(INFO) Hari Valentine di Korea!

Published 14/02/2011 by yeppopo

Hari ini adalah Valentine’s Day dan semua orang di seluruh dunia berlomba-lomba menunjukkan kasih sayangnya kepada orang-orang di sekitar mereka. Mulai dari pacar, orang tua, kakak, adik, sahabat dan bahkan orang-orang yang tidak dikenal sekali pun. Meskipun hari Valentine di setiap negara jatuh pada 14 Februari, namun perayaannya tentu berbeda-beda.

Nah, bagaimana orang Korea merayakan Valentine’s Day? Langsung liat aja yuks ^^

Orang-orang Korea senang sekali dengan yang namanya perayaan, termasuk Valentine’s Day. Di hari ini, biasanya para wanita memberikan cokelat kepada para pria. Ada dua jenis cokelat yang biasanya diberikan oleh cewek-cewek di Korea.

Yang pertama, ‘cokelat toko’. Cokelat ini dibeli di toko atau di mall yang menjual berbagai pernak-pernik khas Valentine. Karena ini adalah cokelat buatan toko yang jumlahnya banyak dan dibeli oleh banyak orang pula, orang yang diberikan cokelat ini pun biasanya adalah orang-orang dekat tapi yang tidak memiliki tempat terlalu spesial di hati. Misalnya, sahabat cowok, adik cowok, sepupu atau tetangga.

Jenis cokelat kedua, yaitu cokelat yang lebih spesial daripada cokelat pertama. Cokelat ini bisa saja dibeli di toko, tapi tentunya cokelat yang bentuknya unik, pesanan khusus atau edisi terbatas yang tidak bisa dibeli oleh semua orang. Kadang cewek-cewek Korea lebih memilih membuat sendiri cokelat yang akan mereka berikan. Biasanya penerima cokelat jenis ini adalah pacar atau gebetan sang cewek.

Buat para cowok, biasanya mereka memberikan permen atau cokelat butir ke ceweknya. Atau ke sahabat cewek mereka yang mereka sayangi. Tapi buat gebetan ceweknya, jarang sekali cowok Korea memberikan cokelat seperti yang biasa cewek-cewek lakukan. Biasanya buat sang gebetan mereka akan memberikan seikat bunga favorit si cewek dan menembaknya! Nggak hanya bunga, cowok juga akan memberikan hadiah lainnya, bisa berupa boneka teddy bear, cincin, gelang atau kalung yang ada ukiran inisial nama mereka berdua.

Tapi cowok nggak akan benar-benar memberikan ‘hadiah tambahan’ itu kalau mereka nggak benar-benar yakin si cewek akan menerimanya sebagai pacarnya. Why?? Mungkin karena takut sia-sia hadiahnya kali ya ^^

Jadi bisa disimpulkan bahwa tanggal 14 Februari di Korea adalah hari mengungkapkan kasih sayang buat orang-orang di sekitar mereka. Hanya saja, para cowok mendapat tempat lebih spesial di hari ini karena mereka berharap-harap cemas menunggu apakah di loker atau di laci meja mereka akan ada bungkusan cantik berisi cokelat dari para penggemar? Ssst, nggak jarang lho pasangan Korea yang akhirnya jadian di hari Valentine.

Buat para pasangan yang sudah resmi pacaran, biasanya mereka akan merayakannya di kafe, restoran, nonton film, atau ke tempat kenangan di mana mereka jadian dulu. Dan karena ini hari Valentine, banyak diskon yang bisa dinikmati para pasangan. Contohnya beli satu dapat dua tiket nonton film di bioskop dan masih banyak hal lainnya lagi. Para remaja di Korea juga biasanya memakai kaos pasangan untuk menunjukkan bahwa mereka sudah pacaran. Biar semua orang tahu kalau mereka pacaran, atau bisa juga biar dapat diskon pasangan pas nonton film ya hehehehe :)

Buat yang belum punya pacar bagaimana? Jangan khawatir karena di Korea pun para sahabat juga merayakannya. Biasanya remaja di Korea berkumpul di suatu tempat dan merayakan kesendirian mereka bersama para sahabat dengan kegiatan yang seru, atau bahkan ikutan Valentine’s Blind Date! Hehehehe..

Bagaimana dengan para idola Kpop? Mereka pun ikut merayakannya, hanya saja mungkin tidak bisa seleluasa orang biasa. Biasanya beberapa hari atau bahkan pas hari H-nya mereka sibuk syuting acara spesial Valentine’s Day. Kalau mereka punya waktu luang, idola yang punya pacar akan merayakannya dengan makan malam spesial dan tentunya rahasia dengan sang pacar.

Para idola, baik yang punya pacar atau masih jomblo, pastinya nggak melupakan keluarga, teman dan fans mereka. Untuk keluarga dan teman terdekat, mereka akan membelikan hadiah spesial yang disukai seperti cokelat, bunga dan pernak-pernik lucu lainnya. Sedangkan untuk fans, biasanya mereka akan mengucapkan “Happy Valentine’s Day” di akun jejaring sosial mereka. Fans pun tentunya akan membanjiri sang idola dengan hadiah spesial Valentine buatnya.

Source: Various (i_live_in_korea, sendmetokorea, wikipedia, life in korea box)
Recomposed by: dearmarintan for hallyucafe.wordpress.com

Thank You ^o^

Iklan

11 comments on “(INFO) Hari Valentine di Korea!

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: