Mau Tau Bagaimana Distribusi Pendapatan TVXQ??

Published 24/07/2011 by yeppopo

Mungkin ini berita lama tapi mungkin juga ini bisa berguna buat para pendatang baru yang masih banyak bertanya2 ada apa sih sebenernya sama JYJ dan TVXQ . Apalagi skrg lagi2 panas2nya membahas JYJ sebagai simbol ketidakadilan.

Berikut ini adalah ringkasan dari istilah Kontrak perbudakan yang terkait dengan distribusi pendapatan. Kesimpulan yang jelas adalah bahwa anggota TVXQ tidak menerima apapun selama enam tahun mereka berkerja, dan bahwa hampir semua uang yang kita keluarkan untuk membeli produk SM diambil oleh SM sendiri. Silakan baca di bawah ini untuk melihat sejauh mana ketidakadilan itu.

Harap diingat bahwa kontrak SM dengan TVXQ telah diubah lima kali dan karena itu ketentuan yang berlaku telah bervariasi dari waktu ke waktu. 

I. TVXQ telah menerima $ 0 untuk penjualan album mereka sebelum Juli 2008.

Sebelum putaran kelima dan terakhir dari tuntutan pada tanggal 1 Juli 2008, Isi Kontrak bahwa jika setiap album atau single penjualannya tidak melebihi 500.000 eksemplar SM akan berhak 100% dari keuntungan, dan mereka tidak emndapat apapun. Dari waktu debut TVXQ pada akhir 2003 dan sampai rilis album ke 4 Korea mereka “Mirotic” pada September 2008, tidak ada album Korea yg terjual lebih dari 500.000 eksemplar. Oleh karena itu, sebelum Juli 2008 TVXQ benar-benar memiliki penghasilan nol dari penjualan album mereka.

Pada tanggal 1 Juli 2008, SM mengubah Kontrak untuk memberikan Anggota masing-masing 1% dari total penjualan untuk setiap album yang menjual lebih dari 200.000 eksemplar. Untuk setiap album yang terjual lebih sedikit, para anggota akan menerima 0,6%-0%. SM tidak dihargai bahkan istilah lain adl keterlaluan, karena belum membayar TVXQ satu sen pun sejak Februari 2009.

Singkatnya, SM telah mengambil 100% dari semua penjualan yang telah dihasilkan TVXQ dengan penjualan album dan single mereka sebelum Juli 2008, dan tetap 95% atau lebih dari penjualan setelah tanggal tersebut.

II. TVXQ telah menerima $ 0 untuk penjualan DVD konser dan album yang menampilkan rekaman dari konser tersebut.

Berdasarkan Kontrak, Anggota tidak berhak untuk menerima bagian dari keuntungan yang dihasilkan dari penjualan DVD konser dan album live.

III. TVXQ telah menerima $ 0 untuk penampilan mereka pada program TV.

Berdasarkan Kontrak, Anggota tidak berhak untuk menerima bagian keuntungan yang dibuat melalui penampilan TV mereka jika penampilan itu bersifat sementara. Hampir semua program yang muncul memiliki TVXQ sebagai “tamu” dan karena itu secara alamiah ini disebut sementara, SM telah menyimpan semua keuntungan yang telah dihasilkan dari penampilan TV mereka.

IV. Untuk semua kemungkinan sumber-sumber pendapatan lainnya, SM mengurangi dari total pendapatan semua biaya, UNTUK : gaji staf lainnya, biaya tahap persiapan, sewa, biaya perjalanan, biaya makan, dan sejenisnya, kemudian memberikan TVXQ hanya sebagian kecil dari jumlah yang tersisa.

Adapun semua sumber penghasilan lain, menyatakan di Kontrak bahwa TVXQ berhak untuk berbagai persentase dari “pendapatan bersih.” Kontrak mendefinisikan “laba bersih” adalah jumlah yang tersisa setelah “biaya operasi” dibayar. “Biaya operasi” didefinisikan mencakup semua pengeluaran yang secara tradisional diharapkan akan ditanggung oleh mrk, termasuk 1) gaji staf (manajer, koordinator pakaian, makeup artis, kru tari, dan sejenisnya), 2) melakukan biaya persiapan panggung, 3) biaya hidup, termasuk sewa dan air / tagihan listrik, 4) biaya perjalanan, termasuk biaya tiket pesawat, 5) biaya makan, dan sejenisnya.

Bahkan setelah semua ini “biaya operasi” dikurangkan dari laba bersih, Anggota hanya berhak sebagian kecil sisanya sementara SM mengambil sisanya.

Kesimpulannya, harap menyadari bahwa SM telah mengambil hampir semua keuntungan yang telah dihasilkan anggota kami selama enam tahun terakhir. Anggota kami telah menerima, secara harfiah, TIDAK ADA.

Source: dnbn
Translation: Inklette @ dnbn
Shared by: OneTVXQ.com
transindo : AKflovers,blogspot.com

74 comments on “Mau Tau Bagaimana Distribusi Pendapatan TVXQ??

  • Nggak yakin mereka dapet $0
    Rumahnya Junsu harganya 17 M dan itu nggak mungkin didapet bersih dari penghasilan JYJ, pasti sebagian (walaupun kecil) tabungannya waktu masih di TYXQ
    Jaejoong punya mobil 4, salah satunya Lexus dan Audi, pasti juga sebagian tabungannya waktu masih di TVXQ,
    kesimpulannya: aku nggak percaya kalau mereka dapet $0, pastilah mereka masih dapet gaji. dan lagi, kalau liat dari pendapatannya Super Junior, kok kayaknya pendistribusiannya beda ya? kok kesannya masih lebih makmur Super Junior?? Wae?

    • yah pastilah dapet dan pasti sangaaaaaaaaaat kecil..
      klo nggak, uda pasti mreka kluar dari SM sejak dulu..
      klo emank bner” $0, buat apa donk mreka jadi artis??
      masalahnya, SEBANDINGKAH yang mreka dapat dengan yang mreka trima???

      mnenurut saiia, bedanya TVXQ dengan suju ada pada penampilan pada program TV..
      suju cukup banyak kok acara variety dmna mreka sbagai anggota tetap…
      TVXQ???
      mreka disibukkan dengan album, tur konser, dan lain sebagainya, yang mana hasil yang mreka dapatkan tidak lebih dari 1% dari pendapatan bersih mreka…

    • paling makmur itu DBSK..mobil yg junsu,yoochun,changmin,yunho punya,aparteman yg jaejung punya itu smua trnyta milik SM,jd istilah’y mrk hanya “menyewa” bukan “mempunyai”.stelah 3 anggota dbsk mngajukan tuntutan ama SM,apartemen + mobil mrk SM sita. utk bahkan pnjualan album mirotic pun, dbsk hanya mndapat 5%,itu jg msh d bagi 5.
      pendapatan suju aja cuma bbrapa persen,itupun blm d bagi”,,slebih’y pndapatan mrk itu masuk kas SM.

      kontrak d atas itu bner koq.

    • seatuku mobil2nya changmin sama yunho itu baru2 ini deehh… pas keluar rumor2 JYJ… **mungkin sengaja buat nutupin rumo2 dari SM…
      tapi wallohualam aja daaah///// ane mah tetep cinte same YG FAMILY
      **abaikan

    • istilahnya gini, mbak…
      meskipun begitu tapi aku percaya DBSK itu pendapatan bersihnya MELEBIHI yang mbak sebutkan diatas. ya bayangin aja dong fanclub mereka, Cassiopeia, kan masuk GWR, itupun belum termasuk BigEast ato Unofficial Cassiopeia.
      makanya saya pikir mungkin 0,6% pun ga sesedikit yang dibayangkan… tapi tetep jaraaaaaang didapat krn kenyataannya mereka kan sering cuma dapet 0%.

      laluuu… yang jadi masalah disini adalah… kalo misalnya mbak kerja di suatu tempat dgn pekerjaan yang akan menghasilkan sekian milyar tapi cuma dibayar sekian puluh juta… kan gaenak. mana kerjanya nyaris 24 jam/7 hari non-stop uda gitu dibayarnya juga jaraaaang lagi.

      dan ya, betul… mereka nabung makanya bisa beli ini-itu.

    • Nggak dapet $0, karena mreka ttp dpt gaji… tpi rumah, mobil, etc2 itu didapet setelah keluar dri SM… 🙂

      Lagian meskipun dibayar 50juta/bulan tapi klo seharusnya aq dapet 100juta/bulan… y pasti ngamuk lah…

    • wahh byk bgt yg komen brita ngga nyangka. ini aq translate dr dbsker sumberny DNBN (itu terpercaya lho) junsu kan bs beli mobil mewah & rumah mewah itu krn skrg dia tajir bgt scara dia sdh maen 3 musikal semuanya sold out & dia juga artis musikal termahal di korea dgn bayaran.
      AQ nggat tau kontrak suju tp yg jelas sbelum kasus JYJ kontrak semua artis SM sperti ini tp sejak JYJ keluar SME sdh merervisi semua kontrak artisny bs dibilang JYJ ADALKAH HERO UTK SEMUA IDOLS

    • Be realistic… 5 member VS seluruh pekerja di SME?
      Siapa yang menang?
      SME bisa DENGAN MUDAH memecah belah kedua belah pihak di dalam grup dgn 5 member itu TANPA KETAHUAN…

      pikir sendiri kenapa gue ngemeng gitu… lagian uda ada BANYAK SEKALI buktinya: HOT, Shinwa, Hankyung, dll.

  • buat yg koment dia atas,klo misalnya sme adil
    knpa hot,shinwa,dll pda bubar /kluar dri sme? Hangkyung jga?

    N mobil junsu,y hasil dri JYJ~asal tw aja,album JYJ yg the beginning itu PO nya aj 500k,cmn krna brmslah gk dimasukan k chart… -,-v

  • menurut ku kalau ini bener” kenapa TVXQ gak keluar semuanya..? malah ada yoochun yang tetep netem disana.. menurutku sih sedikit aneh.. mereka kurang kompak..
    sorry ni.. cuma sekadar pendapat

    • mrk ga kurang kompak koq..
      bahkan mrk mngajukan gugatan k SM itu atas nama DONGBANGSHINKI .. bukan atas nama jaejoong,junsu,yoochun..

      alasan d balik yunho ama changmin utk ga kluar dr SM itu msh blm jlas d ktahui,tp tekanan internal dr SM sndri mmungkinkan mrk utk tdk ikut brpartisipasi.

      lagian jg JYJ ntu mnggugat SM utk memperbaiki kontrak,bukan untuk mninggalkan “dongbangshinki”

    • bukannya kurang kompak… pasti ada alasan tersendiri disana.

      jujur, saya ini uda cukup berpengalaman sama yang namanya ngefans sama artis dgn kontrak budak. percaya ga percaya sih… mungkin kalo lii_kwon jadi saya, kasus kya bgini tu bakal cuma bikin kesel dikit aja krn seneng trnyata labelnya ga sekejam yg dibayangkan juga. (bayangkan… SME yang kya bgitu aja dibilang “ga sekejam…” lol) diluar sana lebih banyak artis dgn kontrak budak yg hidupnya bener2 bobrok… dan (mungkin) selama-lamanya mereka (artis2 dgn kontrak budak itu) gabakal bisa keluar bebas kya JYJ.

  • buat smuany: SME emg udh trkenal kyk gt, ank2 JYJ dpt kekayaannya skrg krn dr hasil album mrka yg d back up d Amerika. Buat Max sm U Know yg msh nyisa dsna, krna kontrak mrka blm hbis sm SME. Wktu DBSK trbntuk, mrka d kontrak tdk untk wkt yg sm.

  • gini deh ya, kita semua ga ada yg tau alesan sebenernya kenapa homin ttp di SM. Jadi gausah mempermasalahkan “kenapa homin tetep stay di SM?”
    sorry, yoochun? Netep dimane? O.O
    *back to the topic*
    smuanya dah jelas ko, gw stuju kata MinnieCassie kalo bukan karena itu ngapain H.O.T *maaf* bubar, hankyung, dan shinhwa keluar?

  • Kalo JYJ sampe kluar itu arti nyh SM udh ktrlaluan . .
    Dn skrg artis2 SM pd makmur itu jga krena revisi kontrak yg d prbaharui gr2 masalah JYJ ini .
    Maaf kalo ada yg salah . .

  • cma blang..
    bener ato gaknya pendapatan mereka slama ini, hanya mereka yg ada di SM tau..
    kita sbg fans hnya tau dri luar..
    kontrak budak emang mngkin ada, udah liat sndiri jga kjdian hangeng..
    wlopun bgitu, pling tdak kita sbg fans brterima ksih kpada SM, tnpa SM mereka yg kluar dri SM gak akan setenar ini..
    hangeng, klo bkan bgian dri SJ, apa bsa dy trknal ampe sluruh dnia bgini? yah intiny.. apa yg ada didalam SM hanya orang didalamnya yang tau.. sbg fans, nikmati saja karya2 yg mereka kluarkan..
    *GAK NYAMBUNG BANGET SY INI* MAAF

    • SM dan artis’y itu simbiosis mutualisme,,sama” saling trgantung.
      tp yg d permasalahkan,,dr artis pertama SM yaitu H.O.T aja udah kna msalah ama SM.kasus dbsk adalah kasus ketiga d SM.

      tp yg jd titik permasalahan dsni,,bagaimana cara SM mmperlakukan artis’y?

    • yuupp..
      ada yg tw?
      smua artis SM pda full jdwal, ntah ada istirahat ato gak..
      mnurut sy sih, emang gak sbnding ama apa yg mreka dpet..
      tpi, entahlah.. hanya mreka yg bernaung disana yg tau..

    • Percayalah… kontrak budak seperti yang disebutkan diatas itu benar adanya.
      Kenapa? Coba baca ini (tapi harus sabar, ya!): http://gilwjack.blogspot.com/2010/03/truestory-visual-kei-mafia.html

      Itu bukti kontrak budak di negara Jepang… dan mungkin terjadi di lain tempat dan kita gatau. Kalo mau baca aja dulu sampai selesai, nanti juga ngerti sendiri.

      Dari situ saya mikir SME itu ibarat newbie kalo baru bisa segini… dan saya bersyukur klo SME emang newbie. XDDD

    • SAYA SANGAT SETUJU !
      saya juga aneh .emang bukti yang selama ini menunjukan sm itu bobrok masih juga kurang sampe mereka love death sama sm?
      apa mungkin karena bias mereka itu di anak emasin makanya mereka dengan gampangnya memihak sm?

  • mian chingu yang komen diatas,,
    yah jelas donk sbagai fans selalu menikmati karya” idolanya…
    masalahnya, tegakah seorang fans melihat idolanya diperlakukan dengan teramat sangat tidak adil???

    emang sih, kita smuwa gatau tepatnya gmn kontrak mreka..
    emang juga, tanpa SM, TVXQ gabisa sampai seterkenal ini..
    tapi sebenernya, terkenalnya TVXQ itu yah karena mreka sendiri..
    karena talent yang mreka miliki dan memang dibantu oleh SM…
    tapi apakah kontrak budak tetap dibenarkan??

    masalah kenapa homin tetap di SM, pasti ada pertimbangan mreka sendiri yang tidak kita tw…
    kita memang cuman fans yang menilai artis idola sesuai dengan kenyataan yang ada, meski itu belum smuwanya…
    tapi saiia yakin, semua CASSIOPEIA pasti percaya klo homin ataupun JYJ punya pertimbangan tersendiri demi kebaikan TVXQ…

    trus masalah knapa cuman JYJ yang hengkang sedangkan artis SM lainnya tidak??
    heeeyy,,
    sekarang bayangin klo kalian jadi artisnya SM, sedang naik daun, trus liat bagaimana sulitnya JYJ promosi di korea gara” SM sendiri…
    beranikah kalian mempertaruhkan popularitas kalian yang di sokong SM dengan sebuah kebebasan??
    yang berarti dengan sendirinya jalan kalian tersendat sebagai seorang artis, seperti JYJ..

    • stuju!!
      siapa sih yg gak tega idolanya d’prlakukan sprti itu..
      sy elf, n pas tw hangeng tba2 hngkang..
      gmna prasaan cassie yg d’tnggal 3orang, bgitu jga sy..

      pling tdak, lpakan yg dlu..
      lihat d’dpan psti ada jlan yg trbaik yg sdah diaturin..
      *gak nyambung kayaknya* mian again..

    • kamu bner bgt cingu,,, ketakutan akan kekuasaan yg SM punya adalah kunci knp artis” SM bungkam.
      bayangkan aja,kalian sllu d perlakukan tdk adil tnpa sebab? utk org yg ga pnya mental kuat,mngkin dy udh bnuh diri kali.

      artis SM trkenal brkat SM,
      tp artis itu lbih bsa dikenal ya krn talenta mrk sndri.
      ga smua artis SM kan yg sukses bsar.
      artis” yg sukses bsar itu adlah artis yg memang pantas utk d jdikan panutan sbg idola.

    • SETUJU, CHINGU!
      Ih pinter banget siiiih~ *plakk* hahahahahahahh jk jk… trlalu seneng aja ada yg sependapat sama eke… hehe XDD

  • mengenai kontrak d atas,,itu memang bener koq.
    apalagi yg ttg penjualan album.
    kalian jgn berpikir bahwa artis” itu sejahtera. sbenarnya tidak.

    ibu dari H.O.T moon heejun prnah minta tolong kpd fans utk mnyelamatkan moon heejun dr SM,krn wkt itu SM pernah mngecam,jika penjualan album H.O.T tdk mncapai target,maka smua prsonil ga akan mndapatkan k’untungan sepeserpun.
    alhasil,fans rela mmbeli 2 album tiap org utk mnaikkan omset pnjualan album.

    itupun trjadi kpd sluruh artis SM.
    dsini aqu membela artis” SM.
    bukan pd perusahaan’y.

    • itu s biasa, namanya jg pekerjaan .. klo g nyampe target yg di inginkan, ya alhasil g dpt uang. simple .. yg penting itu, spinter apa lw ngerti dan memahami kontrak sblum tanda tangan. pernah ada berita yg blg, kbnyakan artis” baru emng suka asal tanda tngan, tanpa tau percis mksud dr isi kontrak itu sndri apa ..

  • buat yg diatas, knp artis SM yg lain g kluar dr SM? krna g smua artis SM pnya nyali sbsar JYJ utk kluar dari SM yg mrupakan agensi trbesar d korea,

  • I… Igemwo? SM apa-apaan sih??? 1%? Hellow, yang bikin SM terkenal itu siapa sih????? SM sendiri apa artis2nya????? Keterlaluan! Mereka kerja susah payah, tapi mereka bahkan NGGAK DAPET 1/10 DARI SELURUHNYA! Dulu sebelum aku suka DB5K, aku sempet bilang keputusan JyJ itu konyol, tapi kalau aku baca ini, sekilas aja aku dapet narik kesimpulan: “SM LAH YANG GAK ADIL DAN KONYOL!” SM benar2 gak adil! Padahal karena DB5K-lah SM bisa maju sampai sekarang! Bahkan DB5K nyetak rekor dengan fans terbanyak! Konyol! Konyol! Konyol! Sekarang, SANGAT WAJAR kalau JYJ mau keluar dari SM! SM nya aja nggak adil! KETERLALUAN!

    • justru sm faktor kecil yang ngebuat TVXQ5 jadi besar.
      sm cuman perantara yang gak patut di perhitungkan.
      siapa bias lo?ketauan bgt lo antis nya TVXQ5 !
      dan tolong yah kalo mau bash pake id yang jelas dong!
      takut loh?LOSER !!!!

  • mian hae…
    masii newbie cuma pgn nanya sih!! sebener na kan selama ini qt tau na gugatan dll gt. sebenr na uda pernh gak sih slh 1 pihak menunjukkan surat kontrak asli na?

  • Oiya sekedar kasih tau, SHINHWA keluar dr SM karena memang kontrak mreka sudah slesai, mreka tdk punya konflik hukum dg SM, bahkan slh satu personil SHINHWA pun pasca keluar msh sempat duet bareng KANGTA yg notabene msh diSM. Klo DBSK dpt $0 aq jg TIDAK percaya. mreka sudah slesai, mreka tdk punya konflik hukum dg SM, bahkan slh satu personil SHINHWA pun pasca keluar msh sempat duet bareng KANGTA yg notabene msh diSM. Klo DBSK dpt $0 aq jg TIDAK percaya.

  • $0 ? Jujur ga percaya kalo dapat O,
    Dimana mereka bisa bangun rumah mewah, mobil mahal,terus baju bermerk? Itu pasti dari SM juga
    Tapi soal adil, SM emang ga adil.
    Sorry nih buat SM bias, gue netral aja..
    Tapi makin lama, gue makin curiga sama SM..
    It’s ok artis2 mereka terkenal,tapi itu karena banyaknya promosi. Yg gue curigain lagi, maybe SM nyogok chart di korea music supaya artisnya menang n dapat penghargaan
    *mian kalo ga nyambung*

  • jyj keluar aq sempat gak setuju, soalnya TVXQ tu hanya 5….tapi wktu aq baca ni wah bagus juga jyj keluar, aq dukung kog…..biarlah waktu yang menjawab…..jyj fighting….tvxq(homin) fighting,,,aq jadi penasaran mereka gak rindu ya waktu masa2 mereka berlima….apa lagi ada saat2 interviu kesan tvxq n jyj sprti bermusuhan….ini yg aq sesal kan….jyj keluar dari sm banyak bgt perubahan nya, jyj kelihatan lebih gemukan apalagi xiah, sampe aq blng xia ndut…buat idola ku u-know yunho semangat aja ya…..fighting

  • aku pernah dnger dari temen katanya ada BB dr SM yang sebagian dari membernya keluar trus member yang keluar itu orangnya kaya banget n dy ngebeli temen2 yang pernah satu grup ma dy biar temen2nya bisa keluar dari SM.. abis dy berhasil ngebeli temennya n mereka resmi keluar dari SMent mereka pada milih jalan masing2 *yang jadi masalah aku lupa nama BB’a apaan*
    trus dnger2 JYJ Lagi ngumpulin dana biar bisa beli HoMin dari SM biar mereka bisa bareng lagi *ya elah kata-kata gue*

    • itu shinhwa…
      leadernya, eric moon ituh kaya banget, makanya sampe bisa beli shinhwa n kluar dri SM

  • semoga tuhan melimpahkan beribu – ribu kali rejeki kepada oppadeul 😀
    mungkin jerih payah yg tlah mereka lakuin tdk mreka trima,tapi aq ykin mreka akan mndapatkan yg lebih dari apa yg SM terima suatu saat nanti 🙂
    AKTF 😀

  • intinya mungkin tvxq dan jyj punya pola pikir yang beda. klo ga pas skandal jyj dan sm dimulai, sempat homin dan jyj melakukan aktivitas sampai kira 1,5 tahun. intinya klo gitu homin pasti kontra sama si jyj.

    klo menurut gue si jyj pasti ingin keringat = hasil. sedangkan homin mungkin merasa selama ini sudah cukup dan gamau ribut sama sm. mengenai harta mereka. cassies tau kan junsu emang anak orang kaya begitu juga yoochun. selain itu harga mobil produksi korea pasti sangt murah di korea kaena harga yg kita tau itu sudah ++ pajak ++ cukai.

    kasarnya ngomong salah satu diantara homin dan jyj ada yg dibodohi SMent.
    kita sebenarnya sebagai fans saya rasa ga perlu masalhkan hal ini. semenjak fans juga salah satu boneka uang SM.

    untuk apa beli album tvxq klo mereka sendiri ga dapet uangnya ? lebih baik simpan uang dan download lagunya. artis SM lainnya pasti lain cara pembagiannya khususnya snsd dan sj, apalagi kalian tau kan siapa itu sunny ? keterlaluan banget si soo man klo sampe hati jadiin ponakannya budak

  • menurut gw sbagai fans….klo gw sih maksutnya….udah capek ngebahas ini. masa 2 th lebih ngebicarain itu-itu mulu scara merekanya aja juga ga ada niatan buat nyelesein. jadi pada akhirnya sbgai fans gw tidak mau ambil pusing dg menjadi sok tahu. toh hidup gw ga di korea yg ga tau budaya ato kondisinya kyk gimana karna bagaimanapun budaya pasti berpengaruh pada sistem yg digunakan *maaf pake bahasa kuliah*. kebenarannya hanya mereka yang ngejalanin yg tau, sepinter-pinternya penonton dia ga kan tau apa yg tidak disorot kamera. apalagi 5 member dbsk udah dewasa smua, punya keinginan sendiri n brani ambil resiko. yg penting bagi gw mereka bertanggung jawab dg pilihan mereka sendiri itu dah cukup. that’s why gw salut dg hangeng, walo punya masalah hukum dg SM tapi dia tetep nice.

    #nooffense

  • mian sebelumnya kl ada salah2 kata…

    terlepas dari benar atw tidaknya artikel di atas,,,
    mengapa JYJ kluar???JYJ bisa ngotot keluar dari SM..y.. karena pasti ada yang tidak beres sm manajemen itu..
    mengapa homin masih bertahan?? mereka kn sudah dewasa,, mereka punya pendapat masing-masing apa yang terbaik dalam hidupnya (mdh2n sih nti sperti yng dibilang @kikikyu… ntar JYJ beli Homin dari SM)..
    mengapa artis-2 lain jg masih bertahan?? gara2 kasus JYJ ini,, pengadilan kn sdh kasih ultimatum ke SM untuk memprbaiki isi kontrak u/ artis2nya.. jadi y artis2 di SM sekarang pendapatannya g seperti yg ddpt TVXQ dulu..

    yang jelas semenjak JYJ sm hangeng keluar (nd tw mslh H.OT & SHINWA),, Mr. Lee Soo Man itu sudah masuk dalam black list orang2 yang tdk dapat dipercaya.

    skali lagi mian.. ane cuma mengeluarkan pendapat saja…

  • @shim eunkyung
    Yg gue
    curigain lagi, maybe SM
    nyogok chart di korea
    music supaya artisnya
    menang n dapat
    penghargaan

    chingu’yaa,.
    Hati2 ngomong,
    kalo gak ada bukti,,
    Atas dasar apa juga sm nyogok chart di korea musik??
    Kalo anda mengira bahwa sme pake cara kotor,
    itu secara gak langsung anda mengatakan bahwa artis2 dari sme gak punya skill dan secara kasarnya mereka gak pantas ada di chart musik korea.,
    silahkan ngasih pendapat,
    tapi tolong berikan pendapat yg membangun,
    meluruskan n ngasih pengetahuan baru buat kita semua.,
    jangan pendapat yg gak ada isinya n malah nimbulin salah paham…
    Gomawo.

  • Ini beri brita udah lama n Ini berita bner kq, ini kan slh 1 isi kontrak yg dilaporin JYJ trus ada fans yg publikasi,n JYJ tajir stlh kluar dr SM ya, klo ngikutin beritany pst tau krn tiap mereka pny sesuatu yg di publikasiin itu pst mlalui manajemen CJES..Liat aja artis SM glamor tp ga setajir artis YG,CJES,JYP..

  • Artis SM ga setajir artis YG, CJES, JYP????
    Hello… Atas dasar apa km omong ky gini? Emang km uda ngecek rekening tabungan mreka?? Kasian bgt ya YG punya fans yg provokatif ky km.dasar apa km omong ky gini? Emang km uda ngecek rekening tabungan mreka?? Kasian bgt ya YG punya fans yg provokatif ky km.

  • Cp bilang k0ntrak h0min n jyj g sama?? Sama kox.. Mereka beda@ cuma waktu d training..
    Msalah ne.. N0 c0mment.. Udah capek bahas2 yg genean sjak jyj vs sme.. Apapun kejadian2 yg trjadi, Yg jelas sem0ga baek h0min atau jyj makmur hidup@ ntr… It pilihan mereka,jd saia cm bs support..a waktu d training..
    Msalah ne.. N0 c0mment.. Udah capek bahas2 yg genean sjak jyj vs sme.. Apapun kejadian2 yg trjadi, Yg jelas sem0ga baek h0min atau jyj makmur hidup@ ntr… It pilihan mereka,jd saia cm bs support..

  • kasianlah kalo mereka kayak gini. aku itu ga suka sama agensinya, bukan artisnya. jadi kerja rodi dong? dan, aku cuma beritahu, kasus ini, mungkin aja yang sebenarnya terjadi, hanya mereka, dan Yang Di Atas yang tahu. kita aja dapet berita dari orang lain kan? tapi yang pasti aku dukung DB5K walaupun aku bukan fans mereka, karena salut sama perjuangan mereka :”))
    @Ovi : emang kenyataan kok chingu kalo YG itu tajir 🙂 tapi SM kan juga tajir. terserah dah, artis Korea semuanya kan pada dasarnya tajir :)))

  • @ovi itu yg blng artis YG,CJES,JYP Lbh tajir kan nma’y @A.N Boice. koq blng YG fans?lgian agensi yg dy sbut ada 3 Lho.

  • ngbahas ini jd kangen mereka yg b5 dulu T.T
    sedih bgt sampe nagis gue pas denger mreka pisah padahal wktu ituh lagi naik daun bgt ,,
    tp yaudahlah mo gimana lagii ..
    ini mslah mreka qta cuman bisa berdoa yg terbaik ^^
    masalah SM yg ga adil itu cuman Tuhan yg tau ,,

  • ga mungkin separah itu..
    meski artikel kayak gini udah sering nemu dimana-mana, kl ga ada sumber resmi-nya, aku gabisa percaya.

  • Emang sih kita pada bertanya2 knapa artis2 SM lainnya g keluar…
    Oke… gini…

    Sekarang, kontrak artis dan trainee SM udh dirubah sama Fair Trade Comission Korea karena Cassie Korea ngajuin protes kesana. Jadi jangan heran kenapa sekarang mreka makmur, karena meskipun mereka msh kerja dengan bayaran yg jauh dibawah artis negara lain… tapi udh lumayan

    Knapa HoMin g ikutan keluar? jelas g ada yg tahu…. Tpi menurutq sih itu lebih ke arah personality masing2… dari ngliat interview, aksi panggung, etc2, HoMin itu keliatan lebih ‘peurut’ dibanding JYJ yg rebel dan lebih bebas… Nggak ada yg jelek… Tapi emang ‘cara’nya aja yg beda…

    Klo org pada protes kenapa JYJ masih ngajuin lawsuit padahal mreka udh punya mobil mewah, rumah mewah, dst dll :
    1. Kemungkinan besar si lambo, ferrarri, mercy, apartemen mewah, etc2 itu didapet setelah keluar SM
    2. Pikir aja… seorang pegawai kantor yg seharusnya dpet 100juta/bulan tapi cuma diberi 50juta/bulan pastilah bakalan ngamuk2… dapet 50juta/bulan itu lumayan banyak… tpi klo hak sama kewajiban nggak proporsional… itu jelas masalah…
    3. Sorry buat pendukung SUJU, tapi DBSK itu jauh lebih sibuk, dan lebih menghasilkan banyak uang dibanding semua artis SM digabung jadi satu… 40% penghasilan SM berasal dari DBSK waktu mreka msh aktif ber5… klo JYJ itu cuman salah satu artis ecek2, pasti SM g bakalan jadi super menyebalkan dan nglarang JYJ tampil di Korea…
    Hangeng ngajuin lawsuitnya belakangan, tapi lawsuitnya dia udh selese dari dulu… SM itu sebenernya cinta banget kok sama JYJ… :p
    4. Jadwal DB5K itu nggak manusiawi… coba cari: Jadwal DBSK akhir tahun 2008… Wow… liatnya bikin pengen nangis…
    Buat cassie pasti udh tahu betapa banyaknya video mereka… mule dari MV, live performance, behind the scene, jacket photo shoot, variety show, CF, drama, syuting buat AADBSK, konser, interview… dan juga itung berapa banyak lagu yang mereka hasilkan dari 2004-2009, dan berapa puluh konser mereka gelar (nyanyi 20lagu lebih sambil nari itu susah, ditambah lagu2 mereka itu jenis lagu yang butuh teknik bagus)…dibalik semua itu ada rehearsal, make up, fitting baju, ngapalin script, gladi bersih, etc2…. Oh, dan mereka harus tetep keliatan bahagia…
    5. Pernah perhatikan klo DB5K hampir selalu keliatan sakit? Coba liat interview mereka tahun 2008-2009… Sure, penampilan panggung mereka tetep bagus, nggak ada yang bisa sebagus DB5K…tapi di interview ada aja salah satu member yang keliatan sakit…
    6. Smua lagu ciptaan personil DBSK itu milik SM/Avex klo lagu jepang, jadi mereka g berhak nyanyi lagu itu klo keluar dri SM… Mungkin buat sebagian besar org itu gpp… tapi buat seniman, itu masalah… enggak sedikit kan org2 ribut karena masalah ‘hak cipta’… kontrak yang menyatakan sebuah lagu adalah milik perusahaan dan bukan milik sang pencipta itu jelas salah banget….

    One conclusion: DB5K itu overworked dan tidak dihargai sebagaimana mestinya… (well, enggak cuma DBSK aja sih, kebanyakan idol2 korea juga ngalamin hal yg sama…)

    Seharusnya DBSK itu jadi artis paling kaya di Korea bahkan mungkin jauh lebih kaya dari sebagian besar artis di Amerika, secara hampir semua konser mereka sold out, album jadi no1, fans terbesar di dunia, tapi buktinya? Semuanya lari ke SM

    Sorry buat SM fans, but I hate SM with passion…
    SM mungkin menemukan DBSK, nglatih mereka (btw, jadi trainee di SM itu bayar, jadi klo ada yang bilang JYJ berhutang uang ke SM karena SM udh ngluarin duit banyak buat bayarin mereka itu bullshit abis), ngatur jadwal,dan bikin konsep debut….
    tapi yang bikin mereka sebesar sekarang itu kita… fansnya… dan tentu aja talenta personil masing2…
    Iya sih, kita harus utang budi… tapi ya ada batasnya… 6 tahun udah cukup buat kerja rodi tanpa bayaran yang pantas…

    Sorry kepanjangan… 🙂

  • antara percaya ga percaya, tapi lebih ke percaya.
    aku juga agak benci sama agensinya -oke aku bilang agensi ya bukan artisnya-
    tapi liat komen @W-W berasa dapet pencerahan. masuk diakal dan dapat diterima 🙂
    dukung terus aja buat artis-artis naungan SME ^^

  • bnyak jg yng spertinya kurang percaya TVXQ d perlakukan sperti itu …!
    yg jelas TVXQ dari awal d kontrak dng jangka wktu yg brbeda dan yg paling lama adalah yun ho dan changmin , itu sebab yunho dan changmin tetap bernaung d SME. karena jika mreka ikut keluar SME bisa menuntut mreka dngn nilai yg amat sangat tinggi .
    SM mmbuat kontrak yg murni mnguntungkan mereka, karena biaya pendidikan para artis traineer dr awal itu mreka perhitungkan untuk kmudian d byar dngn hasil jerih payah mereka , dngan cara yg amat sangat merugikan TVXQ ..
    TVXQ memiliki fasilitas mewah itu bukan milik mereka tp atas nama SME.
    dan ketika JYJ keluar semua fasilitas mereka d sita ,
    setelah menjadi grup JYJ penghasilan mereka mencapai 301 miliyar per tahun bahkan lebih makany JYJ skarang trlihat makmur itu karena real hasil jerih payah mereka , bukan dr SME.

  • yang iya,sekarang kita gak tau kan apa yang SEBENAR-BENARNYA terjadi didalem sana (SM,DBSK,JYJ,HOMIN, dan artis2 lainnya)?yang iya,hanya mereka yang tau dan benar2 tau apa yang uda terjadi dan apa yang uda mereka alami?sejauh ini,kita juga gak ngeliat secara REAL kan apa yang uda terjadi?walaupun berita di atas benar2 resmi.kita juga gak tau kan berita itu benar2 resmi keluar dengan tanpa ada kebohongan sedikitpun?aku senang,para fans DBSK maupun pendukung/bukan pendukung SM uda berani ngeluarin pendapatnya masing2 melalui forum ini.ini menunjukan perhatian kita terhadap artis yang kita idolakan.tapi yang jelas, JYJ maupun Homin, mereka tidak bodoh, aku yakin mereka juga satu pikiran dengan kita yang sangat tidak menerima ketidak adilan. mereka pasti sudah tau langkah2 apa saja yang akan mereka lakukan.meskipun apabila mereka sedang dalam keadaan terdesak.mereka tau apa yang mereka lakukan demi kebaikan mereka dan orang lain disekitarnya (dan juga fansnya,yaitu Cassie).aku bukannya ingin memihak siapapun,tapi kita juga tidak semestinya mengatakan SM tidak adil dan sbagainya.atau apa kalian benar-benar mengerti di dlm SM itu seperti apa?atau kalian berpendapat seperti itu karena keluarnya berita2 jelek dari SM dengan artis2nya?aku menghargai pendapat kalian yang sangat tidak dapat menerima masalah yang dialami JYJ dengan SM.bagaimanapun, baik SM,JYJ,HOMIN,SUJU,SNSD,KALIAN,AKU,CASSIE,ELF,dan seluruh manusia yang hidup di dunia ini,

    kita memiliki kelebihan dan kekurangan masing2.untuk menyelesaikan suatu masalah,kita tidak dapat hanya melihat dari 1 sisi saja.masih banyak faktor pendukung (baik/buruk) yang menyebabkan suatu masalah muncul.dan apabila ada slh 1 ataupun banyak faktor pendukung yang buruk dari suatu masalah,kita sebaiknya menanggapinya dengan bijak.aku yakin,mereka yang melakukan suatu hal yang buruk,aku yakin mereka pasti memiliki alasan yang bertujuan baik yang menyebabkan hal buruk itu terjadi.yang aku tau,tidak ada orang yang benar-benar buruk di dunia ini.

    sekarang,bagaimana kalau kita berdoa sekarang untuk kebaikan JYJ,HOMIN,DBSK agar mereka selalu dimudahkan setiap langkah2nya dan tidak terjerumus di jalan yang salah? ^O^ bagaimanapun,mereka telah melangkah sejauh ini demi semua pendukung DBSK (terutama Cassie) kan?

    hehehe,saya telah membacot terlalu panjang rupanya ^O^ maaf ya.aku melakukan ini karena aku juga mencintai mereka (DBSK) dan kalian (Cassie) kok.maaf kalo tulisan saya mengganggu kalian

  • Untuk lebih jelasnya coba de ke truetvxq. Disana dipaparin soal kontrak, pembagian royalti baik TVXQ maupun artis secara global. Ada link yang bisa dipercaya sehingga bisa dibandingkan. Emang blognya bahasa inggris, tetapi pake google translate membantu…

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: