Lee Soo Man tentang “Kontrak Budak” di SM Entertainment

Published 27/10/2011 by yeppopo

SM Entertainment (SME) adalah salah satu agensi terbesar di Korea. Dikenal sebagai Big Three bersama YG Entertainment dan JYP Entertainment, SME menjadi rumah bagi idola KPop papan atas seperti TVXQ, Super Junior, SNSD, dan masih banyak lagi.

SME didirikan oleh Lee Soo Man pada 14 Februari 1995. Sejak berdirinya, Soo Man telah membentuk banyak sekali girlband dan boyband yang meraih sukses. Boyband H.O.T. dan girlband S.E.S. adalah dua nama yang sangat populer di tahun 1990-an. Dilanjutkan dengan Shinhwa dan duo Hwanhee dan Brian Joo lewat Fly to the Sky.

Perlahan, grup-grup tersebut akhirnya bubar. Namun Soo Man sudah siap dengan mengorbitkan BoA pada tahun 2000, TVXQ pada 2003, band rock TRAX pada 2004, The Grace plus yang menjadi sensasi di dunia KPop Super Junior pada 2005. Popularitas SME makin menanjak setelah SNSD debut pada 2007, SHINee pada 2008, dan F(X) pada 2009, dan SM the Ballad pada 2010. Seluruhnya sukses, apa rahasianya?

Ternyata diakui Soo Man, hal yang membuat grup-grup tersebut sukses adalah kontrak yang sangat panjang. SME memang dikenal dengan 13 tahun kontrak, mulai dari training sampai menjadi artis. Waktu yang sangat panjang untuk si artis sendiri, tapi bagi agensi waktu tersebut merupakan “janji” untuk terus bertanggungjawab pada setiap kewajiban mereka seperti latihan, rekaman, sampai manggung.


Ini berbeda dengan sistem agensi di Amerika yang hanya menandatangani kontrak setelah si artis terkenal. Tidak berperan langsung dalam proses latihan. Agensi Amerika menjadi tidak punya kekuatan untuk membuat artis menandatangani kontrak yang jangkanya panjang.

“Bahkan di Amerika, mereka tak bisa menemukan sistem manajemen seperti kami. Memilih trainee, membuat mereka menandatangani kontrak yang sangat lama, mengajari mereka juga dengan waktu yang lama. Ini tak bisa dilakukan di Amerika,” papar Soo Man dalam sebuah sesi wawancara dengan Chosun.

Jangka waktu 13 tahun itu dianggap cukup untuk menurunkan berbagai ilmu dari trainer dan mengembangkan bakat para trainee. Namun bukannya tak beresiko, 13 tahun juga dianggap waktu yang sangat lama. Kontrak itu akhirnya mendapat sebutan slave contract karena artis seperti diperbudak selama 13 tahun untuk menuruti segala yang diminta agensi.

Kontroversi makin menguat ketika 3 anggota TVXQ Jaejoong, Yoochun, dan Junsu mengajukan gugatan pada SME karena kontrak 13 tahun dianggap terlalu lama, dan tidak adil karena penghasilan mereka selama itu dianggap tidak diberikan sewajarnya. Kasus ini berujung pada keluarnya ketiga anggota TVXQ itu dan membentuk grup sendiri yang diberi nama JYJ.

Tidak cukup sampai di situ, anggota Super Junior yang berasal dari China Hangeng mengajukan gugatan serupa. Ia merasa selama berada di bawah kontrak dengan SME, Hangeng diperlakukan sewenang-wenang. Ia dipaksa melakukan segala aktivitas dan penghasilan yang juga dianggap tak adil. Hangeng juga kabarnya tidak diberi waktu berlibur selama 2 tahun terakhir.

Meski diterpa berbagai kasus, Lee Soo Man dan SME tetap berdiri tegak. Selain mampu membuat artis menuruti segala keinginannya dengan 13 tahun kontrak, Soo Man punya satu rahasia lagi agar artis-artis binaannya terus maju.  Apa ya?!

source: Detik.com

112 comments on “Lee Soo Man tentang “Kontrak Budak” di SM Entertainment

  • Ya sbnarnya aq salut ama SM
    Andai saja artis2 binaannya ga ampe pecah kyk skrg mungkin lbh salut lg
    Tp gapapa
    Ga ada SM mungkin skrg ini aq ga kenal SHINee, suju, snsd, fx, dbsk, boa, dll (´⌣`ʃƪ)♡

  • entertainment korea menakutkan juga yaa
    yah, namanya juga jd artis, hrs siap untuk konsekuensi apapun, harus professional, apalagi di korea yg entertainmentnya begitu rumit

  • ini udah pernah dibahas blum sih?
    kok ini di ungkit lagi ya,kan hangeng juga udah baik2 aja bukan kmren dng SM…
    ckck,
    karna bnyak yg ga suka dengan so man.mkin berjaya dia.
    mkanya ngpain cape2 ga suka dia,
    mnding pikirin dan idolain aja artis2nya…
    lbih damai dan ga pusing..:)

  • ehm…gmna yah????mau komen apa yah????
    huuuuhhhh….no coment ah ^^
    cuma mau pesan sedikit utk bang soman….
    “dunia ini berputar, gak selamanya yg diatas akan tetap berada diatas ada waktunya yang di atas akan jatuh kebawah”
    Emang aku akui bang soman daebak gak ketulungan…^^

  • Klo Ga ada audisi SM, mngkin kita ga bkal liat idola kita skrg,.
    Lgian liat aja, artis2 SM tu daebak, mrka sukses besar,.. So, jgn ngebash SM, aplg om sooman kshn udh tua gtu 😀

  • pasti mencapai sesuatu harus berat banget yahhh…
    mau marahin, tapi klw tnpa SM, kita gk knal SUJU…
    mau baik, tapi dianya bkin hal yg aneh (?)
    pokoknya…. semangat…*halah, apa pulak aku ini?*

  • Knp hrs 13??
    Apakah bung soo man memiliki kepercayaan pd angka tersebut??
    Angka ini bkn cm pd kontrak,tp jg pd angka2 kelahiran member suju yg kl ditotalin 13 jg,,
    hmm,,pikiran gw jd merunut k illuminati (hehehe,apa bener y??)
    *asbak,,asak nebak*
    #tanyakenapa
    #abaikan =,=”

    • K-RyuJunkified -TukangBasmiHamaDiRumputLiar- ayooo vote buat bigbang kalo menang dapet cipok dari yg appa *diseret

      aku takut ama angkat 13 gara” nonton lantai 13 wkwkwk xD

  • Oke, gw akui dia punya pemikiran- pemikiran kreatif yang bikin SM maju.
    Tapi dia nyuruh ‘pekerjanya’ yang ngelaksanain dan kerja keras siang malem, sementara dia tinggal santai- santai nikmatin hasilnya.
    Prinsipnya : Lo berhasil, gue banggakan. Lo gagal, gue buang.
    Trus orang- orang yang maksa keluar dari SM bakalan kesusahan deh tampil di TV.
    Makanya artis- artisnya pada nurut- nurut aj tuh ma SM.

    • stuju.. kalo Emank SOOmAn itu baekk knapa JYJ gak d lepas……. akhirnya artis2nya pada takut untuk kluar dri SM….

    • kurang suka dg pemikirannya.. biarpun berterima kasih telah mengeluarkan artis2 besar sperti suju snsd dll, tp tolonglah,, hargai mereka juga.. setidaknya perlakukan mereka dg baik.. seperti manusia juga,,, bayangin aj mpe oppa2 suju sehai tidur hanya 2-3 jam tiap hari… poor oppa suju… fighting yaa elf slalu ada di sampingmu…:)

  • Setuju lah sma komen2 diatas..,nama nya jg hidup di dunia pasti ada sisi Burukk dn sisi Baikk nya..,apa lg dunia hiburan adalah dunia bisnis dn dunia bisnis adalah dunia yg Kejam..#alahbahasanya hehe#

    Tpi emang resiko artis Korea bgtu ya hmhm semuanya harus TRinee smpe2 ada yg ber tahun2 bru bs di debut kan jd artis,,hmhmhhm Beda bgt sm di indo kbnyakn instan…”

  • Rahasia Soo Man soal artis2x yg maju,
    1. SM punya modal gede, 1 lagu kdang ada 3 klip (MV, Dance Ver, 3D Ver) jd pnggemar gak bosen
    2. SM jago promosi
    3. SM bnyk koneksi

  • Semua nya emang sdh di TAkdir kan oleh TUHAN klw LEE Sooman Ga ada pasti tvxq suju snsd shinee dn artis2 Sme yg laen ga bakalan ada dan Yg LEBIH pastinya klw ga ada suju tvxq snsd dll skrang psti ga akan ada yg namanya ELF SONE Shawol Dll Jadi klw mau marah silah kan marah sma TUhan yg sudah menakdir kan SUJU tvxq dll berada dibawah naungan SM.”dn soal hangeng dn JYJ keluar dr Sm pasti smuanya udh jd jln trbaik yg d pilihkan tuhan utk mrka.( kta kn ga tau apa yg akn trjdi kedepannya ) Krna Gw percaya semua kehidupan sdh ada yg mengatur nya.”#pendatgw abaiknsaja#

  • weh kakek soo man emng daebak kkk~ tp serem bgt 13 taon -_- gw aja br 13 taon sekarang
    oh y bantu vote komodo y 😀 kita ketinggalan sm malaysia ayo votee komodo xD
    dan yg lg vote bigbang & 2ne1 sekalian y 😀

  • Semua nya emang sdh di TAkdir kan oleh TUHAN klw LEE Sooman Ga ada pasti tvxq suju snsd shinee dn artis2 Sme yg laen ga bakalan ada dan Yg LEBIH pastinya klw ga ada suju tvxq snsd dll skrang psti ga akan ada yg namanya ELF SONE Shawol Dll Jadi klw mau marah silah kan marah sma TUhan yg sudah menakdir kan SUJU tvxq dll berada dibawah naungan SM.”dn soal hangeng dn JYJ keluar dr Sm pasti smuanya udh jd jln trbaik yg d pilihkan tuhan utk mrka.( kta kn ga tau apa yg akn trjdi kedepannya ) Krna Gw percaya semua kehidupan sdh ada yg mengatur nya yaitu tuhan.”#pendatgw abaiknsaja#

  • Good job kakek soo man..pantesan aja sukses,bkn hanya perusahaannya tapi juga artis2nya,mendunia semua..keren2 semua

    Sayangnya kakek sooman menjadikan SMentertainment murni perusahaan bisnis,jadi kurang memperhatikan sisi humanis,dan lebih menomersatukan bisnis..maybe ini kekurangan SMEnt,makanya ad mslh2 kyk gtu
    #no bashing,just myopinion

  • Haaaah..rsnya cape sndri low baca tntang sm,korea mang di knal menerapakan sistem yg keras trhadap artisnya,mereka di audisi kemudian di traening,bru di orbitkan stlah bertahun2,dan sm salah 1 nya,tapi kita tida bisa menilai hanya dengan membaca berita,mungkin kontrak 13th adlh kntrak yg sangat lama,tapi jika apa yg di lakukan sm itu slh,bagai mana kita bisa mengenal idola kita,apa kontrak yg sebntar bisa mmbuat kita mengenal sm family,

  • Mnurut q c emang kepanjangan banget kontraknya,,
    Prasaan kl di manajemen lain masa trainee itu pisah sm kontrak setelah debut,, tp kl di SM sama jg ato beda gk sih?!
    Perkiraan gw kl 13 thn digabung sm masa trainee aja msh kebanyakan apalg kl dipisah?!

    Mending om sooman dirubah aja jd per 5 tahun ato paling gk 6,7thn apalg kl mmg bener hasil yg mrk terima slama ini gk sesuai sm apa yg mrk kerjakan slama ini kyk yg dipermasalahkan sama JYJ skr ini, kan kasian artisnya,, kan mrk bs perpanjang kontrak kl misanya mmg betah

  • dri dulu q mau benci ma so man tpi g prnh bisa, krn tanpa dia g akn kenal suju…….tpi soo man makin dibenci makin sukses ya…….lihat aj artisxa sekrng ……wahhh bngt……pembawa hallyu wave……

  • Kontrak yg panjang, utk pelatihan dan segala macem. Pantas artis2 nya pada Luar Biasa. He has a rule, for the best actually. Selama SJ msh percaya pd LSM, aq akan tetap dukung LSM.

  • apapun itu, aku tetap saluuuut banget ama SM,…
    Semua grupnya keren2,..
    apalagi strategi promosinya, ga usah ditanya lagi,..
    mengenai kontrak 13 tahun dan jadwal artis yang padat, menurutku itu memang impian para idola kita untuk menjadi yang terbaik di atas panggung meriah bemandikakan cahay kerlap kerlip dan dan teriakan membahana para fans,.. SM hanya membantu para artis mencapai impiannya itu.. bagi para artis itu sendiri, capek, itu pasti,.. tapi, no gain without pain,..

    mengenai pembagian uang, aku ga begitu ngerti,.. tapi, menurutku wajar aja kalo jumlahnya jadi ga begitu besar setelah dipotong biaya makan, bensin, perawatan tubuh, pelatih fisik, fashion, tunjangan berlibur, pendidikan, pelatihan2, pembuatan lagu, rekaman, ..dll ,..

    apalagi SM koneksi-nya banyak,..
    SM, daebak slalu ya!

  • Lamanya kontrak itu dihitung dari mereka trainee. Dan mereka diorbitkan saat benar – benar sudah siap. Mereka sudah bisa nyanyi, ngedance, dll. Dan yang penting mereka juga dilatih bagaimana cara menghadapi dan menghargai penggemar. Gw salut karena artis2 SM ‘keluar’ ketika mereka sudah matang dan siap. Bukan sekedar musiman. Salut buat manajemen di Korsel ga cuma SM tapi juga yang lain.

  • Banyak sekalee yang aku pikirkan tentang artis di korsel ini :
    1. oklaa, saat di MV dan panggung mereka terlihat baik2 aja,tapi dlm kenyataan kita gag pernah tau apa yang mereka rasakan. kesepian,senang, sedih, atau apalahh………
    2. sistem jadi “artis” di korea emang gag gampang, gag kayag di negara kita yang langsung bisa jadi artis “dadakan”. Training itu suatu yang menyenangkan dan melelahkan, dan itu untuk mengembangkan bakat mereka. makanya pas keluar mereka benar2 memiliki “sesuatu” kualitas yang tak terkalahkan dan berbeda.
    3. untuk kasus JYJ ato Hangeng, no comment takut salah ngomong.
    4. menurutku, buat jadi artis di korea harus tahan mental.
    5. akk juga prnah baca di majalah, kalo mau masuk di SM itu syaratnya kita harus mau oplas! BENAR GAG SII CHINGU??????????

    MAAF atas commentku yah kalo ada yg ngebash, , ,

    • yang num 5. kayaknya enggak deh chingu…buktinya, banyak tuh artis SM yang sampe sekarang udah terkenal banget tapi mereka gak oplas…kaya suju, tvxq, dll dsb….hanya beberapa yang melakukan operasi, gitupun juga kebanyakan cuma eyelid kan…

    • SM bukannya ada yang ngasih julukan Surgery Maniac?
      ntahlah..
      tapi agak setuju juga sama yang SM itu banyak yg oplas. Demi kepentingan artis tersendiri dan juga demi keuntungan
      Oplas atau ga, sebenarnya ga terlalu penting. Yang lebih penting, kualitas dari artis itu sendiri

  • Skrng bgini jika seandainya sm menerapkan kontrak 4 sampai 5th,apa yang akan di prbuat sama grup2 idola sm stelah kontrak brakhir,mungkin mereka bisa mengikat kntrak lg atau memilih intertaimen lain,akan sngt mudah bagi yg brsolo karir,tapi bagai mana dengan grup seprti super junior misalnya,stelah kontrak berakhir mereka tentu akan memilih tawaran2 yg datang pada mereka,lalu bagai mana dengan kita sebagai fans,akankah kita rela melihat mereka berpisah,di prusahan yg brbeda,jika selama ini kita memvote mereka sebagai sebuah grup di dalam nominasi,kita tiba2 harus meilih 1 atau 2 dari mereka bukankah itu sangat memilukan,tapi akan sangat berbeda jika mereka masih di satu prusahan yg sama,masalah sm,yg tau cuma tuhan sm and artisnya sendiri,jjr aku ga suka dengan prlakuan sm,tapi aku berterima kasih,karna kontrak yg lama aku masih bisa melihat suju sampai sekarang,,di ambil yg baiknya aj,,

    • stuju bngt ma kamu……selain suka suju q juga dulu suka ma SS501 tpi skrng berbeda agensi susah bngt buat tampil bareng….q suka mereka sbg klompok……dan skrng susah bngt buat mereka tmpil bareng…….
      Dan untungx aj suju mempunyai kontrak pnjng dengan sm sehingga mereka akn terus bareng2 terus……

    • tapi ada sedihnya juga sih : gak bisa liat suju tampil sbagai 13 org di atas panggung lagi…. skrg ajah kibum gak tampil bareng suju lg…. pdhal kan mnurut ku dy memiliki talenta yg bagus

  • namanya juga kerja, belajar..dimana2 yah sulit..apa lagi nyari uang..di dunia ini hidup itu bener kudu berjuang..ada saat nya d atas dan d bwah..ada saat nya brhasil dan gagal..

    ok..kita juga kaga mau rugi dong, suka korea hrus dpet pelajarannya juga 🙂

  • w akuin mang artis so man keren2 pa lagi kita tau semua yg di gilai seluruh dunia tuh artis SM, bukan w nyalahin so man, tapi jerih payah keringet itu harus di bayar adil sesuai dengan kerja keras y, kita ngmng seenak y, tapi ga ngrasain kan?? bagaiman cape y n di paksa kerja, wajar kalau ada yang menegluh akhir y marah karena keluhan y ga di tanggepin. cntoh kecil kayak kita ke orang tua, kl udah mau kita orang tua kadang harus mengalah, seharus y soman juga bisa menjadi orang tua yg tidak hanya memikirkan suatu kontrak

    sekarang YG sedang berkembang, w setuju ma cment di atas juga ga selama y kita bisa diatas suatu saat ada kala y kita di bawah ^^

  • Sbnr salut ama manajemen.nya. Td ituu dia. Kalo ngliat artist sm ada yg sakit. Rasanya aduh yha sm kya liburan kek.
    tp suju gy lburan kn.
    Intinya jd artes dkorea ga gampanglah lah. Apalg kalo msuk agensi besar kya sm yg ma jyp.

  • , ya aq akui SM emank DAEBAK ..
    , sLalu bisa bimbing Artisnya supaYa slalu Jaya ..

    , tapi semoga Artis”nya selalu dlm keadaan sehat ..
    , and khusus buad SHINEE ..

    , hhihihihihiihihihiihihihi

    , FIGHTING !!!!!!!!!!!

  • hello,, kakek soo man *alias siluman*. Pinter bgt ya bolak-balikin keadaan dgn omongn lu. Setau aq para traine SM tu byar ke SM untk traine mrka, jdi traine itu ga gratis. Kalian ga tw aja gmna susahnya TVXQ dlu paz traine, sampe ada yg jual darah dn ga mkan untuk byr traine ke SM. Intinya SM tu MATA DUITAN dan GA PUNYA PERASAAN.

    • setuju!bukannya gak mau berterima kasih sama SM,gue tau tanpa SM ga akan pernah ada suju dan ELF.apa yg selama ini suju lakukan itu belom cukup untuk membalas apa yg SM kasih??kenapa harus selalu diperlakukan gak adil??kita juga punya batas kesabaran atas perlakuan SM selama ini.

    • K-RyuJunkified -TukangBasmiHamaDiRumputLiar- ayooo vote buat bigbang kalo menang dapet cipok dari yg appa *diseret

      pokok ny kalo mw jd trainee di sm harus pny duit

    • seSUJU!
      Dengar2 kalo ga ikut latihan,harus bayar denda
      Terus kalo ngebatalin kontrak, juga kena denda
      Uang makan ga dikasih, uang penginapan aja ga dikasih
      Habis dari ceritanya Kibum SUJU, dia dikasih duit buat dikorea sama orangtuanya, dan ga ada yang dari SM.
      Kalau mereka udah jadi artis, mereka harus bayar sendiri biaya kostum, biaya makeup, panggung, uang staff, terus juga kalo ga sesuai target, mereka ga dapat uang sama sekali
      Miris banget sama agensi ini, meski artis2nya banyak yang aku suka. Tapi sistem bagi gajinya sangat burukl

  • memang sih klo kita liat 13 tahun tuh, ga sebentar. tapi 13 tahun kan udah termasuk trainingx… dan SM jg ga tanggung2 ngasih bekal buat para trainee… wlopun ga training diluar negeri, SM malah mendatangkan koreografer kelas dunia buat ngelatih traineex… skrgpun ex-SMent msh bisa berkarya dan terkenal…
    aq ga pernah membenci SM.. mlh bersyukur.. kita bisa ngenal Suju, SNSD, Shinee,dkk… ga nyesal bisa kenal mrka di zaman skrg ini… di masa dpn, kita bisa cerita ke anak cucu kita… hehehehe…..

  • kontrak 13 itu bisa dibilang pantas untuk sebuah agensi yang ebina artisnya dari 0 ampe sekrng, mereka membiayai segala sesuatu saat training sampai jadi artis skrng, cuman cara memanfaaatkn 13 itu yang bermasalah. byngn ajja kalau kita ngasuhh annak dari dia blm jadi apa apa sampe jadi orang, apa yang kita munta bakti dong. yayay mau gimana lagi ini lah sistem yang di jalan kan korea.

    • Semua pasti mw berbakti kl mrk d byr sesuai kerja mrk. Perumpamaan : kl ortu loe nggak ngasi duit , kmnya pasti marah pdhl ortu loe dah besarin loe dan ngabisin banyak biaya.pastinya loe lebih marah lg kl loe kerja trus semua hsl kerja loe d ambil ma ortu loe. Kl mrk betah ngapain jg pake nuntut.

  • Lee Soo Man mmg hebat, semua org tw itu. Tp yg hrz qt garis bawahi kl tdk semua peserta training bakal jd artis besar, itu jg tergantung dr individunya. Qt liatnya kan yg tenar tp pasti ada bbrp yg tdk d orbitkan ato tdk d masukkan dlm suatu grup krn individunya yg tdk bisa, pdhl sdh menjalani training. Namanya jg bisnis pastinya Lee So Man mw untung, artis mengganti biaya selama training mrk tp kl sampai bertaon2 pembagiannya terlalu timpang Gimana coba???. TVXQ yg wkt itu jd The Best Group Of Asia dgn penjualan tiket yg selalu sold out tp anggotanya dpt gaji yg dikit.kl org menghasilkan 100 jt perbln tp cm d gaji 2 jt gimana rasanya (ini perumpamaan ya), kontraknya TVXQ jg d ubah tanpa sepengatahuan mrk. Truz knp kesannya nggak mw melepas JYJ.ckckck. Yg kamu dpt dr mrk sdh berjuta2 kl lipat lbh banyak.

    • setuju.setuju,setuju
      mungkin SM ngerasa SM yang paling berjasa dan berkuasa atas mereka.

    • ehm…..RT chingu

    • kesejahtraanya terjamin donk,knpa ga?
      jalan2 iya,liburan juga dkasi kok.wlau mmg ga mungkin lama liburan,buktinya skrang mreka lgi liburan.
      uang pasti,karir terjamin.tour dunia ia.
      yg lainya hanya mreka yg tau..^^

  • Hampir semua artist dari SM aq suka,,
    soalnya mereka emang multitalent n berkualitas,,
    kontrak 13 tahun kan udh termasuk masa trainee mereka n anggaplah sebagai sesuatu yg harus dikorbankan untuk meraih popularitas.
    Bukankah SM sendiri yg bilang klo mereka jg yg msti bertanggung jawab atas masa depan trainee2 mereka…
    TAPI,
    kontrak yg lamaa n kesuksesan para artisnya juga HARUS diimbangi dengan PENGHASILAN yang SEBANDING dengan kerja keras para artis itu sendiri.
    DIJAMIN dech, artisnya BAKAL BETAH di SM… 🙂

    *still wondering & hoping for JYJ comeback to HoMIn as DB5K*
    AKTF!!

  • yaudah sih. Yang tau cuma org2 dalem SM. Kalian org awam yg gak tau apa2 jgn asal nuduh dulu.. Lagian SM jarang nunjukin dalemnya kyk apa. Kmrn jg suju sempet perpanjang kontrak kan sama SM? Berarti suju nyaman di SM. Tindakan kalian? Dukung dan ksh semangat buat mereka.

  • semua bias saya di sm ent…enggak bgtu bgs perjalanan karirnya…tapi sm ent emg plg trknl diantara big 3 (jyp,yg,dan sm)….fighting ajalah buat smua artis sm ent

  • klo kontrak panjang, yang kedepannya ternyata gak heboh or booming jadi tenang..soalnya kontraknya masih lama jadinya tenang deh…ehhhh…yang kedepannya ternyata terkenal ehhh mencak-mencak ngeluh kontraknya kelamaan…pingin keluar…emang loe pada gak baca kontrak apa dari awal…tambah-tambah gak tau terima kasih…capek deh..Allah maha adil

    • Jelas Tuhan Maha Adil, setelah kasus JYJ, SME jd lbh memperhatikan kontrak artisnya. kl hanya 13 taon sih tdk masalh, tp u JYJ thn 2009 pemaukan dr single digital tdk d masukkan ke honor mereka sprt taon sblmnya. pemasukan konser tur dunia TVXQ mencapai 34 miliar won tp mrk hanya mendapat 9 miliar won yg msh d kurangi u biaya administrasi.selama ini u pembuatan MV dan dancer d bayar dr honor TVXQ (honor mereka d kurangi u pembuatan MV jd bkn SM yg bayar). Pengadilan memenangkan gugatan JYJ dgn SME bahwa KONTRAK mereka TIDAK IMBANG dan MERUGIKAN jyj. siapa yg bilang mrk tdk tw terima kasih???

    • sori nih chingu… cuma mo nanya doank…
      emank keputusan pengadilan bwt kasus JYJ udh keluar? kyknya belom deh cz bukannya gara2 masalah ini JYJ ga bs tampil dimana2, bukannya krn keputusannya blom kelar makanya para stasiun TV ga mo nampilin mreka?

    • ehm….sebagian besar aku setuju sama chingu….kasian JYJ,,,,kapan ya SM bisa melepaskan JYJ padahal yg dia dapat dari JYJ udah melebihi dari cukup,,,
      untuk kasus JYJ masalah gugatan JYJ k SM udah selesai dan dimenangkan oleh JYJ makanya pengadilan memutuskan SM tidak boleh mengganggu kegiatan solo JYJ dan klo SM melanggar maka akan dikenakan sanksi berupa pembayaran ganti rugi….tp SM mulai lg untuk mempermaslahkan perkara kontrak ganda dan ntah gak tau mpe sekarang tuh perkara masih digantung SM…gak tau apa maksud SM (maybe gugatan SM itu hanya isu)

      jujur tapi menurut aku pelarangan TV buat JYJ tampil karena masalah hukum itu hanya alasan semata karena udah kita ketahui bahwa kasus pidana gugatan JYJ k SM udah terselesaikan yg belum terselesaikan itukan hanya ISU bahwa SM mau menggugat JYJ balik dg kasus kontrak ganda JYJ-Cjes….N sampe sekarang kasus gugatan balik itu gak ada kok….(udah lama aku tunggu2 sidangnya)

      and well we see….

      apapun itu masalah JYJ fighting…AKTF

  • harta gak selamanya mendatangkan kebahagiaan…pertemanan, persahabatan, dan kebersamaan adalah sumber kebahagiaan hakiki dan sejati, bahkan lebih abadi…

  • Yah asal si om nya adil aja sih gpp,

    Kasian ke artis nya aja kl misalnya gk adil, udh di kontrak lama bgt tp, kl yg didpt cm ketenaran doang kan kasian, namanya kesejahteraan lahir dan batin itu harus di utamakan..
    Kan qt gtw ya dalem nya kyk apa, ADIL = kunci satu2 nya

  • terlepas dari rasa kurang sukanya aku sama Mr. Lee Soo Man, tapi aku akuin kalau dia emang hebat. meskipun JYJ dan Hangeng memutuskan keluar, dia masih bisa membina artis2 yang lainnya supaya tetap bertahan di SM. rahasia nya apa ya??? hmm . . . klo menurut artikel yang pernah aku baca sech, SME itu selalu menjanjikan ketenaran pada artisnya, dan bener kan. artis2 nya selalu ‘merajai’ artis2 korea lainnnya. gak ada artis SME yang gak besar namanya. DAEBAK deh pokoknya. ^_^

  • Dan aq hanya bias ke artis SM hehe, krn mnurutku mreka bnr2 STAR yg paling bs diidolakan.
    Dan masih ada jg ya yang ngebash SM, TOLONG BERCERMIN PADA AGENSI BIAS KALIAN SENDIRI, apa kaya gtu jg PATUT DICONTOH, bukannya mlh lbh extrim?? ckckkckckckccck.!*

  • kok ada yg ngomongin soal oplas sch?setauku artis SM banyak kok yg murni alias ga oplas.SM itu memang management yg super duper hebat n kuat.cuma tinggal rasa care and humanisnya aza yg kurang.coba kalo Soo Man kayak park jin young.bakal sempurna bgt it SM

  • Dan aq hanya bias ke artis SM hehe, krn mnurutku mreka bnr2 STAR yg paling bs diidolakan.
    Dan masih ada jg ya yang ngebash SM, TOLONG BERCERMIN PADA AGENSI BIAS KALIAN SENDIRI, apa kaya gtu jg PATUT DICONTOH, bukannya mlh lbh extrim?? cckkckckckccck.!*

    • kalo indonesia kita ngeluarin duit untuk jadi artis, kalo korea, mrk (agensi) yang ngeluarin duit buat jadi artis

  • eeemmmppppp ,, comment pwa ea ??? # gruk” kpaLa

    eemmppp ,, d SM q cma ska SUJU doank …
    so, q ga mo mbiL psing sm yg Laen y ..
    hehehehe

  • gw akui gw adlh YG stan krn mank kbetulan artis yg paling gw suka adalah anak asuh YG (mba Gummy, saya melihat anda) jdnya gw malah suka ma artis2 YG lainnya…..

    eits… malah ngelantur…. sorry, back to the topic… sebenernya yg gw salut ma SM tuh justru kontrak 13 thn-nya loh… krn gw salut akan kbranian ni org tuk ngambil resiko… coba bayangin klo artisnya ga sukses? dy pasti rugi.. tp dy tetep mempertahankan artis2nya, ga dibuang gitu ajah… lihat CSJH ato lbh diknal sbg The Grace… org2 mgkn ga tw kbradaan mreka, bahkan gw yakin bberapa fans SM Ent ga tw soal lagu2 mreka, mreka mgkn hanya suka SME krn artis2nya ada disana… tp CSJH ttp ada di SM dan dy jg mlakukan sgala cara bwt promosiin mreka… dan gw sangat berterima kasih krn dy tetep mmpertahankan itu grup krn mnurut gw suara mreka canggih bgt…

    tp gw jg ga bs nyembunyiin kekesalan gw atas perlakuan SM thdp bekas anak asuhnya… mksd gw, ywdh-lah, klo mrka dh mo kluar ya lepaskan aja n ga ush dipersulit dalam sgala hal… contoh JYP yg rela2 aja Jay Park terkenal n manggung dsana sini dbandingkan anak asuhnya yg laen…

    huff….lagi2 gw komen panjang bgt… sori chingu n admin… biasa ngeluarin unek2.. hehe

  • Hanya Tuhan , SM, Artisnya yg tau . Q sebagai penonton hanya bisa mensupport idolaQ aja , mendoakan u/ kebahagiaan mereka n u/ kesehatan mereka .

  • berarti para artis atau trainer nya selama 13 tahun mereka mau ga mau harus memiliki talenta ya, bener2 membuat org dr nol become something wew kerjaan yg ga mudah jg buat manajemen nya ckckckk wlo pun kontrak nya kejam tp setidaknya SM menunjukan bahwa mereka bisa menjual artis2 yg luar biasa dan meraup keuntungan selangit dr si artis.. konsep Lee Soo Man mengerikan tapi menjanjikan… 🙂

  • sebenrnya yang sebenar-benarnya sih yg bikin kontrak budak itu sih CEO nya SM namanya Kim Young Min,ia memang dikenal kejam sm artis2 dan yg bikin kontrak budak itu yah dia bukan LEE SOO MAN,soo man itu cuman melatih artis2 aja tapi ga ada kaitannya dgn jadwal2 si artis,kontrak budak atau yg lain2nya..semua keputusan dibawah CEO makanya rata” artis sm itu banyak yg ngasih thanks to di albumnya untk soo man,krna soo man ga salah,yg slah itulah sih CEO nya!

  • eh klo gak slh tmnku pernah bilang 3 agensi besar korea mempunyai hubungan dgn orang2 amerika yg terkenal bner ga

  • klo emang soo man jahat sma artis2nya tpi kok…snsd,f(x),shinee pernah dinner breng sma soo man 🙂 …au ah..cman mreka yg tw :D…netral aj sma soo man….

  • sebetulnya, slave contract begini nih ada positif negatif nya… positifnya ya hasil yang didapatkan luar biasa bagus dan sukses… selain itu juga berkualitas karena sudah terbiasa hidup dengan cara seperti itu selama bertahun-tahun….

    sementara negatifnya ya kita ga tau kapan kita debut dan hasil yang didapetin berapa…

    tapi bisa dicontoh tuh sistem pelatihannya Korea… jadi ga asal debut aja… tapi dilatih bertaun” sehingga jadi professional, ga main punya bakat dan niat terus debut, tapi harus diasah. bisa dicontoh tuh sama Indonesia, biar girlband-boyband nya lebih berkualitas ^^

    visit yaaa http://missstupidliar.wordpress.com

  • ya udah terima aja… tiap orang berbeda2 dalam bersikap dan cara pikir orang beda2, kakek sooman, appa YG dan om JY park punya caranya sendiri2.. lagipula kalo ga ada salah satu dari mereka ga akan ada persaingan yang seru…dan juga banyak artis SM yang keren2 kok.. hahahahaaaaaa… tapi teteup YG kekeuh.. wkwkwkk

  • Dilihat dari sisi baik ada negatifnya lebih banyak *no bash*
    semua orang berhak berpendapat

  • Sebenarnya 13 taon itu tdk masalah asal mrk d bayar dgn adil, 20 taon jg tdk pa2. ASAL D BAYAR DGN ADIL. gw cm bicara soal kasus JYJ, kl kontrak mereka d ubah tanpa sepengatahuan mrk truz ada bbrp yg tdk d byrkan.
    Jika mw agensinya SEMAKIN manusiawi harusnya tiap taon kontrak d revisi masalah pembagian keuntungan dgn perusahaan sehingga artis yg dah ngasi banyak banget buat perusahaannya, persen u mrk d naikin taon dpnnya. Bukti mrk benar, krn pengadilan memenangkan gugatan mrk dan menghapus kontrak 13 taon (mgkn d Indo namanya kontrak eksklusif). Apa mereka mw selama sisa taon dr 13 taon itu tdk d bayar sesuai yg mrk kerjakan???
    Truz apa wajar menolak mendatangkan artis dr perusahaanya kl JYJ tampil d stasiun TV tersebut. D tiap negara jg ada sj masalah artis dgn manajemennya. Kl artis kalah mrk hrs membayar denda ke manajem,en sblmnya tp kl menang mereka boleh hengkang, tp br liat kasus yg ngeboikot artisnya kl mantan artisnya tampil d acara tersebut.lucu banget khan???
    NGELEPAS KONTRAK 13 TAON ITU BKN KARENA TERLALU LAMA TP KRN MRK D BAYAR TDK ADIL DAN D UBAH TANPA SEPENGETAHUAN MEREKA.

  • kontrak 13 tahun… klo salah satu idol pas ttd kontrak diem2 merit n punya anak, pas kontrak kelar anak dah cukup gede dong… lumayanlah.. itung2 masuk TK, SD, SMP ada duit LOL

    pokoknya bwt SM, gak masalah kontrak lama-lama, yg penting tiap taon gaji naik trus liburan jg dikasih jng dipangkas muluu~
    kerja keras idol itu bkn cuman mw tenar.. tapi juga krn mereka butuh KEKAYAAN…
    gak cuman Sooman az dong yg boleh punya rumah di LA.. klo perlu semua anak didik juga punya rumah disana.. *asal jng rumah gubuk*

  • wah tapi kebukti Lee Soo Man itu orang yang tanguh banget yah, dia berani beda sendiri dari agensi lain~ Lee Soo Man kake” yang masih bugar (?)

  • Komentar ditutup.

    %d blogger menyukai ini: