Lee Soo Man Ingin Terus Bawa Komposer Dunia untuk SME!

Published 28/10/2011 by yeppopo

Dua boyband fenomenal yang berasal dari SM Entertainment (SME) ternyata mendapat perlakuan yang berbeda sejak awal. TVXQ dan Super Junior diakui Lee Soo Man dibentuknya lewat metode yang berbeda.

Setelah BoA sukses di Jepang, Soo Man ingin membentuk lagi satu grup akan benar-benar go international. Bukan hanya populer di Asia, tetapi di seluruh dunia. Ia pun fokus pada trainee-traineenya dan memilih mereka untuk membentuk grup impiannya.

Dari banyak trainee tersebut, Soo Man akhirnya memilih lima orang. Lima orang tersebut dianggapnya sebagai yang terbaik. Kemudian mereka berlima diberi nama Dong Bang Shin Ki (DBSK/TVXQ). Lalu sisanya bagaimana?
Sisa trainee itu hampir saja dibatalkan, tapi mereka sudah menandatangani kontrak sehingga kami harus bertanggungjawab. Akhirnya kami memutuskan untuk melatih mereka di musik dan variety show. Itulah Super Junior,” ujar Soo Man dalam sebuah sesi wawancara bersama Chosun.

Kalimat ini kemudian menjadi kontroversial. Fans Super Junior yang biasa disebut ELF tidak terima dengan pernyataan Soo Man. Mereka tak rela grup yang mereka idolakan hanya dianggap “sisa” oleh sang chairman.

Di luar itu semua, Super Junior berkembang menjadi sebuah grup yang sangat besar. Fans tersebar di seluruh dunia. SME pun mulai memboyong semua artisnya ke berbagai benua. Setelah Paris, Prancis minggu lalu giliran New York dikunjungi dalam gelaran ‘SM Town Live World Tour in NYC’. Apa rencana Soo Man untuk binaannya di Amerika?

Daripada mencoba ke Amerika, kami hanya akan menggelar konser sebagai hiburan bagi setiap orang dari negara imajiner yang disebut SM Town. Bagaimanapun pasar China dan Asia pada umumnya lebih besar dari pasar Amerika. Jadi tidak terlalu penting bagi kami untuk pergi ke Amerika,” sambung Soo Man.

Hal ini menjawab pertanyaan fans tentang SNSD yang tidak berniat untuk mempromosikan album mereka dengan manggung Amerika. Padahal kesembilan perempuan muda itu sudah resmi berada di naungan label Universal Music Group di bawah Interscope Records Amerika.

Sukses membawa nama SME ke mata dunia, apa mimpi Soo Man selanjutnya?

Ternyata impiannya saat ini adalah memproduksi musikal yang dibintangi berbagai grup dari seluruh dunia. Ia juga ingin mengajak produser kenamaan dunia untuk berkerjasama dengan SME. Seperti Teddy Riley yang pernah menangani Michael Jackson dan Lady Gaga.

Impianku untuk memproduksi musik untuk SM Entertainment dari komposer terbaik di dunia,” pungkasnya.

 

Source: Detik.com

42 comments on “Lee Soo Man Ingin Terus Bawa Komposer Dunia untuk SME!

  • Yang terbaik,benar mungkin bagi sm saat itu tvxq adalah yg terbaik hinga dia mengabaikan trainee yg lain,seandainya soman tidak berpikir masalah kontrak,dan sisa trainee di bubarkan maka dunia tidak akan pernah mengenal kpop,lewat anak2 yg tidak menonjol seperti suju kini dunia mengenal kpop,super junior yg di anggap bukan yg terbaik kini menjelma menjadi king of halyu yg menyebarkan kipop ke seluruh penjuru dunia,dan menjadi yg terbaik,kenapa aku bisa bilang begitu melihat smtown di mana artis2 sm hadir maka yg mendominasi adalah elf,,dan itu membuktikan suju adalah yg terbaik saat ini,,

    • SESUJU!!
      sbnarnya aku kurang trima sih suju dibilang “sisa trainee”..

      Tp walaupun suju dibilang sisa trainee, mlalui krja keras mereka dgn menampilkan bakat n talenta yg mrka miliki dan mrka perlihatkan kpada orang2, akhirnya mrka bisa membuktikan bahwa “sisa trainee” jg bisa! skrg ajah makin banyak org yg cinta ma suju..

      Tiap konser smtown pasti yg mndominasi elf… kalau comeback yg paling ditunggu-tnggu psti suju…. dan smua itu brkat kerja keras yg mereka buat dari nol….

  • Suju emg awalnya cuma bwt proMo di th 2005 kQ stlah to di pecAh,, tp krna kerja keras’a suju akhr’a si kakek ga jd pecAhin suju!?

  • pak sooman kalo mau nyari produser juga harus disesuain sama karakter penyanyi2 nya ya entar, jangan salah kaprah lagi, soalx secara personal sy sih kecewa banget kmrn sama album nya snsd yg the boys ini, apalagi ini full album.. karena gk cocok sm snsd dan lagunya sendiri beats nya rada2 gk nyambung
    dan kalo bisa jangan ada lagu recycle lagi, buat apa nyewa produser tp, lagunya dibeli dari orang terus cm di bagus2in doang? artis2 nya aja yang disuruh bikin lagu kayak sooyoung kmrn itu kan kemajuan. yah itu aja sih dari sy, walaupun sy buka fans dari SM Town tp, krn banyak grup2 besar di SM dan mereka yang banyak terkenal di luar harus nya dari segi lagu sendiri di perhatikan dan lagu2 mrk rata2 kan catchy ya selama ini

  • Memang saat itu harus diakui Trinee nya SM yg terbaik diantara yg terbaik adalah member Tvxq..,

    ckckc pantesan SM berpengaruh bgt dn jd agency no1 di korea.,Semua artis yg dikeluarkn SM benar2 di pikirkn sematang mungkin..,dn LSM punya PeMikiran yg luasss bgt sebelum bertindak.

  • ckckkc Pemikiran nya KAke2 emang lebihh Matang yee hehehe.,”Salut bgt gw ama TakTiknya yg bs membuat artis2nya Meledakk semua.,Wajar klw artis2 SM sering mendominasi dn sering disebut sbg pemimpin hallyu wafe,,soalnya yg memimpin SM udh kake2 pinter dn yg pasti udh punya pngalamn bnyakk.

    Liat aja sblum kara dn snsd sukses menaklukan pasar jepang,Sebnrnya yg menggebrak dn berjasa pertama kali adlh dbsk dn boa.( smpai skrang jg artis korea yg dbut djpang blom ada yg bs mcahin rekornya boa.) dn gw setuju bgt soal SNSD dri pd debut resmi di amrik jdnya entr nasib snsd jd ga jelas lebih baik bkin konser bgtu aja..,( SNSD mngeluarkn lgu bhs inggris Tpi ga hrs debut diamrik )

    btw jd PEnasaran sm BB barunya SM kya apa ya hmhm makin bejibun aja artisnya SM , M1 dn M2 d tunggu yaa

  • ckckkc Pemikiran nya KAke2 emang lebihh Matang yee hehehe.,”Salut bgt gw ama TakTiknya yg bs membuat artis2nya Meledakk semua.,Wajar klw artis2 SM sering mendominasi dn sering disebut sbg pemimpin hallyu wafe,,soalnya yg memimpin SM udh kake2 pinter dn yg pasti udh punya pngalamn bnyakk.

    Liat aja sblum kara dn snsd sukses menaklukan pasar jepang,Sebnrnya yg menggebrak dn berjasa pertama kali adlh dbsk dn boa.( smpai skrang jg artis korea yg dbut djpang blom ada yg bs mcahin rekornya boa.) dn gw setuju bgt soal SNSD dri pd debut resmi di amrik jdnya entr nasib mrka jd ga jelas jd lebih baik bkin konser bgtu aja..,( SNSD mngeluarkn lgu bhs inggris Tpi Mereka ga hrs debut diamrik dn dgn bgtu popularitas mrka dsni msh bs terjaga ) Kunci kberhasilan SM adalh kesabaran jd snsd ga ush buru2 debut resmi diamrik krna walampun mrka ga debut resmi diamrik pun popularitas mrka jg udh nyampe sono kn heheee

    btw jd PEnasaran sm BB barunya SM kya apa ya hmhm makin bejibun aja artisnya SM , M1 dn M2 d tunggu yaa

  • yg gw baca cmn bagian SNSD nya doang heheeee intinya SNSD mengeluarkn lgu pke bhs inggris tpi mrka Tidak debut resmi di amrik alias tdk melakukan promosi sama sekali di amrik DAN dgn bgtu jdinya Popularitas mrka di Sini msh bs terJAGA dgn Baikkk,,Salut deh buat KAke sooman,,Pemikiran nya tajam bgt,,dlm setiap perjuangan emang butuh kesabaran.,dn semua nya dilakukan dgn hati2.

  • LSM memang ENTERPREUNER dan bisnisman sejati..
    *Standing applause..

    Untung suju ga jadi dibubarin,kalo iya,apa jadinya duniaku tanpa mereka
    #hug SUJU
    *diseret pulang tabi

  • ajusshi2,, klo inget2 pernyataan ajusshi yang kemarin ama yng ini tntg suju pastilah ELF ga trima, sakit bgt boo. ajusshi2.. ga bakal nyangka kan ajusshi Suju bakal gini.. justru yang biasa2 aja mnjdi luar biasa disitulah letak kesuksesannya ajusshi, tp berkat ajusshi jg gw kenal suju.. jd makasih yaa. btw ajusshi saran nih ga prlulah pake komposer dunia ato tim2 dari luar ato kenaman2 dunia, banyak koq lokal yng bermutu,ngapain jauh2 n hrus buang2 duit, tapi setuju tuh pasar asia lebih besar n pastiny lebih nguntungin. hidup asia!!! makasih ya dah baca curhat gw ajusshi.
    ELF n SUJU Fighting

  • Bagus ahjusshi.. g slh deh kalo sment menjadi agency yg terbaik,. bersama yg ent dan jyp yg msg2 pny cr yg berbeda dlm mendidik trainee dan mengorbitkan artisnya.. Kalo mslh suju hrusnya fans justru berterimakasih, sment msh bertanggung jawab utk mendebutkan mereka.. Meskpn scra vokal tvxq memang lbh baik tp kalo variety, suju itu bgus dan multitalenta… Kalo mslh kontrak budak itu laen lagi.. Ambil sj sisi positifnya.

  • “Daripada mencoba ke Amerika, kami hanya akan menggelar konser sebagai hiburan bagi setiap orang dari negara imajiner yang disebut SM Town. Bagaimanapun pasar China dan Asia pada umumnya lebih besar dari pasar Amerika. Jadi tidak terlalu penting bagi kami untuk pergi ke Amerika,”

    kok ga setuju ya sama pendapat kakek??

  • mrt gua OM SOOMAen cman pengen mmperbaiki CItra SME ent Doankkk…
    klo Emankk dya Org Baekk apa susahNya Mlepas JYJ… wong ArtisnYa jga msh bnyakk…. 🙂

    • su’udzon..mereka tu gak tau terima kasih, sok lagi…mentang-mentang udah tenar, fansnya banyak…makan tu duit..

    • miannhe chingu….aku rasa kita semuanya tau masalah JYJ-SM tu gmna,,,udh menjadi rahasia umum….tapi menurut aku kita sebagai fans yang hanya tau masalah dr news aja gak bisa ngejudge diantara salah satunya….
      sumpah aku sebagai cassie merasa sedih dengan komen chingu yg mengatakan mereka (JYJ) seperti itu…
      kita sebagai fans pasti merasa sakit hati chingu tidak suka dengan JYJ dan ada beberapa cassie dan termasuk aku gak resfect terhadap SM tapi alangkah baiknya kita sebagai fans menikmati performance idol kita daripada mengejudge masalah yang kita sendiri gak yakin akan kebenarannya….

      miannhe chingu just my opinion

    • sepakat.. mreka masuk hak mreka keluar jg hak mreka toh itu pilihan mreka.. faktanya mungkin saking syangny ajusshi ama dbsk jadinya sulit kali yah ngelepas JYJ

    • Lebih baik kita bercermin pada Kasus SM-Hangeng juga yah…buktinya setelah lama berseteru..akhirnya Hangeng mencabut gugatannya juga dan akhirnya mereka berdamai…alhamdulillah…semoga bisa balik ke suju lagi *harapanELF, dan semoga JYJ dan juga SM juga bisa berdamai..*harapanku

  • Go so man,,go so man,,go!!!!
    Walopun km jahat,walopun km kejam,walopun km egois,walopun km bengis,tp km ttp hebat.. Selalu pintar dlm mencari kesempatan,pntar dlm mendidik para traning shg jd artis besar dan hebat!Cba kalo g da so man,pasti g bkal ada SMent, pasti g bkal ada dbsk,sj,shinee,snsd,fx,etc.
    HIDUP SO MAN!!!

  • ad saat dmana seseorang diaas n ada saat seseorang it dibawah mungkin tvxq skrang dibawah karna perpecahan group tp w yakin tvxq bisa sperti dulu pada saat y nanati

  • ternyata suju emang sengaja dilatih n diasah kemampuan variety nya ya..pantesssssaaaaann.. mereka selalu dpt memeriahkan acara dgn baik. gw aja awal suka suju krn acara variety2 shownya. klo ada suju,acara apa aja pasti bawaannya seru n gak boring. in my opinion sih diantara semua artis sm, sujulah yg paling daebak dlm urusan variety. klo tvxq gw akui lebih menonjol dr segi talenta nyanyinya. well,gw ikut berharap mereka bisa brg ber5 lg. pasti comebacknya bakal menggemparkan dunia 🙂

  • aku elf.aku juga cassie.
    aku pikir pendapat soo man soal mereka itu perlu dipikirin ulang.karena semua anak didiknyalah yang berhasil ngebuat demam kpop kayak sekarang ini.perlu digaris bawahai SEMUANYA.termasuk SHINee, f(x), SNSD, BOA, dan jga yang laen.mungkin emang pertamanya tvxq yang dia pikir bakal ngebooming tapi liat yang laen.liat kanan kirinya. masih ada suju jga. so mereka emang pantes buat jadi anak kebanggaanmu a.k.a soo man. pengennya ngebawa dbsk ke rancah internasional. tapi malah ngebuat mereka ancur. sama aja boong.cba kalau bisa ngembalikin mereka berlima lagi. wah dijamin hidupnya bakal tentrem 1000000% udah tvxq maju, nah suju berjaya.apanya yang kurang coba?
    setuju?

  • Semua artis ada kelebihan dan kekurangan masing2
    Tapi agak ga terima waktu dengar suju di ANAK-TIRIKAN
    Tvxq : gue akuin,ini boyband keren banget vokal plus dancenya!
    Shinee : benar2 bergairah dan berjiwa anak muda
    Girlsgeneration : dewi2 cantik yg punya ciri khas masing2
    F(x) : gue ga tau,soalnya belum pernah nonton video f(x)
    Suju : vokal kurang. Tapi mereka The King of Variety! Aku masih ingat,karena suju,rating explorer human body paling tinggi dibanding acara lain. Mereka emang ga baik di vokal,ga baik juga di dance,tapi mereka penuh semangat dan selalu mengumbar senyum. Cinta dengan fans
    Moga2 Soman ngubah sikapnya jadi sedikit melunak soal gaji+royalti..

    • kayaknya gw kurang stuju sma pndpat lo deh ching

      “ga baik di vokal” ? : well, memang g semua member ok dlam hal suara , tp ingat ching masih ada KRY . aplagi yesung , chingu tau sndiri kan gmana mledaknya lagu it has to be you ? 🙂

      “ga baik juga di dance” ? : aigoo ching , di suju ada LEE HYUKJAE looooh ? emang pndapat gw sndiri yunho msh no 1 dlm bdang dance , tp eunhyuk sndiri udah masuk di jajaran top dancer , malahan klu ada chart dancer gtu gw slalu nemu nama eunhyuk. ini bbrapa chart yg d tahun 2011
      #3 Best Dancing Kpop Idol on Baidu Rankings
      #4 110602 Idol Chart Show(Dance)
      #4 Arirang TV ranks top idol dancers
      and masih ada bbrapa chart d tahun tahun sblumnya . selain eunhyk kan jg ada shindong n donghae 😀

      jadi jgan pukul sama rata aja yah chingu ? hehe ^^

    • setuju
      itulah hebatnya sm..mereka mengkombinasikan setiap group dgn personality yang mempunyai kelebihan masing-masing, dan aku lihat anak-anak sm adalah artis yg rendah hati..

    • vokal kurang?? hrus liat KRY,, vokal lebih tuh ukurany ga mesti ballad kan?? gw saranin liat perform konser mreka ada sungmin, kangin, donghae, siwon, trus teuki yang nyanyi “hitomi wo tijite” sambil main piano bagus bgt, jiwa rock ada heechul, tp memang mreka ga setinggi kry,, *kata teuki dy kalah saing* .. klo dance??? hrus inget Eunhyuk, Shindong, donghae, sungmin, bnyak koq video mreka dance, ato liat aja star dance battle suju mreka 2 kali menag dlam 3 kali battle. kata leader teuki mreka itu sering melengkapi kekurangn dan klebihan msing2 member..bagitulah Super Junior yang gw kenal.. sekian maaf cuman mw kasih info.. peace!!!

  • emang soal kualitas yang rata ang.dan perform yang sempurna untuk suju emang masih dibawah dbsk..mrka emang lbh condong entertain yg hiburan..tp not bad lah selama masih ada KRy masih ada indah2nya sih..yah kalo urusan manggung suara sempurna emang smpe skrg belum ada yg lebih dr DBSK,,apalgi kalo nyanyi live bisa improve dgn suara stabil…mungkin suju harus latian yg keras lagi supaya dance mrka yg rada jingkrak2 itu bisa imbang ama suaranya..kan lumayan

  • gue yakin, kakek soman gak mungkin memperlakukan suju semena-mena dan menganak tirikan..apalagi setelah keluarnya 3org itu, group yg dia anggap terbaik dan dibanggakan ternyata ada yg “berkhianat”, dan group yang awalnya dia anggap “sisa” malah lebih setia dan menjadi salah satu yg terbaik..kyknya kakek soman juga paling dekat dgn anak suju… setiap orang memang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing,

  • D wikipedia aja king of kp0p t tetap TVXQ kok.. Belum d rubah t ampe skrg. Walau agk memudar, it d sebabkan karna TVXQ pecah.. Mereka pecah d saat brada d puncak p0pularitas,dah mereka vakum swaktu kp0p mulai b0oming, dan it selama 2 ta0n,3bulan. Tapi aq tetap bersyukur sebagai fans tvxq, walau cuma tgl ber 2. Mereka msh bisa jaya. Bukan maxud bashing,tp suju yg skrg berang60takan 10.otomatis d gbungin semua yg kalah lha sama 2. Lagian suju daebak xlo mereka bnyak, coba sub grup a kayak K.R.Y. Ato suju M. Ada penjualan album mrka tmbus 200ribu?? Walau gemanapun. Cassie t udah pecah,bnyk bukti.

  • Untuk /gw/aku setuju banget,aku akuin bhwa tvxq itu sempurna,dalam vocal dance akting mereka semua hebat,mereka seolah2 tida punya kekurangn sama sekali,banyak yg bilang low suju itu beda dari yg lain kenapa,karena mereka bisa saling melengkapi 1 sama lain,teuki bilang suju itu seperti supermarket apa yg di cari ada di sana,sungmin bilang suju itu seperti taman bermain di mana semua wahana ada di sana,artinya apapun yg orang cari dari sebuah grup ada di super junior,aku pernah nonoton koncert tvxq mereka hebat karena suara dan penampilan mereka yg sempurna, tapi tidak begitu banyak kelucuan2 yg mereka tunjukan, seperti koncert suju di mana mereka menjadikan panggung sebagai arena bermain,untuk membuat fans nya tertawa sekaligus menangis,

  • Ju2r rada sdikt ga trima sih sma pndpt soman ttg awal debut suju tpi malah tmbh bwt sya bangga jd ELF dan yg pst ttp brterima ksh sm ahjussi dylah yg bntuk suju, 1 kata ajahlah sy jd kpopers karna SUJU dan sya suka SMfam karna SUJU… Btw Salut ma pmkrn bisnisnya ni si soman ahjussi, bs bljr bxk… Heheh

  • iya ya sekarang cassie udah pecah Homin stan sama JYJ stan saling ngebash satu sama lain 😦
    tiap liat performance mereka yg berlima dulu BANGGA BANGET !! tapi akhirnya setelah ngeliat performance itu eeh ujung2nya pingin nangis juga karna kangen ga ketulungan
    DBSK itu legenda sekali.. King of Hallyu wave!
    #numpang curhat *kabur

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: