(Info) Rating TV: TNmS vs AGB Nielsen

Published 21/06/2011 by mydonal

kalian pasti pernah liat informasi rating acara tv korea seperti gambar diatas kan??

tentunya kalian awalnya bingung kenapa ada banyak informasi rating yang berbeda dan menurut perusahaan peneliti rating yang beda pula. nah, untuk itu sekedar informasi aja tentang rating Tv di korea selatan sana, kebetulan nemu artikel menarik dari soompi.

sebenarnya Rating TV didominasi oleh 1 perusahaan Namanya  Media Service Korea. pada 1999, TNS Media Korea mulai untuk mempublikasikan Informasi Rating TV yang dimanfaatkan untuk beberapa masalah yang terjadi disebabkan oleh kekuasaan Media Service Korea.

lalu MSK diperoleh oleh AC Nielsen dan kompetisi diantara kedua perusahaan dimulai. sejak 2005, AC Nielson dan AGB bergabung untuk membentuk AGB Nielson research.

TNS Media Korea di sisi lain mengganti nama mereka menjadi TNmS pada 2010.

saat ini AGB Nielson mempunyai total 2050 rumah tangga yang yang meneliti untuk TV Rating. tersebar di korea meliputi 550  di seoul, Busan 250, Daegu 200, Kwang Ju 160, Dae Jun 160 dan kota kecil lain 290.

TNmS juga mirip dalam jumlah kantor (household), mereka memiliki 2000 rumah tangga tersebar di sekitar Korea.

kedua perusahaan ini menggunakan alat peneliti yang disebut people meter yang terikat dengan reseptor. tiap orang dapat ikut dalam penelitian, tapi keluarga yang memiliki anggota yang terlibat dalam bisnis penyiaran dalam beberapa cara dikecualikan.

dua perusahaan juga memiliki persaingan secara legal. AGB Nielson menuduh TNmS telah melakukan kecurangan dalam beberapa penelitian informasi. pengadilan pertama menerima tuduhan tersebut pada 17 september 2009 tetapi TNmS mengajukan banding.

sekarang pertanyaannya adalah, apa yang membuat Rating memiliki perbedaan smpai 2~3% diantara dua perusahaan ini? untuk beberapa, mereka mempercayai bahwa alasan untuk perbedaan ini adalah TNmS mengunjungi Rumah tangga dan termasuk tamu yang menonton TV kedalam penelitian mereka yang menyebabkan kenaikan presentase dari acara TV, sedangkan AGB Nielson tidak. meskipun demikian, alasan sebenarnya untuk perbedaan ini belum ditentukan secara pasti. ini juga sumber kontroversi karena perbedaan presentase ini juga dapat berarti banyak untuk perusahaan iklan dan perusahaan penyiaran.

sekarang ini pendapat saya(penulis) tapi, mempertimbangkan fakta ini. jika TNmS dan AGB Nielson memiliki rumah tangga yang sama dalam penelitian mereka kita mungkin dapat melihat angka yang mirip diantara keduannya.  sebaliknya, kalian mungkin melihat beberapa perbedaan seperti sekarang. sebuah penjelasan yang sederhana, saya tahu, tapi ini membuat arti untukku. juga, untuk tiap tipe penelitian kalian selalu meninggalkan margin error, dan juga outliers.

credit jbarky @ soompi

indo trans mydonal @ yeppopo

take out with full credit

One comment on “(Info) Rating TV: TNmS vs AGB Nielsen

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: