(INFO) Kali Cheonggyecheon, Kali Bersih Yang Dulunya Kumuh & Kotor!

Published 28/05/2011 by yeppopo

Ada yang mau ke Korea?? kalau kalian ke Seoul coba mampir ke lataran sungai Cheonggyecheon. Ini adalah aliran sungai kecil yang merupakan kebanggaan masyarakat Seoul, yang mengalir sepanjang 10 km, dari barat ke timur, dan membelah kota Seoul.

Sejak lima tahun terakhir, penduduk Kota Seoul punya tempat menarik untuk bersantai. Demi melepas lelah dari kepenatan, warga ibukota Korea Selatan itu tidak lagi cuma menyambangi pusat perbelanjaan atau kafe-kafe, namun cukup berkunjung ke suatu kali bersih dan berjalan-jalan di sana tanpa dipungut biaya.

Nama kali itu Cheonggyecheon. Terletak di jantung kota, kali itu juga mampu menarik minat para turis lokal dan mancanegara. Cheonggyecheon benar-benar menawarkan daya tarik tersendiri.

Suasananya cukup tenang walau di atasnya berlalu-lalang beragam kendaraan bermotor. Sisi kiri dan kanan kali itu disediakan jalur khusus untuk pejalan kaki, sehingga mereka bisa merasakan langsung kesejukan udara sekaligus mendengarkan aliran air yang menyegarkan.

Meskipun tidak bisa diminum, namun air di kali  itu sangat jernih.

Sungai sepanjang hampir 6 km itu dulunya sangat kumuh, bahkan menjadi jamban dan tempat buang sampah bagi banyak orang. Menurut laman pemerintah Seoul, setelah Perang Korea (1950-1953), Cheonggyecheon menjadi lokasi pemukiman kaum pendatang yang ingin mengadu nasib di ibukota.

Pada dekade 1970-an, Cheonggyecheon berubah fungsi menjadi salah satu simbol “modernisasi” Korsel. Kali itu dibangun banyak tiang pancang dan beton untuk pembangunan jalan layang.

Namun, pada 2003, walikota Seoul saat itu, Lee Myung-bak melakukan perubahan revolusioner. Lee, yang kini sukses menjadi presiden Korsel berkat visinya yang ramah lingkungan, ingin Cheonggyecheon kembali kepada statusnya semula sebagai anak sungai kecil yang mengalir di jantung ibukota.

Jalan-jalan layang di atas kali itu disingkirkan, begitu pula dengan tiang pancang dan lapisan beton yang menutupnya. Maka, dua tahun kemudian, Cheonggyecheon “lahir kembali” sebagai kali sungguhan dan kini menjadi salah satu kebanggaan Seoul sebagai ibukota moderen yang turut memperhatian kelestarian lingkungan hidup.

Menurut keterangan pemerintah Seoul, kelahiran kembali kali itu bahkan turut menurunkan tingkat polusi udara dan kian menyejukkan udara di tengah kota.

hmm… bisa ga ya kali Ciliwung kaya gitu?!

Ini saat ada festival :

 

videonya:

 

taken from: apabae.co.cc

pic+video via: hancinema

reshared: yeppopo

22 comments on “(INFO) Kali Cheonggyecheon, Kali Bersih Yang Dulunya Kumuh & Kotor!

  • WOW… Kereeeeenn… Itu kali yang ada di tengah kota sibuk, tapi keliatan sejuknya gak kalah sama kali-kali atau sungai” yang ada d pedesaan di Indonesia *bc: Kampung Daun d Bandung..* keliatan sejuk, indah, enak di pandang…

    Di pict 6…
    Itu kaya tempat syuting MV Big Bang Haru Haru ya, yang Bang JiYong sma Park Min Young tuntunan, poto” itu, bener gak yah… ^.^v

  • uwow kali za sejernih itu,,,,
    aku kira itu teh sungai buatan…hehe,,,cs kecil banget udah gtu dangkal pula,,,

    secara sering banget lyat kali ni di drama2 tau mv2,,kyak mv suju n snsd ,,trus yg paling inget ntu peterpan juga bikin klip di kali ntu,,,,
    *jadi kangen peterpan*

    coba ya kali di kita kyak gtu,,mungkin gak ada yg namanya banjir2an lagi,,,hehe

  • wahh keren yahh ….
    dulu pemerintahx juga d’tentang hbs2an ma masyrakatx tpi coba skrng liat ,, pernah nntn berita ini katax juga jdi tempat pcrn juga lo mlm d’kasih lilin2 gtu romantis bgt dahh pokok naaa..

    nihh kali bikin iri dehh coba d’samarinda gtu juga d’samarinda kan kalix gede bgt tuhh …
    puasti keren …

  • eits, keren,,,,
    coba kali2 d jakarta n’ bandung kya begono, g’ ada lagi yg nama’a banjir musiman paz ujan gede

  • Salut banget sama presiden korsel yang peduli banget terhadap lingkungan padahal disana lagi modernisasi. Coba kalo semua walikota bahkan presiden kita seperti itu. Ngebersihin sungai, bukan bikin mall melulu

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: