(News) Korea Utara menyerang Korea Selatan lagi pada 28 November 2010??

Published 28/11/2010 by yeppopo

Konfrontasi dua Korea makin mengkhawatirkan. Minggu 28 November 2010, pihak militer Korea Selatan mengatakan, suara artileri terdengar di Pulau Yeonpyeong.

Artileri terdengar dari basis militer Korea utara di sebelah utara perbatasan laut antara dua Korea. Belum dipastikan di mana artileri itu menghantam. Pihak Korsel sedang mengkonfirmasi informasi tersebut.

Namun, efek informasi itu luar biasa. Minggu pagi, alarm peringatan bahaya dibunyikan, pengumumkan diperdengarkan dari pengeras suara. Isinya: penduduk Pulau Yeonpeang diperingatkan untuk berlindung.

Kantor penyiaran, Yonhap memberitakan, peringatan dikeluarkan menyusul dugaan adanya artileri yang ditembakkan pihak utara.

Insiden ini terjadi di hari yang sama dengan pelaksanaan latihan perang gabungan Korea Utara dan Amerika Serikat. Di pihak Korut, latihan perang-perangan ini dituding sebagai provokasi.

Hubungan dua korea makin memanas akhir-akhir ini. Dipicu dua insiden. Pertama, insiden tenggelamnya Kapal Perang Cheonan milik Korsel.

Saat itu 46 marinir Korsel tewas. Kendati tak ada indikasi serangan, Korea Utara diduga merupakan dalang di balik tragedi ini.

Insiden kedua terjadi Selasa 23 November 2010, serangan artileri Korea Utara menghajar Pulau Yeonpyeong. Akibatnya, dua orang tentara Angkatan Laut (AL) dan dua warga sipil Korsel tewas. Sementara, 19 tentara AL dan warga sipil mengalami luka-luka akibat 200 artileri yang ditembakkan Korut.

Serangan ke Pulau Yeonpyeong adalah konfrontasi terbuka kali pertama terhadap penduduk sipil sejak berakhirnya Perang Korea 57 tahun lalu.

Walau dibantu Amerika Serikat, Korea Utara tak bisa dianggap enteng. Selain memiliki nuklir, para petinggi negeri itu, juga rakyatnya tak mudah ditundukan.

Mantan Presiden Amerika Serikat, Jimmy Carter, menjelaskan soal ini dalam tulisannya di Washington Post, Rabu 24 November 2010. “Berurusan dengan Korut telah lama menjadi tantangan bagi AS,” tulis Carter. Presiden AS ke-39 itu menilai karakter unik membentuk rezim, dan masyarakat negeri itu. Tak gampang tunduk pada asing. Carter menyebut karakter itu sama seperti agama.

Kekuatan militer kedua negara juga hampir seimbang. Bahkan jika tidak dibantu Amerika Serikat, kekuatan Korea Utara lebih di atas angin.

Sementara itu China berusaha meredakan ketegangan setelah Korea Utara menyerang Korea Selatan dengan mengundang enam negara termasuk dua Korea itu bertemu pada awal Desember 2010 ini. \ Utusan Khusus Beijing, Wu Dawei, mengundang pertemuan enam negara itu untuk meredakan ketegangan akibat serangan Selasa lalu yang menewaskan empat warga Korea Selatan itu.

Wu menyatakan di Beijing, Minggu 28 November 2010, bahwa komunitas internasional sangat prihatin dengan perkembangan terakhir. Wu berharap pertemuan darurat enam negara yakni dua Korea, China, Jepang, Rusia dan Amerika Serikat bisa digelar di China awal Desember ini.

Namun belum jelas apakah tawaran ini diterima para pihak. Korea Selatan dan Amerika Serikat berkukuh akan memulai lagi pelucutan senjata nuklir Korea Utara sampai Pyongyang menunjukkan komitmen denuklirisasi.

Jepang sendiri, seperti disampaikan salah satu Wakil Pimpinan Kabinet, Tetsuro Fukuyama, menyatakan akan berkoordinasi penuh dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat perihal tawaran China ini.

Selasa lalu, Korea Utara melancarkan serangan misil ke Pulau Yeonpyeong, pulau di perbatasan Korea Selatan dengan Korea Utara. Serangan atas pulau yang menjadi markas militer sekaligus populasi sipil sebanyak 1.300 orang ini membuat ketegangan kedua negara meningkat.

Dua negara ini telah berperang selama tiga tahun di 1950-an. Setelah itu, meski tak ada perjanjian damai, pertempuran antara kedua pihak berhenti, namun ketegangan terus naik dan turun antara dua negara sebangsa ini.

 

Ngebayanginnya serem… Kalo bener2 perang bisa jadi berpengaruh sama dunia hiburan Korea 😦

 

Source:  VIVAnews

6 comments on “(News) Korea Utara menyerang Korea Selatan lagi pada 28 November 2010??

  • Insiden ini terjadi di hari yang sama dengan pelaksanaan latihan perang gabungan Korea Utara dan Amerika Serikat.
    Itu harusnya korea selatan chingu, bukan korea utara, kan yg kerja sama bareng amerika mah bukan korut tapi korsel, gitu -,-

  • Ya Allah.. Aq turut prihatin… Serem jg kalau denger” ad mw perang gitu, aplagi perang saudara kya gini…aaaaahhh…

    Aq stuju bgt ma koment Onnie Ppopo, dampak’a psti berimbas k dunia entertainment korea selatan, apalagi penduduk’a…..

    Ayo chingu Ppopoders skalian slamatkan suami” kalian yg ad d korsel… My Jhagi SeungRi, Abang”ku skalian, YG Omma, YG Appa, YG Famz, Om Sepen, Tante HyeSun,,, jaga diri kalian smuaaaaaa…..huhuhu….

  • Amerika tuh selalu saja ikut²an memanas-manasi…China juga ga usah ikut² biar korea utara dan korea selatan jadi satu korea dan damai sepanjang masa.

  • Sebenarnya masalahnya lebih rumit karena Cina itu sekutunya Korea Utara. Kalau dunia hiburan jelas terpengaruh, kan pada Wamil.

    Tapi sejauh mengikuti berita orang Korsel kayaknya pada santai-santai aja tuh.

    Salam kenal.

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: