[Artikel] Perjuangan Tablo Melawan Tuduhan Pemalsuan Ijazah Akademiknya (Part 3) + Bonus info ^^

Published 14/11/2011 by kikawaiii

Fiuuhh..akhirnya kelar juga part terakhir ^^

Yupp, berikut bagian terakhir dari artikel perjuangan Tablo melawan tuduhan pemalsuan ijazah akademiknya.

Buat yang belum baca bagian2 sebelumnya : Part 1 dan Part 2

-Part 3-

Sean Lim, ’01, MA ’02, memiliki peran besar dalam drama ini (kasus Lee). Dia adalah seorang pembaca berita pagi di Arirang, sebuah jaringan siar berbahasa Inggris di Korea. Dia menyaksikan dengan ngeri karena cerita2 Lee mendominasi berita2 musim panas. Itu adalah sebuah pengalaman aneh karena dia tahu Lee tidak berbohong. Keduanya adalah teman semasa kuliah di Stanford.

Faktanya, Lim dapat dikatakan sebagai salah satu fans lama Lee. Dia tinggal bersama Lee di Okada, dan pernah menjadi anggota yang antusias di antara para audience saat grup hip-hop pertama Lee, 4n Objectz, tampil dalam event kecil di asrama. Jadi ketika orang2 mulai mempertanyakan tentang latar belakang Lee, Lim mengatakan pada semua orang bahwa benar Lee seorang lulusan Stanford.

Masalahnya adalah hanya saya dan orang2 yang saya temui melawan jutaan anggota forum online,” ucap Lim.

Perkataan satu orang tidak akan menghentikan gelombang, jadi Lim menghubungi Kevin Woo, MS ’92, sekretaris Klub Stanford di Korea. Lim meminta klub untuk mengeluarkan sebuah pernyataan dalam bahasa Korea untuk Lee. Dia merasa bahwa bagian dari masalah itu adalah semua bukti yang mendukung Lee menggunakan bahasa Inggris dan datang dari Stanford, suatu sumber luar. Mungkin jika sebuah organisasi Korea yang terpercaya seperti himpunan alumni lokal mengambil tindakan, itu akan menjadi suatu bentuk yang akan dihargai warga umum Korea.

Presiden asosiasi, Joon Chung, MS ’88, PhD ’93, memutuskan untuk tidak mengeluarkan pernyataan. “Hal itu adalah situasi luar biasa,” jelasnya. “Beberapa orang meyakini tidak baik menanggapi hal yang tidak logis.

Menurut Woo, Chung ingin melakukan sesuatu di depan publik untuk mendukung Lee tapi alumni2 di Korea memperingatkannya untuk tidak melakukan itu. Alumni2 ini tidak pernah bertemu Lee –dia tidak pernah menghadiri sebuah pertemuan himpunan– jadi banyak di antara mereka yang merasa tidak yakin apakah Lee adalah dirinya seperti yang dia katakan. Mereka takut reputasi sebagai alumni Stanford di Korea akan tercoreng jika mereka keliru menjamin Lee.

Sebaliknya, Chung mengirim sebuah email untuk para anggota himpunan, mendesak mereka mengambil langkah individu untuk kepentingan Lee. Pada akhirnya terserah masing2 member untuk memutuskan apakah mereka akan melakukan sesuatu atau tidak.

Lim sangat geram. “Mereka membiarkan Dan (panggilan akrab Lee) tergantung hingga kering,” katanya. “Mereka bisa mengakhiri ini semua tapi tak seorang pun mau mendekat ke api.”

Ketakutan mereka bisa dipahami. Serangan2 online menginginkan darah, dan siapapun yang berdiri menentang mereka akan terkena kemarahan. Lim sendiri mengakui dia harus berperang dengan keputusan untuk membantu. Dia memiliki pekerjaan di penyiaran dan mengandalkan maksud baik publik. Dia bisa saja membahayakan karirnya jika bicara. “Saya malu mengakui bahwa saya berpikir dua kali untuk membantu Dan,” ungkapnya. “Saya melihat apa yang telah mereka lakukan padanya dan saya takut.

Lim menemui teman lamanya itu di suatu kafe jauh dari jangkauan pada bulan Juli. Lee tampak sangat lelah dan dia berkata belum tidur. Dia mengalami depresi dan emosinya lebih baik saat mereka bertemu. Hanya beberapa bulan sebelumnya, dia baru saja menggelar konser2 dengan tiket terjual habis dan dikerumuni fans yang meminta tanda tangan di jalan2. Sekarang, dia harus sembunyi2 hanya untuk menemui seorang teman. “Aku merenungkan apakah benar hidupku berharga,” kata Lee.

Lim menyadari bahwa tidak ada pilihan : Dia harus melakukan sesuatu. Dia mulai mengirim email untuk teman2 kuliah Lee di Stanford dan akhirnya, 22 teman tersebut bersama-sama membuat sebuah halaman Facebook untuk mendukung Lee.

Saya tidak ingin kenangan2 yang Dan, saya, dan teman2 lain telah alami bersama, terhapus oleh orang2 yang mencari2 bukti bahwa dia tidak pernah pergi ke Stanford,” tulis Eddy (Chi) Qi, ’01. “Kenangan2 termasuk saat dia mengantar saya yang mabuk dan kadang2 muntah (sekali mengenai sepatunya) kembali ke asrama setelah pesta.

Saya ingat perjuangan melalui beberapa performance awal yang keras di pertunjukan bakat AASA [Asian American Students’ Association] dan saya senang mengetahui bakatnya pada akhirnya terwujud bersama antusiasmenya,” tulis Tipatat Chennavasin, ’00.

Meskipun pers Korea memberitakan bahwa teman2 Stanford Lee bersatu memberikan dukungan padanya, anggota2 TaJinYo menolak untuk percaya bahwa semua itu benar. Kang Han ’02, seorang teman di tahun2 awal Lee sebagai mahasiswa dan orang pertama yang memposting di situs facebook, menerima ancaman2 walaupun dia tinggal di Los Angeles. “Perhatikan belakangmu,” salah seorang mengiriminya pesan. Yang lain menghujaninya dengan email berisi cemoohan2 dan meyebutnya seorang pembohong.

Di Korea, Lim menerima sebuah panggilan dari jaksa penuntut yang menyelidiki dakwaan terhadap Lee. Dia diminta untuk datang ke kantor pusat divisi di Seoul dan membawa ijazah Stanford-nya. Saat dia datang, seorang penyidik mengambil ijazahnya dan memeriksanya ke arah cahaya untuk memastikan apakah itu palsu.

Anda bercanda!” kata Lim. “Anda juga ingin mengetes kertas itu juga?

Penyidik menatap Lim tanpa senyum dan mengatakan padanya bahwa dia akan mengirim dokumen itu ke bagian forensik untuk dites kertasnya.

Saya mulai bisa memahami apa yang Dan rasakan,” geram Lim.

Saat serangan terhadap Lee dimulai di musim semi (bulan April) 2010, Ki Yeon Sung menerima lebih dari 200 email yang memintanya untuk menyelidiki Lee. Dia adalah seorang produser musiman untuk sebuah acara berjudul  PD Note, acara sejenis 60 Minutes di Korea, yang menyelidiki berbagai topik seperti politik, organisasi kriminal, dan korupsi. Gosip selebriti bukanlah bidangnya sehingga dia mengacuhkan permintaan itu. “Kami punya banyak hal lain untuk dikhawatirkan di Korea,” pikirnya saat itu.

Situasi berubah saat serangan2 berkembang melibatkan siapa saja yang menawarkan bukti2 yang mendukung Lee. Reporter dan manajernya yang menerbitkan cerita bantahan terhadap klaim TaiJinYo tentang Lee, dibanjiri email2, telepon2, dan desakan kejam agar sang reporter mengundurkan diri. Tidak ada seorang pun yang ingin diancam, jadi, menurut Sung, sang reporter pun berhenti mempertanyakan klaim2 TaiJinYo. Setelah cerita itu menjadi salah satu berita utama di Korea pada musim panas, dia mengamati bahwa serangan2 tersebut memberikan sebuah efek mengerikan dalam pemberitaan. Saat itulah kasus Lee menjadi sesuatu yang penting untuk dikhawatirkan.

Tentu saja bukan berarti Sung mempercayai Lee. Baginya memang tampak luar biasa bahwa Lee memiliki bakat begitu banyak, begitu cepat, dan dia bisa memahami keraguan orang2. Banyak siswa belajar luar biasa keras untuk bisa masuk ke sebuah sekolah terbaik dan lalu belajar lebih keras lagi setelah mereka berhasil masuk. Lee terlihat seperti melenggang lewat Stanford dalam waktu singkat lalu keluar dengan menggenggam sebuah gelar master. Ceritanya punya kekuatan untuk membuat orang2 merasa bodoh.

Teori konspirasi yang dominan menganggap bahwa Lee telah mengambil identitas orang lain, jadi Sung memutuskan untuk menantangnya secara langsung pada titik itu. Jika Lee benar2 seperti yang dia katakan, maka dia pasti sanggup melakukan perjalanan ke California dan meminta transkripnya secara langsung. Jika dia berhasil, misteri akan terpecahkan.

Lee menerima tantangan itu.

Saat itu adalah pertama kalinya Lee kembali ke kampus sejak kelulusan dan banyak perubahan telah terjadi. Salah satunya, Patung Rodin telah dipindahkan, yang berpotensi membuatnya tampak seperti seorang pembohong di hadapan TV nasional Korea. (Jika tidak dipinjamkan ke institusi lain, The Thinker sekarang diletakkan di Cantor Arts Center).

Untungnya, saat dia berjalan menuju jurusan Bahasa Inggris, seorang manajer pelayanan mahasiswa, Judy Candell, mengenalinya dan memberinya sebuah pelukan. Dia telah mendengar tentang masalah2 Tablo. “Aku harap semuanya berakhir,” katanya. “Karena kami percaya padamu.

Kamera kru TV mengikutinya ke kantor registrar dimana Thomas Black sedang menunggu. Lee mengeluarkan ijazah dan transkrip nilainya dari dalam tas punggung lalu meletakkannya di atas meja untuk diperiksa Black. Dia juga menunjukkan passportnya pada Black. Black mencetak transkrip Lee menggunakan server kantornya, membandingkan dengan transkrip yang Lee bawa, serta mencocokkan nama Lee dengan nama yang tertera di passport.

Semua tepat sama,” Black menyimpulkan, memegang kedua transkrip. “Baris per baris, kata per kata.”

Rekaman itu akan ditayangkan dalam salah satu dari dua bagian tayangan spesial MBC, salah satu jaringan TV nasional Korea (rekaman dokumenter itu ditayangkan dalam 2 bagian : “Tablo Goes to Stanford” dan “Tablo and South Korea Online” yang ditayangkan pada tanggal 1 dan 8 Oktober 2010).  Lee terbukti benar, tapi yang bisa dia rasakan hanyalah mati rasa.

Orang2 yang melakukan semua ini padaku tidak akan pernah berhenti,” katanya. “Mereka tidak akan percaya padaku, tak peduli apa yang kulakukan.

Lee mengajukan gugatan melawan 20 (dalam artikel lain diberitakan 22 orang) penyerangnya yang paling keras. Pada bulan Oktober, jaksa penuntut menyelidiki kedua tuntutannya dan dugaan2 terhadapnya membuktikan bahwa Lee adalah benar sebagaimana yang dia katakan.

(Tanggal 8 Oktober, kepolisian mengkonfirmasi bahwa Lee memang benar lulusan Stanford, setelah memeriksa klaim2 atas riwayat pendidikannya. Polisi memeriksa berbagai dokumen bahkan meminta informasi lebih lanjut dari Stanford University sebelum akhirnya mengeluarkan keputusan bahwa Lee benar. Polisi menyatakan, “Setelah memeriksa berkas2 imigrasi Tablo, kami menemukan bahwa dia masuk Korea sebanyak 9 kali dari saat dia masuk universitas sampai lulus. Semua kunjungannya dilakukan selama liburan atau istirahat. Kami tidak bisa menemukan suatu bukti bahwa dia memalsukan apapun“).

Jaksa penuntut meminta situs internet Korea untuk mengungkapkan identitas2 asli ke 20 penyerangnya (alamat IP mereka dilacak dan mereka dipanggil untuk menjalani interogasi, tapi sebagian besar menolak. Tim investigasi cyber kepolisian memanggil para tersangka dan memberikan peringatan atas tindakan kriminal yang mereka lakukan. Para tersangka menolak panggilan polisi dan mengklaim bahwa postingan yang mereka buat adalah benar.). Whatbecomes, ketua penghasut, terungkap sebagai Eung Kim, seorang bisnisman berusia 57 tahun keturunan Korea-Amerika yang tinggal di Chicago. Polisi Korea memintanya datang melapor untuk diinterogasi.

Aku memposting dengan cara yang jujur, jadi aku tidak akan menjawab surat panggilan tersebut,” dia berkata pada mereka.

Polisi (bekerja sama dengan Interpol) lalu mengeluarkan sebuah surat perintah internasional untuk menangkap Eung Kim, yang telah ditentangnya selama berbulan-bulan sampai sekarang. Di forum TaJinYo, Kim bertanya apakah fitnahan merupakan suatu kejahatan internasional dan melepaskan frustasinya dengan mengatakan ia dituduh dengan tidak adil. “Aku sangat marah karena mereka memperlakukanku seolah aku tersangka padahal mereka belum mengkonfirmasi aku sebagai pelaku kriminal,” tulisnya.

(Situs TaJinYo akhirnya ditutup segera setelah Naver mengikuti hasil investigasi, yang juga mengungkap bahwa Whatbecomes telah melakukan kecurangan menggunakan ID seorang temannya untuk membuat website, melanggar ‘term of service’ Naver. Meski begitu, banyak anggota forum TaJinYo bergabung dalam komunitas online lain yang disebut “We Demand the Truth from Tablo 2” atau TaJinYo 2 dengan keanggotaan mencapai 33.000 netizen)

Bagi pengamat dari luar, kasus telah ditutup. Di sebuah pertemuan kabinet, Presiden Korea Lee Myung-Bak menyatakan bahwa apa yang terjadi pada Lee adalah sebuah “pencemaran nama baik yang seharusnya tidak pernah terjadi lagi.” Ashton Kutcher, yang memfollow Lee di twitter, menimpali, “Saatnya untuk membunuh mata iblis yang menyerang pria ini,” dia mentweet.

Lee, meskipun masalah tampak mulai terselesaikan, belum sepenuhnya pulih. Dia masih takut berhadapan dengan publik dan tidak tahu apakah dia akan pernah bisa tampil di hadapan penonton lagi. Pada Mei 2011, dia kembali ke Stanford untuk memberikan sebuah pidato kuliah bagi “Asian American Students’ Association” (dengan topik “Asian Images”). Penampilannya itu merupakan kemunculan publik pertamanya sejak kontroversi meledak. Walaupun keramaian publik saat itu adalah kerumunan yang bersahabat, Lee merasa lumpuh karena ketakutan berdiri di panggung, sesuatu yang belum pernah dia alami sebelumnya. Dia merasa mual selama pidato dan kadang2 harus berhenti untuk mengambil napas. Hal itu memperkuat ketakutannya apakah dia akan pernah sanggup mendominasi panggung lagi seperti dulu.

Sejujurnya, aku hancur,” kata Lee. “Dan aku tidak tahu apakah aku akan lebih baik.

Kerumunan yang hadir tampak menghiraukan kekhawatiran Lee. Setelah menyelesaikan pidatonya, Lee terkejut saat melihat barisan panjang orang2 yang mengantri tanda tangannya. Dia berpose untuk foto dan tampak rileks. Dia tersenyum dan, untuk sesaat, terlihat secercah harapan.

-End-

note: info2 dalam tanda kurung () merupakan tambahan yang aku cantumkan dari sumber2 lain

=============================================================================

Apa bonus infonya?

Artikel tambahan tentang bergabungnya Tablo dengan YG Entertainment, setelah kasusnya mereda :

Kembalinya Tablo Setelah Kontroversi

Pada tanggal 27 September 2011, YG Entertainment mengumumkan bahwa Tablo akan menandatangani kontrak 4 tahun dengan mereka dan comeback-nya lewat album solo pertama akan dirilis tanggal 1 November. Walaupun Tablo dikontrak sebagai penyanyi solo di bawah YG Ent, dia menyatakan bahwa hal itu bukan berarti Epik High bubar atau member lainnya akan menandatangani kontrak dengan YG Ent juga sebagai sebuah grup.

Menurut juru bicara YGE, member2 Epik High (Mithra Jin dan DJ Tukutz ) sangat mendukung keputusan Tablo. “Karena Mithra Jin masih melaksanakan tugas wajib militernya dan Tablo hanya menandatangani kontrak sebagai penyanyi solo, kami tidak bisa mengatakan apapun tentang Epik High sat ini. Hal ini adalah hal yang akan didiskusikan saat semua member berkumpul. Untuk saat ini, mereka tetap menjaga segala kemungkinan terbuka,” juru bicara YGE menjelaskan.

Tablo dikenalkan pada CEO YG, Yang Hyun Suk, oleh istrinya, aktris Kang Hye Jung yang juga berada di bawah agensi YG Entertainment. Tablo yang menderita akibat rumor2 terkait akademiknya, sedang berada pada titik dimana dia menggantungkan karirnya dalam ketidakpastian.

Istri Tablo membuat sebuah pertemuan dengan CEO YG untuk suaminya, yang sedang terpuruk tanpa semangat. Yang Hyun Suk, seorang yang memiliki kepercayaan kuat terhadap bakat murni artis2, tambahan pula dia adalah mentor/guru musik bagi seorang Tablo muda. Dengan kebanggaan atas sistem produksi mereka yang kuat, YG akan menjadi perusahaan yang sempurna bagi Tablo untuk hanya mencurahkan seluruh fokusnya pada musik. Demikianlah, takdir Tablo dengan YG terjalin secara alami.

Dengan masuknya Tablo dalam agensi YG Ent, berarti ini kedua kalinya YG mengontrak seorang artis yang bukan trainee mereka, setelah PSY. Bergabungnya Tablo juga membuat bertambahnya satu lagi pasangan suami-istri (setelah Sean dan Jung Hye Young) dalam satu label YG Entertainment.

Dan ini adalah pesan yang ditulis Tablo untuk YG Family, setelah ia bergabung dengan mereka :

Untuk YG Family! Terima kasih karena mendukung saya dan memberikan saya kekuatan. Saya tidak akan melupakan moment ini!

article source : Stanford Magazine, July/August 2011 issue

sources of more info : allkpop, naver, asiapacificarts, english.kbs

indo trans : kikawaiii @yeppopo

DON’T TAKE OUT

Dari apa yang Tablo alami, bener2 speechless..

Sedih, kesel, depresi, simpati, kagum, salut, bercampur jadi satu.
jadi, setelah baca semuanya, aku cuma mau bilang :
Tablo,, welcome back!! and Welcome to the family~!! ^_^
Memang si ini pepatah klise, tapi lagi2 terbukti benar, bahwa setelah hujan deras yang kadang disertai badai kencang, akan muncul pelangi yang indah.
So Tablo oppa,, stay strong and continue to create more and more awesome songs of you..
your wounds surely will heal..

shine more brightly in the future, together with YG Family~ :’))

117 comments on “[Artikel] Perjuangan Tablo Melawan Tuduhan Pemalsuan Ijazah Akademiknya (Part 3) + Bonus info ^^

    • 🙂
      klo ga salah sekarang Jay Park di SidusHQ, seagensi ama suamiku (baca: Song Joong Ki), haha ^^

    • RT RT.dy kn YGstand bgt.pertama ndeketin minzy, Youngbae trus Bommie.
      lama2 dy ndeketin appa YG kali.
      hahagz…

    • Apalagi Papa YG dulu pernah punya rencana buat kolaborasiin Jay ma GDTOP (CMIIW).
      Sepertinya Jay Park jg udah punya takdir ma YG Family. Hanya saja masih tertunda. Haha..

    • ssetuju.. LOL.. semoga Jay Park masuk YG.. Jay Park itu YG banget… YG appa baik ya… Kasian dlu Woollim gak mw ngurusin Tablo appa.. mau duit artisnya doank, kena masalah ditinggalin.. Lihat YG, kasus Dae, Jiyong oppa.. mereka tetap disamping anak2 n adik2nya.. fighting YG.. YG rules.. Take the world.. MTV EMA WORLD WIDE ACT.. MTV IGGY BEST NEW BAND.. n soon MTV IGGY ARTIST OF THE WEEK TABLO n MAMA 2011 BIGBANG, 2NE1, TABLO … JJANG… n semoga JAY PARK juga menang

    • jujur aku awalnya juga ga percaya kalo 4 tahun dpt BA sm magister di standford lagi trus ujung2nya jadi rapper, tapi kalo udah ada klarifikasi ya aku percaya kalo itu bener

      heran memang orang2 yang nuduh bohong
      ko sampai segitunya…tapi untunglah sekarang Tablo sukses
      SALUT BUAT TABLO

      btw,kalian pada dukung Jay Park ke YG ya… 😀
      tapi kayaknya sekarang masih susah coz YG masih deket sama JYP
      mereka bareng jadi juri di acara cari bintang baru itu kan

      seiring dengan waktu mudah2an nanti ada kabar baik antara Jay Park dengan YG
      aku pengennya trio Jay Park-Taeyang-GD….jd trio unyu2 nantinya kekekeke

    • ahh ya jg ya, dlu prnh rumor jay mau k YG, tpi diconfirm YG ,klo jay ga akan masuk k YG, mnrt gw jg, di 2PM,jay oke bget dri dance smp suara, sedih jg liat dy hekang..

      stlh bca comment” epic high tablo, apa ga ada yg bntu ? ahhh woolimEnt sma epik, sma aja,,, ==”

    • chingu.tolong bntu vote tablo di iggy.dy klah bnyk skrng.
      mr qta bntu anggota baru kluarga qta….

    • pingin lht Colab dance na Jay-Minzy ma Taeyang. n Colab rap na Jay-GD-CL.
      kekeke…
      ayolaaah,kmrn2 ja pada saut2an di twitter.
      hahagz

  • admin mksh kerja kerasnya. ceritanya worth to read bgt………..
    speechless
    hope d best for tablo, his family, friends, n yg who had accepted him as a family

  • gila pasti stress banget ntu,udah n’buktiin tapi tetep aja ada yg ngotot kalo ntu salah ihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh bener2 ye DUNIA KEJAM!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    kalo udah ngga suka ama org rasa2’a pengen d’lenyapin,Tablo Oppa HWAITING!!!!!!!!!!!
    sapapun yg mau nyerang Oppa skg tenang aja udah ada backingan Oppa yaitu YG Fam b’serta antek2’a!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    • LOL backingan?YG Fam bserta antek2ny?berasa preman aj….hahaha. Emg sih byk org yg bkata klo YG fam tuh serem2 spt kt Seungri di NAN, YG fam tuh d luar tlihat dingin, tp sebenarny dari dlm kt hangat*tumben si panda waras*

    • RT RT…mreka tampak diluar dingin biar ga ada yang brani ngasih rumor kya dl dl…
      Muka Beruang Hati Panda…

    • Bukan YG fam aja chingu yg sering di bilang serem, YG stand jg sering di bilang serem2. padahal kita kan baik2 ya :p , buktinya kita BJ VIP selalu akur…

  • Nangis ni.. 😥
    Tablo-ssi, perjuanganmu benar-benar luar biasa. DAEBAK kamu masih bisa tetep bertahan sampai sekarang. Hwaiting..
    Bonusnya bener-bener bikin aku merasa semakin BANGGA ma YG FAMILY. PROUD TO BE A YG STAN..

  • Bener2 terharu… Salut sama Tablo,,, ngbayangin jadi dia, pasti sulit banget.. Untung kluarga’y juga kuat, trutama istrinya yg nguatin dan ngedukung banget ampe dikenalin ke YG ent… Sukses oppa!!!

  • speechless bner…
    netizen korea emank serem2 bgt ya…
    hrusnya mreka bangga pnya wrga korea dgn lulusan stanford dgn predikat sangat mengagumkan.
    eh ini malah d tuduh yg gak2…

    ksian tablo… nyesek bacanya… untung smua dh slesei…
    welcome to YG FAMILY tablo… >_<

  • Baca bagian pertama tadi pas banget lagi dengerin Airbag pas bagian
    ” I guess I’m all alone again, I guess I’m alone again…”
    Nangis aja ya, sampe diliatin org kantor..
    itu Tablo bnr2 kurusan ya, emang gak punya otak dan gak punya perasaan tuh yg nyebar fitnah bangke… Sakit hati krn gak bisa msk Stanford atau IQ jauh dibawah rata2…
    No wonder kalo tebakan aye bener 🙂

    Pas baca bagian bonus, lagu yg keputer adalah Turn it up – TOP…

    Well, Tablo You’re not alone again…

    • emang tuh yg nyebar fitnah buangke tenan…gak kebayang bau badan+mulutnya mesti bangke jg…dasar tuh bangke idup…

  • ya ampun..terharu bgt…sedih lebih tepatnya….kasian bgt…SALAH APA coba???smpe2 dy harus mengalmi kejadian itu…

    #harusnya tu antis yg dlaporin dipenjara semua!!!biar kapok org2 beritain hal2 yg gak bner…mana bikin malu negara aja gak si…!!sekalian dipajang biodata asli org2 tu biar malu(kl punya malu) …grr..geregtan bgt ma org2 kyk gt!!
    cuman orang gak manusiawi yg berfikir FITNAH itu hal yg biasa dan lumrah!

    yuk dukung tablo di mtv iggy!!dah ketinggalan td.. 😦

  • nangis lagi …
    ya Allah .. sumpah , mengharukan bgt …
    saking marahnya sama para TaJinYo aku jadi gag bisa ngomong apa2 … segitu gag berperasaanya mereka hanya karena (mungkin) iri sama semua bakat yang dimiliki tablo … hanya Tuhan yang bisa membalas orang2 itu dengan setimpal , karena menurutku sekedar penjara aja gag cukup buat nebus dosa mereka …

    bersyukur bgt tablo nikah sama Kang Hye Jung yg setia + dukung disaaat2 tablo terpuruk … dan aku bersyukur bgt tablo gabung ke YG Ent , thanks to YG appa for the chance to tablo …

    aku hanya bisa mendoakan semoga tablo bisa sukses menjalani hidup lagi …
    i’ll support him as a good fan …

  • ga kebayang batapa stress’a tablo oppa wkt itu. salut wat oppa, bs te”p ngadepin semua’a wlopun hrs sampe ngesot” (alah apah c) ngebuktiin ql dy bnr , , , , welcome @ YG Family !!! u’re so cool ^ ^

  • astaga,,kalo d Indo pasti udah masuk dilaporin polisi dgn tuduhan pencemaran nama baik yg sidangnya pasti lama bgt selesainya…tapi masalahnya disono,,saksinya Tablo aja gak dipercayai polisi (buktinya poilisi tuh pake ngetes2 kertas ijazah,,mau buktiin apa pak pol?)..

    trus mengutip si penjahat sesungguhnya eung kim,,”Kim bertanya apakah fitnahan merupakan suatu kejahatan internasional” berari dia tau bener kl udah menfitnah Tablo oppa…

    Pertanyaanny: Kok iso2ne smp ad org bejat kyk sampeyan pak Eung Kim? Mana bawa banyak temen lg…Yek pengecut..

  • tukan istri tablo yg bikin dy tabah and mask YGE….aku cuma bisa ngambil kisah tablo untuk buat aku kedepan….dengan kata sabar and kuat disaat terburuk….TABLO kamu pas bgt msk YGE karna YGE cocok buat kamu…..sumpah aku dri kemarin dari part 1,2 and 3 aku salut bgt sama tablo….sabar and tabah…

    aku makin cinta sama Tablo…
    aku mkin suka sama pasangan tablo and Kang Hye Jung

  • ++“Orang2 yang melakukan semua ini padaku tidak akan pernah berhenti,” katanya. “Mereka tidak akan percaya padaku, tak peduli apa yang kulakukan.“++

    antis di korea sana emang bener2 kejam, smpe kebencian mendarah daging di tubuh mereka. pdhal apa untungnya sih ngelakuin itu ke tablo ,,

    sebagai VIP gue bersyukur ketika GDAE berada dlm masalah besar mereka berada di lindungan YG ,,,, masih geram gue baca ketika para antis mengirimi GD petisi untuk bunuh diri ,,

    • betul… Tapi GD oppa itu bener2 kuat lho, Leader paling hebat.. YG appa pernah bilang kalo GD telah melalui semua kesulitan,jadi kalau ada kesulitan dia pasti mampu melewatinya.. yang tertekan parah itu Dae :'(.. tipe Dae itu adalah tipe orang yang menyalahkan dirinya kalau ada sesuatu yg kurang atau salah. Tambah baca wawancara dia.. mw nangis lagi.. YG daebak.. kata YG appa, gak usah mikirin hal2 lain.. pikirin soal musik yang ingin kalian buat.

  • “speechless, terharu, kagum jadi satu”

    Salam kenal buat semuanya, setelah setahun jadi silent readernya yeppopo, ini pertama kalinya aku komen,

  • Speechless… Dr part 1 smpe 3 mata gue bengkak.. :”(

    Om tablo pst cinta bgt ya sm istri.y.. Setia bgt..

    Oia, Klo kisah jaebeom ikut diangkat, takut.y nti hottest sm jay effect fanwar lg.. Tp aq stuju kLo jae oppa jd kluarga baru di YG 😀

    • sama chingu, aku jg ngevote bang jay di MAMA krna dia Black jack. Dan Jay Park itu emg cucok banget kalo msk ke YG, dr style dan lagu2 dia kan YG banget…….

  • para tajinyo itu gak punya perasaan….bener2 niat ngancurin hidup orang!!!untung masih banyak yg mendukung oppa!!tablo oppa kuatkan dirimu!!kebenaran akan selalu menang!!

  • Ah gila, semoga orang2 jahat itu kena balesannya. Amin
    Ini yang gue suka dr YGfam, berani ngambil resiko, demi bakat
    Gue berterima kasih banget sama YG, bayangin kalo kasus GDae, kalo mereka gak didukung sama YGfam, khususnya YG appa, apa yg bakal terjadi?
    Dan fans2 tablo juga pasti seneng tablo ke YG, krn mereka tau fans2 antar YGfam selalu saling dukung banget, dan YG appa sgt sayang sama artisnya. Jadi pasti mereka lega banget
    Dan, liat~ pas tablo masuk YG, banyak bgt VIP BJ dll yang ikut ngevote dia, krn selain musiknya yg emang bagus, tablo adlh bagian dr YGfam

  • hiks mksh author yepopo yg udah mw ngangkat kasus tablo.
    jujur sblmx aq ga th tablo itu siapa,tp liat artikel ini,jd ngubek2 youtube nyari mv nya epik high,dan trnyata emg bner epik high keren,enak didenger.
    apalagi stlh dgrin lagunya tablo yg skg, bad,nancep bgt di kuping.
    mgkn kalo di sby,sing jenenge tanjiyo iku jaluk dipisuhi kok,juahat bgt,smoga tuhan membalas kalian smua.
    dan buat tablo,welcome to YG family. .

  • semoga popo unni nyusut kasus bang jay juga dari awal dia nulis di my space, trus di hina hina smpe di suruh mati , keluar korea,nga mau pulang karena malu,sempet jadi tukang ban,terus jadi artis sukses lg 😀

  • YG,, mengambil keputusan besar yang penuh resiko, dan keputusannya 100% benar,,
    Tablo kembali lagi,, dan saya menyukai ini…
    my tablo,, kekuatannya akan pulih kembali bahkan lebih besar dari yang dulu

    *sumpah, kasian banget kalo inget saat itu*

    HE IS TABLO,, DAN LEE

    FIGHTING!!!!!!

  • segitu jahatnya para TaijINyO,,, (rasanya pengen mulut mereka DIBAKAR!!!)

    sumpah.. *nangis*

    beruntungnya Tablo punya Istri Kang Hye jung…

    salut sama papa YG .. disaat Daesung dan GD hbs kena masalah,, mw nerima Tablo (yg memiliki antis paling jahat di dunia perKpopan), di Tahun yg sama …

    YG ENT. DAEBAAAAKKKKKK…. LET’S GOOO

    PENGEN LHT DUET GD TABLO (G-LO 🙂

    • wkwkwkwk… Ngakak baca komen mu cingu… Td q sempet mikir gtu and ketawa eh ternyata ada yg komen juga XD tambah ngakak.. Wkwk #diseretIkutanDiBakar

  • Saking speclesnya baca kasus tablo ni gw salah tempat ngomen…gw ulang lg d sini ah….

    ternyata tablo lahir d jakarta ya..kelurganya pindah2….

    • tentang info Tablo yang kelahiran Jakarta (sumber : Wikipedia) jangan langsung percaya dulu, soalnya menurut fanbase Epik High, Tablo lahir di Seoul.

      bisa jadi artikel di wikipedia itu ada yg iseng ngedit, karena siapa aja bisa ngedit wiki.
      nah, sekarang info di wiki udah ada yg ngedit lagi.. kota kelahiran Tablo jadi di Seoul.

      So, pesan untuk semuanya,, jangan gampang percaya ama info2 yang bersumber dari wikipedia yah..cek n ricek lebih lanjut dulu.. ^^

  • baca part 1: sedih, marah, cmpur aduk,,
    giliran part 2 : mata udah berkaca-kaca..
    ending di part 3: akhirnya air mata que tumpah juga T_T,,, sumpah jahat bngt antis2 itu,,, smpai2 tablo oppa berfikir ap hidupnya berharga.. jd pingin nton video ttg pngungkapan kebenaran dr tablo oppa,,
    i’m become ur new fan’s ^^

  • q bener2 nangis baca ini :’) apalagi wktu dy ke kampus trus ketemu temennya untungnya setelah kejadian ini oppa jatuh k tangan yg tepat,, YGappa pasti tau yg terbaik buat oppa ternyata selama kita berusaha pasti kebenaran yg akan menang..

    Oia YGstan jngn lupa vote tablo d MTViggy ya .. 😀 ada satu saingannya tuh yg berat..

  • Emang ya, semua itu bakalan indah pada waktu nya. gimana terpurukna tablo oppa tahun2 lalu, tp kita bisa liat dia bisa bangkit skarang dan yg pastinya banyak org yg jd kagum sm sosok tablo oppa kaya aku..

  • Bca perjuanga tablo bner2 kya nntn drama ckckckckck bnr2 deh itu yg ngefitnah klo Qjdi tablo dah tak tabokin deh tuh org pke sendal bakiak kesel bgt tp tp kan skg mslh sdh selesai kebenran yg sejati akhrny trungkap dan stlh semua badai cobaan buat tablo brlalu skrg saatny tablo oppa menyongsong hari yg cerah kmbli brsama keluarga yg baru YG Family…FIGHTING!!

  • Speechless…. Tablo oppa segitu perjuangannya buat buktiin ke orang2 kalau dia tu bener! Memang kalau yg bener itu mau gmana juga kita menyangkal pasti bakal terbukti cepat atau lambat. Dan tablo di YG, that’s the best choice!!! Welcome back oppa! We’ll wait your next awesome song!!! ^^

  • gilaaaa ya baca artikel dr part 1 smp part 3 nangissss. Tablo kuattt bgt. aku aja mgkn udh gila kl jd dia. YG appa kerennnnn. semoga kedepannya YG fams tambah sukses sama solid lagi.
    Jay Park tarik ke YG secepatnyaaaa plisssss. haha

  • Baca part-3 ini sambil nyetel album Tablo beh makin berasa sedih,, Salut sama temen tablo Sean Lim yang rela mempertaruhkan karirnya demi membuktikan Tablo benar..

    rasanya pengen ngamuk dan marah sama TaJinYo bener2 mereka sadis dan kejam bgt, aaahhh berharap mereka dapet hukuman yg berat klo perlu seumur hidup #MasihKesel!!

    anyway abang Tablo welcome back, kamu begitu bertalenta jgn biarkan org2 yg tak berguna itu menutupi bakat dan kelebihan yg Tuhan dititipkan kepada, kami YG Family akan selalu mendukungmu berada dibelakangmu.. :’)

    “shine more brightly in the future, together with YG Family..” ah so sweet deh admin kikawaiii, love your article.. thanks ya 😉 #Hidup Song Joongki

  • uh jahatnya yg nyebar fitnah. bner kta oppa, mrk emg ga bth bukti, krn yg mrk mau itu kehancuran oppa.
    “apkh fitnah itu adl kjhtn intrernational ”
    ngaku mitnah dy bang, lgpula bkn cm international, tp dunia akherat! huh, esmosi saya.
    ngmng2, gomawo, hontouni arigato bwt adminnya yg ngluangin wktunya bwt ngshare fakta pnuh hikmah ky gni… ^^

  • Om Tablo mantabz!!
    cape jg bacanya….ngenesss…
    tp mank yg namanya kebenaran psti akan terungkap!!!
    salut jg buta YGE!!!
    YGE isinya org2 kuat smua y?!!! artisnya bs kuat menhadapi masalah dan bangkit lg!!–>BIGBANG, TABLO!!!

  • Wow… Trenyuh banget baca ceritanya Tablo. Kasian bet tp salut bgt jg sama dia bs ttp kuat walau skrng blm sepenuhnya pulih.. Ah sedih.

    Semoga itu netizen jahat bener2 di proses secara hukum.

    Semangat Tablo.. Welcome to the YG Fams 🙂

  • hi..syerem ya..kaya film dah ne kisah oppa..ya ampun kuat ya oppa…hiuft…teruslah berkarya..ok…ternyata banyak orang2 gila diluar sana ya…syerem…jadi ikutan esmosi ne ngeliat orang orang gila yang nyakitin orang mpek segitunya….

  • welcome home tablo oppa.. you’re not alone anymore.. ada YG FAM dibelakang mu…
    gw gregetan bgt bc ulang kisah ini.. pengen nabok tu org yg ud fitnah tablo oppa.. mgkn tu bisnismen usahany bangkrut ya, jd dia pny waktu utk fitnah org. pake ada tajinyo jilid 2 lg. .. Cb aj klu mrk bs nyentuh tablo oppa skrg, hadapi dl YG FAM.. hohoho
    tablo beruntung bgt dikelilingi org2 yg mencintainy, terutama hye jung unnie. ud bs bikin dia bangkit lg, plus ngenalin dia ke Appa YG..
    really proud to be YG STAN

  • y ampun itu endingnya para tajinyo bebas, yaa… ckckckck,, pede bgt sih mereka udah ketauan salah eee masih aja ngaku ‘kami menulis dg jujur” dsb gitu……. herannn………….
    dipanggil polisi nolak, alesannya aja ada,, padahal takut kali….

    sabar bgt y tablo bisa bertahan dan kuat,, bisa bangkit, n comeback jdi penyanyi lagi,, salut deh….

  • “Aku merenungkan apakah benar hidupku berharga,” kata Lee.

    Waktu baca kalimat ini, bener2 deh…kayanya aku bisa ngrasain sakit yang Tablo oppa rasain 😥

    Nyesel banget baru bisa baca artikel ini sekarang T___T eon, baca artikel ini serasa baca sad fanfic hiks….

  • sedihh.. bca ya… hiks.. ;(
    beruntung TABLO msuk YGFAM..
    kan appa YG prnah blang kLo “DIA G’ AKAM MEMAAFKAN ORANG2 YANG BERUSAHA menYakiti ARTIS2… yaa….”
    so.. oppaa.. hwaiitingggg….

  • baru hari ini sempet baca.,mulai part 1,lanjut part 2, lanjut lagi ke part 3.,dan diakhiri dengan tetesan air mata..
    sumpah,terharu banget bacanya.,tablo bener2 orang yang hebat.,kuat ngadepin masalah sebesar itu.,hebat juga orang2 yang selalu ngedukung dia..
    ngga bagusnya netizen korea.,kalo bagus dipuja-puji sampe ke langit, kalo ada masalah dihujat sejelek2nya.

  • gabisa komen apa2 lagi,..
    nangis,.. (TT__TT)

    gw pikir anti soshi adalah anti terjahat sedunia dan ga ada bandingannya,
    setelah baca semua kasus ini,.. ternyata ada yang jauh lebih jahat dan ga berperikemanusiaan,..

    heran, iri, kok bisa segitunya,..

  • sumpah merinding bacanya eonni….T___T…
    yang memfitnahngga dapat hukuman apa2 tuh? gua sumpahin celaka tuh orang!!!…
    bang tablo, tetap semangat dan terus berkarya yah…appa YG daebaaak!!!

  • parah banget ya disana. kalo ini caranya korsel belum bisa dikatakan negara maju krena belum bisa membela hak asasi warganya. diperhatiin baik2 trnyata sekarang ini mereka sebenarnya dijajah sama “sosok tak nyata” alias netizen lagi. gimana engga, pengaruh netizen keras banget. mending segera dicari solusi pemerintah sana biar para netizen itu ga terlalu bebas boleh ngomong apa aja. walaupun hak berbicara itu keharusan tapi kalo sampe ngancam negbunuh mah itu udah bentuk kejahatan bukan? lagipula ga adil banget, seorang artis dituntut sempurna sampe ga boleh ngomong yg aneh dikit aja tapi si netizen malah boleh maki2 n ngomong ga sopan…ckck
    apa harga sebuh popularitas di korea segitu mahalnya ya sampai digadaikan sama kebebasan berekspresi?
    serius, kasihan bgt sama artis2 sana

  • Semoga Tuhan akan terus memberkati Tablo 🙂

    Apa yg dia rasakan pada saat itu pasti sangat sangat berat sekali
    Tidak sepantasnya dia diperlakukan seprti itu..

    Smoga Tuhan akan terus melindungi Tablo dan keluarganya

  • sedih bgt… serem ya nitizen korea,,, terpancing…..
    huh,,, beruntung deh artis indo,,, karena masyarakatnya cerdas melihat berita dan pemaaf,,,,,

  • #telat bgt komennya#
    itu membuktikan bahwa orang korea banyak yang SAKIT #bersyukur tinggal di indo#
    “Apakah menfitnah merupakan kejahatan Internasional?” sumpah pengen gw parut mulut tu orang, gila uda tuwir tapi behave-nya nol bgt!!! kalo fitnahnya sampe bikin orang trauma apalagi sampai mengancam jiwa, ya sudah pasti kejahatan mbah!!!!!
    Sori, gw berulang kali bilang kalo orang korea SAKIT, tp itu emang labelling yg uda gw tempel pd orang2 korea #terutama yg sakit#, contohnya: ANTIS, SAESANG FANS, NETIZEN #meskipun beberapa kasus netizen sngat berjasa#. dan aku yakin masih banyak kasus semirip kasus nya tablo. banyak artis ato siapapun itu, yg kondisi psikisnya terganggu gara2 ulah MEREKA2 YANG SAKIT. Gak heran kalo di korea banyak orang yg bunuh diri.
    gara2 baca artikel ini, gw bersyukur banget jadi orang indonesia dan tinggal di indonesia. Alhamdulillah ya Allah….:)

  • Terharu banget sempet nangis, tabah banget tablo oppa, tambah sukses ya, yang benar pasti akan menang walau banyak rintangannya, sumpah terharu banget TT.TT

  • wahh…telat banget comentnya…berawal dari suka big bang. jadi suka semua artis2nya YG hehe. sumpah…nyebelin yah tuh orang2 yang fitnah tablo. tapi sekarang semua udah bisa dilalui sama tablo. dan melihat tablo bisa berkarya lagi itu adalah hal yang membahagiakan mengingat kasus yang pernah dia alami ini….

  • Hufft..nangis bner2 nangis.
    Semoga Tablo untuk kedepannya slalu bahagia.. Tuhan ngelindungi mu oppa
    Dari semua masalah nya jd tau mana orang2 yg bner ada dsampingnya. Terutama istri yg ttep percaya n nguatin dy.
    Buat para setan iblis yg udah fitnah. Neraka ada disamping kalian selama hidup kalian!!!
    Tablo Fighting!!! Love you

  • Sebenarnya ak udah lama penasaran tentang masalah ini, tapi bru kesampaian sekarang.
    1. Gilaaaaa… orang korea sumpah kejam bgt sampe punya waktu dan tenaga buat ngebesarbesarin masalah ini. SAMPAI INTERPOL PUN IKUTAAANNNN, R U KIDDING ME?
    2. Orang korea berani bgt buat malsuin ijazah, Phd Yale???? Seriously?
    3. Terornya mereka itu loh, sampe buat papanya tablo meninggal, sampe 1 keluarga dizolimi.
    Kesimpulannya, jangan ngurusin masalah orang, punya kerjaan lain kek gitu,hatesnya sampe ribuan gitu. Sakit jiwa emg lo haters

  • Omo! Baru baca artikel ini dan nangis pada bagian terakhir! Tablo oppa! Sekarang semuanya sudah dan akan baik-baik aja, jangan pernah berhenti berkarya! We love you^^

  • makasih buat infonya !! makum, baru jadi YGSTAN tahun 2012, jadi gatau kalo EPIK HIGH itu ga berawal dari YG …

    merinding + nangis setelah bacanya !!
    kini, Tablo bener2 nemuin FAMILY !! yang siap dukung kapan dan dimana aja semaksimal mungkin 🙂

  • Sumpah nangis nyesek bacanya. Gk nyangka kejamnya fitnah bisa mnghancurkan hidup seseorang. Bagi netizen,khusus ny netizen indonesia. Jgn mudah trmakan gosip. Jgn hancurkn seseorang hanya dari komentar2mu yg hanya kau ketahui lewat media juga. Well, ak salut sama tablo oppa! Gk kebayang kl itu bener2 trjadi di ak. Pasti ngerasa konyol setengah mati. Semoga mereka yg mnyumbangkn kesedihanmu mndapat balasan. Semoga karirmu semakin cerah. Biarpun tablo oppa gk mgkn baca komentarku ini, aku setulus hati mendoakn kebaikannya. Oppa fighting!

  • tablo hebat

    jd penasaran ma sosok tablo…

    satu yg mengecewakan dy dah merid hahahaha bgusss jg sih, psti masa sulit itu dukungan kluarga trutma dukungan dr istri dan malaikat kecil mereka mmbri kekuatan penuh untuk t
    Tablo…
    terharu bgt bacax

  • baru suka tablo saat mulai gabung the return of superman, dan cari tau tentang tablo karena musiknya ternyata enak didengar, penasaran sama kisah hidupnya…setelah mendengar lirik lagunya, ternyata kejam juga ya antis disana, parah juga… apa sekarang mereka udah menerima tablo semua? semoga gak ada lagi antis yang berbuat jahat sama haru appa ini

  • Tablo…. gua ngefans bgt ama bapak satu ini. Dan mulai bener bener jdi fan gara gara cover dy Eyes Nose Lips. Mulai lihat ada org komen kalau tablo lulus 4 tahun IQ 170. gua nganga dan awalnya ya ga percaya Einsten aja 156.

    Terus ga sengaja nonton Strong Heart YG Family, Tablo bilang dy juga kaget waktu PSY masuk ke YG. Dan dy mulai bilang kalau ngelewati masa masa yang sulit dsbg. Awalnya ga ngedong mksud dy apa. tpi semakin kesini, ssemakin gua penasaran ama skandal bapak ini. gua jadi tahu apa yg dimaksud ama dy.

    Ternyata complicated banget. Dan ngelihat bakat dy cover inggris part eyes nose lips, gua percaya Tablo emg orang jenius. liriknya deep bgt gila. dan Inggrisnya fasih.

    Ga heran juga dia punya anak yang pinter luar biasa> Haru.

    Konflik Tablo berasa drama drama korea. Kebenaran akan terungkap. Dan itulah yang terjadi di Tablo.. Dy menikah dengan seorang istri yang cantik dan memahami dy.. punya anak pinter dan cute… ahhh perfect family…

    Sukses buat tablo. Korea seharusnya bangga punya Tablo.

  • Sumpaaah ya waktu baca artikel ini dari part 1-3 itu bener-bener campur aduk perasaanku kayak mau nangis teriak juga simpati iya.. Kagum dan bener-bener gak nyangka ternyata perjuangan seorang Tablo itu gak mudah yaa.. Jadi inget Haru!!!!

  • gilak udah berapa tahun sejak kasus ini. aku baca ini pertama kalinya dan sumpah kasusnya parah banget yah. Tablo keren banget bisa bertahan kayak gitu. Panutan banget nih buat kedepannya. K-netizen juga sampe sekarang gak berubah ya, walaupun gak separah dulu ngebash nya.. Ini bener-bener kasus yang bikin aku salut sama Tablo. Meskipun dia kena kasus, dia mati-matian ngebersihin nama baiknya sendirian, tanpa bantuan agency nya. Dan well, endingnya bener-bener memuaskan. Tablo bener-bener orang yang keren!

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: