[Artikel] Perjuangan Tablo Melawan Tuduhan Pemalsuan Ijazah Akademiknya (Part 2)

Published 13/11/2011 by kikawaiii

Berikut lanjutan artikel perjuangan Tablo melawan tuduhan pemalsuan ijazah akademiknya.

Karena artikelnya panjang, keseluruhan artikel aku bagi jadi 3 part ^^. Buat yang belum baca part 1, klik ini.

-Part 2-

Lee masuk Stanford University tahun 1998 dan lulus dengan sebuah gelar BA dan MA in English tahun 2002.

Setelah anggota2 TaJinYo mulai mengupas pernyataan publik Lee dan menggali lebih dalam tentang masa lalunya, sebuah teori konspirasi yang rumit muncul. Anggota2 forum bersedia menerima bahwa seorang pria dengan nama Dan Lee memang lulus dari Stanford, tapi mereka menolak menerima bahwa rapper yang mereka kenal dengan nama Tablo adalah orang yang sama. Mereka bersikukuh bahwa Tablo telah mengambil alih identitas Dan Lee menggunakan bukti tertulis Stanford untuk mendapatkan ketenaran dan keberuntungan.

Dia hanya membayar sejumlah besar uang untuk ini, berbohong tentang itu, dan masih tetap terkenal,” salah satu anggota forum berkata pada kru TV Korea, yang memblur wajahnya (perempuan). “Hal itu menggambarkan suatu kehilangan total atas harapan bagi orang2 yang bekerja keras.

Para peneror yang menyebar konspirasi tidak hanya menuduh Lee, mereka juga melibatkan seluruh keluarganya. Seorang penyelidik anonim menemukan sebuah kliping surat kabar dari tahun 1995 yang menyatakan bahwa ibu Lee telah memenangkan sebuah medali emas di suatu kompetisi tata rambut tahun 1968. Penyelidik itu memposting penemuannya secara online dan menuding bahwa ibu Lee sebenarnya tidak memenangkan medali itu, yang secara tidak langsung mengatakan bahwa keluarga Lee telah berbohong tentang prestasi2 yang mereka peroleh selama puluhan tahun.

Bisakah seseorang memberiku nomor telepon salon rambut ibu Tablo?” tulis seorang pengguna internet. “Aku ingin menanyakan padanya bagaimana rasanya menjadi seorang kriminal.

Ibu Tablo mulai menerima teror2 telepon. Di suatu acara makan malam keluarga, dia menjawab telepon dan terdengar suara pria, “Kau seorang wanita jalang,” kata suara itu. “Kau dan seluruh keluargamu harus meninggalkan Korea.

Serangan2 menyebar. Postingan muncul berisi pertanyaan tentang kakak laki2 Lee yang sedang menempuh pendidikan master di Columbia University tapi belum selesai.

Seorang penyelidik menemukan sebuah halaman web yang menyatakan bahwa David Lee telah menyelesaikan pendidikan masternya, dan panggilan2 telepon pun membanjiri channel siaran publik di Seoul tempatnya bekerja. David pun dipecat.

Alamat rumah dan nomor telepon David dipublikasikan dan dia pun mulai menerima telepon2 teror. Salah seorang penelepon mengancam akan menikamnya sampai mati karena dugaan pelanggaran yang dia lakukan. Tujuan dari serangan2 anonim menjadi semakin keras.

Jika @blobyblo tidak meninggalkan Korea, sesuatu yang buruk bisa terjadi padanya,” salah seorang peneror memperingatkannya lewat twitter, mengacu pada Lee melalui akun twitternya.

Lee merasa bahwa label rekamannya, Woolim Entertainment, hanya berbuat sedikit untuk melawan tuduhan terhadap dia dan keluarganya. “Kami tidak bisa berkata apa2 tentang dugaan yang dituduhkan pada Tablo bahwa dia memiliki kualifikasi pendidikan palsu,” agensi Woolim menyatakan pada 7 Juni 2010. Dua hari kemudian, agensi menjanjikan untuk membantu, namun Tablo merasa bahwa perwakilannya tidak pernah melakukan tindakan lebih lanjut. Dia meninggalkan labelnya akhir bulan itu.

Yang mereka lakukan melukai hatiku,” katanya. “Mereka membuangku.”

Di tengah kabut kontroversi, istri Lee melahirkan putri pertama mereka. Seharusnya saat itu menjadi sebuah moment penuh kebahagiaan, tapi saat Lee berjalan di koridor rumah sakit, dia melihat orang2 menatapnya dengan dingin sehingga dia panik.

Karena semua penyerangku tidak dikenal, tidak ada cara bagiku untuk mengetahui siapa yang ada di belakangku,” kata Lee. “Aku tidak tahu apakah dokter, yang menyuntikkan jarum pada bayiku, adalah salah satu dari orang2 itu. Sangat mengerikan.

Di jalan2, orang2 asing akan meneriakinya, memanggilnya seorang pembohong dan penipu. “Rasanya seperti aku telah melangkah ke tengah2 sebuah perburuan penyihir modern,” katanya.

Lee berhenti keluar rumah –lingkungan sudah menjadi terlalu memusuhinya. Meski demikian, dia melakukan yang terbaik untuk menanggapi serangan2. Lima belas tahun sebelumnya, ibu Lee sudah menghubungi penulis artikel di surat kabar yang dengan keliru menyatakan bahwa dia memenangkan medali. Dia telah menjelaskan bahwa ada kesalahan lalu penulis atrikel tersebut meminta maaf. Sekarang reporter mengeluarkan sebuah penyataan yang mengkonfirmasi kesalahan tersebut dan Lee menyampaikannya pada pers.

Dia juga berusaha menjelaskan bahwa kakak laki2nya tidak mengelola halaman web yang menyatakan bahwa dia telah menyelesaikan pendidikan masternya. Siapapun yang menulis pernyataan itu telah membuat kesalahan. Lee menunjukkan resume online lain yang dengan benar menyatakan status David.

Para peneror konspirasi online menolak semua penjelasan Lee dengan mengatakan semua itu bagian dari konspirasi. Mereka berpendapat bahwa reporter itu telah disuap untuk membela Lee. Mereka juga tidak mempercayai bahwa kesalahan resume David adalah suatu kebetulan. Bagi mereka, upaya2 Lee untuk menjawab pertanyaan2 mereka berbalik menjadi bukti seberapa jauh dia berusaha mempertahankan identitas palsunya.

Bagian dari kecurigaan mereka berakar pada fakta bahwa Lee sebenarnya bukan warga Korea. Saat dia berusia 8 tahun, keluarganya pindah ke Kanada; dia menjadi warga negara Kanada saat berusia 12 tahun. Hal itu berarti dia bebas dari kewajiban militer, bahkan saat kedua rekan Epik High nya terdaftar. Banyak komentator2 forum mengartikan ini sebagai contoh lain bagaimana Lee telah mempermainkan sistem.

Mereka yang selalu meragukan Lee mencetak apa yang mereka anggap sebagai sebuah kemenangan saat mereka menemukan seorang pria bernama Daniel Lee di facebook, yang meraih gelar dari Stanford tahun 2002. Daniel Lee ini tinggal di Wisconsin dan bekerja sebagai insinyur mekanik. Tablo, mereka mengklaim, telah mencuri identitas pria ini.

Di kantor registrasi Stanford, Black menerbitkan serangkaian email terkait dugaan ini.

Kebenarannya : Dua Daniel Lee menerima gelar dari Stanford di tahun 2002. Satu mendapat gelar BA dan master in English dan menjadi seorang rapper di Korea; yang lainnya mendapat gelar master Mechanical Engineering dan bekerja di sebuah perusahaan desain produk di Wisconsin.

Suatu hari saya menerima email2 acak dari orang2 di Korea yang marah dengan kasar pada saya karena mengizinkan seorang rapper mencuri identitas saya,” kata Daniel Lee lain, tertawa dengan ingatannya. “Saya tidak mengerti apa yang mereka bicarakan.”

Black berulang kali mengkonfirmasi bahwa Daniel Lee dengan jurusan English adalah seorang lulusan dengan predikat bagus tapi hal itu tampaknya hanya menimbulkan semakin banyak gejolak. Beberapa orang mengirim email menanyakan integritas Black, beranggapan bahwa dia berkolusi dengan Lee. Black menjadi marah.

Orang2 ini tidak menginginkan kebenaran,” katanya. “Mereka menolak semua yang tidak sesuai dengan apa yang mereka yakini.

Lee melanjutkan perlawanannya. Pada tanggal 5 Agustus, dia merilis sertifikat kewarganegaraan Kanada miliknya pada pers. Yang membuatnya heran, dia dengan cepat digugat oleh empat warga Korea anonim yang menuduhnya melakukan pemalsuan.

Aku sudah melakukan semua yang mereka minta dan itu semua tidak pernah cukup,” kata Lee. “Aku menyadari bahwa mereka tidak mencari jawaban, mereka hanya ingin menghancurkanku.

Media Korea secara luas memberitakan perkara hukum itu, yang hanya menyajikan keraguan yang makin meluas tentang identitas Lee dalam anggapan masyarakat umum. Situs2 yang bertujuan mengekspos gosip selebriti mengupas setiap detail dakwaan; pers utama bahkan menutupi kasus. Fakta bahwa Stanford secara resmi mengkonfirmasi ijazah Lee tidak tampak diperhatikan dalam artikel. Pada pertengahan musim panas, penderitaan2 Lee menjadi cerita dan berita paling besar di Korea.

…to be continued…

Part 3

source : Stanford Magazine, July/August 2011 issue

indo trans : kikawaiii @yeppopo

DON’T TAKE OUT

90 comments on “[Artikel] Perjuangan Tablo Melawan Tuduhan Pemalsuan Ijazah Akademiknya (Part 2)

    • iya, salah satu hal yang nggak saya suka dari orang korea itu mereka terlalu fanatik, klo suka kebangetan, klo benci juga kebangetan, ckckck,
      kayak orang yang punya kehidupan pribadi yang bisa diurus -,-

    • He.eh,,
      mana semua keluarganya diteror juga.
      Kasian kan istrinya yg nglahirin,
      harusnya bahagia anaknya lahir.
      Malah diterpa teror. Hampir nangis sy!
      Lanjooott part 3!
      Let’s gooo!!

  • Wuaaa makin penasaran sama kelanjutannya.. Bener2 agennya ga bisa berbuat apa2 ckckckk org korea disitu keliatannya “kasar” sekali sampe neror2 sluruh keluarganya bahkan kakaknya sampe di pecat..

    Kebayang gimana kepedihan dan kehancuran yg Tablo oppa alami, salut sekarang udh bs bangkit lagi, you’re great oppa KEEP STRONG!!!

  • Ngeri kali netizen disana
    Paantesan banyak warganya bundir,,,
    Untung tablo oppa orgnya sabar,,,,

    #amit2 deh tinggal di korea jika oknum warganya banyak kek gitu

  • Sumpah trenyuh bgt bacanya
    Jahat banget
    Sampe segitunya buruknya dunia entertain korea
    Salut bgt sm tablo yg kuat ngadepin itu smua.
    Mgkn klo org lain udah bunuh diri kali yaa

  • huwaaa sedihnya kisah abang tablo ini. penasaran part 3 nya
    untung bang tablo ini ini kuat dan terpelajar ya, walau ada tekanan dr semua orang ampe diteror2 gitu gk sampe bunuh diri..alhamdulillah, hebat!

  • ih bener2 deh ya jahat banget itu netizen yg mem-blow up dan mendukung pemikiran gila kek gini
    pantes tablo jadi agk awkward gitu skr di depan media…
    aq ngeliat dy masih trauma bgt kayaknya,, untung skr udah bangkit lg perlahan2

    apalg liat manajemennya gk membantu pas dy ada masalah kayak gitu
    gila,, semua keluarganya di usik…
    aneh.. ini masalah yg sebenarnya dicari2 sendiri,,
    kasian tablo sm kluarganya,, untung skr udh gk ada masalah lg,, dan skr udh pindah ke agensi yang mnurut gw tepat bgt,, YG Family dg semua masalah2 yg datang menerpa mrk,, YG Family tetap kuat, tetap melindungi artis2nya… ditambah lagi skr YG punya team manajemen resiko artis,, jd penyelesaiannya lebih cpt ditanggapin kyk masalah bommie kmrn,, langsung dah tuh dilaporin yg nyebarin rumor sembarangan….

    tablo dan keluarga semoga masalah ini cepat dilupakan, gw aja yg ngebaca rasanya depresi bgt apalg yg ngerasain?! ckckck
    tablo fighting !!!

    • Yup… kykny dy msh trauma
      dulu ngeliat abang tablo ngebanyol di strong heart n bbrapa acara lain, mrasa ni org bener2 seniman abis… mlakukan apa yg diinginkan n mciptakan musik apa adanya tapi pnuh makna… di acara2 tsb ni org kyk ga pnah sedih.. tapi ngeliat dy nangis di tv minta org2 pcaya ma dy mbuatku miris ngeliatnya.. netizen korea mank kejam bgt mpe bisa2nya nyuruh org bunuh diri, apa hak mreka nyuruh2 gitu?
      daku bharap smoga kita sbg netizen ga pnah btindak sperti mreka, boleh benci ato ga suka thadap selebritis korea tp jgn mpe sekejam mreka..

  • Disaat mereka memuja dan memuji Tablo dan Epik High-nya yang notabene keren secara keseluruhan, netizen korea harus terima Fakta kalo Tablo itu bukan Warga negara korea. Ternyata si Jenius itu adalah Warga Negara Kanada dan bebas dari wajib militer.
    Mungkin mereka merasa sakit hati, kecewa dan iri.
    Sesama barisan sakit hati dan iri hati ngumpul di forum akhirnya muncul lah pemberitaan menghebohkan yang bnr2 merugikan Tablo sekeluarga.

    Kalo dilihat dari background keluarga, no doubt, punya kakak yg skrg lg di Columbia Univ, amat sangat wajar kalo Tablo bisa nongkrong di Stanford.

    Seharusnya hal begini bisa diadukan ke Polisi atas banyak sekali tuduhan. polisi bagian Cyber Crime di Korea pasti bisa dong mengungkap ‘penjahat2’ busuk yang cuma bisa koar2 via dunia maya.

  • intinya netizen bukan mencari kebenaran atas kasus ini tp ingin menghancurkan tablo n keluarganya.

    edaaannn…emosi jiwa bacanya.

    be stronger for tablo n family. we pray for u 🙂

  • t ory yg fitnah Tablo gag bakalan kaya, sukses, senang, nikmat hidupnya…..
    iiiii grigitan sampe bca artikel.a…
    salut bwat Tablo,,, Fighting…

  • ya ampun..gilak bener orang2 yg teror…..
    mungkin org yg neror adlah org2 yg gak punya agama plus depresi sm khdupannya jd pgn org lain jg ikut hancur….ckckck….

    segitu mengerikannya dsna…=.= , pantes GD ga pgn jd band idol…terlalu dikritisin n membahayakan…hiii…

    #kl liat artikel ni kyknya tablo udah ga pgn balik lg tu ke agensinya….trs epikhigh gmn????

  • Oh my…. Tablo oppa…..
    aku baca ceritanya aja nggak kuat. Gimana caranya tablo bisa ngelewatin semua itu? Salut sama Tablo oppa. Dia buktiin sekarang ke semua orang kalau dia nggak gampang buat di hancurkan!!! Tablo manseee!!!
    \^o^/

  • “Aku sudah melakukan semua yang mereka minta dan itu semua tidak pernah cukup,” kata Lee. “Aku menyadari bahwa mereka tidak mencari jawaban, mereka hanya ingin menghancurkanku.“
    astaghfirullah….. lidah memang lebih tajam dari pembunuhan..

    baca artikel ini makin kagum sm bang tablo,..
    bukannya membantu ,, agensi malah mengeluarkannya.. ckckck..

    FIGHTING TABLO SSI… skrg km sdh punya keluarga baru (YG Fam)…
    rendahkan hatimu dn angkat kepalamu tinggi2, melangkah sejauh yg kamu bisa ..
    >part 3 ny dtnggu<

  • wow…..ngeri banget ya netizen korea……
    kalo gw yg dikayakgituin pasti udah pendah ke laen negara…….
    sangat penasaran dg part 3 nya……
    tablo daebak!!!!
    ^^

  • Netizen dsana bner2 mengerikan ya Qja yg bca nympe merinding bnyangin gmna rasany ibu qt yg ngelahirin qt dikatain wanita*sori*jal*ng trs slrh klwrga diteror gtu ckckck mkin salut deh sama akang tablo yosh lah next part aja deh update asap

    • rasanya.. aku.sendiri dah pernah ngrasain, walaupun secara nggak langsung ngomongnya…sumpah aku bener2 emosi sampe ke ubun ubun..sedih pasti..orang yang menghina orang lain bahkan lebih buruk dari hewan yang diciptakan tdk lebih baik drpd manusia…
      1 permintaanku buat orang yang menghina ibuku ” go to hell”
      fighting buat Tablo

  • ya Tuhanku … nangis lagi baca part 2 …

    bener2 jahat bgt mereka . setuju sama bang tablo + black , mereka tidak mencari & menerima kebenaran , tapi berusaha untuk menghancurkan tablo …

    kasihan bener keluarganya sampe ikut digituin …

    satu lagi , aku jadi benci bgt sama label-nya … gag nglakuin apa2 ngliat artisnya menderita gitu ….

    sedih 😦 😦 😦

    tablo fighting …

    part 3 please …

  • bang Tablo setelah baca ini saia tambah salut sm abang…bener2 dah perjuangannya TTnTT

    n buat netizen2 yg neror bang Tablo sekeluarga, gw sumpahin bakal ngalamin kejadian yg sama…bahkan lbh berat…coba liat aja mereka kuat apa enggak ngadepinnya….

  • Mereka itu ga akan pernah percaya sama Tablo! Yang mereka mau itu Tablo ngaku kalo dia itu emang bohong ttg gelar’a! >>> Super duper jahat ya orang” itu!
    Uda cape” kuliah n dpt gelar malah d’injek” gtu..
    Ini cerita’a udah kaya sinetron indo sumpah.. *pakpok*

    Tapi, KEBENARAN pasti yang akan MENANG! semua cuma butuh WAKTU!

    Ga bisa bayangin gmana perasaan Tablo n keluarga’a saat itu.. ><

    Fighting! Fighting oppa! Chayayayachayayayayaya^.^_=_=_=

  • ya Allah…kasian banget bang tablo…badai pasti berlalu bang, dan sekarang..muncul pelangi kan di hari-harimu… :* #digampar bini tablo

    LOL

  • dari kemaren liat artikel ini tapi belum minat baca…pas baca, gilaaaaa…serrrem beneeeeerr…
    kadang suka ngerasa ngeri sama publik korea, mereka kalo ada masalah dikit sama artis2 kayaknya “menghukum”nya keterlaluan banget, dilarang muncul ditelevisi, dikucilkan dari lingkungan sosial, mendapat teror, bahkan sampai nyawa anggota keluarga artis tersebut terancam…kesannya yang mereka inginkan si artis tersebut bunuh diri terus mereka bisa ngomong bahwa memang si artis tersebut benar2 bersalah hingga merasa malu dan putus asa sehingga memutuskan bunuh diri…..sumpah, bagian yang satu ini benar2 bikin aku ngeri banget sama orang korea, sanksi sosialnya keterlaluan…
    padahal apa pentingnya coba?publik korea bahkan kita bisa menikmati karya2 tablo. kalaupun memang kebenaran gelar tersebut perlu dibuktikan kan ada cara2 yang baik…
    tiap baca berita artis korea yang tersandung masalah cuma bisa berharap idolaku jangan sampai tersandung masalah yang berat2, gosip ringan mah wajar…
    jika tablo terbukti benar, aku pengen tuh komunitas minta maaf secara terbuka diseluruh media korea trus bunuh diri rame2, jangan main lepas tangan kalo terbukti kebenarannya…gemes bacanya…
    eonni popo, ditunggu kelanjutan artikelnya, gumawo ^^

  • “Orang2 ini tidak menginginkan kebenaran,” katanya. “Mereka menolak semua yang tidak sesuai dengan apa yang mereka yakini.“

    setuju deh ama kutipan di atas,,,
    kasihan banget yah Tablo =[

  • hmm gua setuju sebenernya harusnya indonesia tuh kayak gini patuh aturan ga nyepelein, kalo emang bersalah harusnya ya emang dihukum biar jera dan ga bakal ngulangin kesalahannya soalnya menurut gua indonesia terlalu lembek dan kurang disiplin tapi ga semua sih cuma mayoritas gitu. kalo disana ketat banget peraturannya salut gua sama orang sana mereka bener bener disiplin dan budaya malu kalo ngelakuin kesalahan. cuma buruknya mungkin terlalu keras banget sampe banyak yang bunuh diri, terutama kasus tablo terlalu keras nanggapinnya apalagi tablo a bersalah

    • karena orang indonesia itu pemaaf, sangat pemaaf, ini bisa berarti baik dan buruk. Ditambah indonesia punya buanyak masalah, jadi kalo mau nutupin satu masalah besar dari publik, beberin aja masalah lain yang nggak kalah fantastisnya

  • ternyata apa yang Tablo alami sangat beratt.. dan semua hanya karna fitnah yang tak beralasan.. ckckck

    “Yang mereka lakukan melukai hatiku,” katanya. “Mereka membuangku.”
    ternyata Tablo ga dapat dukungan dari agensinya yg lama..

    semoga abang Tablo selalu sukses !! amin~

  • Gilaaaa Netizen di sana ngeri banget jadi inget ama jay park 2PM ,, ko kaya dahh ga ada yg namax rasa tenggang rasa ,, kayax di sana yang ada hanya rasa ingin menjatohkan

    mungkin Tablo oppa masih bertahan karena istrinya ….

    org sana kan soal bunuh diri no 1

    jadi ngeri mikirinnya

  • Biasanya seseorang seperti itu ‘Netizen’ atau yang di kenal dalam kasus ini ‘TaJinYo’ adalah orang-orang yang iri hati, Setiap manusia pasti punya sisi gelap (iri,dengki, dsb), tapi hal yang membedakan manusia satu dengan yang lain adalah bisa tidaknya mereka menekan sisi gelap itu.

    Ada pepatah fitnah lebih kejam daripada membunuh, dan terbukti bukan. Di mana-mana fitnah tak pernah bisa menang dan tak perlu di dengar.

    Denger-denger sampai sekarang TaJinYo masih ga mau ngakui masalah ini ya, walau sampai om Tablo nuntut balik, mereka malah tak hiraukan surat pemanggilan. Seharusnya dari sikap mereka yang malah ulur-ulur tak mau mengakui dan tak menghiraukan surat pemanggilan resmi bisa di pikirkan pakai otak waras. “Apa alasan mereka tak mau? Bahkan Tablo yang di sudutkan seperti itu saja tetap membela dirinya sampai titik penghabisan. Tapi kenapa TaJinYo malah tak mau menerima surat pemanggilan itu dan tetap bersikeras Tablo pembohong? Kalau mereka memang menanggap Tablo pembohong, langsung saja menerima surat pemanggilan dan mengeluarkan seluruh bukti yang mereka miliki di meja hijau dan penyelidik, and See, bisa di lihat siapakah yang berbohong siapa yang benar”. (opinion pas baca http://www.stanfordalumni.org/news/magazine/2011/julaug/features/tablo.html)

    Mian kepanjangan (._.) Es-mos-si sih sama tingkah sebagian orang yang kurang kerjaan makanya mau ngancurin hidup orang lain dengan cara gini (._.) Apa lagi itu hidup om Tablo!! Grrrr!!! Yakin tuh pas om Tablo menderita mereka tertawa-tawa dan berpikir, “Siapa lagi yang jadi target yah”

    • iya tuh … gue juga kesel bgt sama TaJinYo … udah salah gag mau ngakuin pula … setidaknya minta maaf kek , eh , masih aja kekeuh bilang tablo bohong .
      emang paling bener klo mereka dituntut ke pangadilan sekalian .. trus dipenjara + hukuman sosial biar pada kapok ..

  • Opppaaaaaa!!! Aku tau kau orang baik. Dari awal kau orang baik. Cukup mendengar lagu” mu saja sudah merupakan jawaban bahwa kau orang yang “jenius”. Mereka hanya orang” yang iri dengan apa yang kau dapat,, tetep semangat!!! \(´▽`)/‎​

  • dari hasil baca artikel ini, ak bisa memastikan kalo netizen korea itu sangat2 pintar. yyaahh, walopun sebagian besar dari kita pasti juga sdh mengakui hal ini. bisa diliat dari kemampuan netizen yang emang bisa mencari2 masa lalu dr idolanya. tapi hal2 kyk gini ini yg bsa jd bumerang buat netizen korea sendiri. maksudku, kayaknya sebagian besar orang korea takut untuk ngelakukan tindak kejahatan karena hukum di korea sendiri udah amat sangat ketat, ditambah lagi beban moral yang harus mereka tanggung (didepan publik) apalagi kalo profesi mereka dengan mudahnya dipantau di layar kaca (e.g: selebritis dan politikus).
    cuma, mereka terlalu amat sangat pintar sih, sampe2 bisa menghancurkan seseorang.
    kalo kita bandingin sama negara kita, yang dua2nya emang lemah (baca: hukum dan beban moral), orang2 yang ngelakukan kesalahan kadang masih aja bisa muncul dengan pedenya di layar kaca!
    itu karena orang2 kita gag punya malu! sedih emang, karena kita adalah bagian dari mereka. makanya, qta2 yang udah ngerti sedikit seluk beluk korea kayak gini, harusnya bener2 bisa ngambil sisi positif en ngebuang sisi negatif. jadi untuk seterusnya, negara kita gag bakal dipenuhin sma orang2 kayak NAZARUDDIN atau ARIEL PETERPAN!!
    HIDUP INDONESIA!!

  • Ga kebayang klo aq yg d posisi tablo oppa,, ketika hari pertama bayinya lahir bukan kbahagiaan dan suka cita yg mreka rasakn,, tp malah teror dn rasa takut d rmh sakit itu,, salut ama tablo oppa bs strong dlm mlewati mslh rumit ini,, jd tmbh kagum am si jenius ini..

  • “Karena semua penyerangku tidak dikenal, tidak ada cara bagiku untuk mengetahui siapa yang ada di belakangku,” kata Lee. “Aku tidak tahu apakah dokter, yang menyuntikkan jarum pada bayiku, adalah salah satu dari orang2 itu. Sangat mengerikan.“
    merinding baca yang bagian ini…
    kasian bgt akang Tablo…
    pasti wktu itu berat bgt buat dia.
    tapi untung sekarang semua udah clear..
    next part pleaseeee…

  • ngeri bacanya!
    begitu ganasnya org2 yg ingin menjatuhkan tablo.
    pdahal mgkin latar belakangnya itu gda pengaruh lgs dgn bakat musiknya.
    dia sudah membuktikan kualitas musiknya, terlepas dri sebelumnya dia lulusan univ mana, jrsan apa.
    knpa ga cukup dgn itu, knpa mslh pribadinya jdi alasan terbesar kehancuran kariernya?
    ga ngerti dgn jalan pkran netizen sana, kalau dsni hal sprti ini bsa jdi lumrah.
    tpi untungnya tablo sanggup bertahan ya, melewati sgala macam teror dan ancaman.
    bermental baja dan berbakat d bidang musik. selamat!! pilihan yg tepat gabung d YGent^^

  • Makin kagum sama sosok bang tablo. beruntungnyya istrinya punya suami kaya bang tablo, udah jenius….tabah pulak…
    penasaran sm part 3 nya….

    • tanlo juga beruntung dapt ini istri Kang Hye jung..untung kang hye jung percaya sama dy…..klu kang hye jung gak percaya..tablo bisa ngedrop and gak percaya sama org lagi…….and sama agesi mana pun……..untung dy ke KHJ artis YG….berkat dukungan sang istri tablo berani ke YG…

  • aku kagum sama Tablo yg masih bisa bertahan n berkarya,,
    skrg dy ud punya keluarga baru yg nyemangatin dy..

    kasus nha tablo emang agak berlarut” kek JYJ,,
    dalam hal ini lawan mereka *tajinyo n SMe* sengaja ngulur” waktu..

  • Haters gonna Hate bener2 Tu orang ga pernah makan bangku kuliah =.= padahal dapetin izasah tuh susah dan tak segampang yang mereka Fikir =.=….
    Tablo oppa agensimu yang dulu maaf ya she bilang Payah.. ga percaya artisnya padahal dah banyak ngasih pendapatan buat tu agensi dengan sebegitu Boomingnya Epik high she yakin tu Agensi nyesel sekarang melihat Kesuksesan Oppa sekarang bisa masuk world BilBoard Chart trus penjualan Keren menduduki chat no 1 *ngiler pasti
    YG emang Agensi yang keren banget ga perduli masalah apapun itu yang terjadi sama Artisnya YG appa terus mensuport dan tidak membuang seperti sampah malah menyelsaikan masalahnya ^^…
    Oppa semoga Betah di YG fam secara istri oppa juga YG fam dan kasus seperti ini ga terulang lagi…
    Part 3nya ditunggu ^^

  • nitizen korea paraaaah ….
    kalo suka ia sukanya kebangetan dan kalo ga suka juga kebangetan sampe2 hal2 sepele jadi besar hal besar jadi bencana . –”
    bener kata tablo , mereka BUKAN MAU CARI JAWABAN tapi MAU MENGAHANCURKAN TABLO ..
    buad om Tablo #0.o# sabar ya , keep strong ..
    pasti kesabaran , perjuanganmu akan diganti dengan hal2 yg baik kayak skarang ..
    lagu2nya jadi hits bahkan sampai di chart billboard world 😀
    Daebak Tablo … Daebak YG Ent …

  • Aasshh!!
    Jadi geregetaaan!!
    Kayaknya emang bener mereka cuman mau ngehancurin Om Tablo, bukannya nyari kebenaran.
    Ah! Jadi pengen ngisep darah(?)
    Om, baik-baik ya di YG…

  • Ya ampun,,, jahat banget…
    Itu mah emang pengen ngancurin hidup’y Tablo…
    Klo aku mungkin ga kuat ngadepinnya…
    Ampe nangis baca’y.. Next part jgn lama2 ya… 🙂

  • huuuh… ku pikir yang kaya gitu cuma ada di sinetron doank… ternyata… ada ya beneran ??
    itu yang ngefitnah orang apa bukan sih ??
    gitu amat jahatnya.
    walopun bang Tablo ga bisa bales kalian ,, tapi Tuhan maha adil ….
    just wait n see.

    • ku juga baru tau itu … (liat di mbah google)

      jadi tambah suka sama bang tablo , serasa ada ikatan gitu , kekekekeke …

      kira2 bang tablo masih inget tentang jakarta gag ya ?

    • tentang info Tablo yang kelahiran Jakarta (sumber : Wikipedia) jangan langsung percaya dulu, soalnya menurut fanbase Epik High, Tablo lahir di Seoul.

      bisa jadi artikel di wikipedia itu ada yg iseng ngedit, karena siapa aja bisa ngedit wiki.
      nah, sekarang info di wiki udah ada yg ngedit lagi.. kota kelahiran Tablo jadi di Seoul.

      So, pesan untuk semuanya,, jangan gampang percaya ama info2 yang bersumber dari wikipedia yah..cek n ricek lebih lanjut dulu.. ^^

  • Tablo hebat….hebat…!!!
    tapi gak nyangka netizen korea aneh banget ya…niat banget buat ngancurin hidup seseorang….

    “Aku sudah melakukan semua yang mereka minta dan itu semua tidak pernah cukup,” kata Lee. “Aku menyadari bahwa mereka tidak mencari jawaban, mereka hanya ingin menghancurkanku.“

    aaaaaaaaaaaaaaaaahhhh…sampai gergetan……kasian om Tablo…..

  • syerem banged akh ya ampyun….g bisa bayangin hidupnya keluarga tablo kaya apa…untung untung…g terjadi apa2 ma tablo n fam…ya ampyun tu orang2 g punya kerjaan apa ya mpek ngurusin urusan orla kaya gt…hiuft….bener2 g punya perasaan…orang abnormal yang kaya gt….jangan nyari kesalahan orang lain dund….emangnya mereka g pernah salah ya..mpek memojokkan orla kaya gt….dah di kasih bukti tetep aja g percaya…dasar aneh…

  • Gue nangis om tablo dgituin :”( emg mreka tuhan menghakimi org kek gt..

    Tp gue salut sm om tablo bs mlalui smw.y n bngkit lg kek skrg.. OM TABLO FIGHTING!!

    Kcerdasan.y ga dragukn lg. Kmrn aja ngrjain soal brgambar cm wkt 10dtk.. Om tablo we love u ;”)

  • Jahat amat sih warga2 korea –‘
    ngeri bangedd dah.

    Sirik kali i2 krna ga punya talent sperti tablo.
    Udah d.jelasin jga mala makin ribet –‘
    kasian banget sih tablo !

  • wahh br nyimak kalo istrinya tablo yg main di miss ripley….

    aktingna keren, sinopnya miss ripley agak mirip” kisahnya tablo soal pemalsuan ijazah…

    yg benar pasti akan menang.. oppa yang sabar yach.,

    moga” di MAMA bs menang coz sekarang votingna yg tertinggi kategori RAP…

    fighting oppa.. berikan yg terbaik u/ YGE, kami pasti selalu mendukungmu….!!!!

  • ih sumpah mereka jahat bgt…emang bener mereka bukanny mo mencari kebenaran tp sebenarny cm mau menghancurkan…tablo fighting…next part!

  • pantes aja ya..banyak artis2 korea yang bunuh diri..
    klo gk cukup kuat batin,pasti orang yang ngadepin masalah seperti ini udh bunuh diri dh..
    untung Tablo gk bgitu..Tablo hebat…^^
    jdi suka Tablo…

  • buset, nggak bisa banget sih yang nyerang Tablo itu nerima kenyataan, jadi gregetan sendiri bacanya, orang korea parah banget susah ngakuin kesalahan

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: