Apakah Derita Tablo Menjadi Berkah Bagi Musik Hip-Hop??

Published 31/10/2011 by kikawaiii

Siang hari tanggal 30 Oktober kemarin, sesosok wajah ramah menyapa penonton SBS Inkigayo. Dia adalah member Epik High, Tablo.

Tablo baru2 ini merilis album solo pertamanya setelah hiatus panjang selama satu tahun enam bulan yang terjadi saat kontroversi akademisnya menjadi pemicu utama.

Sebelum tampil di panggung untuk comeback pertamanya, Tablo diwawancarai oleh MC Inkigayo, Jo Kwon dan IU serta berterima kasih pada fans. Selama wawancara, Tablo menunjukkan pada penonton bahwa dia telah menjadi seorang pribadi yang lebih siap daripada sebelumnya, sambil mengungkapkan perasaannya terkait perilisan album pertamanya.

Ketika ditanya bagaimana perasaannya tampil di panggung lagi setelah sekian lama, Tablo menjawab,

“Saya hanya benar2 bahagia dan bersyukur bahwa saya bisa kembali bermusik lagi.”

Setelah itu, IU melanjutkan dengan menyebutkan bahwa album barunya telah menjadi sebuah hit tidak hanya di kalangan fans, tapi juga selebritis2 lain, serta meminta Tablo untuk memperkenalkan judul lagunya, “Bad“. Menanggapi hal ini, dia berkata,

“Lagu ini tidak ditulis untuk orang2 yang buruk. Ini ditulis untuk orang2 baik yang terpaksa menjadi buruk karena cinta.”

Walaupun respon Tablo tenang dan santai, dia memberikan fans nya banyak hal untuk dipikirkan. Tampaknya kata2nya meresap sampai ke tulang. Ini karena Tablo, yang menderita karena kontroversi akademis, mengatakannya langsung.

Karena musik adalah buah dari kreativitas, hidup si pencipta lagu tercermin dalam musik mereka, apakah mereka sengaja atau tidak. Tampaknya masa2 sulit yang Tablo lalui menuntunnya ke dalam dunia musik baru, melihat bagaimana ‘Bad’ dapat diinterpretasikansebagai sebuah cerita tentang seorang artis muda yang harus bertahan menghadapi banyak derita.

Sebelum dihadapkan dengan kontroversi akademisnya, Tablo memikat hati banyak fans melalui beragam tipe musik. Bagaimanapun, musik yang diusungnya kembali terasa berbeda dengan musiknya yang dulu.

Dulu, Tablo datang pada fans dengan lagu2 yang seringkali mengandung lirik2 puitis diiringi melodi2 yang indah, sementara di lain waktu, lagu2nya bisa jadi bernada cepat dengan lirik menyejukkan untuk mengekspresikan perasaan cinta. Meski begitu, lagu2 ketika dia kembali mengandung emosi2 yang lebih kelam. Musik2nya mencerminkan masa2 dua tahun ini, ketika dia bisa merasakan jenis emosi tertinggi dan terbesar, hingga perasaan yang terendah dan terkelam.

Tablo masih berjuang dengan kontroversi akademis yang membawanya pada tebing keputusasaan di masa lalu. Meski demikian, hal yang ironis adalah, bahwa kontroversi itu membantunya menjadi seorang musisi yang lebih dewasa.

 

Penampilan Tablo selama “Inkigayo” menunjukkan pada penonton pertumbuhannya sebagai seorang pribadi dan musisi. Melalui lagu dengan lirik2 mewah dan nada sentimental, suatu perbedaan signifikan antara musiknya dan musik hip-hop yang biasanya keras telah diubah. Bagaimanapun juga, karena lirik dan ekspresinya mewakili pengalaman pribadi Tablo, tidak mudah bagi penonton untuk berempati padanya.

Melalui lirik2nya, fans dan pendengar bisa merasakan ketulusan musik Tablo. Sebagai hasil, “Bad” bangkit di chart2 musik segera setelah lagu tersebut dirilis minggu lalu, membuktikan bahwa fanbase Tablo makin meluas.

Bahkan setelah satu tahun enam bulan hiatus panjang, kehadiran Tablo masih sangat berpengaruh. Apakah dia berdiri di panggung bersama Taeyang ataupun sendiri, Tablo masih memberikan performance yang memikat penonton.

Inilah mengapa dikatakan, betapa pun kejamnya, derita yang Tablo alami menjadi berkah untuk musik hip-hop. Dia mampu melewati rintangan2 yang membuatnya menjadi seorang yang tahan akan rasa sakit dan kembali ke fans nya dengan musik yang mampu bersaing dengan lagu2nya yang menjadi hits sebelumnya.

 

credit : soompi

indo trans : kikawaiii @yeppopo

DON’T TAKE OUT

27 comments on “Apakah Derita Tablo Menjadi Berkah Bagi Musik Hip-Hop??

    • Heehhh
      Q nglyt vdeo perfomce y cm bs ngelongooo O.O
      Q tw epick high tp g’ tw member2 y..hehe *mklum nie pkran dah pnuh m vrus bgbang*
      Lgu tablo mantaapp

      LOVE IS SO BADD.. BAD.. BADD..
      Fightinggg oppa

    • dia lulusan stanford university, tapi ada berita yg bilang dia sebenernya ga lulus di stanford dan gelarnya itu palsu…
      padahal udh diliatin transkrip nilainya, netizen pd g percaya, ampe dibikin lah video dokumenter tablo ke stanford university ketemu dosen” disana dan mereka ngasih liat bukti tablo emang lulus dari stanford…

  • Tablooo Tablo…
    Salut aku ma dia…
    Orang” yg sifat n karakter’a kaya gini nih yg aku suka… Ya! Anak YG FAM! ke ke~

    FIGHTING TABLO OPPAAAAA!! ~^^

    • kyakna dl itu dy dituduh menipu netizen, dy kn lulusan universitas luar negeri yg terkenal. la trus netizen ga pcaya trus mencerca Tablo gt. pd akhirna Universitas itu memberikan klarifikasi klo dy emang bnar lulusan sana…
      bgtu klo ga salah…

      Tablo jadilah kuat.
      kputusanna gabung YGfam itu bner2 tepat…

  • sebernnya masih bingung berkah bagi musik hip hop???
    apakah maksudnya lagu real hip hop yg diusung Tablo bisa muncak di chart pdhal bersaing dgn kpop dan idol2?? yeahhh,,gw setuju itu!!
    walopun BIGBANG hip hop juga,,tp jenis lagunya BIGBANG udah gak pure hip hop kayak dulu,,soalnya gmanapun suara YB,Dae dan Ri hrus dpt perhatian…

    gw salut dan takjub dengan TABLO oppa!!
    dan bangga krna YG yg nopang TABLO oppa dgn tulus,tulus untuk kebangkitan musik real hip hop…

    FIGHTING!!!

  • wah translate nya oke 😉 setuju bgt klo musik tablo oppa yg baru berisi “lirik2 mewah dan nada sentimental”, sepertinya Tablo oppa udah naik kelas ke tahap yg lebih tinggi chukae.. Tablo oppa Hwaitiing!!!! 😀

  • rasa sakit memang akan menghasilkan sesuatu yg besar..entah itu hal positif taw pun negatif..
    Kbyang bgt gmana derita tablo,dya uda kerja keras bgt wat b’hasil d pndidikanx tp pas dapet malah d cerca ckck..

  • pada akhirnya semua adalah sebuah proses pendewasaan.. jadi sesulit apapun, nikmatilah hidup ini.. ..

    goodJob bang Tablo!!!! ^^

  • @ottaotak VIR eeeee jangan dicipok.. suami orang tuh ^^

    iya musik korea dapet berkah,, lagu2 bang tablo kerrenn bangett.

    kembali ke alam -> MTVEMA

  • like this article so much….

    yup2…. gw stuju banget ma isi artikel… Tablo mank keren… sbenernya dy ma Epik High dh sangat diidolakan ma penggemar korean hip hop tp mnurut gw, dy bs seterkenal skrg mgkn krn kputusannya masuk YG kali yah… hrs diakui ini sangat membantu dy meraih popularitas.

    org2 suka BigBang n 2NE1 mgkn dikarenakan suka ma jenis musik mereka yg beda ma yg lain n ada unsur rap-nya, masuknya Tablo n jenis musik dy yg juga rap pasti memikat kuping para YG stan jdnya Tablo mndapat tambahan penggemar dari kalangan idol fans yaitu VIP srta BlackJack… itu mnurut gw looh knp dy bs lbh populer…coba liat aja keadaan dsini, anak2 VIP n BlackJack serta YG stan udh mulai ngelirik ni org krn masuk sebagai anggota baru YG.

    tinggal nunggu kolaborasi abang Tablo ma mba ku tercinta, mba Gummy…. dh lama bgt memimpikan dua artis favorite gw duet, smoga dgn masuknya Tablo ke YG ini bs mnjadi kenyataan….

    • setuju,,sbenernya ada pertanyaan dlm benak gw knapa akhirnya Tablo memutuskan bergabung dengan YGEnt. ada apa dgn agency lamanya??

      tapi dr artikel2 yg gw baca,agency terdahulu Tablo bhkan sampai angkat tangan dlm penyelesaian kasus keraguan netizen terhadap status sarjana Stanfordnya Tablo..

      menurut gw kayaknya ketika TABLO pgen comeback ke dunia musik(dmana pastinya Tablo udah megang bnyak materi2 lagu yg dipersiapin slama vakum),,tp mengingat kasus terdahulu yg bhkan bikin agensinya angkat tangan,besar kemungkinan agensi terdahulunya gak memperpanjang kontrak dengan Tablo(bukan Epik High),,sedangkan Tablo udah ngantongin lagu2..nah berhubung dia punya hubungan yg baik dengan YGEnt.(+ relasi istri),akhirnya Tablo (dgn referensi sang istri) merujuk ke YGEnt. gayungpun bersambut….

      dapet perhatian total dari YGEnt..TABLO pun sukses comeback dengan lagu2 daebaknya…
      yeap,,bnyak VIP dan BJ suka ama TABLO…

      YG FAMILY FIGHTING!!!

  • suka bgt ma YGent, mskipun anak2 di2k ny ad mslah gk dbiarin gt az, mlah dbimbing biar jd lbh baik, and kykny ad ktrbukaan antra anak didik ma ceo ny. . . And khususny mslah tablo ini, mskpun tablo ad mslah tetep di ajak gbung, and tnpa ngubah cri khas tablo t sndiri. Sejujurny lagu2 ny tablo enk ddgr, n mendalam bgt. . . Hehe :d *justmyopinion

  • huhuhu..
    bang..
    album mu nusuk bgt lagu” nha..

    jadi inget jaman lagu” broken heart nha Epik High..

    cepet kumpul lagi banggg..

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: