Proses Di Balik Training YG Entertainment!

Published 10/11/2011 by yeppopo

Proses training sebelum debut menjadi artis diyakini menjadi salah satu poin penting di balik popularitas idola KPop saat ini. Dengan usia training yang bertahun-tahun, mereka pun lebih dari matang saat debut menjadi artis.

Di YG Entertainment sendiri, G-Dragon dan Taeyang sudah mulai training sejak usia mereka 12 tahun. Keduanya training selama 6 tahun sebelum akhirnya debut bersama Daesung, TOP, dan Seungri dengan nama Big Bang. Bagaimana cara YG Entertainment memilih seorang trainee?

Yang Hyun Suk, CEO YG Entertaiment menjelaskan tipe-tipe trainee. Sebagian besar trainee yang saat ini sedang dididik adalah mereka yang memang sudah berbakat dan dipilih langsung oleh YGE. Bukan melalui proses audisi.

Yang Hyun Suk bicara pada  OSEN. “Orang tahu, sulit untuk bisa training di YGE, tetapi banyak sekali anak-anak dari seluruh penjuru negeri datang untuk mencoba. Tetapi sebagian besar dari mereka kami yang menemukan karena mereka sudah dikenal dengan kemampuannya.


Meski sudah berlatih bertahun-tahun, tak ada jaminan bagi seorang trainee untuk bisa debut. Bahkan waktu mereka debut pun tak bisa ditentukan, bergantung pada kematangan trainee itu sendiri. Tak jarang, banyak yang putus asa dan akhirnya mengundurkan diri.

Dalam interview bersama OSEN pada September 2011, YGE mengaku memiliki 40 trainee. Kemudian beberapa hari lalu, ia menyatakan traineenya saat ini hanya berjumlah 32 orang. Kemana sisanya?

Trainee di YGE adalah mereka yang memiliki bakat bukan karena berusaha, tetapi karena terlahir untuk itu. Sederhananya, hanya mereka yang dilahirkan berbakat akan bertahan,” sambungnya.

Kerja keras dan kemauan yang tinggi juga menjadi salah satu faktor utama. Bagaimana tidak, trainee tersebut rata-rata berada pada usia sekolah. Mereka harus membagi waktu antara sekolah dan training. Belum lagi tekanan dari orangtua yang tak mengizinkan anaknya meninggalkan sekolah hanya karena ingin menjadi artis.

Dalam serial dokumenter yang menampilkan proses trainee Big Bang, terlihat bagaimana Daesung pada pagi hari pergi ke sekolah layaknya pelajar biasa. Segera setelah bel pulang berbunyi, ia bergegas pulang ke asrama YGE dan berlatih menyanyi serta menari hingga larut malam. Ia juga harus menghadapi ayahnya yang tak setuju putranya tersebut menjadi penyanyi. Melelahkan.

Meski demikian, segalanya akhirnya terbayar. Big Bang saat ini mengukuhkan posisi mereka sebagai grup yang dikenal secara internasional. Bisa dibilang, kelimanya bisa bertahan karena memang memiliki bakat dan mau bekerja keras. Apa pendapat Yang Hyun Suk?

Ia mengatakan, “Ada trainee yang terus merasa kalau mereka kurang sehingga terus berlatih sehingga akhirnya menjadi yang terbaik. Tetapi ada juga yang malas latihan karena merasa sudah bisa. Kami tak toleran terhadap pemalas. Antara mengeliminasi atau mencoba mengubah itu. Itulah sistemnya.

credit: Detik.com

Iklan

75 comments on “Proses Di Balik Training YG Entertainment!

  • YG keren, ^^
    bener banget, biar udah di trainer mpe tahunan klo nggak bakat mah sama aja bo’ong, hehehehe,

  • “Trainee di YGE adalah mereka yang memiliki bakat bukan karena berusaha, tetapi karena terlahir untuk itu. Sederhananya, hanya mereka yang dilahirkan berbakat akan bertahan,” mantap kata2nya. DAEBAK lah pokoknya YGE

  • YG Jjang , yah aku nga pny bakat, aku cmn bisa gambar sama ngebatik *anak tukang batik*
    ah aku mw daftar jadi ob aja nga papa xD

    • Itu bakat neng, daftar aj kali gt jd designernya YG, kan blkngan ini TOP suka pake batik heheheehe

      Sbnrnya smua orang itu brtalenta tp emank cm segelintir orang aj yg tau n memahami bakat aslinya , dan mgkn jg mksd talenta disini bkn talenta buatan.

      Jd inget wktu goo hye sun, park han byul… Mereka prnh crt klo tujuannya jd penyanyi n brlatih buat nyanyi tp yang hyun suk ngeliat kalo bakat mereka bukan di bidang nyanyi n see bs dibilang skrng goo hye sun n han byul udh nemuin posisinya masing2..

      Kdng emank ada sesuatu yg ga bs dilihat diri sndiri tp trnyata dilihat org lain n mnurut org lain itu berpotensi n berharga. Dan beruntunglah buat yg udh bs nemuin hal trsebut jd tinggal di asah n dikembangin ^o^

    • haha xD kalo aku jd disainer ny yg aku bakal desain baju top yg seksoy biar kali kali topless xD stuju istriny tabi?? xDD *digebukinygpapa

  • YG tuh milih yang emang berbakat dari lahir dan bisa memanfaatkan serta mengembangkan bakatnya.
    dan mereka harus punya tujuan yang jelas, kemauan yang keras, selalu berusaha dan suka kerja keras, dan yang paling penting : GAK CEPET PUAS, jadi mereka terus ngembangin musikalitas mereka dan mencoba hal hal baru
    YG DAEBAK

  • aku suka sama se7en… pas ntn BBF suka ama go hye sun, pas ntn secret garden suka ama Yoo In na, pas dnger lagu fire suka sama 2ne1, pas denger tonight suka ama BIGBANG.. aku suka sama mereka semua dan gatau kalo mreka dalam satu agensi…

    sampe akhirnya liat nikon CF, aku SHOCK… semua artis korea yg aku suka ternyata dalam satu agensi???
    ini hanya kebetulan atau apa??

    dan terakhir aku suka epikhigh, terutama Tablo…
    dan Tablo masuk YG juga!!

    sejauh ini gatau kenapa cuma artis2 YG yang bisa memikat hatiku.. dan itupun tanpa disengaja, aku gatau sebelumnya bahwa mreka dari YG..
    makanya aku ga pernah kenal sama agensi selain YG karna semua yang aku suka ada di YG.
    I ❤ YGfamily

    • wkwkwk….sama donk ching..entah knp…musik2 dr ank2 YG yg berhasil msk k kuping,hati dan pikiran…n pas tau org2x wow~

    • SAMA SAMA SAMAAAAAAA AKU JUGA GITUUUU.
      prtama kali aq liat BIGBANG yg heaven aq langsung suka,,,
      truzz aq liat MV GUMMY yg AS A MAN, aq juga langsung suka,,,,,
      trusss q g sengaja denger lagu 2ne1 yg I DON’t CARE,, aq juga langsung suka,,,,,

      dan itu smua trjadi sbelum aq tw kalo mrk smua dr YG,,
      pas aq cari info ttg BIGBANG d wikipedia q jg langsung kaget, coz smua yg aq suka trnyata dr YG.
      mang keren bgt sich YGent.

    • kalo aku
      Pertama liat bigbang mv – haru haru aduh tersentuh bgt inget masa lalu .___.
      lalu aku liat lollipop si cl cakep jd seneng 2ne1 deh
      lalu aku liat sorry ny gummy suka gummy
      lalu liat La La La se7en langsung terpana
      trus liat mv love3x epik high eh si tablo nimbrung di yge

    • Dulu, aku cman suka suju n snsd. Tapi semenjak aku dengar Big Bang – Lies n 2NE1 – fire, aku jd cinta jg ma mrka….. GAK PERNAH bosan dengar lagu2 mrka! Entah knp, kalau dlm seminggu gak denger lagu mrka rasanya jd kangen bgt ma mrka ^^

    • RT!!!!!!
      Aku klo u ga blg Yoo In na secret garden anak YG ga bakal tau….. btw emank kok slalu artis2 YG aku slalu telat tahunya… tp bgitu tau ternyata mrk masuk jajaran artis berbakat dan siap2 jadi top….

      Omooo~~ d’antara smua agensi emank YG yg daebak dlm nyari bibit, agensi inilah yg pling bnyk ku suka artis2nya >, <

      BTW tar B.I ma Jay bakal gabung me YG jua yah?????

    • wah, sama chingu xDD pertama iseng download lagu BIGBANG yang wonderful *rekomen temen nih*, langsung suka. Pas main Pump It Up, aku suka 2NE1 gara-gara Fire. terus aku juga main Pump It Up, pake lagunya Epik High.. dan, lama-lama, aku baru nyadar.. mereka semua dari YG ._. *ex Tablo, kan baru-baru ini Tablo masuk YG xD* dunia ini sempit ya untuk YGstan.. ._.

  • kira2 aq masuk ga ya jd artis d YGEnt? ._.

  • berat………. harus yg berbakat yg bisa bertahan.
    sepertinya saya kurang punya bakat. mundur dah kalo gitu
    mending,,
    JADI ISTRI TABI AJA !!!!

    #ditabok isti yg lain

  • Two thumbs up buat YG,.intinya YGent membantu mengembangkan bakat yg memang sudah dimiliki trainee,sukses atau tidaknya tergantung diri mereka sendiri.

    YG daebakk,seneng deh ma YGent,especially YG appa ga pernah nyinggung masalah biaya trainee
    *no bash yaa,piss

    • tp smuanya nanti terbayar… stahu ku agensi YG lah yg paling dikit ambil untung dr artisnya… dia cuma ambil brp persen dari total bersih pendapatan mrk, makax klo artisnya berjuang sampai patah tulang hsl yg mereka dpt juga sangat sebanding ma kerja keras mereka

  • YGE itu emang SUPER DUPER DAEBAK!!
    semua’a mangstap!
    TEGAS bgt kek’a..
    Beruntung BIGBANG jg anggota YG FAM!

  • memang harusx seperti itu..kan klo yg uda bakat dr lahir ga susah jg wat ngasah kmampuanx..setuju jg ma kptusan YG yg ga mentolelir pemalas..mau seberbakat apa pun klo dia ga da kemauan sey sama z bo’ong..
    Q suka YG karna anak2 traineex ga asal..smisalx dr audisi kan klo ga da yg bgus mau ga mau harus yg d ambil..

  • wow,,amazing banget ne papa YG!!
    teruskan perjuanganmu mencari bakat2 lainnya appa,, aku mendukungm!!
    tapi aku tetep cinta matinya ama bigbang aja yah appa,,hehe

    *mohon nikahkan aku dengan bang TiOPi,,,hehehe

  • Emang deh ini entertainment paling keren bangeeeet!!!!! Semua trainee dididik secara benar, bakat yg mereka punya dari lahir diasah sampe sekarang jadinya emang “WOW” banget.

    Setuju banget sama kata kata YG appa “Trainee di YGE adalah mereka yang memiliki bakat bukan karena berusaha, tetapi karena terlahir untuk itu. Sederhananya, hanya mereka yang dilahirkan berbakat akan bertahan” bukan berarti yang nggak berbakat itu jelek, tapi memang kalau mau menjadi seorang trainee itu harus memiliki bakat yang menonjol, dan untungnya semua member 2NΞ1 dan Big Bang mempunyai bakat alamiah itu *\(⌒˛⌒ )/**\(⌒˛⌒ )/*.

    Yang namanya “penyanyi” itu memang pandai “menyanyi” dan dance itu cuma bonus untuk para penyanyi itu. Dan alhamdulillah lagi 2NΞ1 dan Big Bang bisa nyanyi walaupun dance mereka nggak terlalu menonjol kan namanya juga “penyanyi” bukan “penari” hihihihi

    Emang YG appa mencari traineenya yang memiliki bakat alami dan wajah yang alami juga kayaknya hihihihi

    • Sorry kurang stuju sm pndapat km..
      2NE1 punya Minzy dia lead dancer yg hebat, n smua member bsa nari.
      BB punya Seungri n Taeyang yg punya skill dance hbat, smua bsa nari.
      Nanyi+Nari seimbang, tdk ada yg berat sbelah.

  • iya aku juga suka sama artis YG gara2 ga sengaja
    waktu nonton MAMA 2010 soalnya ga ada kerjaan dirumah, tadinya males2an nontonnya, eh terus tiba2 ngeliat performnya 2ne1, aku kaget, kok ini cewek2 performnya keren banget ga kalah sama artis2 barat, dan……. ngeliat TAEYANG TOP GD perform *mimisan
    gila keren banget.. perform mereka bener2 niat
    eh ternyata mereka dr agensi yang sama, terus ngeliat Top taeyang GD sama se7en perform HOT sama phone number pas konser YG fam, jadi nyari tau semua artis YG dan woowwww.. kualitasnya

  • YG emang jarang buka audisi resmi, makany utk msk k situ pun susah bgt.. hrs berani promosiin diri ndiri k appa YG kaya’ taeyang n’ CL, or ditemukan oleh YG appa lgsg kaya’ jiyong. pkkny, klu ud msk YG, ud bs dijamin berbakat.
    aq sih sm skali ga ad bakat d bidang seni… paling beres2 n bersih2 rmh, aq lumayan jago lah… klu appa buka audisi jd OB, br aq pe de ngedaftar… hehehe

  • Klo di pkir2 cerita hidup member big bang kyk drama bgt ya
    1. Gd udh jd rapper sejak umur 13thn
    2. Taeyang pnyanyi dr kecil
    3.TOP tmen SMA GD yg pd saat tu gendut bgt krn mau jd rapper brhsil,dy brusha sm bdnnya jd kyk skrng
    4. Daesung sgala jerih pyh krn ayahnya gak stuju
    5.seungri smpt di tolak krn krja krasnya dy di terima kmbli
    Blm lg mslh mreka blkngn ni smp mreka bsa mndunia
    #maap panjang

  • berati junsu 2pm itu nyianyiain kesempatan masuk yg =.=
    dia dh di trima di yg ent tp milih jyp ent padahal masuk yg aja susah .____. tp nga papa deh asal abang junsu sekarang dh terkenal

    • Soalnya di JYP dia bsa menyanyi sesuai dg tipe n aliran musik seleranya, tau sndiri kan YG tu kbanyakan rapper, sdangkn Junsu ingin lbh ditonjolkan kemegahan suaranya.

    • Satu lg yg perlu dicatat, masuk JYP jg LEBIH SUSAH, gak cm BAKAT doank tp OTAK jg hrs CERDAS. Jadi aq rasa Junsu keluar dr YG adlh keputusan yg benar, bukan sia2. Maaf emosi, komen km seoalh2 merendahkn JYP bgt.

    • gak usah emosi chingu,,di YG itu gak cuma dikembangin jd hip hop atau rapper,,semua jenis musik diterima dan dikembangkan di YG…liat aja Gummy,PSY atau Se7en..emang mreka rapper??
      Taeyang,Daesung,Ri juga bukan rapper,mreka kan lebih ditonjolkan kemegahan suaranya..Dara,Bom juga bukan rapper….

      @Seungon YG [GRi Shipper..itu mah urusan hati neng,,mungkin emang Junsu lebih berminat di JYP bukan di YG…kualitas YG dan JYP sama kok..cuma beda di bbrapa poin aja…

  • wah, pantes artis YG keren2..
    ternyata emang cm yg berbeakat menonjol aja yg diterima..
    jd inget Heartstrings, bakat vs kerja keras…
    yg menang pasti yg punya dua-duanya…

  • YGent emang yg paling menonjol dri segi kualitas!
    artis2 YG sangat berkarakter, beda dri kebnyakan artis2 manajemen laen.
    kalau cuma ngefans gara2 fisik lama kelamaan bosen kali y, kalau artis YG kan musikalitas ok tampang jga menunjang.kkekkke
    YGent daebakk^^

  • Yeyyy. Katanya 2NE1 memang MTV IGGY! 2NE1 WIN. Hebat Black Jack. Hebat para trainers YG Family! Masing-masing bisa nyabet dan dapat penghargaan dari MTV. Dengan ini, kemenangan YG Family sempurna!

    Sekarang tinggal penghargaan Korea! Harus ngevote Big Bang, 2NE1 dan Tablo di MAMA AWARD.

  • Wow. . . Hanya mereka yg terlahir berbakat yg akan bertahan.
    Beuhhhhh. . . . Emang terbukti sih skarang hsilnya. Anak2 YG keluarnya always daebak. d-.-b

  • “Trainee di YGE adalah mereka yang memiliki bakat bukan karena berusaha, tetapi karena terlahir untuk itu. Sederhananya, hanya mereka yang dilahirkan berbakat akan bertahan,”

    keren keren …

  • YGappa kereeenn… Gmna gk artis2nya jd yg terbaik.. Usahanya aja mati2an jd trainee and akhirnya membuat mereka bener2 bersinar…

  • sebenernya yg aku masih bingung tuh DARA onnie,,,kemampuan nyanyi dan aktingnya biasa2 aja..tp bisa lolos YG audisi,,dan dipilih langsung YG appa lagi…apa krna charming dan karakter 4D nya ya??? tp apa itu cukup buat pertimbangan masuk YG?? jujur aja sampe skrg aku masih bingung..hehehe…

    Tp aku seneng kok Dara onnie jadi bagian dari 2NE1 dan YG Fam…
    gak kebayang 2NE1 tnpa onnie yg imut,cantik dan dorky ini..hhehe…

  • “Trainee di YGE adalah mereka yang memiliki bakat bukan karena berusaha, tetapi karena terlahir untuk itu. Sederhananya, hanya mereka yang dilahirkan berbakat akan bertahan”
    #ini GD bangett, dari lahir emang gd punya bakat yang luar biasa, otaknya sii gd aja penuh dengan milyaran ide2 yang jarang orang pikirkan alias unik /beda#

    Gimme Y, gimme G, gimme E….. gimme YG entertainment!!!! yeah >_<

  • wow berarti BIGBANG pekerja keras dong……… terutama daesung ampe bela-belain menentang ayahnya yg melarang……. so sweet nya oppa dae……..

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: