(News/Trans) SHINee, “Karena Di Eropa Tidak ada Idola2 yang menari…”

Published 04/05/2011 by yeppopo

Ketertarikan orang dalam Korean wave di Eropa dan prospek2 ini meningkat setelah fans Kpop Perancis melakukan flash mob di depan Le musee de l’ouvre pada 1 mei lalu. Slogan mereka adalah “Satu Tanggal Lagi” untuk SM Town Live in paris yang dijadwalkan pada 10 Juni. Pada 20 April lalu, grup idola SHINee melakukan pertemuan dengan member2 dari fanclub Kpop Perancis yang mengunjungi Seoul.

Kami mewawacarai Deputy SM Kim Youngmin and SHINee pada 3 mei, mengennai 1 bulan lagi adanya Korean Wave’s “Europe Landing.” Kim adalah orang yang memimpin globalisasi SM sebagai deputu sejak tahun 2005.

– Apa kamu memperkirakan K-pop akan menjadi sepopuler ini di Eropa?

Kim: Tidak Pernah. Saya berfikir kami bis amenjual 6700 tiket untuk sebuah konser, tapi saya tidak membayangkan kalau tiket2 akan terjual habis dalam waktu 15 menit dan orang akan protes.

SHINee: Ini luar biasa. Sekitar 1 tahun lalu, teman2 Korea di Eropa mengatakan, “Teman sekelas saya ingin tandatanganmu.” Saya berfikir, kami memiliki beberapa popularitas di Eropa, tapi tidak tau sebanyak ini.

– Menurutmu orang2 menemukan ketertarikan apa di dalam K-pop?

SHINee: Mereka tampaknya memikir ini berbeda. Kami mendengar disana tidak ada idola2 menari di Eropa. Kami bisa dengan mengatakan kalau penyanyi2 Korea memiliki segalanya mulai dari menyanyi, kemampuan fashion dan menari. Album2 kami juga telah dibuat dengan pasar global sebagai target kami. Beberapa lagu2 kami adalah dari Eropa dan kami menarikan lagu2 itu. Saya rasa itulah kenapa wanita muda di Eropa tertarik pada kami.

Kim: Penyanyi2 dengan kemampuan2 yang sempurna setelah bertahun2 training, sebuah system produksi yang menargetnya pasar global, dan pemasaran menggunakan Youtube and SNS, semua ini dikombinasikan dalam harmoni yang dikontribusikan terhadap kesuksesan.

– Apakah kamu memonitor  Korean Wave di Eropa?

Kim: Sebuah tim sekitar 20 orang mengecek respon2 di Youtube and SNS. Kami memberikan perhatian besar pada MV dan video clip2 di Youtube. Sebuah MV yang di upload di channel Youtube SM Entertainment sebelum album baru dirilis. Jumlah viewer dari MV K-pop di youtube dengan jumlah 2 milyar.


– Menurutmu apa yang bisa kamu dapatkan melalui meluncurkan K-Pop kedalam pasar Eropa?

Kim: Ukuran pasar Eropa adalah diperkirakan menjadi 7 trilyun Won. Ini lebih besar daripada US (6 trillion), Japan (4 trillion), and China (1 trillion). Tapi tujuan kami bukanlah berada di peringkat di chart music Eropa dan menjual album2. Kami bertujuan menarik perhatian orang ke pasar music Asia melalui boom Kpop di Amerika dan Eropa dan membangun dasar untuk Korea dimasa depan sebagai sebuah  Asian Hollywood.

– Apa strategi spesialmu untuk pasar Eropa?

Kim: Untuk memulai, kami akan mencoba mempromosikan kualitas Kpop yang sangat baik daripada menaklukkan pasar Eropa. Saya ingin membangun status K-pop sebagai salah satu genre2 populer dalam industry music utama Eropa.

SHINee: Dari perspektif sebagai penyanyi, kunci tampaknya untuk mengharmonisasi Kpop dengan budaya local. Reporter Perancis mengatakan pasa pertemuan kami dengan fans Perancis, “kami semua sama”. Kami merasa tiap member harus mengembangkan karakter yang lebih jelas jika kami debut di Eropa.

– Ada sebuah pandangan ini hanyalah “antusias yang sementara oleh minoritas.”

Kim: di dalam dunia SNS, dimulai dalam sebuah fandom minor yang bisa menyebar secara keseluruhan dalam instan. Kami akan menunggu dan melihat mengenai Eropa, tapi kekuatan kompetitif Kpop diakui di seluruh dunia.

SHINee: Ini berbanding minoritas di masa lalu, tapi kami melihat jumlah fans yang meningkat dengan mata kami sendiri. Ini adalah sebuah genre yang tidak eksis di Eropa. Musik kami mengcover sebuah jangkauan yang luar dari kepekaan daripada musik eropa yang dipusatkan pada band

– Eropa berpengalaman dengan J-Pop dan penyanyi2 kami menyanyikan lagu2 yang di komposeri oleh Orang2 Eropa. Tidakkah ini perhitungkan sebagai sebuah bom?

Kim: Itu mungkin. Tapi ini bukanlah untuk debut Eropa yang kami beli lagu2 dari komposer2 luar negeri, tapi karena kami ingin mendapatkan lagu2 yang terbaik terlepas dari kewarganegaraan. Dalam kasus J-pop, tentu saja ada kecondongan untuk budaya Jepang di Eropa, tapi sisi musical tidak menonjol.

– bagaimana kamu menilai kemungkinan kesuksesan K-pop di Eropa?

SHINee: Kami tidak tau mengenai kemungkinan dari kesuksesan, tapi kami ingin debut. Ini akan menyenangkan. Konser dari music kami dan dance benar2 berbeda dari budaya local, jadi kami akan bisa membuat isi yang lebih baik dari campuran music Eropa yang excellent dengan music kami.

Kim: Kami paling di dihargai saat kami sukses dalam sebuah kondisi pasar yang tidak pasti. Kami tidak harus  overstretch diri kami sendiri, tapi Eropa adalah sebuah pasar yang layak di coba. SHINee akan memiliki showcase debut Eropa di Abbey Road Studios, yang disebut “Sacred Site of Beatles,” pada 19 Juni setelah konser di Paris. Kami memerlukan strategi jangka panjang, tapi saat ini boom Kpop bisa menjadi semi-permanent jika kami tidak melekat di peringkat di Eropa.

Source: Chosun Ilbo
Translation/Credits by: jujugal
Shared by: Forever_SHINee

Indo Trans; yeppopo

DONT TAKE OUT/REPOST

Iklan

10 comments on “(News/Trans) SHINee, “Karena Di Eropa Tidak ada Idola2 yang menari…”

  • Emang bner d eropa ato amerika kalo mw jd artis gak pake sistem trainee kyak d korea, jdi idol dari Korea itu “paket komplit” lah..
    Ay-o, saia mendukung oppa yang mau debut di Jepang dan ntar nampil di Abbey Road.. FIGHTING!!

  • SHINee daebak! SM Town Jjang daebak!!
    Gatau mau ngmg apa lg, kehilangan kata2 #lebay XD
    Pkonya SHINEE FIGHTING! YOU’RE THE BEST 🙂

  • Baru ngeh maksudx om Youngmin beli lagu org terus. , .
    Bisa dmaklumi, tp akankah lebi bækx klo karya anak sndiri lebih dberdayakan.

  • NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> https://lowonganterbaik.wordpress.com/

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: