YGE Kurangi Kuantitas IPO Karena Adanya Kasus Ganja Yang Menambahkan Resiko Pada K-pop!

Published 20/10/2011 by yeppopo

YG Entertainment Co., yang memanajemeni boy band Korea, Big Bang, menurunkan kuantitas saham yang akan mereka lepas sewaktu penjualan saham pertama (IPO) setelah pemimpin boy band tersebut mendapatkan hasil positif dalam tes penggunaan narkoba.

Kasus penggunaan narkoba yang dialami oleh G-Dragon menyebabkan aktivitas grup tersebut menjadi terbatas untuk sementara waktu, YG mengatakan sewaktu ia menyerahkan revisi propektus (dokumen yang mendeskripsikan kondisi keuangan kepada calon pembeli) kepada Korea Exchange Inc. kemarin. Konser Big Bang mungkin akan ditunda dan pendapatan dari iklan bisa  jatuh, menurut perusahaan tersebut. Kata YG, Big Bang dan setiap membernya memberikan pendapatan lebih dari setengah dari total penjualan perusahaan tersebut di tahun 2010.

Saat ini, YG memberikan 35.9 milyar won ($31 juta = Rp 287 M), lebih sedikit daripada sewaktu pertama kali mereka mendaftar yaitu 39.9 milyar won. Pada saat itu, Big Bang mengadakan beberapa konser yang sukses di Jepang dan fans menyukai 2NE1, grup wanita terdiri dari empat orang, yang juga dimanajemen oleh perusahaan tersebut. Nilai saham dari pesaingnya yaitu S.M. Entertainment Co. naik tiga kali lipat tahun ini meskipun nilai saham Kospi Index turun sebesar 9.5%.

“Dampak jangka pendek penurunan pendapatan pasti terjadi karena G-Dragon adalah salah satu artis andalan YG yang telah membantu perusahaan tersebut menjadi salah satu perusahaan teratas dalam industri musik Korea,” kata Choi Woong Pil, manajer pengelolaan dana di perusahaan KB Asset Management yang saat ini sedang mengelola dana sebesar $23 milyar (Rp 207 T) dalam bentuk aset. “Namun hal tersebut tidak akan menurunkan minat pembeli kepada IPO YG karena saingan terbesar mereka, S.M., terus-menerus menampilkan hasil yang positif dan YG juga memiliki potensial seperti itu.

Penyesalan Terdalam

YG menolak memberikan kepada G-Dragon, yang bernama asli Kwon Ji Yong, kesempatan untuk berkomentar atas kasusnya. Penyanyi tersebut menyatakan bahwa ia mengira itu hanyalah rokok biasa yang diberikan oleh seseorang yang dikiranya sebagai salah satu fans ketika mereka sedang mengadakan tur di Jepang pada bulan Mei dan menghisapnya dua atau tiga kali sebelum membuang rokok tersebut ke toilet, begitulah pernyataan resmi yang dikeluarkan oleh perusahaan pada tanggal 5 Oktober.

Penuntut memutuskan untuk tidak mendakwa G-Dragon karena ia tidak mempunyai maksud untuk menghisap mariyuana tersebut dan dari hasil tes hanya terdapat sangat sedikit bukti adanya narkoba tersebut,” kata YG dalam pernyataan resminya. “G-Dragon dan perusahaan sangat menyesali adanya kejadian ini dan meminta maaf karena tidak berhati-hati.”

YG berencana untuk membuat tim “manajemen resiko para artis”, kata perwakilan dari perusahaan tersebut dalam prospektus yang diajukan kemarin. Imej dari artis cenderung mempunyai efek kepada pendapatan perusahaan entertainment, kata YG.

Permintaan atas saham IPO tersebut akan dikumpulkan pada tanggal 14-15 November, mundur sekitar satu bulan bila dibandingkan dengan jadwal sebelumnya yaitu 12-13 Oktober, seperti yang tertulis dalam dokumen, Perusahaan tersebut akan menjual sekitar 1,25 juta saham dengan harga 22,100 won sampai 28,800 won. Sebelumnya, saham ini mereka tawarkan dengan harga 24,600 sampai 32,000 won.

Tangga Lagu

Harga saham YG adalah 64,000 won pada tanggal 18 Oktober dalam over-the-counter market (pasar saham untuk saham yang belum tercatat), menurut website pasar modal pstock.co.kr di Seoul. Harga tersebut turun dari 69,000 won pada tanggal 5 Oktober.

K-pop yang dipromosikan oleh S.M. Entertainment mendominasi tangga lagu nasional. Boy band terbesar S.M., Super Junior, dan grup wanita Girls’ Generation menduduki peringkat atas dalam penjualan album tahun lalu, menurut tangga lagu Hanteo.

Video Girls’ Generation, termasuk “Run Devil Run” dan video Super Junior “Mr. Simple” telah ditonton oleh 10 juta orang di Google Inc., Youtube. Saham dari label yang lebih kecil, JYP Entertainment Corp. juga telah naik 163% pada tahun 2011 karena kenaikan kedudukan mereka tangga lagu untuk grup band seperti Miss A.

Kesuksesan seperti inilah yang membuat YG memutuskan untuk go public, kata COO Choi Sung Jun dalam wawancara melalui telefon pada tanggal 10 Oktober.

Winter Sonata

Dia mengatakan “K-pop sedang mendapatkan perhatian akhir-akhir ini,” “Meskipun para investor bukan fans dari musik, anak mereka mungkin akan membeli musik kami dan menyanyikan lagu-lagunya. Kami berharap bahwa dengan mengetahui hal ini, mereka akan merasa nyaman berinvestasi pada potensi kami.

Saat ini, K-pop adalah kekuatan utama dalam Korean Wave, yang mulai tersebar di Asia pada awal tahun 2000 dengan drama televisinya seperti “Winter Sonata”. Jepang, yang memiliki industri musiknya sendiri dikenal dengan nama J-Pop, adalah pasar yang paling besar untuk musik Korea, yaitu sekitar 69% dari ekspor, kata Korea Trade-Investment Promotion Agency pada laporan bulan Juni.

Berikutnya adalah Asia Tenggara dengan 21% dan Cina 8% dari ekspor. Website Youtube dan media komunikasi sosial lainnya telah membantu promosi K-pop di Eropa, yang telah tercatat sekitar 1% dari ekspor musik Korea, kata salah satu agensi di Seoul.

Ikon Budaya

Di Perancis, ratusan fans berkumpul di depan Louvre pada tanggal 1 Mei untuk meminta S.M. mengadakan pertunjukkan tambahan di Paris setelah 7,000 tiket konser habis dalam waktu 15 menit.

YG berencana menggunakan hasil dari penjualan sahamnya, yang dikelola oleh Daewoo Securities Co., untuk menaikkan jumlah artis baru, menambah staff produksi dan membuka kantor cabang di luar negeri.

Perusahaan tersebut dikepalai oleh Yang Hyun Suk, mantan anggota Seo Taiji & Boys pada tahun 1990. Grup ini mencampur antara musik pop, rap, rock, dan tekno untuk menjadi ikon budaya di Korea. Yang Hyun Suk, 41, adalah pemegang saham terbesar YG yaitu sebesar 48%. Perusahaan mencatat pendapatan bersih mereka adalah 7.2 M won untuk enam bulan pertama pada tahun ini, tahun sebelumnya mereka mencatat pendapatan bersih sebesar 5.6 M won.

“Di masa lalu, kami mungkin terlalu konservatif dalam mempromosikan artis kami di luar negeri,” kata Choi dari YG. “Dengan hasil dari IPO, kami dapat mendorong artis kami untuk lebih dikenal secara internasional.

Source : Bussinessweek
English to Bahasa : FinCh @ BigBangIndonesia

_______________________________________________________________________________________________

Note: IPO = initial public offering. Ini pada dasarnya berapa banyak perusahaan akan menjual saham2nya selama penjualanan publik pertama.  Penjualanan pertama  YG seharusnya berakhir 12 hingga 13 Oktober tapi sekarang pindah ke 14-15 November. Setelah  kejadian, mereka menurunkan harga per saham dari 24,600 won hingga 32,000 won ke 22,100 won hingga  28,800. Mereka sedang mencari penjualanan total   1.25 Juta saham.

Poin2 Utama dari artikel (Versi singkat): 
– Alasan2 YG untuk go publik adalah untuk menginvestasi pada artis2 baru, staff tambahan, dan lebih banyak aktivitas2 atau promosi2 luar negeri   (berkat Kpop boom).
– Tahun  2010, Lebih dari setengah pendapatan YG berasal dari aktivtas2 Big Bang.
– Karena masalah ganja G-Dragon, konser2 Big Bang mungkin ditunda dan aktivitas2 grup mungkin terbatas untuk sementara.
– Mereka sedang memprediksi sebuah dropnya dalam pendapatan Big Bang yang di dapat dari iklan2.
– Masalah GD akan memiliki sebuah dampak jangka pendek pada perolehan YG tapi ketertarikan dalam persuhaan masih akan ada karena Potensial YG   dipandnag sebagai  “Lengkap/utuh”.
– YG akan membangun sebuah tim “Manajemen resiko artis” yang melihat bagaimana image publik

yang dimiliki   artis2 mereka atau akan memiliki sebuah efek pada pendapatan mereka.


Kutipan dari artikel lain pada IPO dari  10Asia:

Wawancara dengan YGE:”Kejadian2 yang melibatkan artis2 kami, Daesung dan G-Dragon Big Bang mungkin memiliki kendala2 untuk aktivitas2 grup untuk  sementara dan mempengaruhi kinerja bisnis.Sulit untuk menentukan kapan G-Dragon atau Big Bang akan bisa mengejar aktivitas2 mereka secara normal karena  kejadian yang menghubungkan kasus ganja G-Dragon yang bisa berpengaruh pada aktivitas2 Big Bang,   G-Dragon sendiri dan GD&TOP.”

taken from: Bigbangupdates

Indo Trans: Yeppopo

45 comments on “YGE Kurangi Kuantitas IPO Karena Adanya Kasus Ganja Yang Menambahkan Resiko Pada K-pop!

  • wah.. baru tau ini dipost disini..
    aku tadi udah sempet baca yang english nya… puyeng 7keliling panjang banget artikelnya, mana english skill aku setara ama seungri lagii. hahahahah! 😀

    ngga apa-apa papa YG.. mungkin Tuhan ga mau kalo papaYG tiba-tiba kaya mendadak.. jadi perlahan2 aja, dikit-dikit lama2 menjadi bukitt..
    ga dipungkiri hal ini bakal ngaruh ke iklan bigbang yang berjubel.. oke sekarang iklannya ga ada yg batal, tapii mungkin iklan2 yg baru rencana akan bekerjasama, jadi mundur teratur…

    apapun itu, VIP tetaplah VIP. ada kami yang akan slalu dukung BIGBANG..
    lagipula aku yakin semua hal baik akan kembali, tinggal tunjukkan kualitas BIGBANG pada dunia, n IPO nya nanti juga akan naik lagi.. amin~

    makanya teman2 kita harus vote BIGBANG di MTVEMA!! BIGBANG HARUS MENANG!! amin~
    vote yang banyak ya! 5000votes per hari. 3hari lagiiii

    • kayanya ga pake sign in juga gapapa kok. sign in itu kan utk akun megafan yang mau ngejer hadiah trip gratis ke mtvema gitu..
      langsung vote aja…

    • fiuh….untung dech,,klo iy kan sia2 bgt!! coz slama ini aqu klo vote g pernah sign-in dulu…
      #lanjut vote klik kik klik

    • Kalo bisa, sign in aja chingu!
      Soalnya di MTV EMA sendiri ada tulisan kalo vote dari orang palsu atau yg identitasnya nggak jelas tuh nggak dihitung. Caw!

  • siapa yang udah blajar saham?hehehe,
    VIP, kita jangan stres dulu, penurunan saham itu wajar, setiap saham pasti ada kalanya turun, klo saham naik terus justru malah bahaya, coz nilainya bisa turun jauh banget suatu saat nanti, saham YG nggak turun jauh banget kok, taruhan, akhir 2011 ato awal 2012 pasti harga sahamnya bakal naik ^^

  • Panjang bgt artikelnya.,jd puyeng tkut slah komen ya sudh apapun itu sukses trus aja ya untuk semuanya SME-YG-JYP jjang …,,hidup Kpop hidup#plakkgeje#

  • bingung juga….
    YG appa hebat ya…pasti cpek ngurus bisnis plus bimbing anak2 YG..hehehe…
    seneng tp kawatir juga…. 😦 , YG fam spesial krna mereka sedikit..hubungan kekeluargaannya jd lbih dekat…n terasa..kl nanti jd perusahaan besar trs jd kyk yg lain gmn…mengerikan…
    tp selama YG appa yg jd ceo aku msi percaya sm idealisnya bliau…. 🙂 , dmn msi ada demokrasi n kebebasan berkarya…semoga pemegang saham yg lain adalah org2 yg memiliki satu visi misi sama YG appa…
    fighting!!!

  • STAY SUPPORT BIGBANG….!!!!!!
    OPPA…. VIP TAK KAN MENINGGALKANMUUUUUUUUUUUUUU…… ^,=
    swear dexch…. #duarrrrrrrrrrrrrrrrrrr
    *bneren d smbar gledekk…. truz jd dexch btk rmbut ky’ dara onn d mv the best*

  • YG fam smangat,, mmg bisnis itu banyak kendalanya.. Apalg mslh saham2 gni ribet deh gk ngerti.. Tnang aja yg diliat dr kesluruhan YG kan poin utama nya musik,, kl mrk bs ngasilin musik dg kualitas bagus mnurut q it’s ok dan YG pasti jalan trus… Bigbang jg pasti kuat kok,, udh banyak rintangan2 yg mrk lewatin pasti skr mrk tambah kuat. YG cpt tanggap ya lgsng bkin manajemen resiko artis… Ini yg gw suka mrk gk main2 masalah nge-treat artis nya mrk bs menghandle masalah dg cpt dan memprediksi gmn kedpnnya,, pokoknya YG, Bigbang smangat !!! Para YG stans pasti akan support kalian trs kok

  • Kok skrg beritany yg sedih2?td berita Tabi ma Kim Ha neul, trus skrg?nntn family outing yg epi Tabi lg ah, biar ktawa lg.

  • hmm..g ngerti soal saham,, tp klo lihat ini,,kayaknya g jatuh2 bgt dech,,,
    hayuk GD, DAE2, BIGBANG, YG bangkitlah….hehe..

    btw, itu pict GD..ah..dr dulu suka bgt sm mata GD~ udah coklat, bening pula~
    GD, BIGBANG HWAITING!!!^^

  • fiuh,,, cape baca artikelnya, panjang bener. (minum dulu)

    trus terang nyong mung mudeng sitik tok karo sing jenenge saham.
    *jiah ngapake metu*

  • Ga tau knp ko w jd nangis y,bngung jg pas liat tu pic kaya jd msuk k perasaan dy.kaya luka yg dperesin jeruk nipis pasti ntw yg drasain dy

  • gw mkin hri malah makin cinta GD kok, gak ngaruh buat gw pribadi mslh ganja atau apapun itu,,,
    BIG BANG dgn GD d dalemnya gkan pernh tergantikan BB laen manapun!
    tenang,,angin kencang tak akan membuat “rumput liar” kita mati gtu ajj.
    percaya bgt YG appa bsa menangani semua permasalahan yg menerpa YGE skr.
    YGE hwaiting!!

  • YG appa pasti tau yang terbaik
    tetep dukung YGfam sepenuhnya, karena cuma musik dari YGfam yang bisa bikin gue suka sama korea

  • ini dunia bisnis. mau ga mau emang kudu” pinter” ngatur siasat … YG appa keren top markotop lah.. ~~ yang kuat ya YG famz.. semua ini cuma bagian dari bumi yg berputar.. kadang ada sisi gelapnya dan perlahan kembali menemukan cahaya yg terang ~~

    aku percaya YG lebih baik dripda yang lain … i’m not a kpop lovers.. but i’m a YG lovers only ~~

    YG jjang !!!!

  • sebenarnya rada bingung dengan si IPO’ IPO’ ini….

    baca lagi………….

    waddoh msh bingung… mana si IPAh ga pulang pulang dari semalam.. *ipah?? siapa lg coba #abaikan
    intinya YG mw jual sahamnya kn?
    mngkin gak y klo yang beli saham si GD atau BIGBANG… YG untung BIGBANG untung VIP tenang

    p.s: rindu bgt dgr bigbang akan menghadiri ini,,, bigbang akan tampil d acara itu.. bigbang rilis single baru… bigbang berkunjung ke yeppopo (lho?)

    #RINDUBIGBANG

  • 1 point yg gw tertarik dan gw mauin dr dulu…

    akhirnnya YG keluar dr jalur mreka yg konservatif…

    betul YG appa,, udah saatnya artis2mu kau luncurkan ke luar negri scara official,,slama ini artis2 YG go internasional scara manual aja,,,krna Youtube dan fans…

    skrg udah saatnya artis YG unjuk gigi ke luar Korea,,harapan pertama gw,,,gelar BIGSHOW dan YG Family konser tour Asia dulu….

  • ya namanya roda perusahaan itu ga pernah di atas, kadang kala di bawah, kadang kala di atas. keep shining YG~! >w<

    … bodo amat sama saham-saham IPO itu. aku belom diajarin di sekolah. ga ngeh sama sekali. #eh

  • tharu deh baca komen2 diatas, awalnya gw bknlah pcinta YG cz mnurut gw smua company sama bejatnya, *inget kasus, han kyung, jyj, jay park, n tablo* dan gw slalu heran ma org2 yg ngedukung abis YG appa…. tp skrg gw lbh heran ma org2 yg anti YG appa.. cz stelah kasus daesung n gd ktahuan bgt klo YG brani nerima resiko n tetep mdukung mati2an para artisnya n ga mmbiarkan artisnya mhadapi kasus mreka sndirian… meski saham turun, pjualan album turun, pndapatan iklan mnurun tp dy ttp bdiri dsamping anak2nya… dan salut gw ma para YG stan cz mreka slalu memuja papa YG dsamping mmuja artisnya… walo ada SM lovers yg jg mmuja LSM tp kbanyakan mreka hanya mmuja artis2nya…
    so keep on union wahai para YG stan
    keep fighting YG Family… we love u

  • baca darii atas gak ngertii,, makin kebawah kelengerr,,, pas hampir beres, ada kesimpulan artikelnya,,,, -__- onnie yeppo ini yaa,, bikin pusing duyuu baru di jelasiinn,, tau gtu aku langsung baca kesimpulannya ajaaa,,, hahahahahahahah

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: