(News) Karena masuknya Aktor2 Idola membuat Aktor pendatang baru harus berjuang kedalam Industri!

Published 13/02/2011 by yeppopo

Adanya idol yang mulai mendominasi di bidang akting, calon trainee disarankan mengambil arah baru: debut sebagai idol, dan beralih ke akting setelah 3 atau 5 tahun.

Peningkatan popularitas peran idol mulai mengecilkan peluang bagi aktor rookie, dan banyak dari mereka yang kini putus asa dengan efek ini. Selain itu, sutradara juga kurang tertarik memberi kesempatan bagi aktor rookie bisa bersaing dengan idol yang sukses.

CEO Dream Capture menyatakan pada 13 Februari, “Kami kekurangan aktor rookie, khususnya aktris. Jika aku menemukan aktor baru, biasanya mereka adalah bagian dari agensi musik. Karena industri idol sedang booming, semua trainee sedang berpindah haluan. Cukup sulit menemukan aktor rookie saat ini.

Dia melanjutkan, “Bahkan masih susah mengcasting idol karena aktivitas menyanyi mereka adalah prioritas utama, dan perusahaan mereka sering meminta banyak hal. Bakat yang segar sudah diambil oleh agensi musik besar, jadi susah bagi agensi akting mendapat bakat baru.

Produser siaran TV juga beropini sama. PD yang tak mau disebutkan namanya berkomentar, “Bahkan jika kami ingin mendapat wajah baru, sulit menemukannya di agensi akting. Saat ini, semua orang melakukan operasi plastik dengan cara yang sama sehingga tidak ada individualitas. Bahkan jika idol bagus berakting, kurasa drama berupaya menyediakan kesegaran tertentu bagi pemirsa dengan mengcasting penyanyi idol.

Direktur SidusHQ, Jung Ji Chul, juga menambahkan, “Sekarang, anak muda biasanya ingin mengejar karir menyanyi dibanding akting, yang secara alamiah membuat agensi musik mengambil trainee paling berbakat. Bisa dilihat dari aktor pria. Setelah Jo In Sung ada kekosongan sebelum seseorang seperti Lee Min Ho datang. Ada kekurangan aktor baru yang menarik di bidang ini.”

Drama sensitif terhadap rating pemirsa, produser mengatakan mereka lebih suka memakai wajah yang sudah familiar ketimbang memakai wajah baru.

Direktur YG Entertainment, Kim Sung Hoon, menyatakan, “Pertarungan rating pemirsa sekarang lebih kompetitif, yang artinya jadi lebih sulit bagi aktor rookie untuk debut. Dulu, rookie terkenal bisa karena CF dan berkesempatan masuk drama, tapi sekarang aktor melewatkan 3 hingga 5 tahun sebagai idol sebelum debut jadi aktor.

Kim melanjutkan, “Karena makin kurang saja film dan drama untuk aktris, hal ini juga membuat kami lebih sulit menemukan dan melatih aktris. Industri perfilman masih menyukai aktris Jun Do Yeon yang artinya belum ada wajah baru yang menggantikannya.

CEO Na Byung Joon dari N.O.A Entertainment menambahkan, “Sebelumnya, jika kami merasa seorang rookie punya potensi, kami tak ragu memakainya sebagai peran utama dalam film. Namun situasi industri perfilman makin buruk jadi orang tak mau berinvestasi pada bakat yang tak dikenal. Karena itu produser selalu memakai nama yang sama sehingga tak mungkin bagi penonton melihat orang baru di layar lebar.”

Meski banyak kritik mengenai masuknya idol di bidang akting, bukan berarti idol tak bisa akting. Idol seperti Choi Seung Hyun, Park Yoochun, Ok Taecyeon, IU, dan Lee Kikwang sudah membuktikan mereka mampu.

Aktris Yoo In Na dikenal karena training idol 10 tahun sebelum berakting dalam “High Kick Through the Roof” dan “Secret Garden.”

YG Entertainment melanjutkan, “Trainee di bawah agensi musik menerima latihan di bidang berbeda. Mereka dibentuk untuk debut sebagai penyanyi namun juga ada pelajaran akting juga. Bahkan jika trainee tak bisa debut, memiliki trainee yang berpengalaman membuat produser berpikir dua kali karena mereka tahu jumlah pekerjaan yang bisa dikerjakan.

Kebanyakan perwakilan industri musik telah menganalisa ‘perubahan haluan’ yang mengartikan bahwa generasi baru yang debut biasanya lebih berbakat di bidang bermacam-macam, jika dibandingkan dengan senior mereka.

CEO CJES Entertainment, Park Chang Ju, menyimpulkan, “Bintang muda sekarang punya banyak bakat karena hasil dari latihan. Mereka bisa menyanyi dan akting. Meski awalnya debut sebagai penyanyi, mereka beruntung bisa masuk ke dunia akting karena sudah punya nama.”

Mungkin ini bisa jadi penjelasan di balik perubahan mendadak di dunia idol akhir-akhir ini.

Sebenernya kasihan sama yang bener2 di trainee buat jadi aktor… Bukannya ga ngedukung sama idola yang terjun ke dunia akting, cuma kadang aq liat ga semua idola punya jiwa akting yang bagus, malah bisa dibilang bagusan ngeliat aktor/aktris pendatang baru. CUma mungkin karena faktor nama “Idola” aja makanya diliatnya bagus aja ^^

BTW YG Entertainment bener2 ye, Yoo In Na dibikin trainee sampe 10 tahun??? ckckckckck

Source + Photos: Union News via Daum via allkpop
Indo trans:Alois ★ あずゆ@hallyucafe

11 comments on “(News) Karena masuknya Aktor2 Idola membuat Aktor pendatang baru harus berjuang kedalam Industri!

  • Kasihn para calon2 pendtng baru… Harus bersaing dgn grup idol yg nmany sudh dikenal ckckck pdhl, g smua “idola” aktingny fantastis kcuali TOP n yochun!! Yg lain bgus tp,kanyk msh ad yg kurng gt..

  • apa pun crt’a .-aktg para pemain film alias actor la yg plg REAL drpd penyanyi yg ‘maksa’a berakting..*krn apa.?yupz..krn actor tsb mmg lulusan teater,seni drama scra akademis..sblik’a para pnyi emg jw lbh REAL d ats pggung krn mrk jg mrupakan lulusan musik scra akademis**

  • hehehe, kalau ini sih, aku rasa awalnya para bos di dunia film aja yang lagi agak males mencari wajah baru, jadi untuk lebih gampangnya pake idola yang sudah terkenal dulu, rating bisa cepat naik. Kpop memang lagi super pesat berkembang, dan kecendrungan masyarakat akan penasaran kalau ada penyanyi idola mereka debut film, pasti pengen nonton. Setidaknya rating awal film itu pasti lumayan. Selanjutnya kalau filmnya memang bagus, ratingnya juga akan tetap bagus.

  • Kyaaa. .Choi Seung Hyun. .
    Yoo In N4 kesian jg ya. .
    artisnya YG yg sukses cuma Gn Hye Sun onnie ya. .sisanya sukses sbg singer. .

    • Soalny goo hye sun kn debut dluan! Tp ad lg koq arts senior yg sukses.. Yg istriny tablo it lho sm sypa y aq lp

      On Mon, 14 Feb 2011 01:46 EST

  • hm.. y emg agak kasihan ma org2 yg mo jd aktor it sie..
    tp gimana lg.. idol emg g dtrainee buat nyanyi doank.. tp mrk jg dlengkapi skill untuk akting..
    walau smpai skrg ak blm liat akting idol yg fantastis, tp akting idol it okay la..
    blm tentu lbh buruk dr para aktor/aktris rookie it.. jd jelas la klo PD lbh mau berinvestasi pada para idol yg mmg pasti lbh terkenal drpd aktor/aktris rookie it..

    jd buat para rookie, jln satu2nya y para aktor/aktris rookie it hrs bs tunjukin akting fantastis di apapun kesempatan yg mrk dpt.. dunia ent emg susah.. ~~

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: