Wartawan Korea Mengkritik SM Entertainment karena Perlakuannya terhadap Artis-artisnya!

Published 12/02/2011 by yeppopo

Seorang wartawan majalah mingguan “In Curret Affairs” dengan ID Twitter dogsul memposting sudut pandangnya yang sejujurnya mengenai industri hiburan Korea. Karena suratkabar (agak bingung, di atas disebutkan majalah tapi sekarang koran. Sudahlah, yang jelas sama2 media cetak) ini dianggap serius dan dapat dipercaya, tweet yang diposting si wartawan dinilai relevan.

Dogsul bicara soal hak artis hingga orang-orang yang memiliki pengaruh dalam dunia hiburan. Simak apa yang ditulisnya:

Saat kalian melihat dunia hiburan lebih dekat, tempat itu juga tempat untuk berpolitik. Membandingkan antara perusahaan entertainment vs stasiun televisi, membandingkan kekuatan antar perusahaan, membandingkan kekuatan antar perusahaan dan selebriti yang bekerja di dalamnya, membandingkan kekuatan di antara selebriti sendiri… Aku akan menginvestigasi dunia hiburan lewat sudut pandang politik.

Kepemimpinan Presiden SM Lee Soo Man merupakan model kepemimpinan “paternalistik”. Memimpin keluarga yang begitu besar, kecemasan terbesarnya adalah kepergian artis-artisnya. Mengenai masalah ini, metode yang digunakan adalah metode: “Jika kau meninggalkan SM, kau mendapatkan Siberia!”***

Dia menunjukkan bahwa seorang ayah itu bagaikan kepemimpinan, Presiden Lee Soo Man dingin terhadap artis yang meninggalkan rumahnya namun hangat kepada artis yang tetap bersamanya. Dia masih melakukan hal seperti mempekerjakan lagi member berbeda sebagai pelatih vokal dan pelatih menari. Jadi inilah strategi panas dingin yang digunakan(T/N: panas dingin adalah sebutan jika kita menyambut seseorang namun dengan mudah berpaling)

Dalam permainan persaingan antara perusahaan entertainment, ada satu aturan absolut yang tidak akan mereka rusak. Aturannya adalah “di antara perusahaan entertainment besar, mereka tidaka akan mengambil artis yang meninggalkan perusahaan lama”. Namun artis yang sekarang ada di luar pagar perusahaan sekarang bisa berlaku apapun untuk menguntungkan diri sendiri. Ada juga jenis trik seperti ini.

Dunia hiburan seperti politik, bisa diilustrasikan dengan meneliti perilaku pengacara dari selebriti profesional. Pengacara yang bekerja di bidang ini jarang pergi ke pengadilan mengenai tuntutan hukum melawan perusahaan entertainment. Hal yang lucu adalah orang dari perusahaan tersebut adalah orang yang menyatakan pertama kali bahwa mereka melindungi hak artis. Seolah-olah dialah legislator yang melakukan yang lebih baik untuk masyarakat.

Kepemimpinan paternal presiden SM Lee Soo Man mencapai Jepang juga karena kemitraan dengan Avex. Namun kurasa itu adalah sejauh apa pencapaian yang sudah diraih. Selebriti yang meninggalkan perusahaan tak bisa dianggap sebagai pengkhianat karena semuanya karena kontrak tak adil mengenai hak artis.

Source: dogsul@Twitter
Eng trans: sharingyoochun.net
Indo trans: Alois ★ あずゆ@hallyucafe

Iklan

24 comments on “Wartawan Korea Mengkritik SM Entertainment karena Perlakuannya terhadap Artis-artisnya!

  • Wah,,lgsg nyebut merek bgtu eaa dsna klo ksh komen… Klo di indo mah maw nyebutin merek susu bayi yg brbakteri aja gag jadi2.. Bwt saia siy YG appa yg plg keren lah..^^

    • Siberia dijadikan ungkapan, Onni.

      Siberia itu adalah daerah di Rusia, di bagian kutub utara, tandus, kering, dingin, dan sulit hidup di sana.

      Jadi di sini, diungkapkan kalo ninggalkan SM, dia bakal susah untuk berkarir lagi.

      Or, mungkin ada yang lebih tau? Mian kalo salah yaa 🙂

  • ckck
    Nambah bukti klo si sments*** itu emank ga bnr.

    Gw bertanya2 kmren knp yg,jyp,cubent g ngbngn jyj ternyata kejawab dsni.

    ‘ada aturan besar bagi perusahaan ent besar, mereka ga akan mengambil artis2 yg meninggalkan perusahaan lama mereka’

    Pantes aja mereka ga di kontrak or dihubungin * selain masalah kontrak yg blm ptus*

    Salut sama wartawan korea itu. Ayo, ungkapkan kebenaran biar sidang maret besok sments*** ga berkutik!

    *mianhae buat para sment bias kalo kata2 gw kasar, krn gw udah muak bgd sama itu agensi, meski gw tetep jadi bias bbrp artsnya but say no to agensi!*

  • ohhhh….pantesan juga artis2 yg udh keluar dr manajemen besar….kalo nggak mendirikan manj.sendiri pasti bergabung sama manajemen yg kurang terkenal….

  • hh! SM ketauan bgt!….

    YG the best lah!

    kasian bgt yg ad d SM…
    and… gimna dgn heechul yg memperpnjang kontrak??…pasti dy d anget”in x y ma SM….

    kontar budak pun d tanggepin serius sma hee”…ckckck

    still mystery!..

  • Ckckck… Yah namany jg pndapat! Mdh2an ni org ga knp2 krn ngsih pandangan yg emank berani ^^

    Klo soal perusahaan bsr ga akn ambl artis yg ud kluar bru tau neh.. Tp emank klo diliat2 dr artis2 korea yg kluar dr agensiny, rata2 mank ga masuk ke agensi besar seh.. Jd omongan bpk ini bs dpegang jg y kbnrnny?!

    Tau ah.. Yg pnting aq bs dgrin lagu2 penyanyi korea n bs liat yg seger2 hehe

    • hahaha aku rasa ga bakal kenapa-napa poppo onni, lagian bukannya si Dongsul temennya anak-anak suju juga kan O.O

  • APAPUN KATA ORANG MASA BODOG AKG^^
    TETAP PERCAYA SMTOWN LAH YG TERBAIK^^
    ANJUSSHI SO MAN JGN DENGAR AP KAT MEREKA^^
    OPPA^^ ONNIE^^ DONGSAENG^^ TETAP SEMANGGGATTTTT AMBILL POSITIFNYA DRI SEMUA INI.
    #LOVESUJU
    #LOVESNSD
    #LOVE
    #LOVESMTWON KALIAN LAH YANG TERBAIK^___^

    • Haha… Sabar bu! Lgan heran jg seh knp nama lee so man slalu dbwa2 ya?! Klo mnrt aq bkn dy lho yg slh.. Tp mgkn emank sistem yg ad d SM Ent aj yg ga smua org bs ngerti n cocok!

      On Sun, 13 Feb 2011 10:53 EST

  • emang agak2 ga ngeh ama si So man nya. cuma ngeliat kesuksesan artis2 SM ga heran juga sih…
    menurut aku artis2 agensi SM yg terbaik, SUPER JUNIOR, SHINEE, SNSD emang udah ga diragukan lagi di Asia bahkan di dunia loh.
    aku dilema kalo soal SM.

  • Wow Dongsul memahami bener cara kerja Lee Soo Man. O jadi begitu konsepnya, paternal. Walaupun begitu, soal para artis yang keluar dari manajemen bakal ke ‘Siberia’ apa ga, menurut aku tetep tergantung dari kualitas artis itu sendiri. Memang mereka akan bekerja lebih keras, ibaratnya kalau kita pergi dari rumah. Di luar kita akan mencoba bertahan hidup sendiri. Aku sebut merek ya *maaf, seperti JYJ dan Hangeng karna kualitas mereka juga bagus, mereka ga bakal masuk ‘Siberia’ karena orang mengakui kualitas mereka. Jangan khawatir, fans masih banyak.

  • sebetulnya JYJ g bkl jd kyk siberia deh… wlw g ada agensi Besar mw nampung mereka.. aq rasa dng kemampuan JYJ snediri dan dukungan fans yg besar di luar sana mereka bisa eksis dan bs lebih sukses.. makanya ambil az pasar jepang lagi..haha~
    kyk Hangeng juga.. udh jadi TOP 1 di China sana.. g rugi kan jdx keluar dr SM.. g ada daya lah SM diluar negaranya sendiri..
    lagian dr sekian bnyk artis yg keluar dr SM.. bnyk juga kok yg namanya makin bekibar.. macam ISAK, bahkan No Min woo az karirnya lebih mentereng ketimbang dulu waktu msh di TRax, jng lupa ada Eugene.. smwx bakal sukses klo bakat di asah terus n g berhenti berjuang..
    Intinya.. masalah apapun tetap semangat!
    buat om yg nulis artikel itu juga.. semangat deh bakal di tuntut SM bentar lagi..hoho~

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: