(INFO) KIMCHI=KERUPUK!

Published 23/09/2010 by yeppopo

Annyeong chingu………. mudah2an kalian ga bosen ya kalo aq kasih info2 diluar berita2 artis Korea, karena mulai sekarang (dari kemarin2 sih) Aq akan mulai nyelipin sedikit Info2 mengenai Negara Korea jadi mudah2an bisa nambah sedikit pengetahuan buat kalian ^^. Kali ini aq mau ngasih info mengenai makanan “wajib” masyarakat Korea yaitu KIMCHI!

Kimchi adalah makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah.

Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.”

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

Di setiap session makanan, ketidakberadaan kimchi akan memberikan kesan tidak lengkap.

Kimchi adalah suatu makanan yang biasanya merupakan sayuran yang rendah kalori dengan kadar serat yang tinggi (misalnya bawang, kacang panjang, selada, dan lain-lain) yang dimasak sedemikian rupa dengan bumbu dan rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang unik dan biasanya pedas. Dalam kenyataannya (menurut hasil penelitian kesehatan WHO), jenis-jenis kimchi memiliki total gizi yang jauh lebih tinggi dari buah manapun.

Hal yang membuat kimchi menjadi makanan yang spesial ada banyak faktornya. Faktor pertama adalah pembuatannya. Kimchi (dalam hal ini adalah kimchi yang dihidangkan untuk acara-acara spesial, bukan kimchi untuk acara makan biasa dan sehari-hari) dibuat oleh wanita dari keluarga bersangkutan yang mengadakan acara tersebut dan hanya bisa dibuat pada hari di mana acara tersebut dilaksanakan. Semakin banyak wanita yang turut membantu dalam pembuatan kimchi ini, semakin “bermakna” pula kimchi tersebut. Kimchi juga merupakan faktor penentu kepintaran atau kehebatan seorang wanita dalam memasak. Konon katanya, jika seorang wanita mampu membuat kimchi yang enak, tidak diragukan lagi kemampuan wanita tersebut dalam memasak makanan lain. Faktor ketiga adalah asal mula kimchi. Kimchi pada awalnya dibuat oleh permaisuri dari Raja Sejong sebagai hidangan untuk perayaan Sesi.

Kalian pasti sering ngeliat di drama2 Korea kan cara pembuatan Kimchi ini misalnya di drama BBF waktu Junpyo abis nginep di rumah Jandi terus diajak bikin Kimchi itu… Kalo udah inget pasti bingung  kenapa bikinnya itu rame2 sekeluarga n buanyak banget. SEperti yang udah dibilang diatas kalo Kimchi itu adalah fermentasi jadi mereka memang bikin dalam skala besar lalu disimpan, bisa dibilang buat stock lah ^^

Terus kenapa aq kasih judulnya Kimchi=Kerupuk??

Di Korea, makan tanpa adanya kimchi itu seperti ada yang kurang, kalian pasti pernah liat lwt drama2 de, mereka makan mie aja  ditemenin sama Kimchi. Begitu juga dengan masyarakat Indonesia, yang menjadikan kerupuk sebagai pelengkap makanan malahan lagi ga makan pun ngemilnya kerupuk  ^O^ iya ga?? Kalo aq sih iya hehehehehe……. tanpa krupuk kayanya gimana gitu!!!

Mau tau rasanya Kimchi??? Aq ga suka hehehe…. soalnya aq ga suka sayuran apalgi masih mentah gitu tapi buat yang suka pasti bilangnya enak soalnya ada bunyi ‘kriuk’ nya ^^ Udah gitu jangan terkecoh sama warna merahnya chingu, soalnya buatku itu sama sekali ga pedes, tapi tergantung selera juga sih ^^


Ya udah chingu  Info mengenai Korea siang ini selesai, tunggu info berikutnya ya ^^


(sumber : http://www.angelfire.com/gundam/sartohalim/sosial_budaya.htm)

Iklan

10 comments on “(INFO) KIMCHI=KERUPUK!

  • kalo versi indo kan mitosnya wanita yang bisa bikin sambel enak berarti jago masak yg lain juga. Berarti kimchi pun=sambel? Hehe

  • Aq blum prnh mkn kimchi!! Tp kyakx aq bkal mnghindarix.
    Udh mah sayuran mentah, pedes pula. Karedok aja, perut aq ga nerima, palagi kimchi yg dr luar indonesia.

    Suamiku ultah skrng!
    Numpang ngucapin ultah ya!
    Happy bday keybum!!! Love u love u love u ^o^

  • whaa… aku blum pernah makan kimchi 😦 . pernah si makan ramen rasa kimchi (kalo itu sih enak).
    pengen bgt ngrasain kimchi, tapi kalo di semarang dmana ya qta bisa beli kimchi ?

    yeppopo, aku request dong . kasih info2 ttg restoran/rumah makan korea (terutama yg ada kimchi.nya) di daerah2 doong .
    [terutama semarang, hehee]

  • Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

    Foto Google

    You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: