(Kilas Balik) Kasus antara SM Entertainment dan JYJ!

Published 13/02/2011 by yeppopo

Ini adalah kilas balik mengenai Pertarungan” antara tiga anggota TVXQ/DBSK, Kim Jaejoong, Kim Junsu, Park Yoochun, dan SM Entertainment perihal keabsahan kontrak eksklusif antara SM Entertainment dan JYJ. Yang akhirnya ada titik terang karena Kejaksaan Telah Menyelesaikan Gugatan Balik SME terhadap CreBeau.

Buat kalian yang mau belum tau dan mau tau permasalahannya silahkan baca tapi kayanya harus fokus ya karena puanjannnnnnnnggggggggg banget ^0^

Hari pertama Persidangan yaitu pembacaan pembelaan mengambil tempat di persidangan di Pengadilan Distrik Seoul pada tanggal 16 November. Perwakilan dari SM Entertainment dan Trio JYJ menolak untuk mengubah sikap mereka. Perwakilan dari SM Entertainment menyatakan, “Periode kontrak 13 tahun TVXQ tidak dapat dihindari jika mereka memang ingin masuk ke pasar asing [pasar internasional-red].” Sedangkan Perwakilan Trio JYJ menyatakan “Periode kontrak itu sendiri diputuskan tanpa meminta pertimbangan para anggota TVXQ.”

Perwakilan hukum SM Entertainment menjelaskan, “Periode kontrak tersebut disetujui karena kedua belah pihak memiliki kepentingan motivasi dan tujuan finansial yang sama,” dan bahwa, “TVXQ diciptakan dengan tujuan untuk membidik pasar asing dari sejak didirikan, periode kontrak yang panjang dibentuk dan disetujui berdasarkan persyaratan yang memang diperlukan agar TVXQ mendapatkan posisi stabil saat memasuki pasar asing.

Perwakilan tersebut menekankan bahwa, “Jika ada kurangnya dukungan atau pembagian pendapatan yang tidak adil selama aktivitas TVXQ, kontrak eksklusif tersebut tentu akan menjadi sebuah masalah. Namun, TVXQ selalu mendapatkan perlakuan terbaik yang dapat diusahakan, jauh melebihi artis lainnya di industri yang sama.”

Perwakilan tersebut juga menambahkan, “Trio ini tidak sama sekali keberatan mengenai isi dari kontrak tersebut, mulai dari mereka debut sampai akhirnya mereka membawa masalah kontrak eksklusif, setelah mereka berselisih dengan agensi [SM Entertainment-red] perihal perusahaan kosmetik dimana mereka berinvestasi tahun 2008. Sejak saat itu, mereka mengabaikan kegiatan-kegiatan mereka, menggunakan permasalahan hukum ini sebagai sebuah alasan dari ketidakpedulian mereka, dan karena hal ini, anggota lainnya serta agensi sudah menanggung kerugian yang cukup besar.

Sebagai bantahan terhadap pernyataan tersebut, perwakilan hukum Trio JYJ menyangkal pernyataan sebelumnya, “Fair Trade Commision [Lembaga otoritas Korea Selatan yang menangani masalah persaingan ekonomi/bisnis-red] mengakui bahwa waktu 7 tahun adalah waktu maksimum dari sebuah kontrak. Kontrak TVXQ memang sudah tidak sah dari awal karena ada klausul-klausul yang tidak adil dalam kontrak tersebut termasuk pembagian pendapatan yang tidak adil, ganti rugi biaya penalti yang sangat memberatkan, dan sebuah periode kontrak yang sangat panjang.

Perwakilan Trio JYJ tersebut menekankan, “Kami tidak dapat menerima sikap SM Entertainment dan klaim yang mereka ajukan untuk kompensasi padahal seluruh argumen mereka didasarkan pada kontrak yang tidak sah. Sebelum kita melanjutkan ke hal yang lain, kita harus membuat lebih jelas dahulu apakah kontrak tersebut sah atau tidak.

Sesi berikutnya dari proses persidangan ini akan dilaksanakan 7 Desember 2010, pukul 2.00 PM, bertempat di lokasi yang sama, Pengadilan Distrik Seoul. Pada sesi tersebut, SM Entertainment mengajukan dua orang pegawai mereka sebagai saksi mata, dan mereka akan memberikan kesaksian mengenai situasi yang sebenarnya terjadi sewaktu penandatanganan kontrak tersebut.

Dan Ini adalah versi lengkap berlangsungnya persidangan pada hari itu:

Tanggal dan Waktu: Selasa, 16 November 2010. 10:00 AM
Lokasi: Pengadilan Distrik Seoul
Penasihat/Pengacara: JYJ (Sejong), SM (YulChon / JiPyungJiSeong)

Isi dari Tuntutan Hukum:

▼Tuntutan Hukum baru JYJ dimulai setelah keberatan mereka atas tuntutan hukum SM

Sebelum Review dari Proses Pembacaan Tuntutan

  • Saya, yang menulis review dari proses pembacaan tuntutan ni, adalah seorang fan dari JYJ. Aku menulis review ini dari sudut pandang seorang fan JYJ.
  • Segala sesuatunya yang terjadi antara JYJ dan SM adalah karena kontrak 13 tahun yang tidak sesuai dengan hukum, eksploitasi otoritas dan tidak adil dari SM dengan meletakkan seluruh tanggung jawab kompensasi kepada JYJ jika kontrak diakhiri, dan pendistribusian pendapatan yang tidak adil.
  • Dengan membawa-bawa Crebeau Cosmetics sebagai alasan utama dari tuntutan hukum, hal ini tidak lain dan tidak bukan adalah salah satu trik kotor SM.
  • Awalnya saya tidak berencana menulis sebuah review. Aku selalu percaya dan menghormati keputusan-keputusan yang dibuat oleh member JYJ. Namun, alasan mengapa saya akhirnya berubah pikiran adalah karena saya percaya bahwa paling inilah hal terkecil yang dapat saya lakukan untuk melawan tindakan tidak berprinsip dari mereka yang memiliki kendali terhadap media dengan kebohongan dan tipuan palsu.
  • Review ini hanya dapat di-repost pada situs-situs yang mendukung dan mempercayai JYJ.

1. Pendirian SM
※ SM tidak dapat mengirimkan sebagian dari bukti mereka sewaktu pembacaan tuntutan. Walaupun mereka melengkapi semua penyampaian bukti sebelumnya, mereka harus menyampaikan ulang sebagian dari dokumen-dokumen tersebut dikarenakan ada perubahan nomor kode dari dokumen. Jika bukti itu mereka sampaikan sehari sebelum pembacaan tuntutan, adalah mustahil dokumen tersebut akan dapat diserahkan kepada hakim yang memimpin persidangan pada hari pembacaan tuntutan. Oleh karena itu, beberapa poin yang dibuat oleh SM adalah poin-poin isi tuntutan tapi tanpa disertai bukti.

(1) Latar Belakang Kasus

  • Masalah terjadi saat JYJ menyampaikan keputusan mereka dan meninggalkan TVXQ di bulan Juli 2009. Ini adalah masa dimana usaha SM selama bertahun-tahun mulai mendatangkan hasil.
  • Sebelum Mei 2009, JYJ tidak pernah mempertanyakan hal apapun mengenai kontrak mereka dengan SM.
  • SM-lah pihak pertama yang melakukan pendekatan kepada JYJ, di bulan februari 2009, mengurusi pembagian pendapatan yang lebih baik dari semua keuntungan yang diperoleh atas aktivitas-aktivitas JYJ di dalam dan di luar negeri. JYJ menyetujui semua poin-poin yang tercantum saat itu.
  • JYJ tidak pernah mempertanyakan hal apapun mengenai kontrak tersebut selain menyinggung hal mengenai pendapatan, dan tidak ada artis SM lainnya yang mengajukan komplain mengenai kontrak yang ada sekarang.
  • Karenanya, akar permasalahan ini adalah perusahaan kosmetik JYJ.

(2) Kemajuan Kasus

  • Masalah-masalah antara SM dan JYJ dimulai pada bulan Mei 2009.
    • Pada saat itu, JYJ sedang berpartisipasi dalam Tur Konser Tohoshinki (4TH Secret Code) di Jepang. Pada masa ini, SM menerima sebuah permintaan dari AVEX. Isi dari permintaan ini adalah agar:
    • Begitu banyak laporan yang dikirim ke AVEX oleh para fans Jepang yang menyatakan, “Dikatakan, jika Kosmetik Crebeau dibeli, kami akan mendapatkan kesempatan untuk bertemu TVXQ. Juga orang tua dari personil TVXQ menjual kosmetik Crebeau di daerah-daerah dimana Tur Jepang sedang dilangsungkan.” AVEX mengirimkan sebuah permintaan kepada SM untuk memverifikasi laporan tersebut.
    • SM pun bertemu dengan JYJ dengan maksud untuk memverifikasi keabsahan laporan tersebut.
    • SM pun memberitahu JYJ bahwa akan muncul sebuah masalah jika para member mengeksploitasi nama TVXQ ketimbang memperlakukan perusahaan kosmetik tersebut sebagai sebuah investasi finansial. Untuk memastikan bahwa tidak ada permasalahan hukum, SM bertanya kepada JYJ untuk mengungkapkan detail investasi mereka, namun JYJ tidak melakukannya. Sebuah pernyataan saksi diajukan sebagai barang bukti.
  • JYJ menolak sebuah komersial dengan merek kosmetik dosmetik (spekulasi yang beredar merek tersebut adalah MISSHA) dan mengajukan sebuah tuntutan terhadap SM.

(3) Crebeau dan JYJ memiliki hubungan yang dekat terhadap satu sama lain

  • 8 January 2009. JYJ menghadiri sebuah sesi penataran investasi yang diadakan di Cina.
    • Dikatakan pada sesi penataran investasi tersebut, orang-orang memberikan nasihat kepada JYJ untuk berinvestasi.
    • Fans merekam event tersebut, dan video sebagai barang bukti ini telah disampaikan dalam bentuk sebuah CD.
  • JYJ adalah CEO dari Crebeau.
  • JYJ mengiklankan kepada fans bahwa mereka terlibat dengan Crebeau.

(4) JYJ mengajukan tuntutan hukum mereka terhadap SM dikarenakan perusahaan kosmetik tersebut.

  • JYJ ingin mengeksploitasi ketenaran TVXQ untuk mengembangkan sebuah merek kosmetik yang tidak dikenal menjadi sebuah merek ternama di seluruh Asia, dan agar mendapatkan keuntungan yang besar melalui investasi merekaitu. JYJ memutuskan bahwa mereka tidak dapat ikut serta dalam bisnis perusahaan kosmetik tersebut jika mereka terus berada dibawah kontrak eksklusif dengan SM. Karena itulah, mereka mengajukan sebuah tuntutan hukum, dalam rangka dapat mengambil bagian dalam perusahaan kosmetik tersebut.
  • Jika perusahaan kosmetik tersebut bukanlah alasan mengapa JYJ mengajukan tuntutan hukum, lantas mengapa JYJ tidak mengajukan keberatan terhadap kontrak tersebut sampai keterlibatan mereka dalam industri kosmetik dimulai?

(5) Bahkan setelah tuntutan hukum tersebut diajukan, SM terus-menerus mencoba untuk mengubah klausul-klausul yang terdapat dalam kontrak eksklusif dengan JYJ. Namun, JYJ tidak menerima perubahan tersebut.

(6) Masalah mengenai panjangnya periode kontrak

  • Kedua belah pihak menyetujui panjangnya periode kontrak tersebut dengan motif finansial.
  • SM tidak menahan dalam memberikan dukungan sebanyak mungkin bagi JYJ selama dalam periode kontrak.
  • JYJ harus menjalankan apa yang mereka telah setujui dalam kontrak mereka.
  • Sebuah kontrak jangka panjang adalah penting bagi kestabilan aktivitas di luar negeri. Saat BoA dan SES memasuki pasar Jepang, BoA sukses namun SES gagal. SES gagal karena mereka tidak memiliki sebuah kontrak berperiode panjang. Karenanya, bahkan AVEX menanyakan kepada TVXQ perihal sebuah kontrak berperiode panjang.
  • Juga, sebuah kontrak jangka panjang adalah penting dalam mengatasi keterbatasan yang dihadapi oleh bintang idol dan mengembangkan mereka sebagai artis. Jika sebuah periode kontrak diatur untuk 3 atau 4 tahun, agensi tidak dapat membantu melainkan hanya bekerja memaksimalkan keuntungan dalam jangka periode waktu yang sesingkat itu. Karenanya, sebuah periode kontrak 10 tahun atau lebih memang perlu agar si artis dapat meningkatkan nilai mereka dan bekerja dalam lingkup pasar yang lebih besar.
  • SM saat ini memiliki banyak “anak didik” yang berlatih dengan keahlian SM yang tahu bagaimana caranya menghasilkan idol. Dalam rangka membangun dan menjalankan sistem tersebut, milyaran Won dibutuhkan sebagai dana tahunan. SM adalah satu-satunya agensi dengan sistem sedemikian.
  • SM menerima persetujuan dari orang tua JYJ.
  • SM sudah mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh Fair Trade Commision.

(7) Masalah mengenai pembagian pendapatan

  • Sistem pembagian pendapatan sebenarnya menguntungkan bagi JYJ.
  • Dibandingkan dengan klausa pembagian pendapatan dari agensi-agensi lain, bisa didapati bahwa JYJ-lah yang mendapatkan penawaran terbaik di industri ini.
  • SM telah memberikan kepada JYJ uang yang lebih banyak dari persetujuan yang telah disepakati mengenai pendistribusian penjualan album.
  • Cukup banyak contoh dimana SM menutupi biaya yang harusnya dibayar oleh JYJ.
  • Karena SM adalah sebuah perusahaan yang terdaftar, SM telah merilis semua konten mengenai urusan finansial dan didapati tidak ada masalah.
  • Meskipun demikian, JYJ menyatakan bahwa ada permasalahan dalam pembagian pendapatan, dan SM secara aktif bekerja mengumpulkan data dari akun-akun yang ada. Walaupun SM memberikan JYJ izin untuk melihat dan memverifikasi akun-akun tersebut, namun JYJ tidak melakukannya.
  • Juga, JYJ tidak pernah mempertanyakan hal kepada SM mengenai pembagian pendapatan dan perhitungan penyesuaian pajak mereka sampai pada saat mereka mengajukan tuntutan hukum.

(8) Masalah-masalah mengenai JYJ yang kebebasannya dikekang

  • Tidak ada satu contoh pun dimana SM mengekang kebebasan JYJ.
  • Hal ini dapat dilihat dari laporan oleh staf yang telah bekerja bersama JYJ.

(9) Kerugian besar yang ditimbulkan kepada 2 member TVXQ lainnya (Yunho, Changmin) terjadi karena JYJ

  • JYJ menolak sebuah kontrak komersial dengan sebuah merek kosmetik domestik yang telah melakukan pembayaran dimuka sebesar 450 juta Won.
  • Sepertiga dari Tur Asia TVXQ (4TH MIROTIC ASIA TOUR) tidak dijalankan. Bukti dari kejadian ini adalah pembatalan konser Shenzhen.
  • Sampai akhir tahun 2009, JYJ berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan yang mereka pilih sendiri dan mengabaikan opini dari 2 member TVXQ.
  • Walaupun JYM membuatnya terlihat seperti mereka bekerja menjalankan aktivitas-aktivitas TVXQ seperti biasa, namun hal itu tidak benar.
  • JYJ menginterferensi kegiatan 2 member lainnya di Jepang dengan mengajukan permintaan bahwa AVEX mengakhiri hubungan bisnis mereka dengan SM dan menandatangani sebuah kontrak dengan CJES.

Pendirian JYJ

(1) Dalam kontrak tersebut antara SM dan JYJ ada begitu banyak klausa yang tidak adil dan tidak sesuai hukum.

  • kontrak dengan periode 13 tahun lamanya
  • eksploitasi kekuasaan mengenai kompensasi kerugian
  • pembagian pendapatan yang tidak adil
  • Poin dari tuntutan hukum ini adalah untuk membuat keseluruhan kontrak dengan klausa-klausa yang sedemikian menjadi tidak sah.

(2) Sudah ada beberapa contoh dari kontrak yang tidak sesuai hukum antara sebuah agensi dan seorang selebriti.

(3) Bahkan jika sekalipun kontrak tersebut dibatalkan, JYJ tidak dapat dituntut atas kewajiban mereka yang belum dipenuhi. Mereka selalu menjalankan jadwal-jadwal yang diberikan kepada mereka.

(4) Crebeau tidak lebih dari sebuah investasi.

  • Tidak ada klausa pada kontrak tersebut yang melarang sang artis dari berinvestasi di bisnis lainnya.
  • Tidak pernah ada sebuah contoh dimana aktivitas-aktivitas JYJ terhambat karena investasi mereka di Crebeau.

3. Sesi Pemberian Pertanyaan dan Jawaban dengan Hakim

(1) Pembagian pendapatan
Hakim: Apakah SM memberikan JYJ lebih banyak uang dan kondisi yang lebih baik dibandingkan dengan apa yang aslinya dinyatakan pada kontrak tersebut?
SM: Ya. Pada kenyataannya, SM membagikan pendapatan kepada JYJ lebih baik dibandingkan dengan apa yang dinyatakan oleh kontrak tersebut.
Hakim: Tidakkah itu mengisyaratkan bahwa SM memang mengakui bahwa klausa-klausa dalam kontrak tersebut tidak patut untuk dijalankan?
SM: Tidak demikian. Dibandingkan dengan klausa-klausa dari agensi lainnya, SM menyediakan kepada JY persentase pembagian pendapatan yang terbaik mungkin. Ada beberapa conth dimana SM membayar biaya pengeluaran yang harusnya dikeluarkan oleh JYJ. Namun, hal ini tidak berarti bahwa klausa SM tidak beralasan.
Hakim: Kita harus mengentahui detail sebenarnya dari pengaturan hal seperti itu. Tapi saat ini, SM menyatakan bahwa ‘Walaupun kami tidak memiliki apapun untuk diberikan, tapi kami memberikan kepada mereka lebih dari apa yang kami niatkan.’
SM: Walaupun kontrak tersebut diciptakan untuk sesuai dengan seorang selebriti biasa, kontrak tersebut dapat diubah untuk menyesuaikan aspek-aspek unik dari setiap selebriti. Kami tidak mengatakan bahwa kami memberikan mereka lebih banyak uang karena kontrak tersebut tidak adil.
Hakim: Apakah kalian mengatakan bahwa berdasarkan penyesuai akun kalian, kalian ‘memberikan kepada mereka lebih banyak saat tidak ada apapun untuk diberikan’? Bukankah hal itu adalah tidak normal jika tidak ada uang yang tersisa untuk diberikan kepada JYJ setelah semua uang tersebut dibagikan?
SM: Tidak demikian.
Judge: Jadi, apakah anda mengatakan bahwa masih ada uang tersisa?
SM: Ya.
(T/N: Apa yang hakim tersebut coba untuk tanyakan adalah, jika SM membayar untuk semua pengeluaran ekstra dan lainnya, yang jika ditambahkan mencapai jumlah yang cukup besar yang tidak mungkin menyisakan keuntungan apapun, karenanya masih mungkinkah mereka memiliki sisa keuntungan untuk memberikan kepada JYJ uang tambahan? Uang tersebut tidak cukup jika SM benar-benar dapat membayar semua pengeluaran dan juga membayar JYJ lebih dari apa yang seharusnya mereka terima.)

(2) Aktivitas-aktivitas TVXQ
Hakim: Apakah dua member lainnya melakukan kegiatan sebagai TVXQ?
SM: Dalam kenyataannya, mereka tidak dapat beraktivitas sebagai TVXQ.
Hakim: Tidakkah 2 member tersebut berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas di luar negeri sebagai TVXQ? (T/N: Hakim mengacu kepada penampilan mereka di SM Town Live ’10)
SM: Itu adalah aktivitas resmi pertama mereka sebagai TVXQ semenjak kasus ini dimulai.
Hakim: Apakah tiga member lainnya berpindah ke agensi baru?
JYJ: Tidak.
SM: Hal ini bertentangan dengan apa yang kami ketahui. CJES saat ini mendukung semua aktivitas-aktivitas JYJ. Hal ini adalah fakta yang sudah diketahui banyak orang dan diterima di industri.

(3) Mengajukan saksi-saksi
Hakim: Apakah ada saksi mata untuk kasus ini?
SM:

  • Pegawai SM Kang Jung Ah : Saksi mata yang memberikan kesaksian bahwa kontrak eksklusif tidaklah melanggar hukum
    *Kang Jung Ah adalah seorang staf yang berada disana saat kontrak tersebut ditandatangani oleh JYJ dan SM
  • Kepala Team Keuangan SM Team Yoon Sung Hee : Bersaksi bahwa pembagian pendapatan adalah adil

JYJ: Pegawai SM Kang Jung Ah tidak sesuai jika ingin dijadikan sebagai saksi mata. Pada saat kontrak tersebut ditandatangani, JYJ masih berada dibawah umur. Sejak awal, kami meminta bahwa kontrak tersebut dibatalkan karena isi kontrak yang tidak sesuai dengan hukum, bukan karena kontrak tersebut tidak ditandatangani.

SM: Adalah penting untuk mengetahui atmosfir dan situasi pada saat itu seperti apa, dan apa yang dijelaskan kepada JYJ saat kontrak tersebut ditanda tangani.

Hakim: Interogasi terhadap saksi mata diperlukan untuk menilai secara umum isi kasus ini. Karena itu, Kang Jung Ah dan Yoon Sung Hee akan diterima sebagai saksi mata. Apakah ada saksi mata lainnya?
SM: Direktur SM Jepang Nam So Young
Judge: Bagaimana Crebeau dan Jepang saling berhubungan?
SM: Masalah mengenai Crebeau pertama kali diketahui di Jepang. Fans Jepang melaporkan bahwa JYJ mempromosikan kosmetik Crebeau pada saat tur mereka di Jepang.

  • Direktur SM Jepang Nam So Young : Memberikan kesaksian bahwa kosmetik tersebut dijual pada saat tur Jepang

Hakim: Bukankah SM sudah memberikan barang bukti mengenai masalah tersebut? Saya mengetahui bahwa SM bahkan menyuruh media untuk mengulas berita tersebut. Dan bahkan jika Direktur Nam So Young memberikan kesaksian,ia bukanlah orang yang dapat memberikan informasi sebenarnya mengenai isi investasi JYJ di Crebeau.

SM: Perwakilan AVEX (yang belum dipilih) : Memberikan kesaksian pentingnya sebuah kontrak jangka panjang

  • Saksi mata tersebut akan bersaksi bahwa saat AVEX dan SM menandatangani kontrak bersama, sudah diputuskan bahwa sebuah kontrak 13 tahun memang diperlukan.
  • Saksi mata akan memberikan kesaksian bahwa apa yang dilakukan JYJ setelah tuntutan mereka memutuskan hubungan antara AVEX dan SM.

JYJ: Mengapa SM mencoba membahas apa yang terjadi setelah tuntutan hukum?
SM: Alasan SM membicarakan mengenai apa yang terjadi setelah tuntutan hukum tersebut adalah karena CJES mencoba untuk memutuskan hubungan antara SM dan AVEX dan mengakibatkan kerugian finansial.
JYJ: Kasus yang SM berikan ingin memverifikasi keabsahan kontrak tersebut dan menimpakan kerugian kepada JYJ atas kewajiban mereka yang tidak dipenuhi. SM juga meminta kompensasi ketugian kepada JYJ mengenai hal ini.

  • Lantas apa sebenarnya yang dilakukan JYJ kepada SM yang membuat mereka pantas memikul tanggung jawab atas kewajiban mereka yang tidak dipenuhi? Jelaskan lebih spesifik.
  • Masalah ini akan menjadi lebih sulit untuk ditinjau jika SM menyatakan bahwa apapun yang dilakukan JYJ adalah masalah.
  • Fans sudah memperlihatkan perhatian mereka kepada kasus ini dan JYJ. Perhatian fans adalah aset yang berharga bagi JYJ. SM tidak melakukan apapun selain secara murni ‘menyerang dan mengkritik JYJ di pengadilan terbuka. Hal ini tidak akan menguntungkan kedua belah pihak.

SM: Kami mengakui bahwa SM tidak dapat menjelaskan secara mendetil kewajiban-kewajiban JYJ yang belum mereka penuhi. Alasannya SM membutuhkan testimoni dari AVEX adalah karena hal itu akan membuktikan bahwa sebuah kontrak 13 tahun adalah sah dan diperlukan di pasar musik Jepang saat ini.
Judge: Kang Jung Ah dan Yoon Sung Hee akan dicatat sebagai saksi mata. Akankah JYJ memanggil saksi mata?
JYJ: Tidak.

(T/N: Aku tidak yakin dimana poin no (4) tapi aku juga tidak dapat menemukannya dimanapun. Penulis review ini mungkin telah menuliskannya dan lupa mengganti nomor atau mungkin memang belum ditambahkan saat artikel ini dipindahkan dari situs aslinya.)

(5) Keberatan resmi yang diajukan oleh SM terhadap putusan dari tuntutan

JYJ:

  • Setelah keputusan dibuat terhadap tuntutan hukum, JYJ berencana untuk mendaftarkan tuntutan hukum meminta untuk membatalkan kontrak mereka dengan SM.
  • Namun, karena JYJ adalah selebritis, aktivitas mereka harus didahulukan walaupun sudah terjadi perselisihan. Karena itu,mereka memilih untuk melakukan bagian meeka dalam aktivitas-aktivitas di industri entertainmen sebelum mengajukan tuntutan hukum pembantalan kontrak.
  • Saat itulah SM mengajukan sebuah tuntutan hukum untuk memverifikasi keberlanjutan dan keabsahan kontrak antara SM dan JYJ.
  • Karena SM mengajukan tuntutan hukum untuk keabsahan kontrak tersebut sebelum JYJ mengajukan tuntutan hukum mereka membatalkan kontrak antara SM dan JYJ, kami tidak mengajukan tuntutan terhadap tindakan mereka, karena akan ada dua tuntutan hukum dengan isi yang hampir sama.
  • JYJ meminta materi menyangkut aktivitas mereka dari SM. Namun, ada dokumen yang tidak diterima JYJ.
  • SM menyatakan bahwa JYJ sendiri tidak datang untuk mengambil dokumen itu, namun hal itu tidaklah benar. SM mengatur semua selebriti mereka sekaligus. Karena itu, tidak ada perbedaan bagian dimana dokumen yang berhubungan dengan TVXQ disimpan. SM hanya memberitahu kami bahwa semuanya ada di kantor mereka, jadi kami harus mencari informasi itu sendiri. Namun, perihal seperti ini membutuhkan jasa seorang akuntan untuk diselesaikan dan sangat memakan biaya. Karena itulah kami berharap SM akan dapat memisahkan dan memberikan file-file tersebut.
  • Kami telah mengadakan investigasi mengenai apakah pendapatan memang sudah dibagi secara benar berdasarkan file-file yang diberikan kepada JYJ oleh SM. Ada beberapa tambahan file yang kami butuhkan dari SM. Namun, tanggal tuntutan hukum tersebut berubah. Dan SM mengajukan keberatan resmi terhadap tuntutan tersebut. Walaupun JYJ dan Baek Chang Joo tidak menandatangani sebuah kontrak eksklusif, SM memulai suatu perselisihan yang hanya dilatarbelakangi oleh kepercayaan mereka bahwa ada sebuah kontrak eksklusif antara JYJ dan Baek Chang Joo. Karena semua hal yang terjadi ini, menambah rumit, JYJ tidak dapat melakukan pemeriksaan mereka dengan tenang.
  • Putusan dari amanat itu adalah untuk membatalkan kontrak ini. Namun, SM terus-menerus mengklaim bahwa kontrak tersebut adalah valid. Karena SM memiliki pengaruh yang kuat dalam industri entertainmen, JYJ tidak dapat secara aktif tampil dalam sebuah nama independen.
  • JYJ merilis album pertama mereka, namun SM mengajukan tuntutan mengenai hal itu. Namun tuntutan itu kemudian mereka batalkan.

(6) Permintaan sewaktu pemeriksaan
JYJ:

  • Kami meminta kepada pengadilan untuk membuat putusan terhadap keabsahan kontrak tersebut secepat mungkin dikarenakan karakteristik unik karir JYJ yang adalah selebritis.
  • Juga, SM telah menyatakan bahwa SM telah memberikan uang lebih banyak kepada JYJ dibandingkan dengan apa yang dinyatakan dalam kontrak, namun hal ini tidak benar. Dengan melihat dari dokumen yang kami terima hal ini tidaklah benar.
  • Faktanya adalah, SM sebenarnya memberi JYJ uang lebih sedikit dari apa yang dinyatakan dalam kontrak. SM masih harus memberikan kepada JYJ 22,3 milyar Won lagi. Kami merasa perlu diadakan investigasi dalam hal ini dan akan menyampaikan dokumen-dokumen.

Hakim: Hal ini sudah dicatat.

(7) Permintaan pengacara SM akan kehadiran JYJ di pengadilan

(altins: Itulah gunanya pengacara, dan surat kuasa….sigh…supaya orang tidak perlu hadir secara fisik…duhh!!)

SM: Kami tidak pernah bertemu dengan JYJ sampai sekarang. Kami meminta JYJ untuk tampil di pengadilan.
Hakim: Anda menginginkan JYJ untuk tampil di pengadilan? Apakah anda menyatakan bahwa Anda ingin menginterogasi JYJ?

(altins : Go…Pak Hakim…Naiseeee…)

SM: Kami tidak perlu kehadiran mereka bertiga. Kami hanya ingin menginterogasi paling tidak satu dari mereka. Kami memiliki banyak pertanyaan untuk JYJ.
Hakim: Dalam hal apa kalian ingin menginterogasi mereka?
SM:

  • Klaim JYJ bahwa mereka menandatangani kontrak tersebut dalam kondisi yang ekstrim
  • Klaim JYJ bahwa SM mengekang kebebasan mereka
  • Klaim JYJ bahwa mereka tidak pernah mendengar apapun mengenai pemrosesan pembagian pendapatan mereka
  • Klaim JYJ bahwa mereka berada dalam kondisi yang buruk saat mereka memasuki pasar Jepang

Kami ingin tahu jika JYJ dapat melihat kami secara langsung dan membicarakan 4 klaim ini di pengadilan.
JYJ: Kami tidak tahu apakah hal ini beralasan atau tidak. Bagaimanapun, jika SM ingin hal ini diinterogasi, kami dapat mencoba meyakinkan JYJ untuk tampil di pengadilan.
Judge: Hal ini akan didiskusikan oleh Departemen Kehakiman.

Alasan dari Pendirian JYJ adalah singkat dan tepat
Isu utama disini adalah kontrak yang tidak sesuai dengan hukum, namun pengacara SM telah membawa hal perusahaan kosmetik untuk mengubah subyek kontroversi dan mengaburkan penilaian hakim. Pengacara JYJ secara tepat menyatakan hal ini dalam poin utamanya jadi hakim tidak memiliki keraguan atau menyerang apa yang sudah dinyatakan. Pengacara SM terus mencoba untuk menghancurkan reputasi JYJ dengan mengungkit hal ini dan hal itu, dan akhirnya ia pun diinterogasi oleh hakim, itu sebabnya mengapa percakapan mereka lebih panjang ^^ Dan dalam sebuah percobaan sidang, pemberian dan penerimaan barang bukti dan dokumen-dokumen adalah hal terpenting. Karena mereka kurang dalam hal ini, SM mencoba mengubah posisi agar hakim lebih memihak mereka dengan mengeluarkan pernyataan provokatif.-The JYJ 싹여사

Ini adalah link asli beritanya  dalam bahasa Inggris :

http://sharingyoochun.net/2010/11/19/fanaccount-101116-review-of-first-hearing-on-tuesday-november-16th-2010/

Source: Newsistohosomniakoreaboo + dkpopnews+ [The JYJ 싹여사+불법체류’s egloos]

Translation credits: jeeelim5@tohosomnia.net

Shared by: tohosomnia.net

Indo Trans: altins@Hallyucafe.wordpress.com

Do not remove/add on any credits


Iklan

20 comments on “(Kilas Balik) Kasus antara SM Entertainment dan JYJ!

  • Hahaha..
    SM udah ketauan salah jg masiih aja kekeuh!
    Tp syapa tau munkin dgn kehadiran JYJ masalah perlahan kelar.
    Truz bulan maret besok agenda.a apa?
    Apa jyj jadi dateng?
    Semoga masalah ini cepet kelar.
    Lebih baik keputusan yg terbaik dgn penegakan hukum yg benar.
    Fighting!

  • alah sment..
    Kabur mulu mungkir mulu..
    Nyalah2in jyj disuruh bayar ini bayar itu, EMANK LO GA PUAS SAMA HASIL YG DBSK SELAMA INI KASIH KE LO??? CD2 YG KEJUAL BRP?? PENDAPATAN KONSER BRP?? IKLAN BRPP??

    Astagfirullahaladzim.. Ada yah agensi kyk gitu. Naudzubillah mindzalik amit2 cbang bayi dah gw.

    Kalo emank lo bener, kasih tuh bukti semua tuduhan yg lo jatohin ke oppa gw, MANA ?? AMPE SKRG LO BLGNYA BLM SIAP BLM SIAP BLM SIAP NUNDA PENGADILAN TERUS!!

    Ikh sumpah gw gmes bgd sama sment, kalo emank ga mw ngelepasin jyj yah udah c, ga usah ngabur2 in hakim.

    kata org..
    ‘org yg suka nyari2 kesalahan org itu justru org yg salah’

    Dan sment slalu nyari2 kesalahan jyj. Ya ALLAH , semoga maret besok finalnya. Cape gw sumpah sama sment.

    Gw cinta artisnya tapi gw benci manajemennya.

  • ini review dr sudut pandang fans JYJ kn? tp kukira ga cukup cm itu deh..moga aja ada review dari orang yg netral…
    krn mnurutku gak smua yg dilakuin SM sepenuhnya salah bgitu jg dg JYJ g smua langkah yg mrk ambil adl benar…
    mudah2an ada titik terang dr masalah ini..sudah cukup lah mslh ini meradang berkepanjangan..yg ngikuti perkembangannya aj capek..apalagi yg menghadapinya yak..?

  • bny bgt berita ttg terkuakny hal2 yg blm tdny fans g gtw..n stlh bc cm stu kta ‘shock’!!
    Mulai dr 6.25,hotel girl,dll..Dr awal emg sm alasn crebeau,tp trny pgadilan menangin crebeau..dl jyj mang d buat jlek bgt citrany krn d anggp pnybb,tp mkin ksni kebenaran pelan2 terkuak..
    ne bru sbgian kcil krn gw udh lmyn lm bc brta ini,wlo dr vrsi englshny..kyana kmrn ad fanaccout ttg sidg trbru lg ko..btw tnx udh translit brta ni pnjg bgt,hehe

    • tidak apa apa ,aku mengerti XD ,kekekek~~ tapisekarang udah dinginkan ?? ~~ , kalo masi belom, masuk aja ke kulkas.kekek~~

  • aku berharap JYJ balik lg ke SM krn cm SM yg bs membuat DBSK tmbh maju … tpi sya b’harap jg SM merubah sistem mrk, agar adil utk smnya trtma JYJ, krn klw JYJ keluar dri SM, otomatis g’ da lg DBSK … T_T … dan sya tidak mw itu t’jadi … damailah kalian …plissssss….

  • wah, lengkap bgt. sblm ada jyj, aq blm prnh dengar tentang tvxq, tp ternyata mreka dance-nya keren bgt ya… hehe… (ya tvxq ya jyj). btw bener jg sih, sm ent emang banyak mslh sm artisnya, huft

  • SM bener2 daaahh..
    dah tw salh selalu saja ngeles, kaya bajay ja.
    ckckck..
    sabar y JYJ oppa…
    we will support u as TVXQ…
    FIGHTING… !!!!!

  • Ini mah, duit bermain namanya. SM mentang2 udah banyak duit gini nih. Ckckck. Mana ada kontrak kerja lebih dari 7 tahun? Kalo mau juga diperpanjang. Kasian kan mereka, 13 TAHUN ? Mau jadiin mereka budak ? -_____-” JYJ, I hope you can win this problems. SM, ngaku aja lah ya… Gengsi abis -_-“

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: