(News) YG follows path of SM, JYP with IPO, but prospects mixed at best

Published 08/11/2011 by kimtae

Label rekaman Korea dan agensi bakat yang putus asa untuk mengeksploitasi hype global yang dihasilkan oleh bintang2  pop mereka, namun penilaian keluar pada apakah mereka ditakdirkan untuk masa depan yang menguntungkan atau kekecewaan.

Ini menguntungkan perusahaan2  dari tingkat yang unik dan pasar musik dalam negeri, tetapi  masih harus dilihat apakah bisnis yang mereka terapkan dapat  membuktikan cukup untuk mengamankan keberhasilan jangka panjang perusahaan mereka sebagai publik.

YG Entertainment, yang mengontrol kelompok2  populer seperti Big Bang dan 2NE1, baru2 ini  memutuskan untuk mengikuti saingannya SM dan JYP Entertainment untuk go public. Namun, eksekutif perusahaan mengakui bahwa initial public offering (IPO) memiliki banyak risiko.

Pada konfrensi pers hari selasa, CEO YG Yang Min Suk (adik dari Yang Hyun Suk) mengatakan, “Perusahaan entertainment memiliki risiko yang melekat. Dan Ini pasti”  “tapi kami percaya bahwa karena risiko ini, seluruh industri menyajikan peluang baru yang menarik.”

YG tampaknya memiliki beberapa rintangan, over-the-counter harga per saham melebihi 70.000 ₩ bulan ini .

Sistem produksi YG  terkenal sebagai , “YG Family”, yang sejauh ini telah dikreditkan sebagai aset kunci untuk mempertahankan suara yang unik dan menjaganya agar tetap sebagai brand  yang diidentifikasi, tetapi brand ini juga bisa membuktikan apakah ini  keuntungan atau kutukan.

“Kami percaya bahwa aset inti kami membuat kami sangat kompetitif dalam industri,” kata Yang, mengklaim bahwa ada perusahaan di negara2 ain yang ingin meniru sistem ini.

Seperti pemain lain dalam industri KPOP, YG merekrut pra-remaja untuk  pelatihan mereka, mengatur debut mereka dan mengatur mereka sepanjang karir mereka.

Masalahnya adalah bahwa hal itu juga resort untuk menciptakan musik dengan produsen sendiri, menahan keragaman dan kreativitas.

Dengan beberapa pengecualian, idola kunci mereka, lima anggota boy band Big Bang dan empat anggota 2NE1 , telah mengambil lagu2   dari artis2 YG sendiri, dengan instrumen mereka dengan suara dan ketukan yang sama . Kadang2 jelas mereka menggunakan mesin yang sama, yang mungkin itu adalah mesin musik eksklusif di studio YG  di Hapjeong-dong di barat Seoul.

Secara signifikan menurut Yang jumlah uang terbaru  yang terkumpul akan dibelanjakan untuk barang modal, merenovasi studio rekaman dan menari. Penampilan tubuh kurus sang artis juga  akan menyajikan beberapa masalah , dengan Big Bang dan aktivitas individu anggota mereka dapat membawa setidaknya setengah pendapatan perusahaan. Identitas brand yang kuat juga memiliki kelemahan, seperti kejadian  kecelakaan tunggal oleh salah satu anggota dapat meninggalkan kerusakan permanen pada pemain (artis) serta anggota “keluarga” lainnya.

Tidak lagi menunjukkan bulan ini lebih baik dari pada tiba2 menunda IPO, setelah salah satu aset yang paling berharga YG, penyanyi dan produser G-Dragon,tertangkap oleh pihak berwenang untuk merokok ganja, menyebabkan perusahaan  menangguhkan kegiatan dengan Big Bang. Peluncuran albumnya solonya di korea adalah salah satu korbannya dan yang lainnya yaitu promosi  dengan pasangan bandnnya,  TOP di Jepang, telah ditunda tanpa batas.

Keuntungan  perusahaan berkurang sebesar 10 persen oleh kejadian ini, menurut buku. Hari ini, baik Big Bang atau 2NE1 belum merilis lagu baru. Meskipun Yang mengatakan ada lebih dari 30 trainee di studio  – “yang siap untuk debut” – dan dengan bangga menunjukan beberapa rekaman video tarinee pada  wartawan, tampaknya riskan untuk bergantung pada keberhasilan mereka, terutama jika mereka keluar dengan musik yang sama dengan brand YG  , sekali lagi.

Dalam project ini mereka mengharapkan setidaknya 80 miliar won pada pendapatan tahun ini dan setidaknya 100 miliar pada tahun 2012. Dalam tiga kuartal pertama tahun ini, perusahaan mengatakan itu perkiraan mendapat 60 miliar  won dalam pendapatan  and 9.7 juta won dalam laba.

Note: Yang Min Suk ini adalah adik dari Yang Hyun Suk!

 

Source: Korea Times

indo: kimtae@yeppopo

36 comments on “(News) YG follows path of SM, JYP with IPO, but prospects mixed at best

  • serius deh, musik YG famz nggak ngebosenin kok walau ketukannya sama, penasaran mampus ama BB + GB baru YG >.<
    katanya GB baru GD yang jadi composernya y ?

  • Terserah la. Mw dpt uang brp yg penting tenaga mereka jngn trll di forsir scr brlbhan. & yg lalu tntng kasus G Dragon g’ usah di ungkt2 lg. Knp kyk pesimis bngt y kt2nya.

  • Aqu ga terlalu paham kalo soal saham,bisnis,dll

    yah,semoga YGent makin sukses,artis2nya makin terkenal,keuntungan makin byk tapi tetap memperhatikan ciri khas YG yang kekeluargaan..

    YGent jjiang..moga bigbang secepatnya comeback

  • go public = maksudnya, saham mereka bisa bebas dijual di publik dan sebagai gantinya, laporan dan neraca keuangan (termasuk laporan laba rugi, dll) perusahaan tiap kuartal dan tiap tahun akan dipublish ke publik. itu kan maksudnya??

    Jadi, YG sedang mempertimbangkan untuk “go publik”, tapi masih menimbang2 karena resikonya banyak. salah satunya karena identitas brand YG yang begitu melekat,.. Kecelakaan yang terjadi pada satu anggota, berakibat pada “anggota keluarga yang lain,..”

    Yang ini nih, aku nggak ngerti. Apa YG mau bilang karena identitas yang disebut-nya “YG Family”, YG punya resiko lebih besar buat “go publik?” Atau, dia mau bilang semua industri hiburan punya resiko gede kalo “go publik” ?

    Mau YG, SM, atau Perusahaan entertainmet mana pun, kalo salah satu artisnya kena masalah kayak GD atau Daesung, wajar aja kalau saham-nya langsung anjlok, atau keuntungannya berkurang atau rilis albumnya tertunda,.. Jadi, nggak ada hubungannya sama identitas “YG Fam” kan?

    Apa sih bedanya YG Fam sama SM Fam? Sama aja deh, perasaan,..

    Tapi, tunggu (maaf, ini sensitif), apa harga saham SM anjlok setelah kasus Kangin yang dulu? Ada yang tahu?

    Masih bingung,…

    • Kalo masalah Kangin gak tw saham ny SM anjlok ato gak.. Tapi itu kurang kebih kayak persamaan.. Kalo di suatu keluarga , ada adik yang sakit pasti orangtua ,saudara2 yang lain bakal ikutan menderita,, Itu maksud appa YG.. dia mw nunjukin kalo INTI dari YGE adalah FAMILY.. keluarga.. mereka buat musik sendiri.. musik itu lebih untuk bahagian diri mereka. YG malah pernah bilang :: untuk membuat suatu idol bertahan lama adalah dengan membebaskan mereka mengekspersikan imajinasi musik mereka. Lihat member2 BIGBANG merilis album per-orang n sukses.. Ada gak idol lain yang gitu??.. mereka mw duet ama YG family or ama musisi selaen YG juga dibolehin sama YG.. Perbedaan antara musisi dan businessman.. Kalau mw lebih tw gimana kehidupan YG Family itu silahkan nonton 2NE!TV, BIGBANGTV dan YGLIFE .Tiap ada yang comeback,syuting MV, ampe konser -> pasti YG Family muncul disana ampe trainer HWANGSSABU aja muncul..

    • bow buat BB,..
      Tapi,
      ,..
      itu sih, perbedaan dari sisi pengadaan musik-nya.. ( SM kadang memang terlalu selektif kalo urusan pemilihan lagu, tapi mereka masih ngijinin karya bikinan artis mereka buat dirilis, meski jarang banget)

      trus, hubungan “pengadaan musik prinsip YG” ini dengan peningkatan resiko kalau YG “go public” apa? Apa maksudnya kalo GD tertuduh ngerokok (misalnya), berarti yg lainnya (kemungkinan besar) juga? trus, sahamnya turun?

      Mau YG atau SM atau siapapun, bakalan sama turun saham-nya kalo kayak GD gitu kasusnya, gimanapun strategi pengadaan musik-nya… ==”

      atau, karena YG semuanya deket (karena saling dukung slalu pas comeback dll) trus, kalo salah satu membernya tertuduh “begini-begitu”, itu artinya grup lainnya juga”dicurigai”? trus saham-nya turun? kalau meaning FAM-nya yang begini, perusahaan lain juga deket satu sama lain,.. dan kalo ada kasus begini, saham siapapun juga akan jatuh,..

      (kalau urusan ini, perusahaan lain kayak SM dan cube juga deket dan saling dukung. suju, soshi, f(x),shinee semuanya deket bgt dan saling dukung dan hadir pas konser/comeback, fans2-nya aja yg suka adu jotos)

      jadijadi? resiko buat go public-nya itu, apa?

      artikel-nya bikin mumet tengah malem,.. ==”

    • oh,.. aku tahu, mungkin karena mereka deket banget, image-nya jadi agak mirip, ..

      mmm,… image 2ne1 mirip ama bigbang,.. trus, ranah musiknya juga agak mirip2, mungkin karena sering sama2, mereka bikin musik sendiri bukan beli (artinya musik bikinan mereka cenderung mirip genre-nya, karena mereka sering sama2 mulu, sehingga mungkin inspirasi, pandangan, style, sifat atau apapun jadi mirip2 sehingga musik bikinannya jadi mirip2)… khawatirnya kalau hal ini terus berlanjut (kemiripan genre ini), keuntungan dan flow YG dalam berbisnis akan mudah diprediksi, (apalagi karena mereka mirip, yang satu down, yang lain juga ikutan down) sehingga harga saham gampang ditebak dan ga menguntungkan kalo publik. bener nggak? (aku nggak tau banyak ttg YG ==”)

      soalnya, cuma ini perbedaan SM dan YG yang bisa kusimpulkan,..

      soalnya kalo SM, suju, soshi, shinee, f(x) image dan genre musik-nya beda2 semua,.. (setahuku SM seringnya ngadain kontes kalo buat nyariin lagu buat artisnya, atau beli lagu lain, atau nyewa komposer terkenal, atau bkin tim komposer sendiri -padahal artisnya bisa bikin juga kok, SM nya picky bgt- jadi genre tiap lagu beda2 terus), tapi, justru karena ini, antisipasi fans dan pergerakan fluktuasi arah keuntungan bisnis mereka lebih susah ditebak,..

      ==”

    • masak sich genre tiap2 lagu beda2 terus…kalo yg aku liat malah album satu dan album berikutnya lagunya pada mirip2… ???

  • @tifany&mir menurt q lgu2 yge it beda wlo komposerny msh tedy ato gd. Liht lgu2 bigbang gak ad mirip2ny am 2ne1. Terutma di album bru bigbang yg emang mencoba smua alirn musk. Justru sme mnurtQ yg lguny mirip2 sory2,mrsimple,bonamana, rindingdong lucifer jenis musik electro ny mirip2 bner deh *nobash

  • Wah menurtQ malah kebalik lgu dri yge it warna warni terkhuss bigbang yg lgu2ny bervariasi. No bash malh sme yg lguny mirip2 . Liht mrsimple,bönamana,sorry2,lucifer,rindingdong n lguny boa. Gaya musik Electro mirip2.

  • Wah menurtQ malah kebalik lgu dri yge it warna warni terkhuss bigbang yg lgu2ny bervariasi. No bash malh sme yg lguny mirip2 . Liht mrsimple,bönamana,sorry2,lucifer,rindingdong n lguny boa. Gaya musik Electrony mirip2.

  • ga ngerti. yang gue pengen cuma YGfam terus bermusik. karena musik mereka bener2 berkualitas dan sesuai sama selera musik gue

  • aku nangkapnya malah “YG FAM” mksudnya artisnya sedikit punya karakter kuat tpi sangat beresiko kl ad yg bermasalah sedikit aj bs anjlok sahamnya….karena sistem FAMILYnya yg ngebebasin artisnya gimna mw berkarya ato bertindak, n jangka kontrak yg pendek….jd slit menentukan apa dy bs bertahan lama gak nilai sahamnya…

    paling mls deh kl dah bicara soal keuangan..apalg kl pke saham2an…=.=, YG appa jd pusing mkirin bisnis jg de…

  • aq pun sependapat ma petani. mgkn maksdny itu.
    mgkn karna itu jg CEO ny diganti ma adek appa YG, spy appa lbh konsen ngurus artis2ny. trz, dgn kemunculan BB or GB br taun dpn, artiny YG ingin memperluas usahany kan, terbukti mrk berencana bikin 2 kantor di luar negri.
    aq ga trllu khawatir sm keuangan YG, meski ga terlalu paham soal saham.. namun dr gosip yg beredar harga IPO berikutny lbh tinggi dr skrg..

    YG FIGHTING!!

  • aku pun sejak awal mengerti dan setuju dengan maksud petani,..
    dari awal yang aku bingung, kenapa karakter kuat tersebut yang membuat harga saham anjlok sewaktu2?
    nggak masuk akal,..

    tapi, yaudah deh,
    semoga sukses aja “go public” nya,..

    mudah2n dengan go public, bisnis-nya makin lancar, bisa bikin karya2 yang membanggakan, dan makin sejahtera..

  • kagak ngarti dah bahas duit2…yg gw tau cuma kualitas artis YG membawa dampak besar pd industri musik Korea…

  • halooo tau kah kau di situ tertulis klo adik YG kasih video2 anak trainee n salah satuinya B.I omg!!!
    gue g percya klo B.I di trainee YG. dy kan ud terkenal jd tamu untuk MC MONG.
    gilaaa dia ditarik jadi trainee YG !!
    gue yakin dy debut bareng kang seon young n kwon dony… waaaaaaah

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: