[News] Inilah 8 Produser Paling Sukses di Tahun 2011!

Published 07/12/2011 by kikawaiii

Dengan akhir tahun yang semakin dekat, daftar2 dan ranking2 tak terhindari mulai diungkapkan. Label media Korea Star News baru2 ini mengompilasi sebuah daftar produser2 paling sukses di tahun 2011, berdasarkan chart bulanan Melon.

Bukan dari perhitungan sederhana penjualan album, daftar ini didasarkan pada berapa banyak lagu yang tiap2 produser kelola bertahan di ranking 50 dalam chart bulanan Melon, mulai dari Januari hingga November tahun ini. Total 315 lagu berkualitas diperhitungkan dalam rangking ini.

1. Yang Hyun Suk, YG Entertainment – 19 21 lagu

Rumah pusat musik2 hip-hop, YG Entertainment, dengan bangga dinyatakan sebagai produser paling sukses tahun ini, dengan total 19 lagu dari grup2 seperti Big Bang, 2NE1, dan solois Tablo.

Big Bang sendiri mendapat penghargaan atas 13 lagu mereka dari total 19 lagu, termasuk unit grup GD&TOP‘s “High High”(Januari, posisi #3), “Oh Yeah” (Januari, posisi #2), “Don’t Go Home” (Januari, posisi #27), dan “Knock Out” (Januari, posisi #12).

Dari album keempat mereka Big Bang meraih hits dengan “Hands Up” (Maret, posisi #12), “Tonight” (Maret posisi #1), “Somebody to Love” (Maret, posisi #14), “What is Right” (Maret, posisi #5), “Cafe” (Maret, posisi #6), “Love Song” (April, posisi #10), dan “Stupid Liar” (Maret, posisi #36), ditambah lagu2 dari album solo Seungri “V.V.I.P” (Februari, posisi #36) dan “What Can I Do” (Februari, posisi #9).

2NE1 juga memiliki tahun yang baik sengan 5 lagu mereka menduduki top 50 chart bulanan Melon. “Lonely” (Mei, posisi #3), “I Am the Best” (Juli, posisi #2), “Ugly” (Agustus, posisi #1), “Hate You” (Agustus, posisi #3) dan single Park BomDon’t Cry” (Mei, posisi #1) semuanya menjadi lagu2 sukses tahun ini.

Sebagai artis terbaru di bawah YG, solois hip-hop Tablo membuat sebuah awal yang solid dengan label barunya. Total 3 lagunya masuk dalam chart : “Airbag” (Oktober, posisi #24), “Tomorrow” (November, posisi #16), dan “Bad” (November, posisi #17) semua kontribusi untuk kesuksesan YG Entertainment di tahun 2011.

2. Hong Seung Sung, Cube Entertainment – 17 lagu

Cube Entertainment dibawah kepemimpinan Hong Seung Sung memiliki sebuah tahun fenomenal, meningkat menjadi no.2 dalam daftar melampaui beberapa perusahaan yang telah lama memproduksi lagu. Dengan grup2 seperti B2ST, 4minute, HyunA, G.NA, A Pink, dan Huh Gak yang semuanya tampil dengan solid atau lebih, Cube Entertainment melanjutkan kesuksesannya di tahun 2011 dengan total 17 lagu dalam top 50 chart bulanan Melon.

B2ST melakukan bagian mereka dengan lagu2 sukses seperti “On Rainy Days” (Juni, posisi #3), “Beautiful” (Januari, posisi #34), dan “Fiction” (Juni, posisi #5), sementara rekan satu label 4minute juga tampil solid dengan “Heart to Heart” (April, posisi #11) dan “Mirror, Mirror” (April, posisi #13).

Dihitung terpisah adalah HyunA, yang debut sebagai seorang solois tahun ini dengan “Bubble Pop” (Juli, posisi #11) dan “A Bitter Day” (Juli, posisi #31). Artis solo tetap G.NA juga tampil dengan baik lewat “Black & White” (Februari, posisi #3) dan “Top Girl” (September, posisi #6).

Meski begitu, kartu kemenangan sebenarnya untuk Cube tak lain dan tak bukan adalah bintang yang tengah naik daun, Huh Gak, yang menjadi bintang melalui survival reality show ‘Superstar K3‘. Dia mencatatkan total 6 lagu dalam chart – “Always” (Januari, posisi #29), “Happy Me” (Januari, posisi #30), dan “Because You’re Mine” (Januari, posisi #43) menjaga skornya tetap tinggi di bulan januari meskipun dirilis pada November 2010. Selain itu ditambah lagu2nya “Don’t Forget Me” (Juni, posisi #6), “Hello” (Oktober, posisi #1), dan “I Told You I Wanna Die” (November, posisi #11) semuanya membuktikan ketabahannya sebagai salah satu kekuatan pendatang baru tahun ini.

Sementara itu, grup pendatang baru A Pink membuktikan kekuatan mereka sebagai girl grup paling menonjol dengan menempatkan “I Don’t Know” (Mei, posisi #49) di dalam daftar.

3. Shin Won Soo, LOEN Entertainment – 11 lagu

LOEN Entertainment memiliki sebuah tahun yang fantastik, didukung oleh popularitas ‘nation’s little sister’ IU yang tengah berkembang, Sunny Hill dengan warna mereka yang baru, dan solois ZIA. Mereka meraih total 11 lagu pada kompilasi akhir tahun ini.

IU mengumpulkan 6 di antaranya, termasuk “Good Day” (Januari, posisi #1), “This is Awkward” (Januari, posisi #23), “The First Goodbye That Night” (Januari, posisi #48), ”Merry Christmas in Advance” (Januari, posisi #31), “The Story Only I Didn’t Know” (Maret, posisi #2), dan “A Cruel Fairy Tale” (Maret, posisi #31).

Grup Sunny Hill juga mencetak skor tinggi lewat album comeback mereka, dengan “Midnight Circus” (Juli, posisi #20) dan “Pray” (Agustus, posisi #49) yang menikmati sukses. Soloi ssatu label, ZIA, juga tampil solid dengan menempatkan “Don’t Go” (Januari, posisi #17), “The Way I Am” (Oktober, posisi #10), dan “I Hope It’s You” (Oktober, posisi #26) pada chart.

4. Kim Kwang Soo, Core Contents Media – 10 lagu

Sebagai rumah T-ara, Davichi, Coed School, dan yang saat ini bubar SeeYa, Core Contents Media juga memiliki sebuah tahun yang berkesan dengan menempatkan 10 lagu dalam chart. T-ara memberikan andil untuk setengah di antaranya, termasuk “Why Are You Being Like This” (Januari, posisi #13) dan “Yayaya” (Januari, posisi #14) dari album tahun lalu. Tahun ini, mereka mencetak skor tinggi dengan “Roly Poly” (Juli, posisi #5), “Beautiful Girl” (Februari, posisi #49), dan “Cry Cry”  (November, posisi #13).

One Person” Davichi (Maret, poisi #49), “Don’t Say Goodbye” (September, posisi #2), dan “Love My Love” (Oktober, posisi #11) semua tampil solid sebagaimana sub-unit Coed Schoo, 5dolls, dengan “Like This Like That” (Juni, posisi #17).

Sementara itu, grup terdahulu SeeYa keluar dengan sebuah ledakan lewat “You’re Gorgeous to Me” (Februari, posisi 323).

5. Lee Soo Man, SM Entertainment – 8 lagu

SM Entertainment juga mencetak sukses tahun ini dengan artis2 mereka seperti SNSD, f(x), TVXQ, dan Super Junior memimpin pertumbuhan Hallyu Wave.

Gadis2 SNSD tampil solid dengan “The Boys” (November, posisi #5) dan “Mr. Taxi” (November, posisi #33), juga lagu solo TaeyeonI Love You” (Januari, posisi #10) dan duetnya dengan The One, “Like a Star” (Januari, posisi #21).

f(x) juga mencetak skor baik dengan “Hot Summer” (Juli, posisi #6) dan “Pinocchio” (Mei, posisi #2), sedangkan TVXQ “Keep Your Head Down” (Februari, posisi #16) dan Super Junior “Mr. Simple” (Agustus, posisi #6) juga menempati posisi tinggi.

6. Park Jin Young (J.Y. Park), JYP Entertainment – 7 lagu

Dengan comeback Wonder Girls yang banyak diantisipasi juga kesuksesan 2PM dan Miss A yang berkelanjutan, JYP Entertainment juga mendapat banyak sukses untuk dirayakan.

Kembali dari Amerika, permintaan terpendam pada Wonder Girls menghasilkan kesuksesan untuk grup dengan “Be My Baby” (November, posisi #3), “G.N.O” (November, posisi #43), “Girls Girls” (November, posisi #44), dan “Me, In” (November, posisi #32).

2PM dengan “Hands Up” (Juli, posisi #4) dan Miss A dengan “Love Alone” (Mei, posisi #26) dan “Goodbye Baby” (Agustus, posisi #2) juga meraih hits, membantu JYP merangkum tahun yang kuat.

7. Kim Shi Dae, Starship Entertainment – 7 lagu

Starship Entertainment, rumah artis2 seperti SISTAR dan K.Will, juga menduduki posisi dengan 7 lagu dalam chart top 50 bulanan Melon. SISTAR merasakan kesuksesan lewat “How Dare You“ (Januari, posisi #5), “So Cool” (September, posisi #5), dan “Hot Place” (Juni, posisi #9), sedangkan K.Will juga membuktikan kekuatannya sebagai seorang solois dengan “Amazed” (Februari, posisi #8), “My Heart is Beating” (April, posisi #5), dan “Real Love Song” (Mei, posisi #33). Sub unit SISTAR, SISTAR19, juga masuk chart dengan “Ma Boy” (Juni, posisi #9).

8. Han Sung Soo, PLEDIS Entertainment – 6 lagu

Dengan banyaknya sub-unit2 yang dimiliki, After School mendorong PLEDIS Entertainment menuju tahun yang baik dengan Orange Caramel menduduki chart dengan kuat lewat “Aing” (Januari, posisi #32), “Bangkok City” (April, posisi #8), dan “Shanghai Romance” (November, posisi #24), juga sub unit percobaan mereka After School Blue dan After School Red dengan “In the Night Sky” (September, posisi #48) dan “Wonder Boy” (Agustus, posisi #36), masing2.

After School sendiri juga meraih tahun yang baik, lewat single Christmas tahun lalu, “Love Love Love” (Januari, posisi #46) dan “Shampoo” (Mei, posisi #5) yang tampil dengan kuat.

 

Source: Star News

credit : allkpop

indo trans : kikawaiii @yeppopo

TAKE OUT OR RESHARED WITH FULL CREDITS!

94 comments on “[News] Inilah 8 Produser Paling Sukses di Tahun 2011!

  • waaaah.chukae appa YG.taun emas bg YGfam n YGstan ni.
    ditmbh bln ni bigbang comeback n 2ne1 ke amerika…
    YG appa mang daebak…

  • kyaaaaaaaa appa, perusahaan qta nmr 1.. qta berhasil appa.. qta berhasil.. *ala dora*
    daesung ayo qta nkah, YGE di pringkat 1,n jnji appa jk qta bs bwt jd nmr 1 qta blh nkah daesung..
    ※narik daesung ke altar※

  • YG appa mantaaaph,.
    Teruslah berkarya appa,agar YGfam tambah sukses.

    Chukkae juga buat semuanya,produser2 terbaik di korea

  • bangga bgt lah jd YG Stan…artisnya cuma dikit tp lagunya bnyak yg jadi hits….keren bgt emang YG..kualitas mreka udah gk diragukan lagi….semua lagu di album mreka dapet apresiasi tinggi,,bukan cuma title tracknya yg memuncaki chart….
    sekali lagi YG membuktikan kualitas musik mereka….yang bikin aku tambah kagum 3 album yg ngerjain GD dan TOP, 1 album yg ngerjain Tablo…musisi sekaligus composer,,susah nemu org2 jenius di industri musik yg ketat di Korea..dan composer2 handal bnyak brada di YGEnt….

    trus composer YG kbnyakan anak hip hop tp bisa ngasih lagu keren dgn lirik galau…mantap….

  • keren ey SNSD baru rilis 2 bulan lalu 2 lagu langsung masuk di 50 chart melon dan 2 lagu solo taeyeon juga masuk padahal ga ada sama sekali promosi tuh.
    berarti penjualan digitalnya bagus ya?

    • iya yang 2 lagu solo taeyeon itu malah gak ada albumnya dan gak pernah perform haha makanya surprise banget saya
      mantap lah

  • YG fighting !!

    Wooww, BIGBANG 13 lagu menghantam chart ??? kerreeeennn…dgn masa promosi yg minim tp bs menghasilkan karya yg okeeyyy..

    Chukae buat yg lainnya…

  • huh gak ma A-pink itu cube ent? prasaan klo di channel youtubenya itu CJ & EM entertainment.. sdngkan di channel nya CJ & EM entertainment itu ada kim hyun joong… hmm, tapi aku bingung jg kenapa di channel cj & EM entertainment ada FT island ya……?

    • Kalau nggak salah CJ & EM bisa dibilang kayak Sony Music atau EMI, yang bikin atau menyalurkan album gitu lah!
      Kalau Cube, KeyEast, dll itu kan perusahaan agency doang!

      Trus CJ kalau nggak salah bisa dibilang induknya Mnet!

  • horeeee JYP nations,,,,, posisi chartnya bagus2,,,,, Wonder girls, 2pm, Miss A, daebakkkkkkkkk…………… ayo maju terus JYP…… yg laennya juga,,, hahahha

  • YG FAM DAEBAKKKK!!!!!!

    Gila ahh~~~~~~ URI BIGBANG emang slalu punya andil besar buat kesuksesan YGE!! D.A.E.B.A.K!!!

  • Mantap papa YG
    Mereka membungkam antis dengan kualitas musik mereka.
    Kayaknya ini akhir tahun yg paling berkesan di YG
    Stelah smua masalh yg mendera YG tahun ini,mreka kembali berkumpul di YG family concert dengan segudang prestasi.
    Ga sabar nunggu tahun 2012, wajib album baru bigbang.

  • uwowww dr 19 lagu uri oppa nyabet 13 lagu manteeepp..2ne1 + tablo jg keren dah
    appa YG daebakkkk
    lagu2 dr artis YG emang ga ngebosenin,mkax tetap bertahan..
    Buat yg lain cukhaeeee

  • SMTOWN !! ❤
    the boys , pinnochio , like a star.. Daebakk

    di STARSHIP koq Boyfriend gak di buat.. Pdhl kan lgu 'boyfriend' + 'don't touch my girl' nyaa jga sukses..

  • chukae bt appa YG n YG fam….. mantapppps sangat yeah BIG BANG 2NE1 TABLO dll !! fighting !!!!
    yg lain jg chukae!!!!!! 😀 😀

  • YGE gudangny musisi lgu yg gak dipromosiin ttp,aj sukses. Lgu2 bigbang yg popular bukn hnya title track tp,smua popular. GD genius composed, Tablo jg gak kalh keren promosi jg minim skali. Lgu2ny daebak..

    • iya allkpop lupa translet dr sumbernya star new 😀
      star new membuat peringkat berdasarkan top 50 monthly chart di melon

      Seungri’s VVIP (36th Feb), WCID (9th Feb),

    • album seungri rilis january ,,,

      paling salut GD&TOP dan IU rilis album des, tp msh bisa dpt posisi chart yg bagus di awal tahun. artinya mereka bisa konsisten di chart ,, bukan cuma pas rilis doang.

    • iya, 2 lagu Seungri lupa diitung ama AKP..
      kasian prestasi panda lupa dicantumin, hahaa

      thanks buat tambahan infonya ^^

  • kirain produser personal ternyata per agensi…
    menjadi no 1 lebih gampang dari mempertahankan…so truslah berjuang n meningkatkan kualitas YG fam ^_^

  • YG daebaaaakkkk …

    mereka bukan hanya menghasilkan penyanyi tapi menghasilkan MUSISI …

    jadi gag heran klo banyak lagu2 keren yg muncul dari YG …

    karna YG appa slalu ngasih kesempatan buat para talent untuk mengembangkan bakat musik mereka seluas2nya ..
    gag cuma dal hal menyanyi , tapi juga mencipta lagu 😛

    proud to be YG stand , blackjack , VIP

  • Wahh YG nyampe 19 lagu tahun ini.,bnyakk bgt ya daebakk lah…

    SM dn JYP cmn 8-7 lgu hmmhm ga apa2 entr tahun dpan bikin lgunya lbih bnyakk lg ya hehehe..,btw mbah sooman kpn nih Shinee combeck ke korea..? kngen bgt sm shinee…

  • kualitas musik YGent semakin terdepan #kaya iklan
    YG appa ‘bapaknya’ musisi2 handal pula.
    GD, teddy, tablo mereka punya selera musik yg tinggi.
    ditambah semua member BIGBANG jga pda nyiptain lagu sendiri ^^

    produser yg hebat pasti d dukung penulis lagu,komposer, penyanyi yg handal jga ^^
    YGent daebak!

  • LOL..
    Jadi ini hanya diambil dr MELON doank?? Mnurutku ini tdk bsa dijadikn standar kesuksesan produser. Utk dikatakan sukses, tdk hanya diukur dr brp lma lagu itu bertahan diposisi chart satu situs saja, tp bebrapa situs dan jg penjualan album. Aku rasa produser KARA lah yg plg sukses, albumnya bs msk TOP 5 World Rank!! DUNIA LOH.. Bkn cm KOREA.

    • melon kan situs digital chart terbesar di korea, dan punya sekitar 2 juta user.
      situs melon di jadikan acuan untuk lagu2 yg populer bagi masyarakat korea. makanya dianggap sukses karena publik korea secara general menikmati musik mereka ,, gue jg gak kaget di SM snsd yg mendominasi baik lagu yg di promosiin atau tidak karena status mereka sbg grup nasional.

      album laris =/= lagu populer

    • RT…lagipula bukan album yg dibahas,,tp lagu2 apa aja yg sukses di chart….

      aku yakin pake situs chart musik lain hasilnya pun gak jauh beda….

      DSP tahun ini cuma ngaktifin KARA sih…

      btw,, tahun lalu juga YG appa yg nyabet produser paling sukses tahun 2010…

    • ya kan ini kesuksesan produser 2011 berdasarkan/menurut melon,, kalo yg lain mah gtw…
      lagi pula ini kan menurut digital sales, yg notabene merupakan lagu2 yg bertahan dan yg populer di publik korea sana dan sekali lagi berdasarkan chart di melon itu sendiri di korea loh ya KOREA

  • aku stuju banget sama perhitungan diatas. skali2 perusahaan dinilai bukan dari SAHAM n DUIT doang, tapi dari KARYA jugaa ^^ slamat buat 8 produser diatas!

    bagi aku, penghargaan begini (perhitungan sesuai fakta) lebih berarti daripada awards yang perhitungannya kita gatau gimana.. 🙂

    btw author, lagu BIGBANG nya ada 11 bukan 13.
    satu grup -> 5 orang -> 11 lagu -> ciptaan sendiri -> INCREDIBLE.AWESOME.BEST

    • 13…mungkin ditambah 2 lagu si panda yang what can i do & VVIP…
      prok prok prok buat papa YG…….yuhuuuuuu……btw 19 lagu X royalti….berapa nol nya ya tuh duit? yang produserin…yang ciptain…yang nyanyiin…tajirrrr daaahh..

    • iya itu ternyata ditambah ama punya si panda..
      busettdah member2 BIGBANG borong 13 lagu di top chart taon ini… Thx God ^^

  • Yuhuuuuu……
    PADAHAL PROMOSI LAGU BIGBANG SUPER DUPER SINGKATTT + PERFOMANCE yAnG G’ TERLALU PADaT ….!!!!
    Tpi smW LAGU yaa msukk PeRInGKAAATT….
    Omoo.. Omooo
    #appa YG emang juara y produser dexchh

  • Kim Kwang Soo ahjusshi ada di urutan ke-4!
    Daebak!

    JYP ama YG juga daebak!
    Semuanya daebak!

    Buat fans T-ara follow @Diadem_INA

    • Yeah Hidup Core Contents Media #4.Chukkhae Artis-Artisnya T-ara, Davichi, Co-Ed, 5Dolls ! 😀
      Sayang Seeya udah bubar yah padahal suaranya bagus-bagus

  • YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG !!!
    YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG !!!
    YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG YG !!!

    DAEBAK!!!!!!!!!!!!
    BIG BANG + 2NE1 + TABLO

  • HUAAAAAAA….. ALBUM BIGBANG sm GDTOP emang g da yang mubazir!! mau tittle track ato bukan ngettoooppp smuaaa… MANTAP!!!!

    bang TABLO, 2ne1 (abang Teddy khususnya.. ) chukkae ^^

    hwaaaa,,, ada abangku 1 lagi yg kececer di starship.. bang K.WILL my heart is beating mendengar suaramu bang.. kekeke.. cepatlah kolaborasi sm adekmu daesung..yah yah yah ^^

    lagunya ZIA ft K.WILL ‘hope it’s U’ buaaaaaaagussssssss bngetttttt ^^

  • CUBE~~~~ Gomawo appa Hong 😀 please keep w/ ma’ boys for reach their dream 🙂 take care ma’ boys well too ya appa 🙂 BEAST Saranghae ❤ G.na Unnie . 4Minute Unnie Fighting~ !!! Huh Gak Oppa A-Pink Unnie Hwaiting~ !!
    CUBE Ent. Hwaiting~ Daebak~

  • Cuma dgn 2group 1soloist,19 track bisa mnguasai chart dmn2 taun ini,trmsk intl,1 album jd title track smua,Yang sajang daebak!! 😀
    dtunggu dech debut 2ne1 d amrik,klo bs amrik yg jd kiblatnya hiphop knp msti ke Jepun,rite papa? ^^

  • Best solo (berdasarkan data di atas) : female=IU , male=Huh Gak @6lagu, ahh daebaakk noona+hyung ^^
    Dan sekali lg YG Ent. bwt ak terkesan.. Overall daebakk!

  • wah YG hebat bener
    Maju terus Core Contents Media
    Daebak T-ara, Davichi, Co-Ed, 5Dolls
    wah don’t say goodbye Davichi dapet posisi 2, soalnya lagunya enak bener sih n suaranya bagus bener, maju terus davichi

  • baca komen YG Stand lucu deh…

    “mungkin aja bener tahun depan kiamat gara2 YG. Dari album barunya se7en, debut USnya 2NE1, album barunya BB sama 2 group rookie. Maybe the world can’t stand it”

    lol!!

  • gak heran… tahun ini emg YG aktif bgt. artis mereka keluar semua.
    YGEnt ngeluarin banyak lagu tahun ini,.. dan hebatnya semuanya sukses.
    eh bener ga sih dari semua lagu diatas cuma lagunya Taeyeon doang yg OST film athena? bener ga? kalo iya… wooosssssss bener bener dah, itu cuma OST tp ga kalah populernya sama filmnya~

  • yg aq perhatiin dri semua lagu yg disebutin gak ada mzuk chart No 1 ea…
    aq pikir Mr. Simpel SuJu Chart no 1 eh tahunya no 6
    begitu juga lagu2 yg hitz lainnya ternyata gak ada yg jdi hitz no 1
    jdi penasaran siapa yg menduduki no 1

    • “Tonight” (Maret posisi #1)
      “Ugly” (Agustus, posisi #1)
      Park Bom “Don’t Cry” (Mei, posisi #1)

  • kyaaa….boro2 kaya gini…. -___-
    rencana mau ngamen bareng temen2 di gedung SM aja belum keturutan…
    kali ajha kita2 ketrima jadi artis *ehh maksudnya jadi cleaning service 😀

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: