(Full Trans Part 2) Daesung Bicara Tentang Iman-nya & G-Dragon Dlaam Wawancara Terbaru! Must Read…

Published 02/11/2011 by yeppopo

Gereja Daesung (Champyungan) baru2 ini mendekatinya untuk sebuah wawancara, ini cukup sulit untuk mendekatinya untuk sebuah wawancara. Sudah beberapa bukan dikejutkan dengan kecelakaannya, tapi dia masih belum aktif dengan member2nya. Dia tidak  menggelar wawancara apapun dengan pers.

Pada hari minggu 2 Oktober, Setelah pelayanan kedua berakhir, Champyungan bertemu dengan member gereja Kang Daesung dan mewawancarainya, berikut adalah lanjutan dari wawancara Part 1:

Saat orang melalui sesuatu yang tragis mereka biasanya bertanya2 kenapa hal2 buruk terjadi pada mereka. 

Saat itu saya sangat  bingung saya tidak bisa menemukan ruang untuk mencari jawaban2 pada banyak pertanyaan2 saya. Setelah beberapa waktu berlalu dan hal2 dapat lebih diatur, pemikiran  itu tidak terlintas di pemikiranku. Cukup ironis, di saat chapel utama kami dan Hepzibah chapel dibawah pembangunan kembali ini juga sebuah kesempatan untuk saya untuk membangun kembali iman saya sendiri juga. Saya bersyukur pada tuhan karena saya menyadari dia memberikan saya waktu untuk lebih melihat kedalam iman saya. 

Hal2 semacam apa yang kamu fikirkan tentang  seperti kamu membantu memperbaiki pembangunan gereja? 

Ini pertama kalinya saya pernah melakukan pekerjaan semacam ini di gereja. Saya benar2 menjadi tertarik pada gereja kami ketika saya bekerja. Dan setelah ini semua dikatakan dan dilakukan saya sangat berterima kasih bisa mempersembahkan Tuhan dalam sebuah bangunan yang indah. Sejujurnya, saat mereka mengumumkan kalau gereja akan diperbaiki, saya berfikir mereka akan memanggil profesional2. Tapi mereka tidak dan pastor dan juga deaken2 dan para tetua2 di dalam gereja datang untuk membantu apa yang mereka bisa.

Tidak ada jalan kami pada orang muda hanya bisa berdiri dan menonton. Ini sebuah selingan yang bagus untuk saya untuk 1.5 bulan itu. Selama waktu itu saya tidak memikirkan tentang kecelakaan. Saya tau tuhan akan senang dalam tindakan2 saya dan semua hal2 akan bersama2 untuk kebaikan dari yang mencintainya.  

Ini adalah sesuatu yang tidak pernah kamu lakukan sebelumnya, apakan ini secara fisik susah?

Kami tidak melakukan apapun dimana  saya  akan mempertimbangkan kerja keras. Kebanyakan dari kami orang2 muda membersihkan dan membantu. Ini menyenangkan. Saya dapat makan makanan enak dan memiliki banyak waktu yang baik dengan member2 Hepzibah saya. Mereka bahkan  memanggang perut babi segar (grilled fresh pork belly) untuk kami sebagai sebuah cara berterima kasih pada kami. Itu adalah yang terbaik.

Kamu adalah seorang selebritis yang sebelumnya menjadi pusat perhatian dan menarik perhatian. Tapi telah berbulan2 sejak kamu dalam mata publik. Tidakkah kamu merasa seperti kamu ingin kembali kesana? 

Saya pastinya ingin bernyanyi, tapi saya masih tidak memiliki cukup keyakinan untuk berdiri di depan fans saya segembira/seriang yang pernah saya lakukan. Saya masih menyukai di gereja yang terbaik. Saya hanya disini dan di rumah tapi saya menyukai jalan itu. 

Bagaimana perasaanmu akhir2 ini

Waktu berjalan, saya merasa sedikiy lebih damai di dalam hati saya. Tuhan memberikan saya sebuah talenta spesifik, dan ini memanggil saya jadi saya perlu mempersiapkan diri saya untuk kembali kesana lagi. 

Apakah pemanggilanmu sekarang sdikit berbeda daripada sebelumnya? 

Saya punya waktu untuk melihat iman saya dan mengkonfirmasi dalam hati saya apa itu mimpi2 saya. Tihan memberikan saya talenta untuk bernyanyi, dan memujinya dengan suara saya, dan saya ingin menggunakan ini untuk membawakannya kemuliaan. Dan ada banyak orang dalam industri yang tidak tau  Christ yang saya bisa raih. Saya ingin mengambil keuntungan dari itu. 

Apakah kamu merasa member2 dari gereja kami telah berubah setelah kecelakaanmu? 

Ya. Sebelumnya, mereka akan menyapa saya dengan begitu terbuka, tapi sekarang saya merasa seperti dalam senyum mereka, mereka melihat saya kalau mereka seperti mereka ingin saya tau kalau mereka mengerti situasi saya. Mereka ingin mendorong dan mendukung saya. Mereka mengatakan pada saya kalau mereka banyak berdoa untuk saya. Saya tidak tau apakan ini hanya saya,  tapi saya merasa lebih dicintai daripada saya sebelumnya. 

Banyak perkumpulan2 member yang mungkin berdoa untukmu. Doa adalah  hal yang kuat dan semua doa2 yang dikombinasikan itu mungkin sebuah kekuatan besar untukmu.  

Saya rasa itu adalah alasan kenapa saya merasa sangat nyaman di gereja, karena mereka banyak berdoa untuk saya. Saya tidak tahu apakah saya akan memiliki perasaan yang sama tanpa doa2 mereka. Mungkin saya akan menemukan surga yang berbeda untuk mengistirahatkan pemikiran2 saya. tapi saya tau saat saya melihat member2 dimana mereka sedang berdoa  dengan penuh semangat untuk saya. Saya tau kalau ini adalah kekuatan dari doa. 

Untuk yang tanpa iman percaya kalau kita menemukan kedamaian dalam hati kami dalam mencari Tuhan, dan bahwa ia tidak benar2 ada. Apakah kamu benar2 merasakan kalau Tuhan itu hidup dan membantumu dalam situasimu?  

Ya, banyak. Bahkan saat juri memutuskan kalau saya tak bersalah, itu jelas Tuhan bekerja atas nama saya. Saya siap untuk menerima apapun hasil yang saya hadapi, tapi segalanya keluar untuk keuntungan saya. Saya tau kalau Tuhan menggerakkan hati masyarakat dari masyarakat.  

Apakah kamu bertemu dengan pstor seniormu sejah hari kamu mengunjunginya? 

Sebenarnya sangat sering. Setiap kali sesuatu terjadi, besar atau kecil, saya meminta sarannya dan  . Perubahan terbesar dalam hidup saya adalah mengambil posisi setelah kecalakaan adalah saya sekarang pergi ke Tuhan dan meminta arahannya sebelum saya membuat keputusan. Hari setelah kecelakaan, member2 dan saya seharusnya mengambil sebuah liburan dan pergi keluar negeri. Ini akan menjadi istirahat nyata yang pertama semenjak kami memulai Big Bang.

 tapi saya menyadari kalau saya bahkan tidak berdoa mengenai perjalanan sebelum memutuskan untuk pergi. Well, salam segala aspek dari hidup saya, saya tidak disiplin dalam berbicara pada tuhan sebelum membuat keputusan. Saya menyadari kalau ini adalah saya. Pastor muda saya tetap mengganngu saya untuk melakukan sebuah studi alkitab sejak tiga tahun lalu dan benar kalau saya sibuk tapi saya bisa membuat waktu jika saya benar2 menginginkannya. Tapi saya menghidarinya. Saya menjadi seorang Kristian sejak lagir dan berfikir mengambil bagian dalam belajar alkitab memberikan saya sakit kepala. tapi sekarang saya memiliki waktu untuk beristirahat, saya telah mulai belajar alkitab lagi. Saya menyadari  betapa dangkalnya iman saya dan betapa banyak saya perlu untuk tumbuh sebagai seorang  Christian.

Bagaimana kamu berubah setelah kamu belajar alkitab? 

Saya benar2 belajar segalanya mulai dari sangat awal. Saya dimulai dengan genesis dan membaca cerita2 dari  Adam dan Hawa. Saya berkelana jalan saya lebih dalam ke perjanjian lama. Saya ingat selama wawancara saya terakhir, kamu meminta banyak dari perjanjian laya yang telah saya baca dan saya membalas kalau itu  sulit untuk di baca jadi saya hanya membaca beberapa halaman.  

Sekarang saya diperkenalkan pada ini dalam sebuah pengcahayaan yang baru, mempelajari ini dengan pastor muda saya, tampaknya sedikit kurang mengintimidasi dan menyenangkan. Ini juga membantu saya lebih banyak fokus di khotbah2, sekarang bahwa saya memiliki beberapa informasi latar belakang.  Saya menghubungkan khotbah dengan hal2 yang saya baca dalam alkitab, dan ini membuat saya  begitu banyak masuk akal untuk saya. Tentu saja, saya masih tidak sepenuhnya mengerti apa yang tertulis di halaman2 ini.  

Sebelumnya saya berfikir   ‘okay, it took Noah 120 years to build the ark. Cool. Adam and Lamech lived 56 years together. Got it’, tapi sekarang saya mengerti kenapa dan  pentingnya kehidupan mereka. Ini membuat saya menyadari kalau saya perlu untuk belajar lebih banyak Alkitab lagi. Ini hanyalah permulaan. 

Apakah kamu akhir2 ini membaca Alkitab? 

Ya, saya sedang membaca   Old Testament, tapi saya tidak ahli.  

Apakah kamu bersyukur pada keadaan2mu saat ini?

Ya, saya bersyukur. Jika saya tidak melalui apa yang saya apa yang saya telah lakukan, siapa tau, saya mungkin mengambil beberapa langkah kedalam dunia. Ini adalah sebuah intervensi yang baik. Saya ingin belajar kata dan memulai kehidupuan baru. Melihat kebelakang, saya menyadari kenapa Tuhan membiarkan semua hal2 ini terjadi pada saya.  Saya bersyukur pada kesempatan2 ini dan saya berfikir mungkin dia juga ingin saya menyadari kebenaran sebelum  kembalinya segera terjadi.

kamu tampaknya seperti sepenuhnya orang yang berbeda dari Daesung yang kami wawancarai tahun lalu. Apakah ada sebuah nyanyian pujian atau alkitab yang datang ke pikiran saat hal2 menjadi sulit untukmu? 

Nyanyian pujian no 365. Lirik2 “Get up with confidence” secara khusus resonates with me. Saya menyadari saya ingin mendapatkan mendapatkan kaki (langkah) saya lagi.  

Apa yang orangtuamu katakan saat kamu melalui waktu sulitmu? 

Mereka mengatakan pada saya untuk tidak khawatir, dan kalau saya harus memulai dengan belajar alkitab. Beberapa hari pertama saya mengunci diri saya sendiri di dalam ruangan. Ibu saya datang mengunjungi dan saya marah, mengangkat suara saya padanya, mengatakan padanya kalau saya tidak ingin melihatnya lagi. Dia  . She put up dengan semua itu dan menjadi sumber kekuatan saya hari ini. Saya selalu menyedihkan padanya, dan begitu berterima kasih karena saya memilikinya dalam hidup saya. Saya bahkan tidak mengatakan padanya betapa banyak saya berterima kasih padanya, karena saya tidak bisa mengekspresikan dengan baik emosi2 saya. 

Kamu baru2 ini membawa G-dragon ke Gereja.  How did that come about?

Tidak ada apapun yang saya lakukan secara khusus. Dia tau kalau saya praktek live di gereja dan suatu hari dia memberitahu hyung manajer syaa kalau dia ingin datang ke gereja kami.   G-Dragon hyung memiliki gerejanya sendiri, tapi dia cukup (lama) tidak pergi. Saya mengatakan padanya untuk datang kapanpun dan dia akan selalu di sambut.  Tapi kemudian saya mulai khawatir. Bagaimana saya bisa menciptakan sebuah pengalaman nyaman? Saya tidak pernah berfikir untuk berdoa padanya untuk menghadiri gereja kami, tapi syaa berdoa kalau dengan datang kesini dia juga akan mengalami kenyamanan dan kedamaian yang sama. 

Apakah kalian berdua dekat?

Semua member2 dari kami itu dekat tapi dengan hyung yang menjadi leade dan semuanya, dia lebih mengerti saya.  

Menurutmu kenapa  G-Dragon ingin datang ke gerejamu?

Saya tidak tau, saya tidak tanya. Mungkin dia penasaran seperti apa gereja yang saya habiskan sepanjang waktu saya. Salah satu dari penulis lagu dari label kami juga menghadiri gereja disini juga. Mungkin dia memiliki beberpa macam yang mempengaruhinya juga.  Di hari dia datang, ada begitu banyak yang terjadi dimana2 dengan  perbaikan2. Saya meminta maaf, mengatakan padanya kalau kita melakukan beberapa konstruksi dan dia mengatakan pada saya ga pa2.

Tapi saat kami berjalan kedalam gedung dan dia melihat segalanya dan melihat beberapa tanda2 konstruksi seperti saat kami berjalan menaiki tangga, dia tertawa dan mengatakan dia tidak menyadari ini akan menjadi seluas ini. Nyanyian2 pujian yang kami nyanyikan hari itu adalah “I love my Jesus”, dan dia menyatakan kalau dia menyukai nyanyian dan dia tampak menikmati pengalaman.

pastor senir memberikan khotbahnya dan saat dia melihat saya sibuk mengambil catatan2 dia menyatakan kalau dia tidak bisa benar2 mendengar dan saya mulai  menyampaikan pesan padanya, seperti yang saya translate. Dia mengatakkan kalau dia benar2 menikmati pesan. Dia kembali minggu depannya untuk bertemu pastor senior kami dan pada perjalanan kami pulang kerumah, saya bertanya padanya apa yang ia fikirkan dan dia mengatakan kalau dia bertemu   eye contact dengan pastor dan sepertinya pastor tau apa yang ia sedang lalui. Dia menyukai ini. 

Apakah akhir2 ini kamu banyak berdoa? 

Ya, doa2 singkat. Saat saya bangun tidur saat saya berjalan diluar, saat saya masuk kedalam mobil, setelah saya pulang kerumah dari gereja, sebelum tidur dll. 

Apa yang kamu doakan akhir2 ini?

Saya diberkahi secara spiritual melalui belajar alkitab, dan saya tau kalau saya akan mengalami sebuah keberkatan dimana saya bisa segera melihat dengan mata saya. Saya meminta bahwa Tuhan terus mengubah saya untuk menggunakan saya untuk   kingdomnya. Dan saya berdoa kalau saya tidak akan pernah kehilangan iman ini, pernyataan dari pemikiran ini yang saya miliki sekarang ini. Saya berdoa kalau saya akan terus berjalan dengan Tuhan, tidak pernah mengalami sesuatu yang begitu sulit untuk saya bangun pada kebenaran. Saya juga berdoa kalau saya akan diberkahi dalam pekerjaan saya, kalau saya akan bisa bernyanyi dengan kepercaan diri dan   press on.

Ada 3 bulan yang tersisa di tahun ini. Bagaimana kamu akan menghabiskan waktumu?

Saya berencana untuk beristirahat di sisa tahun. Saya seorang penyanyi dan pekerjaan saya adalah music, tapi untuk waktu yang berlangsung dan untuk sisa tahun, saya ingin fokus pada gereja. Saya salah satu pemimpin dalam grup   Hepzibah saya, jadi saya ingin fokus pada itu. Saya sangat senang karena saya bisa melayani dalam begitu banyak cara yang berbeda di dalam gereja dan saya berdoa kalau saya akan bisa dengan baik menghandle segalanya yang datang pada jalan saya, dimana saya akan menjadi saksi hidup. Saat saya naik ke chapel utama, saya menertawakan diri saya sendiri bagaimana saya dulu datang dengan menyembunyikan wajah saya. Tak ada seorangpun disini yang mempertimbangkan saya seorang selebritis. Saya hanya seorang oppa , dongsaeng, dan seorang teman. 

Lagu yang kamu nyanyikan minggu lalu untuk penawaran itu   amazing.

Ini pertama kalinya saya bernyanyi lagu penawaran sendiri dan saya snagat gugup. Kaki saya tidak pernah bergetar di panggung tapi mereka bergetar minggu lalu. Ini sebuah kegugupan pada level yang sepenuhnya berbeda dan tidak ada yang saya bisa lakukan tentang ini. Saya paling gugup saat saya bernyanyi nyanyian2 pujian. Perasaan ini sepenuhnya berbeda dari saat saya perform di atas panggung. Lirik2 dari lagu benar2 memukul untuk saya.  

Adakah yang ingin kamu lakukan dalam penutupan?  

Ketika kamu meminta saya untuk melakukan sebuah wawancara, saya berfikir banyak tentang wwawancara tahun lalu. Saya berfikir tentang jawaban2 yang saya berikan dan saya merasa sangat malu. Jika saya tidak melalui cobaan ini dan tidak memiliki waktu sulit ini dalam hidup saya, Saya mungkin akan pergi ke gereja dengan pola pikir yang sama dan iman dangkal yang sama, jadi saya sangat berterima kasih untuk perubahan.

Source & Image: Champyungan 

credit: Allkpop

Indo Trans: YEPPOPO

DON’T TAKE OUT

46 comments on “(Full Trans Part 2) Daesung Bicara Tentang Iman-nya & G-Dragon Dlaam Wawancara Terbaru! Must Read…

  • Apakah kalian berdua dekat?

    Semua member2 dari kami itu dekat tapi dengan hyung yang menjadi leade dan semuanya, dia lebih mengerti saya.

    suka sm part yg ini ,,,

    • setujuuu…. ^0^
      *lanjut voteee >> d mElon m mama bigbang dpt vote rendahh..<<*
      go go vippp..!!!!!!

      asal Q putar Lgu2 BIGBANGG..
      ntah npa koQ.. niE air mata bw'n y ngalir mulu ya…????
      d yG tw npa g'…

    • yups,,ampe tgl 4 fokus di EMA dulu…abis itu baru VIP beralih ke MAMA…

  • “Dia kembali minggu depannya untuk bertemu pastor senior kami dan pada perjalanan kami pulang kerumah, saya bertanya padanya apa yang ia fikirkan dan dia mengatakan kalau dia bertemu eye contact dengan pastor dan sepertinya pastor tau apa yang ia sedang lalui. Dia menyukai ini. ”

    apa yg kamu lalui ji ??? seinget aq,,real saat kejadian ganja GD kan ga jauh dr kecelakaan daesung…mungkin itu yg di maksud GD kali yah…

    ALWAYS SUPPORT BIGBANG !!!

    LANJUTKAN VOTE,,PLEASE VIP MAKE IT HAPPEN FOR BIGBANG WINNERS

  • ‘Melihat kebelakang, saya menyadari kenapa Tuhan membiarkan semua hal2 ini terjadi pada saya. Saya bersyukur pada kesempatan2 ini dan saya berfikir mungkin dia juga ingin saya menyadari kebenaran sebelum kembalinya segera terjadi.’

    sangat legaaa.. sekarang yang daesung rasakan bukan penyesalan lagi kawan-2, tapi rasa syukur yang tinggi.. 🙂

    btw,, fan acc yg jidi menjenguk daedae ,, benar adanya.. hehehe

    daesung kuat menghadapi ini.. uri captain G-sparrow harus lebih kuat lagi!!! biarkan BIGBAAANG (bc: ledakan besar) kembali terjadi!!

    VIP always behind n beside u BIGBANG until whenever..
    p.s: penasaran setengah gila,, sama penampilan comebacnya si daedae

  • persis seperti yang kuimajinasikan selama ini!
    gd mengunjungi dae di gereja pasca skandalnya…..olalalala ramalan tepat!
    *sodara-sodara di MTV EMA!!!!!!! AKU DATANG KEMBALI….

    • iya…….waktu kuimajinasikan pasti air mata netes……kaya sebuah film sedih terputar dikepalaku..
      apalagi ngayalnya sambil denger lagu klasik…….banjiiiirrr
      kisah uri bigbang kalo difilmkan keren abis pasti…..banyak klimaksnya……hehe *tukang ngayal
      #balik ke alam

  • hhhmmm ~~ speechless ~~ beberapa q ngerti beberapa q ga ngerti karena yg dibicakan soal religius .
    but over all
    yg terpenting semua akan indah pada waktunya bang…
    oppa deul juga ~~

    VIP ga akan prnh ninggalin kalian, seperti yg saya bilang , didepan untuk melindungi, di samping untuk menemani dan di belakang untuk mensupport kalian

    apapun yg terjadi, dan sampai kapanpun !!!

    #kibarkan bendera bigbang ~~~ngacir ke tkp :linux1:

  • artikelnya panjang tapi seruu, ga kerasa udah habis dibaca

    “G-Dragon hyung memiliki gerejanya sendiri, tapi dia cukup (lama) tidak pergi.” LOL
    aku udh duga abang jiyong jarang ke greja,, hahahaha, smoga skrg stlh mslh ini, abang jiyong jadi religius lagii yak kayak dae n tae ^^

    *kembali ke alam -> MTVEMA. never stop voting and praying!!

  • DIJUAL……SAMPAN, PERAHU, SUPERJET, KAPAL PESIAR, dan sebangsa2nya……..
    ayo ayo….buat yang kebanjiran!!!!! beli satu tidak gratis satu!!!!!!!!!
    *popo unni udah ahh!!!! see you next time!!!!! fokus fokus fokus fokus fokus VOTE…….

  • udah ada confirm dr YGEnt. loh kalo DAESUNG dan GDRAGON CONFIRM IKUT KONSER YG FAMILY desember nanti…

    MAMA,Melon dkk blakangan aja…EMA sekarang lebih penting!!!
    itu makanya posisi BIGBANG merosot di MAMA dkk,cz VIP lg fokus ke EMA…

  • Seneng dehhh ,, ternyata dri semua permasalahan ntu malah buat daepa bisa lebih dkt dgn TUHAN

    Cuma TUHAN yg gak bakal ninggalin kita dan selalu ada

  • omooo bang Dae religius skali…
    bner bang, Masalah ada agar kuasa Nya dapat terwujud.
    di saat kita lemah, kuasa dan Mukzijatna nyata,
    Semngat bang Dae…

  • Puji Tuhan oppa, kamu gk ngejauhin masalahmu dgn lari ke hal2 yg negatif. Tp kamu bwa masalahmu menghadap Bapa Surgawi ^^. Ia menguatkanmu,menjaga,dan mengobati luka hatimu :). Smga lekas kembali kepanggung dunia oppa, VIP menunggu BigBang tuk kmbli menggebrak dunia VIP.

    • *ngangguk2 iya chingu banyak bgt isi religius seputar kristen dan injil haduh bacanya bikin mata kriyep2 tapi semakin kebawah daesung semakin cerita dan nunjukin semangat hidupnya. Baru dah abang GD disenggol, daesung baik bgt sama hyung-nya GD

      I love you Bigbang, Hwaiting!!! 😛

      #Stay Strong GD & Daesung

  • Hug daeppa..

    Benar oppa,kita adalah nothing tanpa DIA,.percayalah DIA selalu menyayangi kita walaupun kita sering mengingkarinya.
    Jika kita mendekatiNYA selangkah,maka DIA akan mendekati kita dgn berlari

    DIA selalu memberikan yg terbaik u/ kita

    seandainya bang dae muslim,aq akan memberikannya terjemah surat al-insyirah
    sama lagu maher zein “insyaALLAH”

  • “G-Dragon hyung memiliki gerejanya sendiri, tapi dia cukup (lama) tidak pergi”
    yah, jidi ketauan deh jarang ke gereja.. ==”

    jadi kangen sama dae…
    oppa, we still pray for you.. can you feel the prayers that we sent for you?

  • PUJI TUHAN !! memang seperti yang TUHAN YESUS katakan , segalanya akan indah pada waktunya. tetap semangat Dae !! Tuhan Yesus selalu ada disamping mu , memegang erat tangan mu disaat kau jatuh dan mengangkatmu dengan tatapan bahwa kau sangat berharga .. bagus deh .. bang Dae ..jadi pemuda kristen sejati .. ntar abang GD jgaa .. dah mulai sadar diaa … ingat Tuhan Yesus tdk akan mnggalkan mu walau , kau meninggalkan mereka .. bang GD jgaa yaa .. ttp smngat dan percaya pada Tuhan Yesus .. JESUS LOVE U !

  • setuju bang dae, ingat Tuhan akan membuat segala sesuatu indah pada waktunya, karna Tuhan ngga akan memberikan kita cobaan lebih dari yang kita bisa 🙂

  • sangat cinta sama dae kalo dia udah loyal dan bertanggung jawab sama apa yang dia kerjain, dan dia udah sangat dewasa banget pikirannya..

    oppa jidi,sering-sering diajak ya dae,biar lebih ingat sama Tuhan,..*ssemua member satu gereja juga bagus kok,gag cuma dipanggung bersemangat tapi juga di gereja selalu bersama,pasti lebih tambah nyaman*
    bless you all..
    and miss you so d!

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: