Mengapa Selebritas Korea Bunuh Diri?

Published 16/06/2011 by mydonal

Park Yong Ha, aktor Korea Selatan yang tewas bunuh diri 30 Juni 2010. Han Myung Gu/ WireImage

Walau tidak ada catatan statistik yang akurat, selebritas Korea tampak lebih rentan bunuh diri ketimbang artis di Amerika, Eropa, atau Jepang.

Cha Dong Hae, mantan anggota SG Wannabe (grup paling populer di Korea), menambah panjang daftar selebritas yang meninggal bunuh diri. Hae memang dikabarkan menderita depresi berat setelah dua tahun lalu ditinggal mati manajernya — yang juga bunuh diri di sebuah hotel.

Walau tidak ada catatan statistik yang akurat, selebritas Korea tampak lebih rentan bunuh diri ketimbang artis di Amerika, Eropa, atau Jepang. Padahal tekanan yang dialami dalam mencapai ketenaran kurang lebih sama.

Tahun 2005, artis Lee Eun-Ju (yang sedang naik daun) ditemukan gantung diri. Langkah serupa juga rupanya diambil oleh selebritas Korea yang lain seperti U-Nee, Jeong Da-bin, Ahn Jae-hwan, Choi Jin-sil dan adiknya, Choi Jin-young.

Yang paling menggegerkan, aktor pelopor invasi demam Korea Park Yong Ha tahun lalu ditemukan tewas gantung diri dengan kabel telepon di kamarnya.

Apa yang mendorong selebritas Korea begitu mudah mencabut nyawa mereka sendiri?

Percaya atau tidak, negara Korea ternyata memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di dunia. Organization for Economic Cooperation and Development mencatat, 21 dari 100 ribu orang Korea melakukan bunuh diri — melewati batas normal yaitu 11.

Hwang Sang-Min, seorang psikolog dari Universitas Yonsei, mengungkapkan bahwa orang Korea cenderung membentuk identitas mereka sesuai pandangan orang lain terhadap dirinya. Selain itu, mereka juga memiliki konsep Han — yaitu bersikap diam dan berusaha tabah walau dalam keadaan marah.

Percaya atau tidak, negara Korea ternyata memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di dunia.

Pekerjaan sebagai selebritas yang sangat lekat dengan urusan pencitraan (alias tergantung pada popularitas) membuat konsep Han jadi amat berat dilaksanakan. Terutama bila mereka sedang menghadapi situasi yang buruk.

Karena selebritas tidak lagi mampu menunjukkan citra baik dan tenang, mereka cenderung frustrasi, menyerah, dan mengambil pilihan drastis — salah satunya adalah bunuh diri.

Faktor lain yang juga berpengaruh dalam tingginya tingkat bunuh diri di kalangan selebritas Korea adalah kurangnya program konseling. Budaya Korea yang cenderung tertutup juga membuat para selebritas itu malu jika ketahuan publik saat pergi ke konseling atau sedang mengalami depresi.

Selain itu, faktor agama rupanya juga memegang peran. Hampir setengah penduduk Korea tidak memiliki agama, sehingga ketika mereka mengalami depresi, penghargaan terhadap nilai kehidupan pun rendah.

Kepercayaan akan konsep reinkarnasi juga membuat orang Korea terdorong untuk mengakhiri hidup mereka dan menjalani kehidupan baru yang mungkin lebih baik dari sekarang.

Yang mengkhawatirkan, banyaknya kasus bunuh diri di kalangan selebritas menimbulkan kecenderungan serupa di kalangan penggemar mereka. Sejak kematian aktris Lee Eun-Ju pada 2005, tingkat bunuh diri dikabarkan mengalami peningkatan cukup signifikan.

Oh Kangsub, seorang psikiater di RS Kanbuk Samsung mengatakan, “Ketika seorang selebritas bunuh diri, penggemar mereka akan mengikuti aksi sang idola.”

Sebagai langkah antisipasi, kabarnya saat ini pemerintah Korea sedang gencar menggalakkan program konseling di banyak rumah sakit untuk membantu para warga yang sedang depresi.

full credit  Syanne Susita
Via Yahoo Indonesia

29 comments on “Mengapa Selebritas Korea Bunuh Diri?

  • ckckckck kyknya mereka terlalu gengsi ya untuk menunjukkan kl mreka frustasi -_-
    kl kt aku, kl marah jgn dipendem. tar cepet mati. ya bktinya kyk artis2 korea itu, krn mendem amarah, jdnya depresi trus bunuh diri -_-

  • Oh Kangsub, seorang psikiater di RS Kanbuk Samsung mengatakan, “Ketika seorang selebritas bunuh diri, penggemar mereka akan mengikuti aksi sang idola.”

    aduhh… ngenes bgt baca yg ini……
    harusnya selebritas juga memikirkan nasib fans nya…

    • itu kan berlaku wat fans mereka yang diluaran sana !!!!!! but ya,nya di indo gag pernah kejadian yang beginian !!!!!!!!!!!!

  • tobat2 =( ngenes kdg baca brita ttg seleb bundir… Plgi fans sana aga fanatik am idolany. Jgn ampe mrka ikutan ky yg psikolog itu blg.. Ap itu idola ga trpkir ttg kluarganya am tmen2ny yah?? Ksian jg mreka kan??

  • yang harus dilakukan agar mencegah bunuh diri. satu, PILIHLAH AGAMA. jangan sampe ada ‘kekosongan’ di jiwa. ._. dekatkan diri pada Tuhan. dan, satu lagi. frustasi jangan ditahan2. langsung keluarin aja, ga usah gengsi -_-

  • Mungkin faktor ketertutupan mereka juga yang paling mempengaruhi tingkat bundir yang cukup tinggi.. Abis korea kan terkenal dengan negara yang jarang mau bekerjasama dengan negara laen… Sedih ya bacanya, ngenes kalo mereka ternyata banyak yang atheis, kalo mereka beragama seenggaknya kan stiap agama punya konsekuensi buat penganutnya yang bunuh diri… Trus dengan beragama juga mereka jadi merasa bersalah kalo mengakhiri hidup yang udah diberikan secara cuma2 ma Tuhan pencipta kita.. Ah pokoknya sedih deh, knapa harus ditutupin dan malu sih ke psikiater? Kita kan manusia.. Normal banget bahkan teramat normal kalo kita pernah suatu kali merasa frustasi… Jadi, intinya, sedih dan harusnya mereka mengubah sikap mereka, pokoknya hwaitting!

  • “Ketika seorang selebritas bunuh diri, penggemar mereka akan mengikuti aksi sang idola.”… >>> mengerikan,,,,,

    kyaknya orang korea kudu banyak ketawa ketiwi,,banyak rumpi,….banyak jalan sana n sini,,, biar gak terlalu setress ma kerjaannya,,,hoho

  • Oh ya satu lagi,. Mian onnie, saya terlalu menggebu-gebu untuk mengomen post an ini! Ahahhahaha *berapi-api* lagian juga fans disana ato bisa kita bilang netizen mungkin yang membuat artis2 disana setress… Abisnya netizen sono terlalu lebay… Kalo benci ma seorang artis pasti ditunjukan dengan tingkah laku yang sedikit ato banyak ‘MENGGANGGU’ jadi mungkin tekanan2 itu yang ngebuat mereka stress, trs juga tingkat persaingan agar eksis di dunia hiburan sana mungkin emang berat banget.. Bahkan ada yang bela2in oplas segala demi sebuah ke eksisan.. Jadi itu juga mungkin faktor bagi artis2 yang udah ga laku untuk bundir… Jadi sekian dan terimakasih.. *huuuhhhh…. Pegel2 nih tangaaaaannn*

  • aduh kasian buat yang ditinggal.ngeri juga ya ketika seorang selebritis bunuh diri, pra penggemar mereka akan mengikuti aksi mereka

  • Hum, gmn ya…
    Emang sih, bunuh diri itu keliatannya seperti sebuah penyelesaian masalah… Tp kan ga gitu…
    Harusnya sih, klo ada masalah tuh lampiasin k hal lain yg lbh positif gitu…

  • Chingudeul, gmn klo kita bikin gerakan #stopsuicide… Kan bunuh diri jg bkn cuma masalah d Korea aja. Tp d tiap negara jg pasti ada…
    Biar org2 tu lbh sayang sama nyawa mereka…
    Kdg ak suka sedih. Bnyk org sekarat (krn sakit) pengen hidup lbh lama, sedangkan mereka yg sehat wal afiat buang2 nyawa gitu aja…

  • emang cuma “agama”yg bsa bikin orang lebih tenang dan sabar….
    Mungkin salah’a mereka adalah mengeyampingkan urusan keyakinan.
    Padahal itu pondasi dalam hidup,,,
    Coba ja,,
    Klo keyakinan lebih di terapin,mungkin bakal mikir2,klo mw ngelakuin itu.
    Satu lghe,trlalu tertutup#walau saia jga#
    Selalu mndem perasaan sendiri,,,
    Knapa gk di keluarin dngn sesuatu yg bermanfaat aja,,,,,

    Hwaaaaa,,,,,,,ko saia jdi nasehatin orang sich,,,
    Kya dh jdi orang bener ja|||||||
    Mian,,semua,,,gk bermaksud mngurui,,,cuma berkoment ria aja ko,,,,^_^

  • waduuhh.bisa abis tuh penduduk korea kalo gitu caranya..
    harusnya mereka paling ngga punya agama gitu,biar kalo lagi frustasi mereka bisa ngadu ke tuhan.bukan malah bunuh diri..
    kasian banget yaaa
    jangan sampe pemerintah di sana stress mikirin rakyatnya yang bunuh diri,nanti malah dianya ikut bunuh diri lagiiii….

  • BAGUS…AKU DUKUNG FULL.YG PENTING KOREA MAU BERUBAH,SLALU BERUSAHA MENCARI SOLUSI DARI SEMUA ASPEK.PROGRAM 5 THN KEDEPAN TDK ADA ARTIS N POLITIS YG BUNDIR.jk perlu jgn ada cerita di drama korea yg bundir.tolong DUBES KORSEL SAMPAIKAN INI.KHAMSAHAMNIDA

  • tuh kan p’gangan d’idup ini ntu agama,mao apapun agama yg penting saat lagi buntu yak lari’a k’agama
    tapi kembali lagi k’self direction tiep2 person yak,kalo emang ngga sanggup yak jgn maksa kalo sanggup yak d’jalanin *enakbangetgwngomongyak*

    uri BigBang jgn sampe kaia’a gitu *getok2meja* amit amit…………………………..
    mikirin’a aja gw udah ngeri

  • yaah mungkin karena mereka banyak yg gag beragama jadi yang mereka puja yah idola mereka bukan Tuhan..alhasil kalau idolanya bunuh diri, mereka jadi gag punya pegangan lagi dan alhasil ikutan bunuh diri juga.. apa disana gag ada pelajaran agama kyk di Indo iah pas sekolah? .. yoo wis smoga gag ada artis yg bunuh diri lagi di Korea sana.. Aamiiinn..

  • nice post, ternyata begitu ya orang Korea cenderung membentuk identitas mereka sesuai pandangan orang lain terhadap dirinya.. ckckckkk jadi klo satu hal buruk terjadi mereka gampang ngedown langsung terbayang pandangan org terhadap dirinya padahal yg ngejalanin dan milih hidupnya mau baik atau buruk kan mereka sendiri.. prihatin sangat.. berarti sebelum tinggal ke korea saran saya minimal kita harus memupuk rohani kita biar kita punya mental ga gampang jatuh dan putus asa krn Yang Maha Pengasih lg Maha Penyayang slalu bersama dan akan memberikan pilihan yang terbaik untuk kita..

    smoga program konselingnya bisa jalan dan smoga org korea pd sadar bahwa mulutmu harimaumu.. mereka ga sadar pelan2 rakyatnya sendiri yg membunuh perlahan insan kesayangan mereka.. chingu, beware okay.. 😉

  • Agama emang penting,,tapi kalo gak punya keimanan ama ketaqwaan terhadap TUHAN YME sama aja juga bo’ong,,jangankan di korea yang kebanyakan atheis,,di Indo aja yang semua’a punya agama tetep aja bunuh diri… Semuanya itu tinggal tergantung diri mereka sendiri..harusnya mereka itu bisa berfikir panjang sebelum bertindak.. reinkarnasi yang mereka yakini berbeda ama kita,, kalo kita kan percaya nya akan kehidupan setelah di dunia –>> akhirat… nah kalo keyakinan mereka–>>mereka bakal dilahirkan kembali ke dunia ini… maka’a gw bersyukur hidup di negara yang punya agama dan masyarakat’a dpt nrima kita apa ada’a dengan kelebihan dan kekurangan kita masing”–>> tenggang rasa 🙂

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: