[Info] Vocaloid = Software Voice Blank Yang Bisa Dikreasikan Sendiri

Published 07/02/2011 by naotochi

Yep , memang sedikit berbau ke Jepangan , tapi kali ini saya gak bahas soal Jepang apalagi artisnya. Kali ini saya mau share tentang program yang sepertinya bagus buat para Kpopers atau Popoder yang suak ciptain lagu , dan bisa di praktekin disini ^^.

Apa itu Vocaloid ?
Vocaloid (ボーカロイド?) adalah perangkat lunak produksi Yamaha Corporation yang menghasilkan suara nyanyian manusia. Komposisi musik dan lirik dimasukkan di layar penyunting sesuai nyanyian dan iringan musik yang diingini. Suara nyanyian diambil dari “pustaka suara” yang berisi sampling rekaman suara dari penyanyi sebenarnya. Lirik lagu dinyanyikan dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang.

Yamaha tidak menjual Vocaloid secara terpisah, melainkan dibundel dengan pustaka suara produksi perusahaan pustaka suara yang mendapat lisensi Yamaha. Vocaloid berasal dari kata “vocal” dan “android”.
Perangkat lunak ini pertama kali dirilis Yamaha pada 26 Februari 2003. Teknik yang dipakai adalah Penyambung dan Pembentuk Artikulasi Nyanyian dengan Domain Frekuensi (Frequency-Domain Singing Articulation Splicing and Shaping). Sampling rekaman suara penyanyi profesional diolah dengan metode domain frekuensi. Hasilnya dimasukkan ke dalam basis data “artikulasi nyanyian” yang berisi potongan suara dan teknik bernyanyi.

(Credit : Wikipedia)

Sampai Mana Berkembangnya ?

Program Vocaloid Sudah berkembang dan cukup banyak dinikmati apalagi di Jepang , Awalnya Vocaloid itu hanya berupa Voice blank dan tidak ada gambaran siapa yang menyanyikan . Namun setelah Crypton , sebuah perusahaan yang juga menciptakan Vocaloid , mulai menggambarkan sebuah karakter pada Vocaloid mereka , yaitu Meiko dan Kaito

(Meiko & Kaito Pack)

Vocaloid 2 apa bedanya dengan Vocaloid ?

Vocaloid2 adalah versi Upgrade dari Vocaloid pertama , dengan Interface yang beda jauh dan lebih detail dari yang pertama. Dan Character Vocal Series juga sudah dibuat disini dengan desain dari Kei.

Character pertama dari Vocaloid2 (yang menggunakan Character Vocal Series) adalah Hatsune Miku, dan merupakan character tersukses dari seri Vocaloid. Dengan suara yang tinggi (nampak seperti Vibrator) dan juga desain character Twintail Moe.

Miku Hatsune.jpg

(Hatsune Miku dalam Artboxnya yang didesain oleh Kei)

Apa Saja Character di Vocaloid2?

Err…banyak sekali , tapi milch bakal jelaskan yang terkenal saja yah.

Kagamine Rin & Len

Kagamine Len and Rin.png

Ini adalah Vocaloid2 yang dirilis setelah Hatsune Miku Oleh Crypton. Desain yang unik dengan 2 anak kembar identik dan dengan suara yang khas seperti anak kecil, desain character ini cukup unik dengan Kagamine Rin sebagai perempuan yang egois dan manja , dan Kagamine Len yang sayang dengan kembaranya namun sangat terkesan Shota (Anak laki2 seperti kecewekan) , banyak lagu-lagu kolaborasi mereka dan sangat populer dalam penggemar Vocaloid.

Kamui Gakupo

Kamui Gakupo adalah Vocaloid2 yang dirilis oleh INTERNET Co.,Ltd dan powered oleh Yamaha . Menurut Milch , dialah Vocaloid yang memiliki nada suara enak didengar (lebih dari Kaito) , dan desain dia adalah seorang Samurai pada masa Jepang dulu , dialah yang menyaingi popularitas Kaito (karena Kaito awalnya satu-satunya character laki-laki dewasa)

Megurine Luka

Megurine Luka.jpg

Vocaloid2 ke 3 yang diciptakan oleh Crypton. Dia adalah Vocaloid yang paling enak didengarkan jika menggunakan lagu English dan dia adalah Character Vocaloid paling dewasa. Suaranya yang mature dan kesan yang seksi membuat para fans lebih suka memakai Voicenya untuk lagu dengan nada English. Dia dicouple kan dengan Kamui Gakupo dan menjadi , dan suara dia paling bagus untuk musik jenis Jazz.

 

Lagu Vocaloid Yang Paling Terkenal ?

Well situs Nico Nico Douga yang merupakan situs dengan pengguna Vocaloid terbanyak punya segudang lagu bahkan mereka membuat Chart musik Vocaloid setiap bulanya. Banyak sekali lagu Vocaloid yang menurut Milch bagus , dan itu juga sesuai dengan selera orang masing-masing (kadang ada yang bilang suara Hatsune Miku terdengar sangat nyaring dsb) . Biasanya lagu hanya berupa Audio , tapi kadang ada juga lagu yang di beri PV (Semacam MV) dengan bantuan gambar dari para manggaka ataupun fans.

ini adalah lagu yang sangat terkenal dari para character Vocaloid :

World Is Mine – Hatsune Miku

Miku ingin pacarnya hanya melihatnya di dunia ini , inilah kisah seorang ratu egois yang menginginkan cowok seperti pangeran.

Love Is War – Hatsune Miku

Beginilah rasanya patah hati , tapi jangan menyerah! maka berusahalah membuat cintamu abadi!

Kokoro Kiseki – Kagamine Len

Kokoro  – Kagamine Rin Version (Answer Of Kokoro Kiseki)

Seorang profesor menciptakan sebuah robot ? tapi apakah sang profesor bisa membuat hati untuk sang robot?

Servant Of Evil – Kagamine Len

Bagaimana jika anak kembar memiliki status sebagai ratu jahat dan pembantu paling setia ? dan sang pembantu akan tetap menyayanginya walau seluruh rakyat membencinya (You Must See , saya nangis2 lihat PVnya ;w;).

Just Be Friend – Megurine Luka

Luka senang mempunyai seorang pacar dan dia menyayanginya , tapi Luka mulai kepikiran sesuatu yang aneh . hmm…

 

Keunggulan ?

Keunggulan Vocaloid ? walau memang Vocaloid kalah dengan Voice yang asli , tapi kita dapat menciptakan lagu sendiri dan dapat di publish. Ada tim Indonesia yang membuat lagu-lagu indonesia dinyanyikan oleh para vocaloid , walau dengan pelafalan yang ke jepag-jepangan. Tapi banyak juga yang sukses membuat lagu jepang. Banyak lagu-lagu Vocaloid yang bertema Fantasi dan itulah keunggulanya (menurut saya).

Download ?
Sebenarnya beli , namun ada beberapa link yang memberikan download softwarenya (walau pasti agak sulit menggunakanya) , sekarang Milch masih In Search , jadi sabar yah hehe ^^;;.

 

UPDATE

Setelah cari ke sana kemari akhirnya saya ketemu downloadnya , TAPI SAYA SARANIN HANYA UNTUK KOMPUTER BERKAPASITAS BESAR!! why ? karena filenya berukuran hampir 1 Giga ^^ . Tapi dicoba saja yah XD ,

http://www.indowebster.com/search.php?keyword=Vocaloid+2

Dan ini adalah pengalaman seseorang memakai program Vocaloid ini :

Sejak Desember tahun lalu, saya mendapat software Vocaloid 2 Hatsune Miku dari seorang teman. Sebuah software yang sudah lama saya inginkan.

Setelah di-install, saya sempat bingung cara pemakaiannya. Coba-coba sedikit, ternyata cuman tinggal nulis lirik kata demi kata dan disesuaikan dengan tinggi rendahnya nada. Itu lah yang membuat saya semakin bingung. Karena saya buta tangga nada, paling cuman tahu do-re-mi yang biasa. Kemudian Vocaloid ini sempat saya biarkan karena gak mudeng. Barulah di awal tahun ini mulai berani coba-coba. Sering frustasi sih karena gak bisa menyesuaikan nada yang pas.

Setelah beberapa saat, iseng-iseng nyoba bikin ngambil dari liriknya Miku yang “Mikumiku ni shite ageru”. Ternyata sukses dan hasilnya hampir mirip sama yang aslinya walaupun gak terlalu sempurna sih. Padahal itu cuman iseng sambil ngira-ngira doang nadanya.

Mikumiku ni shite ageru

Saat ini saya sedang mencoba bikin lagu lagi. Dengan lirik bikinan diri sendiri memakai bahasa Jepang. Sebuah lagu tentang dunia yang semakin panas.

Maitoshi chikyu no ondo ga zutto agatteiru
ngatur vibration

Kembali memakai feeling dalam masalah tinggi rendah nada. Sampai saat ini sih baru bisa bikin sampai 15 detik dengan hasil ada beberapa bagian yang sudah pas tapi ada juga yang masih terdengar aneh. Susah nyari kata-kata buat lirik dan terutama susah dalam menentukan tinggi rendah nada.

15 seconds

Semoga saja bisa sukses lah bikin lagu untuk Miku Hatsune, durasi pendek pun gak masalah, namanya juga masih coba-coba. Pinginnya sih bisa bikin lagunya Miku yang kayak bikinannya Supercell, tapi sepertinya itu keinginan yang terlalu muluk-muluk.

supercell feat. Hatsune Miku

Semoga kalau udah lancar pake ini software, saya bisa bikin lagu Wiro Sableng versi Miku. Sebuah obsesi gila saya dan teman saya. Ahaha~

Miku Hatsune is my waifu!! XD (Original Post : http://nantettatte.blogspot.com/2010/01/vocaloid-2-hatsune-miku.html )

Cre : dari Berbagai Sumber
Information : Vocaloid Wikia
Articel made By : naotochi
PLEASE TAKE WITH SOURCEE

12 comments on “[Info] Vocaloid = Software Voice Blank Yang Bisa Dikreasikan Sendiri

  • Update saya tambahin Link buat download yang Hatsune Miku dan juga Kagamine Rin & Len , saya tambahin juga pengalaman seseorang yang ydah pernah makek tuh program , gomawo ^^

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: