(news) Invasi K-pop di Jakarta: Penuh Drama

Published 18/05/2011 by mydonal

Di tahun 2011 ini, Indonesia seperti dibidik sebagai pasar potensial penyebaran K-pop. Betapa senang ketika mendengar kabar JYJ akan hadir ke Jakarta. Juga 2PM yang datang dalam rangkaian BlackBerry Live & Rockin’.

Lalu ada Super Junior plus Park Jung Min di KIMCHI, 2AM dan Miss A di Jakarta FantastiKpop Festival — serta Big Bang di Jakarta International Teen Festival. Tidak perlu lagi menjemput bola para kokitnam namja ini ke Seoul atau Singapura.

Penuh drama
Sayangnya, setiap kedatangan cowok-cowok ganteng Asia Timur ini selalu diikuti dengan “drama” yang tak kalah dramatis dengan cerita drama Korea. Di tengah antusiasme penggemar JYJ terhadap kehadiran Jaejoong, tiba-tiba muncul berita konser itu dibatalkan. Kabarnya ada beberapa syarat produksi tambahan yang tidak dapat dipenuhi pihak promotor.

Beruntung, 2PM sukses tampil di Kemayoran bersama Shontelle, Taio Cruz dan Suede. Tapi itu pun tetap tak lepas dari drama. Berhubung Junho tampil dalam sebuah acara produsen smartphone, membeli tiket konsernya tidaklah semudah konser lain. Para Hottest nyaris putus asa akibat persyaratan pembelian produk yang super mencekik kantong untuk semata-mata dua tiket VIP.

Alternatif lain untuk akses pun tidak kalah merepotkan: menjawab kuis lewat Internet. Serbuan peminat (tak sebatas 2PM tentunya) menggila ke empat situs yang disiapkan. Judulnya, crash saja deh!

Drama ini masih berlanjut ketika malam itu ternyata 2PM hanya membawakan empat lagu! Sungguh menguras emosi. Jumlah itu sangat sedikit dibandingkan dengan tiga artis lain yang menyanyi paling sedikit delapan lagu. Tidak sebanding dengan jerih payah penggemar demi menonton.

Rentetan drama belum berakhir. Sempat beredar kabar, 2AM akan mengadakan pertunjukan mini di Jakarta. Yang terjadi kemudian adalah, meski grup didikan JYPE ini memang benar datang ke Jakarta, konser mini mereka hanya isapan jempol.

Bijaksana memilih konser
Sulit menuding pihak mana yang salah dan benar dari kejadian yang tidak mengenakkan tersebut. Tapi yang jelas, penggemar K-pop dikecewakan. Situasi seperti ini tentu sangat tidak mendukung bagi satu mania yang mulai booming (naik daun).

Apalagi invasi K-pop di Jakarta sudah terlihat lagi. Dua minggu lagi, invasi dimulai dengan KIMCHI, lalu disusul Jakarta FantastiKpop Festival dan — yang masih belum jelas — Jakarta International Teen Festival.

(Harga tiket konser-konser ini bukan murah. Bahkan ada yang lebih mahal dari tiket Justin Bieber!)

KIMCHI atau Korean Idols Music Concert Hosted in Indonesia 2011 diadakan oleh promotor W Production, yang bisa dibilang “pemain” pertama di dunia K-pop. Mereka juga pernah mendatangkan Rain dan Kim Bum.

Bintang utama KIMCHI adalah grup K-pop paling populer: Super Junior (Suju). Choi Si Won dkk direncanakan akan menyanyi lebih dari empat lagu. Selain itu, Super Junior M (SJ-M) akan hadir juga. Artinya, selain: Leeteuk, Heechul, Yesung, Shindong, Sungmin, Eunhyuk, Donghae, Siwon, Ryeowook, Kyuhyun, hadir pula Henry Lau dan Zhou Mi.

Juga akan hadir Park Jung Min, salah seorang anggota SS501 yang baru-baru ini meluncurkan single “Not Alone” dan album mini The, Park Jung Min; plus tiga grup pendatang baru yang sekarang sedang jadi buah bibir di Korea: The Boss, Girl’s Day dan X-5.

Dua minggu setelah KIMCHI, giliran penggemar grup jebolan JYP Entertainment (JYPE) yang dimanjakan, terutama yang sempat kecewa ingin menangkap 2AM. Promotor Blackrock Entertainment akan menggelar Jakarta FantastiKpop Festival (JFF) yang menampilkan 2AM, Miss A, Joo, San-E dan Lee Hyun.

Kabarnya peminat festival K-pop yang satu ini tidak kalah seru dengan KIMCHI. Bagi I AM (panggilan penggemar 2AM), JFF jadi tempat jaminan untuk menikmati aksi idola. Soalnya, lewat akun Twitternya, Jo Kwon sempat mengindikasikan bahwa 2AM pasti datang. Jadi wajar saja bila setelah dua hari penjualan, pihak promotor pun berterima kasih atas respons antusias penjualan tiket online.

Yang masih tidak jelas kabarnya mungkin Jakarta International Teen Festival (JITF). Promotor Berlian Entertainment (yang menggelar konser Justin Bieber) sempat menulis twit soal festival ini.

Mereka mengabarkan, hanya berselang sepuluh hari setelah JFF, JITF akan menampilkan parade artis dari berbagai negara seperti Katy Perry (AS), Big Bang (Korea), Brown Eyed Girls (Korea), dan 24herbs (HK).

Tetapi tidak lama setelah pengumuman tersebut, mereka mengeluarkan pernyataan tidak lagi terlibat dalam festival ini. JTIF akan diurus pihak Rumah Sinema. Setelah insiden 2AM baru-baru ini yang melibatkan Rumah Sinema, kepastian festival ini sangat meragukan.

Jadi sebelum tercipta “drama” baru, ada baiknya sebelum memesan tiket, mari kita jadi detektif dulu untuk mencari tahu kejelasan detail konser dan promotor!

Ingin dapat tiket gratis KIMCHI 2011? Ikuti akun W Production di Koprol.

credit by Syanne Susita@yahooOMG

40 comments on “(news) Invasi K-pop di Jakarta: Penuh Drama

  • 1 harapan gw , SEMOGA KONSER KPOP BERIKUTNY PROMOTOR LBH RAPI & GA MNGECEWAKAN ATO BATAL MENDADAK. #AMIN!!!#

    Sya sdh kapok dgn kser kpop di Indo, dan ga mw lg.

  • hahahaaa
    jdi detektif bisa2 onn…

    bner2 ,, setuju ma postan ini kasian bgt penggemar2x dah beli tiket mahal2 eh penapilan cuma 4 lagu ,, yg dtng jauh2 ga bisa liat ,, konser d’batalkan pula dll..

    apes bener dahh…
    mudahan kimchi and BIG BANG ntr ga gtu dehh..
    ini bisa d’jadikan pngalaman..!!

  • Semoga Yang JITF bener” ada & datengin BIG BANG…. Huhuhuhuhuhu…

    *Rela nahan” nyimpen uang jajan selama 2 bulan buat beli tiketnya nanti…huhuhuhu…

  • JTIF membingungkan, beritanya gak jelas
    padahal vip udh seneng bgt
    lw promotornya pindah ke rumah sinema, org pasti bakal gak akan percaya lgy setelah kejadian 2AM kmren

  • agak meragukan deh ini konser BIGBANG –” ah jangan sampee deeh naudzubillah ada drama2an lagiiii ngecewain banget doong -____- toh jadi gak jadi aku juga ga nonton :’) /plak

    aku juga pengen nonton kimchi.. cuma… konsernya pas UAS T^T *nangis di pojokan

    BIGBANG ke surabaya ya kapan2~ biar saya ga susah~ :’3

    /abaikan curcolan ini

  • jd g semangat mantengin info konser na BIGBANG…. promotor na ja GEJE

    mending nungguin konser global event ja..
    kan jelas tuh dr pihak Korea na lgsg

  • ya ampuunnn mw lyat idol aza susahnya minta ampun ya….

    mana promotornya gitu lagi,,,makin ga jelas deh,,palagi big bang ya…
    huaaaaaaaaaa

    kyaknya gw ne… yg kudu jadi promotornya…
    tak datengin deh semua artis korea,,,
    trus ga bakalan ada drama2 gtu lagi…

    abis nonton konser yg komen cuma hepi,,,, trus konsernya bagus ya…berjalan dengan lancar..aman n damai pula,,,trus ga bikin gendek..
    #mimpi

    • tenang unnn mimpi itu bisa tercapai,,,
      kan msh ada aick yang akan jdi pengusaha baso tennis, sate tennis, n’ rujak tennis….dia dah janji mw datengin BIG BANG bt jadi model iklan produk’a…

      #mimpi jg nich kya’a

  • Naseb seorang magnae dirumah yg ga dibolehin prg ama ortu, ditambah tempat n hrg tiket yg blm jelas… Jd bnr2 ga bs ntn JITF hiksss T.T

  • Drama apa ini?? Tayang kapan?? Siaran SBS ato KBS?? Hehehe… Big bang jadi dateng apa nggak tetep ga ngaruh… TOH AKU JUGA GAK BISA LIAT… HUWEEEEE T.T hmm… Tp tetep kudoain big bang jd dateng.. Biar skalian bang gd lamaran ke kluarga aku.. Akakakkaka *disembelih hidup2 oleh onnie istri nya bang gd lainyya yg super kejam* akakka jkd…. 😀

  • bgini ini yg bkin gag seru dan ga fair.
    sblum ngadain event, itu promotor di benahi dulu lah. jgn bkin malu…
    ga enk bgt batal cuma gara2 alasannya promotor indo ga bsa mnyiapkan material si artis. beehhh..
    belum lagi, keadaan kayak gini lngsung di sikat promotor buat ambil untung segede2nya. bilan ini-itu si anu-si ini mau dteng. uda bela2in beli tiket mhal2 ehhh tau2 si anu-ini-inu ga dteng. mreka ga tau gmna arti dan prjuangan seeorang fans demi ktmu idolanya. jgn seenaknyalah, pak! ngasih hrapan gede2, tau2 cancel.

    ohya, gw dnger dari spupu gw di indo, hrga tiketnya mncapai 2,5juta. benarkah??
    mnding lngsung terbang ke korea aja deh kalau tiketnya sgtu mah. lngsung samperin YG building. uda jelas2 “jelas” beritanya, ga ngambang2 kayak bgini.

  • aigoo…. Menyebalkan memang soal ini… Setuju ma yg udh pada komen. Kedatangan Bigbang nggak jelas bgt. Tinggal be2rapa hari lagi blum ada kpastian. Hhh…. Nasib jadi VIP di indonesia… =.=

  • sumpah,, kedatangan 2PM ke Indo emng parah bnget… huft…. tpi moga aja tahun depan mereka beneran gelar full concert… amin… hehehe…..

  • Artikel yg keren, dan memang bener banget semuanya penuh drama,
    2PM nyanyi 4 lagu itu pun kuran dri 20mnit (tp saya cukup Puas,walau harus nganti masuk sekitar 3 jam)
    untuk kimchi sendiri,yg drama banget pas kejadian mau ngantri jam 7.30wib, satpam disana bilang tiket tribun dua sudah habis (padahal posisi BARU mau masuk Grand Indonesia)

    Drama yg paling Meguras Hati ya kejadian 2am di sebuah club yg katanya mau fan meeting malah malah Emosi Jiwa(faktor promotor yg kurang)

    Kalau untuk FantastikKPOP,belum ada drama yg berarti (semoga tidak)dan thx good pemesanan OLnya jga cepet.

    Semoga untuk kedatangan Big Bang hanya ada 1 drama yg INdah..

    *agaksedikitCURHAT
    *gumawoAdmin

  • Klo aQ siyy smpe skrg msh pnasaran aj,,knp promotor sekelas om adrie subono kyny ogah bgt dtngn artis korea? Chingu2 ad yg tau?mgkn prnh dngr si om adrie ksh pnytaan apa gtu…

    • om Adrie emang kyakny ga trtarik ke Kpop.. Dlu dy smpet pnsran n tny band2 kpop apa aj, tp bis itu ad aj yg dy blg. Mslah mnjemenny yg ribet, mahal n cma nyanyi dkit lagu di stage, dll. 😦

      Yah,klo emang dy ga tertarik ke daerah situ, ya agak susah jg..

  • menurutku terlalu terburu-buru para promotor bwt datengin BB/GB. Ku doakan saja Bigbang benar-benar dateng ke indo n gak hanya omong kosong doang.

  • nice post oennie popo….menggambarkan “drama” tapi g lebai, objektif dgn tidak mencari kambing hitam. yah smangat pokoknya buat penikmat musik korea di indonesia

  • kenapa sich artis-artis korea jarang mau performance di Indonesia.Padahal minat fans K-pop di Indonesia sangat besar. Masa kita selalu dilewati ama negara tetangga yang lainnya aja.

  • Besok kalo saya udah sukses bakal nanggap mereka ke Indonesia buat konser dlm rangka nikahan saya. Makanya nyari suaminya yg kaya 7 turunan. #matre #stress #maruk

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: