJu sangat memiliki massa yang banyak

    kalo mau dibandingin, mungkin semacam Westlife dengan Backstreet Boys
    dua-duanya sama tenar, tapi yang begitu merasuki kawasan Asia itu Westlife, mereka punya fans jutaan meski gak sampe Amerika dan BSB lebih menguasai Amerika.

    kalo perbandingan lainnya, DBSK – Suju itu mungkin kayak LOTR – Harry Potter
    sama2 tenar, udah punya massa dan luar biasa. Bahkan ada beberapa penghargaan yg gak mencantumkan nama DBSK sama sekali, mereka punya nilai yg berbeda.
    DBSK – Suju – Big Bang itu tiga BB papan atas Korea yang udah punya massa sendiri.

    DBSK memang begitu populer di Asia, tapi nama Suju gak bisa dilupain gitu aja. Suju dibentuk menjadi boyband yng hanya atas dasar kebaikan Soo Man, dn bukti mereka bisa mempengaruhi ffans, karena kebanyakan awards mereka itu adalah bantuan fans sangatlah luar biasa. Bukan berarti SuJu gak berkualitas, atau bukan berarti gara2 DBSK hiatus SuJu tenar.

  • yeeaaayy BIGBANG! 😀
    deskripsinya bikin ngakak, apalagi Jiyong..hahaaa

    emang 10 Idola ini yg paling SIGNIFIKAN dan menonjol di eranya!! Mantabs!! ^^d

    buat Idolanya yg ga masuk list, belajarlah lapang dada. terima kenyataan, toh ini kan juga pandangan subjektif dari media, why so serious sih? take it easy aja ^^
    toh, Idola yg terbaik bagi kita selalu ada di hati masing2 kan? let’s grow up 😀

  • komen di atas yang nyudutin idola gua ga enak banget berasa paling tau segalanya lagi
    kalau idola lo ga masuk santai aja kali bro ini kan pandangan MTV bukan pandangan diri sendiri, kalau pengen semua bias kita ada ya bikin aja pendeskripsian nya sendiri
    jangan alay ngebashing atau mencibir yang lain kalau memang ga tau apa-apa, jadi malu sendiri nanti

  • deskripsi 2ne1 yahud abis deh, ”2NE1 adalah sebuah janji dari pemberontakan K-pop, tsunami yang menghancurkan bentang budaya pop sebagaimana yang kita tahu”.

  • BIGBANG & 2ne1 ARE KING AND QUEEN OF REBELLION
    raja n ratux pemberontak yg gue suka
    mau suju or tvxq sbg KING OF HALLYU WAVE
    bagiq sama aja
    mreka sm2 mmbw k-pop lbh dkenal

  • Wippii…2ne1 bigbang tablo msuk..mereka adl yg terbaik..YGStand mencintai kalian…suka bgt sma deskripsi twnrg mereka cocok bgt am mreka…2ne1 am BIGBANG bt kpop ver bru. Alirannya bda sma KPOP. Tp tetep keren. Yg lain jg slamat sudah msuk …yg blm msk…smga thun2 brikutnya bsa bersanding dg bb/gb solo yg pling signifikan in…
    Bangga bgt jd BLACKJACK VIP DAN YG STAND. mereka memank g pernah mengecewakan klo soal bgnian…

  • terharu banget Big Bang 2NE1 masuk list
    terharu juga baca respon VIP n Black jack…..
    cinta damai

  • sudah ya perdebatannya..

    intinya semua idol groups itu bagus dan punya kekhasan masing2..

    artis2 dalam daftar di atas kenapa dikatakan signifikan? bukan karena mereka populer, besar, mendunia, atau apapun..tapi memberikan kesan yg signifikan (penting) dalam perkembangan Hallyu wave.

    – g.o.d,, maaf aku ga gtu tau tentang mereka jd ga bs komen banyak..^^

    – BoA & DBSK, artis n idol Korea pertama yg merintis Hallyu wave, dengan mendobrak pasar Jepang yg saat itu dikenal sulit ditembus, that’s why they are precious, special, and can’t be replaced.. ^^

    – Rain, aktor Korea pertama yg sukses debut di Hollywood, selain predikat top star di Korea sendiri. meski di awal2 sempat diragukan karena penampilan fisiknya yg terlalu ‘sipit’, tp buktinya, sebuah ledakan! ^^

    – Epik High, mendobrak dg style yg benar2 baru dan original, cerdas, mengusik. mungkin ga banyak yg kenal mereka, tp kualitas mereka diakui bahkan oleh penikmat musik US dan Kanada..^^

    – Big Bang & 2NE1, sama2 tampil dg ciri khas yg kuat dan beda, berani menentang arus. Meski awalnya Big Bang ga diperhitungkan pas awal debut, tp setelah Lies dst dirilis, mereka makin n makin dikenal dan diperhitungkan. Yg awalnya mencibir berbalik memuji. Perjuangan mereka sampai semendunia skrg ga kalah berliku..^^

    -Wonder Girls, grup mengesankan yg berani mendobrak pasar musik US, berani ambil risiko walaupun saat itu tengah di puncak sukses di Korea. perjuangan mereka patut diapresiasi tinggi..^^

    – SNSD, ga diragukan lagi pesona mereka yg memukau dunia, selain menjadi Korean national girl group setelah awal2 debut yg cukup diramaikan oleh banyaknya antis, tp sekarang terbukti kn the power of this GB ^^

    – Miss A, mengesankan dengan dance powerful, garang tp lembut. Unik dan menarik ^^

    yg biasnya belum masuk, jangan kecil hati.
    bisa jadi mereka tidak masuk dalam daftar SIGNIFIKAN di sini, tp masuk dlm kategori KEUNGGULAN2 lain.
    Keep peace and please be the calm & cool fandom, okay~ ^^

  • waaah… emang pada rame ya debatny.. regarding artikel di atas.. kalimat ‘abs yg mampu melumatkan anggur’ sukses bikin aku nganga bayanginny.. se’hot’ ap tu abs.. wkwj
    trz remaja kurus… sumpe.. aku ngakak bcny.. uri jiyong ud terkenal ama bodiny yg cungkring..
    ‘tubuh selentur karet’ tambah ngakak deh.. lgsng kebayang IATB ny BIGBANG.. bkn panda atw dae lg yg megang predikat lentur tp jidi..

    like this ma artikelnya..
    and stop fanwar!!

  • Komentar ditutup.