(News) Fans Super Junior Meminta Evaluasi Ulang dari Pihak GDA dengan memberikan Bukti2!

Published 12/12/2010 by yeppopo

Fans Super Junior di Korea mengekspresikan ketidakpuasan mereka terhadap hasil Golden Disk Awards. Sebuah postingan baru yang dibuat oleh fans membawa dugaan terhadap acara penghargaan. Pemilihan pemenang dipertanyakan fans dan mereka menunjukkan alasan kenapa menurut mereka ada evaluasi yang tidak adil.

Mereka mengatakan standar penilaian untuk pemenang. Golden Disk memilih 10 artis untuk penghargaan utama, 5 untuk Disk Awards dan 5 untuk Digital Awards. Pemilihan berdasarkan jumlah penjualan dari disk dan sumber digital. 60% kriteria merefleksikan volume penjualan, 20% dari voting internet, dan sisanya 20% dan evaluasi juri. Volume penjualan disk didasarkan atas perusahaan distribusi lokal dan pasar grosir dan eceran. Volume penjualan digital ditentukan dari jumlah download dari situs online tertentu. Oleh karena itu, secara logika artis akan menang jika memiliki penjualan tertinggi dari disk ataupun sumber digital. Adapun untuk Popularity Award, meski standarnya tidak dijelaskan secara spesifik, cukup safe kalau mengasumsikan itu merefleksikan voting populer sebagaimana telah ditentukan fans.

1. Digital Award

Kasus pertama yang fans Super Junior permasalahkan adalah lagu Yesung “It Has to be You” untuk Digital Award.

Peringkat di situs Golden Disk Awards 8 Desember 2010:

Music bank :

Peringkat mobile ringtone 30 November 2009 sampai 30 November 2010:

Peringkat nada sambung 30 November 2009 hingga 21 November 2010:

Pemenang penghargaan itu adalah Lee Seung Gi dengan lagunya “Love Taught Me To Drink”. Fans menunjukkan kalau Yesung punya banyak suara di situs Golden Disk Awards, 44.4% voting dibandingkan Lee Seung Gi yang mendapat 43.9%. Mereka juga memperlihatkan peringkat seperti di Music Bank dan mobile ringtone, memperlihatkan kalau Yesung menang lebih tinggi dari Lee Seung Gi. Oleh karena itu, Yesung harusnya menang Digital Award, bukannya Lee Seung Gi.

2. Ceci Popular Award

Masalah berikutnya adalah kategori pada Ceci Popular Award. Pemenangnya adalah Girls’ Generation dan SHINee. Fans menunjukkan pemenang tahun lalu, yaitu Super Junior dan SHINee, dan di mana saat itu kedua boyband ini menduduki posisi puncak pada situs GDA tahun 2009.

Peringkat tahun lalu:

Peringkat tahun ini:

Namun meski Super Junior dan SHINee lagi-lagi ada di voting teratas tahun ini, Super Junior tidak terpilih sebagai pemenang. Peringkat di situs GDA memperlihatkan SHINee mendapat 36.5%, Super Junior 31.4% dan Girls’ Generation 15.4%. Terlebih lagi Super Junior telah memenangkan MSN Asia Popular Award di Golden Disk Awards. Ujung-ujungnya, voting untuk Popular Award juga menghabiskan banyak uang, jadi fans juga menyatakan mungkin ada gugatan nantinya.

3. Disk Award

Masalah ketiga sehubungan dengan Disk Award. Pemenang tahun ini adalah Girls’ Generation. Seperti yang dikatakan sebelumnya, award ini terdiri dari 60% volume penjualan, 20% voting, dan 20% penilaian juri. Dari situs Golden Disk Awards, Super Junior memiliki voting 34.5% dan Girls’ Generation memiliki 22.9% voting.

Volume penjualan, menurut Hanteo Chart, album ‘Bonamana’ versi A terjual 131,946 copy selama 1 Januari sampai 8 Desember sementara album Girls’ Generation ‘Oh!’ kira-kira terjual sekitar 8,000 copy. Album repackaged mereka juga dihitung untuk penghargaan ini, dengan album repackaged Super Junior terjual sekitar 45,412 copy dan album repackaged Girls’ Generation’s terjual 56,543. Maka, berkaitan dengan penilaian juri, juri memilih Girls’ Generation sebagai pemenang bersadarkan tiga level penilaian, menyatakan kalau mereka menjadi icon K-pop dan usaha mereka meningkatkan status negara lewat kesuksesan mereka di Jepang. Fans Super Junior berargumentasi kalau popularitas dan pengaruh Super Junior di luar negeri melampaui Girls’ Generation di tahun 2010.

Kemudian fans mengutip dari situs Golden Disk Awards, ada pernyataan kalau Digital Award adalah penghargaan yang memperlihatkan artis mana yang paling disukai setahun ini dan mendapat pertumbuhan tinggi di pasar digital. Di situ juga dikatakan kalau mereka memilih pemenang dengan evaluasi yang fair berdasarkan data yang disediakan perusahaan yang sudah dipercaya masyarakat. Fans menyatakan, karena bukti yang telah mereka tampilkan dalam 3 hal di atas, Golden Disk Awards sebaiknya mengelavuasi ulang pemenang dengan adil dan mereka harusnya dipertimbangkan dalam voting Ceci Pupolar Award. Mereka mengatakan jika tak ada tindakan oleh Golden Disk Awards berdasarkan bukti yang mereka tunjukkan, mereka mengambil tindakan hukum terhadap acara penghargaan tersebut.

Dengan semua bukti yang sudah ditunjukkan, siapa menurut kalian yang salah? Apakah Golden Disk Awards harus mengevaluasi lagi pemilihan pemenang ataukah fans Super Junior yang berlebihan?

source: sj-marketpann.nate, koreaboo
translated by Alois ★ あずゆ@ hallyucafe
take out with full credit

via: elflovesuju

123 comments on “(News) Fans Super Junior Meminta Evaluasi Ulang dari Pihak GDA dengan memberikan Bukti2!

  • klo kayak gini,,
    saiaa lebih kasihan sma snsd dan lee seung gi,,.
    cz mereka menang bukan dr hasil yg sebenarnya..

    TAPI,, klo emang bukti ini BENAR,,..

    klo salah yaa maaf saja atas pendapat saiaa ini,,.

    Sekarang kita lihat aja buktinya,,
    lebih terkenal mana SUJU atau snsd??

    *maaf, tidak bermaksud ngebashing*

    • Bener bgt…
      Aq aja yg gak suka bgt dulunya ama kpop..
      jadi ngefans bgt ama suju…
      Suju daebak

  • menang atw kalah itu udh takdir tp klw suju kalah krn tangan kotor pihak lain,itu baru g adil. qt jg g bs salahin SNSD,toh mrk jg g nyangka klw menang

  • elf ny lebai
    g mw nerima kekalahan
    tu elf ababil pstiny ..

    bkn slah snsd kalo mrka mnang ..
    tu elf mw pke acra nuntut sgala.
    aq jg elf tpi kgak lebai kyak gtu.

    • lebay? bagaimana kalo posisinya diputar balik, SNSD diposisi SUJU? dan SONE punya bukti kalo yang seharusnya menang adalah SNSD?!
      gausah munafik *maaf kasar*.
      ELF juga ngga nyalahin SNSD kok, ELF cuma pengen kejujuran aja. karna kami merasa dicurangi disini.

    • oppa dull q ntu sbnr’a menang
      ttp gra2 pemilik SME ja yg
      mengancam suju buat relain piala
      ntu ke snsd knp sih u malah belain snsd
      emg salah suju oppa pha
      lo tau gx pemilik SME ancam kya gmna???
      pemilik SME ntu ancam kaya gni
      “leeteuk kamu harus relain piala itu buat
      snsd klo kamu gak mau saya batal kan konser kamu
      dan teman2 mu di asia tuor ke 3”
      skrng u mau tetap salahin suju oppa gto
      *maaf ya klo da yg salah kata ntu w dpt dri kk w ygdpt dri tmn fb’a* ^_^

    • WOY! Elf itu nuntuk karna dari awal memang SUJU yg menang. Fakta2 nya ya!
      1. Dari hasil vote Suju jauh lebih besar dari pada SNSD http://www.facebook.com/SiwonELFishy#!/photo.php?fbid=183414218335836&set=o.138829346160590
      2. Pas detik2 pembacaan pemenang, Linghting sorotan itu udah diarahin ke Super Junior! Lighting bisa ngarahin Suju itu pasti karena emang udah ada suruhan dari pihak yg udah tau pemenang kan?!
      3. Sebelum pembacaan, katanya salah satu Ahjussi di GDA nyamperin Leeteuk dan kasih tau kalo mereka harus ngerelain Piala nya buat SNSD *bukti nih ya! http://www.youtube.com/watch?v=d9iGt6OJZq0&feature=player_embedded pas detik kurang lebih ke 0:03, perhatiin Leeteuk! dia nengok ke belakang mau tepuk tangan! Tapi gak jadi.. Kalo menurut ku karna dia salah waktu tepuk tangan, maksudnya gini nama SNSD belum di bilang tp dia udah mau tepuk tangan ke SNSD dan balik badan lagi karna baru sadar.

      Efek yg paling gak enak :
      1. Eeteuk nangis. Omo! Leader yg gw agungkan nangis! BUSET IKUT NANGIS GW ASLI! http://www.youtube.com/watch?v=ceq3xVd_baU dan yg nangis cuma dia 😥
      2. Yesung sakit 😥

      SORRY BUKANNYA GW MAU NYALAHIN SNSD, GW SAMA SEKALI GAK NYALAHIN SNSD. Yang bikin gw kesel SM! Mereka GAK ADIL! PEMENANG TETAP PEMENANG! Trus perjuangannya ELF yg udah ngedukung Suju dikemanain!!!!!? Tiba2 SNSD dimenangin cuma karena *katanya ‘Untuk memboomingkan nama SNSD, untuk promosi nya di Jepang”

      dan yang paling bikin gw kesel SONE SONE SONE!
      Chingu! gw tau sberapa bahagia nya waktu bias kalian menang, TAPI GW GAK TERIMA WAKTU MEREKA BILANG “ELF ABABIL BANGET!”, “YAUDAH SIH KALAH YA KALAH AJA, KAYAK GAK ADA GDA TAHUN DEPAN. EMANG KALO SUJU KALAH KORSEL MELEDAK?! ENGGAK KAN!”, woy! ini bukan masalah KEMENANGAN sm KEKALAHAN! gw sih bodo amat, mau kalah menang gw tetep ELF! tapi kECURANGANNYA ini, dan lo lo pada yg SONE udah pada ngatain ELF.
      Sekarang gmn kalau keadaannya kebalik. Pemenangnya SUJU padahal menurut hasil vote SNSD yang menang?! HAH! ENAK GAK!!!! Fans boleh tapi gak USAH NGATAIN SESAMA KPOP LOVERS DONG!

    • tambahan buat komen gw ini, Ahjussi yg gw maksud itu org SM yg ngedatengin Leeteuk dan ngasih surat yg harus ditandatanganin isinya itu ancaman kalo SUJU gak nyerahin piala itu buat SNSD ‘SUPER SHOW 3 gak akan dilanjutin lagi’, tentu Leeteuk gak mau dong! gmn nasib ELF yg udah beli tiket dan segala macem nya. Leeteuk akhirnya tanda tangan dan terpaksa nyerahin semuanya DEMI SNSD YANG PENGEN PROMOSI KE JEPANGNYA ITU! KURANG BAIK APA SUJU BUAT KALIAN SNSD DAN PARA SONE?! SILAHKAN BANGGA2IN PIALA YANG UDAH DI SERAHIN SECARA PAKSA ITU.
      ELF say : “oppa udahlah, GDA gak berarti yang penting SUJU dihati ELF. dan banyak penghargaan lain yang masih bisa direbut SUJU”. SUPER JUNIOR JJANG!

      -siyonelf 🙂

    • yap, SESUJU sama pendapat lo chingu!
      KEBENARAN TETAP KEBENARAN! DAN KEBENARAN HARUS DIUNGKAP!
      soal award, itu cuma sebagai HADIAH buat kerja keras mereka! yang pasti, disini ELF cuma butuh KEBENARAN.
      jujur, diskola gue cuma segelintir orang yg Kpopers, tapi yang bukan Kpopers pun mereka tau SUPER JUNIOR! mian, bukannya bilang yg lain itu gak terkenal, tapi MAYORITAS Kpopers itu pertama kali suka/taunya sama SUJU! iya kan? gue bilang itu MAYORITAS.

    • kamu kok bangga sih menang dengan cara curang?
      berarti hati kamu udah BUSUK kalo gitu

      kamu bisa kasi bukti ga kalu polling idola kamu itu lebih tinggi dr SJ?
      terus juga, ngapain kamu urusin masalahnya SJ
      huuuss, sana pergi
      kita lho ga bawa bawa idola kamu
      kamu aja yg nyeret nyeret mereka ke masalah ini

    • iya soalnya lw ga vote dg bayar 500won, ga donlod legal, dan ga beli cd asli,, makanya lw ga ngerasa dicurangi,,,

      ngomong asal aja,, lw yg ababil,,,

    • kok jadi lebai sih?
      bukti2 di atas gak ada yg nyalahin SNSD kan?
      mereka menyampaikan apa yg mereka tau loh~
      kok bisa bilang ini ELF ababil? jelas2 kalo berita ini benar, ELF ini pasti ELF luar biasa lah…
      mereka gak cuma marah, tapi mereka cari celah dan berusaha cari kebenarannya loh~

    • heloo.. mksud loe blng ELF ababil apa???
      bisa gag loe tuh gag ngejelek2in ELF.. kta’a loe ELF.. brarti loe ELF jdi2an ya??

    • elf lebaiii?
      trus kenapa?
      elf kan cuma pengen keadilan…
      aku yakin sone juga bakalan kayak elf klo sekarang posisinya snsd yang dirugikann..
      jelas aj sone sekarang bilang elf lebaii…
      soalnya ga tau gimana rasanya dicurangin..
      klo seandainya aq jdi sone skrng, aku ga bakalan bangga, klo snsd dapat tuh award…
      soalnya award itu bukan hak snsd, tapi hak suju… buktinya udh jelas diatass..
      klo ini tu engga FAIR!

    • elf darimana??jelas2 nama lo sone gitu..pake acar bilang lebay..cb kl dibalik snsd yg digituin gmn??lagi kita cm pngn tahu gmn cara penilaian GDA kok..lo jg ga ikut voting disana kan?..diem aja klo gitu..

    • jaga mulut lo…ngatain ELF seenak jidat lo

      jelas donk ELF kecewa..
      liat aja semua orang pada kaget+gak nyangka kalo idola lo itu yg bakal menang,,karena mereka pikir pasti super junior yg menang..

      pasti dong mereka pikir super junior yg menang,,
      volum penjualan super junior lebih banyak
      voting internet super junior paling atas
      kepopuleran udah jelas lebih populer super junior

      kessian snsd menang dgn terpaksa…

    • jeng, dipikir dulu, baca bener2…
      kayanya disitu elf mempertanyakan GDA org. deh bukan SNSD… -___-

      komen mu ini malah memicu pertengkaran tau..
      -__-

  • kalo menurut aku memang perlu adanya penjelasan mengenai sistem penilaian biar semuanya lebih jelas. jd gak ada fandom yg sakit hati.
    aku bukan ELF, tapi juga bukannya anti SNSD.
    menurut aku sampai saat ini Super Junior masih lebih terkenal dibandingkan SNSD.
    popularitas super junior masih sangat kuat meskipun banyak masalah yg sdg mereka hadapi.
    buktinya aja temen2 aku yg buta sama kpop, pasti tau super junior.

    yaaah semoga pihak panitia mau memeberikan penjelasan mengenai sistem penilaiannya deeh.

  • Klw menurut aq mank perlu dilakukan hal yg sprti ini wlupun mmang kshan dg snsd n seung gi oppa yg akan malu mungkin..tapi kalau tdk sprti ini dimasa yg akn dtang GDA akan mlakukan hal yg sama dan mgkin ajang phrgaan2 lain jg akan sama krn tdk ad tndak lnjut hukum mngnai hal nepotisme dlm ajang2 pnghrgaan! Jd kudu perlu hal sprti ini agar dimasa yg akn dtang ajang2 prhrgaan ini adil/fair sesuai kriteria pnilaian! Dan lg org akn puas dg usahany!

  • aduh ga ngerti deh… dmna2 gw buka psti ada brta ni,, ga mau pusing deh, da ckp kcwa suju ga mnang, tp ttp fighting tuk suju.

  • selama bukti itu benar, kenapa ngga?
    kita butuh kejujuran dan kebenaran disini, supaya ngga makin banyak orang yang tersakiti karena dicurangi. ELF sakit hati pas tahu ini, dan fandom idola yang menang sakit hati karena dianggap idolanya ngga pantas menang.

    harus ada yang meluruskan hal ini. biar ngga jadi perang antar fandom.
    itu aja sih pendapatku.

  • Stuju bgd low menuntut kejelasan,,
    biar kedepannya g da lgy masalah kaya gni,,
    dsini yg dcomplain bkn snsd kugg tapi penyelenggaranya,,
    n slama komplain itu berdasarkan fakta knapa g dlakuin?!!

    Elf n suju daebak !!!!!

  • bener aku setuju banget sama @rara selama ELF bener dan gak slah kenapa enggak..

    ELF tuh gak lebai kok..mereka cuma ngeliat dari kenyataan yang ada..ELF juga ga serem..mungkin emang ada beberapa ELF yg bisa kita bilang..merusak nama ELF..tapi sebagian besar fans pasti membela idola’a..

  • Pihak penyenggara hrs cpt2 ngasih kejelasan…klw lama2, ntar jd kyk bola salju…nie brita makin besar kesimpang siurannya… Jangan ada yg ditutup tutupi…biar jelas… Sone n elf yg sbr ya…moga cpt kelar…

  • setuju bgd sama rara + soraa ..
    trs msalah leeteuk nangs , yesung sakid itu juga .. ayolah , jgn gni , kasian mereka ..
    leeteuk ga bkalan nangs kalo emang ga ada apa.apa , bgtu juga dgn yesung oppa ..
    aku kira emang ada tngan kotor chingu ..

  • Hmmm…. Emank riweuh, n yg aq liat dstiap pnghargaan musik sna pzt endingny ad yg pro n kontra. Qt ambl cont wkt pnghargaan MAMA, wkt artis2 dr YG n JYP mnang, ap komentar dr fans artis2 lain? Mrk blg, “ga dtg ga dpt pnghargaan” atw “klo SM ga brmslah dgn phk mnet pazti yg mnang bkn mereka”, Sbnrny inti prmslhan dsni maupun ajang pnghrgaan lain it mnrtku dr pihak pnylenggarany. Klo emang bnr2 pnghargaan musik knp ga ngmpulin smua pnynyi2 korea (mksdku jgn cm idola aj). Mama cm dhdiri YG n JYP, GDA lbh ddominasi SM. Dr sni aj ud kliatn ga adil gmn hsilny.

    Jd mutlak bkn slh artisny.. So, klo ad fans yg saling menyerang.. Kayany salah t4 y 🙂

    aq pribdi sbnrny ga prcy sm acr2 pnghrgaan ky gni.. Klo menang y sneng ga y udh, toh tanpa dpt pnghrgaan pun, klo mmang musik yg dhasilkan artis2 trsbt brkualitas pasti mndpt t4 trsndri dhti n pikiran org yg dgrinny. Bukanny ini yg lbh pntas dsbut pnghargaan ^^

    • setujuuuuuu!!!!
      aku juga elf nih, kecewa sih krn suju gak menang, tapi kembali lagi pada penilaian penikmat musik aja! masa bodoh dengan perhargaan (Oooppsss sorry!)yah… walopun dengan pernghargaan spt itu, kualitas artis juga mekin diperhitungkan!
      tapi ya mau bagaimanalagi? skenarionya uda diatur, dan sudah terjadi! menang tidaknya suju di ajang itu, tetap tidak menurunkan citra mereka di hati para penggemar…
      Yesung Oppa tercinta… lagunya populer kok,
      SUJU… aza aza hwaiting!

  • GDA anti YGE!!!
    Bigbang n GD nggak dpt award ap2 dst! Stand up album terjual 149k (lebh bnyk dri bonamana)
    n gw tau kok pd saat it album dbsk lebh laris n mang pantas dpt daesang! Tp, sumpah lo mreka nggak menyabet 1 award pun?!
    Di lanjut GD n 2ne1… Lgu 2ne1 slalu menjd “song of the month” di situs . berturut menang di mubank eh,best rockie T-ara !! Ckck baik mama ato GDA sma2 g bner. Thun depan shinee pasti..
    Klo soal elf emang mreka terkdng lebay n extrim…

    • g elf aja kaliiiii!!!!!
      tiap fans pasti dukung idolanya
      kembali ke diri sendiri aja
      ndak usah nilai orang lain dulu

    • iyaaa ga ada YG haaaaaaahhh penghargaan2…. semoga terbongkar dah biar thn spn bisa transparan dan lebih independen….

      tulunglah ELF sana biar ga adalagi keculasan2 dari pihak penyelenggara

      ga pa2lah ELF lebay asal punya dasar dan bukti (aye juga lebay klo liat idola aye sedih aye juga ikut sedih padahal kaga ada hub ama hidup aye ga nambah duit aye pula lg) tapi saiya senang jd ELF

    • lagi ah koment… hehehehehe klo ke bongkar BB n 2NE1 pn akan turut menang… tapi lagi2 belum pernah liat ada acara penghargaan di batalin awardnya….. *tarik napas lagii* Go A Way lagi aja dah

      kecuali di INA tp itu bukan di batalin tpii para pemenang mengembalikan piala2 yang mereka dapetkan ke pihak penyelenggara sebagai bentuk protes mereka ke pihal penyelenggara….

      gileee kerena ina ya jiwa idealismenya tinggii

    • maaf yah chingu aku ga setuju km blg elf lebay dan ekstrem ^^
      aku vip juga ^^ aku elf juga ^^ aku blackjack juga ^^ aku diadem juga ^^ aku cassiopeia juga ^^

  • Jd syapa yg sharusnya menang ??
    Tp yha sudahlahh. Blum pnah dngar sama skali pembatalan pemenang award .. Itu pasti memalukan bwt acra”award ..
    Tp silahkan berjuang elf sana. Jd bukti kbnaran.nya ..

  • aq g stuju ma komen di ats yg bilang ELF itu lbay,,
    ELF hny mnt transparansi hasil dri penyelenggara, dg menunjukkn bukti nyata, bukan karangan saja,,,
    Bgmn jka idola kalian berada di posisi yg sma dg idola kami, n kalian punya bukti yg d pertanggung jwbkan, ap kalian diam aj?
    @vip, kamsudx lebih byk dri bonamana?stau aq jmlah total penjualan album suju itu total 225K yg d hanteo, blm lgi d t4 lain

  • aq g stuju ma komen di ats yg bilang ELF itu lbay,,
    ELF hny mnt transparansi hasil dri penyelenggara, dg menunjukkn bukti nyata, bukan karangan saja,,,
    Bgmn jka idola kalian berada di posisi yg sma dg idola kami, n kalian punya bukti yg d pertanggung jwbkan, ap kalian diam aj?
    mba VIP contohx, dia mempertxkn knp bigbang n 2NE1 bsa kalah,

    • iya nih…sukses dengan cara yang ga bener..curang abiss…
      kasian oppa2 suju…pdhl mreka yg harusnta menang..

  • Penghargaan yang sesungguhnya adalah dari penikmat musik jadi sudahkah anda membeli kaset dan CD original mereka??? *LOL*
    Tapi dari bukti yang di ajukan ELF sebaiknya panitia mengkaji ulang keputusan mereka.Ya walaupun kalau ini terwujud akan menyakiti SNSD dan Lee Seung Gi tetapi hanya sementara dan bukan kesalahan mereka.Dari pada kesalahan kecil ini dibiarkan maka akan jadi masalah besar jika banyak pihak yang tidak puas dengan keputusan panitia yang akhirnya jadi pergunjingan dan itu lebih menyakitkan buat SNSD dan Seung Gi.

  • ako baruu aja mula mencintai SMent. lagi setelah kejadian JYJ ma Hangeng, tapi dengan gampangnya Lee So Man menghancurkan kepercayaan q lg . .
    bukan salah SNSD tentunya, tp juga engga bs nyalahin para ELF yg nge-bash SNSD karena ketidakadilan yg dialami Suju.. kita semua pny pendapat lahh..
    secara pribadi c, ako pikir SUPER JUNIOR thu lebih TERKENAL dan POPULER dibanding SNSD,, udah banyak kok buktinya,, hallyu wave di indo aja rata2 berkat Suju kok..
    nanggepin @VIP, ako jg ngrasa gt, terkadang acara2 penghargaan memang cenderung menganak-emaskan agensi tertentu.. tapi y, balik ke masing2 penyelenggaranya jg c..
    SUJU daebakk,, udah kagak usah dipikir bang, ELF selalu ada buat menyeka air mata kalian kok.. =)

    (maaf panjang, abis geregetan sihh..)

  • kalo aja yg dapet daesang bukan artis “se-agensi” nya suju,,pasti SM dah triak triak tuh..

    makin muak sama ni agensi..
    aku masih simpati karna suju masih kau asuh..

    tambahan:
    ELf tidak lebei..!!
    mreka butuh transparansi..!!
    mreka berani karana mreka punya bukti..!!

  • kalo aq pkir ..
    nenek2 salto makan getuk juga tahu & sadar ..
    SUJU lbh baik dr SNSD
    Liat aj .. SUJU tu udh gelar 3 tour konser akbar !!!

  • menurutku sepertiny lebih populer suju deh…
    ya wlwpun q bkn elf and pnggemar snsd…
    tp itu yg ku liat…
    lbh trkenal suju…

  • kalo udah ngomongin keadilan, itu udah pasti ga ada abis2nya ya.
    tapi kalo ada pihak2 yg ngerasa “hal ini” mesti dievaluasi ulang yah silahkan2 aja sih, hak kalian.

    tapi kalo menurut aku nih, kalo kita inget2 lagi kejadian2 yang lalu “yg ga beda jauhlah kaya ini” ~YAH U KNOW LAH~ apalagi kalo emang yang ngikutin acara2 beginian, hal kaya gini tuh ga kejadian 1-2-3 kali aja kan? Lebih dr itu malah, kalo kita liat dari bukti2 yang udah ada n dr pengalaman2 yang sebelumnya, bukannya udah bisa disimpulkan secara logika bagaimana CARA MEREKA BEKERJA! trus apa kita masih harus percaya 100% sama acara semacem ini kalo kita udah tau “jeleknya???” ~kalo aku sih ga percaya~
    soo udahlah anggep aja ini hal yang UDAH BIASA!
    kejadian gini bisa ko diselesaikan dengan amat sangat mudah, caranya?? ~selalu pikir positif!! Right!!

    • beneRRRR!! seSUJU!!
      lagian qta dah tau qoq dr dulu “borok-boroknya” awards disana!
      itu semua udahhhh byasa sangat.
      ambil hikmahnya ja dech.
      buat oppadeul sabar ya, elf mendukungmu 🙂

  • jadi pengen bikin acr award yg mengikutsertakan semua artis dr smua agensi yg ada dan dgn cr yg seadil2ny. Klu kupikir award d indo msh lbh tpercaya.

  • Susah emang low udah menyangkut masalah ini,
    bkin tambh sakit hati low tau bukti2 ketidak adilanx,tp mau gmana lg…
    N’ bwat yg bilng elf lebay,KAMI TIDAK SEPERTI ITU!!kami cuma mau tau secara gamblang penghitungan GDA yg menunjukkan bhwa pemenangx memang pantas untk menang bkn hasil manipulasi,jk mereka mlakukan itu kmi pasti akan menerima hasilx dgn senang hati,kami ELF hanya ingin tahu KEBENARANX,jd jgn pernah katakan elf lebay apalagi menjelekkan suju!
    Dan Yg plg penting dmataq suju is the best,tanpa penghargaanpun suju tetap terbaik dmata kmi
    dan untk elf korea aq dkung kalian seratus persen,

  • cingu… mau izin repost nih!
    boleh gak? dicantumin kok creditnya…
    emosi berat nih soalnya, otak pada blank!

  • maaf yah..
    tapi ELF itu gak lebay.
    yg bilang ELF itu lebay, tolong sadar diri juga.
    kita sama2 fandom kPop.
    tau kan rasanya kalo idola kita dicurangin kek gini.
    gw sih gak masalah mereka menang ato kalah di award apapun.
    tapi ini! daesang itu harapan terbesar Teuki n Heechul sebelum wamil.
    and ELF udah kerja keraaasss bgt bwt ini.
    mulai dri voting ampe beli kaset asli.
    emang itu semua gak pake duit and tenaga ya..
    bukannya gw mau perhitungan, tapi gak rela aja kalo kerja keras dibayar sama KEBOHONGAN!!

  • buktinya obvious banget kalo GDA curang. emg mreka pikir elf bs dibohongin? dipikir elf ga pny mata ma otak? dipikir elf ga bs mikir ha? kalo mau curang tuh pinteran dikit kali. mau nipu kok buktinya obvious banget sih? mikir dulu sebelum nipu.

    acara penghargaan kayak gini tuh mestinya jujur, gak boleh ada kecurangan. kalo udh kayak gini kan nama GDA sendiri yg malu? apalagi kalo smpe dunia tau kecurangan GDA. mau taro dimana tuh muka? ga mikir efeknya yaa?

  • semoga untuk kedepannya ta adalagi hal2 kaya gini mw di manapun juga mw di korea kek mw di ina kek (inget kejadian watu OVJ yang menang tapi di off air kan)

    yah ELF ga usah lah pke ge bashh sone… begitu pula sone ga udah ngebash ELF… kta be2 ini KORBAN yaP KORBAN!!! atas kecurangan dari pihak penyelenggara,,,

    yah yang benar pasti terungkap *moto para pahlawan*

    suju sedih klo ELF ngejek begitu pula dengan SNSD juga sedih klo SONE ngejek … jdai mendingan ta usah lah saling ejek mengejek…

    masalah ELF minta PK (peninjauan Kembali) wajar karena ELF bukan sekelompok orang APATIS
    butuh yang namanya keadilan klo bisa di usut why not, masalah hasilnya bakal berubah ataw engga untuk thn ini itu urusan belakang tapiii yang penting kejadian kali ini jagn sampe terulang di tahun2 berikutnya… kasian penggemar2 yang bela2in beli CD mereka apa lagi yang dari luar negri harus imporrr mahall pula dgn 1 tujuan supaya idola mereka menang jadi wajar klo ELF butuh kejelasan klo ini bukan ELF pun harusnya sama harus KRITISS jd harap di bedakan yang namanya KRITIS dan LEBAY

    • wduh jiwa aktipis aye keluar MERDEKA!!!! (sambil megangkat tangan kanan ke tasa dan mengepalkan)

  • Ah,bela snsd !! Klo ngomngin lebq popular mn?? Krn, kita di indo n emang pling bnyk elf yg pasti bilng suju lebh terknal dibnding snsd.
    Kita nggak tau atmosfer negara lain. Di jepang n korea pasti lebh ke snsd.
    Jgn,smakn dgn indo mentang2 bnyk elf trus kalian anggap negara2 lain jg sma. Klo maslh suju sring jd TT di twitter mnurtQ krn,suju paling aktif di twitt. Snsd kn,nggak ad yg puny twit.

  • Chingu semua,,,tolong jangan saling ngebash ya coz setau saya blog ini bersih dan jarang ada yang nge-bash,tolong klo kesel jgn nulis di semua blog apalagi ampe perang kata-kata disini..klo yg saya tangkap dari semua ini adalh penyelenggaraan 2 penghargaan ini memiliki kesalahan fatal dimana tidak semua artis yg dinominasikan hadir,polling secara online juga lumayan merugikan,mendingan kumpulkan juri yg kompeten sehingga hasilnya lebih fair..

  • Aq dkung k-elf. Apalagi lwat jalur hukum, klu da bkti n fakta..okelah hukum brtindak. Tp takutnya klu hukum d Korea trnyta jg bs d beli. Bs2 hati para Elf n Suju pzt akan smkin sakit. Aaahhh…utk hal ni Korea emg hancur. Skrang aq dah mlai prcya klu d Korea emg da diskriminasi (msalah kostum), n award bs dbeli. . HIDUP ARTIS2 N IDOL2 YG TRCURANGI.

  • go go k elf,, kalo yg ga setuju ama lawsuit ato #unfairgda ini ya cukup dg ga ikutan ngeramein aja,,, ga usah ngotot ya,,,

    biarkan org punya kebebasan berbicara tanpa menyakiti siapapun,,,

    kami elf menuntut kebenaran!

  • ouwhhh kalah ya…(padahal ku voting lo… t_t)
    yasuda’la… mau diapain lagi, masa iya pialanya mau kita jarah trus kita kasih ke Suju. Ato kita ‘petisi kayak kjadian FFI dulu waktu filmnya Ramon menang (dimana waktu itu semua artis yg menang ngebalikin pialanya, karna dianggap hasilnya ga’ fair. Tapi artisnya ya fine2 aja’…)
    Keseringan menang juga ga’ enak ma yang laen…(hahaha congkak mode on) biar aja SNSD seneng” dulu yg penting SUJU maju truzzz! FIGHTING OPPA! Hmmm tapi SUJU nya tinggal b’spuluh (poor me*)

  • nah gini donk!
    kalo kita emank punya bukti bantai aja thu GDA!
    ambil jalur hukum sekalian tuh…
    biar bener2 fair.
    nunjukkin juga, kalo emank SUJU yang mestinya menang~
    GO E.L.F!!

  • jujur gw rada sakit hati ama hasil GDA ..!!
    gw rada gak terima juga *sorry klo ngerasa terganggu ama omongan aku*
    gw safer ..gw gk terima kalo snsd menang (?)
    hehehe *piece akh buat sone ,, sorry yah*
    :))

  • ah, aneh! emang udah jelas suju yang populer. tuh baca dan perhatikan, sebagian besar komen di sini ngebicarain suju. artinya yah emang suju lebih terkenal dan berdasarkan data di atas penjualan CD-CD suju lebih banyak di banding snsd.
    kalo snsd menang hanya karena pengen promosiin lagu2nya, itu nggak masuk akal. dan yang memutuskan snsd menang itu bebal.
    saia bukannya benci SNSD atau suka SNSD, saya mah biasa2 aja sama snsd. tapi kali ini saia mencari KEADILAN dan KEJUJURAN dari para juri GDA.
    thx.

  • hm.. aku dukung 100% tindakan SJ-market ini.. 🙂

    Jujur, dengan semua bukti yang dikasi SJ-market ini, reputasi GDA udah ancur. Udah g pantes disebut Grammy Korea atau acara award prestisius di Korea. Kecuali GDA bisa memberi penjelasan yang bisa diterima semua publik dan menjelaskan keputusan yang diambil GDA tidak ada unsur nepotisme.

    to all Sones and Airens : makanya, kita sebagai ELF g pingin hasil ini diubah atau apa kok..
    kita cuma minta transparansi aja..
    Piala itu udah jadi milik seunggi dan snsd.. kita g pingin kok setelah ini piala itu dikasi ke SJ atau yesung..
    Jadi jangan pikir kita melakukan semua ini untuk ambil balik piala itu.

    Lagipula kalau kalian memang yakin soshi dan seunggi menang secara fair kenapa harus takut atau marah dengan tindakan yang diambil ELF?
    Toh dengan nanti adanya penjelasan yang memuaskan dari GDA, maka itu juga dapat membersihkan nama soshi dan seunggi yang di-cap g pantes menang?

    Untuk ELF: plis” jangan bash soshi atau seunggi. Bukan mereka yang meminta hasil ini. Bukan salah mereka, dan sebenarnya mereka juga pantes menang. Kita tunggu hasil yang jelas dari GDA dulu sebelum komen yang jelek”.

    Last, buat yang bilang ELF ababil: ELF bukan ababil, ELF itu smart dan kritis. Kita g asal ngomong atau menyebarkan rumor yang dibuat-buat. Pernyataan dari SJ-market disertai data-data yang memang resmi dan bukan dibuat oleh fans atau apa.

    PS: sebenarnya ak g pingin ada tindakan hukum antara ELF dan GDA. makanya aku harap GDA dapat segera memberi penjelasan tanpa harus memaksa ELF mengambil tindakan hukum.. ELF fighting! 😀

  • WOY U cmua SONE….
    U cmua pda bngga artis kpop u syangin u ska u idolakan….
    mnang d GDA scara CURANG…..
    W sbgai ELF sie gpp klo suju g mnang d GDA py U cmua jgan NGATAIN gitu donkz….
    U cmua nyadar SNSD ntu mnang gra” SUPER JUNIOR mreka bsar nma’nua gra” SUJU….
    U cmua SONE bkan’nua brterima kasih k SUPER JUNIOR mlah ngatain n u jga bkan’nua u brtrimakasih kpd ELF yg mw mrelakan IDOLA Qta tlah klah “DEMI KLIAN SNSD n SONE”…..

    awal’nua sie wktu w ngeliat SNSD w mw suka eh py w pkir” gie mningan w jd SAFER….
    krn ngapain pnya idola curang….
    n kta’nua rta” GB korea klo mw mnang hrus ngelakuin HUBUNGAN INTIM MA JURINYA dlu jgn” u SNSD ngelakuin ntu cmua hnya demi mnang….
    W g nyangka klo hnya GDA klian mlakukan HUBUNGAN INTIM MA JURINYA….
    klo iya MURAHAN BNGTZ SIE KLIAN SNSD…..

  • @ttpmenjadi elf ckck ngotot amat lo!! Di china emang elf bnyk krn,ad suju M!
    Yg bikn gw ngakak poling brasil? Percya amat am gtuan .Nggak mutu. Jalan snsd msh panjang krn,msh muda. Suju ???

    • emang knp ma polling di brazil? lo ketawa di bagian mananya coba? SJ udah berumur, tapi fansnya tambah tuh, lah artis yang lo elu2 kan? perasaan nambah juga —> antisnya hahaha… makin berumur SJ makin ngerti asem garem musik g cuma di korea, seluruh dunia.

    • Eh gue akuin ya, snsd emang cantik2. Tapi kecantikan mereka asli gak tuh ?. Ntar mereka juga berumur, lama2 snsd juga tua , keriputan . Gak ada yg mau juga akhirnya. Jalan snsd emang masih panjang . Tapi, kita gak akan pernah tau popularitas mereka sampe kapan. Idola lo itu gak apa2 nya di bandingin suju. GUE AJA TAU SNSD KARENA MEREKA DEKET SAMA SUJU. BERATI MEREKA CUMA NUMPANG TENAR DOANG, DEKET2 SUJU.

  • boleh komentar kah tochi?

    ok ini dari pengalaman tochi sendiri…

    waktu MAMA , aku ucapin selamat untuk 2NE1 sama 2PM , lalu ada post yang bikin aku sakit ati

    klo gak salah seperti ini.
    “Halah…dari dulu kita tahu MAMA itu no artist no award!!! , makanya Suju gak menang karena mereka emang gak datang!!! , kita lihat nanti GDA , THE REAL AWARD!!”

    jujur , Tochi agak sakit ati…secara 2PM sama 2NE1 pantas … , tpi agak aneh juga suju gak menang satupun disini…

    dan sekarang , lihat hasil GDA

    kira2 gimana ekspresi orang yang bilang gitu ke tochi? sejujurnya di dalam hati Tochi ndiri sedih lihat yesung (suami saya-dhuak-) ambrk , sama Oppa Teukie yang nangis…

    SUju berjuang yah ;w; FIGHTING!!!

  • saya adal salah satu sone. gw senang snsd menang. tapi gw juga kaget kok bs menang. bukannya suju punya voting tertinggi dan penjualan terbanyak. mungkin ada suatu kesalahan. jujur gw juga suka suju, shinee, f(x). tp lebih ke snsd. mungkin sebaiknya penyelenggara harus menjelaskan prosesnya dulu. gw rela kok kalo snsd gak menang. tp gw senang kalo bener2 murni snsd menang. E.L.F, Suju, Leeteuk hyung! sabar ya…!!!! aye ikut prihatin

  • @yt : ngejak nyolot nih critanya?!! Maaf qw antis tapi tetep jaga omongan,, low g percaya ma votingnya y uda,, bikin voting ndiri sono,, trus vote ja trus so_shit kesayanganmu justru seharusnya kmu bersyukur low pihak gda mau ngungkapin hasil penilaian mereka,, biar pasti spa yg sbenernya berhak,, n kmu pun g bakal sakit ati low emang sbenernya so_shit yg berhak menang(??)

  • Waduh,
    srius me leeteuk nangis,
    sumpah.a g kbayang abis,
    ju2r gw kget,
    g .angka,
    soal elf yg dkatain lebe,
    yg ngatain tu yg lebe,
    mreka sirik gara2 g pu.a bukti,

  • Kenapa ELF dibilang lebay? Apa salahnya menuntut yg menurut kita harus dituntut? Lagian kita ga kayak demonstran, asal nteriak gak jelas. Kalo BB/GB lain aja terkejut Suju ga menang, itu tandanya apa? Kalo dunia tahu sp yg paling populer, itu tandanya apa?
    Dan kalo sudah ada penjelasan tentang itu semua, apa kita mau pura2 tutup mata? Bilang ELF ababil?
    Ah, Suju…kenapa kalian harus mengalah lagi…
    Aku gak kecewa tapi sedih….

  • Waduh.. Kenapa jadi pada fanwar begini yah? Meski g adalah seorang ELF, tapi g juga suka sama SNSD. Lagian mereka ada dibawah management company yang sama. G rasa Suju bakal ikut seneng kalo SNSD menang. Yaaah, lagian kaya ga tau aja award shownya Korea itu kaya apa.. Semuanya juga ada politiknya! Liat aja si MAMA.. GDA juga ga kalah politik kalo g bilang.Meski g suka berat sama K-pop, g ga percaya sama sekali tuh sama sistem wawrd shownya dia orang. Karena emang mencurigakan. kalo udah gini, kasian artis2nya juga deh, apalagi kalo para fans2nya jadi perang2an. Hux… Suju hwaiting!! SNSD hwaiting!! SHINee jjang!! (ga nyambung gitu tiba2 ada SHINee :p)

  • jujur saya juga ELF!!!
    .tpi klo gni mnurut saya ksihan si SNSD ma Lee Seung Gi.x jga!!!
    .mreka kan g ikud2tan dlam vote suara, jdi mreka masak tahu jga mreka itu bkalan mnang tw bkalan klah!!!

    .klo mnurut saya “MUNGKIN” yg salah itu dri pihak GDA.x (, tpi di atas kan udh djelasin jga klo 20% vote dri juri, dan mngkin ja SUJU kalah di 20% vote juri!!

    SMngat ELF

  • sekarang saia taw kenapa YG gag ikutan GDA, wong yang tanding tu sebenernya adalah fansnya, bukand artisnya.

    masa’ kemenangan dihitung dari voting gitu, jelas gag ideal dong.mana votingnya sehari bisa 1-2 kali lagi…..

    kalo aku c cenderung mihak MAMAnya, soale sistem mereka, yang bisa ngevote itu orang2 yang punya akun di situs mereka, jadi gag ada pemilih dobel.

    itu c pendapatku aja, kalo ada kata2 yang gag ngenakin mianhae

  • hmm .. aku bkn ELF & bkn SONE jg .. tpi , dsini gw bela ELF , shrus ny kn SUJU yg menang ..
    gw sdih ps bc klo Leeteuk nngis … Leeteuk kn oppa gw *dibantai*

    hm … lgipla , tuh SM pke curang sgala -_-‘

  • haix…..seharusnya sone ma elf g brantem gini r……
    Elf kan cm pengen keadilan buat bias mrka….
    Kl buat sone jangan emosi o….kan elf g nyalahin…..
    Yang seharusnya kalian salahin tu SM….
    semua-nya tu salah SM….
    Pa sich mau SM buat masalah z…..
    Dulu DBSK oppa sekarang Suju….huft….

  • oh ya~~
    jangan salahin SNSD!! 🙂

    mereka ga tau apa2 ttg siapa yang bakalan menang di award ini..

    bahkan Seohyun pun bilang “SUPER JUNIOR” disaat akan diumumin pemenang GDA~

    jadi….
    mnurut saya…
    yang ganjil… adalah pihak penyelenggara dan SME

  • udah para ELF jangan marah 🙂
    inget oppadeul kita 🙂 jangan sampe ELF diCAP jadi FANS brutal 🙂

    aku juga ga setuju sama GDA ini SANGAT AMAT GA SETUJU.
    why?

    berdasarkan voting dan penjualan JELAS SUJU DIATAS SNSD *mian lo*, korean hallyu wave? SUJU DIATAS SNSD *mian lo*, kenp aku blg gitu?

    gini aja, km tanya sama temen km tau SNSD APA SUJU? pasti kebanyakan blg SUJU 🙂

    tapi ingat elf, ini juga ga bisa kita salahin snsd juga 🙂

    kita belum ada bukti bahwa snsd yang minta soman buat mereka menang. 🙂

    tapi yah, rahasia umum kalo snsd anak emas nya soman *maaf *

    tapi yang harus kita tahu cuman 1, oppadeul kita yang menang 🙂 seenggaknya dalam hati kita 🙂

    masalah award dll, boleh snsd yang menang . tapi yang tau kenyataannya kan cuman kita 🙂

  • kalo mau snsd terkenal d jepang ga usah pake cara kyk gini dong…
    kalo mereka emang hebat & keren, tanpa piala itu pun mereka pasti bakalan terkenal d jepang…

  • Oke. Gue adalah ELF, gue ga pernah nyalahin SNSD, tapi dengan bukti2 begini memang patut dipertanyakan.
    Dan seandainya gue ada di Korea, gue bakal berusaha ngajak yg lain supaya artis SM mundur dari SM. Bener2 keki gue liat SM ! Gara2 nih manajemen semua jadi kacau balau !

  • gw SETUJU bgt am ciyon !!!emang kenyataan nya SUJU yg menang,bukan karena gw ELF ya,jdi pengen SUJU menang tapi,emang KENYTAANNYA gituh!!!
    SUPER JUNIOR ALWAYS WIN IN ELF HEART 😀

  • Hmm.. Seharusnya gak terjadi perang antara fans. Kita juga gak bisa salahin GDA atau SM. Karena kita belom tau siapa yang salah, GDA atau SM.
    Sebenernya aku juga kecewa SuJu gak menang tpi disisi lain aku seneng karena SNSD menang.

    Kita semestinya tunggu kebenarannya dulu baru bisa komentar. Jangan kayak gini.
    ini kan belom ada klarifikasinya. jadi jangan marah-marah dulu..

    Mestinya jangan pada Bash dulu dan berakhir perang kaya gini. Dulu SONE ama ELF juga pernah berantem karena berebutan tempat duduk waktu Dream concert dan akhirnya selese dengan baik.

    jadi jangan marah-marah dulu dan saling bash. Tunggu aja dari pihak GDA.
    SNSD Chukahamnida 😀 Super Junior hwaiting 😀

  • gua sone dan elf juga, tp dari bukti2 td menurut gua yg salah adalam dari pihak SM nya,
    menurut gua lagi engga ada pihak antara SUJU atau SNSD yang salah! yang salah adalah orang di belakang LAYAR~
    jadi kita sebagai kpopers jangan lah saling menyalahkan atau menjelek2kan 🙂
    seharusnya kita mencari jalan keluar dari masalah ini,…
    ayolaah temaaaan……..
    bakar aja SM nya!
    hehe walau bagaimana pun gua elf dan sekaligus sone, dan menurut gua kita harus bersatu melawan PIHAK yang Benar2 SALAH!!!
    (y)(y)(y)

  • waaaaaaaah setuju sama @Dc
    kebenaran harus di tegakkan! tidak peduli mau suju, snsd, boa, kara, f(x) dll nya….
    jika salah ya salah
    benar ya benar!
    kita sebagai kpopers harus bersatu
    gua setuju untuk para elf disana yg membawa hal ini ke jalur hukum..
    karna gua sone 🙂 jika ini salah SM gua sebagai sone akan berlapang dada 🙂

  • bukannya hasil voting cuma diambil 20%?
    and gw sone,rada ga terima snsd dikatain ‘gitu gituan’ ma juri GDA.SNSD bukan cewek murahan looh..

    • (BERITA TERBARU) Gaon (gaon setara dengan Billboard) merilis data spesifik untuk penjualan album pada 9 Februari di Ruang Konferensi Internasional, Korea Press Club. Gaon akan mengundang penyanyi, orang-orang penting di bidang musik, wartawan media dan PD ke acara tersebut, mereka akan melakukan presentasi tentang kinerja tahun lalu dan prospek mereka pada tahun 2011.

      Dalam presentasinya , Gaon Chart memperlihatkan peringkat penjualan album tahun lalu serta nomor data pada penjualan album. Ini akan menjadi pertama kalinya sejak Asosiasi Industri Rekaman berhenti menghitung penjualan album offline pada 2008 dan Ini juga akan menjadi yang pertama kalinya bahwa jumlah data pada penjualan album online akan terungkap sejak munculnya pasar musik digital.

      Wakil dari Korea Musik Isi Asosiasi Industri berkata, ” Ini juga akan membantu untuk menganalisa pasar musik dan akan menunjukkan tren pasar. Mulai sekarang, Gaon chart akan mengungkapkan semua data yang melibatkan posisi di chart musik. “

      Gaon juga akan mengadakan upacara penghargaan untuk kategori penjualan album secara Online dan offline pada tahun – tahun terakhir dan penghargaan akan diberikan kepada mereka yang memiliki penjualan album teratas. Tim yang memiliki kehormatan menerima penghargaan ini adalah Super Junior. Mereka tercatat menduduki peringkat nomor satu dalam penjualan album sepanjang tahun 2011. HAsil ini sedikit banyak mungkin mampu mengobati kekecewaan setelah kalah dalam award GDA desember silam yang dicurigai berbagai pihak tidak transparan.

  • buat yang nyalahin semua…
    mudah aja jawabnya…
    saya baca dari situs lain :
    Album RDRnya SNSD dihitung jadi otomatis 60% nya SNSD menang

  • Ini g’ adil bwt SJ!!! Kan SJ dimna” lbih unggul dibanding SNSD…!!! Ralat hasilnya dong klo ngaku PRO!!!!

    Dan satu lagi…!!!! SJ lbh ngtop di banding SHINee!!!!

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: