[NEWS] Bagaimanakah member2 Grup Idola mendapatkan bayaran??!!

Published 20/04/2011 by yeppopo

Dengan banyaknya grup2 idola di layar, banyak yang bertanya2: Berapa banyak uang yang “anak2” ini buat?

Dengan popularitas yang mereka kumpulkan melalui grup2 mereka, diketahui juga kalau faktanya tiap2 member itu tidak diberikan jumlah perhatian dan pekerjaan yang sama.

Ayo kita fokus pada salah satu member grup. Apakah mereka menyimpan uang untuk mereka sendiri ataukan mereka membaginya ini dengan member2 segrup lainnya?

Ayo kita memakai Nickhun sebagai sebuah contoh. Dia syuting sebuah iklan ice cream di Korea diikuti dengan sebuah iklan minuman  di Thailand. Lalu dia kembali ke Korea dan melakukan beberapa performance di variety shows, lalu membintangi sebuah drama TV. Diantara semua pekerjaan2 itu, apa yang akan Nichkhun bisa simpan sebagai bayaran?

Well, iklan ice cream di Korena akan dibagi diantara kelima member 2PM lainnya. Namun, Nichkhun akan tetap menyimpan semua pembayaran dari iklan di Thailand. Penampilan2 program vaeriety juga dibagi diantara member2 lain, Namun bayaran dtama akan di kantongi oleh Nichkhun secara keseluruhan. Ini adalah menurut  kontrak awal persetujuan diantara keenam member dan JYP Entertainment.

Nickhun harus membagi segalanya dengan pengecualian dari peran2 drama dan pekerjaan2 di kampung halamannya, Thailand. Keenam member terlihat sudah banyak, tapi bagaimana dengan grup2 idola lain yang memiliki 9 member? 10? 13? Masalah pembayaran adalah sebuah situasi yang sangat rumit.

JYP bersamaan dengan CUBE Entertainment mengikuti sistem distribusi pembayaran yang sama.  Penjelasan dari seorang official JYP mengatakan, Jika seorang member mendapatkan beberapa pekerjaan individual, ini karena dia akhirnya adalah seorang member dari masing2 grup idola.”

Karena itu, pembayaran harus dibagi diantara orang2 yang membuat grup; semua orang. Akhir2 ini Lee Ki Kwang BEAST and Hyuna 4minute lebih banyak mendapatkan pekerjaan2 solo diantara member2 mereka lainnya, lalu bayaran mereka masih dibagi diantara mereka.

Namun ada agensi2 entertainment lainnya yang mengikuti sistem lainnya. Yaitu sistem membawa pulang kerumah atas apa yang diri kamu sendiri dapatkan. Contohnya, SM Entertainment, yang dikenal atas tugas2 entertainer yang multi.  Beberapa dari grup2 populer menampilkan satu atau 2 member yang lebih populer dibanding member lainnya. Contohnya Yoona or Taeyeon Girls Generation atau Kim Hee-chul or Lee-teuk dari Super Junior.

Salah satu official entertainment bahkan mengungkapkan “Karena adanya perbedaan bayaran diantara bayaran tertinggi dan terendah dalam member2 Super Junior itu sangat besar, Vibe mereka bersama itu sedikit aneh.

Dalam kasus Pledis Entertainment, nama dibalik After School yang menampilkan UEE and Park Gahi atau Core Contents Media yang membelakangi T-ara, grup yang dikenal dengan Eun-jung and Ji-yeon, tiap2 member juga tetap memiliki apa yang mereka dapatkan. Namun kapanpun para bintang ini tampil di program2 variety, Core Contents Media dapat menjaga/ memperoleh bayaran secara keseluruhan. Perusahaan melihat ini sebagai dibenarkan karena penampilan2 di program2 variety adalah untuk mempromosi album grup. Dan juga bayaran untuk per episode tidaklah banyak, jadi ini tidak seperti para gadis sedang mengambil sesuatu pukulan yang besar.

Jadi sistem manakah yang “lebih baik”?

Orang dalam salah satu entertainer menjelaskan, “Apakah kamu melakukan jalan ini atau jalan itu, ada keterikatan/ hubunganyang perlu di keluhkan. Dalam kasus membagi bayaran, member2 dengan jadwal2 yang lebih aktif harusnya yang paling complain. Untuk sistem2 dimana tiap member bisa menyimpan bayaran mereka sendiri, member2 yang kurang populer (dengan pekerjaan yang kurang) memiliki complaint yang paling banyak. Ada sebuah alasan dimana fakta kalau grup2 idola dibentuk dengan mudah dan dengan mudah juga berpisah..

Source: http://world.kbs.co.kr/english/entertainme…il.htm?No=14605

Via: Dkpopnews

Indo Trans: yeppopo

DONT TAKE OUT


25 comments on “[NEWS] Bagaimanakah member2 Grup Idola mendapatkan bayaran??!!

    • kalo dari perkiraanku c, keknya YGE tu kek SM dech, bayarannya sesuai apa yang dikerjakannya

      inget d waktu Seungri ngomong di CTP, gag inget kalimat utuhnya tapi kurang lebih begini

      “G Dragon mendapatkan uang dari royalti lagunya, Taeyang dari solo album dan konsernya, TOP dari felm, dan Daesung dri variety show, dan saya ….bla…bla..bla…”

      jadi kesimpulannya mungkin YGE punya sistem yang sama kek SME….

      dan menurutku sistem ini lebih baik, gag komunis (mian kalo ada yang gag sependapat ama aku, namanya aja anak dari negara demokrasi…hehehe)

  • hoo d bgi ma member laen yak?gmana klo sma YG thor?kyakx ga yak?
    Mnurut q sey aga kesian jg ma yg uda bnting tulang tp masi d bgiin k yg laen jg,,pa lg klo byaranx dkit

  • iya dulu juga pernag bca artikel kyak gne,,kalo menurut gw mah terserah ksepaktn mereka ma member grup n manejemennya za!!

    mungkin ntu udah jd kputusan yg terbaek!!daripda sbuah grup pech gra2 pendpatan member a yg plg bnyak sdang member b plg dkit mendg dbagi rata za,.

    eh iya un yg juga dunk!koq ga dshare ya?

  • jd sistem na JYP ama SM beda yaaa.. kalo JYP dibagi rata *walo beda jam kerja* tp kalo SM dibayar sesuai jam kerja..

    bener jg sii kata pendpt yg di atas, kalo dibagi rata yg paling byk jam kerja na yg kasian,, tp kalo sesuai jam kerja, yg jam kerja na dikit *baca: sepi job* yg kasian..

    hmm, ga heran sih emg kalo group gampang dibentuk, tp gampang bubar jg..

    kalo ga benar2 saling memahami sesama member, bs menimbulkan kesenjangan komunikasi sampe bs bikin bubar.. repot jg milih yg mana,, kunci na sii saling pengertian z sesama member.. FIGHTING KOREAN GROUP!!

  • JYPE paling beda ya, Cube jg anaknya JYPE kan
    Bener sih sistem manapun ada baik buruknya,,
    tapi secara aku Hottest aku setuju sama sistem JYPE, kalo mereka punya rasa saling memiliki yg kuat ngga masalah bagi2 pendapat dari job solo
    Dan kalo member yg lainnya sadar diri pasti jg mereka berusaha ngembangin diri mereka buat dapet job
    So member yg lain kebagian jatah jg dari job dy

    Tapi sistem yg buat mereka sendiri jg bener sih,, yg kerja keras dan capek cuma dia so pendapatannya buat dia donk

  • kalo q setuju bgt ama sistem kalo kerja di dlm negeri aka dpt job dlm negeri (korea red) hasil na dibagi rata…
    cuma kalo job na luar negeri seharus na buat dy na sendiri soal na setau q job yg luar negeri it bukan na dpt banyak pajak yah??
    jadii mungkin lebih setuju sama yg JYP…
    apalagi dg begitu jadi bisa lebih memacu yg gak banyak job utk lebih mengembangkan dirinya.
    jadi ada rasa tanggung jwb sesama member dan lagi member yg kerja juga gak terlalu kasian karena masii bisa dapet penghasilan dri yg luar negeri.
    lemah na yg di sistem SM it akan menimbulkan persaingan drii member grup na sendiri untuk dpt popularitas maka bisa timbul rsa gimana gt…
    menurut q sii!!
    nah kalo misl na sepenuhnya dibagi rata juga kasian sama yang kerja masa yg lainnya magabut?? kan manusia beda2 yah chingu…
    ada yg nyadar n malah berusaha lebih keras, ada yg malah puas2 ja magabut, n juga bisa jadii si yg kerja ini malah akan merasa tertekan n akhir na akan menimbulkan saling serang antar member.
    yah ini analisa q aja chingu…mian kalo salah ngomong ^^

  • aq pernah baca sistem pembagian honor suju dg cara mentraktir makan. Karena mrk byk bgt n utk menghindari perselisihan mereka menyelesaikan dg yg paling banyak dapet honor dr luar itulah yang membayari makanan member2 lain. Awalnya lumayan berat krn cuma bbrapa member yg byk job side tp skg udah lumayan karna byk member yg punya job side.

  • aku suka kagum deh sama artist management nya Korea, mrk bener2 mikirin semuanya bgt dan untuk jagka panjang pula. ky Big Bang misalnya, konsepnya udah jelas aja gt, mulai dr aktivitas sampe appearance mereka. soal bagi2 honor juga management sana bgs, walau dg pilihan masing2,Indonesia kpn ya bisa ky gt?pengen liat Indonesia maju!:)

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: