(Trans) Big Bang is Back! Tonight review by 10Asia

Published 24/02/2011 by yeppopo

Big Bang is back. Dan inilah yang pertama sejak 2 tahun. Selama 2 tahun itu, G-Dragon, T.O.P, Taeyang, Seungri dan Daesung telah menyatakan diri mereka sendiri di ladang musik masing-masing. Bersama-sama, mereka adalah Big Bang tapi secara terpisah mereka dapat memproduksi musik sendiri, duo album G-Dragon dan T.O.P “GD&TOP” dan album solo Taeyang “Solar.” Inilah mungkin sebabnya mengapa perilisan album mereka setelah dua tahun menarik banyak perhatian. Jadi apa yang disusun oleh grup yang terdiri dari lima bintang pada kita kali ini? BIGBANG memberikan kilasan dari  “TONIGHT” pada 10asia untuk mini album terbaru mereka.

Cukup bagus, sangat bagus, tapi tidak ada cara untuk mengungkapkan betapa bagusnya itu.” Peribahasa terkenal ini datang dari iklan yang muncul dalam pikiran saat mendengarkan lagu judul “TONIGHT” dari mini album baru Big Bang. Ini adalah lagu dance, tapi rasanya sedih daripada menarik. Dan tidak dimulai dengan melodi yang dapat mengait pendengar pada lagu. Juga bukan lagu yang bisa diberikan gerakan tarian impresif oleh boybang atau tidak dapat juga memberikan image tertentu seperti karismatik atau cute. Cara paling mudah mendeskripsikannya adalah mirip dengan “Lie” jika membicarakan emosi, tapi “TONIGHT” dimulai secara berbeda juga dari “Lie”. Grup paling terkenal di Korea telah kembali ke layar k-pop untuk pertama kali setelah 2 tahun tapi “TONIGHT” berada jauh dari gaya musik yang populer belakangan dan terkesan mencoba menghadirkan trend baru dengan  membawa bersama elemen yang tidak biasa didengar oleh pendengar.

 

Getaran tertentu yang membuat kecanduan

4 tahun sekarang, telah menjadi trend untuk industri musik K-pop untuk memproduksi lagu yang dari awal akan menembus telinga pendengar dengan suara yang pendek, tepat dan kuat. Dance telah menjadi hits dengan beat kuat dan melodi atau ballad telah meningkt hingga tingkat yang memancarkan kekuatan, bersuara seperti jika penyanyi bernyanyi pada pendengar. Tapi BIGBANG sangat berjalan di jalur yang sangat berbeda. “TONIGHT” dimulai dengan tenang dan suara elektronika yang berulang membuat lagu ini semakin sulit diprediksi bagaimana akan terungkap. Suara dari gitar akustik, vokal dan rap member, dan chorus butuh disatukan unuk mengungkapkan bentuk seperti apa lagu itu. Ini juga lagu dance, tapi berangsur-angsur membangun emosi dari nyanyian, seperti seolah-olah ini adalah lagu ballad. Karenanya “TONIGHT” sangat menarik saat tempinya secepat separuh akhir lagu tapi juga yang pelan membangun penyampaian emosi dan titik tersedihnya.

Namun, saat dimana kau harus fokus di lagu “TONIGHT” adalah saat setelah klimaks. Setelah membuat saat-saat yang benar-benar ‘meledak’, suara lembut dari gitar akustik muncul kembali seperti memulai segalanya yang sudah berakhir dimana semuanya tampak kacau, dengan lembut membangun aliran back up lagu. Bukan kegembiraan atau kesedihan yang diekspresikan melalui “TONIGHT.” Getaran dibuat saat emosi secara konstan bangkit, mulai dari paling siap hingga semangat, semuanya menjadi satu dalam lagu. Hanya jika air mata kau tahan perlahan-lahan mulai mengalir dan mereka mencapai titik dimana kau akan banjir air mata. Mendengar awal dari “TONIGHT” kembali setelah mendengarnya dari awal hingga akhir. Karena hanya dengan itu, kau akan melihat dirimu mencari suasana dan pengembangan dramatis yang dibuat oleh lagu tersebut. “TONIGHT” mirip dengan “Lie” karena menggunakan musik elektronika, suara yang sedih dan pengulangan chorus. Tapi saat piano atau chorus dimulai diawal pada lagu “Lie,” titik jual “TONIGHT” terletak pada kualitas keseluruhan dan suasana dari suaranya. BIGBANG telah menemukan gaya baru dimana mereka dapat bekerja sama diantara karakteristik masing-masing yang mereka miliki.

Big Bang, grup yang mencakup baik daya tarik populer dan trend

Seperti musisi yang ditunjukkan Drake tahun lalu, seperti musik adalah salah satu eksisten trend di global pop music scene hari-hari ini. Pada selera itu, “TONIGHT” dan lagu lain yang tercantum di album ini mengandung sensitivitas yang sinkron dengan kata ‘pop.’ Tapi alasan mengapa kau harus fokus pada album baru Big Bang bukanlah karena itu mengenalkan trend baru dari luar negeri pada pendengar lokal. Yang penting bukanlah bagaimana mereka menyampaikan musik tapi bagaimana mereka menyempurnakan identitas mereka dan gaya sebagai BIGBANG. melodi yang berperan sebagai jembatan di “TONIGHT,” sebelum mencapai klimaks, dinyanyikan oleh Taeyang. Ia menyanyikannya ketat dalam sebaris dengan aliran dari lagu — damai dan mudah — berbeda dengan nyanyiannya di solo album nya. tapi tone uniknya tetap eksis di “TONIGHT” dan nada itu sendiri, memiliki pengaruh kuat dalam lagu, sudah cukup untuk membuat lagunya fokus. Diwaktu yang sama dengan member lainnya. G-Dragon dan T.O.P memberikan rap yang berbeda dan tidak perlu dipertanyakan dan lagu terbukti berkembang secara berbeda saat berubah dari bagian T.O.P ke Daesung atau bagian Seungri. Lagu secara keseluruhan berhadapan getaran sendiri tapi masing-masing member menginterpratasikannya dengan cara mereka sendiri untuk membuat masing-masing bagian layak dikenang. Karenanya saat lagu itu sendiri menghadirkan bagi pendengar sebagai trend baru melalui bentuk mood, masing-masing member bertanggung jawab pada daya tarik lagu populer tersebut.

Inilah dimana gaya Big Bang menjadi lengkap sebagai grup. Electronica-based “TONIGHT” sangat berbeda dari “WHAT IS RIGHT” yang berisi nuansa rock. Tapi dengan kedua lagu tersebut, semakin dinamis terlihatnya chorus diulang, semakin mereka terdengar melankolis. Getaran dari chorus memberikan perubahan tergantung suasana yang dibuat masing-masing member di bagian mereka. Jadi apapun genrenya, lagu BIGBANG berkembang menjadi berbagai cara tergantung pada chirusnya sementara pengenalan menarik dan bagian belakang yang melankolis masing-masing berdampingan dalam prosesnya. Musik Big Bang adalah tentang bagaimana member secara konstan membuat saat berpengaruh sementara lagunya mengalami perubahan emosional. Inilah mengapa komposer dan produser album ini, G-Dragon telah mengatur untuk membuat album yang berbeda dari solo albumnya atau album “GD&TOP.”

Big Bang telah menggunakan kapasitasnya untuk membuat gaya yang unik dari mereak dan berdasarkan gaya tersebut, telah ditemukan titik dimana mereka dapat mengamankan keduanya baik daya tarik masyarakat dan trend baru. Mungkin itulah alasannya BIGBANG dapat tetap bertahan sebagai BIGBANG. Lagu mereka mengandung trend baru tapi juga daya tarik pada masyarakat dan mungkin mengandung nuansa rock, elektronika, R&B dan rap tapi bersatu dalam satu arah. Seperti “Lie” membuktikan, era Big Bang datang ketika mereka menari semua elemen ini. Hal yang sama juga dilakukan dalam album ini. Tentu saja tidaka da yang tahu bagaimana respon untuk album baru mereka. Terutama lebih dengan lagu yang jauh dari trend belakangan di industri musik. Tapi tanpa keraguan, “TONIGHT” adalah pilihan dengan kemungkinan yang akan memainkan peran seperti yang dilakukan “Lie” untuk Big Bang. Grup besar dengan daya tarik publik ini membuat gerakan yang membawa mereka melewati waktu. BIGBANG telah melakukan musik terbaik yang bisa mereka lakukan sebagai grup idola terkenal, grup membuat comeback pertamakalinya setelah 2 tahun, grup idola yang masing-masing membernya telah menjadi bintang.

Note: no copyright infringement intended. For information purpose only.

Source: 10Asiae via @BBUpdates
Indo by Marsha @VIPindonesia

12 comments on “(Trans) Big Bang is Back! Tonight review by 10Asia

  • Sejak awal denger lagu2 BigBang emang ‘beda’…
    Dan perpaduan kelima anggotanya bikin grup BigBang jd unik dan dahsyat…
    Two thumbs up deh bwt BigBang

  • wuiiihhh…nggak bs ngomong apa2…artikle keren…Tonight…emank lagu yg sekali kita dengar langsung nyangkut dihati ma diotak..hehe

  • walaupun agak belibet bacnya!..

    v BB mang daebbak bget!
    da komposer,,da rapper trkeren,,da gaya yg kuren yg pastnya bda dr yg laen!

    itulah knapa gw penasarn bget ma BB gw lyat gd n top za dah kuren bget,,gmana kalo 5 orang yg kuren biez dsatuin!dan hsilnya
    sangat2 daebbak!

    keren bget dah!!
    gilaaa lah !!mksudna gw yg dbkin gla ma bb,,kekeke

  • astajim. .speechless. .
    Big Bang merupakan elemen penting industri musik korea. .

    jujur. .tonigh emang kren bgt paduannya. .apalg pas bgian slow genjrengan gitar tiba2 suara dae2 masuk. .hajarrr!! trus suara taeyang halus bgt walo pake auto tone. .

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: