(News) Kelemahan dari SM, JYP dan YG Entertainment

Published 22/07/2012 by askarein


Di bawah ini adalah sebuah artikel menarik yang ditulis oleh Korean media outlet, Star Today, menunjukkan kelemahan dari “Big 3″ agensi entertaiment Korea Selatan.

SM Entertainment, JYP Entertainment, dan YG Entertainment disebut “Big 3″ agensi entertaiment Korea Selatan. Dengan perencanaan yang luas, pendanaan dan taktik pemasaran, mereka memiliki sebagian besar saham di industri musik. Namun, bahkan mereka memiliki kelemahan yang tak terelakkan.

Untuk memulai, kelemahan SM terletak pada sistem yang sangat kaku. Setelah merilis grup idola laki-laki, HOT, SM telah memfokuskan pada “blockbuster” idola yang dapat juga dipertunjukan dengan baik. Meskipun secara sistematis dibangun pada gambar idola yang ideal, tren musik luar negeri, gaya yang chic, dan sejumlah besar publisitas, sistem SM masih rentan dengan ‘1% dari ketidakpastian’. Alasannya adalah bahwa dalam kasus musik populer, ‘hanya memiliki ramuan rahasia dan mengetahui mantra ajaib’, tidak selalu menghasilkan lagu hit.

Contoh dari kasus ini boyband yang baru memulai debutnya, EXO. Penampilannya terlihat baik, bakat yang luar biasa, publikasi tanpa henti mulai 100 hari sebelum debut besar mereka, lyrics menarik bagi remaja, dan musik skala besar, grup memiliki formula untuk sukses, namun tidak bisa melihat hasil sesuai dengan harapan.

Cukup mengejutkan, itu karena mereka memiliki semua elemen yang ideal yang mengakibatkan evaluasi yang menyatakan bahwa grup tidak berdiri (istimewa) di antara kebanyakan grup idola. Menjadi begitu “biasa” penampilan grup kurang warna unik untuk mereka sendiri. Ini adalah “investasi berani” SM dapat menghambat keberhasilan artisnya, karena semakin besar investasi, semakin besar tekanan untuk mendatangkan pendapatan. Jika pergi dengan pernyataan, ‘bukan yang kuat yang bertahan hidup, melainkan orang-orang yang bertahan kuat ‘, maka dengan pengecualian untuk BoA, tidak ada artis yang ‘kuat’.

Di sisi lain, kelemahan JYP terbesar terletak pada kepala agensi mereka sendiri, Park Jin Young. Lagu khasnya ‘Sederhana namun catchy’ adalah alasan mengapa Wonder Girls, 2PM, Miss A, dan lain-lain dianggap perwakilan dari K-Pop, namun semua judul lagu adalah ciptaannya. Meskipun dikatakan bahwa lagu Park Jin Young dipetik bhkan melawan  lagu tim A & R yang telah disusun, mereka tidak dapat menyangkal fakta setidaknya tiga artis agensi belum mempromosikan judul lagu yang diproduksi oleh pihak lain selain Park Jin Young.

Masalah terbesar adalah bahwa karena musik lagu-lagu yang dihasilkan oleh satu individu, semua lagu umumnya dapat terdengar serupa. Bahkan dalam kasus Wooyoung 2PM, yang individualitas harus bersinar melalui debutnya sebagai artis solo, orang tidak bisa tidak melihat kesamaan gaya dari judul lagu barunya ini hampir serupa dengan lagu-lagu 2PM.

Meskipun bisa dilihat sebagai “arah perusahaan”, itu tidak dapat melumpuhkan untuk grup idola yang selalu mencari gambar baru yang menarik bagi pemirsa. Pada kenyataannya, enam tahun veteran girl grup Wonder Girls belum keluar dari konsep retro yang mereka ciptakan sejak awal dengan lagu, “Tell Me”, “So Hot”, dan “Nobody”.

Yang tak kalah pentingnya, kelemahan terbesar YG dapat dicatat dalam sistem mereka sangat tertutup dalam komunikasi. Hal ini terlihat dalam hubungan mereka dengan perusahaan penyiaran. YG entertaimen telah menjalin hubungan kuat dengan SBS dibandingkan dengan hubungan dengan KBS dan MBC. Debut stage dan penampilan di SBS Inkigayo selalu menjadi prioritas bagi grup2 seperti Big Bang dan 2NE1. Akibatnya, KBS dan MBC bisa tampak agak diabaikan dalam perbandingan.

Ketika masalah ini berubah dari masalah program musik sederhana, untuk diskriminasi dari semua berbagai program dan hiburan, itu membuat lebih sulit bagi semua lembaga penyiaran lain selain SBS. SBS dalam kenyataannya, secara eksklusif menikmati penampilan para artis YG. Selama masa comeback Big Bang, stasiun siaran menyusun program spesial untuk grup, yang juga muncul pada banyak program veriaty show utama seperti , ‘Helling Camp’ , ‘Running Man’, dan ‘You & I’ .

Ini adalah kasus tidak hanya dengan televisi, tetapi juga dengan koran, majalah, dan media lainnya. Ini mungkin tidak menjadi masalah besar bagi artis yang telah mencapai tingkat keberhasilan tertentu, namun tidak terjadi untuk artis baru. Hal-hal negatif terkecil dibesarkan oleh pihak yang bukan “aliansi”, dapat menyebabkan pukulan fatal untuk artis mendatang.
Lain kemunduran yang signifikan adalah bahwa agensi sangat tergantung pada satu artis, Big Bang. Pada tahun 2010, Big Bang bertanggung jawab untuk 70,1% kekalahan dari total penjualan YG entertaiment. Ini bisa berarti bahwa YG lebih berfokus pada Big Bang daripada artis lain, tetapi dapat juga berarti bahwa jika masalah itu terjadi dengan grup, seluruh perusahaan bisa dipertaruhkan.

Apakah argumen yang diberikan di atas membuat kalian mengangguk setuju atau apakah kalian melihat sesuatu yang berbeda?

credit: allkpop

indotrans: askarein@yeppopo

DONT TAKE OUT

About these ads

110 comments on “(News) Kelemahan dari SM, JYP dan YG Entertainment

  • Nobody is perfect and everybody has flaws, but it takes a real man and a real woman to look past those flaws.

  • soal uri YG Fam gw setuju tapi kalo soal YG lebih focus k’BigBang kaia’a g deh kan pas waktu ntu cuma mereka yg combek so why not kalo perusahaan mendukung sepenuh’a n memantau sepenuh’a pas gilirin 2ne1 juga gitu kok semua mata t’tuju ama mereka jadi YG ntu focus sama artis mana yg combek ,,,,, tapi bagi yg hiatus juga mereka pay attention cari lagu mana yg cocok buat mereka gimana konsep’a n bla bla bla

  • problem YG :
    – soulmate sama SBS —–>> well, emang cuma SBS yg bisa ngertiin YG … wajar dong klo mereka akhirnya beraliansi …
    – jarang muncul di variety —–>> karena fokus mereka di musik , toh tanpa sering muncul di variety pun mereka udah super sukse
    – fokus 1 artis —–> akhir2 ini udah gak kok , ada 2ne1 … trus bakal ada gd/bb baru juga …

  • setuju sama apa yg dibilang ke YG… YG bs besar hingga skrng krn bigbang sebaliknya jg.. dari dulu jg mikir..
    gmn ya kalo YG mau debutin artis barunya? ga mungkin cm tampil d SBS ato Mnet.. krn mereka emng butuh promosi secara emng artis baru hrus bnyk2 promosi…
    gmn ya nasib YG kalo tiba2 bigbang udh ga eksis lagi? YG emng sangat tergantung sm bigbang.. *pertanyaan yg dari dulu selalu terlintas*

    but noboby is perfect.. YG tetap YG.. SM tetap SM, JYP tetap JYP.. mungkin emng udah sistem mereka gitu..

    • BB skarang sibuk ama alive tour,,
      Jd ga perform apa2 d korea,,
      2NE1 juga stlah comeback sibuk latian buat New Evolution concert,, u.u
      Br 3x 2NE1 perform I Love You,,

  • di hidup ini ngak ada yg sempurna kan?
    jadi wajar aja kalau itu terjadi…
    tp ngak semua yg dsana benar kok, dan itupun pasti ada alasannya

  • ummm.. Kelemahan dr pihak YG gak terlalu merugikan walo cuma di SBS doank. Nyatanya 2ne1 bs sukses kan sekarang? Banyak cara lain untuk promosi kalo takut gak sukses.

    Gak bs ngebayangin kalo KBS sm MBC d makan jg sama YG. Duit yg ngalir nambah brp kali lipat. Hasil brmusik aja mantap jaya tuh duit.

  • ada beberapa yang bener tentang YG… kayak lebih fokus ke BIGBANG… ya iyalah YG jadi SUPER BESAR seperti sekarang karena peran BIGBANG SANGAT BESAR dari awal…

    tapi klo mereka jarang nongol di VARIETY SHOW… karena artis2 YG emang fokus menjadi penyanyi…

    mengenai mereka tidak pernah tampil lagi d KBS… ya karena masalah VOTING yang bermasalah menimpa SE7EN dan pemberitaan DAESUNG yang tidak sepenuhnya BENAR

  • Kelemahan SM : Artis yg dihasilkan mirip semua,produsernya 70% impor semua…
    But,tim pemasarannya sangat hebat,contoh: TTS bisa masuk Billboard Hot 200 kurang dari 2 hari(logikanya harus 1 minggu setelah rilis)
    JYP : Produsernya yg mumpuni cuma 1 orang yaitu Bossnya ndiri.
    YG : Masa depan YG tergantung Bigbang and Teddy,tapi untungnya punya banyak produser muda lain yg tangguh.
    kelemahan lainnya mungkin anak2 YG yg experimental dlm style,fans korea ada yg bisa terima ada yg enggak.
    Contoh,konsep bigbang alive yg gayanya nyleneh,VIP korea ada yg suka ada yg nggak..
    that is IMO

  • Wow.. Ada benarnya jga..

    Wajar lah klu YG sngat peduli ke Bigbang.. Krena mreka merupakan andil besar.. Yg sdh susah payah dri awal ngebuat nma YG jdi bsar..*tpi orang2 dibalik layar jga trut andil jga..*

    Tpi skarang.. Nggak cuma Bigbang aja kok..skarang udh nmbah artis2 yg bsa diandalin.. Blum lgi bkal Ada BB/GB bru…
    Msalah kekurangannya dgn station TV lain.. Smoga bsa slesai deh… YG fighthing..

  • sejujurnya gw stuju aja sma berita ini, semoga kedepannya keuangan YG bs diimbangi oleh 2ne1 PSY se7en dll lah GB BB bru, kdg rda kesel byk yg bilang cma big bang , . mnrt gw YG sdah ckup adil, ga ada artisnya diterlantarin,..

    trus, YG cma ga baik sma KBS , knpa malah d kira milih’ sih…big bang alive comeback d mucore deh .. cma 2ne1 yg ini ga d mucore maybe gra” latihan buat konser, ..

    Bt SM sma JYP :no comment sejujurnya gw ga gt ngikutin, jdi gw ga mau nge judge yg gw sendiri ga tau … tpi sejauh ini msi la dger bbrpa lagu mrka

    • bigbang alive comeback di inkigayo cingu, bahkan mereka sama sekali ga tampil di mucore..

      “kdg rda kesel byk yg bilang cma big bang” –> mksdnya kamu kesel krn bigbang yg punya pendapatan tertinggi atau kamu kesel krn artis lain di YG ga bs menyeimbangi bigbang dlm hal pendapatan ?? klo salah tangkep bs berabe cing :D

    • ga gt ching, mksd nya apa yg laen itu ga ngasilin duit, ga jg kan , lgian duit kan bkan prioritas bagi YG, … tng” ane kan YG biased, sgala bntuk YG ane ska. kkekekekeke apalgi bigbang, …

    • @yukho : ohh maksudnya itu… yg lain pasti jg menghasilkan.. tp yg dibahas diartikel ini penghasilan yg tidak seimbang..

      “lgian duit kan bkan prioritas bagi YG” –> untuk yg satu ini aku kurang setuju.. gimanapun juga YG appa adlh pemilik perusahaan.. kejadian thn 2011 pasti berat bgt buat perusahaan & YG sendiri mengakui itu (pernah dipost koq diartikel yeppopo jg)..mknya big bang diharapkan cepet comeback selain krn YG ga mau lihat big bang berlarut2 dlm masalah. juga pastinya krn pendapatan..

      yang aku rasakan YG cukup adil klo masalah jatah comeback.. tiap artisnya comeback pasti dibikin waahhh.. klo mslah pendapatan sepenuhnya mmg pihak eksternal yg memutuskan..

    • ooo icic,..mksdnya YG blm mampu nyeibangin terkenal dan penghasilan… mesti banyak belajar nih dari suhu”.. -____-

  • “Pada tahun 2010, Big Bang bertanggung jawab untuk 70,1% kekalahan dari total penjualan YG entertaiment ” –> mungkin “kekalahan” maksudnya pendapatan kali yah..

    klo dibilang YG hanya berfokus pada big bang aku ga setuju, kenyataannya 2ne1 dapat jatah promosi yg lebih besar dr big bang dithn 2010-2011..

    thn 2010 big bang malah hanya fokus di jepang aja (diluar solo atau sub unit), thn 2011 hanya setengah tahun berkarir lalu hiatus.. tp emang kenyataannya tetep big bang yg jd pemasukan terbesar buat YG.. ini PR buat YG gimana caranya menjadikan artis lainnya bukan hanya memiliki nama besar tp juga seimbang dgn apa yg dihasilkan (no bash utk artis lain di YG)..

    semua perusahaan emang ga ada yg sempurna..buktinya tiap grup yg dihasilkan punya fansnya masing2..

    p.s ; kecuali maksud artikel diatas YG hanya berfokus pd big bang utk sumber penghasilan

    • Well tenang aja chingu, gapapa kok,,
      Aku nambahin yahh,,

      Fandom YG itu dikenal sbagai fandom yg ga suka ya bilang ga suka ke artisnya, suka ya bilang suka,,
      Oke, opening selese,,

      Aku blackjack,,
      Dan aku juga ngakuin 2NE1 tu masih kalah jauh dibandingin kakakny BigBang,,
      BigBang itu mandiri banget, produser ada GD, koreografer ada Seungri ama Taeyang, nulis lirik komposer ada juga,,
      Aku ambil contohnya 2ne1 aja yah, yg gampang cz ak suka 2ne1 ama bigbang,,
      Sedang 2NE1 mrka masih brgantung sama Teddy buat produser,, koreo.ny aku ga yakin klo Minzy ato CL yg buat,,
      Jd maksudku, klo mau myamakan pndapatan artisnya, mungkin dimulai dr artisnya dulu yaa,,
      BigBang itu bb yg mnurutku pas buat jadi patokan, krna pncapaian mrka,,
      Jd yaa bukan hrus kaya BigBang c, minimal mandiri dlm nyiptain lagu+koreo,,

    • q setuju sma @velemenye
      bigbang emang mandiri bgt jd ga heran mreka sesukses skrg,q nunggu bgt 2ne1 bisa mandiri jg biar sesukses abang2x :)

    • @velemenye ; sama, aku rasa jg mungkin byk dr YGstan yg nunggu 2ne1 bs mandiri seperti itu.. bbrp hr yg lalu aku juga pernah komen klo aku ngarep CL bs bikin lagu atau minimal lirik lagu full satu lagu (sejauh ini hanya CL yg aku denger pernah ikutan buat lirik)..

      selain itu yg aku harapin 2ne1 mau berusaha untuk tampil di VS.. YG appa selalu blg klo 2ne1 pemalu mknya ga muncul di VS, tp bukannya harus dibiasain maka mrk sendirinya akan bisa.. aku komen kyk gini krn melihat bigbang waktu dulu.. dulu mrk ga ditanya mau atau ga di VS, tp saat itu udah jd keharusan ikutan VS..aplg saat itu nama YG masih blm terlalu dikenal.. dgn begitu akhirnya malah daesung menemukan kemampuan lainnya yaitu bagus di VS..

      seperti hanya TOP main drama.. dia ga ditanya sama YG mau atau ga main drama.. tp dia dipanggil sama YG lalu diblg klo dia akan main drama di i am sam (klo ga slh judulnya ini/drama pertama TOP).. malah skrg dia semakin bagus di acting..

      VS itu sangat berpengaruh dikorea.. aku percaya salah satu hal yg buat nama Bigbang besar dikorea adlh krn VS.. bgtu pun cara mrka membawa diri dipanggung konser.. semakin byk bertemu org maka akan semakin terbiasa.. keuntungan 2ne1 mmg dia debut saat nama YG udah besar, mknya cepet dikenal.. tp aku tetep berharap klo 2ne1 akan lbh sering ke VS min 2 VS.

      aku hanya tukar pendapat yah ;)

    • @arra
      Kita mendukung 2NE1 buat mandiri,,
      Yey.! @BigBang is V.I.P
      Oh si TOP ga dtawarin yaa, saia ga
      tau,,
      Hehe, kenal BigBang bermula dr 2NE1
      juga c,, =.=7 Iya, berharap CL ikut partisipasi
      bareng Teddy buat bikin lirik ndiri di
      lagunya,,
      Wah nnti kita balik lagi ngbahas
      kolaborasi CL, GD dulu nihh,, Klo VS seharusny 2NE1 bisa loh,
      emang apa c yang berat?? (=.= )7
      Klo Running Man aku jelas ga setuju,
      takut di bash, tp klo kaya Go Show
      ato apa gitu kan lumayan,,
      Yah BigBang membuat nama mrka sndiri dikenal, dan 2NE1 lebih
      gampang dikenal karna besutan YG
      yg udah punya nama,,
      Plus promosi gratis dari BigBang
      (inget GD yg promosi.in 2NE1 di
      Thailand),, Tp skarang ada sdikit kemajuan dr
      2NE1, CL ikutan CF, meski awalny itu
      buat Dara tapi semoga ini jadi awal
      buat perkembangan mereka
      slanjutnya,,

  • intinya nggak mau bela entertainment nya ataupun si peneliti nya .. emang agree sama beberapa pernyataan ..
    1. Jika pergi dengan pernyataan, ‘bukan yang kuat yang bertahan hidup, melainkan orang-orang yang bertahan kuat ‘, maka dengan pengecualian untuk BoA, tidak ada artis yang ‘kuat’…. justru BoA yang sekarang yang gk begitu bersinar karena dia beda, kalau SUJU dibandingin sama Big Bang, kenapa sekarang lebih booming Big Bang, mungkin itu karena Big Bang out of line, sebagai ELF, saya juga menyadari bahwa SUJU berada dalam satu garis lurus, yang hanya bergeser sedikit, nggak kaya Big Bang yang bisa naik turun sesuka hati.. BEgitu juga dengan SNSD, yang pamornya mulai digeser 2NE1, SNSD selalu dalam garis lurus yaitu ‘CEWEK’, sementara 2NE1 selalu bergaya nggak CEWEK banget .. I Love You aja, liat kostumnya, pasti khas mereka banget kan ..

    2. Masalah terbesar adalah bahwa karena musik lagu-lagu yang dihasilkan oleh satu individu, semua lagu umumnya dapat terdengar serupa. ….. at least, ini emang bener. Coba denger lagu 2PM, juga emang beda, tapi intinya punya kesamaan, bahkan GB sama BB nya aja kadang sering mirip lagunya (dari nada dan auranya)

    3. Yang tak kalah pentingnya, kelemahan terbesar YG dapat dicatat dalam sistem mereka sangat tertutup dalam komunikasi. …… setuju sekali. Kalau mereka terbuka dalam komunikasi, 2NE1 bisa lebih siap kalau variety show. Memang bagus jika berfokus pada musik, tapi disisi lain variety show dan semacamnya itu bisa menjadi fan service secara tidak langsung yang membuat hubungan antara idol dan fansnya bertambah erat. Dan emang wajar kalo MBC sama KBS tersingkirkan, karena comeback nya artis YG selalu di SBS Inkigayo, dst .. Dan hampir semua video performance big bang / 2NE1 yang masuk ke channel resmi mereka berasal dari SBS.

    Just opinion :)

  • Hmm, aku ga ngomentarin yang lain yah,,
    Karna aku ga ngerti selain YG, maaf cz aku YG stan, nanti salah ngmong malah kacau,,

    Klo menurutku YG ga fokus ke 1 grup aja alias Big Bang,,
    Ak ga myangkal kok klo Big Bang yg mmbuat YG d posisi Big 3, tapi gimana lagi donk, artis2ny YG tu dikit sih,,
    Dan wktu Big Bang hiatus juga YG ga terpuruk karna ad 2ne1,,
    YG memfokuskan sama yg akan comeback *ad komen d atas ttg ini dan saia stuju banget*, dan yg hiatus juga disiapin dengan matang buat comeback.nya,,

    Soal variety show, yahh karna mereka bukan komedian,,
    Jujur aja 2ne1 itu bukan org2 yg mau mpermalukan dirinya, aku juga ga stuju mereka tampil di running man wktu itu, takut di bash karena RM jd ga lucu,,
    Yaa, mereka memang musisi, bukan artis, bukan komedian, kalo mereka lucu dan jd artis, aku yakin it cuma sampingan,,
    Mereka masih menjunjung tinggi musik,, *kecuali yg dr sanany emang artis, mksudku yg kaya T.O.P gitu*

    Kenapa cuma sbs??
    Yah aku ga berani jawab coz itu urusan YG yahh,,
    Tp aku harep sih YG bisa baik2 ama kbs dan yg laen selain sbs lah,, :)

  • ga ada yg sempurna. semua punya kelemahan.
    brhubung gue SM bias, apapun itu, mau dibilang monoton kek, pelit kek, kerjanya uang teruuss bodo amat dah. semua idol fav gue milik SM. apalagi uri om om XD
    bagaimanapun itu, gue dukung SMTOWN!
    URI SMTOWN YEAAAHH!

  • yang SM, kenapa cuma bahas EXO? dan kesan yang gue tangkap, “EXO itu ga sukses”
    apa indikator sukses yang dimaksud disini?

    -kalo dari segi menang di semacam MuBank, Inki, dll oke- emang ga menang apa2, walaupun EXO-M sempat beberapa minggu jadi rank-1 di chartnya Yinyuetai.
    -dari segi penjualan album, kalo ga salah baca pernah dibahas kalo penjualan album K+M digabung, itu cuma kalah dari SHINee dan BigBang. untuk rookie, itu prestasi..
    -seingat gue, EXO-K itu satu2nya rookie 2012 yang perform di Dream Concert 2012 dan dapat kehormatan bawain special stage Sorry Sorry. untuk rookie yang baru sebulan debut (saat itu) itu prestasi.
    – EXO-M jadi guest di Happy Camp-salah satu variety show papan atas China- sebelum genap sebulan debut (saat syuting), itu prestasi.
    -jadi model untuk brand ternama (Calvin Klein) tepat setelah debut, itu kebanggaan
    -bisa tampil di L.A hanya sebulan setelah debut, walau itu atas nama company tapi bisa dibilang kebanggaan tersendiri sebagai rookie.
    -perform di Indonesia hanya 3 minggu setelah debut (EXO-M, walau cuma jadi guest konser sunbaenya) dan di London setelah 2 bulan (walau hanya MuBank), bagi rookie itu kebanggaan.

    mungkin gue terlihat lebay dengan poin2 diatas, tapi menurut gue hal2 itu, walau mungkin bukan indikator sukses tapi, lihat apa yang sudah mereka capai hanya dalam 3 bulan ini..
    well, SJ dan SNSD yg sekarang fenomenal pun berjuang bertahun-tahun untuk ada di levelnya sekarang, bukan cuma dalam 3bulan..
    just wait and see, they’ll show who they are..

    *lagi meracau*

    • Di artikel ini aku juga tidak setuju pada point EXO, seolah-olah penulis menyimpulkan bahwa EXO adlh band yg kurang sukses krn konsep yg biasa..

      Hello man..! Mereka itu baru debut 100 hari loh.. Maka terlalu buru2 utk menyimpulkan seperti itu.

      Well, sepertinya penulis tidak mengikuti perkembangan EXO.

    • semua butuh proses dan waktu , EXO itu bukan SUPER JUNIOR atw SHINEE yg udah trbentuk slama bertahun 2 , mereka masih rookie dan belum punya bnyk pengalaman , tapi dgn bakat mereka yg skrg tinggal tunggu waktu aja smpe mereka menyamai popularitas sunbae 2 mereka …

      #pendapat gw

  • berat ney topiknya
    oke.. emg sey YG pny nama besar karena bigbang.. (kedengarannya sombong tp emg itu kenyataannya)… sejak 2007 jaman2 mereka sukses banget dan diterima sama masyarakat korea.. dan YG menjadi perusahaan yang besar sekarang.. sebelumnya YG perusahaan apa sey?? mereka masih perusahaan yang kecil artis besarnya cuma se7en walaupun ada artis laennya tapi ga tll sesukses se7en atau bigbang.. tapi kalo sekarang dibilang YG cuma fokus ke bigbang,,, enggak juga ya.. mereka lebih fokus sama siapa yang mau kambek.. toh sekarang juga 2ne1 dan psy kambek di waktu yang hampir sama dan sama2 sukses.. musik mereka disukai.. dg merajai berbagai macam tangga lagu.. bahkan psy dapat sertifikat PAK
    kalau masalah komunikasi tertutup.. buat rookie nanti yang bakal dikeluarin sama YG aku ga bisa ngasih pendapat karena otaknya papah ney ga bisa ditebak.. ga ngerti sama jalan pikiran ney orang satu dan timnya tentu saja…sering banget dibikin kesel sama trollingan beliau yang terhormat YANG SAJANGNIM… hehehe
    masalah kenapa ga tampil di KBS.. yahh u know lah.. hahaha entah sampai kapan hubungan akan kembali terjalin sama KBS
    trus mengenai ga terlalu tampil banyak di VS.. krn YG berfokus di musik walau emg kadang penting promo di VS2..tp kalo itu malah membuat artisnya tertekan karena mereka tidak enjoy tampil di VS percuma juga toh
    kalo ada yang bilang YG ga berfokus sama penghasilan.. itu boong banget.. YG ttp pebisnis ttp mikirin penghasilan juga… penghasilan ttp penting bromang :P

    -SEKIAN-

  • **baca artikel
    ***baca komentar

    aku komenin yg SM dulu
    1. exo,… hmmmm,…. jadi, kenapa sih dengan exo? vokal keren, dance keren, prestasi juga lumayan lah, kalau dilihat dari pertumbuhan fandom dan penjualan album juga lumayan. Jadi, boleh kasih tahu masalahnya dimana? Ciri-ciri yang tidak unik? Setelah aku pikir-pikir, memang iya, exo (dan sepertinya snsd) sangat pop dan kelihatan sangat general. Tapi, sesuatu seperti ini yg membuat mereka berbeda dari yang lain. Aku sangat bingung bagaimana menjelaskannya agar tidak ada yang tersinggung.

    Mempunyai konsep yang unik itu bagus,dan akan membuat kita terlihat beda dari yg lain. Tapi, terlalu terkonsep itu terkadang hanya akan membuat lagu-lagu menjadi “musiman” (baik, ini adalah soal slera). Maksud aku, ketika mereka sudah goodbye, maka lagu itu akan dilupakan, dan nggak didengarkan lagi ketika grup lainnya kambek. Meski ketika masih promo, lagu tersebut merajai chart,sukses,dan sebagainya.
    Maksud aku, sepertinya SM berkeinginan membuat exo menjadi grup yang agak netral,general,nggak terlalu spesifik (dinikmati semua kalangan) sehingga lagunya bisa dinikmati bertahun-tahun tanpa pernah bosan. Aku bisa bilang begini, karena aku lihat SNSD juga sama. Konsep mereka general dan tidak terlalu unik,tapi justru itu yg membuat mereka beda dari yang lain. Dan SNSD adalah grup besar sekarang.
    Aku bukannya fans exo, tapi mengkritik seperti ini, membuat mereka seperti kedengaran “grup gagal” SM , itu adalah pengambilan kesimpulan yang terlalu dini untuk grup yang baru debut beberapa bulan.
    Hmm,.. atau mungkin prestasi exo belum seperti yg diharapkan SM atau netizen.
    Hmm,.. mungkin maksudnya, si penulis artikel beranggapan kalau strategi “mencoba untuk tak terlalu unik” ini nggak akan bekerja sekarang,ketika semua grup datang mempunyai konsep yang kuat. Tapi, menurut aku, tidak mempunyai konsep yg kuat juga merupakan sebuah konsep. Lihat saja nanti, yang jelas terlalu dini untuk bilang exo gagal sekarang.

    2. BigBang dan YG
    Jadi ini adalah maksudnya YG sangat bergantung kepada BigBang, begitu? Hell Yeah, mungkin sekarang memang BigBang merupakan sumber terbesar pemasukan YG, tp itu kan bukan berarti selamanya begitu. Maksud aku, manusia itu berkembang. Yang sangat fenomenal sekarang mungkin BigBang dan 2NE1, tapi, waktu berjalan kan. Tunggu saja, ada saatnya ketika artis lain juga bersinar terang. Oh, dan aku nggak melihat bagaimana kelangkaan mereka tampil di acara musik itu adalah berarti kelemahan. YGstand bangga karena justru itu membuat mereka menjadi ekslusif. Jadi, dimana masalahnya?

    3. JYP
    Aku nggak bisa komen karena aku nggak ngikutin grup manapun selain Miss A.

    pada intinya adalah, kenapa harus terkotak-kotak dengan konsep “general” atau “retro”, atau catchy dan sebagainya? Buat saja musik genre apapun yang kalian mau dan biarkan kami mendengar. Entah itu catchy atau tidak, general atau tidak, unik atau tidak, kalau bagus, pasti akan booming dan diakui masyarakat. Selesai perkara.

    note : maaf kalau

    • jadi,sebenarnya ketimbang menyebut itu “kelemahan”, aku lebih sepakat dengan menyebutnya “keunikan”.
      Bagaimanapun SM dihina2 dengan dianggap general, atau kasarnya, “tidak berkonsep unik”, grup-grup mereka diminati diberbagai belahan dunia dan banyak kalangan karena “generalitas”nya itu. Dan, meskipun kebanyakan lagu2 mereka dibeli, lagu-lagu mereka disukai.
      Dan oh ya, kalau kelemahan SM menurutku, ya, entah bagaimana, sepertinya mereka terlalu keras sama artisnya. Semuanya seperti sebagian besar diatur agensi, dan artis hanya tinggal menjalani saja. Bukannya apa gimana, tp meski SM sukses2 saja dengan strategi ini, ini agak menghambat kreativitas pribadi menurutku. Soalnya aku lihat2, artis SM itu bakat banyak, tp kurang maksimal pemanfaatannya. Tapi, ya, konsep “generalitas” ala SM sedang diuji efektivitas sama efisiensinya sekarang, karena, berbeda pada saat jaman SNSD debut, saat ini dunia idol penuh sesak denga rookie2 dan rata-rata mempunyai konsep dan karakter yang kuat.

      YGstand jarng tampil di VS, justru itu yang membuat mereka jadi unik. Jadi, bisa dibayangkan, sekali2nya mereka tampil di VS, rating langsung naik, soalnya kan jarang-jarang. Dan, kalau memang sukanya membuat musik, mau bagaimana lagi, hak asasi mereka melakukan apapun yg mereka mau. Nggak ada peraturannya kalau anggota BB harus main VS. Dan fans-nya juga puas2 aja dan malah mungkin seneng banget karena bentar2 artis YG keluar single or featuring bareng siapa. Jadi, ini juga bukan kelemahan, ini keunikan xD.

    • big RT m smw komen @tiffanymireu
      q ykn d SM sbnrx da bny artis yg kreatif dlm bmusik
      cm krng dbri kelluasaan ja

  • sbnrnya mo komen panjang lebar juga,,, kekeke,, tp malas ngetiknya *plakk*

    yang jelas habis baca artikel ini,, syaraf syaraf di otak ku langsung melepaskan atom atom menembus atmosfir menuju ruang imajinasi yang paling luas #assaaappp

    JYP itu sperti koridor panjang dari sebuah rumah susun dengan pintu yang sama,, (nb: tp pemandangan dibalik pintu itu jelas brbeda ^^)
    YG itu sprti bangunan yang dindinng dan atapnya diselimuti oleh Kaca Riben,,, orang luar takka bs melihat apa yg terjadi di dalam,, tp orang dalam bs dengan bebas memperhatikn orang2 yang lalu lalang :)

    • innalillahi,,,giliran typo pada panggil2..suruh bantu bersih2 pada cuci tangan smua #saengkurangajar

      ini topik berat, dan aye kagak paham, jadi pembaca yang baik aja..
      dan ternyata reader yeppopo tetep pada kritis *sukaaaa*

      lagian kantor aye bekerja (cjes red) **plak!!!** kagak ada,,
      kalopun ada juga tetep gak mudeng karena sangat2 misterius ,,

  • Y’know, Di dunia ini gak ada yang sempurna, in fact, aku YG Stand; VIP and Blackjack. Tapi aku sadar betul sebesar apa pun YG, kelemahan mereka memang pada relasi. Hidup gak cuman sendiri Papa, hidup perlu teman dan menekan lawan agar tidak bertambah. Well, bukan berarti aku bilang kalau YG banyak musuh, bukan! Tapi alangkah menyenangkannya kalau mereka memulai kembali relasi yang harmonis dengan MBC dan KBS… Tapi, ini cuman pendapat pribadiku aja sih, aku percaya dengan segala keputusan yang di ambil sama Papa YG. Karena dia Papaku, papanya Big Bang, papanya 2ne1, Papanya YG Fam. ^^

    • just info, setau aku YG ga ada mslh apa2 sama MBC.. mrka hanya ga promosi aja di mucore.. klo mslh KBS, aku rasa seluruh publik korea tau apa alasannya.. big bang udah cukup disakiti sama KBS :(

    • Yeah, I know that, YG emang gak punya masalah apa-apa sama MBC dan punya rasa sakit hati yg mendalam sama KBS. Jujur, aku juga benci sama KBS, apalagi sama kasus mereka mengkritik comback big bang. Tapi, kayak berita itu di atas menyebutkan, YG terlalu mengidolakan stasiun TV SBS. Sehingga kelihatan banget kesenjangannya.

  • Apapun itu..kalo emang kenyataan kita harus terima. Rejeki udah ada yg ngatur kok ,gak harus tampil di acara ini di acara itu. Dan mungkin Artikel tersebut hanya mengkritik.Jadi kita sebagai fans berpikir dewasa aja. #Simple

  • waaah, saya baru tau kalo popoders pinter-pinter! #plak
    mm… berhubung saya BJ, VIP, yang komplikasi ama YG stan, saya cuma mau komen soal YG aja… takut salah ngomong klo komenin 2 agensi yg lain… *siapsiapngetik
    hmm… YG kalah di tahun 2010 karena bigbang? (ini di korsel ato di seluruh dunia?)
    kalo kalah di korsel, mungkin karena suami2 (?) saya lagi fokus di jepang, mungkin…
    dan, kalo soal bigbang yg disebut2 sebagai ‘tulang punggung YG’, saya nggak setuju, walaupun mereka itu artis yg paling berpengaruh di YG…
    bukan maksud basing BB nih…
    sepengeliatan saya, taon lalu, bigbang emang g begitu bersinar, karena kasusnya GD-Dae (g mau nginget lg, bikin nyesek). jadilah, YG lebih memfokuskan perhatian mereka ama hoobaenya. 2NE1, Dilihat dari pencapaian mereka b’dua taun lalu…
    kalo soal VS, saya setuju, kalo YG fam (kecuali Bigbang) itu emg g begitu sering nongol… karena mereka (khususnya 2NE1) agak2 pemalu…
    Mm… kurang-lebih gitu opini saya, maap kalo agak g jelas… *kaburkegoa

    • FYI cing,
      penghasilan YG di tahun 2011 : big bang 52%, 2ne1 27% ,,,

      gak bermaksud bashing, karena ini emang bukan salah big bang / 2ne1. tp seperti yg di katakan @BIGBANG IS VIP — PENYAYANG RUMPUT LIAR ♔ ini jd PR buat YG ,,,

  • big bang itu adalah kelemahan & kelebihan dr YG ,,

    kelebihan : ketika lies meledak di 2007, big bang membawa YG menjadi the big three. dan big bang jd tulang punggung yg sangat2 dominan smpe sekarang. bahkan ketika masa hiatus panjang di 2009-2010 big bang msh jd tulang punggung.

    kelemahan : kita bisa flasback ke tahun 2011, ketika big bang terguncang dan imbasnya jg sangat signifikan ke pendapatan YG yg berkurang ,,,,, tp tetap aja sih walau 2011 tahun penuh cobaan buat YG. big bang msh dominan dlm penghasilan di banding artis YG lainnya.

  • yang terpenting semuanya menghasilkan idola yang di cintai bukan? Tentang kelemahan itu adalah satu hal yang membuat kita tau bahwa mereka tidak sesempurna tuhan:)

  • @arra
    Kita mendukung 2NE1 buat mandiri,,
    Yey.!

    @BigBang is V.I.P
    Oh si TOP ga dtawarin yaa, saia ga tau,,
    Hehe, kenal BigBang bermula dr 2NE1 juga c,, =.=7

    Iya, berharap CL ikut partisipasi bareng Teddy buat bikin lirik ndiri di lagunya,,
    Wah nnti kita balik lagi ngbahas kolaborasi CL, GD dulu nihh,, :D

    Klo VS seharusny 2NE1 bisa loh, emang apa c yang berat?? (=.= )7
    Klo Running Man aku jelas ga setuju, takut di bash, tp klo kaya Go Show ato apa gitu kan lumayan,,
    Yah BigBang membuat nama mrka sndiri dikenal, dan 2NE1 lebih gampang dikenal karna besutan YG yg udah punya nama,,
    Plus promosi gratis dari BigBang (inget GD yg promosi.in 2NE1 di Thailand),,

    Tp skarang ada sdikit kemajuan dr 2NE1, CL ikutan CF, meski awalny itu buat Dara tapi semoga ini jadi awal buat perkembangan mereka slanjutnya,,

  • Cuman pengen bilang ‘sebesar & sehebat apapun mereka pasti punya kelemahan.’ jadi buat aku, easy going aja lah.. aku sih nikmatin aja lifestyle & art mereka :D

  • Yg soal YG setuju banget dehh,,
    Soal CEO itu ada di yeppopo juga kok,,

    Dengan cara itu artis YG kesanny jadi xclusif dan saia suka itu,, ^^

  • btw, topik nha agak berat ney..

    yah, mau mengulas tapi poin” yg di kepala sudah dikeluarkan popoders sekalian..

    afterall, semua punya kekurangan dan kelebihan..
    kalau semua gak punya kekurangan, malah terjadi kapitalisasi industri musik korea oleh big 3..

    yang baik tolong dikembangkan, kekurangan diperbaiki..
    oke? ;)

  • Mau komen apa ya?mau komen panjang tapi ga ngerti apa-apa mslh agensi (krn saya ga tau khdupan didalamnya seperti apa),mslh musik apalagi (nongkrong seharian di forum musik di kask*s yg notabenenya bnyk sepuh” dlm dunia musik jg ga ada yg masuk otak kekeke).saya mah taunya cuma menikmati aja.*plak

    btw,ini artikelnya bahas kelemahan kan?bener ga?hahaa soalnya saya rada bingung ada beberapa komen yg muter-muter dikepala saya :lol:

    intinya sih tiap agensi punya kelemahan dah kelebihan masing-masing.ga ada satupun di dunia ini yg sempurna.

    Btw @tiffmir aku setuju sm paragrafmu yg terakhir.mslh kotak-kotak.entah knp aku kok jg ngrasa klo dunia kpop tuh terkotak-kotak gtu ya.mulai dr genre,lifestyle,agensi,sampe fandom pun terkotak-kotak (eh atau emg udh dr dulu dikotak-kotakin?) entahlah.cuma aku pribadi ngerasa ga nyaman aja dgn sistem kotak-kotakan gtu. *ngomong apa sih gue?hahaa.udh ah.lanjut makan ramen bareng Changmin :D

  • walaupun msng2 pnya klmahan
    yg plg pntng adlh BIG 3 udh pny andil bsar dlm mngmbngkn industri K-POP
    BIG 3 mmiliki wrnax msng2
    ad klmahan ad kkurangan
    itu hal yg lumrah n wajar
    nothing in this world perfect

  • saran buat om jyp:coba perbanyak lagu lagu bikinan artis sendiri atau orang lain masuk ke tracklisg album artis artisnya + jgn malu jadiin lagu selain bikinan om jyp jadi single utamanya.kalo bisa sih sekali2 gitu kerja sama sama jaypark,kemampuan dia bikin lagu kreatif bgt loh.ok om? ^_^

    • Kok hanya kaki soshi yg di permasalahkan sedangkan aku juga ada nulis ttg body “coklat” 2PM tp gk ikut di singgung..?
      Blg aja qm sensi ama SMent dan utk anak2 SMent yg ikutan VS atau apapun yg gk berhubungan dgn dunia musik emg salah ya ?
      Apakah seorg penyanyi HANYA BOLEH BERNYANYI tidak boleh yg lain ?

      Plss dehh ahhh… SMent itu agensi keartisan bukan hanya agensi khusus penyanyi. CP dehhh

  • ikutan berpendapat ahhh… Tp berhubung aku “hanya’ tau ttg SM doank jd hanya akan berpendapat ttg SM :D

    Gk adil rasanya kelemahan SM hanya krn EXO baru baby lucu yg jadi barometernya. SM terkenal dgn traineernya yg luamaaa bgt dan itu berarti membutuhkan dana yg gk sedikit. Belum lg SM terkenal suka membeli lagu dr komposer manca negara yg uda pasti mahal. Syg bgt SM belum begutu percaya dgn karya musik anak didiknya :( walaupun skrg BoA melangkah ke arah tsb. :D Kalau mengenal wakna musik, gimana ya menjelaskannya.. hmmm…. Klo aku liat Soshi waktu br debut dgn skrg, warna musiknya berubah walaupun gk drastis. Dan di SM gk ada warna musik ataupun style seperti Bigbang walaupun gk tau juga kedepannya nnt. Dan utk body, di SM juga gk ada yg menyaingin 2PM *coklatnya* :lol: -> maksudnya 1 grup berbody seperti 2PM ya :D
    Dan di YG maupun JYP juga gk ada yg menyaingin kaki soshi keke~~~ *Dihajar YG appa n Om JYP* kaboorrrr

    • etsss…. maaf ya chingu, apa maksudnya nih

      “gmna klw kita nilai musikalitas soshi?? berani gk kamu bilang klw musikalitas soshi diatas girlband JYP MISS A?? apalagi YGE 2NE1??!!”

      Ingat ada “pepatah diatas langit masih ada langit”

      Secara musikal utk SONE uda pasti SNSD adalah TERBAIK begitu juga utk BJ, 2ne1 adalah yg TERBAIK. Tergantung selera masing2 donk. Gk mesti semua org akan mengatakan hal yg sama, dimana2 baik itu hal yg baik maupun hal yg buruk selalu ada pro-kontra.

      Mengenai warna musik SUJU, aku no comment deh dan lg SUJU jauh tertinggal dr TVXQ utk basic fans di Korea. Di SM bukan hanya SUJU yg terkenal kok. Sedangkan utk lagu2 yg SM beli dr kompuser luar, mungkin qm harus sering2 main2 ama SMTOWNfamily.
      Ini contoh kecilnya

      http(:)//www.youtube(.)com/watch?v=YJGaOefn7nM&feature=g-hist

      http(:)//www.youtube(.)com/watch?v=cTVekpR3nOY&feature=g-hist ==> bandingkan dgn yg ini http(:)//www.youtube(.)com/watch?v=njHZoiyhLkY&feature=g-hist

      Dan juga The Boys juga di aransemen org luar :D

      Ingat ya chingu DIATAS LANGIN MASIH ADA LANGIT.

    • @dindonk
      SM ga slalu beli lagu dari prosuser luar , di SM ada KANGTA (artis senior SM) yg sering jadi produser bwt artis 2 SM dan ada juga BOA yg suka ciptain lagu sendiri (walaupun mungkin belum sehebat KANGTA) , artis 2 SM juga suka nyumbang lagu bwt album mereka (trakhir leeteuk nyumbang lagi bwt album ke 6 suju) , dan soal training yg lama tapi kata lw hasil nya biasa gw gak setuju …
      udah bukan rahasia lagi klo artis SM sering di puji sama orang karena kemampuan mereka dlm bidang entertainment (musik , akting , presenter dll) jadi menurut gw artis SM itu multi talented dan itu adalah hasil training yg mereka jalani ….

    • @SONE + SNSD ALWAYS DAEBAK !!!
      @SONE4EVER
      udah lah gan/sis
      gak usah dilayani orang macam tuh
      dia tuh cuma orang berasa paling tau
      yang dia taunya cuma YG doang
      mana tau dia kalau ada artis SM bikin lagu sendiri
      mana tau dia kalau yesung dan Rye juara immortal song
      mana tau dia Vokal Taeng dipuji oleh artis dan produser amrik
      mana tau dia kalau Junsu yang merupakan mantan anak didik SM itu suara paling bagus di Korea
      mana tau dia kalau DBSK itu idol grup dengan musikalitas dan suara nomor 1 di Korea yang bahkan belum bisa dilampui oleh idola nya si @dindonk

      jadi kagak usah dilayanin

      santai aja kayak dipantai
      selow aja kayak di pulau :D

    • @DINDONK
      well … kamu ini antisnya SMEnt atau gimana sih ….
      sori ya mas/mbak .. di artikel menyebut EXO karena membutuhkan sebuah contoh dan aku rasa EXO itu contoh yang baik mengingat mereka adalah salah satu yg ‘IT’ di era sekarang. dan well , jangan menggeneralisasikan lah .

      mereka trainee lama itu digunakan untuk memunculkan bakat , minat , dan rasa percaya diri serta tekad beserta mental yang kuat sebelum jadi artis. karena kamu taulah disana itu industri hiburannya keras. artis itu ya disana kalo gapunya itu (yg aku contohin) gabakal bisa kuat. penyanyi suara bagus tp mental ga kuat? sama aja bisa bunuh diri. mereka di trainee lama karena itu. dan gak cuma SMEnt doang yg trainee nya lama . bisa di search juga masa trainee idol diluar sment .

      iya . SMEnt emang beli lagu dari luar. Run Devil Run itu awalnya lagu demo Kesha yg tidak jadi dimasukkan album. tahu Kesha dong ya. sama lagu Baby Steps , How Great Is Your Love juga salah satu contohnya. well , SMENt ga pelit. tahu darimana kalo SMEnt pelit? lol . apa karena kasus sama JYJ sama bikin MV di BOX? haha well , aku sebenernya terimakasih sama JYJ karena berkat mereka sekarang kontrak SMEnt sama artisnya berubah dan artisnya bisa menikmati uang hasil mereka dengan layak. dan FYI biaya bikin MV di BOX itu juga ga murah , mbak/mas.

      kalo suju .. no komen juga karena aku juga ngerasa seperti itu. tapi inget, jangan MENGGENERALISASIKAN . karena 1 jelek semua juga ikutan jelek. jangan gitu dehya. musik soshi shinee fx itu semakin lama semakin ada perubahan, aku akui itu walau gak langsung kelihatan .

      dan Bigbang ya bigbang . siapa sih yg gak setuju sama musikalitas nya bigbang. dan well , semua butuh proses . kalo kata aku sih ya di sm itu juga ada yg musikalitas tinggi tapi ga terekspos mungkin karena ga sesuai sama style SMEnt? yeah , semua berkemungkinan.

      jujur gue capek ngetik capek nulis tapi hati gue tergerak sama komen lo
      dan yeah , gue SMEnt stand . sorri ya kalo komennya panjang >< sori kalo gak berkenan dan banyak typo …

    • @dinkdonk
      aku mau nambahin,.. ga semua artis SM juga trainingnya lama2. Disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan, pastinya. Seperti Baekhyun EXO, cuma ditraining dalam hitungan bulan dan dia adalah salah satu main vocal exo k.
      Artis seperti Jessica yg trainingnya lama, bukan berarti karena dia nggak berbakat, dia agak lama karena dia awal-awalnya emang takut dan rada fobia kamera.

    • Bukan hanya main vocal lho….dancenya Baekhyun juga dipuji sebagai “sebuah seni” sama choreograpernya MAMA, HISTORY, sama ANGEL… #cipokBaekhyun

    • SM itu kayak sekolah dan tempat bimbingan konseling. kenapa aku bisa bilang kayak gitu?
      coba deh lihat beberapa trainee SM waktu audisi ada yang cuma mainin kamera, nyanyi lagu anak2, ada yang ga punya percaya diri alhasil pendiam, dll tapi lihat hasilnya setelah menjalani training. ibarat dari nothing jadi something.
      SM itu kumpulan orang2 berbakat. bakat itu bukan hanya menyanyi, membuat orang
      tertawa itu juga adalah bakat karena ga semua orang bisa menghibur.semk

    • kepencet belum tuntas komennya mana typo lagi-_-

      SM itu memang kumpulan entertainer, ada penyanyi, MC, Aktris, Aktor, Pelawak, dll.
      Sebenernya artis SM itu banyak yang bisa main musik, contoh di SBS gayo tahun lalu, itu masih sebagian kecil, masih banyak yang belum mereka perlihatkan. Mereka itu bukannya ga ahli dalam musik atau ga produktif, tapi memang masih terbatasi oleh SM. Ada kok beberapa yang compose lirik atau lagu di album masing2, contohnya dari SNSD Yuri Sooyoung, Tiffany walaupun hanya rap, anak2 suju donghae ryeowook dll, Shinee jonghyun. Bukan berarti mereka ga bisa atau ga mampu kan? masih banyak bakat2 terpendam yang belum mereka maksimalkan karena belum dapat ijin penuh alias masih di batasi oleh SM.
      Walaupun SM membeli lagu tapi komposer lagu2nya ga kalah bagus kok dan lagu2nya masih diminati banyak orang, contohnya lagu dan koreo artis2 SM yang paling banyak di cover.
      Aku secara pribadi memang ga gampang stick sama idol korea karena aku orangnya bosenan,kalo aku cuma suka lagunya pasti aku ga akan jadi hardcore fan. Aku butuh idol yang bisa entertain aku,makanya aku suka SNSD itu segala hal dan akhirnya menjadi hardcore sone. Dan aku ga menuntut idol2ku semua harus memiliki suara setingkat Taeyeon Jessica Tiffany dll, karena mereka itu girl band bukan Paduan Suara.

      Semua punya kelebihan dan kekurangan, baik agensi atau idol kita sendiri, entah terlihat maupun ga terlihat tapi kekurangan itu pasti ada. Jangan lah terlalu merendahkan SM apakah kamu ga inget kalo beberapa artis dari YG ada yang dari SM?

      ok peace! mohon maaf lahir dan batin ya = ]

    • “dan ternyata klw diliatin sih emang kebanyakan artis2nya itu adalah kelemahan SME. maksudku, artis2 mereka biasa2 saja..”
      sepertinya kamu harus tanya SM karena SM yang jauh lebih tau dimana kelemahan artisnya(di berbagai aspek) karena SM yang mengaudisi dan menerima mereka sebagai artisnya. Kalo mereka biasa2 aja dimatamu ya mustinya tanya ke agensinya kenapa milih mereka, jangan salahin mereka2 yang menurut kamu kelemahan buat agensinya, Kecuali kalo kamu memang biased pasti kamu bakal komen dengan berat sebelah.
      SM juga punya banyak uang selama ini dari mana? ya dari artis2nya yang kerja.

    • woooh balesannya panjang2 yak keriting juga ni mata >,<
      jadi inget masalalu :))))
      apaan shincan?? komen cuman seiprit -_- mana melenceng lagi, jgn mulai deeeh OOTnya -,-

      @DINDONK lagi nyoba komentarin tentang SM ya?? <==== ak td-nya jg mau komentarin YG, tapiiii ak gk trlalu tau seluk beluk YG, jd mendingan diem dan cuma komen SM.
      DINDONK YGstand?? liat komen yg diatas kayknya maklumin banget YG yah

      1. Trainingnya lama, hasilnya biasa?? <== Jessica sama Taeyon trainingnya lama, dan hasilnyaaaa~~, apa ada pengamat musik yg bilang suara mereka jelek??
      aaah DINDONK blm nonton IAM yak?? gmna Seohyun bljar nyanyi dri awal sampe suaranya smpet ilang?? hasilnya skrang bagus looh suaranya di album Taetiseo :)

      2. Training cuma mmpercantik sama mmperganteng?? <==== bukan "cuma" sayaaang, tapi mungkin itu "salah satu" nya
      dan cantik sama ganteng itu gk bakal berhasil kalo gk ada sikap sifat yg baik, jg karisma utk memunculkan aura cantik itu sendiri. contohnya bias ak sndiri lah (jgn mulai ng-bully pleasee) Jonghyun, Jjong ituuu mnurut ak gak ganteng lah, tpi apa yg buat org bilang #termasukAku klo Jjong itu ganteng/cakep?? sikap dan dedikasih dia buat fans besar bgt, tau brp byk eye contact yg dikash jjong?
      tau brpa kali Jjong diikutin sasaeng tp masih tetep anteng/biasa??
      tau alesan jjong bikin twitter??
      tau apa yg udah di kasih Jjong buat Noona2 Fansite-nya(?) yg setiap hari bawa2 kamera berat cuma buat foto jjong??
      tau gimana upaya jjong supaya deket sama noona2 fansite-nya??
      karena sikap2 itu yg buat org kagum dan aura kegantengannya itu keluar #eaaaa
      ganteng itu bukan cuma dari wajah, tapi dari sikap dan prilaku, bahkan dari hati #eaaa

      3. SME beli lagu dari komposer mancanegara? tapi lagu2nya biasa2 aja?? <=======
      kalo menilai lagu dr biasa atau luar biasanya, tanya sama yg ahlinya, tpi kalau menilai lagu dri enak atau nggaknya, itu soal seleraa :)
      coba kamu tanya aku, apa aku suka llagu2nya YG?? pdhal org2 bilang bagus lhoo d YT jg byk banget yg suka, tpi ak lebih suka lagu2 SM (tapi gk semua jg), trs ak tanya ma kamu, knp lagu SM biasa2 aja?? gk suka ya?? mnurut kamu lebih bagus YG??
      knp pndapat kita beda?? <==== itu yang namanya selera :))))))))

      4. blm ada artis2 SME yg bisa menciptakan karya yg bagus?? <==== aaah mau baca biografi anak2 SM gk?? apa aja karya2 yg mreka hasilin selama ini??

      5. SME ktanya pelit?? <==== klo bagi2 saham SM secara cuma2 kesemua anak SM, itu masih dibilang pelit??

      6. harus punya ciri has biar nandain, klo mreka kaya akan ilmu bermusik?? <=== tau gak gmna anak2 SM kerja keras buat nyanyi di drama musikal?? tiffany aja serius banget blajarnya. f(x) gk bakalan bisa nyanyi sambil ng-dance (yg buat seorang GB itu, koreonya susah) klo gk belajar musik, dri mulai prnafasan olah vokal sampai mreka bisa kuat nyanyi sambil dance. Aaaaah ak rekomendasiin lgi buat nonton IAM, buat liat gimana sulli nge-dance sambil nangis gara2 gk bisa2, dan seee, skrang sulli bisa bermusik dengan baik :)
      aah dan Amber, ciri hasnya amber kuat banget di rap di tmbah gaya tomboy, rap itu salah satu ilmu bermusik jg kan?? dan klo buat suju ak no comment

      7. SME gk ada yg musik dan style nya seperti BIGBANG karena di Korea dan dunia aj gak ada yg seperti BIGBANG?? <===== tapi ada kok SM yg punya musik dan style yg beda, malahan blm ada satupun di Korea yg nyamain musik dan style-nya.
      DINDONK ku sayaaang, cantiiiiikku maniskuuuu :) BIG BANG itu hip hop kan?? di korea jarang dan gak ada yang sebagus BIG BANG, SETUJU banget. tpi inget diluar cantiiik, orang luar bnyak bgt yg brmusik di hip hop, dan malah lbih trkenal dari BIG BANG, mau aku ajak ke situs Youtube VEVO??
      kalooo di SM ada yg nyamain musik sama style-nya BIG BANG gmn?? bagus gk kira2 mnurut kamu??

      ak copas kata2 soneforever yaa, diatas langit masih ada langit.

      seberapapun mendunianya musik k-pop sekarang, masih kalah jauh mendunianya musik2 barat, musik2 barat masih berada d puncak, masih lebih tinggi dari pada musik k-pop. jd tolong jangan bandingin boyband korea (siapapun itu) sama musik2 Dunia

    • well, MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN buat chingu2 yg tidak suka sama komen2ku.. tapi disini aku tdk bermaksud bikin kalian marah, dan tidak bermaksud ngejelek2in “sesuatu”..
      tapi aku bisa kan kasi komentar apa apdanya..

      @sone4ever : maaf ya chingu.. tp kamu kan yg duluan ngebandingin kaki soshi sama yg lain.. dan menurutku itu gk adil aja klw kita bicara musik trus sebut2 soal fisik.. emang bener kaki soshi itu gk ada tandingannya.. :)

      @lietha : dan aku bukan antis SME. wlupun ada komenku yg kurang enak ttg SME. aku gk menggeneralisasikan tp itulah yg terjadi.

      dan buat semuanya yg merasa gak suka sama komen aku.

      aku sih berpikir krn dr awalnya mereka itu dibentuk utk menjadi seorang penyanyi jd aku liat/nilai standart musiknya.. okelah klw mereka2 ikutan reality show/varierty show tapi chingu akan lebih baik lagi jika musiknya yg lebih diperhatikan.

      AKU MINTA MAAF YA ATAS KEJADIAN INI.
      semoga di maafin deh sama yg merasa terganggu.

    • Kok hanya kaki soshi yg di permasalahkan sedangkan aku juga ada nulis ttg body “coklat” 2PM tp gk ikut di singgung..?
      Blg aja qm sensi ama SMent dan utk anak2 SMent yg ikutan VS atau apapun yg gk berhubungan dgn dunia musik emg salah ya ?
      Apakah seorg penyanyi HANYA BOLEH BERNYANYI tidak boleh yg lain ?

      Plss dehh ahhh… SMent itu agensi keartisan bukan hanya agensi khusus penyanyi. CP dehhh

  • hmmm,…. chingu, karena kamu adalah sepertinya YGstand, aku bisa mengerti paradigma-mu menimbang musik YG yang terkesan strong.

    Jangan lupa chingu, musik itu jenisnya ada banyak dan bervariasi. Musik yang tidak strong seperti punya SM itu tetap merupakan bagian dari keanekaragaman musik. Dan, meskipun musik mereka tidak strong, atau apa yg aku sebut “tidak terlalu unik”, penikmatnya tetap membludak.
    Dan, meskipun musik mereka tidak strong, itu bukan berarti mereka tidak berbakat. Mereka semua SANGAT berbakat. Bagaimana chingu bisa berkesimpulan mereka hanya jual tampang? Kalau chingu meluangkan waktu sedikit, artis2 SM itu semuanya berbakat. Grup seperti TVXQ tidak akan disebut king of hallyuwave kalau mereka hanya adalah ganteng. Junsu adalah Top Male Singer di Korea, Changmin dikenal dengan suara tenor-nya. Mereka adalah lagenda. BoA adalah queen of Kpop. SNSD adalah national GB korea. Taeyeon salah satu penyanyi terbaik Korea, kalau mendengarkan dengan seksama, warna suara mereka disetiap lagu harmonisasinya bagus, teknik bagus kok, meski lagunya “general”.

    Meski lagu mereka “general”, kalau didengarkan dengan seksama, mereka unjuk kemampuan vokal yang fantastik disana. Dan, setelah aku memperhatikan banyak grup, kalau jeli, grup SM justru adalah yang termasuk memakai autotune paling sedikit (kecuali pas mereka lipsyinc pada beberapa event khusus yg jarang terjadi). Coba perhatikan Shinee, F(x), exo, dance mereka sangat enerjik dan kesulitan dancenya sesuatu bgt, tapi mereka masih mempunyai vokal yg luar biasa. Kalau hanya menonton MV, nggak akan terlihat jelas, tontonlah live perform-nya.

    Oh, dan memang ada yang disebut dengan “face” grup, tapi itu bukan berarti “face” grup itu nggak berbakat. Bakat itu nggak cuma menyanyi chingu, dan sebenarnya harmonisasi warna suara grup SM itu bagus. Dan, nggak cuma SM yang mempunyai konsep mempunya “face” untuk grup2nya, hampir kebanyakan grup idol punya.

    Cantik dan ganteng? Adalah mungkin memang preferensi SM untuk mensyaratkan artis2 mereka selain berbakat juga harus cantik, ganteng, dan menarik. Tapi, itu bukan berarti mereka hanya cantik, ganteng, atau menarik. Dan, nggak hanya SM yang mempunya artis2 cantik atau ganteng. Coba perhatikan, dari seribu juta grup kpop yang tersebar diseantero korea, grup mana yang personil-nya jelek?? nggak ada.
    Sebagian orang terlihat lebih menarik daripada sebagian yang lain nggak melulu karena cantik secara teori, orang-orang kadang lupa akan apa yang disebut kharisma. Seorang yang biasa2 saja, tapi pintar berdandan dan murah senyum, bisa terlihat lebih cantikberkali-lipat daripada yg beneran cantik, tapi muram.

    SM itu agensi besar, chingu. Nggak ada orang yang cukup bodoh menginvestasikan uang, tenaga,dan segalanya buat grup yang “minim” bakat.

    Kekurangan SM ada, tapi bukan ini, aku udah jelasin di komen diatas. Yaitu, sistem SM yang kaku. Hanya karena mereka sering membeli hak paten lagu, bukan berarti artis2 mereka nggak inisiatif, atau nggak kreatif, atau nggak bisa bikin lagu. Mungkin sistem dari SM nya yang agak diktator. Untuk hal ini, aku agak kasihan sama artis2nya. Dan itulah sebabnya aku bilang, kalau potensi artis SM itu kurang dimaksimalisasi. Apalagi artis mereka ada segudang.

  • “1. SME.
    mereka jago bgt ‘ngejual” artisnya. gk ada agency di korea sono yg bisa menandingi teknik pemasaran mereka. TAPI kyaknya SME lupa klw artisny itu adalah penyanyi. Maaf, tapi klw soal kualitas bermusik artis SME kyaknya minim. Yg minim itu pun tidak diberi kesempatan utk berkarya. sekali lagi maaf2 saja.”

    muehehehe ..
    sebenernya , SMEnt itu juga mendidik artisnya untuk menjadi entertainer sejati
    dan entertainer itu bukan hanya bernyanyi saja
    memang mereka itu penyanyi , tapi mereka adalah entertainer yg bisa segalanya spt musikal , akting , main di varshow , MC .. contohnya cari di SNSD-SJ .

    dan kalo kamu gatau apa apa plis jangan menjelek jelekkan orang ya . kamu belum pernah nonton akustik nya anak anak SMEnt. coba deh cari di youtube atau dibawah udah ada yg kasih linknya.

    seenggaknya , kalo kamu gatau … jangan sok tahu

    maaf kalo komenku menyinggung semuanya dan maaf kalo ada typo ><

  • hah capek baca komen dan balesi orang orang yg sotoy
    diatas langit masih ada langit
    tidak ada yang sempurna di dunia ini kecuali Tuhan/Allah
    iyasih kalo kata aku itu emang kekurangan si Big3
    tapi kekurangan itu bisa dijadikan kelebihan juga lho
    karena udah capek balise komen … komen saya saya cukupkan disini saja . sekian
    HAHAHA =)

  • *baca
    *elusdada

    tutup saja comment boxnya..tutup..

    *selesai
    *keluar
    *refreshing
    *yadonginbaekhyun

    • kalimat chingu yg trakhir (yadonginbaekhyun) suswanto bgt , hahahaha ..

  • bnyk yg bilang artis SM musikalitas nya minim , penampilan nya biasa dll …
    tapi aneh nya DBSK dan SUPER JUNIOR di sebut king of hallyu
    BOA di sebut quenn of pop
    SNSD di sebut national girlband of korea
    dll
    mereka bisa ngedapetin semua itu karena mereka punya kemampuan dan kemampuan itu salah satu nya mereka dapet dari prjuangan mereka melewati masa 2 training , selain itu mereka juga trkenal karena sisi multi talented mereka dlm brbagai bidang (akting , musikal , presenter , musik dll) …

    bwt gw , bodo amat orang mw ngomong apa tentang SM …
    gw tetep dukung SM TOWN (trutama SNSD) bwt trus brkarya …

  • Emang chingu ngarepin apa sih dari SM?
    seperti kata Juju yah SM itu perusahaan bisnis, bkan ngebisnis buat amal..
    dan mereka tau cara berbisnis..
    chingu pengen SME bkin BB kyak bigbang??
    ntar klau SME punya BB kyak bigbang, ujung2nya di bash lagi “ngikut-ngikut”
    hm.. udah liat F(x) belum?? SM berinovasi loh di mereka, stiap BB n GB nya SM udah punya konsep tersendiri chingu :)

    #skali datang saya sotoy

  • kalo menurut saya (seandainya saya SM bias / SM stand ) justru komen dari @dinkdonk itu jadi kesempatan emas buat jelasin ke reader yang belum kenal SM,
    seperti balasan komen dari @tiffanymireu @sone4ever jelasin siapa SM apa SM dan bagaimana SM, dengan begitu komen juga bisa jadi bahan masukan buat yang silent reader maupun seperti saya yang notabene nggak tau siapa apa dan bagaimana SM,JYP,YG, serta agensi lainnya.
    komen tetep berada di “jalur” yang sehat,
    kalau ada yang salah dengan komen @dinkdonk ya di salahin, salahnya dimana, trus benernya bagaimana. jadi masukan juga buat reader yang lain untuk hati2 kalau komen atau setidaknya komen bukan mengvonis, tapi diganti dengan bertanya. jadi kalo ada yang lebih tau bisa ngasih tau dan berbagi info,,
    bias kita emang yang terbaik (dimata kita) tapi hargai juga bias orang lain

    • setuju unn, komen @dinkdonk ini justru kesempatan emas buat jelasin SM kepada yang belum kenal SM.

      Untuk yang belum jelas, aku kurang sepakat dengan komen dia yang
      “SME jago “ngejual” tapi yg dijual itu buka bakat, TAPI popularitas. tampang ganteng/cantik walaupun sebenarnya minim bakat.”
      sama yang
      “Hampir disetiap album artis2nya selalu tidak ada inovasi. MONOTON. TAPI sekali lagi emang mereka jago dalam urusan pemasaran.”

      Hal ini sudah aku jelaskan diatas ya^^

      aku tidak menyalahkan dia karena memang umumnya orang non-SM stand cenderung punya persepsi seperti ini.

      Dan, masih ada satu hal lagi yang mengganjal. Kenapa SM selalu dikelan dengan agensi yang promosinya “terlalu” besar-besaran? Aku sering mendapat kesan kalau kebanyakan orang sepakat kalau artis SM itu overrated.
      Padahal kalau dipikir-pikir dan diliha2, strategi promosi-nya kurang lebih sama saja dengan idol pada umumnya. Promosi di acara musik minimal empat kali seminggu, jadi bintang tamu di acara variety show, sesekali didaulat menjadi MC tetap suatu acara atau bintang tamu tetap. Idol lain juga begitu sewaktu promosi.
      Kalaupun, anak SM kelihatan lebih menonjol di VS, itu spertinya karena training mereka juga lumayan dibidang VS dulunya. Tapi, jago diranah VS menurutku bukan definisi jadi promosi yang terlalu besar-besaran.
      Intinya, aku ingin bertanya, promosi yang terlalu besar-besaran itu seyogyanya yg seperti apa?

      Ada banyak grup lain yang strategi pemasarannya oke punya. Rookie rata2 selalu kambek tiada henti. Contoh grup lain yg strategi pemasarannya oke punya adalah TARA. Semenjak musim panas tahun lalu, mereka praktis nyaris nggak pernah berhenti promosi. Rolypoly ada beberapa versi. Semenjak Juni sampe Agustus (aku curiga sampai September), mereka berpromosi tanpa henti. MV nya mereka saja ada beberapa macam, padahal lagunya sama saja. Setelah goodbye rolypoly mereka juga langsung hajar dengan crycry, lalu dengan lovey dovey. Lovey dovey bahkan telah mulai promo semenjak MBLAQ masih syuting MV, dan bahkan setelah MBLAQ goodbye stage it’s war, TARA loveydovey masih tetap berpromosi. Dan, mv mereka ada beberapa versi.
      Aktivitas mereka nggak cukup cuma disitu, coba hitung, ada berapa drama yang sudah dibintangi Eunjung? minimal ada tiga yang terekam di kepalaku (dan dia juga eksis di WGM). Jiyeon minimal dua, Hyomin satu, dan Soyeon juga akan segera memulai debut dramanya. Dan mereka juga punya musical rolypoly Januari kemaren. Dan mereka juga berpromosi di Jepang. Dan mereka sekarang sudah kambek stage lagi dengan Day by Day. (karena aku bukan fans mereka, ini baru yang aku tahu saja)
      Nah, menurut aku, TARA inilah true definition of strategi pemasaran yang super oke punya.

      Tapi, itu bukan berarti mereka overrated juga. Nggak ada yang bisa menyalahkan publik Korea yang memang addicted dengan musik mereka yang ringan, catchy, dan gampang nempel di telinga.

      Dan, bukan cuma TARA, kebanyakan grup idol lain begitu, terutama yang rookie2.

      Nah, jadi, dari poin mana yang menegaskan kalau SM itu sangat terlalu jago di strategi pemasaran? Grup mereka malah paling sering kambek cuma dua kali dalam setahun. Suju rata2 setahun sekali. SNSD terakhir kambek tahun kemaren, f(x) kalau mereka nggak kambek kemaren, aku mungkin sudah lupa kalau mereka ada. Shinee juga.tahun 2011 malah nggak kambek sama sekali dan aku juga sudah hampir lupa juga kalau ada grup bernama Shinee.

      Mereka populer, jelas bukan karena mereka hanya ganteng atau strategi pemasaran yang super.

      Kalau dirimu bertanya tentang musikalitas SNSD, coba dengarkan semua lagu mereka baik2. Mereka cukup variatif kok genre-nya. Ada yang ballad juga. Ada subunit TTS juga kan? Dan, kalau mau menilai bakat mereka, coba tonton atau dengarkan live perform individual mereka. Ada banyak banget di Youtube. Mereka juga didaulat ngisi beberapa OST. Mereka juga ikutan musical. They are not that bad. Dan, sama sepertimu, aku sejujurnya juga bukan tipe yang sangat mengidolakn orang yang hanya karena cantik saja.

      Kalau mau membandingkan dengan Miss A dan 2NE1, bagaimana ya? Nggak bisa. Tipe lagu mereka beda-beda. SNSD seimbang dalam hal vocal dan dance, sementara 2NE1 lebih menonjolkan vocal ketimbang dance, nah ini mungkin relevan dengan TTS. Coba tonton Live TTS, mereka hampir tidak memakai backing vocal atau autotune sama sekali, setiap performance ada banyak improvisasi dalam bernyanyi yang tidak pernah sama, dan lagu-lagu mereka bukan lagu yang bisa dibawakan orang yang warna atau karakter suaranya biasa-biasa saja. Apalagi teknik dan skill.

    • Sebenernya ragu2 mau komen karena agensi idola kagak kesebut, tapiiii karena @tiffanymireu ngajak oot akhirnya terpancing juga..
      Siapa,apa dan bagaimana CJES? Bagaimana mereka atur strategi mereka dalam “memasarkan” dan melindungi JYJ. Bagaimana mereka bekerja dengan konsentrasi yang terbelah,, paling terkagum2 sama orang yang bisa menyelesaikan banyak misi dalam waktu bersamaan..
      Sampe sekarang masih belum tau siapa CJES, kalia aja ada reader yang tau bisa berbagi info :D

    • @hand unn xD
      wkwkwk,…

      sekilas, itu berarti yang keren adalah conflict management-nya. Gimana bisa tetep sukses, survive, dan berkarya ditengah terjangan konflik luar yang sangat membabibuta. Itu nggak gampang. Tapi, JYJ ama agensinya kan punya kartu as di SWOT nya,

      nah,…. *lanjut OOT

      oh ya, dan yang masih membuat bingung itu, bagaimana poin2 yang disebutkan di artikel diatas bisa disebut kelemahan bagi Big3, karena toh, artisnya sukses2 saja,..

      *ngajak OOT lagi

      Kalau JTC nya MBLAQ kelemahannya apa? aku juga bingung. Kata orang sih strategi promosinya, tapi kalau sama aku fine2 aja. Soalnya mereka memang fokus utamanya adalah MBLAQ dan A+, kalo MBLAQ nya capek ya, kerjaan ditolak, kalau lagi mau ya diterima, kalau gempor resiko sendiri. Mau konser ya konser, mau kambek ya kambek, mau libur ya libur. Mau drama aja? oke. wkwk, Soalnya kan visimisi tiap agensi beda2 yah. Oh ya, trus apa yang menurut orang kelemahan, belum tentu kelemahan juga bagi yang bersangkutan. Orang2 bilang strategi promosinya yang agak salah, tapi JTC ama MBLAQ nya enjoy2 saja, no problemo, fans2 juga no problemo, malah mungkin enjoy2 saja, Jadi, kelemahan itu adalh tergantung dari sisi mana kita memandang xD

      *jadi apalah yg aku omongkan ini
      **kabur sebelum ditimpuk

    • @hand unn

      jadi, pada intinya, kalau kasus JYJ, berarti yang dominan adalah faktor “Threa”t ama “Strength”. “Threat” yang dipunya JYJ amat besar, konflik SM sama pemboikotan sana-sini. Tapi, mereka punya senjata “Strength” yang OKEEEE punyaaa,.. yaitu “JYJ
      nya sendiri. Mereka udah diakui Korea bakatnya, bintang hallyu lagendaris, dan punya basis fandom kuat diseluruh dunia, jadi “Strength” semacam ini akan berhasil melawan “Threat” yang ada. Buktinya, JYJ sukses2 saja dengan segala macam “Threat” yang menghadang.
      Kalau urusan “weakness” dibandingkan dengan “oppurtinity”, aku nggak tahu. Unnie yg fans JYJ pasti lebih tahu XD

      ***OOT makin siang makin jadi xD
      **ampun author-nim, jangan bunuh saya, saya belum kawin *apadeh

    • *baca komen,,scroll keatas,,liat siapa authornya #wkwkwkwk..PLAK !!!

      paling takut oot di artikel kikawaiii unni (?) dan yeppopo unni (?)..
      kalo askarein? – – > kasih mie tek tek buat buka ntar *beneran di timpuk*

      yup,,intinya adalah bagaimana dan dari mana kita memandang,,karena hal yang sama kalo dilihat dari sudut yang beda hasilnya tetep beda..tinggal atur aja gimana kita menyampaikan argumen kita..dan kita juga harus bertanggung jawwab dengan argumen yang telah kita keluarkan, kalo salah ya terima dan legowo untuk menerima masukan dari yang lain, karena dengan koreksi dari yang lain itu sebagai masukan juga buat kita sebenernya kita seperti apa **ngomong apaan iniiiii??? ** – – ->mlipir pergi

    • @tiffanymireu
      kmu nie jurnalis y?
      koq kdng tulisanmu lbh pnj drpd author
      skalian jd author d sini ja
      kn lumyan bs ngerjain admin mnjlng ultah*dtendang admin n sgnap author

  • FYI untuk yg lain, BIGBANG aliran musiknya bukan hanya HIP HOP..
    awal dibentuk dr HIP HOP tp skrg udah “campur aduk” alirannya krn mereka berani menyanyikan lagu diluar HIP HOP.. malah skrg HIP HOP nya udah ga terlalu terasa lagi..

    seperti ada yg blg diatas klo ga tau SM/JYP ga usah komen..
    aku jg mau ikutan blg klo ga tau bigbang/YG ga usah komen :D

    • kekeke akhirnya ada yang sadar juga, ak sih mau yang sadar yg di atas itu tuuuh, gimana rasanya org yg gk tau apa2 komentarin tentang sesuatu yang dia suka dan itu tuh salah.

      Sorry kalo disini aku bohong soal ak ngomong klo bigbang hanya hip hop, yg sbenernya ak tau gimana prubahan bigbang apalagi di album yg sekrang, ak belajar ini dari Jonghyun #plak haha, Jonghyun bilang “kita perlu berbohong untuk meluruskan suatu situasi yg menyulitkan dan ketika itu selesai kita akui kebohongan kita” -JonghyunQuote-

      aah dan skrang ak ngelakuin apa yg bilang Jonghyun keke (ya Allah bulan puasa iniiiii kekeke), tadinya mau jujur nanti, cuman kburu ketauan ama VIP yg lain #nunjukKamu jadi jujurnya sekarang sbelum VIP yg laen dateng kekeke.

      Maka dari itu, jika kita tidak terlalu mengetahui suatu hal, lebih baik tidak ikut berkomentar, sebaiknya komentari apa yang kita tau saja.

      buat VIP maap yaa sekali lagi, aku cuman diajarin ma Jonghyun :p #kasihJjongBuatTameng

    • hahaha bukan ngetes, cuman mau ngasih tau gmna rasanya digituin, dan jg bukan buat “para” VIP, tpi cuma buat satu org aja :)))

      klo emang kita ga tau atau ga yakin, sebaiknya menggunakan kalimat pertanyaan, bukan pernyataan :) <===== naaaah settuJjong ^_^

  • Eehhh rame… ikutan ahh *telat*

    setelah setahun mengenal dan mpelajari dunia kpop, gw sadar klo fans (fandom) ntu sifatnya ga jauh beda ma penggemar klub bola.. smua kelebihan n kekurangan dr klub bola tsb pasti tau bgt… taaapiii sayangnya banyak yg menghindari kekurangannya untuk diumbar ke org diluar fandom.. sdangkan kelebihan justru yg diumbar.. penggemar Man U ga bakal bilang kekalahan Man U di liga champion gara2 pemainnya jelek2 smua pasti bilang strateginya salah.. pdhl smua org diluar fandom bilang klo mank salah pemainnya.

    mnurut gw, bohong klo fans “harus” menganggap idolanya yg terbaik shingga lupa klo idol juga punya kekurangan, dy pasti tau sbenernya mank ada kekurangan tp hati ga mau ngakuinnya…

    sama sperti fandom dr agensi juga… yg sama seperti fandom klub bola.. penggemar AC Milan pasti bilang dy yg terbaik di dunia, begitu juga penggemar Barca yg nganggep klubnya terbaik pdhl smua ada ciri khasnya, yg satu nyerang yg satu bertahan… tp dgn ciri khasnya masing2 mampu mncapai puncak teratas.

    penutup… skali2 ah komen labil..
    lucu aja ngeliat org bales komen “ga ngaca” nyuruh org tuk jgn A tp dy balesnya malah A… bales komen ngerendahin suatu idol dgn cara ngerendahin idol dr org yg bersangkutan.. lucuuu bgt..

    • kekeke sepertinya diriku merasa tersungging dg kalimat @LIA di paragrf trakhir :p

      dan sepertinya pelajaran Jonghyun itu msti ada yg di perbaiki, “jgn berbohong di dpn byk org, tapi brbohonglah langsung pd org yg brsangkutan” kekeke

      tapi ak trmasuk fans yg selalu mngakui kekurangan idolnya lhooo haha, klo udah kumat malah suka diumbar kemana-mana, ini ak gk bohong suuuuer :p, tanya aja ama SHINCAN, musuh seperguruan ak.

    • @hand
      bentar dulu…. ngomong bentar baru nanti boleh diajak masuk goa lagi :lol:

      @Park Eunhye n Kwartetdoll
      maksud gw kekurangan yg diumbar disini adalah bener2 kekurangan yg dijadikan bulan2an org diluar fandom. Gw ngomong gitu krn itulah gw…. gw juga suka kok ngumbar kekurangan idol gw tp cuma di area fandom gw ato org2 yg gw rasa “deket”. Klo pun ngakuin kekurangan di luar itu pasti ada embel2 dbelakangnya. Karena apa? krn gw masih memiliki rasa ‘tidak aman’ dgn mengumbar kekurangan idol gw.. takut nanti malah idol gw jd bulan2an org di luar fandom ato malah antis… klo gw cuma ngomong “iya tuh emank brondong gw (red: Zico) ga punya sopan santun sama sekali” tanpa ada nada pembelaan.. kemungkinan yg gw dapet bukanlah “yg kayak gini nih fans yg baik” tapi mungkin malah “udah tau idolnya ga punya sopan satun tp tetep masih suka” ato dr fandom gw “ga usah bilang situ noona-nya Zico klo malah ngejelek2in Zico”… ato malah ditambahin yg engga2 ma antis.. :D

      daaannn soal kalimat di paragraf trakhir gw… gw ga tunjukin ke Park Eunhye, ada komen lainnya yg mnurut gw lucu..hehe :D

      *ajak Zico masuk goa lagi*

    • #tendang Park Eunhye a.k.a shiro
      iia bener lu kgak pernah muji2 jjong! gue yang sering muji2 dia walaupun tuh anak lubang idungnya gede, kepalax juga gede kyak dinosaurus, doyan tebar pesona sama fansite nuna, pecicilan trus muka sm otot ngga sesuai tp gue ttp setia muji dia

      liat komen-komenan wah kok agak panas yah??
      tman-tman jgan emosi dlu baca baik2 klarifikasinya Park Eunhye (shiro)..
      Jujur yah saya juga kaget liat komenannya yg diatas, kok dia berani2 ngesotoy soal Bigbang pdhal dia cuma ngeupdate 1 BB..
      tp waktu baca klarifikasinya dia saya ngerti yg dia mksud..

      chingu bilangkan ini ksempatan bagus buat ngasih tau org di luar SMstan bgmna SM itu sbnarnya, nah ngutip kata2nya Bigbang is VIP “klo emang kita ga tau atau ga yakin, sebaiknya menggunakan kalimat pertanyaan, bukan pernyataan”

      emang komen yg mancing itu nanya bgmna SM?ngga kan?? dia ngeluarin pendapatnya, itu pernyataan n bukan pernyataan..
      nah Park Eunhye di sni mau mancing yg ngomen “agak gimanaaa gitu” dg cara ngasih pendapatnya soal Bigbang, nah org yg notabene ngga trlalu ngerti Bigbang krna dia bkan VIP terus ngesotoy soal mereka siapa yg ngga emosi??
      “kalau ngga tau apa2 ngga usah sotoy deh” pasti VIP mikir gitu kan??
      bgtu juga yg dirasain SMstan..

      cman salahnya Park Eunhye dia ngespesifikkan pancingannya ke Bigbang, bkan scra general ke satu perusahaan aja

      saya ngomen bgni bkan krna saya satu fandom sm Park eunhye..
      cuma mau ngebantu ngelurusin n nenangin suasana kok, saya cinta damaii
      beneran..
      suerrrr #seretSHIRO

  • lho lho koq rame
    sy YG stand
    mmbca bales2an komen ntu sy cm bs elus2 dada
    mbok y inget nie lg puasa
    drpd ribut ayo qt nyanyi bsama2
    jagalah hati jangan kau nodai
    jagalah hati lenterai hidup ini
    bila hati kian bersih
    pikiran jadi jernih(lupa syairx hehe peace Aa Gym)*nyanyi bareng syekh puji
    biar dikata saya oot
    yg pntng g ikut2an ngomong jelek drpd phala puasa kurang

  • buka lagi yeppopo hari ini dan iseng2 buka artikel ini… OMAIGAHHHHHH PANJANG2 komennya….dan berisi jadi nambah ilmu kalo baca komen2 di yeppopo mah… bertukar pendapat dg cara yang cerdas… :’) :’) :’) Terharuuu
    popoders ney makanannya apa sey… pinter pinter hahahahaha

    SUPER OOT ini :P :P :P

    • Mo ikutan oot ah…
      Kira2 ne komen msuk g ya??drtd g masuk…

      Erte…cerdas2..asl jgn saling ngebash y….
      Peace…

      Masuk..ga..masuk..ga..masuk..ga…
      Okey…ini emg bnran OOT gue nya…

  • kayanya udah cukup ya beradu argumennya. soalnya makin lama banyak komenan yg membanding2kan dan saya gak suka itu karna bisa memancing fanwar atau sejenisnya..
    maaf komenan saya tutup jika ad yg mau protes silakan protes ke saya jangan ke yeppopo.. makasih :)

  • Komentar ditutup.

    Ikuti

    Get every new post delivered to your Inbox.

    Bergabunglah dengan 38.407 pengikut lainnya.

    %d bloggers like this: